Pengikut

Rabu, 21 Maret 2012

Makalah MEDIA PEMBELAJARAN PAI “MEDIA PENDIDIKAN AGAMA”


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kehadiran media pembelajaran sebagai media antara sebagai pengirim informasi dan peneriman informasi harus komunikatif, khususnya untuk objek secara visualisasi. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam misalnya konsep yang berkaitan dengan alam semesta lebih banyak menonjol visualnya sehingga apabila seseorang hanya mengetahui kata yang mewakili suatu objek, tetapi tidak mengetahui objeknya disebuat verbalisme.
Ini juga yang akan kita bahas yakni mengenai pengertian media pembelajaran, fungsi dan peranannya dan teori-teori pengembangan media pembelajaran.
B.     Rumusan masalah
1.      Apa pengertian media pembelajaran?
2.      Apa fungsi dan peranan media pembelajaran?
3.      apa saja teori-teori tentang pengembangan media pembelajaran?
C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian media pembelajaran
2.      Untuk mengetahui fungsi dan peranan media pembelajaran
3.      Untuk mengetahui teori-teori tentang pengembangan media pembelajaran





BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa media adalah segala bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi. Sedangkan fungsi media pembelajaran adalah media yang mampu menampilkan serangkaian peristiwa secara nyata terjadi dalam waktu lama dan dapat disajikan dalam waktu singkat dan suatu peristiwa yang digambarkan harus mampu mentransfer keadaan sebenarnya, sehingga tidak menimbulkan adanya verbalisme.
Pengembangan media pembelajaran didasarkan pada 3 model pengembangan yaitu model procedural (deskriptip), model konseptual (analitik), dan model teoritik (model yang menunjukkan hubungan perubahan antar peristiwa.
B.     Saran
Dari makalah yang saya buat semoga akan menjadikan manfaat bagi kita semua. Namun, penulis menyadari dari pembuatan makalah ini banyak sekali kesalahan baik dari tulisan maupun kata-katanya. Penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun.










BAB I
PENDAULUAN
A.    Latar belakang
Pendidikan agama adalah salah satu pelajaran yang diadakan setiap sekolah, yakni dari Sekolah Dasar maupun Perguruan Tinggi, dalam penyampaian materi pendidikan agama salah satunya adalah dengan menggunakan media. Mengingat pentingnya media dalam sebuah pelajaran, Maka dari itu pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang Media Pendidikan Agama,
B.     Rumusan masalah
  1. Apa arti media?
  2. Apa pengertian Media pendidikan?
  3. Apa pengertian Media pendidikan agama?
  4. Apa fungsi Media pendidikan agama dalam proses belajar mengajar?
  5. Apa dasar-dasar yang digunakan dalam penggunanaan media pendidikan agama?
C.    Tujuan
  1. Untuk mengetahui arti media
  2. Untuk mengetahui pengertian Media pendidikan
  3. Untuk mengetahui pengertian Media pendidikan agama
  4. Untuk mengetahui Media pendidikan agama dalam proses belajar mengajar
  5. Untuk mengetahui dasar-dasar yang digunakan dalam penggunanaan media pendidikan agama




BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari pembahasan makalah diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa: kata media berasal dari bahasa latin, bentuk jamak dari medium yang secara harfiah artinya perantara atau pengantar yakni sebagai alat untuk menyampaikan sesuatu. Sedangkan pengertian media pendidikan agama adalah segala sesuatu yang dapat dipakai untuk memberikan rangsangan sehingga terjadi interaksi belajar mengajar  dalam upaya untuk mencapai tujuan intruksional tertentu. Dan fungsi media pendidikan agama dalam proses belajar mengajar adalah agar dapat memperlihatkan secara cepat suatu proses yang berlangsung secara lambat. Sedangkan dasar pemikiran dalam penggunaan media pendidikan agama aadalah 1) dasar religius (Q.S An-Nahl ayat 44). 2) dasar psikologis 3) dasar teknologis.
B.     Saran
Dari makalah yang saya buat semoga akan menjadikan manfaat bagi kita semua. Namun, penulis menyadari dari pembuatan makalah ini banyak sekali kesalahan baik dari tulisan maupun kata-katanya. Penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun.








MAKALAH
 MEDIA PEMBELAJARAN PAI
“MEDIA PENDIDIKAN AGAMA”











Disusun Oleh :


IZA TUSRI
NIM: 208 321 4948



DOSEN PEMBIMBING
MUS MULYADI, M.Pd






PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) BENGKULU
2009


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah puji Syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini, serta shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Rasulullah saw, penuntun jalan kebenaran teladan bagi umat dan rahmat bagi umat manusia di seluruh alam.
Makalah ini saya buat sebagai tugas yang diberikan dosen pembimbing, selain itu terdorong juga atas keinginan penulis pribadi. Harapan saya semoga makalah ini memberikan manfaat bagi para pembaca supaya dapat mempelajari dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.
Saya menyadari bahwa makalah ini jauh lebih dari kesempurnaan. Oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun sangat saya harapkan.


Bengkulu,            Januari 2010

Penulis







1 komentar: