Pengikut

Jumat, 16 Maret 2012

Makalah Penagajaran PAI "Metode Demonstrasi"

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Metodologi pengajaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, tanpa metode, materi yang disampaikan akan sulit dimengerti atau dipahami oleh siswa. Apabila suatu materi disampaikan kepada siswa dengan metode yang tepat, maka proses belajar akan efektif, mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa untuk itu pemakalah akan mengangkat sebuah metode pembelajaran yaitu: “metode demonstrasi”. Metode ini akan dibahas secara lengkap untuk memberikan pemahaman kepada pembaca, dan kepada guru atau calon guru pada khususnya. Metode demonstasi tidak digunakan pada semua mata pelajaran, maka seorang guru akan mampu menggunakan metode ini dengan tepat dan pada materi yang pas. Untuk itu pemakalah mengangkat masalah mengenai metode demonstrasi: yaitu: bagaimana cara menerapkan metode demonstasi. B. Tujuan Dengan adanya makalah yang berjudul “metode demonstasi” ini seorang guru dapat memahami dan dapat menerapkannya pada proses pembelajaran. BAB III PENUTUP A. Kesimpulan Menggunakan metode demonstasi ini seorang guru mempersiapkan diri terlebih dahulu harus dengan gambar atau alat peraga. Diantara menggunakan metode ini, yang paling banyak dipakai adalah kegiatan belajar mengajar bidang Studi Ibadah Pendidikan Agama Islam. Didalam menggunakan metode ini terdapat langkah-langkah mengajar, yaitu: 1. Guru menerangkan dan menjelaskan hasil yang diinginkan dari diadakannya demonstrasi, misalnya agar siswa mengetahui cara bekerjanya alat tertentu, bagaimana gerakan shalat yang benar dan sebagainya. 2. Guru/ Murid, guru bersama murid menyediakan alat-alat yang digunakan. Daiam hal ini guru menjeiaskan apa fungsi aiat-alat tersebut. 3. Guru menjelaskan urutan langkah-langkah dalam mempertunjukkan dan mencobakan sesuatu. 4. Pelaksanaan demonstrasinya. 5. Mencatat, menirukan/ menyimpulkan hasil. 6. Mengadakan penilaian. B. Saran Makalah yang membahas “metode demonstasi” ini masih banyak terdapat kekurangan. Hal ini karena keterbatasan pengetahuan pemakah sendiri. Untuk itu, sangat dibutuhkan kritik dan saran demi menjadikan makalah ini lebih baik lagi. DAFTAR PUSTAKA Arief. Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta. Ciputat Press Basyirudin Usman. M. 2002. Metodologi pengajaran Agama Islam. Padang. Cipitut Press. Indonesia. Mansyur. H. 1991. Strategi Belajar Mengajar. PDGI 2170/2/sks, Modul. Jakarta: Direktorat kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka KATA PENGANTAR Bismillahirrahmanirrahiim Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya pada kita semua. Shalawat dan salam kita mohonkan kepada Allah SWT untuk nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari Alam Jahiliyah menuju alam yang berilmu pengetahuan seperti yang kita rasakan pada saat ini. Dalam usaha untuk meningkatkan mutu pembelajaran, maka metode yang dipakai harus betul-betul sesuai dengan materi yang diajarkan. Metode merupakan suatu cara mengajar yang berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Semakin baik metode yang dipakai maka semakin efektif dan efisien. Demonstasi merupakan salah satu teknik mengajar yang dilakukan oleh seorang guru atau orang lain yang dengan sengaja dan diminati siswa untuk memperlihatkan kepada kelas tentang suatu proses atau cara melakukan sesuatu. Mengingat pentingnya metode demonstrasi ini, maka penulis membuat makalah yang sederhana ini dengan harapan semoga dapat memberikan kontribusi bagi para pembaca sekalian. Wassalam Bengkulu, Januari 2010 Penulis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar