1

loading...

Wednesday, April 4, 2012

CONTOH Silabus PAI


Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
5.1
Mendengarkan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengaryan
Medengarkan dan menanggapi cerita
§  Siswa menanggapi masalah yang tejadi disekitar kita
§  Siswa mendengarkan pembacaan cerita
§  Siswa menaggapi secara lisan masalah kita masalah yang kita dengar
§  Menanggapi masalah yang terjadi disekitar kita.
§  Mendengarkan pembacaan cerita 
§  Menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar 

20 x 35
Buku Bahasa Indonesia, media cetak dan elektronik, ensiklopedia
6.2
Menceritakan pristiwa yang pernah dialami dilihat atau didengar
Menceritakan pristiwa
§  Siswa menceritakan kembali pristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenagankan 
§  Siswa menjelaskan secara terperinci suatu tempat
§  Siswa menjelaskan secara lisan isi dongeng yang dibacanya dengan senndiri
§  Menceritakan kembali pristiwa pristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenagkan
§  Menjelaskan secara terperinci suatu tempat
§  Menjelaskan secara lisan tentang isi  dongeng yang dibawakan dengan kata-kata sendiri. 



7.1
Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-220 kata) yang dibaca secara intensif.

§  Siswa menjawab pertanyaan yang dibaca
§  Siswa mengajukan pertanyaan dari bacaan.
§  Menjawab pertanyaan dibaca
§  Mengajukan pertanyaan dari bacaan





SILABUS PEMBELAJARAN
Nama  Sekolah            :
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                           :
Semester                      :
Standar Kompetensi   :

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
3.3  
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana  
Pecah
§  Siswa menjelaskan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan  
§  Siswa menuliskan kalimat matematika dari soal cerita yang dierjakan nya
§  Meyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan .
§  Menuliskan kalaimat matematika dari soal cerita yang dikerjakan   
Teknik :
-          Tes
-          Non tes

18  x 35
Buku Matematika, media cetak dan elektronik, ensiklopedia
4.1  
Mengidentifikasi berbagai bangnan datar  sederhana menurut sifat atau usurnya.
Bangun Datar  
§  Siswa menentukan sudut dari benda
§  Siswa menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua garis
§  Menentukan suduk dari benda/bangunan
§  Menjelakan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis terpotong)
Bentuk tes :
-          Tulis
-          Lisan
-          Pengamatan
-          Penilaian hasil keja


4.2
Mengidentifikasi berbagai jenis dan besar sudut
Sudut
§  Siswa mengurutkan besar sudut menurut ukuran
§  Siwa membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul.
§  Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
§  Membuat jenis sudut lacip, siku-siku dan tumpul.
Instrumen :
-          Lembar Soal
-          Lembar pengamatan





SILABUS PEMBELAJARAN
Nama  Sekolah            :
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengatuan Sosial
Kelas                           : III
Semester                      :
Standar Kompetensi   :

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
2.3
Memahami kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan sekolah 
Jual Beli    
§  Siswa mejelasan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan  
§  Siswa menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli dipasar tradisional
§  Siswa menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli dipasar swalaya
§  Siswa menjelaskan apa yang dimaksud dengan Barter
§  Siswa menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan zaman dulu
§  Siswa menyebutkan jenis-jenis uang kartal. 
§  Menjelaskan perbedaan pasar traditional dana pasar swalayan
§  Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli dipasar traditional
§  Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
§  Menjelaskan dengan yang dimaksud dengan berter
§  Menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dahulu   
§  Menyebutkan jenis-jenis uang kertal.

20 sp x 35
Buku IPS, media cetak dan elektronik, ensiklopedia


SILABUS PEMBELAJARAN
Nama  Sekolah            :
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengatuan Alam
Kelas                           : II
Semester                      :
Standar Kompetensi   : 3 Mengenal baerbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaanya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
3.1
Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada dilingkungan sekitar.   
Sumber energi
§  Membaca buku untuk memahami konsep energy
§  Mengajak siswa keluar kelas untuk menuju peralatan tentang energi panas
§  Menunjukkan beberapa sumber energi panas dan listrik
§  Menunjukkan beberapa sumber energi  cahaya dan bunyi dengan kegiatan menyalakan lampu listrik, lampu senter dan membunyikan terompet 

§  Menyebutkan sumber energi panas
§  Menyebutkan sumber energi listrik
§  Menyebutkan sumber energi cahaya
§  Menyebutkan sumber energi bunyi
Tekhnik
Bentuk instrumen
Contoh
Instrumen

15    Jam pelajaran
- Buku IPA SDN kelas II
- Buku Zamrud SD
- Gambar Seterika, baterai,lampu, kompor & alam sekitar.

Tes tertulis
Pilihan Ganda
1.      Alat yang mengubah energi listrik menjadi energi bunyi adalah…
a.    Gitar  b. drum c. radio
2.      Apa saja tiga alat listrik yang menghasilkan cahaya!

  3.2
Mengindentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
Energi yang sering di manfaatkan dalam kehidupan
Cara menghemat sumber energi
§  Menyebutkan jenis energi deng an alatya yang sering digunakan di rumah
§  Menceritakan alas an perlunya menghemat energi
§  Melakukan Tanya jawab dengan siswa cara menghemat energi
§  Mempraktekkan cara-cara menghemat energi
§  Mengindentifikasi jenis energi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
§  Menyebutkan cara menghemat energi
§  Mempraktikkan cara menghemat energi
Tes tertulis
Pilihan Ganda
Berikut ini yang termasuk menghemat energi, adalah …
a.       Mematikan lampu tidak terpakai
b.      Menyalakan tv sepanjang hari
c.       Menyetrika baju setiap saat
d.      Mengapa kita perlu menghemat minyak bumi?
15 jam Pelajaran









SILABUS PEMBELAJARAN
Nama  Sekolah            :
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas                           : II
Semester                      :
Standar Kompetensi   : 3 Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
3.1
Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka
Perkalian bilangan
§  Menjelaskan arti perkalian sebagai penjumlahan berulang
§  Melakukan perkalian dua bilangan satu angka
§  Mengisi daftar perkalian sampai dengan 100
§  Melakukan perkalian tiga bilangan satuaangka
§  Menyebutkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian
§  Menyatukan perkalian sebagai penjumlahan berulang
§  Melakukan perkalian dua bilangan satu angka
§  Melakukan perkalian tiga bilangan satu angka
§  Menjelaskan masalah  yang berkaitan dengan perkalian  
Tekhnik
Bentuk instrumen
Contoh
Instrumen

30Jam pelajaran
- Buku Matematika SD kelas II
- Buku Zamrud SD

Tes tertulis
Pilihan Ganda




Uraian
1.      4 X 9 =

a. 9+9+9+9
b. 4+4+4+4
4+4+4+4
c. 9+9+9+9
9+9+9+9
2.      Paman memiliki 3 ekor ayam tiap ayam bertelur 4 butir, berapa butir telur yang dihasilkan ayam  paman seluruhnya?


  3.2
Melakukan pembagian bilangan dua angka
Pembagian Bilangan dua anga
§  Menjelaskan pengertian bilangan
§  Menginformasikan bahwa pembagian dapat di nyatakan dalam bentuk penjumlahan berulang
§  Mengubah bentuk perkalian menjadi bentuk pembagian dan sebaliknya.
§  Mencongak tentang pembagian dengan satu angka
§  Mencongak tentang pembagian dengan dua bilangan satu angka.
§  Menjeaskan cara menjeaskan soal cerita tentang pembagian dengan menentukan kalimat matematikanya.
§  Menyatakan pembagian sebagai pengurangan berulang
§  Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian dan sebaliknya
§  Melakukan pembagian bilangan sampai dengan 100 dengan berbagai cara
§  Menjelaskan masalah yang mengandung pembagian
Tes tertulis
Pilihan Ganda





uraian
Bentuk pembagian dari 32-8-8-8-8= 0 adalah …
a.       32 : 8 : 4
b.      32 : 8= 8
c.       32 : 4= 9

Hitunglah hasil pembagian bilangan berikut :
a.       54 : 6
b.      12 : 1
c.       48 : 6 : 8
d.      42 : 6 : 1
30 jam Pelajaran
Buku Matematika SD Kelas II
Buku Zamrud SD







SILABUS PEMBELAJARAN
Nama  Sekolah            :
Mata Pelajaran            :
Kelas                           :
Semester                      :
Standar Kompetensi   :

Kompetensi Dasar


Materi Pokok
Nilai Budaya karakter Bangsa
Kewirausahaan ekonomi kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Bahan/alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1
Mendekripsikan pengertian organisasi
Pengertian organisasi

Ciri-ciri organisasi

Tujuan organisasi

Anggota organisasi









Senang membaca
Peduli social
















Percaya diri
Berorientasi tugas & hasil

Menghargai prestasi
Berani mengambil resiko











Menjelaskan pengertian organisasi

Mendaftar nama-nama yang diketahui siswa




Berdiskusi dan memperkirakan tujuan  suatu organisasi

Berdiskusi dan memperkirakan anggota suatu
Mendeskripsikan pengertian organisasi

Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi





Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi




Tugas kelompok


Observasi







Tugas Kelompok



Observasi
Penilaian tertulis


Penilaian unjuk kerja (kepercayaan diri anak dalam berimajinasi)


Keterlibatan anak dalam diskusi

Penilaian tertulis


Menurut mu siapakah yang berhak menjadi Anggota Organisasi Pecinta Perangko?


Siapa pemegang jabatan tertinggi di sekolahmu?

4 x 35 menit
Buku paket (buku pendidikan kewarganegaraan untuk SD kelas V terbitan ESIS karanan Dra.Dyah Sri Wilujeng, M.Pd hal 60-62

Teman

Lingkungan rumah keluarga, sekolah dst.





Ciri-ciri organisasi lanjutan

Struktur organisasi

Tata tertib organisasi



Senang membaca
Peduli sosial



Percaya diri

Berorientasi tugas dan hasil

Berani mengambil resiko

Kepemimpinan
organisasi


Berdiskusi dan mendaftar sejumlah peraturan tentang suatu anggota

Menyusun suatu organisasi fiktif

Merumuskan tujuan struktur dan peraturan fiktif tersebut





Merumuskan contoh struktur organisasi

Merumuskan contoh tata tertib organisasi





Penilaian unjuk kerja
Kepercayaan diri anak




3.2

Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan Sekolah dan Masyarakat

Contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat beserta fungsinya

Peduli lingkungan


Percaya diri

Beroientasi tugas dan hasil

Berani mengambil resiko




Mendaftar contoh-contoh di sekolah dan masyarakat.







No comments:

Post a Comment