1

loading...

Wednesday, January 20, 2016

TESIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC



PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC
{COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION)
UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS
DALAM PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS VIII MTsN IPUH


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC
(COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION)
UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS
DALAM PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS VIII MTsN IPUH
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan- permasalahan di MTsN Ipuh, yaitu dilihat dari nilai rata-rata hasil ujian nasional mata pelajaran bahasa Inggris di MTsN Ipuh dalam 2 tahun terakhir masih berada dibawah standar Kelulusan dengan rata-rata 4.00 dan standar mata pelajaran 5,00. Hasil analisis target daya serap dan pencapaian hasil belajar mata pelajaran bahasa Inggris di kelas VIII MTsN Ipuh untuk kemampuan membaca dan menulis baru mencapai nilai rata-rata 5.00, masih jauh dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran bahasa Inggris yang ditargetkan yaitu 6,50. Hasil penilaian kinerja guru MTsN Ipuh masih berpusat pada guru sehingga siswa hanya sebagai objek ajar yang terus diberi segudang informasi.
Berdasarkan permasalahan di atas peneliti mencoba melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul "Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris di kelas VIII MTsN Ipuh”, dengan mengambil tiga rumusan masalah yaitu; pertama, bagaimana penerapan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan kemampuan membaca (reading) siswa dalam pelajaran bahasa inggris di kelas VIII MTsN Ipuh. Kedua, bagaimana penerapan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan kemampuan menulis (writing) siswa dalam pelajaran bahasa Inggris di kelas VIII MTsN Ipuh. Ketiga, Bagaimana efektifitas penerapan model CIRC Cooperative Integrated Reading and Composition)dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis di kelas VIII MTsN Ipuh.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan di kelas VIII A sebanyak 3 siklus. Kolaborasi dengan guru bahasa Inggris MTsN Ipuh. Penelitian ini mengikuti prosedur PTK model Kemmis dan Mc.Taggart (1988), yang terdiri dari kegiatan perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection) atau evaluasi, dengan menitik beratkan pada penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa Inggris siswa kelas VIII MTsN Ipuh. Efektifitas penerapan model CIRC dilihat dari uji beda antar siklus hasil kemampuan membaca dan menulis pelajaran bahasa Inggris kelas VIII MTsN Ipuh.
Data hasil observasi selama proses implementasi penerapan model pembelajaran di kelas oleh guru dan kolaborator observer menunjukkan bahwa pada siklus pertama memperoleh skor 3,39 dengan kriteria cukup, siklus kedua dengan skor 3.44 kriteria cukup dan pada siklus ketiga skor 4,64 dengan kriteria baik.
Data hasil kemampuan membaca siswa diperoleh dengan instrumen tes kemampuan membaca dari perlakuan pertama hingga siklus ketiga. Peningkatan nilai kemampuan membaca siswa yakni, nilai rata-rata 56 dengan kriteria belum tuntas, pada siklus kedua nilai rata-rata 67 dengan kriteria tuntas dan pada siklus ketiga nilai rata-rata 73 dengan kriteria tuntas. Sementara itu data hasil kemampuan menulis dengan perlakuan persiklus adalah sebagai berikut; pada siklus pertama rata- rata nilai 48 dengan kriteria belum tuntas, siklus kedua nilai rata-rata 60 dengan kriteria belum tuntas dan pada siklus ketiga dengan nilai rata-rata 67 dengan kriteria tuntas.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) yang mengacu pada rekomendasi perbaikan per siklus, mampu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa Inggris siswa kelas VIII MTsN Ipuh. Hal ini terlihat dari data hasil observasi dan data data hasil kemampuan membaca dan menulis siswa.
Efektifitas penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa inggris dibuktikan dengan data uji beda kemampuan membaca dan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris pada siklus pertama dan kedua, dan antara siklus kedua dan ketiga menunjukkan perbedaan yang signifikan yaitu ada perbedaan antar siklus. Artinya efektifitas antar siklus dalam Penelitian tindakan kelas ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris di kelas VIII A MTsN Ipuh.
Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa: Pertama, Penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam pelajaran bahasa Inggris kelas VIII MTsN Ipuh melalui beberapa tahapan dalam proses pembelajaran dan perbaikan siklus persiklus dengan sintak sebagai berikut: Pertama, guru membagi peserta didik menjadi dua kelompok untuk berpasangan. Kedua, guru memberikan wacana/ materi kepada setiap kelompok untuk dibaca dan membuat ringkasan. Ketiga, guru menetapakan kelompok yang berperan sebagai penyaji dan kelompok yang berperan sebagai pendengar. Keempat, kelompok penyaji membacakan ringkasan bacaan selengkap mungkin dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasan, sementara itu

kelompok pendengar menyimak/ mengoreksi/ menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap dan membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya. Kelima, kelompok bertukar peran yaitu kelompok yang semula sebagai penyaji menjadi pendengar dan kelompok pendengar menjadi penyaji. Keenam, menyimpulkan hasil diskusi bersama-sama. Hasil refleksi menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC belum dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan skenariopada siklus pertama dan kedua. Hal ini dikarenakan faktor waktu yang tidak diperhatikan oleh guru, sehingga tidak semua langkah rpp dapat dilaksanakan. Hasil pembelajaran membaca yang terbaik diperoleh pada siklus ketiga dengan skor 67 dengan kriteria tuntas.
Kedua penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan kemampuan menulis pada dalam pelajaran bahasa Inggris kelas VIII MTsN Ipuh oleh guru dengan sintak sebagai berikut: Pertama, guru membagi peserta didik menjadi dua kelompok untuk berpasangan. Kedua, guru memberikan wacana/ materi kepada setiap kelompok untuk dipahami dan membuat ringkasan (karangan sederhana) . Ketiga, guru menetapkan kelompok yang berperan sebagai penyaji dan kelompok yang berperan sebagai pendengar. Keempat, kelompok penyaji membacakan hasil ringkasan (karangan sederhana) selengkap mungkin dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasan (karangan sederhana), sementara itu kelompok pendengar menyimak/ mengoreksi/ menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap dan membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya. Kelima, kelompok bertukar peran yaitu kelompok yang semula sebagai penyaji menjadi pendengar dan kelompok pendengar menjadi penyaji. Keenam, menyimpulkan hasil diskusi bersama-sama. Kelemahan yang muncul pada siklus pertama dan kedua oleh guru adalah belum memastikan bahwa siswa sudah memahami materi menulis yang diajarkan karena faktor waktu guru kurang memberikan contoh dan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. sehingga siswa terlihat bingung ketika diberikan tugas menulis yang harus mereka lakukan. Hal ini berdampak pada hasil tes kemampuan menulis siswa pada siklus pertama dan kedua yang masih/ jauh dari Nilai KKM. Nilai kemampuan menulis yang terbaik diperoleh pada siklus ketiga yaitu sebesar 67 dengan kriteria tuntas.
Ketiga, penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) efektif dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris kelas VIII MTsN Ipuh. Dibuktikan dengan hasil uji beda antar siklus baik untuk kemampuan membaca atau menulis siklus pertama dan kedua dan siklus kedua dan ketiga.

Abstract
The objectives of this research to describe in generally implementation teaching model CIRC (Coopretive Integrated Reading and Composition) to increase students reading and writing skills in English at grade VIII of MTsN Ipuh. This research used a classroom action research method by Kemmis and Taggart (1988). The procedure of this research were consist of planning, action, observation and reflection. This study planned and implemented into three cycles. The subject were student grade VIII A of MTsN Ipuh. The data were collected by observation sheet and Test. The data’s were analyzed by t - test to find the significant differences between cycles. The result was an improvement on teacher’s ability on teaching process in implementing the model with avarage score; 3,39 in first cycle, 3,44 in second cycle and 4,64 in third cycle. It was also impact on both students skills in reading and writing. The Avarage of outcome score of reading skill was increasing by cycles, from 56 in first cycle, 67 in second cycle, and 73 in third cycle. And the outcome score of writing skill were 48 in first cycle, 60 in second cycle and 67 in third cycle. This study also proved that the teaching model CIRC was effective to increase students reading and writing skills in English based on t - test analyzed. It shown the significance different between cycles.
Keywords: CIRC model, Reading and Writing skills.


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan Model Pembelajaran CIRC (Coopretive Integrated Reading and Composition) untuk meningkat kemampuan membaca dan menulis dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas VIII MTsN Ipuh. Metode yan digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Kemmis dan Mc. Taggart (1988). Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa- siswi kelas VIII A MTsN Ipuh. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Data tersebut dianalisis menggunakan Uji - t untuk melihat perbedaan antar siklus. Hasil penelitian selama proses implementasi model pembelajaran oleh guru terjadi peningkatan kemampuan guru dalam pembelajaran dengan skor rata-rata yang diperoleh; 3, 39 pada siklus pertama, 3,44 pada siklus kedua dan 4,64 pada siklus ketiga. Hal ini berdampak pula pada peningkatan kemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris. Nilai kemampuan membaca pada siklus pertama rata-rata 56 (belum tuntas), siklus kedua 67 (tuntas) dan siklus ketiga 73 (tuntas). Data hasil kemampuan menulis pada siklus pertama 48 (belum tuntas), siklus kedua 60 (belum tuntas) dan pada siklus ketiga 67 (tuntas).Penelitian ini membuktikan bahawa penerapan model pembelajaran CIRC efektif dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris untuk kemampuan membaca dan menulis. Hal ini dibuktikan pada uji efektifitas dengan uji t, terlihat ada perbedaan yang signifikan antar siklus kemampuan membaca dan menulis.
Kata kunci : Model pembelajaran CIRC, Kemampuan membaca, dan Kemampuan Menulis.






NAMA                       :
NIM                          
PROGRAM STUDI : 




Sava menyatakan dengan sesungguhnya bahwa tesis yang saya susun sebagai syarat untuk memperoleh gelar Magister dari Program Studi Pascasariana (S2) Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan tlmu Pendidikan Universitas Bengkulu, seluruhnya hasil karya saya sendiri.
Adapun bagian-bagian tertentu dalam penutisan tesis saya kutip dari hasil karya orang lain, telah di tuliskan sumbernya secara jelas sesuai dengan normal, kaidah dan etika penulisan iimiah.
Apabila dikemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian tesis ini bukan hasil karya saya sendiri atau adanya plagiat dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima sanksi pencabutan gelar akademik yang saya sandang dan sanksi-sanksi lainnya sesuai dengan peraturan yang berlaku.


Bengkulu, Juni2014 Yang menyatakan






Alhamdulillah, puji syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT berkat rahmat dan hidayah -Nya sehingga tesis dengan judul "Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition)untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis dalam Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII MTsN Ipuh”ini dapat diselesaikan dengan baik, dalam rangka menyelesaikan studi strata dua (S2) magister Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Tesis ini merupakan Laporan Penelitian Tindakan kelas (PTK) tentang Penerapan Model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) yang ideal di MTsN Ipuh yang diterapkan di kelas untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa dalam pelajaran bahasa Inggris.

Penulis Menyadari masih banyak kekurangan, kesalahan dan kelemahan dalam penulisan tesis ini. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan. Akhirnya semoga tesis ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan siswa.
Bengkulu, Juni 2014 Penulis






Bacalah! ©engan nama Tuhanmu yang telah mencipta.
Menciptakan manusia dari segumpal darah
Bacalah! ©an Tuhan engkau itu adalah
Maha Mulia. ©ia yang mengajarkan dengan
qalam.
Mengajari manusia apa-apa yang dia tidak tahu.
AL-'ALAQ ayat 1-5
(SEgUMPAL DARAH)
Tesis ini ku persembahkan untuk :
Orang tua ku tercinta
H. Jalinus Keke (Alm) & Hj. Sayurni (Alm)
Nurmansyah (Alm) & Marhayati (Alm).
Husami, S.Ag dan keluarga kecilku.
Seluruh Keluargaku yang telah memberi dukungan
Teman -teman sejawat di MTsN Ipuh yang selalu menyemangati.
Teman-teman seperjuangan pasca sarjana Teknologi pendidikan
Angkatan V kelas A yang selalu menginspirasi dan memotivasi.





DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul...................................................................................................... i
Ringkasan.............................................................................................................. ii
Abstract.................................................................................................................... v
Abstrak..................................................................................................................... vi
Persetujuan Komisi Pembimbing....................................................................... vii
Ucapan Terimakasih............................................................................................. xii
Daftar Isi.................................................................................................................. xv
Daftar tabel............................................................................................................. xviii
Daftar Gambar........................................................................................................ xx
Daftar Lampiran....................................................................................................... xxi
BAB I PENDAHULUAN........................................................................................ 1
A.     LatarBelakang.................................................................................. 1
B.    Identifikasi Masalah........................................................................ 4
C.    Pembatasan Masalah..................................................................... 7
D.    Perumusan Masalah...................................................................... 7
E.     Tujuan Penelitian............................................................................ 8
F.     Kegunaan Hasil Penelitian........................................................... 9
BAB II KAJIAN TEORITIK....................................................................................... 10
A.     Deskripsi Teoritis................................................................................ 10
1.    Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and
Composition)................................................................................ 10
2.    Kemampuan Membaca............................................................... 18
3.    Kemampuan Menulis................................................................. 21
B.    Penelitian yang Relevan.................................................................. 26
C.    Kerangka Berfiikir............................................................................... 28
D.    HipotesisTindakan.............................................................................. 30
B.    Prosedur Penelitian............................................................................ 36
1.    Perencanaan Tindakan................................................................ 36
2.    Pelaksanaan Tindakan............................................................... 37
3.    Pengamatan/ Observasi Tindakan............................................. 37
4.    Refleksi Tindakan........................................................................ 37
C.    Lokasi dan Subjek Penelitian........................................................... 38
D.    Teknik Pengumpulan Data................................................................ 39
E.    Pengembangan Instrumen Penelitian Tindakan........................ 39
F.     Analisis dan Interpretasi Data......................................................... 50
BAB.IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN........................................... 53
A.    Deskripsi Hasil Dan Interprestasi Studi Awal............................... 53
1.    Deskripsi Hasil Studi Awal........................................................... 53
2.    Interprestasi studi awal................................................................. 54
B.    Deskripsi Dan Interprestasi Hasil mplementasiTindakan.......... 55
1.    Implementasi Siklus Pertama...................................................... 55
a.    Perencanaan Tindakan........................................................... 55
b.    Pelaksanaan Tindakan........................................................... 58
c.    Hasil Implementasi Penelitian Tindakan Kelas Siklus 1 .. 61
d.    Hasil Refleksi............................................................................ 64
e.    Interprestasi Hasil Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) Siklus Pertama................................................................ 67
f.      Rekomendasi Perbaikan......................................................... 69
2.        Implementasi siklus kedua....................................................... 72
a.    Perencanaan Tindakan .........................................................  73
c.    Hasil Implementasi Penelitian Tindakan Kelas Siklus 2.... 77
d.    Hasil Refleksi ..........................................................................  81
e.    Interprestasi Hasil Pelaksanaan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) Silus Pertama....................................................... 83
f.      Rekomendasi Perbaikan......................................................... 87
3.    Implementasi siklus ketiga........................................................... 89
a.    perencanaan tindakan........................................................... 89
b.    pelaksanaan tindakan ........................................................... 91
cHasil Implementasi Penelitian Tindakan Kelas
Siklus 3....................................................................................... 95
d.    hasil refleksi............................................................................. 98
e.    Interprestasi Hasil Pelaksanaan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) Silus Ketiga......................................................... 99
4.    Uji Beda Antar Siklus................................................................. 102
C.    Efektivitas Implementasi Tindakan.................................................. 104
BAB . V. KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN............................................ 114
b.    Implikasi................................................................................................ 118
c.    Saran...................................................................................................... 119
ARTIKEL ILMIAH...................................................................................................... 122
LAMPIRAN -LAMPIRAN......................................................................................... 136
FOTO - FOTO PENELITIAN.................................................................................... 279
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.................................................................................... 282
DAFTAR TABEL
Halaman
1.    Tabel. 3.1. Kisi-Kisi Kegiatan Observasi Implementasi
Model Pembelajaran CIRC Oleh Guru....................................................... 40
2.    Tabel. 3. 2. Kisi-kisi tes kemampuan membaca........................................ 42
3.    Tabel. 3.3. Distrubusi validitas instrumen tes............................................ 44
4.    Tabel 3.4. Hasil uji reliabilitas pada instrumen tes................................... 45
5.    Tabel. 3.5. Hasil perhitungan daya beda pada instrumen tes................ 46
6.    Tabel 3.6. Hasil perhitungan tingkat kesukaran pada instrumen tes.... 47
7.    Tabel. 3.7. Kisi-kisi tes kemampuan menulis............................................ 48
8.    Tabel 3.8 Pedoman penskoran tes menulis.............................................. 49
9.    Tabel.3.9. Kriteria Hasil Observasi Guru.................................................... 50
10. Tabel 3.10. Kriteria Nilai Ketuntasan.......................................................... 51
12. Tabel 42. Hasil observasi kegiatan guru di dalam pembelajaran model CIRC (Cooperative Integrated
Reading and Composition) Siklus   Pertama.............................................. 61
13. Tabel 4.3. Tabel Nilai Hasil Tes Kemampuam Membaca Pada Siklus Pertama Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas
VIII A MTsN Ipuh............................................................................................... 62
9.    Tabel 4. 4.Tabel Nilai Hasil Tes Kemampuan Menulis
Pada Siklus Pertama Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas
VIII AMTsN Ipuh................................................................................................ 63
10. Tabel 4.5. Prosedur Model CIRC Siklus kedua......................................... 74
11. Tabel 4.6. Hasil observasi kegiatan guru di dalam pembelajaran model CIRC (Cooperative Integrated
Reading and Composition) Siklus Kedua................................................ 77
12.  Tabel 4.7. Tabel Nilai Hasil Tes Kemampuan Membaca Pada Siklus Kedua Mata Pelajaran Bahasa
Inggris Kelas VIII A MTsN Ipuh................................................................... 79
13.  Tabel 4. 8. Tabel Nilai Hasil Tes Kemampuan Menulis Pada Siklus Kedua Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Kelas VIII A MTsn Ipuh................................................................................. 80
14.  Tabel 4.9 Prosedur Model CIRC Siklus ketiga......................................... 92
15.    Tabel 4.10. Hasil observasi kegiatan guru di dalam pembelajaran model CIRC (Cooperative Integrated
Reading and Composition)Siklus Ketiga.................................................. 95
16.  Tabel 4.11. Tabel Nilai Hasil Tes Kemampuam Membaca
Pada siklus ketiga Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII A MTsN Ipuh    96
17.  Tabel 4. 12.Tabel Nilai Hasil Tes Kemampuan menulis Pada siklus ketiga Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Kelas VIII A MTsN Ipuh................................................................................. 97
18.  Tabel. 4.13. Hasil Nilai pre tes dan pos teskemampuan
membaca siswa dalam pembelajaran model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) di kelas PTK............................................. 105
19.  Tabel. 4.14. Hasil Nilai pre tes dan pos teskemampuan
menulis siswa dalam pembelajaran model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) di kelas PTK......................................................... 106
DAFTAR GAMBAR
Halaman
1.    Gambar 3.1. PTK Model Kemmis dan Taggart (1988).................................. 35
2.    Gambar 3.2. Tahap - tahap dalam PTK.......................................................... 36
3.    Gambar 4.1. Grafik Hasil Observasi Kegiatan Guru Dalam Pembelajaran
Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Siklus Pertama       67
4.    Gambar 4.2. Grafik Hasil kemampuan membaca Dalam Pembelajaran Model CIRC (Cooperative Integrated
Reading And Composition) Siklus Pertama.................................................. 68
5.    Gambar 4.3. Grafik Hasil kemampuan menulis Dalam Pembelajaran Model CIRC (Cooperative Integrated
Reading And Composition) Siklus Pertama.................................................. 69
6.    Gambar 4.4 . Grafik Hasil Observasi Kegiatan
Guru Dalam Pembelajaran Model CIRC (Cooperative
Integrated Reading And Composition)........................................................... 84
7.    Gambar 4.5. Hasil kemampuan membaca Dalam Pembelajaran Model CIRC (Cooperative Integrated
Reading And Composition) Siklus kedua..................................................... 85
8.    Gambar 4. 6. Hasil kemampuan menulis Dalam Pembelajaran Model CIRC (Cooperative Integrated
Reading And Composition) Siklus kedua..................................................... 86
9.    Gambar 4.7. Grafik Hasil Observasi Kegiatan
Guru di dalam pembelajaran model CIRC (Cooperative
Integrated Reading and Composition) per siklus......................................... 100
10. Gambar 48. Grafik persentase nilai hasil belajar
kemampuan siswa dalam membaca per siklus............................................ 101
11. Gambar 4.8 Grafik persentase nilai hasil belajar
kemampuan siswa dalam menulis per siklus............................................... 102
DAFTAR LAMPIRAN
1.    Rancangan Pembelajaran (RPP)................................................................. 136
2.    Lembar Instrumen observasi Guru............................................................... 166
3.    Lembar pengolahan data Uji coba tes membaca dengan Anates........... 202
4.    Lembar validasi instrumen observasi guru oleh dosen ahli..................... 220
5.    Lembar instrumen kisi kisi dan Tes Hasil Belajar....................................... 222
6.    Kriteria Ketuntasaan Minimal .......................................................................  262
7.    Data Hasil Penelitian .....................................................................................  264
8.    Hasil Pengolahan Data dengan SPSS....................................................... 270
9.    Surat izin penelitian........................................................................................ 277
10.    Surat Keterangan Selesai Penelitian........................................................ 278


BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Pelajaran bahasa Inggris merupakan pelajaran bahasa asing yang wajib diajarkan di sekolah -sekolah. Dimulai pada jenjang pendidikan SMP hingga perguruan tinggi. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang memiliki peran penting dalam komunikasi baik secara lisan dan tulisan. Seorang dikatakan mampu berbahasa Inggris apabila mampu menggunakannya dengan baik. Pengukuran kemampuan berbahasa dapat dilihat dari kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa yang baik secara lisan maupun tulisan.
Pendidikan Bahasa Inggris difokuskan pada empat keterampilan berbahasa. Dalam kurikulum Bahasa Inggris tingkat SMP mencakup empat keterampilan yaitu menyimak (listening), berbicara (speaking) membaca (reading), dan menulis (writing). Para siswa mengkategorikan pelajaran bahasa Inggris sebagai mata pelajaran yang sulit seperti mata pelajaran lainnya yaitu matematika, IPA, dan lain-lain. Ini mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam belajar bahasa Inggris.
Hal ini juga terjadi pada siswa-siswi MTsN Ipuh. Hasil Ujian Nasional dalam 2 tahun terakhir di MTsN Ipuh menunjukkan hasil yang belum menggembirakan. Rata-rata hasil Ujian Nasional siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris masih di bawah 4.00. masih jauh dari standar hasil Ujian Nasional yaitu 4.00 untuk standar mata pelajaran dan kumulatif 5.5. Inilah permasalahan yang dikeluhkan oleh pendidik, orang tua dan siswa sendiri.
Dilihat dari kisi-kisi soal Ujian Nasional Bahasa Inggris materi Ujian Nasional adalah materi keterampilan membaca (reading). Dan dari hasil analisis prestasi belajar bahasa Inggris di kelas VIII ditemukan bahwa untuk keterampilan membaca (reading) dan menulis (writing) baru mencapai nilai rata-rata 50, masih jauh dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran bahasa Inggris yaitu 65.
Melihat kondisi rendahnya prestasi belajar siswa tersebut ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi yang dapat dikelompokkan menjadi faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internalnya adalah pengaruh dari dalam diri siswa tersebut baik dilihat dari semangat ataupun motivasi belajarnya, dan salah satu faktor eksternalnya adalah guru. Dalam proses pembelajaran, guru berperan besar dalam menyusun strategi pembelajaran yang menyenangkan dan menarik agar siswa termotivasi untuk berprestasi serta dapat memahami pelajarannya dengan baik.
Dilihat dari hasil penilaian kinerja guru selama ini pembelajaran yang sering dipakai oleh guru di MTsN Ipuh lebih berorientasi kepada guru sehingga siswa hanya sebagai objek ajar yang terus diberi segudang informasi. Siswa tidak diberi kesempatan untuk menunjukkan eksistensi dirinya guna berpartisipasi dalam pembelajaran. Lemahnya proses pembelajaran dapat mengakibatkan menurunnya motivasi berprestasi siswa ketika belajar yang pada akhirnya keberhasilan pembelajaran menjadi berkurang.
Berdasarkan kondisi yang telah dijabarkan peneliti memberikan upaya peningkatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis dalam pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan modelpembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Keputusan ini peneliti ambil setelah membaca referensi dan penelitian sebelumnya yang relevan dengan penelitian ini, yaitu;
Safitri, (2011;43 - 44) dalam penelitiannya yang berjudul "Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative                                 Integrated Reading and
Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Pesanggrahan 03 Pagi Jakarta Selatan.
Susanti (2011;1), yang berjudul "Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Mahasiswa D3 Administrasi Negara FIS Unesa.”
Dengan saran, dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitian lebih lanjut, dengan memperhatikan kemungkinan adanya variabel-variabel lain yang turut mempengaruhi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC.

B.  Identifikasi Masalah
Berdasarkan masalah-masalah yang ada di sekolah, dapat diidentifikasi sebagai berikut;
1.  Kemampuan Membaca
Menurut Lamb dan Arnold dalam Safitri, (2011: 21) faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca adalah faktor fisiologis, intelektual, lingkungan, dan psikologis.
Faktor fisiologis menyangkut kesehatan fisik, perkembangan neurologis dan jenis kelamin. Faktor intelektual yaitu terkait dengan intelegensi berfikir, memahami, dan merespon secara cepat. Faktor lingkungan meliputi latar belakang dan pengalaman siswa di rumah dan sosial ekonomi keluarga. Faktor psikologis mencakup motivasi, minat dan kematangan sosial, emosional serta penyesuaian diri.
2.   Kemampuan Menulis.
Unsur-unsur yang mempengaruhi keberhasilan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris adalah: Struktur bahasa dan kosakata. Struktur bahasa mencakup morfologi dan sintaksis dan penguasaan kosakata dalam hal memahami dan menggunakannya. Menurut Tarigan, (2011; 2) kualitas keterampilan bahasa seseorang tergantung pada kuantitas dan kualitas kosa­kata yang dimilikinya.
3 . Model Pembelajaran
Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, kurikulum dan lain-lain (Trianto, 2007 dalam Safitri, 2011:11).
Model pembelajaran yang masih sering digunakan dan masih berlaku oleh guru adalah model pembelajaran konvensional yaitu memberi materi melalui ceramah, latihan soal kemudian pemberian tugas. Padahal model pembelajaran saat ini sudah berkembang dan banyak modelnya. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif (cooperative learning)
Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerjasama dalam meningkatkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar (Sugianto, 2010 dalam Safitri, 2011: 12) .
Tujuan dibentuknya kelompok tersebut adalah untuk memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk dapat terlibat secara aktif dalam proses berfikir dalam kegiatan belajar.
Ada banyak jenis model pembelajaran kooperatif salah satunya adalah model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Slavin, (2005: 200) menjelaskan bahawa model CIRC merupakan pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam pembelajaran bahasa, yakni kemampuan membaca, seni berbahasa dan menulis secara terpadu di tingkat kelas yang lebih tinggi.
Selanjutnya, masih menurut Slavin, (2005: 204) dalam CIRC siswa dituntut untuk menguasai pikiran utama suatu wacana dan kemampuan membaca dan menulis lainnya secara bersama-sama. Siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok kecil yang heterogen. Siswa diajarkan menjadi pendengar yang baik, dapat memberikan penjelasan kepada teman sekelompok , berdiskusi, mendorong teman lain untuk bekerjasama, dan menghargai pendapat teman lain.
Dari faktor faktor yang mempengaruhi tersebut di atas maka dapat diidentifikasikan masalah sebagai berikut:
a.   Faktor fisiologis siswa dapat meningkatkan kemampuan membaca dalam pelajaran bahasa Inggris.
b.   Faktor intelektual dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam pelajaran bahasa Inggris.
c.   Pengaruh intelegensi dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam pelajaran bahasa inggris.
d.   Pengaruh motivasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pelajaran bahasa Inggris.
e.   Pengaruh lingkungan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam pelajaran bahasa Inggris.
f.    Pengaruh struktur bahasa dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam pelajaran bahasa Inggris.
g.   Pengaruh kosakata dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam pelajaran bahasa Inggris.
h.   Model pembelajaran konvensional dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa dalam pelajaran bahasa Inggris.
i.     Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa dalam pelajaran bahasa Inggris.
C.  Pembatasan Masalah
Pada penelitian ini penulis memfokuskan masalah hanya pada pembelajaran bahasa Inggris di kelas VIII MTsN Ipuh dalam menguasai kemampuan membaca dan menulis dengan menerapkan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition).
D.  Perumusan Masalah
Dari penjelasan latar belakang masalah di atas maka peneliti ingin merumuskan masalah sebagai berikut:
1.   Bagaimana penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam pelajaran bahasa Inggris di kelas VIII MTsN Ipuh?
2.   Bagaimana penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam pelajaran bahasa Inggris di kelas VIII MTsN Ipuh?
3.   Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris di kelas VIII MTsN Ipuh?
E.  Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang peneliti sampaikan sebelumnya
maka tujuan penelitian ini adalah:
1.   Mendeskripsikan penerapan Model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam pelajaran bahasa Inggris di kelas VIII MTsN Ipuh.
2.   Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam pelajaran bahasa Inggris di kelas VIII MTsN Ipuh.
3.   Mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran CIRC Cooperative Integrated Reading and Composition)dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris di kelas VIII MTsN Ipuh.
F.   Kegunaan Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan mempunyai kegunaan sebagai berikut:
1.   Kegunaan secara Teoritis.
a.  Secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi dunia pendidikan dalam hal penerapan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)
b.  Sebagai bahan kajian untuk pengembangan penelitian lebih lanjut tentang penggunaan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition).

2.   Kegunaan Secara Praktis
a.  Bagi siswa untuk menumbuhkan minat dan semangat siswa untuk membaca dan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris.
b.  Bagi guru sebagai acuan dalam memilih model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis.
c.   Bagi kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas pembelajaran di sekolah.
d.  Bagi peneliti untuk menambah wawasan dan pengalaman mengenai model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)dan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa terutama dalam membaca dan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris.

No comments:

Post a Comment