1

loading...

Sabtu, 07 Maret 2020

SISTEM REPRODUKSI HEWAN


PEMBAHASAN REPRODUKSI HEWAN
BAB II
PEMBAHASAN

A. Perkembangbiakan pada Hewan Rendah
1. Reproduksi Aseksual pada Hewan Rendah
Pada hewan terdapat dua cara reproduksi yaitu aseksul dan seksual. Reproduksi pada hewan rendah dapat dilakukan dengan cara:
·         Pembelahan
Cara reproduksi ini biasanya di lakukan oleh golongan protozoa, dan beberapa metazoa. Seperti juga pada tumbuhan, hewan ini akan membela menjadi dua sel anak (binary fission) atau menjadi beberapa sel anak  (multiple fission). Arah pembelahan sel-selnya ada yang ke arah melintang misalnya, pada Paramaecium dan ada yang ke arah membujur (memanjang) misalnya pada Euglena.
·         Pembentukan Tunas
Proses perkembangan tunas menjadi hewan dewasa di sebut blastogenesis. Tunas ini akan dapat melepaskan diri dari hewan induknya bila telah cukup matang. Cara reproduksi ini dapat kita jumpai pada Hydra atau Porifera.
 Pembentukan Genunule
Gemmule merupakan sejumlah sel yang banyak mengandung makanan di daerah mesoglea (lapisan tengah) dan berkumpul membentuk seperti bola dikelilingi oleh dinding tebal  dari kitin. Biasanya gemmule ini di bentuk bila keadaan lingkungan tidak menguntukan. Gemmule  ini akan tumbuh bila keadaan lingkungan baik kembali, Contoh : Porifera Air Tawar
·         Regenerasi
Regenerasi adalah suatu proses perkembangbiakan suatu individu dari bagian tubuhnya yang terlepas. Tetapi regenerasi dapat pula di artikan sebagai penyembuhan/pertumbuhan kembali bagian tubuh yang hilang atau rusak. Cara reproduksi semacam ini dapat anda jumpai  pada : Sponge, Coelenterate, Planaria, Echinodermata dan sebagainya. 
·         Pembentukan Kuncup
Contohnya Hydra yang pada bagian kakinya tumbuh kuncup. Semakin lama, kuncup itu semakin membesar dan menjadi individu baru.
 Fragmentasi
Fragmentasi adalah perkembangbiakan dengan memotong bagian tubuh, kemudian potongan tubuh tersebut tumbuh menjadi individu baru. Hewan yang melakukan reproduksi secara fragmentasi adalah cacing Planaria.
Cacing Planaria mempunyai daya regenerasi yang sangat tinggi. Seekor cacing Planaria yang dipotong menjadi dua bagian, masing-masing potongan akan tumbuh dan berkembang menjadi dua ekor cacing Planaria.
·         Partenogenesis 
Partenogenesis yaitu terbentuknya individu baru tanpa terjadinya fertilisasi. Contoh partenogenesis yaitu telur belalang jambu yang dapat menetas meskipun tidak mengalami fertilisasi. Jadi, meskipun hanya seekor betina yang dipelihara, tetapi telur yang dihasilkan tetap dapat menetas. Sel telur dapat berkembang menjadi individu baru walaupun tanpa fertilisasi.
2. Reproduksi Seksual pada Hewan Rendah
Selain melakukan reproduksi aseksual, hawan rendah pun mampu melakukan reproduksi secara kawin (seksual) beberapa cara reproduksi seksual yang bias di lakukan hewan rendah adalah: 
·         Konjugasi 
Hewan tingkat rendah misalnya Paramaecium berkembang biak secara generatif melalui konjugasi. Caranya, dua sel saling mendekat pada bagian mulut selnya, kemudian terjadi tukar menukar inti sel.
 Anisogami
Cara reproduksi seperti ini dapat anda jumpai pada hewan-hewan seperti Hydra, Plasmodium, golongan porifera, golongan cacing, dan sebagainya. Hewan tersebut dapat menghasilkan dua jenis gamet yang berbeda dalam bentuk, ukuran serta tingkah lakunya. Gamet jantan biasanya kecil dan bergerak aktif sedangkan yang betina relatif lebih besar teapi pasif. Anisogami sesunggunya merupakan cara reproduksi seksual yang paling umum dilakukan oleh tumbuhan tinggi dan hewaqn bertulang belakang. Tetapi reproduksi semacam ini lebih di kenal  denga nama fertilisasi (pembuahan).
·         Metagenesis                                                                                               
            Suatu cara reproduksi yang saling bergantian antara reproduksi aseksual dengan reproduksi seksualnya cara reproduksi semacam ini dapat anda jumpai pada golongan Coelenterate, misalnya Obelia. Hewan ini memiliki polip yang melakukan reproduksi aseksual dan bentuk mendusa (ubur-ubur) yang melakukan reproduksi seksual. 
·         Fertilisasi                                                                                        
 Hewan tingkat rendah lain misalnya cacing dan bekicot bersifat hermaprodit. Hermaprodit yaitu satu individu menghasilkan sel sperma dan ovum. Meskipun hermaprodit, cacing dan bekicot tetap memerlukan hewan lain untuk melakukan perkawinan.

B. Gametogenesis
Gametogenesis adalah peristiwa pembentukan sel-sel gamet di dalam kelenjar kelamin. Peristiwa pembentukan sel-sel gamet ini di bedakan atas :
·         Spermatogenesis
Yaitu peristiwa pembentukan sel-sel sperma didalam tes-tes. Sel-sel sperma di dalam tes-tes berasal dari sel-sel spermatogonia. Spermatogonia ini mengalami pertumbuhan ini menjadi spermatosit. Melalui dua kali pembelahan, dari satu spermatosit (2n) akan di hasilkan 4 buah sperma yang haploid (1n).
·         Oogenesis
Adalah peristiwa pembentukan sel telur (ovum) di dalam ovarium. Seperti halnya sel sperma, sel telur pun terjadi melalui proses pembelahan dua kali. Sel telur dalam ovarium berasal dari sel oogonium (kalau lebih dari satu disebut oogonia). Oogonium ini akan tumbuh menjadi oosite. Dari satu oosite melalui dua kali pembelahan akan di hasilkan 4 buah sel tekur (ovum). Dari 4 buah sel telur yang di hasilkan hanya satu yang dapat di buahi (fertil) sedangkan 3 buah sel telur lainnya mengalami degenerasi dan di sebut polar body (polosit)
C. Reproduksi pada Mamalia
Mamalia pada umumnya merupakan hewan yang melahirkan (vivipar), kecuali pada kelas monotremata misalnya Platypus (paruh bebek) yang ofipar (bertelur). Reproduksi pada mamalia dilakukan secara seksual dan pembuahan selalu terjadi didalam tubuh (internal). Telur yang telah di buahi (zigot) akan berkembang menjadi embiro didalam rahim (uterus). Embiro  tersebut di beri makan oleh tubuh induknya melalui plasenta. Alat reproduksi di bedakan atas:


·         Alat Reproduksi Jantan
Alat reproduksi janatan terdiri dari 2 buah testes yang terletak didalam skrotum. Didalam testes terdapat saluran-saluran seminifer (seminiferous tubeles) yang berfungsi menghasilkan sperma. Sperma ini akan di simpan didalam epididimis, yang dihubungkan kedalam seminal vesicle oleh suatu saluran sperma yang disebut Vas deferens. Selanjutnya melalui kelenjar prostat (glandula prostata) diteruskan keseluruh ejakulasi. Dari sini akan diteruskan lagi keseluruh uretra dan berakhir pada lubang pembuangan yang terletak didalam alat kopulasi yang di sebut penis.
·         Alat Reproduksi Betina
Alat reproduksi betina terdiri dari 2 buah ovarium (indum telur). Sel telur akan masak didalam folikel graaf (Graafian vollicle) ovarium ini melalui infundibulum akan di hubungkan ke dalam uterus (rahim) oleh saluran falompian (fallopian tube) atau saluran telur. Dari uterus melalui bagian servik akan di teruskan di dalam vagina.
D. Hormon Reproduksi 
Hormon yang erat hubungannya dengan reproduksi adalah gonadetropin. Hormon ini terdiri dari beberapa hormon diantaranya:
FSH (Follicle Stimulating Hormone), yang berfungsi merangsang pertumbuhan folikel (gelembung kecil yang berisi ovum) pematangan volikel ini dirangsang oleh SFH. LH (Luteinizing Hormone), menyebabkan volikel yang telah masak pecah dan ovum (sel telur) keluar. Peristiwa ini di sebut ovulasi. LH menyebabkan pula folikel yang telah pecah berubah menjadi kopus luteum yang menghasilkan hormon progesteron, suatu hormon yang membantu pertumbuhan uterus sebagai persiapan untuk kehamilan. Pada laki-laki FSH dan LH mengatur pembentukan testosterone sebagai hormone kelamin jantaan. 
E. Perkembangbiakan pada Hewan Tingkat Tinggi
Perkembangbiakan secara seksual pada hewan melibatkan alat reproduksi, sel kelamin/gamet jantan dan gamet betina, serta proses pembuahan atau fertilisasi. Pembuahan pada hewan ada dua jenis, yaitu pembuahan yang terjadi di dalam tubuh induk betina dan pembuahan yang terjadi di luar tubuh. Pembuahan di dalam tubuh induk betina disebut fertilisasi internal. Sedangkan pembuahan di luar tubuh induk betina disebut fertilisasi eksternal.
Pembuahan eksternal biasanya terjadi pada hewan yang hidup di dalam air, misalnya katak dan ikan. Jumlah sel telur dan sperma yang dihasilkan sangat banyak, sehingga dapat memperbesar peluang terjadinya pembuahan. Pembuahan eksternal dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu tipe acak dan tipe sarang. Pada tipe acak, proses pelepasan sel telur dan sperma di lakukan di sembarang tempat. Sedangkan pada tipe sarang, ada tempat tertentu untuk melepaskan sperma dan sel telur, sehingga peluang terjadinya pembuahan lebih besar. Pada fertilisasi internal, pembuahan yang terjadi dalam tubuh induk betina. Jadi sperma dari induk jantan harus dimasukkan ke dalam tubuh betina melalui kopulasi.
Alat reproduksi menghasilkan sel kelamin. Sel kelamin jantan/sperma dihasilkan oleh testis, sedangkan sel kelamin betina (ovum/sel telur) dihasilkan oleh ovarium (indung telur). Proses pembentukan sel kelamin jantan dan betina disebut gametogenesis. Proses pembentukan sel kelamin jantan disebut spermatogenesis, sedangkan proses pembentukan sel kelamin betina disebut oogenesis. Setelah terjadi pembuahan atau fertilisasi, akan terbentuk zigot yang kemudian berkembang menjadi embrio. Perkembangan dan kelahiran embrio dapat terjadi melalui tiga cara, yaitu vivipar, ovipar, dan ovovivipar..
Vivipar (hewan beranak), yaitu hewan yang embrionya berkembang dan mendapat makanan di dalam uterus (rahim) induk betina. Contohnya adalah kerbau, sapi, kucing.

Ovipar (hewan bertelur), yaitu hewan yang embrionya berkembang di dalam telur. Telur hewan ini dikeluarkan dari dalam tubuh dan dilindungi olehcangkang. Embrio memperoleh makanan dari cadangan makanan yang terdapat di dalam telur. Beberapa hewan ovipar mengerami telurnya hingga menetas, misalnya ayam dan merpati. Namun banyak pula induk yang menimbun telur dengan pasir atau bahkan membiarkan begitu saja.
Ovovivipar (hewan betelur dan beranak), yaitu hewan yang embrionya berkembang di dalam telur, tetapi telur tetap berada di dalam tubuh induk betina. Setelah cukup umur, telur akan pecah di dalam tubuh induk dan anaknya keluar. Contohnya adalah kadal dan ikan hiu. Anak itik menetas dari telur, itik termasuk hewan ovipar.
Berikut ini beberapa contoh Reproduksi Seksual pada Hewan
1.      Reproduksi pada Ikan
            Pada umumnya ikan bertelur (ovipar) dan pembuahannya terjadi di luar tubuh induk betinanya. Alat kelamin jantan terdiri dari sepasang testis berwarna putih. Sperma dialirkan melalui saluran vas deferens yang bermuara di lubang urogenital. Lubang urogenital merupakan lubang yang dipakai untuk keluarnya urin dan sperma.
Alat kelamin betina terdiri dari sepasang ovarium. Ovarium menghasilkan sel telur. Sel telur dikeluarkan melewati oviduk dan kemudian dialirkan ke lubang urogenital. Setelah ikan betina mengeluarkan sel telur di sembarang tempat atau di tempat tertentu,  maka akan diikuti oleh ikan jantan dengan mengeluarkan sperma.
2.      Reproduksi pada Katak
           Katak termasuk hewan amfibi yang hidup di darat dan air. Pembuahan katak terjadi secara eksternal yang dilakukan di air. Katak bersifat ovipar atau bertelur. Alat kelamin jantan terdiri dari sepasang testis yang berwarna putih kekuningan.
                        Testis menghasilkan sperma. Sperma melewati vas efferentia dan menuju kloaka. Kloaka merupakan tempat keluarnya sperma, saluran urin, dan sisa pembuangan makanan. Alat kelamin betina terdiri dari sepasang ovarium yang menghasilkan sel telur. Telur melewati oviduk dan menuju kloaka.
Pada saat kawin (kopulasi), katak jantan akan naik ke punggung katak betina. Dengan jarinya, katak jantan menekan katak betina sehingga katak betina mengeluarkan sel telur ke dalam air. Saat keluarnya telur, katak jantan akan mengeluarkan spermanya. Terjadilah pembuahan sel telur di dalam air dan akan berkembang menjadi zigot.
3.      Reproduksi pada Reptilia
            Umumnya reptilia bersifat ovipar, walaupun ada sebagian yang ovovivipar. Pada reptilia jantan, alat kelaminnya terdiri dari sepasang testis, epididimis dan vas deferens. Memiliki alat kelamin khusus yang disebut hemipenis dan dikeluarkan melalui kloaka saat kawin. Sedangkan reptilia betina memiliki alat kelamin terdiri dari sepasang ovarium dan oviduk. Telur bermuara di oviduk. Pada reptil ovovivipar telur akan menetas dalam oviduk.
4.      Reproduksi pada Burung
           Burung berkembangbiak dengan cara bertelur (ovipar). Umumnya telur akan dierami hingga menetas. Embrio di dalam telur memerlukan suhu tertentu untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Alat kelamin burung jantan terdiri dari sepasang testis. Sperma yang dihasilkan testis akan menuju vas deferens dan kloaka. Sedangkan alat kelamin betina pada burung terdiri dari ovarium kiri dan oviduk.

Saat kawin, kloaka jantan dan betina saling mendekat sehingga ketika sperma keluar dari kloaka jantan akan langsung masuk ke kloaka betina sehingga sel telur dapat dibuahi.
Telur burung mempunyai struktur sebagai berikut :.
a.       Cangkang telur, terbuat dari zat kapur yang berpori untuk keluar masuknya udara. Di sebelah dalam cangkang terdapat dua buah membran yang pada salah satu ujungnya tidak saling melekat, sehingga terbentuk rongga udara.
b.      Albumen (putih telur), berupa cairan kental berwarna putih bening yang berfungsi sebagai cadangan makanan dan melindungi embrio dari guncangan.
c.       Kuning telur, terdapa di bagian tengah albumen. Pada kuning telur ini terdapat calon embrio. Agar kuning telur tetap pada posisinya, maka terdapat kalaza yang berfungsi menjaga posisi kuning telur.  
d.      Pada saat telur dierami, embrio mulai tumbuh. Kuning telur dan putih telur diserap melalui pembuluh darah yang terbentuk mengelilingi kuning telur. Bagian-bagian yang berperan dalam mendukung pertumbuhan embrio adalah sebagai berikut.
e.       Amnion, merupakan cairan ketuban yang terdapat pada suatu kantung tempat tumbuhnya embrio.
f.       Alantois, merupakan tempat penyimpanan hasil ekskresi, mengangkut O2 ke dalam embrio dan CO2 keluar dari embrio.
g.      Tali pusat, yaitu bagian yang menghubungkan kuning telur dengan alantois.

5.      Reproduksi pada Mamalia
            Mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan anak (vivipar). Proses pembuhannya berlangsung di dalam tubuh induk betina (fertilisasi internal). Setelah dilahirkan, anak hewan mamalia menyusui kepada induknya. Meskipun demikian, ada beberapa jenis mamalia yang tidak melahirkan anaknya, tetapi bertelur. Contohnya adalah platipus (Ornithorynchus anatinus).
Semua hewan Mamalia memiliki alat reproduksi yang hampir serupa. Untuk mempelajarinya, amatilah alat reproduksi tikus berikut ini.
Tikus jantan mempunyai sepasang testis yang berfungsi untuk menghasilkan sperma. Sperma dikeluarkan melalui saluran sperma yang disebut vas deferens. Untuk memasukkan sperma ke dalam tubuh hewan betina, digunakan penis.
Tikus betina mempunyai sepasang ovarium yang berfungsi untuk menghasilkan sel telur atau ovum. Sel telur yang telah dilepaskan dari ovarium (ovulasi) keluar melalui saluran telur dan akhirnya sampai di uterus. Jika sel telur ini dibuahi oleh sperma, akan terbentuk zigot yang akan tumbuh dan berkembang menjadi embrio. Tikus mampu mengandung lebih dari satu embrio. Namun tidak semua Mamalia memiliki kemampuan seperti ini. Setiap embrio memperoleh nutrisi dan oksigen dari plasenta yang dihubungkan melalui tali pusat. Jika sudah tiba masa lahirnya, embrio lepas dari uterus dan dikeluarkan melalui vagina.






THE POSTMETHOD ERA


     THE POSTMETHOD ERA 

     A.    THE DYSFUNCTION OF THE THEORY – PRACTICE DICHOTOMY
Recent work in the language teaching profession shows a marked depature from the artificial dichotomy of theory and practice. In this newer mode of viewing the profession, teachers are researchers and are charged with the responsibility of reflecting on their own practice. dysfunction” of theory and practice relationship (Marked Clark 1994) and others offers strong argumentation against of the theory- practice relationship .
(Hedgcock, 2002,p.308). Not only does such an understanding promote the notion of “a privileged class of theorist and an underprivileged class of practitioners and teachers. Furthermore, teachers are researcher and are charge with responsibility of reflecting on their own practice.
    B.     AN ENLIGTENED ,ELECTIC APPROACH
The enlightened, eclectic approach incorporates a number of basic principles of learning and teaching, inspired by the interconnection of reading and observation, discussion and teaching. It is a dynamic composition of perception and experience, where approach and classroom practice is in constant interaction. Feedback on innovation yields new insight and more creative possibilities which run in a cycle. When the eclectic approach is at work, designing of a lesson depends upon the selection of focus. The approach chosen is also guided by factors like the teacher’s experience as a learner, a teacher, observer, reader, and specialized orientation in the same field, if any. Approaches are necessarily controlled by varying contexts and are subject to interpretation.
There are three reasons for variation at the approach level :
a.       An approach is by definition dynamic and therefore subject to alterations and modification as a result of one’s observation and experience.
b.      Research in second languange acquisition and pedagogy almost always fields findings that are not conclusive but are subject to interpretation and
c.       We are constantly making new discoveries about languange learning and teaching as our profesional stockpile of knowledge and experience builds
   
     C.    COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING
Communicative language teaching (CLT), or the communicative approach, is an approach to language teaching that emphasizes interaction as both the means and the ultimate goal of study.
Language learners in environments utilizing CLT techniques, learn and practice the target language through the interaction with one another and the instructor, the study of "authentic texts" (those written in the target language for purposes other than language learning), and through the use of the language both in class and outside of class.
Learners converse about personal experiences with partners, and instructors teach topics outside of the realm of traditional grammar, in order to promote language skills in all types of situations. This method also claims to encourage learners to incorporate their personal experiences into their language learning environment, and to focus on the learning experience in addition to the learning of the target language.
According to CLT, the goal of language education is the ability to communicate in the target language. This is in contrast to previous views in which grammatical competence was commonly given top priority. CLT also focuses on the teacher being a facilitator, rather than an instructor. Furthermore, the approach is a non-methodical system that does not use a textbook series to teach the target language, but rather works on developing sound oral/verbal skills prior to reading and writing.
The CLT can be defined as a unified yet broadly based, theoretically well informed set of doctrines about the nature of language and of language learning and teaching. CLT highlights the social, cultural and pragmatic features of languages. In Communicative Language Teachingthe grammatical, functional, socio-linguistic, and strategic discourse components are at their best possible interplay. The techniques are utilitarian and driven towards fulfillment of individual purposes. Fluency and accuracy are complementary principles that alternatively acquire a high degree of importance. Productive and contextualized communication is necessarily the goal and the students need to work towards this goal through the development of appropriate strategies for autonomous learning. The teacher here is the facilitator who is supposed to facilitate authentic linguistic interaction and encourage meaningful construction of language. The functional aspects like fluency and spontaneity displace overt presentation and discussion of grammatical rules and concentrate on the learner’s initiative, in CLT.Characteristics of a CLT approach
      1.      Overal goals.CLT suggests a focus on all the components (grammatical, discourse, functional, sociolinguistic, and stategic) of communicative competence . goals therefore must interwine the organization (grammatical,discourse,) aspects of language with the pragmartic (functional,sociolinguistic,strategis) aspects.
     2.      Relationship of form and function. Language techniques are designed to engage learnes in the pragmatic,authentic,functional use of language for meaningful purpose.
      3.      Fluency and accuracy .A focus on student “flow” of comprehension and production and a focus on the formal accucary of production are seen as complementary principles underlying communicative techniques.
    4.      Focus on real-world contexts .student in a communicative class ultimately have to use the language,productively and receptively,in unrehearsed context outside the classroom.classroom tasks must therefore equip students with the skills necessary for communication in those contexts.
     5.      Autonomy,and strategic involvement .student are given opportunities to focus on their own learning process through raising their awareness of their own styles of learning (strengths,weaknesess,prefences)and through the development of appropiate strategis for production and comptrehension.such awareness and action will help to develop autonomous learners capable of continuing to learn the language beyond the classroom and the course.
      6.      Teachers roles . The role of the teacher is that of facilitator and guide ,not an all-knowing font of knowledge. The teacher is an emphetic “coach” vaines the students linguistic development.
      7.      Student roles .student in a CLT class are active participants in their own learning process. Learner-centered,cooperative,collaborative learning is emphasized but not at the expense appropriate teacher-centered activity.

    D.    Task-Based Language Teaching
Task-based language teaching (TBLT) is a broadly defined approach to language teaching research and practice which uses task as a unit of analysis for research and practice in communicative language teaching. It has been situated within experiential ‘learning by doing’ educational philosophy espoused by Dewey and others (Long, 2015; Samuda & Bygate, 2008). As such, TBLT can be seen as an extension of a so-called ‘strong’ version of CLT where communication is seen as the major driving force in language learning (Howatt, 1984). In contrast to such a holistic and experiential approach, a weak version of CLT is often supported by some kind of functional and/or formal syllabus, where communicative (production) tasks follow the presentation and practice of forms (Ellis, 2003). Ellis makes a similar distinction between task-based and task-supported language teaching (TSLT), in that TBLT uses task as the only unit of analysis for syllabus design, while TSLT uses task plus another unit, such as linguistic forms, functions, skills, lexis or concepts. TBLT represents a development from CLT in its principled and systematic incorporation of a focus on formal properties of the language, on one hand, and a return to CLT’s conceptual foundations in its ability to bring together content, methodology and experience, on the other (Samuda & Bygate, 2008 ).
There are three main approaches to TBLT, which are Long’s (1985), Skehan’s (1998), and Ellis’s (2003). approaches have in common is that they all stress the characteristic of tasks in establishing contexts for natural language use and that they focus on form.
Caracteristics of TBLT :
·         Tasks ultimetly point learners beyond the forms of language alone to real-world contexts.
·         Tasks specificly contribute to communicative goals.
·         Their elements are carefully desaigned and not simply haphazardly or idiosyncratically thrown together.
·         Their objectives are well specific so that you can at some later point accurately determain the succes of one task over another.
·         Tasks engage learners, at some level, in genuine problem-solfing activity.
     E.     Learner-Centered Instruction
This term applies to curricula as well as to specific techniques. It can be contrasted with teacher-centered instruction, and has received recent interpretation. Learner-centeredincludes :
·         Techniques that focus on or account for leaners needs, styles, and goals.
·          Techniques that gives some control to the students (group work or strategy training, for example)
·         Curricula that include the consultation and input of students and that do not presuppose objectives in advanced.
·         Techniques that allow for student creativity and innovation.
·         Techniques that enhance a student’s sense of competence and self-worth.
Because  language teaching is a domain that so often presupposes classrooms where students have very little language prifiency with which to negotiate with the teacher, some teachers shy away from the notion of giving learners the “power” associated with a learner-centered approach. Such restraint is not necessary because, even in beginning level classes, teachers can offer students certain choices. All of this efforts help to give students a sense of “ownership” of their learning and thereby add to their instrinsic motivation.
     F.     Cooperative Learning
Cooperative learning is sometimes thought to be synonymous with collaborative learning. To be sure, in a cooperative clasroom the student and theachers work together to purpurea goals and objectives. But cooperative learning " Ia more structured, more prescriptive to teachers about Classroom techiques, more Directive to students about how to work together in groups [ than f. collaborative learning ] "( oxford, 1997,p 443).In cooperative learning models, a group learning activity is de pendent on the socially structured exchange of information between learners. In collaborative learning, the learning Enggeh" With more Copable others ( teachers, advanced peers, etc) Who provide Assistance anda quldence" (Oxford, 1997,p 444).Collaborative learning midels have been Deve loped within social an constructivist ( see chapter 1 of p LLT) schools of thought to promote communities of learners that cut across the usual hierarchies of student and teachers. 
    G.    Interactive Learning
interactive teaching method is a form of learning and communicative activity in which students are involved in the learning process and reflect on what they know and what they are thinking. thus, the communicative purpose of, language compels us to create opportunities for genuine interaction in the Classroom. An Interactive couse or technique will provide for such negotiation Interactive classes will most likely be found.
    H.    Whole Language Education 
A term that once swept through our profession and is still in common use is whole language education. Unfortunately, the term has been so widely and divergently interpreted that it unfortunately lost the impact that it once had (see Rigg, 1991, for an excellent review of whole language education).
Whole language is a label that has been used to describe:
·         Cooperative learning
·         Participatory learning
·          Student-centered learning
·          Focus on the community of learners focus on the social nature of language
·          Use of authentic, natural language
·          Meaning-centered language
·          Holistic assessment techniques in testing
·          Intergration of the four skill

     I.       Content – Based Instruction
Content-Based Instruction is an approach in which the teaching is organized around the content. Likewise, the principles of Content-Based Instruction are heavily rooted on the principles of communicative language teaching since they involve an active participation of students in the exchange of content.

    J.      Other Candidates For CLT Approach
Richards and Rodgers (2001) included Multiple Intelligences, Neurolinguistic Programming, the Lexical Approach, and Competency-based Teaching among their approaches and methods. Larsen-Freeman (2000) described the Participatory Approach, Learning Strategy Training, and Multiple Intelligences in her book on techniques and principles. Harmer (2001) adds Humanistic Teaching and the Lexical Approach to his list of approaches and methods.Michael Lewis (1997) is perhaps the best-known advocate for a lexical approach to L2 teaching. His contention is not unlike that of Krashen (1997), who maintained that one can "do" almost anything in a language with vocabulary, and once those lexical units are internalized, other (grammatical and discourse) elements of language can be acquired, given a meaningful context. Lewis extends his approach central to a language course. Thus, phrases like not so good, bow's it going.
REFERENCES
Brown, H Douglas. 2007. Teaching By Principles An Interactive Approach to Language Pedagogy, Third Edition. America :Pearson Education
Richards, C Jack and Theodore S.Rodgers.1986.Approaches and Methods in Languange Teaching.America:Cambridge University Press
Richards, Jack (2006). Communicative Language Teaching Today. USA: Cambridge University Press. pp. 14–21. ISBN 9780521925129.
Willis, J. R., & Willis, D. (2007). Doing task-based teaching. Oxford: Oxford University Press