1

loading...

Senin, 01 Juli 2019

MAKALAH AL-KUTUB AL-SITTAH


MAKALAH AL-KUTUB AL-SITTAH 

BAB I
PENDAHULUAN


      A. LatarBelakang

Kutubu Sittah ini termasuk Diantara kitab yang terbagus penulisan dan penyusunannya, paling banyak benarnya dan sedikit kesalahannya, paling meluas umum manfaatnya dan paling banyak faidahnya, paling besar barakahnya, paling mudah kesukarannya, paling baik penerimaanya.
Makalah ini berikhtiar memperkenalkan secara singkat Istilah Kutubus Sittah dan saiapa saja perawi dari kutubusittah tersebut serta karya-karyanya. 

    B. Rumusan Masalah
    1. Apa yang dimaksud Al-Kutub Al-Sittah?
    2. Bagaimana Biografi dan apa saja karya dari pengarang Al-kutub al-sittah?
   
    C. Tujuan
    1.  Untuk mengetahui apa itu Al-Kutub Al-Sittah.
    2.  Untuk mengetahui Biografi dan karya dari pengarang Al-kutub al-sittah.

BAB II
PEMBAHASAN
     A.    Pengertian Kitab Induk Hadits

Kitab induk hadits adalah kitab – kitab yang didalamnya tertulis lengkap antara sanad dan matannya. Sebenarnya jumlah kitab induk hadits itu banyak akan tetapi, yang lebih sering dikenal dimasyarakat luas ada 6 macam (kutubus sittah).
Kitab induk hadits ada 2 macam yaitu: Al Ushul Al-Khamsah dan Al-Ushul Al-Sittah. Al Ushul Al-Khamsah disebut juga Al-Kutub Al-Khamsah (kitab-kitab pokok hadits yang lima), yaitu Shahih Al-Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan At-Tirmidzi, Sunan An-Nasa’i, Dan yang ke enam dalam perdebatan.
Kemudian ada sebagian ulama yang memasukkan kitab hadits ke enam, sehingga penyebutannya menjadi Al-Ushul As-Sittah. Akan tetapi para ulama mutaakhirin masih berbeda pendapatnya dalam menentukan kitab yang ke enam.
Abul Fadhli ibn Thahir yang mempelopori Sunan Ibn Majah menjadi kitab pokok yang keenam ini, yang diikuti oleh Abdul Ghani  Al-Maqdisi, Al-Mizi, kemudian Al-Hafidz Ibnu Hajar dan Al-Khazra’i. Sebagian yang lain Razin dan ibnu Al-Atsir memandang bahwa kitab Al-Muwathatha’ Imam Malik lebih pantas menduduki pokok ke enam, bukan Sunan Ibnu Majah ini. Ada juga ulama lain yang memasukkan Al-Sunan atau Al-Musnad susunan Al-Darimy sebagai kitab keenam, juga kitab Al-Muntaqa susunan Al-Jarud.
Istilah Kutubus Sittah digunakan untuk menyebut enam kitab induk hadits, yaitu :
1. Shahih Al Bukhari
2. Shahih Muslim
3. Sunan An Nasa`I
4. Sunan Abi Dawud
5. Sunan At Tirmidzi
6. Sunan Ibni Majah
Banyak sekali karya tulis berupa syarah dan ta’liq terhadap kitab-kitab tersebut. Sebagiannya mengkaji tentang mengenal isi kandungan dari matan-matan hadits yang termuat didalamnya, dan sebagian yang lain mengkaji tentang mengenal kandungan sanad-sanadnya, sebagian yang lain mengkaji tentang gabungan semua itu. 

    B.     Biografi dan karya pengarang Al-kutub al-sittah
1.      Al Bukhari
Pengarang Bukhori adalah Abu Abdillah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim bin al Mughiroh bin Bardizbah al ja’fi al Bukhori. Dilahirkan hari Jum’at 13 Syawal 194 H di kota Bukhara, Akan tetapi beliau lebih terkenal dengan sebutan Imam Bukhari, karena beliau lahir di kota Bukhara, Turkistan.
Al Imam Al Bukhari wafat pada malam Idul Fithri tahun 256 H. ketika beliau mencapai usia enam puluh dua tahun. Jenazah beliau dikuburkan di Khartank, nama sebuah desa di Samarkand. Semoga Allah Ta’ala mencurahkan rahmat-Nya kepada Al Imam Al Bukhari.
Sewaktu kecil Al Imam Al Bukhari buta kedua matanya. Pada suatu malam ibu beliau bermimpi melihat Nabi Ibrahim ‘Alaihissalaam yang mengatakan, “Hai Fulanah (yang beliau maksud adalah ibu Al Imam Al Bukhari, pent), sesungguhnya Allah telah mengembalikan penglihatan kedua mata putramu karena seringnya engkau berdoa”. Ternyata pada pagi harinya sang ibu menyaksikan bahwa Allah telah mengembalikan penglihatan kedua mata putranya.
Al-Bukhori tergolong orang yang memiliki sifat penyabar dan memiliki kecerdasan yang jarang dimiliki oleh orang lain. Kecerdasan dan Ketekunan dalam mempelajari hadis-hadis itulah kemudian diberi gelar Amir al-Mu’minin fi al-Hadits, oleh ulama’-ulama’ hadits pada zamanya. Di samping sifat penyabar dan kecerdasan itu, ia juga terkenal mempunyai sifat Wara’ dalam menghadapi kehidupan, dan ahli ibadah.
Salah satu karya besar yang monumental dalam kitab hadis yang ditulis oleh Imam Bukhori adalah Al Jami’ Ash Shahih oleh penyusunnya. Beliau menyeleksi hadits yang tercantum dalam kitab ini dari 600 ribu hadits. Beliau rahimahullah bersusah payah dalam memilih, menyeleksi dan mencari hadits yang shahih hingga setiap kali hendak menuliskan hadits (dalam kitab ini), beliau selalu berwudhu dan mengerjakan shalat dua rakaat sembari memohon petunjuk kepada Allah dalam menuliskannya. Setiap hadits bersanad yang beliau tuliskan dalam kitab ini memiliki sanad shahih dari rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan sanad yang muttashil (bersambung) dimana para perawinya telah memenuhi persyaratan dalam hal keadilan dan kesempurnaan hafalan.
Beliau menyelesaikan penyusunan kitab tersebut selama enam belas tahun. Setelah itu, beliau mengajukan kitabnya itu kepada Imam Ahmad, Yahya bin Ma’in, ‘Ali bin Al  Madini, dan mereka menilainya sebagai kitab yang bagus dan memberi rekomendasi/ persaksian akan keabsahan hadits dalam kitab tersebut. Para ulama di setiap zaman menerima kitab tersebut dengan sepenuh hati. Al Hafizh Adz Dzahabi berkata, “Ini adalah salah satu kitab dalam ilmu Islam yang paling bagus dan paling utama setelah kitab Allah ta’ala.
Jumlah hadits dalam Shahih Al Bukhari termasuk yang terulang berjumlah 7397 buah dan jika tidak termasuk yang terulang berjumlah 2602 buah. Demikianlah yang disebutkan oleh Al Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah.

Karya-karya Imam Bukhari

Karyanya yang pertama berjudul “Qudhaya as Shahabah wat Tabi’ien” (Peristiwa-peristiwa Hukum di zaman Sahabat dan Tabi’ien). Kitab ini ditulisnya ketika masih berusia 18 tahun. Ketika menginjak usia 22 tahun, imam bukhari menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci bersama-sama dengan ibu dan kakaknya yang bernama Ahmad. Di sanalah beliau menulis kitab “At-Tarikh” (sejarah) yang terkenal itu. Beliau pernah berkata, “Saya menulis buku “At-Tarikh” di atas makam Nabi Muhammad SAW di waktu malam bulan purnama”.
karya imam  lainnya antara lain adalah kitab Al-Jami’ ash Shahih, Al-Adab al Mufrad, At Tharikh as Shaghir, At Tarikh Al Awsat, At Tarikh al Kabir, At Tafsir Al Kabir, Al Musnad al Kabir, Kitab al ‘Ilal, Raf’ul Yadain fis Salah, Birrul Walidain, Kitab Ad Du’afa, Asami As Sahabah dan Al Hibah. Diantara semua karyanya tersebut, yang paling monumental adalah kitab Al-Jami’ as-Shahih yang lebih dikenal dengan nama Shahih.

2.      Imam Muslim

Imam Muslim bernama lengkap Imam Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim bin Kausyaz al Qusyairi an Naisaburi. Imam Muslim dilahirkan di Naisabur tahun 202 H atau 817 M. Naisabur, saat ini termasuk wilayah Rusia. Dalam sejarah Islam, Naisabur dikenal dengan sebutan Maa Wara’a an Nahr, daerah-daerah yang terletak di belakang Sungai Jihun di Uzbekistan, Asia Tengah. Dan Imam Muslim wafat pada Ahad sore, pada tanggal 24 Rajab 261 H dengan mewariskan sejumlah karyanya yang sangat berharga bagi kaum Muslim dan dunia Islam.
Sejak masih kecil, beliau sudah mulai tertarik untuk menuntut ilmu. Berbagai tempat telah dikunjunginya untuk memenuhi kegemaranya tersebut. Beliau menerima hadits dari beberapa gurunya, disamping itu pula dia menerima dari al-Bukhori sendiri, dan karir intelektualanya mengikuti al-Bukhori terutama dalam menulis kitab shahihnya. Hubungan keduanya sangat intim sekali, dan Muslim sangat menghormati al-Bukhori.
Salah satu kitab hadits karya Imam Muslim adalah al-Jami’ al-Shohih atau dikenal dengan sebutan Shohih Muslim. Yang ia tulis selama 12 tahun. Jumlah hadits yang terdapat dalam kitab ini, tanpa diulang-ulang sebanyak 3030 buah, dan jumlah keseluruhanya adalah 10,000 buah hadis.
Kecenderungan Imam Muslim kepada ilmu hadits tergolong luar biasa. Keunggulannya dari sisi kecerdasan dan ketajaman hafalan, ia manfaatkan dengan sebaik mungkin. Di usia 10 tahun, Muslim kecil sering datang berguru pada Imam Ad Dakhili, seorang ahli hadits di kotanya. Setahun kemudian, Muslim mulai menghafal hadits dan berani mengoreksi kekeliruan gurunya ketika salah dalam periwayatan hadits. Seperti orang yang haus, kecintaanya dengan hadits menuntun Muslim bertuangalang ke berbagai tempat dan negara. Safar ke negeri lain menjadi kegiatan rutin bagi Muslim untuk mendapatkan silsilah yang benar sebuah hadits.
Karya-karya Imam Muslim

Sepanjang hidup Imam Muslim, karya-karya yang berhasil ia tulis antara lain:
1) Al-Asma’ wal-Kuna,
2) Irfadus Syamiyyin,
3) Al-Arqaam,
4) Al-Intifa bi Juludis Siba’,
5) Auhamul Muhadditsin,
6)At-Tarikh, At-Tamyiz,
7) Al-Jami’,
8) Hadits Amr bin Syu’aib,
9) Rijalul ‘Urwah,
10)Sawalatuh Ahmad bin Hanbal,
11) Thabaqat,
12) Al-I’lal,
13) Al-Mukhadhramin,
14) Al-Musnad al-Kabir,
15) Masyayikh ats-Tsawri,
16) Masyayikh Syu’bah,
17) Masyayikh Malik,
18) Al-Wuhdan,
19) As-Shahih al-Masnad

3.      Sunan An Nasa`I

Nama lengkap Imam al-Nasa’i adalah Abu Abd al-Rahman Ahmad bin Ali bin Syuaib bin Ali bin Sinan bin Bahr al-khurasani al-Qadi. Lahir di daerah Nasa’ pada tahun 215 H. Ada juga sementara ulama yang mengatakan bahwa beliau lahir pada tahun 214 H. Beliau dinisbahkan kepada daerah Nasa’ (al-Nasa’i), daerah yang menjadi saksi bisu kelahiran seorang ahli hadis kaliber dunia. Beliau berhasil menyusun sebuah kitab monumental dalam kajian hadis, yakni al-Mujtaba’ yang di kemudian hari kondang dengan sebutan Sunan al-Nasa’i.
Setahun menjelang kewafatannya, beliau pindah dari Mesir ke Damsyik. Dan tampaknya tidak ada konsensus ulama tentang tempat meninggal beliau. Al-Daruqutni mengatakan, beliau di Makkah dan dikebumikan diantara Shafa dan Marwah. Pendapat yang senada dikemukakan oleh Abdullah bin Mandah dari Hamzah al-’Uqbi al-Mishri.
Menurut pandangan terakhir ini, Imam al-Nasa’i meninggal pada tahun 303 H dan dikebumikan di Bait al-Maqdis, Palestina. Inna lillah wa Inna Ilai Rajiun. Semoga jerih payahnya dalam mengemban wasiat Rasullullah guna menyebarluaskan hadis mendapatkan balasan yang setimpal di sisi Allah. Amiiin.
An Nasa`i merupakan seorang lelaki yang tampan, berwajah bersih dan segar, wajahnya seakan-akan lampu yang menyala. Beliau adalah sosok yang karismatik dan tenang, berpenampilan yang sangat menarik. Kondisi itu karena beberapa faktor, diantaranya; dia sangat memperhatikan keseimbangan dirinya dari segi makanan, pakaian, dan kesenangan, minum sari buah yang halal dan banyak makan ayam.
Imam Nasa`i memulai menuntut ilmu lebih dini, karena beliau mengadakan perjalanan ke Qutaibah bin Sa’id pada tahun 230 hijriah, pada saat itu beliau berumur 15 tahun. Beliau tinggal di samping Qutaibah di negrinya Baghlan selama setahun dua bulan, sehingga beliau dapat menimba ilmu darinya begitu banyak dan dapat meriwayatkan hadits-haditsnya.
Imam Nasa`i mempunyai hafalan dan kepahaman yang jarang di miliki oleh orang-orang pada zamannya, sebagaimana beliau memiliki kejelian dan keteliatian yang sangat mendalam. maka beliau dapat meriwayatkan hadits-hadits dari ulama-ulama kibar, berjumpa dengan para imam huffazh dan yang lainnya, sehingga beliau dapat menghafal banyak hadits, mengumpulkannya dan menuliskannya, sampai akhirnya beliau memperoleh derajat yang pantas dalam disiplin ilmu ini.
Beliau telah menulis hadits-hadits dla’if, sebagaimana beliaupun telah menulis hadits-hadits shahih, padahal pekerjaan ini hanya di lakukan oleh ulama pengkritik hadits, tetapi imam Nasa`i mampu untuk melakukan pekerjaan ini, bahkan beliau memiliki kekuatan kritik yang detail dan akurat, sebagaimana yang di gambarkan oleh al Hafizh Abu Thalib Ahmad bin Sazhr; ‘ siapa yang dapat bersabar sebagaimana kesabaran An Nasa`i? dia memiliki hadits Ibnu Lahi’ah dengan terperinci – yaitu dari Qutaibah dari Ibnu Lahi’ah-, maka dia tidak meriwayatkan hadits darinya.’ Maksudnya karena kondisi Ibnu Lahi’ah yang dla’if.
Dengan ini menunjukkan, bahwa tendensi beliau bukan hanya memperbanyak riwayat hadits semata, akan tetapi beliau berkeinginan untuk memberikan nasehat dan menseterilkan syarea’at (dari bid’ah dan hal-hal yang diada-adakan).

Hasil karya beliau

Imam Nasa`i mempunyai beberapa hasil karya, diantaranya adalah;
1.      As Sunan Ash Shughra
2.      As Sunan Al Kubra
3.      Al Kuna
4.      Khasha`isu ‘Ali
5.      ‘Amalu Al Yaum wa Al Lailah
6.      At Tafsir
7.      Adl Dlu’afa wa al Matrukin
8.      Tasmiyatu Fuqaha`i Al Amshar
9.      Tasmiyatu man lam yarwi ‘anhu ghaira rajulin wahid
10.  Dzikru man haddatsa ‘anhu Ibnu Abi Arubah
11.  Musnad ‘Ali bin Abi Thalib
12.  Musnad Hadits Malik
13.  Asma`u ar ruwah wa at tamyiz bainahum
14.  Al Ikhwah
15.  Al Ighrab
16.  Musnad Manshur bin Zadzan
17.  Al Jarhu wa ta’dil

4.      Sunan Abi Dawud

Nama lengkap Abu Dawud ialah Sulaiman bin al-Asy’as bin Ishak bin Basyir bin Syidad bin Amar al-Azdi as-Sijistani.Beliau adalah Imam dan tokoh ahli hadits, serta pengarang kitab sunan. Beliau dilahirkan tahun 202 H di Sijistan. Abu Dawud wafat di Basrah, tempat tinggal atas per-mintaan Amir sebagaimana yang telah diceritakan. la wafat tanggal 16 Syawal 275 H Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan ridanya kepada-nya.
Sejak kecil Abu Dawud sangat mencintai ilmu dan sudah bergaul dengan para ulama untuk menimba ilmunya. Sebelum dewasa, dia sudah mempersiapkan diri untuk melanglang ke berbagai negeri. Dia belajar hadits dari para ulama yang ditemuinya di Hijaz, Syam, Mesir, Irak, Jazirah, Sagar, Khurasan dan negeri lainnya. Pengemba-raannya ke beberapa negeri itu menunjang dia untuk mendapatkan hadits sebanyak-banyaknya. Kemudian hadits itu disaring, lalu ditulis pada kitab Sunan. Abu Dawud sudah berulang kali mengunjungi Bagdad. Di kota itu, dia mengajar hadits dan fiqih dengan menggunakan kitab sunan sebagai buku pegangan. Kitab sunan itu ditunjukkan kepada ulama hadits terkemuka, Ahmad bin Hanbal. Imam Ahmad bin Hanbal mengatakan bahwa kitab itu sangat bagus.
Abu Dawud termasuk ulama yang mencapai derajat tinggi dalam beribadah, kesucian diri, kesalihan dan wara’ yang patut diteladani.
Sifat dan kepribadian seperti ini menunjukkan kesempurnaan beragama, prilaku dan akhlak Abu Dawud. Abu Dawud mempunyai falsafah tersendiri dalam berpakaian. Salah satu lengan bajunya lebar dan satunya lagi sempit. Bila ada yang bertanya, dia menjawab: "Lengan yang lebar ini untuk membawa kitab, sedang yang satunya tidak diperlukan. Kalau dia lebar, berarti pemborosan."
Ulama memuji Abu Dawud, Abu Dawud adalah seorang tokoh ahli hadits yang menghafal dan memahami hadits beserta illatnya. Dia mendapatkan kehormatan dari para ulama, terutama dari gurunya, Imam Ahmad bin Hanbal. Al-Hafiz Musa bin Harun berkata: "Abu Dawud diciptakan di dunia untuk Hadits, dan di akhirat untuk surga. Aku tidak pernah melihat orang yang lebih utama dari dia."  

Karya-karya Abu Dawud
Abu Dawud mempunyai karangan yang banyak, antara lain:
 1. Kitab as-Sunan
2. Kitab al-Marasil
3. Kitab al-Qadar
4. An-Nasikh Wal Mansukh
5. Fada’ilul A’mal
6. Kitab az-Zuhud
7. Dalailun Nubuwah
8. Ibtida’ul Wahyu
9. Ahbarul Khawarij
            Di antara kitab tersebut, yang paling populer adalah kitab as-Sunan, yang biasa dikenal dengan Sunan Abu Dawud.

5.      Sunan At Tirmidzi
Nama lengkapnya adalah Imam al-Hafidz Abu ‘Isa Muhammad bin ‘Isa bin Saurah bin Musa bin ad-Dahhak As-Sulami at-Tirmidzi, pengarang berbagai kitab yang masyur lahir pada 279 H di kota Tirmiz. As Sulami At Tirmidzi nisbah kepada negri tempat beliau di lahirkan (Tirmidz), yaitu satu kota yang terletak di arah selatan dari sungai Jaihun, bagian selatan Iran. Para pakar sejarah tidak menyebutkan tahun kelahiran beliau secara pasti, akan tetapi sebagian yang lain memperkirakan bahwa kelahiran beliau pada tahun 209 hijriah. Sedang Adz Dzahabi berpendapat dalam kisaran tahun 210 hijriah.
Di akhir kehidupannya, imam at Tirmidzi mengalami kebutaan, beberapa tahun beliau hidup sebagai tuna netra, setelah itu imam atTirmidzi meninggal dunia. Beliau wafat di Tirmidz pada malam Senin 13 Rajab tahun 279 H bertepatan dengan 8 Oktober 892, dalam usia beliau pada saat itu 70 tahun.
Ada satu berita yang mengatakan bahwa imam At Tirmidzi di lahirkan dalam keadaan buta, padahal berita yang akurat adalah bahwa beliau mengalami kebutaan di masa tua, setelah mengadakan lawatan ilmiah dan penulisan beliau terhadap ilmu yang beliau miliki.
Beliau tumbuh di daerah Tirmidz, mendengar ilmu di daerah ini sebelum memulai rihlah ilmiah beliau. Dan beliau pernah menceritakan bahwa kakeknya adalah orang marwa, kemudian berpindah dari Marwa menuju ke tirmidz, dengan ini menunjukkan bahwa beliau lahir di Tirmidzi.
Berbagai literatur-literatur yang ada tidak menyebutkan dengan pasti kapan imam Tirmidzi memulai mencari ilmu, akan tetapi yang tersirat ketika kita memperhatikan biografi beliau, bahwa beliau memulai aktifitas mencari ilmunya setelah menginjak usia dua puluh tahun.
Beliau memiliki kelebihan; hafalan yang begitu kuat dan otak encer yang cepat menangkap pelajaran. Sebagai permisalan yang dapat menggambarkan kecerdasan dan kekuatan hafalan beliau adalah, satu kisah perjalan beliau meuju Makkah, yaitu; “Pada saat aku dalam perjalanan menuju Makkah, ketika itu aku telah menulis dua jilid berisi hadits-hadits yang berasal dari seorang syaikh. Kebetulan Syaikh tersebut berpapasan dengan kami. Maka aku bertanya kepadanya, dan saat itu aku mengira bahwa “dua jilid kitab” yang aku tulis itu bersamaku. Tetapi yang kubawa bukanlah dua jilid tersebut, melainkan dua jilid lain yang masih putih bersih belum ada tulisannya. aku memohon kepadanya untuk menperdengarkan hadits kepadaku, dan ia mengabulkan permohonanku itu. Kemudian ia membacakan hadits dari lafazhnya kepadaku. Di sela-sela pembacaan itu ia melihat kepadaku dan melihat bahwa kertas yang kupegang putih bersih. Maka dia menegurku: ‘Tidakkah engkau malu kepadaku?’ maka aku pun memberitahukan kepadanya perkaraku, dan aku berkata; “aku telah mengahafal semuanya.” Maka syaikh tersebut berkata; ‘bacalah!’. Maka aku pun membacakan kepadanya seluruhnya, tetapi dia tidak mempercayaiku, maka dia bertanya: ‘Apakah telah engkau hafalkan sebelum datang kepadaku?’ ‘Tidak,’ jawabku. Kemudian aku meminta lagi agar dia meriwayatkan hadits yang lain. Ia pun kemudian membacakan empat puluh buah hadits, lalu berkata: ‘Coba ulangi apa yang kubacakan tadi,’ Lalu aku membacakannya dari pertama sampai selesai tanpa salah satu huruf pun.”
Imam At Tirmidzi keluar dari negrinya menuju ke Khurasan, Iraq dan Haramain dalam rangka menuntut ilmu. Di sana beliau mendengar ilmu dari kalangan ulama yang beliau temui, sehingga dapat mengumpulkan hadits dan memahaminya. Akan tetapi sangat di sayangkan beliau tidak masuk ke daerah Syam dan Mesir, sehingga hadits-hadits yang beliau riwayatkan dari ulama kalangan Syam dan Mesir harus melalui perantara, kalau sekiranya beliau mengadakan perjalanan ke Syam dan Mesir, niscaya beliau akan mendengar langsung dari ulama-ulama tersebut, seperti Hisyam bin ‘Ammar dan semisalnya.

Negri-negri yang pernah beliau masuki adalah;
1.      Khurasan
2.      Bashrah
3.      Kufah
4.      Wasith
5.      Baghdad
6.      Makkah
7.      Madinah
8.      Ar Ray

Hasil karya beliau

Imam Tirmizi menitipkan ilmunya di dalam hasil karya beliau, diantara buku-buku beliau ada yang sampai kepada kita dan ada juga yang tidak sampai. Di antara hasil karya beliau yang sampai kepada kita adalah:
1.      Kitab Al Jami’, terkenal dengan sebutan Sunan at Tirmidzi.
2.      Kitab Al ‘Ilal
3.       Kitab Asy Syama’il an Nabawiyyah.
4.       Kitab Tasmiyyatu ashhabi rasulillah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
5.      Kitab At-Tarikh.
6.      Kitab Az Zuhd.
7.      Kitab Al Asma’ wa al kuna.

6.      Sunan Ibni Majah

Nama lengkap ibnu majah adalah Muhammad bin Yazid bin Mâjah al Qazwînî. Nama yang lebih familier adalah Ibnu Mâjah yaitu laqab bapaknya (Yazîd
Ibnu Majah dilahirkan pada tahun 209 hijirah. Referensi-referensi yang ada tidak memberikan ketetapan yang pasti, di mana Ibnu Majah di lahirkan, akan tetapi masa pertumbuhan beliau berada di Qazwin. Maka bisa jadi Qazwin merupakan tempat tinggal beliau. Beliau meninggal pada hari senin, tanggal 21 ramadhan tahun 273 H. Di kuburkan esok harinya pada hari selasa. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan keridlaan-Nya kepada beliau.
Ibnu majah memulai aktifitas menuntut ilmunya di negri tempat tinggalnya Qazwin. Akan tetapi sekali lagi referensi-referensi yang ada sementara tidak menyebutkan kapan beliau memulai menuntut ilmunya. Di Qazwin beliau berguru kepada Ali bin Muhammad at Thanafusi, dia adalah seorang yang tsiqah, berwibawa dan banyak meriwayatkan hadits. Maka Ibnu Majah tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, dia memperbanyak mendengar dan berguru kepadanya. Ath Thanafusi meninggal pada tahun 233 hijriah, ketika itu Ibnu Majah berumur sekitar 24 tahun. Maka bisa di tarik kesimpulan bahwa permulaan Ibnu Majah menuntut ilmu adalah ketika dia berumur dua puluh tahunan.
Ibnu Majah termotivasi untuk menuntut ilmu, dan dia tidak puas dengan hanya tinggal di negrinya, maka beliaupun mengadakan rihlah ilmiahnya ke sekitar negri yang berdampingan dengan negrinya, dan beliau mendengar hadits dari negri-negri tersebut.
Ibnu Majah meniti jalan ahli ilmu pada zaman tersebut, yaitu mengadakan rihlah dalam rangka menuntut ilmu. Maka beliau pun keluar meninggalkan negrinya untuk mendengar hadits dan menghafal ilmu. Berkeliling mengitari negri-negri islam yang menyimpan mutiara hadits. Bakat dan minatnya di bidang Hadis makin besar. Hal inilah yang membuat Ibnu Majah berkelana ke beberapa daerah dan negri guna mencari, mengumpulkan, dan menulis Hadis. Puluhan negri telah ia kunjungi, antara lain:
1.      Khurasan; Naisabur dan yang lainnya
2.      Ar Ray
3.      Iraq; Baghdad, Kufah, Wasith dan Bashrah
4.      Hijaz; Makkah dan Madinah
5.      Syam; damasqus dan Himsh
6.      Mesir

Hasil karya beliau

Ibnu Majah adalah seorang ulama penyusun buku, dan hasil karya beliau cukuplah banyak. Akan tetapi sangat di sayangkan, bahwa buku-buku tersebut tidak sampai kekita. Adapun diantara hasil karya beliau yang dapat di ketahui sekarang ini adalah:
1.      Kitab as-Sunan yang masyhur
2.      Tafsîr al Qurân al Karîm
3.      Kitab at Tarîkh yang berisi sejarah mulai dari masa ash-Shahâbah sampai masa beliau.
BAB III
PENUTUP


A.  Kesimpulan

            Istilah Kutubus Sittah digunakan untuk menyebut enam kitab induk hadits, yaitu :
    1.      Shahih Al Bukhari
    2.      Shahih Muslim
    3.      Sunan An Nasa`I
    4.      Sunan Abi Dawud
    5.      Sunan At Tirmidzi
    6.      Sunan Ibni Majah

Kutubu Sittah ini termasuk Diantara kitab yang terbagus penulisan dan   penyusunannya, paling banyak benarnya dan sedikit kesalahannya, paling meluas umum manfaatnya dan paling banyak faidahnya, paling besar barakahnya, paling mudah kesukarannya, paling baik penerimaannya disisi orang pro dan kontra dan paling penting posisinya dikalangan semua orang.
Masing-masing kitab enam tersebut memiliki ciri khas yang hanya diketahui oleh orang yang ahli dibidang ini, sehingga kitab-kitab tersebut dikenal oleh manusia dan tersebar diseluruh pelosok negeri Islam dan pemanfaatannya menjadi besar serta para penuntut ilmu berusaha keras untuk mendapatkannya dan memahaminya.
Banyak sekali karya tulis berupa syarah dan ta’liq terhadap kitab-kitab tersebut. Sebagiannya mengkaji tentang mengenal isi kandungan dari matan-matan hadits yang termuat didalamnya, dan sebagian yang lain mengkaji tentang mengenal kandungan sanad-sanadnya, sebagian yang lain mengkaji tentang gabungan semua itu. 

MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN ANALISIS KEBUTUHAN ANAK USIA DINI

MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN

ANALISIS KEBUTUHAN ANAK USIA DINI

BAB I
PENDAHULUAN
    A.    Latar Belakang
Usia dini merupakan periode masa emas bagi perkembangan anak dimana tahap perkembangan otak pada anak usia dini menempati posisi yang paling vital yakni meliputi 80% perkembangan otak anak. Periode emas ini sekaligus merupakan periode kritis bagi perkembangan anak, karena pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan pada periode berikutnya hingga masa dewasanya. Periode ini hanya datang sekali dan tidak dapat di tunda kehadiranya sehingga apabila terlewat berarti habis peluangnya.
Untuk membantu seorang anak mencapai potensinya secara optimal, orang tua harus memastikan bahwa tahun-tahun persekolah di penuhi dengan kegembiraan. Bagi seorang anak bermain adalah belajar dan belajar adalah menyenangkan.bermain merupkan kegitan yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik, sosial, emosi, intelektual,dan spritual anak. Dan dengan bermain anak dapat mengenal lingkungan, berinteraksi, serta mengembagkan emosi dan imajinasi dengan baik. Pada dasarnya anak-anak gemar bermain, bergerak menyanyidan menari, baik di lakukan sendiri maupum kelompok.
    B.     Rumusan Masalah
1.           Apa pengertian analisis kebutuhan anak usia dini?
2.           Bagaimana langkah-langkah analisis kebutuhan anak?
3.           Bagaimana Perkembangan analisis kebutuhan anak?  
    C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian analisis kebutuhan anak usia dini
2.      Untuk mengetahui langkah-langkah analisis kebutuhan anak
3.      Untuk mengetahui perkembangan analisis kebutuhan anak




BAB II
PEMBAHASAN
    A.    Analisis kebutuhan anak usia dini
1.      Pengertian analisis kebutuhan anak
Analisis kebutuhan anak adalah salah satu cara seorang pendidik untuk mencari acuan pembuatan program belajar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak. Proses belajar anak di lakukan berdasarkan prinsip-prinsip perkembangan pada anak yaitu bahwa anak belajar secara holistik, belajar di lakukan dalam tahapan mulai dari yang sederhana hingga kompleks, dari yang mudah hingga ke yang sukar, dari kongkrit hinga keabstrak, dari diri sendiri ke orang lain. Perkembangan anak selanjutnya di lakukan berdasarkan perkembangan pada tahapan sebelumnya, dan adanya periode-periode terbaik pada anak untuk melakukan prose pembelajaran. Selain itu, proses belajar pada anak berdasarkan pada prinsip bahwa anak adalah pembelajar yang aktif, proses belajar anak di pengaruhi oleh kematangan, lingkungan, anak belajar dari pengalaman interaksi sosial dan pengalaman fisik, gaya belajar masing-masing anak berbeda, anak belajar melalui media bermain.
Berdasarkan hasil riset, program pembelajaran yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak menghadirkan pengalaman pendidikan fositif untuk anak anak-anak. Dalam hal ini, anak tidak hanya menunjukkan prestasi yang baik , namun sikap mereka terhadap sekolah juga positif , mereka tetap antusias untuk optimis. Untuk menganalisis kebutuhan anak kita perlu memahami apa yang sedang terjadi pada anak, setiap anak adalah unik sehingga kebutuhan seorang anak akan berbeda dengan anak yang lain. Lakukan observasi untuk mengamati tingkah laku anak dan dari hasil observasi tersebut maka dapat di pertimbangkan tentang apa yang terjadi pada anak berdasarkan teori yang terkait.
2.      Manfaat analisis kebutuhan anak usia dini
a.       Dengan menganalisis kebutuhan anak maka dapat mengoptimalkan perkembangan karena akan di sesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan pada usianya.
b.      Pendidik akan lebih bersikap responsif, yaitu mengenali kebutuhan anak untuk berkembang dan bertindak sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan anak tersebut.
c.       Dapat meminimalisir perlakuan yang salah pada anak, pendididik juga tidak mudah melakukan argumen pada tingkah laku anak.
     B.     Langkah-Langkah Analisis Kebutuhan Anak
Langkah pertama, dalam rangkah mengevaluasi kemajuan anak adalah dengan melakukan analisa kebutuhan anak. Dalam langkah ini kita melakukan observasi secara detail sehingga mengetahui dimana kemampuan anak saat itu. Di harapkan di sini kita dapat mengetahui level dan kemampuan anak, misalnya dalam mata pelajaran matematika, kita perlu tau apakah anak sudah dapat kenal angka, berhitung, sudah paham makna perkalian, dan lain-lain.
Langkah kedua, adalah membuat perencanaan berdasarkan analisa di langkah pertama, di sini kita ajukan pertanyaan, “ apa yang kita inginkan?, tujuan apa yang ingin kita capai? “ dengan mengetahui dimana kemampuan anak di saat itu, tujuan akan lebih mudah di jabarkan kita tetapkan tujuan berdasarkan kebutuhan anak yang sudah di analisa dari langkah pertama, misalnya kita dapat memutuskan bahwa sudah waktunya anak menguasai tabel perkalian, membaca dengan lancar, atau tujuan lain yang ingin di capai.
Langkah ke tiga, adalah memberikan bimbingan pada anak di dalam rangkah mencapai tujuan yang di terapkan pada langkah ke dua, agar anak berada dalam rel yang sudah di terapkan, bimbingan dari orang tua sangt di perlukan. Bimbingan di berikan kepada anak sesuai dengan kebutuhanya.
Langkah ke empat dan terakhir, adalah melakukan evaluasi, kita lihat apakah yang sudah kita lakukan telah memenuhi target yang kita inginkan. Dalam evaluasi ini juga kita melihat apakah ada kemajuan dan apakah kita sudah mendekati target yang kita inginkan.

  C.    Perkembangan Analisis Kebutuhan Anak
1.      Perkembangan awal bahasa
Sebelum mampu berbicara pada umumnya seorang anak memiliki prilaku untuk mengeluarkan suara-suara yang bersifat sederhana berkembang secara kompleks dan mengandung arti, misalnya, seorang anak menangis, mendekut, mengoceh kemudian dia akan mampu menirukan kata-kata yang di dengar dari orang tua, maupun lingkungan sekitarnya. Seperti kata mama, papa, makanan, dan sebagainya.
2.      Perkembangan motorik anak usia dini
Perkembangn fisik sangat berkaitan erat dengan perkembangan motorik anak, motorik merupkan perkembangan pengendalian gerakan tubuh melalui kegiatan yang berkoordinir antara susunan saraf, otot, dan otak perkembangan motorik meliputi motorik halus dan kasar.
3.      Perkembangan sains untuk anak usia dini
Pembelajaran sains untuk anak usia dini di fokuskan adalah pembelajaran mengenai diri sendiri, alam sekitar dan gejala alam. Pembelajaran sains pada anak usia dini memiliki beberapa tujuan diantaranya
a.       Membantu pemahaman anak tentang konsep sains dan keterkaitanya dengan kehidupan sehari-hari
b.      Membantu menumbuhkan minat pada anak usia dini untuk mengenal dan mempelajari benda-benda serta kejadian di lingkungan sekitarnya
c.       Membantu anak gar mampu menerapkan berbagai konsep sains untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari
d.      Membantu anak untuk mengenal dan memupuk rasa cinta kepada alm sekitar hingga menyadari keangungan Tuhan Yang Maha Esa.

BAB III
PENUTUP
   A.    Kesimpulan
Usia dini merupakan usia dimana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Usia dini di sebut sebagai usia emas (golden age). Analisis kebutuhan anak adalah salah satu cara seorang pendidik untuk mencari acuan pembuatan program belajar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak. Proses belajar anak di lakukan berdasarkan prinsip-prinsip perkembangan pada anak yaitu bahwa anak belajar secara holistik, belajar di lakukan dalam tahapan mulai dari yang sederhana hingga kompleks, dari yang mudah hingga ke yang sukar, dari kongkrit hinga keabstrak, dari diri sendiri ke orang lain. Perkembangan anak selanjutnya di lakukan berdasarkan perkembangan pada tahapan sebelumnya, dan adanya periode-periode terbaik pada anak untuk melakukan prose pembelajaran.
Pertumbuhan dan perkembangan anak tidak dapat di lepaskan kaitanya dengan perkembangan struktur otak. Untuk menganalisis kebutuhan anak kita perlu memahami apa yang sedang terjadi pada anak, setiap anak adalah unik sehingga kebutuhan seorang anak akan berbeda dengan anak yang lain. Lakukan observasi untuk mengamati tingkah laku anak dan dari hasil observasi tersebut maka dapat di pertimbangkan tentang apa yang terjadi pada anak berdasarkan teori yang terkait.
    B.     Saran
Dari  pemamparan  yang  telah  dijelaskan  dalam  makalah  ini,  penulis berharap dapat membantu pembaca untuk menambah wawasan dan pengetahuannya khusunya tentang  metode analisis kebutuhan anak usia dini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca, terutama supaya  mengerti  bagaimana  mengimpelentasikan  analisis kebutuhan anak, perkembangan  ini untuk mencapai tujuan pendidikan. Diharapkan saran dan kritik yang konstruktif dari pembaca sangat berarti untuk memperbaiki makalah ini kedepannya

DAFTAR PUSTAKA

Habibi,  Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini, (Yogyakarta : Deepublist, 2015)
Suryanto, selamet, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, yogyakarta: hikayat publising 2005
Bruno. 1928. Dalam Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu
Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.