1

loading...

Tuesday, November 7, 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah             :MTs 
Mata Pelajaran            :Fiqih
Kelas/Semester            :VIII/I
Tahun Pelajaran           :2017/2018
Alokasi Waktu            :2x40 menit (2 kali pertemuan)
Pokok Bahasan           : ZAKAT
Pertemuan ke              : 5 (Lima)
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Tujuan
Ø  Melaksanakan tata cara zakat
Ø  Menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan zakat mal
Ø  Menjelaskan pengertian zakat


Ø  Menjelaskan tentang zakat fitrah


Ø  Menjelaskan tentang Zakat Mal
Ø  Siswa mampu menjelaskan pengertian zakat

Ø  Siswa mampu menjelaskan zakat fitrah

Ø  Siswa mampu menjelaskan zakat mal

Metode pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Example no example
4.      Drama
Langkah-langkah pembelajaran
Tahap Kegiatan
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
·         Salam pembuka
·         Do’a pembuka
·         Guru mengabsen siswa
·         Membaca surah al-fatihah
·         Guru mengkondisikan kelasnya
·         Guru menyampaikan judul dan tujuan pembelajaran, yakni mengenai puasa
·         Pree test: guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang akan di sampaikan
20 menit
Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
1.      Guru menggali pengetahuan siswa tentang materi yang akan di ajarkan
2.      Guru menampilkan gambar tentang zakat
3.      Guru menjelaskan pengertian zakat
4.      Guru menjelaskan tentang zakat fitrah
5.      Guru menjelaskan tentang zakat mal
·         Elaborasi
1.      Siswa menyimak gambar tentang zakat
2.      Siswa menyimak dan mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian zakat
3.      Siswa Menjelaskan tentang zakat fitrah
4.      Siswa menjelaskan tentang zakat mal
·         Konfirmasi
1.      Guru bertanya jawab tentang materi yang telah di ajarkan
2.      Guru bersama siswa saling bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman tentang materi
3.      Guru menyimpulkan materi bersama siswanya.
40 menit
Kegiatan Akhir
·         Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
·         Guru memberikan tugas kepada siswanya
·         Evaluasi
·         Menyampaikan materi yang akan datang
·         Menutup pembelajaran dengan mengucapkan hamdalah
·         Do’a penutup
·         Memberikan salam penutup
20 menit

Alat dan Sumber belajar
Media:
1.      Papan tulis
2.      Kertas karton bergambarkan tentang zakat
Sumber:
1.      Bahan ajar:
a.       Buku paket: Ibrahim dan Ibrahim, 2009, (PENERAPAN FIKIH), PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo, Hlm: 33-38
b.      Al-qur’an: ROBBANI (alqur’an perkata tajwid warna)
Pertemuan Ke: 6 (Enam)
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Tujuan
Ø  Melaksanakan tata cara zakat
Ø  Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat
Ø  Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat
Ø  Siswa mampu menjelaskan orang yang berhak menerima zakat
Metode pembelajaran
5.      Ceramah
6.      Tanya jawab
7.      Example no example
8.      Drama
Langkah-langkah pembelajaran
Tahap Kegiatan
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
·         Salam pembuka
·         Do’a pembuka
·         Guru mengabsen siswa
·         Membaca surah al-fatihah
·         Guru mengkondisikan kelasnya
·         Guru menyampaikan judul dan tujuan pembelajaran, yakni mengenai puasa
·         Pree test: guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang akan di sampaikan
20 menit
Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
1.      Guru menggali pengetahuan siswa tentang materi yang akan di ajarkan
2.      Guru menampilkan gambar tentang zakat
3.      Guru menjelaskan orang yang berhak menerima zakat
·         Elaborasi
1.      Siswa menyimak gambar tentang zakat
2.      Siswa menyimak dan mendengarkan penjelasan guru tentang orang yang berhak menerima zakat
·         Konfirmasi
1.      Guru bertanya jawab tentang materi yang telah di ajarkan
2.      Guru bersama siswa saling bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman tentang materi
3.      Guru menyimpulkan materi bersama siswanya.
40 menit
Kegiatan Akhir
·         Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
·         Guru memberikan tugas kepada siswanya
·         Evaluasi
·         Menyampaikan materi yang akan datang
·         Menutup pembelajaran dengan mengucapkan hamdalah
·         Do’a penutup
·         Memberikan salam penutup
20 menit
Alat dan Sumber belajar
Media:
3.      Papan tulis
4.      Kertas karton bergambarkan tentang zakat
Sumber:
2.      Bahan ajar:
c.       Buku paket: Ibrahim dan Ibrahim, 2009, (PENERAPAN FIKIH), PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo, Hlm: 33-38
d.      Al-qur’an: ROBBANI (alqur’an perkata tajwid warna)

Pertemuan ke : 7 (Tujuh)
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Tujuan
Ø  Melaksanakan tata cara zakat
Ø  Menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan zakat mal

Ø  Menjelaskan tentang ketentuan zakat fitrah dan zakat mal
Ø  Siswa mampu menjelaskan tentang ketentuan zakat fitrah dan zakat mal

Langkah-langkah pembelajaran
Tahap Kegiatan
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
·         Salam pembuka
·         Do’a pembuka
·         Guru mengabsen siswa
·         Membaca surah al-fatihah
·         Guru mengkondisikan kelasnya
·         Guru menyampaikan judul dan tujuan pembelajaran, yakni mengenai puasa
·         Pree test: guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang akan di sampaikan
20 menit
Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
1.      Guru menggali pengetahuan siswa tentang materi yang akan di ajarkan
2.      Guru menampilkan media gambar tentang zakat
3.      Guru menjelaskan Menjelaskan tentang ketentuan zakat fitrah dan zakat mal
·         Elaborasi
1.      Siswa menyimak gambar tentang puasa
2.      Siswa menampilkan drama tentang zakat
3.      Siswa menyimak penjelasan tentang ketentuan zakat fitrah dan zakat mal
·         Konfirmasi
1.      Guru bertanya jawab tentang materi yang telah di ajarkan
2.      Guru bersama siswa saling bertanya jawab
3.      meluruskan kesalahpahaman tentang materi
4.      Guru menyimpulkan materi bersama siswanya.
40 menit
Kegiatan Akhir
·         Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
·         Guru memberikan tugas kepada siswanya
·         Evaluasi
·         Menyampaikan materi yang akan datang
·         Menutup pembelajaran dengan mengucapkan hamdalah
·         Do’a penutup
·         Memberikan salam penutup
20 menit

Alat dan Sumber belajar
Media:
1.      Papan tulis
2.      Kertas karton bergambarkan tentang zakat
Sumber:
1.      Bahan ajar:
Buku paket: Ibrahim dan Ibrahim, 2009, (PENERAPAN FIKIH), PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo, Hlm: 39-41
2.      Al-qur’an: ROBBANI (alqur’an perkata tajwid warna)

Pertemuan Ke : 8 (Delapan)
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
Tujuan
Ø  Melaksanakan tata cara zakat
Ø  Menjelaskan tentang akibat buruk bagi orang yang tidak mengeluarkan zakat
Ø  Menjelaskan tentang akibat buruk bagi orang yang tidak mengeluarkan zakat
Ø  Siswa mampu menjelaskan tentang akibat buruk bagi orang yang tidak mengeluarkan zakat
Langkah-langkah pembelajaran
Tahap Kegiatan
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Awal
·         Salam pembuka
·         Do’a pembuka
·         Guru mengabsen siswa
·         Membaca surah al-fatihah
·         Guru mengkondisikan kelasnya
·         Guru menyampaikan judul dan tujuan pembelajaran, yakni mengenai puasa
·         Pree test: guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang akan di sampaikan
20 menit
Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
1.      Guru menggali pengetahuan siswa tentang materi yang akan di ajarkan
2.      Guru menampilkan media gambar tentang zakat
3.      Guru menjelaskan tentang akibat buruk bagi orang yang tidak mengeluarkan zakat
·         Elaborasi
1.      Siswa menyimak gambar tentang puasa
2.      Siswa menampilkan drama tentang zakat
3.      Siswa menyimak dan mendengarkan penjelasan guru tentang akibat buruk bagi orang yang tidak mengeluarkan zakat
·         Konfirmasi
1.      Guru bertanya jawab tentang materi yang telah di ajarkan
2.      Guru bersama siswa saling bertanya jawab
3.      Meluruskan kesalahpahaman tentang materi
4.      Guru menyimpulkan materi bersama siswanya.
40 menit
Kegiatan Akhir
·         Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran
·         Guru memberikan tugas kepada siswanya
·         Evaluasi
·         Menyampaikan materi yang akan datang
·         Menutup pembelajaran dengan mengucapkan hamdalah
·         Do’a penutup
·         Memberikan salam penutup
20 menit

Alat dan Sumber belajar
Media:
3.      Papan tulis
4.      Kertas karton bergambarkan tentang zakat
Sumber:
5.      Bahan ajar:
Buku paket: Ibrahim dan Ibrahim, 2009, (PENERAPAN FIKIH), PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo, Hlm: 39-41
6.      Al-qur’an: ROBBANI (alqur’an perkata tajwid warna)

Materi Ajar
“Tentang Zakat”

TEKHNIK PENILAIAN

1.    Sikap Spiritual
a.    Teknik Penilaian                    : Penilaian Diri.
b.    Bentuk Instrumen                  : Lembar Penilaian Diri.
c.    Kisi-kisi                                  :
No.
Sikap/Nilai
Instrumen
1
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
Terlampir
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
Terlampir
3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
Terlampir
4
Menjaga lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan masyarakat
Terlampir
2.    Sikap sosial
a.    Teknik Penilaian                    : Penilaian Antar Peserta Didik.
b.    Bentuk Instrumen                  : Lembar antar peserta didik
c.    Kisi-kisi                                  :


No
Sikap/Nilai
Instrumen
1.
Tidak menyela pembicaraan.
Terlampir
2.
Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.
Terlampir
3.
Tidak meludah di sembarang tempat.
Terlampir
4.
Tidak menyela pembicaraan
Terlampir
5.
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
Terlampir
6.
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)
Terlampir
7.
Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
Terlampir

LEMBAR PORTOFOLIO SISWA
Penilaian tersebut akan di isi oleh guru mata pelajaran.!
No.
Nama Siswa
Tanggung jawab
Teliti
Peduli lingkungan
Jujur
Disiplin
Jumlah skor
1.







2.







3.








Pedoman penilaian
Nilai :jumlah skor x 4
                   24

Kisi-kisi soal pilihan ganda
No
KI
KD
Kls/smstr
Materi
indikator
Bentuk soal
Nomor soal
1.
Melaksanakan tata cara zakat
Menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan zakat mal

VIII/I
Tentang pengertian zakat fitrah dan zakat mal
Menjelaskan pengertian zakat

uraian
1
2.

Menjelaskan orang-orang yang berhak menerima zakat

Tentang orang yang berhak menerima zakat
Menjelaskan orang-orang yang berhak menerima zakat
uraian
2
3.

Menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan zakat mal


Tentang akibat buruk bagi orang yang tidak mengeluarkan zakat
Menjelaskan tentang akibat buruk bagi orang yang tidak mengeluarkan zakat

uraian
3
4.

Menjelaskan tentang Zakat Mal

Tentang zakat mal
Menjelaskan tentang Zakat Mal
uraian
4 & 5
                     
                                                                                                Bengkulu,…., Oktober, 2017
Guru Pamong                                                                                                  Guru Praktek


Drs, Rohan Manto                                                                                           Bidance
Nip. 19650307199703002                                                                  Nim. 141 621 2492

MATERI AJAR ZAKAT
A.     Zakat fitrah.
Zakat fitrah berfungsi untuk mensucika jiwa seseorang setelah berupaya melaksanakan puasa romadhon sebulan penuh. Pembayaran zakat fitroh berbentuk bahan makanan yang mengenyangkan dengan yang biasa ia konsumsi sehari-hari dengan ukuran 1 sa’ di arob = 3.1 liter = 2,5 kg beras.
B.     Zakat dibebankan kepada :
1.      orang yang beragama islam.
2.      seseorang yang memiliki keluarga minimal baru lahir pada akhir romadhon, sebelum matahari terbenam.
3.      mempunyai kelebihan rejeki yang dapat dikonsumsi sekeluarga yang menjadi beban tanggungan nafkahnya sehari semalam.
C.     Waktu yang tepat untuk membayar zakat fitroh :
1.      Selama bulan romadhon.
2.      Pada bulan romadhon terakhir, sebelum matahari terbenam.
3.      sesudah sholat shubuh sebelum sholat idul fitri.
Yang berhak menerima zakat :

 إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ 
 
Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan allah, dan allah maha mengetahui lagi maha bijaksana. Qs. At-taubah : 60.
Berdasarkan ayat di atas maka yang berhak menerima zakat ada 8 golongan yaitu :
1.      Orang fakir: orang yang amat sengsara hidupnya, tidak mempunyai harta dan tenaga untuk memenuhi penghidupannya.
2.      Orang miskin: orang yang tidak cukup penghidupannya dan dalam keadaan kekurangan.
3.      pengurus zakat: orang yang diberi tugas untuk mengumpulkan dan membagikan zakat.
4.      Muallaf: orang kafir yang ada harapan masuk islam dan orang yang baru masuk islam yang imannya masih lemah.
5.      Memerdekakan budak: mencakup juga untuk melepaskan muslim yang ditawan oleh orang-orang kafir.
6.      Orang berhutang: orang yang berhutang karena untuk kepentingan yang bukan maksiat dan tidak sanggup membayarnya. Adapun orang yang berhutang untuk memelihara persatuan umat islam dibayar hutangnya itu dengan zakat, walaupun ia mampu membayarnya.
7.      Pada jalan allah (sabilillah): yaitu untuk keperluan pertahanan islam dan kaum muslimin. Di antara mufasirin ada yang berpendapat bahwa fisabilillah itu mencakup juga kepentingan-kepentingan umum seperti mendirikan sekolah, rumah sakit dan lain-lain.
8.      Orang yang sedang dalam perjalanan yang bukan maksiat mengalami kesengsaraan dalam perjalanannya.
B.     Zakat mall.
Zakat mall sering disebut zakat harta benda, jenis harta benda ini pun beraneka macam seperti binatang ternak, perhiasan, tumbuh-tumbuhan dan perniagaan serta uang (tabungan atau hasil kerja (termasuk zakat profesi) dalam satu tahun), maupun harta temuan.
Yang mendapat beban zakat mall adalah :
1.      Orang islam.
2.      Merdeka.
3.      Miliknya sendiri atau dibawah pengelolaannya.
4.      memenuhi takaran satu nisab.
5.      Menjadi miliknya penuh selama satu tahun, terkecuali tumbuh-tumbuhan tanaman pangan.
6.      Dibawah pengelolaannya.

Takaran zakat mal :
No
Jns harta.
Nisab
Kdr zkt.
Wkt pgeluarn.
Penghitungan.
Keterangan
1.
Uang emas / dinar
20 dinar = 85gr.
2,5%
Stlh 1 thn jd miliknya
2.
Uang perak / dirham
5 uqiyah = 595 gr.
2,5%
Stlh 1 thn jd miliknya
3.
Brg temuan
Sesuai nomina
5%
Seketika
4.
Emas dan perak
85gr
2,5%
Setiap memenuhi nisab. Utk phiasan stlh 1 thn
5.
Pniagaan
Skdr nisab
2,5%
Stlh 1thn jd miliknya
6.
Sapi / kerbau
30-39
40-59
60-69
70-79
80-89
1 tabi/ah
1musinah
2tabi
1musinah +1 tabi
2musinah
Tabi = sapi umur 1thn. Musinah = sapi umur.
Yg cacat wjb dhitung, membayarnya dgn yg normal.
7.
Kambing / domba.
40-120
121-200
201-300
1kambing
2kambing
3kambing
8.
Jagung, padi, kedelai dll yg mengenyangkan.
Nisabnya prawatn tanpa biaya tambhn
Prawatn dgn biaya tambhn
5 wasq = 612 kg.
10%
5%
Saat panen

Hasil yg baik & yg buruk dicampur ll zktnya yg trbaik.



No comments:

Post a Comment