RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan sekolah
: SD/MI
Mata pelajaran
: MATEMATIKA
Kelas / semester : III/1
Alokasi waktu
: 20 menit
Pertemuan
: (1 kali pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
Matematika:
1. Melakukan
perkalian dengan satu angka.
llmu
Pengetahuan Alam :
Makhluk
hidup dan proses kehidupan
1. Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan
pada makhluk hidup
B.
Kompetensi
Dasar
Matematika
:
1. Melakukan
perkalian yang hasilnya satu angka.
Ilmu
Pengetahuan Alam:
1. Menggolongkan
makhluk hidup secara sederhana
C.
Indikator
1. Melakukan
perkalian bilangan satu angka
2. Menggolongkan
hewan berdasarkan tempat hidupnya.
D.
Tujuan
pembelajaran
1. Dengan
bantuan gambar, siswa diperkenalkan dengan perkalian satu angka.
2. Dengan
melihat contoh gambar binatang, siswa mampu mengelompokkan hewan yang hidup di
darat dan hidup di air.
E.
Materi
pembelajaran
1. Matematika : Operasi hitung perkalian satu angka
2. Ipa : Mengelompokkan makhluk hidup
berdasarkan ciri-cirinya
F.
Metode
pembelajaran
Menggunakan
model pembelajaran : konvensional dan cooperative learning tipe
STAD
G. Media dan sumber
pembelajaran
1. Media.
·
gambar penggolongan
hewan
·
lembar kerja siswa
2. Sumber
Belajar
·
Buku matematika kelas
III
·
Buku ilmu pengetahuan
alam kelas III
H.
Langkah-langkah
pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
kelas
|
Waktu
|
pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan
salam.
2.
Siswa difasilitasi
untuk bertanggung jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan berdoa.
3.
Mengecek kehadiran
siswa
4.
Guru mengucapkan salam
dan menanyakan kabar hari ini serta mengajak siswa menyanyikan bersama.
5.
Guru menjelaskan
tujuan belajar yang akan dicapai.
|
3
|
5
menit
|
Kegiatan
inti
|
1.
Siswa dibagi menjadi
6 kelompok
2.
Guru menunjukkan
contoh gambar binatang beserta tempat hidupnya.
3.
Siswa secara
berkelompok menuliskan beberapa nama binatang berdasarkan tempat hidupnya.
4.
Posisi duduk siswa
dikembalikan seperti semula
5.
Siswa diperkenalkan
operasi hitung perkalian dengan menggunakan gambar.
6.
Guru memberi contoh perkalian
satu angka
7.
Guru menunjuk
beberapa siswa untuk mengerjakan soal dipapan tulis.
8.
Guru memberikan
kesempatan siswa untuk bertanya materi yang belum mengerti
9.
Guru memberikan soal untuk
dikerjakan siswa secara individu.
10. Setelah
selesai mengerjakan pekerjaan siswa ditukar dengan teman sebangkunya.
11. Guru
dan siswa secara bersama-sama mencocokkan pekerjaan yang telah dikerjakan.
|
3
|
15
menit
|
penutup
|
1.
Siswa diberi
kesempatan untuk menanyakan materi yang belum jelas
2.
Siswa melakukan tepuk
tangan
3.
Kelas ditutup dengan
doa bersama.
|
3
|
5
menit
|
I.
Penilaian
1. Prosedur :
proses dan produk
2. Jenis
penilaian : test
3. Teknik
penilaian : tulis, lisan
4. Bentuk
penilaian : subjektif
5. Alat
penilaian : soal, kunci jawaban dan
standar penskoran dan rubrik.
J.
Lampiran
1. Rangkuman
materi
2. Lembar
kegiatan siswa
3. Soal,
kunci jawaban, pedoman penskoran
4. Lembar
pengamatan
5. Rubrik
penilaian.
K.
Lampiran
1
Rangkuman
materi
Untuk
mempermudah melakukan perkalian maka harus diperhatikan!
1. Satuan
dengan satuan
2. Puluhan
dengan puluhan
3. Ratusan
dengan ratusan
4. Ribuan
dengan ribuan
Untuk melakukan
perkalian kita juga dapat memanfaatkan teknologi kalkulator.
L.
Lampiran
2
Selesaikan
soal-soal dibawah ini dengan benar!
1. 6
x 2 =….
2. 3
x 3 =….
3. 4
x 5 =….
4. 7
x 9 =….
5. 2
x 3 =….
M.
Lampiran
3
Kunci
jawaban
1. 6
x 2 = 12
2. 3
x 3 = 9
3. 4
x 5 = 20
4. 7
x 9 = 63
5. 2
x 3 = 6
PENGAMATAN
LATIHAN SOAL
Mata Pelajaran : …………… Semester :
……………
Pokok Bahasan : …………… Pelaksanaan Tanggal :
……………
Sub Pokok Bahasan : ....................
No.
|
Nama
|
Aspek
yang dinilai
|
||
Keaktifan
(30)
|
Sikap
(30)
|
Kekompakan
(40)
|
||
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
||||
4.
|
||||
5.
|
||||
6.
|
||||
7.
|
||||
8.
|
||||
9.
|
||||
10.
|
||||
Jumlah
|
||||
Kriteria penilaian
:
Skore maksimum =
10
Bengkulu, 14 Desember 2018
Mengetahui
Kepala sekolah Guru kelas
No comments:
Post a Comment