1

loading...

Friday, November 23, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

ISU- ISU PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                                                                  
Nama Sekolah             : Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 bengkulu
Mata Pelajaran            : Aqidah Akhlak.
Kelas / semester          : I / II
Alokasi Waktu            : 1x 35 menit
Standar Kompetensi             :
Membiasakan Akhlak terpuji
Kompetensi Dasar                 :
Membiasakan sikap tata krama dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                                :                         
·         Pengertian sikap tata krama dan sopan santun.
·         Cirri-ciri  orang yang tata krama dan sopan santun.
·         Hikmah sikap tata krama dan sopan santun.
A.    Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menjelaskan pengertian tata krama dan sopan santun.
·         Siswa dapat mengetahui ciri-ciri orang yang tata krama dan sopan santun.
·         Siswa dapat menegtahui hikmah sikap tata krama dan sopan santun.
Karakter Siswa Yang diharapkan
·         Disiplin
·         Bersahabat
·         Tanggung jawab
·         Tekun
·         Jujur dan ketelitian
B.     Metode Pembelajaran
Ø  Ceramah.
Ø  Tanya jawab.
C.    Materi Pembelajaran   
·         Sikap Ramah dan sopan santun.
D.    Langkah-langkah kegiatan
No
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
PENDAHULUAN

10 menit

·         Menyampaikan salam pembukaan
·         Berdoa
·         Absensi
·         Apersepsi
·         Menanyakan keadaan siswa.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa.
Teknik demonstrasi

2
KEGIATAN INTI

20 menit

*      Eksplorasi
·         Guru menjelaskan materi sikap tata krama dan sopan santun.
·         Guru menyuruh siswa menulis contoh-contoh sikap tata krama dan sopan santun.
*      Elaborasi
·         siswa menyebutkan pengertian dan contoh sikap tata krama dan sopan santun.
*      Konfirmasi
·         Guru memberi tanggapan siswa mengenai sikap tata krama dan sopan santun.
·         Guru memberikan apresiasi kepada siswa.
·         Buku Aqidah Akhlak kelas I

3
PENUTUP

5 Menit

·         Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
·         Guru memberikan evaluasi/ PR pada siswa.
·         Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
Instrumen tugas individu


E.     Media dan sumber pembelajaran       : 
Ø  Buku Aqidah Akhlak kelas I
Ø  Gambar
F.     Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi
Jenis penilaian
Bentuk penilaian
Contoh instrumen
1.      Menjelaskan sikap tata krama dan sopan santun.
2.      Mengetahui ciri-ciri orang yang tata krama dan sopan santun.
3.      Mengetahui hikmah sikap tata krama dan sopan santun.


Tes lisan

Unjuk kerja




Uraian




·         Jelaskan pengertian dari sikap Ramah dan sopan santun.
·         Sebutkan ciri-ciri orang yang ramah dan sopan santun

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama  siswa
Performan
Produk
Jumlah skor
Nilai
pengetahuan
sikap
1
2
3
4
5
6







CATATAN :
 Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial
          
............, ......................20 ...
       


    Mengetahui           
                Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel  Akidah Akhlak

           
            ..................................                                                   ..................................
NIP :                                                                               NIP :





No comments:

Post a Comment