1

loading...

Wednesday, January 30, 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATEMATIKA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                :
Mata Pelajaran  : Matematika
Kelas/Semester  : II/1
Materi Pokok     : Penjumlahan dan Pengurangan
Waktu                 : 45 menit
Nama Guru        :

A.Standar kompetensi
Memahami dan mengetahui penjumlahan dan pengurangan bilangan.

B.Kompetensi  Dasar
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan.

C.Indikator  Pembelajaran
    Mengenalkan pertambahan dan pengurangan bilangan.

D.Tujuan  pembelajaran
v         Melalui penjelasan  guru dan diskusi kelompok tentang penjumlahan dan pengurangan siswa diharapkan mengerti dan memahami tentang penjumlahan dan pengurangan.
v         Karakter siswa yang di harapkan : Disiplin,Rasa rispek,Rasa ingin tahu ,Tekun,Tanggung jawab.            

E.Materi pembelajaran
1.      Menjumlahkan 3 bilangan 2 angka
2.      Mengurangkan 3 bilangan 2 angka

F.Metode  dan model pembelajaran
a.       Kooperatif tipe STAD
b.      Tanya jawab
c.       Pemberian tugas

G.Media  belajar
a.       LKS (Lembar kerja siswa)

H.Rincian kegiatan pembelajara siswa

1. Kegiatan Awalan
        a.       Guru memberikan salam dan memulai dengan mengucapkan basmalah
        b.      Siswa diminta memimpin doa sebelum belajar
        c.       Guru mengabsen kehadiran siswa
        d.      Siswa menyiapkan buku matematika
        e.       Apersepsi (tanya jawab materi yang berkaitan dengan penjumlahan dan   
               pengurangan sederhana )
        f.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
(10 menit)
2.Kegiatan inti
      a.       Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang beranggotakan 5 orang 
              siswa yang dipilih secara acak
      b.      Siswa duduk di dalam kelompok nya dengan tertib
      c.       Guru memberi pengarahan untuk tugas kelompok
      d.      Guru menjelaskan langkah-langkah yang akan di kerjakan siswa
      e.       Siswa bekerja sama mengrjakan LKS  yang di berikan guru
      f.       Siswa mengerjakan pengurangan dan pertambahan
      g.      Jika siswa belum mengerti bisa bertanya kepada teman sekelompoknya atau 
             kepada guru
      h.       Salah satu kelompok mendemonstrasikan hasil diskusi
      i.        Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok  yang di tampilkan
      j.        Anggota kelompok kembali ke tempat duduk dengan tertib
      k.      Guru memberikan penghargaan kepada siswa
      l.        Guru kembali menejlaskan kembali tentang materi jika ada siswa yang belum 
              mengerti
      m.    Guru menguji kembali pemahaman siswa dengan memberikan pr
(45 menit)
3.Kegiatan akhir
       a.       Siswa diminta untuk mengumpulkan tugas yang sudah di berikan kepada 
               setiap kelompok
      b.      Guru menunjuk salah satu siswa untuk mengerjakan soal yang pertama di  
              papan tulis ,dan soal yang selanjutnya akan di tunjuk oleh teman yang 
              sudah maju
       c.       Guru menindak lanjuti hasil evaluasi siswa
       d.      Guru memberikan pesan moral kepada siswa
       e.       Siswa bersama guru mengakhiri pelajaran engan berdoa
       f.       Guru memberi salam dan siswa menjawabnya
(10 menit)

I.Penilaian dan tindak lanjut
1.      Penilaian
a.penilaian proses
·         Prosedur penilaian :tes dalam proses dan akhir
·         Jenis tes : tertulis danperbuatan
·         Bentuk tes : subjektif (uraian )

No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Skor Akhir
Keterangan
Keaktifan
Kerjasama
Ketepatan
1






2






3






4






5






6








Indikator
Deskriptor
Kriteria Penilaian
Keaktifan
1.      Aktif menanggapi pertanyaan teman
2.      Aktif bertanya
3.      Aktif menjawab
4.      Perhatian terfokus


80 : jika 4 kriteria terpenuhi
70 : jika 3 kriteria terpenuhi
60 : jika 2 kriteria terpenuhi
50 : jika 1 kriteria terpenuhi
40 : jika tidak ada kriteria yang terpenuhi

Kerjasama
1.      Menerima pendapat orang lain
2.      Demokratis
3.      Aktif bekerja
4.      Membantu orang lain

Ketepatan
1.      Tepat menjawab pertanyaan
2.      Tepat menggunakan media
3.      Tepat menyelesaikan masalah
4.      Keseriusan

CATATAN :
v  Nilai = (jumlah skor : jumlah skor maksimal) x 10
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial
   

Bengkulu,   November 2018


        Mengetahui ,
Kepala SDN 78 Kota Bengkulu                                                          Guru



















LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)




Nama anggota kelompok:  1.
                                              2.
                                              3.
                                              4.
                                              5.

Kelas                                :



Latihan  1

Isilah Titik-Titik Di Bawah Ini Dengan Benar !

1.      Hitunglah penjumlahan di bawah ini :
a.       23 + 20+10 = .....
b.      15 + 33+20 =......
c.       31 + 27+15 =......
d.      37 + 23+10 =......
e.       10 + 27+23 =......  

2.      Hitunglah pengurangan di bawah ini :
a.       21 – 15-10 =.......
b.      31 – 22-15 =.......
c.       39 – 28-10 =.......
d.      45 – 11 -15=.......
e.       99 – 15 -25=......













“Selamat Mengerjakan”



No comments:

Post a Comment