RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
:
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester : II/1
Materi Pokok
: Penjumlahan dan Pengurangan
Waktu
: 45 menit
Nama Guru
:
A.Standar kompetensi
Memahami dan
mengetahui penjumlahan dan pengurangan bilangan.
B.Kompetensi Dasar
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan.
C.Indikator Pembelajaran
Mengenalkan pertambahan dan pengurangan
bilangan.
D.Tujuan
pembelajaran
v Melalui
penjelasan guru dan diskusi kelompok
tentang penjumlahan dan pengurangan siswa diharapkan mengerti dan memahami
tentang penjumlahan dan pengurangan.
v Karakter siswa
yang di harapkan : Disiplin,Rasa rispek,Rasa ingin tahu ,Tekun,Tanggung jawab.
E.Materi pembelajaran
1.
Menjumlahkan
3 bilangan 2 angka
2.
Mengurangkan
3 bilangan 2 angka
F.Metode dan
model pembelajaran
a.
Kooperatif
tipe STAD
b.
Tanya
jawab
c.
Pemberian
tugas
G.Media
belajar
a.
LKS
(Lembar kerja siswa)
H.Rincian kegiatan pembelajara siswa
1. Kegiatan
Awalan
a.
Guru memberikan salam dan memulai dengan
mengucapkan basmalah
b.
Siswa diminta memimpin doa sebelum belajar
c.
Guru mengabsen kehadiran siswa
d.
Siswa menyiapkan buku matematika
e.
Apersepsi (tanya jawab materi yang berkaitan
dengan penjumlahan dan
pengurangan sederhana )
f.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
(10 menit)
|
2.Kegiatan
inti
a.
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang
beranggotakan 5 orang
siswa yang dipilih secara acak
b.
Siswa duduk di dalam kelompok nya dengan tertib
c.
Guru memberi pengarahan untuk tugas kelompok
d.
Guru menjelaskan langkah-langkah yang akan di
kerjakan siswa
e.
Siswa bekerja sama mengrjakan LKS yang di berikan guru
f.
Siswa mengerjakan pengurangan dan pertambahan
g.
Jika siswa belum mengerti bisa bertanya kepada
teman sekelompoknya atau
kepada guru
h.
Salah satu kelompok mendemonstrasikan hasil
diskusi
i.
Kelompok lain menanggapi hasil diskusi
kelompok yang di tampilkan
j.
Anggota kelompok kembali ke tempat duduk dengan
tertib
k.
Guru memberikan penghargaan kepada siswa
l.
Guru kembali menejlaskan kembali tentang materi
jika ada siswa yang belum
mengerti
m.
Guru menguji kembali pemahaman siswa dengan
memberikan pr
|
(45 menit)
|
3.Kegiatan
akhir
a.
Siswa diminta untuk mengumpulkan tugas yang sudah
di berikan kepada
setiap kelompok
b.
Guru menunjuk salah satu siswa untuk mengerjakan
soal yang pertama di
papan tulis ,dan soal yang selanjutnya akan di tunjuk
oleh teman yang
sudah maju
c.
Guru menindak lanjuti hasil evaluasi siswa
d.
Guru memberikan pesan moral kepada siswa
e.
Siswa bersama guru mengakhiri pelajaran engan
berdoa
f.
Guru memberi salam dan siswa menjawabnya
|
(10 menit)
|
I.Penilaian dan
tindak lanjut
1.
Penilaian
a.penilaian
proses
·
Prosedur
penilaian :tes dalam proses dan akhir
·
Jenis
tes : tertulis danperbuatan
·
Bentuk
tes : subjektif (uraian )
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor Akhir
|
Keterangan
|
||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Ketepatan
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Kriteria
Penilaian
|
Keaktifan
|
1.
Aktif menanggapi pertanyaan teman
2.
Aktif bertanya
3.
Aktif menjawab
4.
Perhatian terfokus
|
80 : jika 4
kriteria terpenuhi
70 : jika 3
kriteria terpenuhi
60 : jika 2
kriteria terpenuhi
50 : jika 1
kriteria terpenuhi
40 : jika
tidak ada kriteria yang terpenuhi
|
Kerjasama
|
1.
Menerima pendapat orang lain
2.
Demokratis
3.
Aktif bekerja
4.
Membantu orang lain
|
|
Ketepatan
|
1.
Tepat menjawab pertanyaan
2.
Tepat menggunakan media
3.
Tepat menyelesaikan masalah
4.
Keseriusan
|
CATATAN :
v Nilai = (jumlah
skor : jumlah skor maksimal) x 10
v Untuk siswa yang
tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial
Bengkulu,
November 2018
Mengetahui ,
Kepala SDN 78
Kota Bengkulu
Guru
LEMBAR KERJA
SISWA
(LKS)
Nama anggota kelompok: 1.
2.
3.
4.
5.
Kelas :
Latihan 1
Isilah
Titik-Titik Di Bawah Ini Dengan Benar !
1.
Hitunglah
penjumlahan di bawah ini :
a.
23
+ 20+10 = .....
b.
15
+ 33+20 =......
c.
31
+ 27+15 =......
d.
37
+ 23+10 =......
e.
10
+ 27+23 =......
2.
Hitunglah
pengurangan di bawah ini :
a.
21
– 15-10 =.......
b.
31
– 22-15 =.......
c.
39
– 28-10 =.......
d.
45
– 11 -15=.......
e.
99
– 15 -25=......
“Selamat
Mengerjakan”
No comments:
Post a Comment