1

loading...

Senin, 14 Januari 2019

MAKALAH ILMU TAUHID


MAKALAH ILMU TAUHID 

BAB I

PENDAHULUAN
            
1.1   Latar Belakang
Perihal mengenai Aqidah ataupun Tauhid tak akan lepas dari Arkanul Iman (Rukun Iman).Secara bahasa Aqidah diartikan dengan : Simpulan, ikatan dan sangkutan. Secara teknis diartikan dengan : Iman, kepercayaan dan keyakinan. Adapun pandangan Ulama’ Islam menetapkan : Aqidah adalah kepercayaan yang sesuai dengan kenyataan yang dapat dikuatkan dengan dalil.
Iman atau percaya kepada Tuhan merupakan fitrah manusia sebagai makhluk yang diciptakan,karena ia tak mampu hadir tanpa ada yang menghadirkan.Petunjuk akal telah menyatakan kewujudan Allah,karena seluruh makhluk yang ada ini, termasuk yang sudah berlalu maupun yang akan datang kemudian,sudah tentu ada pencipta yang menciptakannya.Yang artinya, tidak ada suatu hasil penciptaan tanpa Pencipta .”Apabila anda ditanya,dengan apa anda mengenala Rabb anda? Maka jawablah, dengan ayat-ayat dan makhluk-makhluk-Nya. Diantara ayat-ayat-Nya adalah malam, siang, matahari dan bulan. Diantara makhluk-makhluk-Nya adalah tujuh langit dan tujuh bumi beserta siapa saja yang berada didalamnya serta apa saja yang berada diantara keduanya.
Dasar iman orang-orang islam adalah ada enam iman yang harus selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan harus diyakini. Sesungguhnya, bagaimanapun besar kekuatan yang ada di jagat raya ini, ia dapat ditundukkan oleh satu kekuatan sepele yang diiringi oleh kemauan yang kuat, yang dilandasi oleh pengusaan terhadap seba-sebab penaklukan dan pengendalian terhadap kekuatan penghambat. Inilah yang dinamakan hukum alam kontinu.
Suatu akidah yang bersih lagi hak, jika telah melekat dengan mantap pada seseorang, pastilah membuat segala perilaku kehidupannya menjadi istiqamah. Dan, jika aqidah yang bersih lagi hak telah menaungi suatu masyarakat, maka akan tegaklah masyarakat tadi dan sanggup mencapai kesempurnaan puncak kemanusiaan.

1.2   Rumusan Masalah
1.Apa pengertian iman kepada allah?
2.Apa pengertian kepada malaikat?
3.Apa pengertian kepada kitab-kitab Allah?

1.3   Tujuan Penulisan
Tujuan yang akan dicapai dalam penulisan makalah:
1.      Menjelaskan iman kepada Allah
2.      Menjelaskan iman kepada Malaikat
3.      Menjelaskan iman kepada kitab-kitab Allah

BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Iman Kepada Allah
Iman yang wajib ditanam ke dalam diri muslim dengan ikhlas dan teguh yang disebut aqidah, maksudnya dalam bahasa kita ikatan, laksana mengikat sesuatu dengan simpulan yang teguh sehingga tidak dapat dirungkai lagi, Allah menjelaskan al Baqarah ayat 256.
“maka siapa yang tidak percayakan tanghut, dan ia pula beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada simpulan (tali agama) yang teguh yang tidak akan putus dan (ingatlah), Allah maha mendengar, lagi maha mengetahui.)
Iman itu juga perlu menepati sebenar-benarnya dengan petunjuk Allah yang memandu akal, walaupun akal wajib digunakan tetapi ia tetap mengandungi kelemahan makhluk. Petunjuk itu pula berlandaskan wahyu yang diamanahkan kepada manusia pilihan Allah adalah mereka adalah para rasul dan nabi yang berakhir dengan Nabi Muhammad kesinambungan risalahnya dilaksanakan oleh para ulama yang beribawa dengan ilmu dan sifat para ulama muktabar.
Beriman kepada Allah adalah asas agama islam. Ia juga menjdi dasar rukun iman dan islam. Oleh itupengakuan “Tiada Tuhan yang sebenar melainkan Allah’’ menjadi bahagia pertama dua kalimat syahadah. Beriman kepada Allah menjadi rukun iman yang pertama.dalam surah al-baqarah ayat 177,beriman kepada Allah erletak pada kedudukan yang pertama. Begitu juga Allah terletak pada kedudukan yang pertama. Begitu juga dalam hadis yang dilaporkan oleh Umar bin Khatab dan direkodkan oleh muslim Nabi Muhammad.


Semua rukun iman yang lain dinyatakan bersamanya. Kita perlu memberi perhatian beriman kepada Allah bukan sekedar keperluan fitrah manusia sahaja. Manusia juga perlu memberi penekanan betapa perlunya beriman kepada Allah dalam menanamkan keseluruhan akidah yang betul. Penanaman akidah yang betul terhadap keseluruhan rukun iman dan membatalkan segala yang berlawanannya dengannya.
Akidah yang betul meningkatkan kedudukan mukmin itu ke peringkat kesempurnaan mengenal Allah atau juga dikenali dengan makrifatullah. Kesempurnaan mengenal kepada Allah ini menentukan peringkat takwa muslim itu. Peringkat takwa individu itu yang menjadinilai ukuran manusia dan kecintaannya terhadap Tuhannya.

2.2  Pengertian Iman Kepada Malaikat
Iman secara bahasa artinya percaya atau yakin.Iman dari segi istilah artinya meyakini setulus hati yang mengakar kuat,mengucapkan dengan lisan,dan mengamlakan dengan seluruh anggota badan.Menurut M.Quraish Shihab,kata malaikat berasal dari kata arab yaitu mala’ikah yang merupakan bentuk jamak dari kata malak yang terambil dari kata la’aka yang berarti “ menyampaikan sesuatu”. Jadi,malak /malaikat adalah makhluk yang menyampaikan sesuatu dari allah swt.Dari cahaya,sebagai utusan allah swt.yang taat,patuh,serta tidak pernah membangkang terhadap perintah-nya
Iman kepada malaikat adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa allah swt menciptakan malaikat sebagai makhluk ghaib yang diutus untuk melaksanakan segala perintah-nya. Hukum beriman kepada malaikat Beriman kepada malaikat hukumnya adalah fardu’ain .

Ia merupakan salah satu rukun iman selain iman kepada Allah,kitab-kitab-nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan qada/qadar. Tentang penciptaan malaikat Sumber yang dapat dijadikan rujukan untuk mengetahui malaikat adalah degan berpedoman kepada al-qur’an dan hadis-hadis Rasulullah saw.
Perbedaan malaikat dengan manusia dan jin dari asal kejadian, malaikat berbeda dengan manusia dan jin, yaitu bahwa malaikat diciptakan dari nur atau cahaya sementara manusia dan jinmasing-masing diciptakan dari tanah dan api. Ciri-ciri malaikat, manusia, dan jin sebagai berikut:
Malaikat
Manusia
Jin
Gaib
Nyata
Nyata
Tidak memiliki nafsu
Memiliki nafsu
Memiliki nafsu

Jumlah malaikat
Karena sifatnya gaib,berapa jumlah malaikat secara terincisebgaiman manusia, hanya Allah swt dan rasul-rasul-Nyayang tahu. Dan ini lah penjelasan tentang malaikat:
a.       Malaikat Jibril
Malaikat jibril dikenal juga sebagai penghulu para malaikat. Ia adalah satu dari tiga malaikat yang namanya disebut dalam al-qur’an. Tugas utamanya adalah menyampaikan wahyu dari Allah Swt. Malaikat jibril pula yang menyampaikan berita kelahiran nabi isa as. Kepada ibunya Maryam dan menyampaikan al-qur’an kepada nabi Muhammad saw.
b.      Malaikat Mikail
Adalah malaikat yang diberi tugas untuk mengatur urusan makhluk Allah Swt. Sekaligus mengatur rezekiterutama kepada manusia.

c.       Malaikat Israfil
Diberi tugas untuk meniup sangkakala,israfil selalu memegang terompet suciyang terletak di bibirnya selama berabad-abad,menunggu perintah dari Allah swt.
d.      Malaikat Malik
   Bertugas untuk menjaga api neraka.
e.       Malaikat Raqib
   Bertugas untuk mencatat segala amal kebaikan manusia.
f.       Malaikat Atid
   Bertugas mencatat segala amal keburukan manusia.
g.      Malaikat Ridwan
Bertugas menjaga dan mengawasi surga serta menyambut semua hamba Allah swt.
Hikmah Beriman Kepada  Allah
1.      Menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah.
2.      Senantiasa hati-hati dalam setiap ucapan dari perbuatansegala apa yang dilakukan manusia tidak luput dari pengamatan malaikat Allah swt.
3.      Menambah kesadaran terhadap alam wujud yang tidak terjangkau oleh pancaindra.
4.      Menambah rasa syukur kepada Allah swt  karena melalui malaikat-malaikat-Nya manusia banyak memperoleh karunia.
5.      Menambah semangat dan ikhlas dalam beribadah walaupun tidak terlihat oleh orang lain ketika melakukannya.
6.      Menumbuhkan cinta kepada amal sleh karena malaikat selalu siap mencatat amal manusia.
7.      Semakin dalam berusaha karena tidak ada rezeki yang diturunkan oleh malaikat Allah swt tanpa usaha dan kerja keras.
2.3  Iman Kepada Kitab-Kitab Allah
Iman kepada kitab-kitab Allah artinya mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah Swt telah menurunkan wahyu-Nya yang berupa kitab dan shuhuf kepada para nabi /rasul untuk disampaikan dan diajarkan kepda umat manusia.
Beriman kepada wahyu Allah Swt (kita dan shuhuf) mrupakan salah satu rukun iman. Oleh karena itu sebagia wujud keimanan itu, kita harus mengimani kitab dan shuhuf.
Jenis-jenis kitab:
1.      Kitab Taurat
Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa As. di bukit Tursina (Mesir) sekitar abad 12 Sebelum Masehi dalam bahasa tulisan orang Yahudi dan orang yang berpegang teguh kepadanya disebut kaum Yahudi. Firman Allah SWT dalam QS Al Maidah ayat 44 :
”Sesungguhnya Kami telah menurunkan kitab Taurat di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), yang dengan kitab itu diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang menyerah diri kepada Allah, oleh orang-orang alim mereka dan pendeta-pendeta mereka, disebabkan mereka diperintahkan memelihara Kitab-Kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya...”. 
Pokok ajaran kitab Taurat berisi tentang Aqidah (Tauhid) dan hukum-hukum syari’at yang dikenal dengan istilah The Ten Commandements (Sepuluh Perintah Tuhan), yaitu :
1.      Kewajiban meyakini keesaan Allah SWT
2.      Larangan menyembah berhala/patung
3.      Larangan menyebut nama Allah dengan sia-sia 
4.      Perintah mensucikan hari Sabtu (Sabat) 
5.      Kewajiban menghormati kedua orang tua 
6.      Larangan membunuh sesama manusia 
7.      Larangan berbuat zina 
8.      Larangan mencuri 
9.      Larangan menjadi saksi palsu 
10.  Larangan mengambil hak orang lain. 
2.      Kitab Zabur 
Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Dawud As. di Yerussalem (Israel) sekitar abad 10 Sebelum Masehi dalam bahasa tulisan Nabi Dawud sendiri yaitu bahasa Qibty. Pokok ajaran kitab Zabur berisi tentang dzikir, nasehat dan hikmah tidak memuat hukum-hukum syari’at. Menurut orang-orang Yahudi dan Nasrani kitab Zabur sekarang terdapat dalam kitab perjanjian lama (mazmur) dan terdiri atas 150 pasal. Kitab Zabur merupakan petunjuk bagi umar Nabi Dawud As. agar bertauhid kepada Allah SWT. Firman Allah SWT dalam QS Al Isra ayat 55 :
” ... dan Sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Dawud.”
3.      Kitab Injil 
Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa As. di Yerussalem (Israel) sekitar abad I Masehi dalam bahasa dan tulisan Ibrani dan orang yang berpegang teguh kepadanya disebut kaum Nasrani Pokok ajaran kitab Injil sama dengan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya tetapi sebagian menghapus hukum-hukum yang terdapat dalam kitab Taurat yang tidak sesuai dengan zaman itu. Sehingga kitab Injil yang asli tidak diketahui lagi keberadaanya.
 Firman Allah SWT dalam QS Al-Maidahayat46 :
”dan Kami iringkan jejak mereka (nabi Nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan kitab yang sebelumnya, Yaitu: Taurat. dan Kami telah memberikan kepadanya kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, Yaitu kitab Taurat. dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa”. 
4.      Kitab Suci Al Qur’an 
Kitab Suci Al Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. di Makkah dan Madinah (Arab Saudi) pada abad VI Masehi dalam bahasa dan tulisan bangsa Arab suku Quraisy. Pokok ajaran kitab Suci Al Qur’an berisi tentang aqidah (Tauhid), hukum-hukum syari’at dan muamalat, sebagian isinya menghapus hukum-hukum syari’at yang terdapat dalam kitab-kitab terdahulu dan melengkapinya dengan hukum-hukum syari’at yang sesuai dengan perkembangan zaman. Firman Allah SWT dalam QS Yusuf ayat 2 :”Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya”.
Dari keempat kitab itu yang masih terjaga hanya tinggal Al Qur’an saja, sedangkan kitab Taurat, Zabur dan Injil hanya tinggal namanya saja. Ketiga kitab tersebut telah dinaskh oleh Suci Al Qur’an, artinya sejak kitab Suci Al Qur’an diturunkan maka ketiga kitab itu tidak berlaku lagi. Selain itu ketiga kitab tersebut telah banyak berubah atau diganti sehingga tidak asli atau suci lagi. Sedangkan kitab Suci Al Qur’an tetap terjaga kesuciannya sampai hari Kiamat sebab Allah SWT sendiri yang menjamin keasliannya.



Firman Allah SWT dalam QS Al Hijr ayat 9 :
”Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur’an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” 
Kedudukan-kedudukan al-Qur’an antara lain:
a.       Sebagai wahyu Allah swt yang diturunkan kepada Nabi Muhammad     SAW
b.      Sebagai mukjizat Nabi Muhammad saw
c.       Sebagai pedoman hidup manusia agar tercapai kebahagiaan di dunia dan akhirat
d.      Sebagai sumber dari segala sumber hukum Islam
Ada 3 macam tingkatan dalam beriman kepada kitab-kitab Allah Swt:
1.      Qotmil (membaca saja)
2.      Tartil (membaca dan memahami)
3.      Hafizh (membaca, memahami, mengamalkan dan menghafalkan).      

BAB III

PENUTUP

3.1  Kesimpulan
   Iman kepada Allah Iman yang wajib ditanam ke dalam diri muslim dengan ikhlas dan teguh yang disebut aqidah, maksudnya dalam bahasa kita ikatan, laksana mengikat sesuatu dengan simpulan yang teguh sehingga tidak dapat dirungkai lagi, Allah menjelaskan al Baqarah ayat 256.
“maka siapa yang tidak percayakan tanghut, dan ia pula beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada simpulan (tali agama) yang teguh yang tidak akan putus dan (ingatlah), Allah maha mendengar, lagi maha mengetahui.)
Iman kepada Malaikat Iman secara bahasa artinya percaya atau yakin.Iman dari segi istilah artinya meyakini setulus hati yang mengakar kuat,mengucapkan dengan lisan,dan mengamlakan dengan seluruh anggota badan.Menurut M.Quraish Shihab,kata malaikat berasal dari kata arab yaitu mala’ikah yang merupakan bentuk jamak dari kata malak yang terambil dari kata la’aka yang berarti “ menyampaikan sesuatu”. Jadi,malak /malaikat adalah makhluk yang menyampaikan sesuatu dari allah swt.
Iman kepada Kita-kitab Allah Iman kepada kitab-kitab Allah artinya mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah Swt telah menurunkan wahyu-Nya yang berupa kitab dan shuhuf kepada para nabi /rasul untuk disampaikan dan diajarkan kepda umat manusia.
3.2  Saran
   kami sadar bahwa masih banyak kekurangan yang kami miliki, baik dari segi tulisan maupun bahasa yang kami sajikan, oleh karena itu  kami berpesan ambilah sesuatu yang positif dari makalah yang kami buat, dan semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi kami maupun  pembaca. dan menjadi  wawasan kita dalam memahami bahasa kita sendiri dan sebagai kata,marilah terus berusaha untuk menggapai sebuah cita-cita yang luhur.
                                               DAFTAR PUSTAKA
       Anwar, Rosihon. 2008. Akidah Akhlak. Bandung : Pustaka Setia.
       Zaini, Syahminan. 1983. Kuliah Aqidah Akhlak. Surabaya : Al-Ikhlas.
      Moh. Rifai,Rs Abdul Azis, Ba Jalaludin. 1994. Akidah Akhlak. Semarang :     Wicaksana.
      Zainuddin, A dan Jamhari Muhammad. 1999. Al-Islam 1: Akidah dan    Ibadah. Bandung : Pustaka Setia.
     Abdullah Zakiy Al-Kaaf dan Maman Abdul Djaliel. 1999. Mutiara Ilmu Tauhid. Bandung : Pustaka Setia.
       Afif Muhammad. 1986. Tauhid. Bandung : Bina Ilmu.



[1] Abdullah Zakiy Al-Kaaf dan Maman Abdul Djaliel, Mutiara Ilmu Tauhid, Pustaka Setia, Bandung. 1999, hlm 115
[2]  Abdullah Zakiy Al-Kaaf dan Maman Abdul Djaliel, Mutiara Ilmu Tauhid, Pustaka Setia, Bandung. 1999, hlm 115.
[3]  Abdullah Zakiy Al-Kaaf dan Maman Abdul Djaliel, Mutiara Ilmu Tauhid, Pustaka Setia, Bandung. 1999, hlm 120.
[4] Abdullah Zakiy Al-Kaaf dan Maman Abdul Djaliel, Mutiara Ilmu Tauhid, Pustaka Setia, Bandung. 1999, hlm 120.
[5] Abdullah Zakiy Al-Kaaf dan Maman Abdul Djaliel, Mutiara Ilmu Tauhid, Pustaka Setia, Bandung. 1999, hlm 120.
6 Abdullah Zakiy Al-Kaaf dan Maman Abdul Djaliel, Mutiara Ilmu Tauhid, Pustaka Setia, Bandung. 1999, hlm 121.
[6] Abdullah Zakiy Al-Kaaf dan Maman Abdul Djaliel, Mutiara Ilmu Tauhid, Pustaka Setia, Bandung. 1999, hlm 120.
[7]  Abdullah Zakiy Al-Kaaf dan Maman Abdul Djaliel, Mutiara Ilmu Tauhid, Pustaka Setia, Bandung. 1999, hlm 121.


MAKALAH PERKEMBANGAN REMAJA


MAKALAH  PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
PERKEMBANGAN REMAJA DAN SOLUSINYA

BAB I
PEBDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Perkembangan anak adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari pematangan. Di sini menyangkut adanya proses diferensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem yang berkembang sedemikian rupa per- kembangan emosi, intelektual dan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya. Aspek– aspek perkembangan individu meliputi fisik, intelektual, sosial, emosi, bahasa, moral dan agama. Perkembangan fisik meliputi pertumbuhan sebelum lahir dan pertumbuhan setelah lahir. Intelektual (kecerdasan) atau daya pikir merupakan kemampuan untuk beradaptasi secara berhasil dengan situas baru atau lingkungan pada umumnya. Sosial, setiap individu selalu berinteraksi dengan lingkungan dan selalu memerlukan manusia lainnya. Emosi merupakan perasaan tertentu yang menyertai setiap keadaan atau perilaku individu. Bahasa merupakan kemampuan untuk berkomunikasi dengan yang lain. Moralitas merupakan kemauan untuk menerima dan melakukan peraturan, nilai-nilai atau prinsip-prinsip moral. Agama merupakan kepercayaan yang dianut oleh individu.
Dalam makalah ini penulis membatasi penulisan makalah pada perkembangan anak khususnya siswa fase remaja . Karena Masa remaja merupakan segmen kehidupan yang penting dalam siklus perkembangan individu, dan merupakan masa transisi yang dapat diarahkan kepada perkembangan masa dewasa yang sehat.
Masa remaja adalah suatu periode peralihan diri dari masa kanak-kanak kepada masa dewasa. Masa remaja juga sebagai usia bermasalah. Akhirnya para remaja mengalami kesualitan dalam mengatasi masalah yang dihadapi.
B.       Rumusan Masalah
1.         Pengertian Perkembangan Remaja ?
2.         Apa saja Dimensi-Dimensi Perkembangan Remaja ?
3.         Apa Saja Permasalahan Remaja dan Akibatnya ?
4.         Apa Saja Solusi Masalah Remaja?
C.      Tujuan
1.         Untuk Mengetahui  Pengertian Perkembangan Remaja
2.         Untuk Mengetahui  Dimensi-Dimensi Perkembangan Remaja.
3.         Untuk Mengetahui  Permasalahan Remaja dan Akibatnya .
4.         Untuk Mengetahui  Solusi Masalah Remaja.

BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian Perkembangan Remaja
Kata remaja berasal dari bahasa latin yaitu adolescere yang berarti to grow atau to grow maturity(Golinko, 1984 dalam Rice, 1990). Banyak tokoh yang memberikan definisi tentang remaja, seperti John W. Santrock (2011) dan juga DeBrun (dalam Rice,1990) mendefinisikan remaja sebagai periode pertumbuhan antara masa kanak-kanak dengan masa dewasa. Papalia dan Olds (2001) tidak memberikan pengertian remaja (adolescent) secara eksplisit melainkan secara implisit melalui pengertian masa remaja (adolescence).
Menurut Papalia dan Olds (2001), masa remaja adalah masa transisi perkembangan antara masa kanak-kanak dan masa dewasa yang pada umumnya dimulai pada usia 12 atau 13 tahun dan berakhir pada usia akhir belasan tahun atau awal dua puluhan tahun.Fase remaja merupakan masa perkembangan individu yang sangat penting. Harold Alberty (1957) mengemukakan bahwa masa remaja merupakan suatu periode dalam perkembangan yang dijalani seseorang yang terbentang sejak berakhirnya masa kanak-kanak sampai dengan awal masa dewasa. Conger berpendapat bahwa masa remaja merupakan masayang amat kritis yang mungkin dapat merupakan the best of time and theworst of time.
Dari sisi usia remaja, para ahli perkembangan (developmentalist) membaginya ke dalam beberapa periode seperti; Elizabert B Hurlock (1973) memberi batasan masa remaja berdasarkan usia kronologis, yaitu antara 13 hingga 18 tahun. Kemudian Thornburgh (1982), batasan usia tersebut adalah batasan tradisional, sedangkan aliran kontemporer membatasi usia remaja antara 11 hingga 22 tahun. Usia kronologis ini terbagi menjadi tiga, yaitu;
1.    Remaja awal                : usia antara 11 hingga 13 tahun
2.    Remaja pertengahan    : usia antara 14 hingga 16 tahun
3.    Remaja akhir               : usia antara 17 hingga 19 tahun.
Hampir sama dengan Thornburgh, Konpka (Pikunas, 1976) juga membagi masa remaja ini ke dalam tiga bagian, yaitu;
1.    Remaja awal                : usia antara 12-15 tahun
2.    Remaja pertengahan    : usia antara 15-18 tahun;
3.    Remaja akhir               : usia antara 19-22 tahun.
Sementara Salzman mengemukakan, bahwa remaja merupakan masa perkembangan sikap tergantung (dependence) terhadap orang tua ke arah kemandirian (independence), minat-minat seksual, perenungan diri, dan perhatian terhadap nilai-nilai estetika dan isu-isu moral. Seperti telah disebut sebelumnya, masa ini dikenal juga dengan masa “Strom dan Stress”,frustasi dan penderitaan, konflik dan krisis penyesuaian, mimpi dan melamun tentang cinta, dan perasaan teralineasi (tersisihkan) dari kehidupan sosial budaya orang dewasa (Lustin Pikunas, 1976).
B.       Dimensi-Dimensi Perkembangan Remaja
Untuk dapat memahami remaja, maka perlu dilihat berdasarkan perubahan pada dimensi- dimensi tersebut. Adapun beberapa dimensi yang menjadi tolak ukur pada masa remaja, yaitu:
1.      Dimensi Biologis
Pada saat seorang anak memasuki masa pubertas yang ditandai dengan menstruasi pertama pada remaja putri atau pun perubahan suara pada remaja putra, secara biologis dia mengalami perubahan yang sangat besar. Pubertas menjadikan seorang anak tiba-tiba memiliki kemampuan untuk ber-reproduksi.Pada masa pubertas, hormon seseorang menjadi aktif dalam memproduksi dua jenis hormon (gonadotrophins atau gonadotrophic hormones) yang berhubungan dengan pertumbuhan, yaitu: 1)Follicle-Stimulating Hormone (FSH); dan 2). Luteinizing Hormone (LH).
Pada anak perempuan, kedua hormone tersebut merangsang pertumbuhan estrogen dan  progesterone:dua jenis hormon kewanitaan. Pada anak lelaki, Luteinizing Hormone yang juga dinamakan Interstitial-Cell Stimulating Hormone (ICSH) merangsang pertumbuhan testosterone.
Pertumbuhan secara cepat dari hormon-hormon tersebut di atas merubah sistem biologis seorang anak. Anak perempuan akan mendapat menstruasi, sebagai pertanda bahwa sistem reproduksinya sudah aktif. Selain itu terjadi juga perubahan fisik seperti payudara mulai berkembang, dan lain – lain. Anak lelaki mulai memperlihatkan perubahan dalam suara, otot, dan fisik lainnya yang berhubungan dengan tumbuhnya hormon testosterone.  Bentuk fisik mereka akan berubah secara cepat sejak awal pubertas dan akan membawa mereka pada dunia remaja.
2.      Dimensi Kognitif
Perkembangan kognitif remaja, dalam pandangan Jean Piaget (seorang ahli perkembangan kognitif) merupakan periode terakhir dan tertinggi dalam tahap pertumbuhan operasi formal (period of formal operations).Pada periode ini, idealnya para remaja sudah memiliki pola pikir sendiri dalam usaha memecahkan masalah-masalah yang kompleks dan abstrak. Kemampuan berpikir para remaja berkembang sedemikian rupa sehingga mereka dengan mudah dapat membayangkan banyak alternatif pemecahan masalah beserta kemungkinan akibat atau hasilnya. Kapasitas berpikir secara logis dan abstrak mereka berkembang sehingga mereka mampu berpikir multi-dimensi seperti ilmuwan.
Para remaja tidak lagi menerima informasi apa adanya, tetapi mereka akan memproses informasi itu serta mengadaptasikannya dengan pemikiran mereka sendiri. Mereka juga mampu mengintegrasikan pengalaman masa lalu dan sekarang untuk ditransformasikan menjadi konklusi, prediksi, dan rencana untuk masa depan. Dengan kemampuan operasional formal ini, para remaja mampu mengadaptasikan diri dengan lingkungan sekitar mereka.
Penyebab lainnya bisa juga diakibatkan oleh pola asuh orang tua yang cenderung masih memperlakukan remaja sebagai anak-anak, sehingga anak tidak memiliki keleluasan dalam memenuhi tugas perkembangan sesuai dengan usia dan mentalnya. Semestinya, seorang remaja sudah harus mampu mencapai tahap pemikiran abstrak supaya saat mereka lulus sekolah menengah, sudah terbiasa berpikir kritis dan mampu untuk menganalisis masalah dan mencari solusi terbaik.
3.      Dimensi Moral
Masa remaja adalah periode dimana seseorang mulai bertanya-tanya mengenai berbagai fenomena yang terjadi di lingkungan sekitarnya sebagai dasar bagi pembentukan nilai diri mereka. Elliot Turiel (1978) menyatakan bahwa para remaja mulai membuat penilaian tersendiri dalam menghadapi masalah – masalah populer yang berkenaan dengan lingkungan mereka, misalnya: politik, kemanusiaan, perang, keadaan sosial, dan sebagainya.
Remaja tidak lagi menerima hasil pemikiran yang kaku, sederhana, dan absolut yang diberikan pada mereka selama ini tanpa bantahan. Remaja mulai mempertanyakan keabsahan pemikiran yang ada dan mempertimbangan lebih banyak alternatif lainnya. Secara kritis, remaja akan lebih banyak melakukan pengamatan keluar dan membandingkannya dengan hal-hal yang selama ini diajarkan dan ditanamkan kepadanya.
Kemampuan berpikir dalam dimensi moral (moral reasoning) pada remaja berkembang karena mereka mulai melihat adanya kejanggalan dan ketidakseimbangan antara yang mereka percayai dahulu dengan kenyataan yang ada di sekitarnya. Mereka lalu merasa perlu mempertanyakan dan merekonstruksi pola pikir dengan “kenyataan” yang baru. Perubahan inilah yang seringkali mendasari sikap “pemberontakan” remaja terhadap peraturan atau otoritas yang selama ini diterima bulat-bulat.
Peranan orangtua atau pendidik amatlah besar dalam memberikan alternatif jawaban dari hal-hal yang dipertanyakan oleh putra-putri remajanya. Orangtua yang bijak akan memberikan lebih dari satu jawaban dan alternatif supaya remaja itu bisa berpikir lebih jauh dan memilih yang terbaik. Orangtua yang tidak mampu memberikan penjelasan dengan bijak dan bersikap kaku akan membuat sang remaja tambah bingung. Remaja tersebut akan mencari jawaban di luar lingkaran orangtua dan nilai yang dianutnya. Ini bisa menjadi berbahaya jika “lingkungan baru” memberi jawaban yang tidak diinginkan atau bertentangan dengan yang diberikan oleh orangtua. Konflik dengan orangtua mungkin akan mulai menajam.
4.       Dimensi Psikologis
Masa remaja merupakan masa yang penuh gejolak. Pada masa ini mood (suasana hati) bisa berubah dengan sangat cepat. Hasil penelitian di Chicago oleh Mihalyi Csikszentmihalyi dan Reed Larson (1984) menemukan bahwa remaja rata-rata memerlukan hanya 45 menit untuk berubah dari mood “senang luarbiasa” ke “sedih luar biasa”, sementara orang dewasa memerlukan beberapa jam untuk hal yang sama.
Perubahan mood (swing) yang drastis pada para remaja ini seringkali dikarenakan beban pekerjaan rumah, pekerjaan sekolah, atau kegiatan sehari-hari di rumah. Meski mood remaja yang mudah berubah-ubah dengan cepat, hal tersebut belum tentu merupakan gejala atau masalah psikologis. Para remaja juga sering menganggap diri mereka serba mampu, sehingga seringkali mereka terlihat “tidak memikirkan akibat” dari perbuatan mereka. Tindakan impulsif sering dilakukan; sebagian karena mereka tidak sadar dan belum biasa memperhitungkan akibat jangka pendek atau jangka panjang.
C.       Permasalah Remaja  dan Akibatnya
Masa remaja merupakan periode transisi dari anak menuju dewasa. Pada usia ini kerap ditemukan perilaku berisiko yang bisa jadi mengarah ke tindakan kriminal.
Kenakalan remaja merupakan perilaku menyimpang yang dilakukan sesearang usia 14-19 tahun yang menimbulkan masalah atau keonaran dalam masyarakat. remaja yang melakukan perilaku menyimpang dalam hal ini yaitu kenakalan remaja disebabkan dari diri sendiri atau lingkungan.
"Penyebabnya bisa dari sifat bawaan atau dari keluarga misalnya orangtua yang terlalu sibuk, kurangnya komunikasi atau perceraian”  Anak yang sudah merasa tidak nyaman dalam rumah maka mudah terpengaruh lingkungan misalnya ajakan teman yang membuatnya melakukan hal negatif.
Kenakalan remaja yang kerap terjadi terdiri dari empat jenis yaitu:
1)             Tawuran atau perkelahian antarpelajar
Perkelahian termasuk jenis kenakalan remaja akibat kompleksinya kehidupan kota yang disebabkan karena masalah sepele. Tawuran pelajar sekolah menjadi potret buram dalam dunia pendidikan Indonesia. Pada 2010, setidaknya terjadi 128 kasus tawuran antar pelajar. 
Angka itu melonjak tajam lebih dari 100 persen pada 2011, yakni 330 kasus tawuran yang menewaskan 82 pelajar. Pada Januari-Juni 2012, telah terjadi 139 tawuran yang menewaskan 12 pelajar.
2)             Penyalahgunaan narkotika, obat-obat terlarang dan minuman keras
Penyalahgunaan narkotika adalah penggunaan narkotika dan narkoba tanpa izin dengan tujuan untuk memperoleh kenikmatan.
Kenakalan remaja yang satu ini dapat menimbulkan tindakan kriminal lainnya seperti pemerkosaan, pembunuhan, pencurian dan perampokan. Penggunaan narkoba akan memicu timbulnya tindakan kriminal lainnya.
“ Narkoba akan memicu tindakan kriminal dan bisa juga memicu seks pra nikah, karena mereka seperti memiliki keterkaitan,"
3)             Hubungan seksual atau seks Pra Nikah
Fenomena kasus seks di luar nikah di Indonesia menurut Direktur Bina Kesehatan Anak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Elizabeth Jane Soepardi, MPH mengalami peningkatan.
"Walaupun peningkatannya sedikit namun jumlahnya terbilang banyak yaitu sebanyak 14,6 persen pada pria dan 4,5 persen pada perempuan,". Hubungan seks di luar nikah memicu penyebaran AIDS.
4)             Tindak Kriminal
Tindak kriminal merupakan tindak kejahatan yang merugikan orang lain dan melanggar norma hukum, sosial dan agama. kenakalan remaja yang mengarah pada tindak kriminalitas seperti mencuri atau merampok hampir jarang ditemukan di usia remaja.
"Remaja lebih sering melakukan kenakalan remaja seperti narkoba atau seks di luar nikahm untuk tindakan kriminal seperti membunuh, mencuri atau merampok hampir jarang,"
D.      Solusi Masalah
Dari berbagai faktor dan permasalahan yang terjadi di kalangan remaja masa kini sebagaimana telah disebutkan di atas, maka tentunya ada beberapa solusi yang tepat dalam pembinaan dan perbaikan remaja masa kini. Kenakalan remaja dalam bentuk apapun mempunyai akibat yang negatif baik bagi masyarakat umum maupun bagi diri remaja itu sendiri. Tindakan penanggulangan kenakalan remaja dapat dibagi dalam :
1)        Tindakan Preventif 
Usaha pencegahan timbulnya kenakalan remaja secara umum dapat dilakukan melalui cara berikut:
Ø  Mengenal dan mengetahui ciri umum dan khas remaja
Ø  Mengetahui kesulitan-kesulitan yang secara umum dialami oleh para remaja. Kesulitan-kesulitan mana saja yang biasanya menjadi sebab timbulnya pelampiasan dalam bentuk kenakalan.
Usaha pembinaan remaja dapat dilakukan melalui:
Ø  Menguatkan sikap mental remaja supaya mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapinya.
Ø  Memberikan pendidikan bukan hanya dalam penambahan pengetahuan dan keterampilan melainkan pendidikan mental dan pribadi melalui pengajaran agama, budi pekerti dan etiket.
Ø  Menyediakan sarana-sarana dan menciptakan suasana yang optimal demi perkembangan pribadi yang wajar.
Ø  Memberikan wejangan secara umum dengan harapan dapat bermanfaat.
Ø  Memperkuat motivasi atau dorongan untuk bertingkah laku baik dan merangsang hubungan sosial yang baik.
Ø  Mengadakan kelompok diskusi dengan memberikan kesempatan mengemukakan pandangan dan pendapat para remaja dan memberikan pengarahan yang positif.
Ø  Memperbaiki keadaan lingkungan sekitar, keadaan sosial keluarga maupun masyarakat di mana banyak terjadi kenakalan remaja.
2)        Tindakan Represif
Usaha menindak pelanggaran norma-norma sosial dan moral dapat dilakukan dengan mengadakan hukuman terhadap setiap perbuatan pelanggaran. Dengan adanya sanksi tegas pelaku kenakalan remaja tersebut, diharapkan agar nantinya si pelaku tersebut “jera” dan tidak berbuat hal yang menyimpang lagi..
Di lingkungan sekolah, kepala sekolahlah yang berwenang dalam pelaksanan hukuman terhadap pelanggaran tata tertib sekolah. Dalam beberapa hal, guru juga berhak bertindak. Akan tetapi hukuman yang berat seperti skorsing maupun pengeluaran dari sekolah merupakan wewenang kepala sekolah. Guru dan staf pembimbing bertugas menyampaikan data mengenai pelanggaran dan kemungkinan-kemungkinan pelanggaran maupun akibatnya. Pada umumnya tindakan represif diberikan dalam bentuk memberikan peringatan secara lisan maupun tertulis kepada pelajar dan orang tua, melakukan pengawasan khusus oleh kepala sekolah dan tim guru atau pembimbing dan melarang bersekolah untuk sementara waktu (skors) atau seterusnya tergantung dari jenis pelanggaran tata tertib sekolah.
3)        Tindakan Kuratif dan Rehabilitasi
Tindakan ini dilakukan setelah tindakan pencegahan lainnya dilaksanakan dan dianggap perlu mengubah tingkah laku pelanggar remaja itu dengan memberikan pendidikan lagi. Pendidikan diulangi melalui pembinaan secara khusus yang sering ditangani oleh suatu lembaga khusus maupun perorangan yang ahli dalam bidang ini.
Solusi internal bagi seorang remaja dalam mengendalikan kenakalan remaja antara lain: Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan. Remaja harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada tahap ini.
ü Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya untuk melakukan point pertama.
ü Remaja menyalurkan energinya dalam berbagai kegiatan positif, seperti berolahraga, melukis, mengikuti event perlombaan, dan penyaluran hobi.
ü Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul.
ü Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.
Jika berbagai solusi dan pembinaan di atas dilakukan, diharapkan kemungkinan terjadinya kenakalan remaja ini akan semakin berkurang dan teratasi. Dari pembahasan mengenai penanggulangan pek kenakalan remaja ini perlu ditekankan bahwa segala usaha pengendalian kenakalan remaja harus ditujukan ke arah tercapainya kepribadian remaja yang mantap, serasi dan dewasa. Remaja diharapkan akan menjadi orang dewasa yang berpribadi kuat, sehat jasmani dan rohani, teguh dalam kepercayaan (iman) sebagai anggota masyarakat, bangsa dan tanah air.


BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan

Masa remaja merupakan masa pencarian jati diri seseorang dalam rentang masa kanak-kanak sampai masa dewasa. Pada masa ini, pola pikir dan tingkah laku remaja sangat berbeda pada saat masih kanak-kanak. Hubungan dengan kelompok (teman sebaya) lebih erat dibandingkan hubungan dengan orang tua. Teori-teori perkembangan remaja antara lain, teori psikoanalisa, teori psikososial, teori kognitif serta teori tingkah laku dan belajar sosial. Tahap perkembangan remaja dimulai dari fase praremaja, remaja awal, dan remaja akhir. Karakteristik  pertumbuhan dan perkembangan remaja antara lain, perubahan fisik yang terjadi pada remaja terlihat pada saat masa pubertas yaitu meningkatnya tinggi dan berat badan serta kematangan sosial, remaja berfikir secara logis dan transisi sosial remaja mengalami perubahan dalam hubungan individu dengan manusia lain. Sementara itu, ciri khas remaja adalah hubungan dengan teman sebaya lebih erat, hubungan dengan orang tua penuh konflik, keingintahuan seks yang tinggi, dan mudah stres.
B.  Saran
Perubahan-perubahan yang terjadi pada masa remaja menimbulkan berbagai konflik batin maupun psikis. Orang tua harus benar-benar memahami konsekuensi perubahan pada remaja. Sementara itu, perawat dapat dijadikan tempat konseling untuk remaja sebagaimana peran perawat dan sebagai perawat yang menghadapi permasalahan remaja senantiasa memberikan bimbingan atau konseling yang baik atau yang tidak memojokkan remaja tersebut dalam masalah yang dihadapinya.
Demikian makalah mengenai perkembangan remaja. Mohon maaf,apabila makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karenaitu,kritik dan saran yang membangun sangat kami butuhkan. 


DAFTAR PUSTAKA

Ali, Muhammad. 2005. Psikologi Remaja.Bandung : Bumi Aksara.
Daulay, Agus Salim 2010. Diktat Psikologi Perkembangan. Padangsidimpuan: STAIN Padangsidimpaun.
Mappiare. 1984. Psikologi Orang Dewasa. Surabaya : Usaha Nasional.
Damaiyanti, Mukhripah. 2008. Komunikasi Terapeutik dalam Praktik Keperawatan. Bandung:Refika Aditama