1

loading...

Sabtu, 11 Mei 2019

MAKALAH PSIKOLOGI BEHAVIORISTIK ANAK


MAKALAH  Behavioristik Anak


BAB II
PEMBAHASAN


     A.    Perkembangan Behavioristik Anak
Behaviorisme adalah teori perkembangan perilaku, yang dapat diukur, diamati dan dihasilkan oleh respon pelajar terhadap rangsangan. Tanggapan terhadap rangsangan dapat diperkuat dengan umpan balik positif atau negatif terhadap perilaku kondisi yang diinginkan. Hukuman kadang-kadang digunakan dalam menghilangkan atau mengurangi tindakan tidak benar, diikuti dengan menjelaskan tindakan yang diinginkan.
Ciri dari teori behavioristik adalah mengutamakan unsur-unsur dan bagian kecil, bersifat mekanistis, menekankan peranan lingkungan, mementingkan pembentukan reaksi atau respon, menekankan pentingnya latihan, mementingkan mekanisme hasil belajar,mementingkan peranan kemampuan dan hasil belajar yang diperoleh adalah munculnya perilaku yang diinginkan. Guru yang menganut pandangan ini berpandapat bahwa tingkah laku siswa merupakan reaksi terhadap lingkungan dan tingkah laku adalah hasil belajar.
Dalam hal konsep pembelajaran, proses cenderung pasif berkenaan dengan teori behavioris. Pelajar menggunakan tingkat keterampilan pengolahan rendah untuk memahami materi dan material sering terisolasi dari konteks dunia nyata atau situasi. Behaviorisme adalah suatu studi tentang kelakuan manusia. Timbulnya aliran ini disebabkan rasa tidak puas teori psikologi daya dan teori mental state. Sebabnya ialah karena aliran-aliran terdahulu hanya menekankan pada segi kesadaran saja.[1]
Teori behavioristik dengan model hubungan stimulus-responnya, mendudukkan orang yang belajar sebagai individu yang pasif. Respon atau perilaku tertentu dengan menggunakan metode pelatihan atau pembiasaan semata. Munculnya perilaku akan semakin kuat bila diberikan penguatan dan akan menghilang bila dikenai hukuman. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.
            Stimulus adalah segala hal yang diberikan oleh guru kepada pelajar, sedangkan respon berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut. Teori ini mengutamakan pengukuran, sebab pengukuran merupakan suatu hal penting untuk melihat perubahan tingkah laku tersebut terjadi atau tidak
Behaviorisme  adalah filosofi dalam psikologi yang berdasar bahwa semua yang dilakukan manusia termasuk tindakan, pikiran, atau perasaan dapat dan harus dianggap sebagai perilaku. Aliran ini berpendapat bahwa perilaku demikian dapat digambarkan secara ilmiah tanpa melihat peristiwa fisiologis internal atau pikiran.  Menurut teori behavioristik, belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon.
Menurut teori belajar tingkah laku,  belajar adalah perubahan dalam tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respon.  Seseorang telah dikatakan sudah mengalami proses belajar jika telah mampu bertingkah laku dengan cara baru sebagai hasil interaksi antara stimulus yang berupa proses dan materi pembelajaran dengan respon atau tanggapan yang diberikan oleh pebelajar.
Misalnya seorang pelajar belum dapat dikatakan berhasil dalam belajar Ilmu Pengetahuan Sosial jika dia belum bias atau tidak mau melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan sosial dimasyarakat,seperti ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemilu, kerja bakti, ronda dll.
                         Adapun ciri-ciri teori belajar behavioristik adalah:
1)      Mementingkan penagruh lingkungan
2)      Mementingkan bagian bagian
3)      Mementingkan peranan reaksi
4)      Mengutamakan mekanisme terbentuknya hasil belajar
5)      Mementingkan sebab sebab di waktu yang lain
6)      Mementingkan pembentukan kebiasaan[2]

        B.     Perkembangan Fisik dan Motorik Anak
a.       Fisik
Fisik merupakan suatu sistem organ yang kompleks dan sangat mengagumkan. Perkembangan fisik merupakan hal yang mendasar bagi kemajuan perkembagan berikutnya. Ketika fisik berkembang dengan baik memungkinkan anak untuk dapat lebih mengembangkan ketrampilan fisiknya, dan ekplorasi lingkungannya dengan tanpa bantuan orang lain.
 Perkembangan fisik individu meliputi empat aspek, yaitu
1)      Sistem syaraf yang sangat mempengaruhi perkembangan kecerdasan dan emosi.
2)      Otot-otot yang mempengaruhi perkembangan kekuatan dan kemampuan motorik.
3)      Kalenjar endokrin yang menyebabkan munculnya pola-pola tingkah laku baru seperti pada usia remaja berkembang perasaan senang untuk aktif dalam suatu kegiatan, yang sebagian anggotanya terdiri atas lawan jenis
4)      Struktur fisik atau tubuh yang meliputi berat, tinggi, dan proporsi.
Perkembangan fisik meliputi perubahan-perubahan dalam tubuh  seperti pertumbuhan otak, sistem saraf, organ-organ indrawi, pertambahan tinggi dan berat, hormon, dan lain-lain. Perubahan-perubahan dalam cara individu dalam menggunakan tubuhnya seperti perkembangan keterampilan motorik, serta perubahan dalam kemampuan fisik seperti penurunan fungsi jantung, penglihatan, dan sebagainya. Ketika perkembangan fisik berkembang dengan baik maka perkembangan tingkah laku seorang anak tidak  akan mengalami hambatan atau kendala didalam pertumbuhan dan  perkembangannya.
Pertumbuhan dan perkembangan fisik yang optimal itu sangat penting, karena pertumbuhan atau perkembangan fisik anak secara langsung dan tidak langsung akan mempengaruhi perilakunya sehari-hari. Secara langsung, pertumbuhan fisik anak akan menentukan keterampilan anak dalam bergerak. Secara tidak langsung, pertumbuhan atau perkembangan fisik akan mempengaruhi cara anak memandang dirinya sendiri dan orang lain.
Perkembangan fisik peserta didik dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:
a.       Tahap setelah lahir hingga usia tiga tahun.
b.      Tahap anak-anak hingga masa prapubertas usia 3 hingga 10 tahun, tahap pubertas usia 10 hingga 14 tahun,
c.       Tahap remaja usia 12 tahun keatas.
Berdasarkan tahapan ini, anak usia sekolah (SD-SMP) dimasukkan dalam tahap prapubertas dan pubertas awal, sedangkan anak SMP hingga SMA dimasukan dalam tahap remaja.
b.      Motorik
Motorik yaitu segala sesuatu yang ada hubungannya dengan gerakan-gerakan tubuh. Dalam perkembangan motorik, yang menentukan adalah otot, saraf, dan otak. Ketiga unsur itu melaksanakan masing-masing perannya secara interaksi positif, artinya unsur-unsur yang satu saling berkaitan, saling menunjang, saling melengkapi dengan unsur yang lainnya untuk mencapai kondisi motoris yang lebih sempurna keadaanya. perkembangan motorik merupakan perkembangan jasmaniah melalui kegiatan pusat.
Perkembangan motorik dibagi dua, yaitu motorik kasar dan motorik halus.
a)      Motorik kasar
Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan si kecil. Contoh perkembangan motorik kasar yaitu kemampuan berguling, telungkup, duduk, menendang, berlari, naik-turun tangga, melompat, dan sebagainya.
b)      Motoric halus.
Motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu. Misalnya, kemampuan menggengggam benda, memindahkan benda dari tangan, mencorat-coret, menggunting, menyusun balok, dan lain sebagainya.
Perkembangan motorik dapat didefinisikan sebagai perubahan kompetensi atau kemampuan gerak dari mulai masa bayi (infancy) sampai dewasa (adulthood) serta melibatkan berbagai aspek perilaku yang ada pada manusia ini mempengaruhi perkembangan motorik dan perkembangan motorik itu sendiri mempengaruhi kemampuan dan perilaku manusia
Berdasarkan beberapa pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa perkembangan motorik adalah suatu perubahan kemampuan gerak dari bayi hingga dewasa yang memperlihatkan interaksi positif dari otak, saraf, dan otot.
Pada usia sekolah, perkembangan motorik anak lebih halus, lebih sempurna, dan terkoordinasi dengan baik, seiring dengan bertambahnya berat dan kekuatan badan anak. Anak-anak terlihat sudah mampu mengontrol dan mengoordinasi gerakan anggota tubuhnya seperti tangan dan kaki dengan baik.
Partisipasi diberbagai cabang olah raga, dapat memberikan konsekuensi positif dan negatif bagi anak-anak. Disatu sisi, partisipasi anak-anak dalam bidang dapat memberikan latihan dan kesempatan untuk belajar bersaing,  meningkatkan harga diri (self-esteem), dan memperluas pergaulan dan persahabatan dengan teman-teman sebaya. Namun disisi lain, olah raga juga menimbulkan dampak negatif bagi anak-anak. Mereka mengalami banyak tekanan untuk berprestasi dan menang, cedera fisik, harus bolos dari tugas akademis, berusaha mencapai harapan-harapan yang tidak realistis untuk menjadi atlit yang sukses, demikian merupakan contoh dari perkembangan motoric yang berpengaruh pada behaviornya.
Beberapa hal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan motorik anak di antaranya adalah sebagai berikut:
1)      Kesehatan yang kurang baik dapat menghambat anak menikmati yang ia lakukan.
2)      Lingkungan yang tidak mendukung, karena lingkungan yang demikian tidak memberikan kesempatan dan tidak merangsang anak memperoleh kesempatan untuk menggunakan kemampuannya semaksimal mungkin.
3)      Bimbingan yang kurang tepat, baik dari guru maupun orang tua, terutama bimbingan dalam belajar dan berperilaku secara social
4)      Keputusan yang kurang tepat dan tidak terencana mengakibatkan anak tidak akan mengerti apa yang seharusnya dilakukan dan diinginkan darinya oleh orang tua maupun guru.

5)      Tidak diberikan kebebasan pada anak untuk mengekspresikan dirinya.
6)      Harapan-harapan yang realistis, sesuai dengan kemampuan anak sehingga anak memperoleh kesempatan yang wajar untuk meraih kesuksesan, sehingga demikian dapat mendorong konsep diri yang baik.
Berdasakan beberapa pendapat di atas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi motorik, dapat disimpulkan bahwa ada dua hal yang dapat mempengarhuinya yaitu faktor yang berasal dari dalam diri individu dan faktor yang berasal dari luar diri individu.[3]
                                                                                  
C.      Dinamika Perkembangan Fisik dan Motorik Anak
Perkembangan fisik anak tidak lepas dari asupan makanan yang bergizi, sehingga tiap tahapan perkembangan fisik anak tidak terganggu dan berjalan sesuai dengan umur yang ada. Berkembanganya kemampuan fisik dan motorik dimasa anak usia dini berdampak pada pembentukan citra diri anak, penyesuaian emosional, dan bagaimana cara mereka nyaman dirumah serta dengan teman-temannya. Serta kemajuan anak yang tepat pada kemampuan motorik halus dan kasar mengembangkan sistem tindakan yang lebih kompleks.
Seiring dengan perkembangan fisik yang beranjak matang, perkembangan motorik anak sudah dapat terkoordinasi dengan baik. Setiap gerakannya sudah selaras dengan kebutuhan atau minatnya. Masa ini ditandai dengan kelebihan gerak atau aktivitas. Anak cenderung menunjukkan gerakan-gerakan motorik yang cukup gesit dan lincah. Oleh karena itu, usia ini merupakan masa yang ideal untuk belajar keterampilan yang berkaitan dengan motorik, seperti menulis, menggambar, melukis, berenang, main bola atau atletik.
 Perkembangan fisik yang normal merupakan salah satu faktor penentu kelancaran proses belajar, baik dalam bidang pengetahuan maupun keterampilan ataupun tingkah laku. Dengan kata lain, perkembangan motorik sangat menunjang keberhasilan belajar anak.
Pertumbuhan adalah suatu proses perubahan psikologis yang bersifat progresif dan kontinu serta berlangsung pada priode tertentu. Pertumbuhan itu meliputi perubahan progresif yang bersifat internal maupun eksternal. Perubahan internal antara lain, meliputiperubahan ukuran alat pencernaan makanan, bertambahnya besar dan berat jantung dan paru-paru serta bertambah sempurnannya sistem kelenjar endoktrin atau kelamin dan berbagai jaringan tubuh. Adapun perubahan eksternal meliputi bertambahnya tinggi badan, bertambahnya lingkaran tubuh perbandingan ukuran panjang dan lebar.
Adapun yang dimaksud dengan motorik ialah segala sesuatu yang ada hubungannya dengan gerakan-gerakan tubuh. Dalam perkembagan motorik,  unsur-unsur yang menentukan ialah otot,saraf, dan otak.
 Ketiga unsur itu melaksanakan masing-masing peranannya secara “interaktif positif”,  artinya unsur-unsur yang satu saling berkaitan saling berkaitan, saling menunjang, saling melengkapi dengan unsur yang lainnya untuk mencapai kondisi motoris yang lebih sempurna keadaannya.
 Selain  mengandalkan kekuatan otot,  rupanya kesempurnaan otak juga turut menetukan keadaan. Dari penjelasan di atas menggambarkan perkembangan fisik adalah suatu proses perubahan psikologis yang bersifat progresif dan kontinu dan berlangsung pada priode tertentu. Pertumbuhan itu meliputi perubahan progresif yang bersifat internal maupun eksternal. Sedangkan motorik ialah segala sesuatu yang ada hubungannya dengan gerakan-gerakan tubuh
Perkembangan motorik adalah suatu perubahan dalam perilaku gerak yang memperlihatkan interaksi dari kematangan makhluk dan lingkungannya. Perkembangan motorik merupakan perubahan kemampuan gerak dari bayi sampai dewasa yang melibatkan berbagai aspek perilaku dan kemampuan gerak. Aspek perilaku dan perkembangan motorik saling mempengaruhi satu sama lain.
Perkembangan motorik lebih memperhatikan pada gerak yang dihasilkan. Perkembangan motorik juga lebih menekankan pada proses gerak. Beberapa pakar berpendapat bahwa perkembangan motorik juga dapat didefinisikan sebagai perubahan kompetensi atau kemampuan gerak dari mulai masa bayi sampai masa dewasa serta melibatkan berbagai aspek periolaku manusia.[4]



[1] Oemar Hamalik,  Kurikulum dan Pembelajaran,  (Jakarta:  Bumi Aksara,  2017) hlm  43
[2] Zulkifli. Psikologi Perkembangan. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009) hlm 31
[3] Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2009) hlm 61-65.
[4] Suyadi. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. (Yogyakarta: Pedagogia, 2010) hlm 57
                        

MAKALAH TAFSIR MUNAKAHAT " IDDAH"


 MAKALAH TAFSIR MUNAKAHAT



BAB I
PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang Masalah
Di dalam pernikahan dituntut untuk selalu dapat menjaga dan mempertahankan keharmonisan dan keutuhan rumah tangga sehingga tercipta keluarga yang sakinah mawaddah wa rohmah. Namun, terkadang di dalam rumah tangga sering terjadi konflik keluarga. Hal inilah yang dapat menyebabkan suatu keluarga tersebut terjadi perceraian. Di dalam agama Islam perceraian merupakan perbuatan yang halal namun sangat dibenci oleh Allah SWT. Untuk itu agama Islam menetapkan suatu aturan hukum yang mengatur pernikahan, perceraian hingga kembali bersatu menjadi keluarga yang utuh. Akibat dari adanya perceraian inilah yang menyebabkan adanya kewajiban bagi seorang perempuan untuk “beriddah” atau dalam istilah lain disebut “masa tunggu”.

B.       Rumusan Masalah
1. Apa pengertian iddah?
2.  Apa  saja ayat tentang iddah dan tafsiran tentang iddah?

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Iddah
Iddah (Arab: عدة; "waktu menunggu") di dalam agama Islam adalah sebuah masa di mana seorang perempuan yang telah diceraikan oleh suaminya, baik diceraikan karena suaminya mati atau karena dicerai ketika suaminya hidup, untuk menunggu dan menahan diri dari menikahi laki-laki lain.[1]

B.     Ayat Yang Berkenaan Tentang Iddah dan tafsiran tentang iddah
1.      Al- Baqarah ayat 228
وَالْمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ ثَلَاثَةَ قُرُوءٍ ۚ وَلَا يَحِلُّ لَهُنَّ أَنْ يَكْتُمْنَ مَا خَلَقَ اللَّهُ فِي أَرْحَامِهِنَّ إِنْ كُنَّ يُؤْمِنَّ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۚ وَبُعُولَتُهُنَّ أَحَقُّ بِرَدِّهِنَّ فِي ذَٰلِكَ إِنْ أَرَادُوا إِصْلَاحًا ۚ وَلَهُنَّ مِثْلُ الَّذِي عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوفِ ۚ وَلِلرِّجَالِ عَلَيْهِنَّ دَرَجَةٌ ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ
Wanita-wanita yang ditalak handaklah menahan diri (menunggu) tiga kali quru'. Tidak boleh mereka menyembunyikan apa yang diciptakan Allah dalam rahimnya, jika mereka beriman kepada Allah dan hari akhirat. Dan suami-suaminya berhak merujukinya dalam masa menanti itu, jika mereka (para suami) menghendaki ishlah. Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma'ruf. Akan tetapi para suami, mempunyai satu tingkatan kelebihan daripada isterinya. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.(Q.S. Al- Baqarah : 228)

·         Tafsir Ayat
Ini merupakan perintah allah ta’ala bagi para wanita yang dicerai, yang sudah di dukhul dan yang masih haid. Artinya, hendaknya mereka menanti selama tiga quru’. Si wanita harus diam selama tiga quru’ setelah di cerai oleh suaminya. Bila masa penantian sudah habis, dia boleh menikah lagi jika mau.
           Adapun masalah penantian budak  perempuan di perselisihkan oleh para ulama. Ada yang berpendapat bahwa apabila dia di cerai, maka iddahnya  dua quru’ sebab dia memiliki setengah dari ketentyan yang berlaku bagi wanita merdeka.  Hal itu karena yang satu quru’ lagi tidak dapat dibagi dua, maka digenapkanlah menjadi satu. Hal ini berdasarkan hadist (337), “budak perempuan memiliki dua talaq dan iidahnya selama dua kali haid”. Namun, kedudukan keterangan itu sebagai hadist belum mantap. Addaru Quthni misalnya, mengatakan bahwa keterangan itu merupakan pendapat Qasim bin Muhammad. Kemudian, Al- Makhzumi Al- Madani mengatakan bahwa keterangan itu lemah keseluruhannya dan diriwayatkan secara tidak marfu’dari pendapat Ibbnu Umar. Para ulama mengatakan bahwa di kalangan ulam tidak dikenal ikhtilaf mengenai hal itu, dan ini lah yang menjadi pegangan ke empat imma mazhab.
           Sebagian ulama salaf mengatakan bahwa iddah budak perempuan adalah seperti wanita merdeka lantaran berdasarkan keumuman ayat,dan karena masalah ini bersifat alamiayah. Jadi, dalam hal ini antara wanita merdeka dengan budak perempuan itu sama saja. Pandangan ini di ceritakan oleh syekh Abu Umar bin Abbdul Bar dari Muhammad bin Sirin. Namun, sebagaian kaum zhahiri memandangnya lemah.
           Telah terjadi ikhtilaf diantara para ulama salaf dan khalaf serta para imam mengenai maksud istilah quru’.  Pendapat mereka terbagi dua :
           1. yang dimaksud dengan quru’ ialah masa suci. Dari aisyah dikatakan bahwa quru’ artinya suci. Diriwayatkan dari Ibnu Umar bahwa dia berkata, “apabila suami menceraikan istrinya dan si istri sudah masuk masa haid ketiga, maka istri bebas dari suaminya, demikian pula sebaliknya”. Maka Malik berkata, “pendapat Ibbu Umar sama dengan kami ”. pendapat seperti itu juga di kemukakan oleh Ibbnu Abbas, Zaid bin Tsabit, sekelompok tabi’in dan ahli fikih yang tujuh.juga merupakan pendapat mazhab Syafi’i, Malik, Daud, Abu Tsaur, dan riwayat dari Ahmad. Pendapat mereka itu berdalilkan firman Allah ta’ala, “maka hendaklah kamu ceraikan mereka pada waktu mereka dapat iddahnya”.yakni masa sucinya. Tatkala masa suci menjadi pertimbangan dalam pelaksanaan perceraian, maka hal itu menunjukkan kepada masa suci sebagai salah satu quru’ yang diperintahkan untuk di pakai menunggu oleh karena itu , mereka mengatakan bahwa masa iddah wanita yang di cerai itu habis dan terbebas dari suaminya  dengan berhentinya masa haid yang ketiga.
           2.pendapat kedua mengatakan  bahwa yang dimaksud dengan quru’ ialah masa haid. Jadi, iddah belum habis jika istri belum suci dari haid ketiga.ulama menambahkan dengan kata-kata “dan ia sudah mandi besar pula”. Pendapat bahwa quru’ berarti haid ini di riwayatkan dari pada sahabat utama, termasuk khalifah yang empat dan para pembesar tabi’in. Pendapat kedua ini menjadi pegangan mazhab Hanafi. Riwayat yang paling shahih di antata dua riwayat itu ialah yang dari Ahmad bin Hambal yang sekaligus menjadi mazhab Tsauri, Auza’i, Ibbnu Abi Laila dan sebagainya.
           Pendapat kedua ini dikuatkan dengan hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Nasa’i dari jalan Al-mundzir bin Al Mughirah, dari Urwah bin Zubair, dari Fatimah binti Abi Hubaisy bahwasanya rasulullah SAW berkata pada Fatimah, “tinggalkanlah shalatmu ketika kamu berada pada masa quru’”. Jika hadist ini shahih, maka jelaslah bahwa yang di maksud dengan quru’ ialah haid. Namun, Al-Mundzir mengatakan dalam hadist itu ada sanad bernama Abu Hatim yang majhul tidak terkenal. Demikianlah menurut Ibnu Hibban dalam Ats-Tsiqat.syeh abdul Umar  bin Abdul Bar berkat, “tidak ada perselisihan antara para ahli bahasa Arab dan ahli fikiq bahwa  quru’ dapat berarti haid dan dapat berarti suci”.sesungguhnya para ulama hanya berbeda pandangan dalam maksud ayat yang terbagi kepada dua pendapat itu. [2]

2.      Al- Baqarah 234

وَالَّذِينَ يُتَوَفَّوْنَ مِنْكُمْ وَيَذَرُونَ أَزْوَاجًا يَتَرَبَّصْنَ بِأَنْفُسِهِنَّ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا ۖ فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيمَا فَعَلْنَ فِي أَنْفُسِهِنَّ بِالْمَعْرُوفِ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Orang-orang yang meninggal dunia di antaramu dengan meninggalkan isteri-isteri (hendaklah para isteri itu) menangguhkan dirinya (ber'iddah) empat bulan sepuluh hari. Kemudian apabila telah habis 'iddahnya, maka tiada dosa bagimu (para wali) membiarkan mereka berbuat terhadap diri mereka menurut yang patut. Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.

·         Tafsif ayat
Ini merupakan perintah dari Allah bagi kaum wanita yang ditinggal mati oleh suaminya yaitu hendaklah mereka beriddah selama empat bulam sepuluh malam. Ketetapan  ini berlaku biaik bagi istri yang sudah di dukhul maupun belum melalui persenggamaan. Yang menjadi sandaran beralkunya ketetapan bagi yang belum di dukhul ialah keumuman ayat yang mulia dan hadist nabi SAW. yang diriwayatkan oleh imama Ahmad dan para penulis sunan, dan di shahihkan oleh tirmidzi (371), “sesungguhnya ibnu mas’ud ditanya tentang seseorang yang menikah lalu dia meninggal sebelum sempat mendukhulnya atau mencoba-cobanya. Orang-orang berulang kali mempertanyakan hal itu kepada ibnu mas’ud. Dia berkata, ‘saya akan sampaikan pendapat saya mengenaihal itu. Jika benar, maka dari Allah dan jika salah, maka dari ku atau setan  karena Allah dan Nabi terbebas dari kesalahan : wanita itu berhak menerima mahar secara penuh ’.dalam redaksi lain dikatakan, ‘baginyanmahar seperti yang diberikan kepada wanita yang sudah di dukhul jangan mengurangin atau melebihi, dan berlaku atasnya iddah serta berhak menerima harta pusaka’. Kemudian mu’kil  bin Yasar al- Asyja’i beranjak seraya berkata,’ saya mendengar Rasulluh SAW pun memutuskan Barwa’ binti Wasyiq dengan ketetapan demikian’. Mendengar itu, maka abdullah ibn Mas’ud pun gembira sekali.”

3.      Al- Baqarah 235

وَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيمَا عَرَّضْتُمْ بِهِ مِنْ خِطْبَةِ النِّسَاءِ أَوْ أَكْنَنْتُمْ فِي أَنْفُسِكُمْ ۚ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ سَتَذْكُرُونَهُنَّ وَلَٰكِنْ لَا تُوَاعِدُوهُنَّ سِرًّا إِلَّا أَنْ تَقُولُوا قَوْلًا مَعْرُوفًا ۚ وَلَا تَعْزِمُوا عُقْدَةَ النِّكَاحِ حَتَّىٰ يَبْلُغَ الْكِتَابُ أَجَلَهُ ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا فِي أَنْفُسِكُمْ فَاحْذَرُوهُ ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَفُورٌ حَلِيمٌ

Dan tidak ada dosa bagi kamu meminang wanita-wanita itu dengan sindiran atau kamu menyembunyikan (keinginan mengawini mereka) dalam hatimu. Allah mengetahui bahwa kamu akan menyebut-nyebut mereka, dalam pada itu janganlah kamu mengadakan janji kawin dengan mereka secara rahasia, kecuali sekedar mengucapkan (kepada mereka) perkataan yang ma'ruf. Dan janganlah kamu berazam (bertetap hati) untuk beraqad nikah, sebelum habis 'iddahnya. Dan ketahuilah bahwasanya Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu; maka takutlah kepada-Nya, dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun.


·         Tafsir ayat
Allah ta’ala berfirman,”dan tidak ada dosa atasmu untuk meminang wanita dengan sindiran,” tidak berterus terang dalam masa iddah karena di tinggal mati oleh suaminya. Dari Ibnu Abbas dikatakan bahwa yang di maksud sindiran misalnya seseorang mengatakan, “saya ingin menikah” atau “ saya mencintai seorang wanita dan tentangnya “. Kata-kata itu disampaikan dengan baik. Dia jangan memintak kepastian dari si wanita selama dia dalam masa iddah.
Begitu pula ketetapan bagi wanita yang di talaq biasa dapat dilamar dengan sindiran, sebagaimana Nabi SAW. bersabda kepada Fatimah binti Qais tatkala ia di cerai oleh suaminya yang bernama abu Hafash bin Umar dengan talaq tiga. Beliau menyuruhnya menjalani iddah di rumah Ibnu Ummi Kulsum. Beliau berkata kepada fatimah (378),” ‘apabila engkau telah halal beritau saya ‘. Setelah dia halal, maka usamah bin Zaid, budak beliau melamarnya, dan beliau menikahkan fatimah kepada usamah”.[3]

4.      At-talaq 4
وَاللَّائِي يَئِسْنَ مِنَ الْمَحِيضِ مِنْ نِسَائِكُمْ إِنِ ارْتَبْتُمْ فَعِدَّتُهُنَّ ثَلَاثَةُ أَشْهُرٍ وَاللَّائِي لَمْ يَحِضْنَ ۚ وَأُولَاتُ الْأَحْمَالِ أَجَلُهُنَّ أَنْ يَضَعْنَ حَمْلَهُنَّ ۚ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا
Dan perempuan-perempuan yang tidak haid lagi (monopause) di antara perempuan-perempuanmu jika kamu ragu-ragu (tentang masa iddahnya), maka masa iddah mereka adalah tiga bulan; dan begitu (pula) perempuan-perempuan yang tidak haid. Dan perempuan-perempuan yang hamil, waktu iddah mereka itu ialah sampai mereka melahirkan kandungannya. Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.
·         Tafsir ayat
Diriwayatkan bahwasanya ada satu kaum, di antara mereka itu terdapat Ubay bin Ka’ab dan Khalid bin Nu’man. Mereka itu setelah mendengar firman Allah SWT. “wanita-wanita yang ditalaq hendaknya menahan diri (menunggu) tiga quru’ (tiga kali suci)”. Mereka bertanya, “wahai Rasullullah maka berapakah iddah wanita yang tidak ada haidnya, baik yang belum pernah haid atau yang tidak haid lagi”, maka turunlah ayat ini yang menjelaskan bahwa jika kamu ragu tentang iddah pereempuan-perempuan yang ya-is yakni yang tidak haid lagi, karena telah mencapai umur lebih kurang lima puluh lita tahun keatas maka iddahnya 3 bulan. Begitu pula wanita muda yang belum pernah haid. Adapun bagi perempuan-perempuan yang hamil maka iddahnya sampai melahirkan kandungannya. Begitu  juga perempuan-perempuan hamil yang suminya meninggal iddahnya sampai melahirkan kandungannya, sebagaimana yang diriwayatkan imam Malik, iman Syafi’i, Abdul Razak, Ibbu Abi Syaibah, dan Ibnul Munzir dari ibnu Umar. Ketika ia ditanya tentang perempuan yang hamil dan meninggal suaminya Ibnu Umar menjawab,”apabila perempuan itu melahirkan kandungannya, maka halallah ia”. Orang yang bertakwa kepada Allah, melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, maka ia akan dimudahkan urusannya, dilepaskan dadi kesulitan yang dialaminya.[4]

5.      Al-ahzab 49
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نَكَحْتُمُ الْمُؤْمِنَاتِ ثُمَّ طَلَّقْتُمُوهُنَّ مِنْ قَبْلِ أَنْ تَمَسُّوهُنَّ فَمَا لَكُمْ عَلَيْهِنَّ مِنْ عِدَّةٍ تَعْتَدُّونَهَا ۖ فَمَتِّعُوهُنَّ وَسَرِّحُوهُنَّ سَرَاحًا جَمِيلًا
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu menikahi perempuan-perempuan yang beriman, kemudian kamu ceraikan mereka sebelum kamu mencampurinya maka sekali-sekali tidak wajib atas mereka 'iddah bagimu yang kamu minta menyempurnakannya. Maka berilah mereka mut'ah dan lepaskanlah mereka itu dengan cara yang sebaik-baiknya.
·         Tafsir ayat
(Hai orang-orang yang beriman! Apabila kalian menikahi perempuan-perempuan yang beriman, kemudian kalian ceraikan mereka sebelum kalian mencampurinya) menurut suatu qiraat lafal Tamassuuhunna dibaca Tumaassuuhunna, artinya sebelum kalian menyetubuhi mereka (maka sekali-kali tidak wajib atas mereka idah bagi kalian yang kalian minta menyempurnakannya) yaitu yang kalian hitung dengan quru' atau bilangan yang lainnya. (Maka berilah mereka mutah) artinya berilah mereka uang mutah sebagai pesangon dengan jumlah yang secukupnya. Demikian itu apabila pihak lelaki belum mengucapkan jumlah maharnya kepada mereka, apabila ternyata ia telah mengucapkan jumlahnya, maka uang mutah itu adalah separuh dari mahar yang telah diucapkannya. Demikianlah menurut pendapat Ibnu Abbas kemudian pendapatnya itu dijadikan pegangan oleh Imam Syafii (dan lepaskanlah mereka itu dengan cara yang sebaik-baiknya) yaitu dengan tanpa menimbulkan kemudaratan pada dirinya.[5]

BAB III
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Iddah (Arab: عدة; "waktu menunggu") di dalam agama Islam adalah sebuah masa di mana seorang perempuan yang telah diceraikan oleh suaminya, baik diceraikan karena suaminya mati atau karena dicerai ketika suaminya hidup, untuk menunggu dan menahan diri dari menikahi laki-laki lain.

DAFTAR PUSTAKA

Ar-Rifa’i, Muhammad Nasib.1999. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. jilid ke 1.  Jakarta: Gema Insani Press.
Rifai, MOH. 1993. Al-qur’an dan Tafsirnya. Jilid ke 10. Semarang: CV. Wicaksana.




[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Iddah diakses Pada Tanggal 11 Mei 2019, Pukul 13:41
[2] Muhammad Nasib Ar-Rifa’i,Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Jilid I,(Jakarta :Gema Insani Press 1999 h..370 - 372
[3] Ibid 392-397
[4] MOH. Rifa’i,Al-Qur’an Dan Tafsirnya, Jilid 10 (Semarang:CV. Wicaksana 1993 )h.205-206
[5] https://tafsirq.com/33-al-ahzab/ayat-49 diakses pada tanggal 11 Mei 2019,pukul 14:27