1

loading...

Selasa, 02 Juli 2019

MAKALAH ULUMUL HADIST"PENERIMA HADIST"


MAKALAH ULUMUL HADIST 

"PENERIMA HADIST"

BAB I
PENDAHULUAN
   A.    Latar belakang
            Penghimpunan dan periwayatan hadits tidak bersifat konvensional, tetapi dihimpun dan diriwayatkan melalui tulisan dan riwayat dengan beragam bentuknya berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah yang paling akurat. Suatu hadits tidak akan diterima, kecuali bila pembawanya memenuhi syarat-syarat yang amat rumit yang telah ditetapkan oleh ulama, dan yang mereka jelaskan secara lengkap di dalam buku-buku Ushulul Hadits. Ulama tidak meninggalkan sesuatu pun yang berkaitan dengan hadits Rasulullah SAW. kecuali mereka jelaskan. Sampai-sampai ada di antara mereka yang mengatakan: Ilmu-ilmu hadits itu telah matang sampai terbakar, karena banyaknya pengabdian dan perhatian serius ulama.
Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam studi periwayatan hadist, persoalan bentuk periwayatan juga menjadi isu yang krusial. Hal ini karena perdebatan masalah tersebut juga berimplikasi terhadap keautentikan suatu hadist. Dengan demikian apakah periwayatan suatu hadist harus dengan lafadz (teks) yang persis disampaikan oleh Nabi SAW. ataukah cukup dengan maknanya saja, menjadi isu penting dikalangan ulama hadist. Dalam makalah ini Insya Allah, kami juga akan mengupas seputaran periwayatan suatu hadits.
   B.     Rumusam masalah
1.      Pengertian penerimaan hadis?
2.      Pengertian periwayatan hadis?
3.      Bagaimana cara penerimaan hadis?
4.      Pengertian periwayatkan hadis?
   C.    Tujuan makalah
1.      Untuk mengetahui pengertian  penerimaan hadis?
2.      Untuk mengetahui pengertian periwayatan hadis?
3.      Untuk mengetahui bagaimana cara penerimaan hadis?
4.      Untuk mengetahui pengertian periwayatkan hadis?
BAB II
PEMBAHASAN
  A.    PENERIMAAN HADITS
    1.      Pengertian penerimaan hadis
            Dalam bahasa Arab, penerimaan disebut tahammul. Kata tersebut berasal dari kata hamala-yahmilu-hamlan yang artinya membawa, memikul, mengangkat, atau mengandung. Sementara itu, hubungannya dengan hadis adalah membawa, memikul, atau mengangkat periwayatan hadis. Hal itu karena sesungguhnya periwayatan hadis adalah amanat dari Allah SWT yang harus diemban. Sementara itu, tahammul secara istilah diartikan yaitu mengambil dan menerima hadis dari seseorang syekh dengan metode tertentu dari beberapa metode tahammul.
            Mengenai tahammul hadis, ada unsur kesengajaan dalam menerima hadis dari seorang syekh yang menyampaikan periwayatan dengan menggunakan metode tertentu. Misalkan, sang guru membaca dan sang murid mendengarkan, atau sebaliknya, Syekh Mahmud Al-Thahan memperjelas makna tahmmul.
            Dengan demikian,metode penerimaan hadis menjadi sangat urgen karena berpengaruh dalam diterima atau tolaknya suatu hadis yang diterima periwayatan dengan menggunakan metode tertentu.
    2.      Syarat-syarat penerimaan hadis
            Syarat tahammul adalah keahlian dalam periwayatan. Meskipun demikian, ulama pada umumnya tidak memberikan syarat untuk tahammul. Hal ini diibaratkan dengan orang yang mengikuti majelis taklim. Semua orang boleh mengikutinya, sekalipun nonmuslim dan belum balig.
Sementara itu, ulama berbeda pendapat tentang anak kecil yang menerima hadis, berikut ini penjelasannya:
a.       Ulama Syam mengatakan bahwa tahammul sebaiknya dimulai setelah usai tiga puluh tahun.
b.      Ulama Kufah mengatakan bahwa tahammul dilakukan setelah usia dua puluh tahun.
c.       Pada masa kini, hadis ndan sanadnya telah dibukukan. Dengan demikian, bersegerakan mendengar hadis itu lebih baik karena pendengaran dan penulisan anak sudah dinilai sah.
    3.      Penerimaan anak anak, orang kafir dan orang fasik
            Jumhur Ulama ahli hadits berbeda pendapat mengenai penerimaan hadist terhadap anak yang belum sampai umur (belum mukallaf), orang yang menerima hadist dalam keadaan kafir serta dalam keadaan fasik. Jumhur muhadditsin berpendapat bahwa seorang yang menerima hadist waktu masih kanak-kanak, atau masih dalam keadaan kafir atau dalam keadaan fasik dapat diterima periwayatannya setelah masing-masing dewasa, memeluk Islam dan bertobat.[1]
Adapun alasannya anak yang belum dewasa dapat dibenarkan menerima riwayat, ialah ijma'. Yakni seluruh umat Islam tidak ada yang membantah dan tidak ada yang membeda-bedakan riwayat para sahabat yang diterima sebelum dan sesudah dewasa. Para sahabat yang menerima hadist sebelum dewasa diantaranya Al-Hasan, Al-Husein, Ibnu 'Abbas, Nu'man bin Basyir dan lainnya. Tetapi mereka memperselisihkan masalah batas minimal umur anak yang belum dewasa, yang dapat dibenarkan dalam penerimaan riwayat. Beberapa pendapat tersebut diantaranya: 
a)      Pendapat ulama syam memandang usia yang ideal bagi seorang untuk meriwayatkan hadist pada usia 30 tahun, dan ulama kufah berpendapat minimal berusia 20 tahun. Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan ketamyizan seseorang diantaranya situasi dan kondisi yang berbeda. Oleh karena itu ketamyizan seseorang bukan diukur dari usia tetapi didasarkan pada tingkat kemampuan menangkap dan memahami pembicaraan dan mampu menjawab pertanyaan dengan benar serta adanya kemampuan menghafal dan mengingat-ingat hafalannya. Mengenai penerimaan hadist oleh orang kafir jumhur ulama ahli hadist menganggap sah. Dalil yang digunakan oleh jumhur adalah hadist Jubair bin Muth'im :
أنَّهُ سَمِعَ النَّبِي صلي الله عليه وسلم يَقْرَأُ فِي المَغْرِبِ بِالطُّوْر
"Bahwa ia mendengar Nabi Muhammad membaca surat At-Thur pada   shalat maghrib"
Jubair mendengar sabda Rasulullah SAW. tersebut pada saat tiba di Madinah untuk penyelesaian urusan tawanan perang Badar, dalam keadaan kafir. Yang akhirnya ia memeluk Islam. Imam Ibnu Hajar menerima riwayat orang fasik dengan dalil qiyas "babul-aula",Artinya kalau penerimaan riwayat orang kafir yang disampaikan setelah memeluk agama Islam dapat diterima, apalagi penerimaan orang fasik yang disampaikan setelah ia bertobat dan diakui sebagai orang yang adil, tentu lebih dapat diterima. Kecuali riwayat orang gila yang diriwayatkan setelah sehat tetap tidak dapat diterima, lantaran diwaktu ia gila, hilanglah kesadarannya, hingga tidak lagi dikatakan sebagai orang yang dhabith.
b)      Al-Qadhi Iyad mengatakan bahwa batas minimal adalah 5 tahun, sebab pada usia ini anak sudah mampu menghafal apa yang dia ingat serta mengingat – ingat yang dihafal. Pendapat ini didasarkan pada hadist riwayat Bukhari dari sahabat Mahmud bin Al-Rubai':

عَقَلْتُ مِنَ النَّبِي صلي الله عليه وسلم مَجَّةً مَجَّهَا فِي وجْهِي مِنْ دَلْوٍ و أنَا ابْنُ خَمْسِ سِنِيْنَ"

            Artinya :
”Saya ingat Nabi Saw. Meludah air yang diambilnya dari timba kemukaku,    sedang pada saat itu aku berumur lima tahun".
c)      Al-Hafidz Musa ibn Harun al-Hammal, yaitu bahwa kegiatan mendengar yang dilakukan oleh anak kecil dinilai absah bila ia telah mampu membedakan antara sapi dengan himar. Saya merasa yakin bahwa yang dimaksudkan adalah tamyiz. Beliau menjelaskan pengertian tamyiz dengan keadaan sekitar.
d)     pendapat Abu Abdullah Al-Zuba'i yang dikutip oleh Mundzier Suparta mengatakan bahwa sebaiknya anak diperbolehkan menulis hadits pada usia 10 tahun. Sebab pada usia ini akal mereka sudah dianggap sempurna dalam arti bahwa mereka sudah mempunyai kemampuan untuk menghafal dan mengingat hafalannya serta sudah beranjak dewasa.
    4.      Cara Penerimaan Hadits
            Pada umumnya, ulama membagi metode (tata cara) penerimaan hadits kepada delapan macam , yakni sebagai berikut :
1.      Al-Sama’ min Lafdzi Syaikh
Yakni suatu cara penerimaan hadits dengan cara mendengarkan sendiri dari perkataan guru nya dengan cara didektekan baik dari hapalannya maupun dari tulisnnya. sehingga yang menghadirinya mendengar apa yang disampaikannya tersebut.
Menurut jumhur ahli hadist bahwa cara ini adalah cara yang paling tinggi tingkatannya. sebagian dari mereka ada yang mengatakan bahwa as-sima’ yang dibarengi dengan al-kitabah mempunyai nilai lebih tinggi dan lebih kuat. Karena terjamin kebenarannya dan terhindar dari kesalahan dibanding dengan cara lainnya. disamping itu, para sahabat juga menerima hadist Nabi dengan cara seperti ini. Termasuk dalam kategori sama juga, seseorang yang mendengarkan hadist dari syeikh dari balik sattar (semacam kain pembatas). Jumhur ulama membolehkannya karna para sahabat juga pernah melakukan hal demikian ketika meriwayatkan hadist Rasulallah melalui para istri-istrinya.
2.      Qira’ah ‘ala Al Syaikh (‘Aradh Al Qira’ah)
Yakni suatu cara seseorang membacakan hadist dihapan gurunya, baik dia sendiri yang membacakan ataupun orang lain, sedang sang guru mendengar atau menyimaknya baik sang guru hafal maupun tidak tetapi ia memegang kitabnya atau mengetahui tulisannya atau ia tergolong tsiqqah. DR. ‘Ajjaj Al-khatib dengan mengutip pendapat Imam Ahmad mensyaratkan orang yang membaca itu mengetahui dan memahami apa yang dibaca. Sementara syarat bagi Syeikh menurut Imam Haramain henda nya yang ahli dan teliti ketika mendengar atau menyimak dari apa yang dibacakan oleh Qori’, sehingga tahrif maupun tashif dapat terhindarkan.Jika tidak demikian maka proses tahammul tidak sah.
Para ulama sepakat bahwa cara seperti ini dianggap sah. Namun, mereka berbeda pendapat mengenai derajat al-qira’ah. Diantara mereka Abu Hanifah, Ibnu Juraij, Sufyan Al-Tsauri menganggap bahwa al qira’ah lebih baik jika dibanding al-sama’, sebab dalam al-qira’ah jika bacaan guru salah murid tidak leluasa dalam menolak kesalahan. Tetapi dalam al-qira’ah bila bacaan murid salah guru segera membenarkannya. Imam Malik, Imam Bukhari, sebagian besar ulama Hijaz dan Kufah menganggap bahwa antara al-qira’an dan al-sama’ mempunyai derajat yang sama. Sementara Ibnu Al-Shalah dan Imam Nawawi memandang bahwa al-sama’ lebih tinggi derajatnya dibanding al-qira’ah.
3.      Al-Ijazah
Yakni seorang guru memberikan izin kepada muridnya untuk  meriwayatkan hadist atau kitab kepada seseorang atau orang-orang tertentu. Sekalipun murid tidak membacakan kepada gurunya atau tidak mendengar bacaan gurunya, seperti:
أَجَزْتُ لَكَ أَنْ تَرْوِيَ عَنِّى                                             
“Saya mengizinkan kepadamu untuk meriwayatkan dariku.”
Para ulama berbeda pendapat mengenai penggunaan ijazah ini sebagai cara untuk meriwayatkan hadist. Ibnu Hazm mengatakan bahwa cara meriwayatkan hadist dengan menggunakan ijazah ini dianggap bid’ah dan tidak diperbolehkan bahkan ada sebagian ulama yang menambahkan bahwa ijazah ini benar benar diingkari. Sedangkan ulama yang memperbolehkan cara ijazah ini menetapkan syarat hendaknya sang guru benar-benar mengerti tentang apa yang diijazahkan dan naskah muridnya menyamai dengan yang lain, sehingga seolah olah naskah tersebut adalah naskah aslinya serta hendaknya guru yang memberi ijazah itu benar benar ahli ilmu.
4.      Al-Munawalah
Yakni seseorang guru memberikan hadist atau beberapa hadist kepada muridnya untuk diriwayatkan. Ada juga yang mengatakan, bahwa al-munawalah ialah seseorang guru memberi kepada seseorang murid kitab asli yang didengar dari guru nya, atau sesuatu naskah yang sudah dicocokkan. Sambil berkata “inilah hadist-hadist yang sudah saya dengar dari seseorang, maka Riwayatkanlah hadist ini dariku dan saya ijazahkan kepadamu untuk diriwayatkan”. 
Al-munawalah mempunyai dua bentuk, yaitu:
a.       Al munawah dibarengi dengan ijazah. Misalnya setelah sang guru menyerahkan kitabnya yang telah ia riwayatkan atau naskahnya yang telah dicocokkan atau beberapa hadist yang telah ditulis, lalu ia katakan kepada muridnya “ini riwayat saya, maka riwayatkanlah dariku”. Termasuk al-munawalah dalam bentuk ini ialah sang murid membacakan naskah yang diperoleh dari gurunya kemudian sang guru mengakui dan mengijazahkan kepada muridnya untuk diriwayatkan darinya. cara ini menurut Al-Qadhi ‘Iyad termasuk periwayatan yang dianggap sah oleh para ulama ahli hadist.Hadist-hadist yang berdasar atas munawalah bersama ijazah biasanya menggunakan redaksi“seseorang telah memberitahukan kepada ku/kami”.
b.      Al munawalah tanpa dibarengi dengan ijazah, seperti perkataan guru kepada muridnya ”ini hadist saya” “inilah adalah hasil pendengaranku atau dari periwayatanku” dan tidak mengatakan “riwayatkanlah dariku atau saya ijazahkan kepadamu”.
5.      Al Mukatabah
Yakni seorang guru menuliskan sendiri atau menyuruh orang lain untuk menuliskan sebagian hadistnya guna diberikan kepada murid yang ada dihadapannya atau yang tidak hadir dengan jalan dikirimi surat melalui orang yang dipercaya untuk menyampaikannya.Al-mukatabah terbagi menjadi dua macam, yaitu:
a.       Al-mukatabah yang dibarengi dengan ijazah, yaitu sewaktu sang guru menuliskan beberapa hadist untuk diberikan kepada muridnya disertai dengan kata kata “ini adalah hasil periwayatanku, maka riwayatkanlah” atau “saya ijazahkan kepadamu untuk meriwayatkan kepada orang lain”. Kedudukan al-mukatabah dalam bentuk ini sama halnya dengan al-munawalah yang dibarengi dengan ijazah, yakni dapat diterima. Contoh:
أَجَزْتُ لَكَ مَا كَتَبْتُهُ إِلَيْكَ, أَجَزْتُ مَا كَتبْتُ بِهِ إِلَيْكَ
“Ku izinkan apa apa yang telah aku tulis kepadamu.”
b.      Al-mukatabah yang tidak dibarengi dengan ijazah, yakni guru memberikan hadist untuk diberikan kepada muridnya dengan tanpa disertai perintah untuk meriwayatkan atau mengijazahkan. Al-mukatabah dalam bentuk ini diperselisihkan oleh para ulama Syafi’iyah dan ulama Ushul menganggap sah periwayatan dengan cara ini. Sedangkan Al-Mawardi menganggap tidak sah. Contoh:
قَالَ حَدَّثَنَا فُلَانٌ   
  “telah memberitakan seseorang kepadaku”
6.       Al-I’lam
Yakni pemberitahuan seseorang kepada murid, bahwa kitab atau hadist yang diriwayatkannya dia terima dari seseorang (guru), dengan tanpa memberi izin kepada muridnya untuk meriwayatkannya. sebagian ulama ahli Ushul dan pendapat ini dipilih oleh Ibnu Al-Shalah menetapkan tidak sah meriwayatkan hadist dengan cara ini. Karena dimungkinkan bahwa sang guru sudah mengetahui ada sedikit atau banyak cacatnya.
7.       Al Washiyat
Yakni seorang guru ketika akan meninggal atau berpergian meninggalkan pesan kepada orang lain untuk meriwayatkan hadist atau kitabnya, setelah sang guru meninggal atau bepergian. Periwayatan hadist dengan cara ini oleh jumhur dianggap lemah. Sementara Ibnu Sirin membolehkan mengamalkan hadist yang diriwayatkannya atas jalan wasiat ini. Orang yang diberi wasiat ini tidak boleh meriwayatkan hadist dari sipemberi wasiat dengan redaksi 
حَدَّثَنِى فُلَانٌ بِكَذَا  (seseorang telah memberitahukan kepadaku begini), karena si penerima wasiat tidak bertemu dengannya. Tetapi lafadz yang dipakai untuk menyampaikan hadist berdasarkan wasiat seperti:
أَوْصَى إِلَيَّ فُلَانٌ بِكِتَابٍ قَالَ فِيْهِ حَدَّثَنَا .....
“seseorang telah berwasiat kepadaku dengan sebuah kitab yang ia berkata dalam kitab itu: “telah bercita kepadamu……”
8.      Al Wijadah
Yakni, seseorang memperoleh hadist orang lain dengan mempelajari kitab-kitab hadist dan tidak melalui cara al-sama’, al-ijazah, ataupun al-munawalah. Para ulama berselisih pendapat mengenai cara ini. Kebanyakan ahli hadist dan ahli fiqh dari mazhab Malikiyah tidak memperbolehkan periwayatan hadist dengan cara ini. Imam Syafi’i dan segolongan pengikutnya memperbolehkan beramal dengan hadist yang periwayatannya melalui cara ini. Ibnu al-Shalah mengatakan, bahwa sebagian ulama muhaqqiqin mewajibkan mengamalkannya bila diyakini kebenarannya. Lafadz lafadz yang digunakan, ialah seperti:
قَرَأْتُ بِخَطِّ فُلَانٍ
 “saya telah membaca khath seseorang.”
    B.     PERIWAYATAN HADITS
    1.      Pengertian Periwayatan
            Periwayatan (riwayat) berasal dari bahasa Arab, yaitu riwayah yang berupa masdar dari kata rawa-yarwi-riwayatan dan bermakna al-naql wa al-haml (pemindahan dan pembawaan), al-nazhar wa al-tafkir (merenung dan berpikir), atau al-saqyu (minum dan menyiram). Di antara makna etimologis yang erat kaitannya dengan hadis adalah makna pemindahan dan pembawaan. Dengan demikian, periwayatan berarti proses memindahkan atau membawa berita dari sumbernya kepada orang lain. Disamping itu, periwayatan juga berarti kegiatan para periwayat dalam mentransfer hadis dari generasi ke generasi sampai kepada proses pembukuannya.[2]
Periwayatan secara istilah berarti kegiatan penerimaan, pemindahan, dan penyandaran hadis kepada orang yang dinisbatkan kepadanya dengan menggunakan bentuk kalimat penyampaian hadis.
Definisi diatas memberikan kriteria bahwa periwayatan harus memenuhi lima syarat, yaitu :
a.       Adanya kegiatan menerima hadis dari seorang periwayat.
b.      Adanya kegiatan menyampaikan hadis yang ia terima kepada orang lain.
c.       Adanya penyandaran susunan rangkaian periwayatan.
d.      Isi pemberitaan bersifat umum untuk semua manusia.
e.       Tidak ada kaitannya dengan pengandilan perkara.
Jika baru memenuhi satu kriteria saja, belum dinamakan periwayatan hadis. Misalkan, seseorang hanya menerima suatu riwayat, tetapi ia tidak menyampaikannya kepada orang lain atau seseorang menyampaikan suatu riwayat, tetapi tidak menyebutkan sandaran rangkaian periwayatan.
    2.      Syarat periwayatan hadis
            Sebagaimana telah disebutkan bahwa al-ada’ adalah menyampaikan atau meriwayatkan hadits kepada orang lain. Oleh karenanya ia mempunyai peranan yang sangat penting dan sudah barang tentu menurut pertanggung jawaban yang sangat berat, sebab sah atau tidaknya suatu hadits juga tergantung padanya. Mengingat hal-hal seperti ini, jumhur ahli hadits, ahli ushul, dan ahli fiqih menetapkan beberapa syarat bagi periwayatan hadits seperti yang disebutkan berikut ini:
a)      Islam
Pada waktu meriwayatkan hadits, maka seorang perawi harus muslim, dan menurut ijma’ periwayatan kafir tidak sah. Seandainya perawinya seorang yang fasik saja, kita disuruh bertawaquf,maka lebih-lebih perawi yang kafir. Kaitannya dengan masalah ini kita bias bandingkan dengan firman Alloh SWT yang artinya:
“hai orang-orang yang beriman, apabila dating kepadamu orang-orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui suatu keadaan sehingga kamu akan menyesal atas perbuatanmu itu” (QS Al-Hujurat: 6)
b)      Baligh
Yang dimaksud dengan baligh ialah perawinya cukup usia ketika ia meriwayatkan hadits, walaupun penerimaannya sebelum baligh hal ii sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yang artinya:
“hilang kewajiban menjalankan syari’at islam dari tiga golongan yaitu orang gila sampai dia sembuh, orang yang tidur sampai dia bangun dan anak-anak sampai ia mimpi” ( HR. Abu Dawud dan Nasa’I )
Dan hadits ini diperkuat juga dengan hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud dan Al Hakim yang artinya “ diangkat kalam dari tiga orang : dari orang gila yang digagahi akalnya sehingga dia sembuh, dari orang tidur sehingga dia bangun, dari anak kecil hingga ia dewasa”
Para ulama tidak menerima riwayat anak kecil adalah karena anak kecil belum menyadari akibat berdusta dan syara’ tidak membenarkan anak kecil menjadi wali ehadap dirinya dalam urusan keduniaan maka dalam urusan keakheratan tentulah lebih utama lagi. Sampai umur adalah dasar untuk menetapkan seseorang itu mempunyai paham dengan pengertian maka dari itu baligh merupakan salah satu dari syarat-syarat periwayatan hadits[3]
c)       ‘adalah
Yang dimaksud dengan adil (‘adalah) disini adalah suatu sifat yang melekat pada jiwa seseorang yang menyebabkan orang yang mempunyai sifat tersebut, tetap taqwa, menjaga kepribadian dan percaya pada diri sendiri denag kebenarannya, menjauhkan diri dari dosa besar dan sebagian dari dosa kecil, dan menjauhkan diri dari hal-hal yang mubah yang merusak muru’ahnya seperti makan sambil jalan, berkamih dijalan-jalan besar, menggauli orang-orang rendah pekerti atau terlal suka bergurau dan selalu
d). Dhabith
            Dhabith ialah teringat kembali perawi saat penerimaan dan pemahaman suatu hadits yang ia dengar dan hafal sejak waktu ia menerima hingga menyampaikannya. Jalannya mengetahui ke Dhabittan perawi dengan jalan I’tibar terhadap berita-beritanya dengan berita-berita yang tsiqat dan memberikan keyakinan.
Ada yang mengatakan bahwa disamping syarat-syarat sebagaimana disebutkan diatas, antara perawi satu dengan perawi yang lain harus bersambung, hadits yang disampaikan itu tidak syadz tidak ganjil dan tidak bertentangan dengan hadits-hadits yang lebih kuat dan ayat-ayat Al-Qur’an.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
    Tahammul adalah proses menerima periwayatan sebuah hadits dari seorang guru dengan metode-metode tertentu. Sedangkan Al-‘Ada adalah adalah proses menyampaikan dan meriwayatkan hadits.
Mayoritas ulama cendrung membolehkan kegiatan mendengar yang dilakukan oleh anak kecil, yakni anak yang mencapai usia taklif. Sedang sebagian mereka tidak memperbolehkannya. Ulama yang membolehkan juga masih berbeda pendapat mengenai batas usia anak boleh diterima periwayatannya, pendapat pertama mengatakan lima tahun sedangkan pendapat yang kedua mengatakan tamyiz.
Syarat kelayakan al-Ada adalah: Islam, Baligh, Sifat Adil, Dhabt. Sedangkan metode dalam tahammul al-ada’ adalah melalui beberapa jalan yaitu as-sima’, al-Qira’ah ‘ala Syaikh, al-Ijazah, al-Munawalah, al-Mukatabah, I’lam asy-Syaikh, al-Washiyyah, al-Wijadah.
B.     Saran
    Demikianlah makalah yang kami buat, Kami menyadari makalah jauh dari sempurna maka dari itu kritik yang membangun dari pembaca sangat kami harapkan untuk perbaikan makalah ini. Harapan pemakalah, semoga makalah ini dapat memberi pengetahuan baru dan bermanfaat bagi kita semua.

DAFTAR PUSTAKA

Dr. H. Abdul Majid Khon, M.Ag. 2014 “ takhrij dan metode memahami hadis” jakarta, Imprint Bumi Aksara
Al- Khatib, M. ‘Ajaj.1998. Ushul Al-Hadits (Pokok-Pokok Ilmu Hadits). Jakarta: Gaya Media Pratama.
Karim, Abdullah.2005.Membahas Ilmu-Ilmu Hadits. Kalimantan: CV Haga Jaya Offset.



[1]Al- Khatib, M. ‘Ajaj.1998. Ushul Al-Hadits (Pokok-Pokok Ilmu Hadits). Jakarta: Gaya Media Pratama.
 [2]Karim, Abdullah.2005.Membahas Ilmu-Ilmu Hadits. Kalimantan: CV Haga Jaya Offset.
[3]Dr. H. Abdul Majid Khon, M.Ag. 2014 “ takhrij dan metode memahami hadis” jakarta, Imprint Bumi Aksara

MAKALAH EVALUASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM


MAKALAH 

EVALUASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM 


BAB I
PENDAHULUAN

     A.    LatarBelakang
           
Evaluasi dapat mendorong siswa untuk lebih giat belajar secara terus menerus dan juga mendorong guru untuk lebih meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta mendorong sekolah untuk lebih meningkatkan fasilitas dan kualitas belajar siswa. Sehubungan dengan hal tersebut, optimalisasi sistem evaluasi memiliki dua makna, pertama adalah sistem evaluasi yang memberikan informasi yang optimal. Kedua adalah manfaat yang dicapai dari evaluasi. Manfaat yang utama dari evaluasi adalah meningkatkan kulitas pembelajaran dan selanjutnya akan terjadi peningkatan kualitas pendidikan.
Hal tersebut menunjukkan bahwa keberhasilan program pembelajaran selalu dilihat dari aspek hasil belajar yang dicapai. Di sisi lain evaluasi pada program pembelajaran membutuhkan data tentang pelaksanaan pembelajaran dan tingkat ketercapaian tujuannya. Kondisi yang demikian tidak hanya terjadi pada jenjang pendidikan tinggi, tetapi juga terjadi di jenjang pendidikan dasar dan menengah. Keberhasilan program pembelajaran selalu dilihat dari aspek hasil belajar, sementara implementasi program pembelajaran di kelas atau kualitas proses pembelajaran itu berlangsung jarang tersentuh kegiatan penilaian. Dengan demikian evaluasi sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan kehidupan manusia sehari-hari, karena disadari atau tidak disadari, sebenarnya evaluasi sudah sering dilakukan, baik untuk diri sendiri maupun kegiatan sosial lainnya. Hal ini dapat dilihat mulai dari berpakaian, setelah berpakaian ia berdiri dihadapan cermin apakah penampilannya sudah wajar atau belum, sampai pada hal-hal yang lebih besar dalam kehidupan manusia. Contohnya ketika seorang pejabat negara berakhir masa jabatannya, maka orang lain yang ada di sekitarnya akan melakukan penilaian atau evaluasi terhadap kinerjanya selama masa kepemimpinannya. Apakah kepemimpinannya tersebut berhasil atau tidak. Begitu pula dalam dunia pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan evaluasi itu sendiri. Dikatakan demikian, karena evaluasi merupakan salah satu komponen dasar dari sistem pendidikan yang harus dilakukan secara sistematis dan terencana sebagai alat untuk mengukur keberhasilan atau target yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.

   B.     RumusanMasalah
1.      Apa pengertian evaluasi pembelajaran?
2.      Apasaja tahapan dalam evaluasi pembelajaran ?
3.      Sebutkan manfaat dan tujuan evaluasi pembelajaran?
4.      Sebutkan jenis alat evaluasi dalam pembelajaran IPA SD?

   C.    Tujuan
1.      Untukmengetahuiapaitu evaluasi pembelajaran.
2.      Untuk mengetahui apa saja tahapan dalam evaluasi pembelajaran.
3.      Untukmengetahui manfaat dan tujuan evaluasi pembelajaran..
4.      Untuk mengetahui jenis dan alat evaluasi dalam pembelajaran IPA SD.
  
BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi sendiri sebenarnya diambil dari bahasa Inggris yang yakni Evaluation. Pada dasarnya, pengertian evalusi adalah suatu kegiatan untuk memberikan nilai atau pertimbangkan sesuai dengan kriteria yang ada untuk mendapatkan hasil evaluasi yang objektif dan meyakinkan. Kriteria yang digunakan bisa diperoleh dari informasi kualitatif dan kuantitatif. Dalam kegiatan pengajaran, evaluasi pembelajaran dijelaskan oleh banyak ahli di bidangnya.
Salah satunya adalah Suchman yang berpendapat bahwa evaluasi dalam kegiatan pembelajaran merupakan suatu proses dalam menentukan hasil dari kegiatan belajar yang sudah dicapai dengan beberapa kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya demi mendukung tercapainya tujuan dari proses belajar. Sementara itu, Stufflebeam (1971) menjelaskan bahwa pengertian evaluasi pembelajaran adalah suatu proses untuk memperoleh, menggambarkan sekaligus menyajikan informasi penting yang bermanfaat untuk menilai keputusan dalam proses pembelajaran di semester atau kegiatan belajar selanjutnya.[1]
Evaluasi pembelajaran menurut Bloom (1971) adalah proses pengumpulan data real secara sistematis. Dimana data ini akan digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan atau tingkat perubahan peserta didik.
Pengertian tentang evaluasi dalam kegiatan pembelajaran juga dijelaskan oleh Oemar Hamalik.
Dalam hal ini, ia menjelaskan bahwa evaluasi merupakan proses berkelanjutan yang berhubungan dengan kegiatan penafsiran dan pengumpulan penafsiran informasi yang dipakai untuk menilai keputusan-keputusan dan kebijakan penting yang dibuat untuk merancang suatu kompetensi atau system pengajaran. Pengertian evaluasi menurut para ahli terkait dengan evaluasi pembelajaran tentunya sudah sangat jelas.
Dimana evaluasi adalah proses penilaian yang dilakukan secara terus-menerus. Tidak hanya di akhir pengajaran saja. Karena saat memulai kegiatan pembelajaran pun, seorang guru harus mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang akan diterapkan pada siswa. Proses evaluasi kinerja pada intinya digunakan untuk memperbaiki pengajaran. Lantas, apa yang dimaksud dengan pengertian evaluasi pendidikan?
Secara etimologi "evaluasi" berasal dan bahasa Inggris yaitu evaluation dari akar kata value yang berarti nilai atau harga. Nilai dalam bahasa Arab disebut al-qiamah atau al-taqdir’ yang bermakna penilaian (evaluasi). Sedangkan secara harpiah, evaluasi pendidikan dalam bahasa Arab sering disebut dengan al-taqdir al-tarbiyah yang diartikan sebagai penilaian dalam bidang pendidikan atau penilaian mengenai hal yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan. Secara terminologi, beberapa ahli memberikan pendapat tentang pengertian evaluasi diantaranya: Edwind dalam Ramayulis mengatakan bahwa evaluasi mengandung pengertian suatu tindakan atau proses dalam menentukan nilai sesuatu.
                        M. Chabib Thoha, mendefinisikan evaluasi merupakan kegiatan yang terencana untuk rnengetahui keadaan objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur untuk memperoleh kesimpulan. Pengertian evaluasi secara umum dapat diartikan sebagai proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu (ketentuan, kegiatan, keputusan, unjuk-kerja, proses, orang, objek dan yang lainnya) berdasarkan kriteria tertentu melalui penilaian. Untuk menentukan nilai sesuatu dengan cara membandingkan dengan kriteria, evaluator dapat langsung membandingkan dengan kriteria umum, dapat pula melakukan pengukuran terhadap sesuatu yang dievaluasi kemudian membandingkan dengan kriteria tertentu.Dalam pengertian lain antara evaluasi, pengukuran, dan penilaian merupakan kegiatan yang bersifat hirarki.
                        Kegiatan tersebut dalam kaitannya dengan proses pembelajaran tidak dapat dipisahkan satu sama lain dan dalam pelaksanaannya harus dilaksanakan secara berurutan. Dalam kaitan ini ada dua istilah yang hamper sama tetapi sesungguhnya berbeda, yaitu penilaian dan pengukuran. Pengertian pengukuran terarah kepada tindakan atau proses untuk menentukan kuantitas sesuatu, karena itu biasanya diperlukan alat bantu. Sedangkan penilaian atau evaluasi terarah pada penentuan kualitas atau nilai sesuatu. Evaluasi belajar dan pembelajaran adalah proses untuk menentukan nilai belajar dan pembelajaran yang dilaksanakan, dengan melalui kegiatan penilaian atau pengukuran belajar dan pembelajaran. Sedangkan pengertian pengukuran dalam kegiatan pembelajaran adalah proses membandingkan tingkat keberhasilan belajar dan pernbelajaran dengan ukuran keberhasilan belajar dan pembelajaran yang telah ditentukan secara kuantitatif sementar pengertian penilaian belajar dan pembelajaran adalah proses pembuatan keputusan nilai keberhasilan belajar dan pembelajaran secara kualitatif
Dengan adanya evaluasi, peserta didik dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai selarna mengikuti pendidikan. Pada kondisi dimana siswa mendapatkan nilai yang mernuaskan, maka akan memberikan dampak berupasuatu stimulus, motivator agar siswa dapat lebih meningkatkan prestasi. Pada kondisi dimana hasil yang dicapai tidak memuaskan, maka siswa akan berusaha memperbaiki kegiatan belajar, namun demikian sangat diperlukan pemberian stimulus positif dari guru/pengajar agar siswa tidak putus asa.Sedangkan evaluasi dalam pendidikan Islam adalah pengambilan sejumlah yang berkaitan dengan pendidikan Islam guna melihat sejauh mana keberhasilan pendidikan yang selaras dengan nilai-nilai Islam sebagai tujuan dari pendidikan itu sendiri. Lebih jauh Jalaludin mengatakan bahwa evaluasi dalam pendidikan lslam telah menggariskan tolak ukur yang serasi dengan tujuan pendidikannya. Baik tujuan jangka pendek yaitu membimbing manusia agar hidup selamat di dunia, maupun tujuan jangka panjang untuk kesejahteraan di akhirat nanti. Kedua tujuan tersebut menyatu dalam sikap dan tingkah laku yang mencerminkan akhlak yang mulia. Sebagai tolak ukur dan akhlak mulia ini dapat dilihat dari cerminan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.[2]

    B.     Tahapan Evaluasi Pembelajaran
Dalam kegiatan evaluasi terdapat beberapa tahapan penting yang saling mendukung satu sama lainnya. Mengacu pada pengertian evalusi, adapun tahapan-tahapan evaluasi adalah sebagai berikut :
1.      Menentukan topik evaluasi, yaitu kegiatan penentuan topik yang akan dievalusi misalnya; evaluasi hasil kerja atau evaluasi rencana kerja.
2.      Merancang kegiatan evalusi, yaitu kegiatan mendisain proses evaluasi sehingga dalam pelaksanaan nya tidak melewatkan hal–hal yang penting.
3.      Pengumpulan data, yaitu kegiatan mengumpulkan dan mencatat setiap informasi sesuai dengan perencanaan berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah.
4.      Pengolahan dan analisis data, yaitu kegiatan mengelola informasi dengan cara mengelompakkan data agar lebih mudah dalam melakukan analisis, serta menentukan tolak ukur waktu sebagai hasil evaluasi.[3]
5.      Pelaporan hasil evaluasi, yaitu membuat laporan hasil evaluasi agar di ketahui pihak-pihak yang berkepentingan 
   C.    Manfaat, Tujuan dan Fungsi Evaluasi Pembelajaran
1.      Manfaat Evaluasi
Secara umum manfaat yang dapat diambil dari kegiatan evaluasi dalam pembelajaran, yaitu :
a.       Memahami sesuatu: siswa (entry behavior, motivasi, dll), sarana dan prasarana, dan kondisi guru.
b.      Membuat keputusan: kelanjutan program penanganan “masalah", dll.
c.       Meningkatkan kualitas PBM: komponen-komponen PBM.
Sementara secara lebih khusus evaluasi akan memberi manfaat bagi pihak pihak yang terkait dengan pembelajaran, seperti siswa, guru, dan kepala sekolah.
Bagi Siswa; mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran Memuaskan atau tidak memuaskan
a.       Bagi Guru
1)      Mendeteksi siswa yang telah dan belum menguasai tujuan melanjutkan remedial atau pengayaan
2)      Ketepatan materi yang diberikan jenis, lingkup, tingkat kesulitan
3)      Ketepatan metode yang digunakan.
b.      Bagi Sekolah
1)      Hasil belajar cermin kualitas sekolah
2)      Membuat program sekolah
3)      Pemenuhan standar.
                                                                                                                
2. Tujuan Evaluasi
Tujuan Evaluasi Pembelajaran terbagi menjadi 2 yaitu
a. Tujuan Umum
1)   Untuk menghimpun data tentang taraf kemajuan dan perkembangan peserta didik, setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu. (Sampai di mana keberhasilan mereka  dalam mencapai tujuan kurikuler).    
2)   Untuk mengetahui efektifitas metode pengajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran.
b. Tujuan Khusus
1)   Untuk merangsang peserta didik dalam program pembelajaran
2)   Untuk mencari faktor keberhasilan dan kegagalan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran
3. Fungsi Evaluasi Pembelajaran

Cronbach (1963 : 236) menjelaskan “evaluation used to improved the course while it is still fluid contributes more to improvement of education than evaluation used to appraise a product already on the market”.  Cronbach nampaknya lebih menekankan  fungsi  evaluasi  untuk  perbaikan,  sedangkan  Scriven  (1967) membedakan fungsi evaluasi menjadi dua macam, yaitu fungsi formatif dan fungsi sumatif. Fungsi formatif dilaksanakan apabila hasil yang diperoleh dari kegiatan evaluasi diarahkan untuk memperbaiki bagian tertentu atau sebagian besar bagian kurikulum yang sedang dikembangkan. Sedangkan fungsi sumatif dihubungkan  dengan  penyimpulan  mengenai  kebaikan  dari  sistem  secara keseluruhan. Fungsi ini baru dapat dilaksanakan jika pengembangan program pembelajaran telah dianggap selesai.

Fungsi evaluasi memang cukup luas, bergantung kepada dari sudut mana Anda melihatnya. Bila kita lihat secara menyeluruh, fungsi evaluasi adalah :

1.      Secara psikologis, peserta didik selalu butuh untuk mengetahui hinggamana kegiatan yang telah dilakukan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Peserta didik adalah manusia yang belum dewasa. Mereka masih mempunyai sikap dan moral yang heteronom, membutuhkan pendapat orang-orang dewasa (seperti orang tua dan guru) sebagai pedoman baginya untuk mengadakan orientasi  pada  situasi  tertentu.  Dalam  menentukan  sikap  dan  tingkah lakunya,  mereka  pada  umumnya  tidak  berpegang  kepada  pedoman  yang berasal dari dalam dirinya, melainkan mengacu kepada norma-norma yang berasal dari luar dirinya. Dalam pembelajaran, mereka perlu mengetahui prestasi belajarnya, sehingga ia merasakan kepuasan dan ketenangan.
2.       Secara  sosiologis,  evaluasi  berfungsi  untuk  mengetahui  apakah  peserta didik sudah cukup mampu untuk terjun ke masyarakat. Mampu dalam arti peserta didik dapat berkomunikasi dan beradaptasi terhadap seluruh lapisan masyarakat dengan segala karakteristiknya. Lebih jauh dari itu, peserta didik diharapkan dapat membina dan mengembangkan semua potensi yang ada dalam masyarakat. Hal ini penting, karena mampu-tidaknya peserta didik terjun ke masyarakat akan memberikan ukuran tersendiri terhadap institusi pendidikan yang bersangkutan. Untuk itu, materi pembelajaran harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
3.      Secara  didaktis-metodis,  evaluasi  berfungsi  untuk  membantu  guru  dalam menempatkan  peserta  didik  pada  kelompok  tertentu  sesuai  dengan kemampuan dan kecakapannya masing-masing serta membantu guru dalam usaha memperbaiki proses pembelajarannya.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka fungsi evaluasi pembelajaran adalah :
Pertama, untuk  perbaikan  dan  pengembangan  sistem  pembelajaran. Sebagaimana Anda ketahui bahwa pembelajaran sebagai suatu sistem memiliki berbagai  komponen,  seperti  tujuan,  materi,  metoda,  media,  sumber  belajar, lingkungan, guru dan peserta. Dengan demikian, perbaikan dan pengembangan pembelajaran harus diarahkan kepada semua komponen pembelajaran tersebut. Kedua, untuk akreditasi. Dalam UU.No.20/2003 Bab 1 Pasal 1 Ayat 22 dijelaskan bahwa “akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dalam satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan”. Salah satu komponen akreditasi adalah pembelajaran. Artinya, fungsi akreditasi dapat dilaksanakan jika hasil evaluasi pembelajaran digunakan sebagai dasar akreditasi lembaga pendidikan.   

   D.    Jenis Alat Evaluasi Pembelajaran
a.       Alat evaluasi proses pembelajaran IPA yang di perlukan terdiri dari
1.      Alat evaluasi yang mengukur kognitif.
2.      Alat evaluasi untuk menentukan kualitas hati nurani
3.      Alat evaluasi untuk mrngukur kemampuan keterampilan.terdiri dari
a)      Keterampilan menggunakan tangan
b)      Keterampilan menggunakan indra penglihatan
c)      Keterampilan menggunakan indra pengecap
d)     Keterampilan menggunakan indra pencium 
    b.      Jenis Evaluasi Pembelajaran
Dilihat  dari  pengertian,  tujuan,  fungsi,  prosedur  dan  sistem  pembelajaran, maka pada hakikatnya pembelajaran adalah suatu program. Artinya, evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran adalah evaluasi program, bukan penilaian hasil  belajar.  Penilaian  hasil  belajar  hanya  merupakan  bagian  dari  evaluasi pembelajaran. Sebagai suatu program, evaluasi pembelajaran dibagi menjadi lima jenis, yaitu :[4]
a.      Evaluasi  perencanaan  dan  pengembangan.  Hasil  evaluasi  ini  sangat diperlukan  untuk  mendisain  program  pembelajaran.  Sasaran  utamanya adalah  memberikan  bantuan  tahap  awal  dalam  penyusunan  program pembelajaran. Persoalan yang disoroti menyangkut tentang kelayakan dan kebutuhan. Hasil evaluasi ini dapat meramalkan kemungkinan implementasi program dan tercapainya keberhasilan program pembelajaran. Pelaksanaan evaluasi dilakukan sebelum program sebenarnya disusun dan dikembangkan.
b.      Evaluasi monitoring, yaitu untuk memeriksa apakah program pembelajaran mencapai sasaran secara efektif dan apakah program pembelajaran terlaksana sebagaimana  mestinya.  Hasil  evaluasi  ini  sangat  baik  untuk  mengetahui kemungkinan  pemborosan  sumber-sumber  dan  waktu  pelaksanaan pembelajaran, sehingga dapat dihindarkan.
c.       Evaluasi dampak, yaitu untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh suatu program pembelajaran. Dampak ini dapat diukur berdasarkan kriteria keberhasilan sebagai indikator ketercapaian tujuan program pembelajaran.
d.      Evaluasi efisiensi-ekonomis, yaitu untuk menilai tingkat efisiensi program pembelajaran.  Untuk  itu,  diperlukan  perbandingan  antara  jumlah  biaya, tenaga  dan  waktu  yang  diperlukan  dalam  program  pembelajaran  dengan program lainnya yang memiliki tujuan yang sama.
e.       Evaluasi program komprehensif, yaitu untuk menilai program pembelajaran secara menyeluruh, seperti pelaksanaan program, dampak program, tingkat keefektifan dan efisiensi.Sedangkan penilaian proses dan hasil belajar, dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu penilaian formatif, penilaian sumatif, penilaian diagnostik, dan penilaian penempatan.

BAB III
PENUTUP

    A.    KESIMPUAN
Berdasarkan pada uraian pembahasan tersebut di atas maka penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:
                        Evaluasi sebagai suatu kegiatan mengumpulkan data dan informasi mengenai kemampuan belajar siswa, untuk menilai sudah sejauh mana program (pengembangan sistem instruksional) telah berjalan, dan juga sebagai suatu alat untuk menentukan apakah tujuan pendidikan dan proses pembelajaran dalam mengembangkan ilmu pengetahuan telah berlangsung sebagaimana mestinya. Evaluasi bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa dalam suatu proses pembelajaran, sekaligus untuk memahami siswa sampai sejauh mana dapat memberikan bantuan terhadap kekurangan-kekurangan siswa, dengan tujuan menempatkan siswa pada situasi pembelajaran yang lebih tepat sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimilikinya.
Sedangkan fungsi evaluasi untuk membantu proses, kemajuan dan perkembangan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan, dan sekaligus dapat mengetahui kemampuan dan kelemahan siswa pada bidang studi tertentu, sekaligus dapat memberikan informasi kepada orang tua wali siswa mengenai penentuan kenaikan kelas atau penentuan.

   B.     SARAN
Demikianlahmakalah yang dapat kami paparkan mengena imateriMendeskripsikan Evalusi dalam Pembelajaran IPAkami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan Kesalahan dalam pembuatan makalah ini. Karena terbatasny apengetahuan dan kekurangan dalam sumber pembuatan Makalah. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembacaguna membangun pembuatan makalah yang lebih baik lag idimasa yang akan datang.

DAFTAR PUSTAKA
Abdorrakhman, Gintings. EsensiPraktisBelajardanPembelajaran.BuahBatuBandung,2008.
Nurkencana, Wayan dan Sumartana. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1983.   
CeceRakhmat&DidiSuherdi. EvaluasiPembelajaran. Jakarta:DirjenDikti.1999.
Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: direktorat Jendral  Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.2012.
                                                          


[1]Nurkencana, Wayan dan Sumartana. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1983.                            

[2]CeceRakhmat&DidiSuherdi. EvaluasiPembelajaran. Jakarta: DirjenDikti.1999.
[3]Abdorrakhman, Gintings. EsensiPraktisBelajardanPembelajaran.BuahBatuBandung,2008.

[4]Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: direktorat Jendral  Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.2012.