1

loading...

Wednesday, October 31, 2018

MAKALAH TENTANG LINGKUNGAN

MAKALAH TENTANG LINGKUNGAN



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran termasuk di dalamnya debu,sampah, dan bau. Di negara indonesia masalah kebersihan lingkungan masih menjadi masalah yang sangat  serius.kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan di lingkungan setiap tahunnya terus meningkat yang terjadi di indonesia. problem tentang kebersihan lingkungan yang tidak kondusif di karnakan masyarakat tidak menyadari akan hal tentang kebersihan lingkungan, padahal kebersihan lingkungan tersebut untuk mereka sendiri .Tempat pembuangan kotoran pun tidak di pergunakan dan dirawat dengan baik, akibatnya munculah penyakit-penyakit yang di sebabkan oleh air dan udara. Berbagai upaya pengembangan kesehatan anak menjadi terhambat.karena suatu faktor penyebab lingkungan. kebersihan lingkungan di tempat tinggalnya juga  akan membuat keselamatan,kesehatan,dan kelangsungan hidup masyarakat terganggu, termasuk keluarga ekonomi yang lemah.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Bagaimana membuat lingkungan yang baik dan bersih ?
2.      Kenapa masyarakat tidak mempedulikan kebersihan lingkungan di sekitar mereka?
3.      Apa dampak dari kurangnya menjaga  kebersihan lingkungan?
4.      Mengapa lingkungan hidup kita harus terawat ?

1.3  Tujuan Penelitian
1. Agar seluruh masyarakat  terhindar dari berbagai macam penyakit
2. Supaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan              lingkungan
3.untuk mengetahui bagaimana efek dari kurangnya menjaga kebersihan lingkungan
4.Supaya kebersihan lingkungan dapat terawat dan terjaga ,serta membuat kita nyaman di lingkungan tersebut.






BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan
Kebersihan merupakan cerminan bagi setiap individu dalam menjaga kesehatan yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kita harus menjaga dan merawat kebersihan mulai dari kita sendiri,seperti membunang sampah pada tempatnya. Sehingga kita terhindar dari lingkungan yang kotor. Sebagaimana dalam sebuah hadist riwayat at-tirdmidzi kebersihan sebagian dari iman.
Lingkungan, lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung  maupun tidak langsung. Lingkungan juga terbagi menjadi dua, yaitu lingkungan biotikdan lingkungan abiotik. Lingkungan biotik,adalah lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup,seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan jasad renik . sedangkan lingkungan abiotik, adalah lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup, seperti tanah, air, udara, iklim, dan  lain-lain. Kesadaran masyarakat tentang lingkungan hidup masih sangat rendah. Apalagi sekarang pada zaman moderenisasi. Masyarakat juga sekarang menganggap enteng tentang lingkungan yang terkena limbah . Mereka mengingginkan lingkungan yang sehat tetapi mereka tidak mau turun tanggan membersihkan lingkungan sekitar mereka. Sebagai generasi muda seharusnya kita ikut melestarikan lingkungan kita.
Semakin modern nya kehidupan semakin kurang kesadaran akan makna sebuah lingkungan yang lestari, dalam kehidupan sehari-hari banyak kita jumpai anggota masyarakat yang tidak peduli terhadap lingkungan seki­tarnya, misalnya dengan membuang sampah seenaknya di jalanan, atau meletakkan sampah di pinggir jalan seolah bukan miliknya lagi.
Dengan semakin modern seharusnya sadar,kesehatan lingkungan semakin tinggi. Namun saat ini yang terjadi tidaklah demikian, bahkan sebaliknya. Sehingga hal tersebut perlu menjadi perhatian.
Terlebih lagi dengan curah hujan yang sangat tinggi, sudah tentu potensi datangnya penyakit bahkan banjir akibat saluran pembungan tersumbat oleh sampah dapat terjadi, dengan kita memperhatikan lingkungan maka kita menjaga kesehatan dan kelestarian nya. untuk itu semoga kedepannya masyarakat kita lebih sadar lagi akan makna lingkungan yang lestari.

       2.2Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan
Dengan kita menjaga kebersihan lingkungan maka kita akan terhindar dari segala penyakit. Ini adalah suatu keharusan untuk kita semua sebagai warga negara, yang di tuntut untuk selalu rajin dalam segala hal dengan tujuan untuk menghindari hal yang tidak di inginkan seperti, penyakit berbahaya yang disebabkan dari lingkungan kita sendiri, karena tidak ada kerja sama yang solid antara warga sekeliling.Salah satunya adalah dimulai dari diri sendiri dengan cara memberi contoh kepada masyarakat, bagaimana menjaga kebersihan lingkungan yang baik  dan benar. Lingkungan juga akan terhindar/bebas dari polusi udara, air yang kita konsumsi akan menjadi bersih dan jauh dari penyakit, sehingga lingkungan yang kita tempati akan membuat kita serta masyarakat nyaman untuk tinggal di lingkungan tersebut.

2.3 Dampak Positif Dan Negatif Menjaga Lingkungan
Ø  Dampak Positif menjaga lingkungan sebagai berikut:
a.      supaya masyarakat mengetahui apa dampaknya apabila mengotori lingkungan
b.      mengurangi penyebaran penyakit yang disebabkan oleh lingkungan
c.       mengurangi pemanasan global
d.      lingkungan menjadi enak dipandang
e.      Membuat penghuni (masyarakat) dapat lebih konsentrasi dalam beraktifitas sehari hari termasuk beradapsi dan bersosialisasi dengan orang lain.
f.        dapat mendidik anak akan usia dini agar lelak dewasa nanti dapat menjadi terbiasa untuk menjaga lingkungan hidup agar senantiasa bersih dan tertata rapih.
g.      Agar masyarakat lebih memahami bahwa pengaruh lingkungan hidup  yang bersih dan rapih dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang lebih kreatif
h.      Agar juga dapat mencegah bencana buatan manusia seperti banjir 


Ø  Dampak Negatif tidak menjaga lingkungan sebagai berikut:
a.      rusaknya sumber daya alam yang di lingkungan
b.      adanya pencemaran lingkungan akibat dampak perbuatan dari manusia
c.       Banyak binatang dan tumbuhan  yang punah
d.      Munculnya berbagai penyakit yang berbahaya
e.      Keberlangsungan hidup manusia tidak terjamin karena kondisi alam yg rusak
f.        Suhu udara kian memburuk akibat pemanasan global
g.      Mengurangi ketersediaan udara bersih
h.      Keanekaragaman hayati terancam hilang




BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari hal tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa masyarakat masih belum peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya.Lingkungan di dalam masyarakat harus lita lindungi agar tidak tercemar oleh limbah plastik,limbah kimia,polusi udara,kebakaran hutan dll .kita sebagai manusia harusnya bisa menjaga apa yang telah diberikan tuhan.
Lingkungn yang baik merupakan lingkungan yang bersih,jadi kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat. Lingkungan yang tidak bersih dapat menyebabkan banyak masalah seperti bencana alam,penyakit dll.
Memang kerusakan lingkungan adalah salah manusia,tapi kita masih bisa memperbaiki lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, dan melakukan penanaman pohon. sebuah perumpaan yang dapat di bandingkan dengan teknologi maka dapat di perhatikan bahwa secanggih-canggihnya teknologi tanpa didasari dengan kebersihan, maka teknologi itu akan hancur. Jadi, dari hal tersebutlah kita harus menyadari kebersihan itu penting. Marilah kita menjaga kebersihan secara bersama-sama dan menjaga lingkunagan kita ini.

3.2 Saran
Mulai sekarang marilah  kita  memulai untuk turut andil dalam pemeliharaan lingkungan     hidup. Menggunakan asap kendaraan yang tidak terlalu banyak sehingga menyebabkan pengepulan dilapisan ozon. Tidak membuang sampah kesungai, dan jangan terllau banyak menggunakan detergen karena limbahnya dapat mematikan populasi makhluk air.
Jagalah lingkungan disekitar kita .





No comments:

Post a Comment