1

loading...

Monday, July 1, 2019

MAKALAH BAHASA ARAB MUBTABA DAN KHABAR


 

MAKALAH BAHASA ARAB

 MUBTABA DAN KHABAR

BAB I
PENDAHULUAN

     A.    Latar Belakanag      
Tata bahasa Arab mempunyai peranan penting dalam kaidah berbahasa Arab. Adanya tata bahasa Arab diharapkan lebih membantu dalam memahami ayat – ayat al Quran dan hadits – hadits Nabi. Untuk mengetahui makna dari al-Qur’an tentu kita harus bisa tahu tanda baca dan arti yang benar. Hal ini disebabkan karena setiap tanda baca yang berbeda akan menimbulkan arti atau makna yang berbeda pula. Tanda baca tersebut tentu harus dipelajari untuk dapat memahami isi dari ayat – ayat al Quran dan hadits – hadits Nabi.
Dalam makalah ini, kita akan membahas susunan Jumlah Ismiyyah yaitu Mubtada’ dan Khabar.Jumlah Ismiyyah itu sendiri dalam Bahasa Indonesia biasa disebut kalimat nominal.Jumlah Ismiyyah termasuk dalam Jumlah Mufidah atau kalimat sempurna. Berikut ini kita akan mempelajari pola penyusunan Jumlah Ismiyyah.
                        Oleh karena itu, kalimat nominal tersebut berpola mubtada dan khabar. Di dalam penyusunan makalah ini kita akan membahas tentang mubtada’dan khabar berikut keterangan-keterangan yang insyaallah akan menjadikan kita menjadi mengerti akan keberedaan nominal dalam bahasa arab ini.
 
    B.     Rumusan Masalah
a.       Apa yang dimaksud dengan mubtada dan khabar?
b.      Apa saja pembagian dari mubtada dan khabar?
c.       Bagaimana hukum-hukum mubtada dan khabar?
d.      Bagaimana cara penggunaan mubtada dan khabar?
   C.    Tujuan Masalah       

a.       Untuk mengetahui pengertian mubtada dan khabar.
b.      Untuk mengetahui ciri-ciri mubtada dan khabar.
c.       Untuk mengetahui pembagian dari mubtada dan khabar.
d.      Untuk mengetahui hukum-hukum mubtada dan khabar.
e.       Untuk memahami cara penggunaan mubtada dan khabar.

   D.    Manfaat Penelitian
a.       Makalah ini bermanfaat untuk dosen, sebagai bahan refrensi dalam pengajaran kalimat.
b.      Makalah ini bermanfaat untuk peneliti sebagai landasan teori dalam penelitiannya.
c.       Makalah ini bermanfaat untuk masyarakat, agar mengetahui tentang mubtada dan khobar.

الفصل الثاني       
BAB II
 
مناقشة
PEMBAHASAN
 




أ‌.       فهم مبدع وخبار                                                                  
 
 
A.    Pengertian Mubtada’ dan Khabar
1.      Pengertian mubtada
           اللَّفْظِيَّةَِ العَوَامِلِ عَنِ العَارِى المَرْفُوْعُ الإِسْمُ هُوَ المُبْتَدَأُ ا.
a.    Mubtada ialah isim yang dirofakan yang kosong dari amil-amil              bangsa lafadz.
ب.  يكمن في بداية الجملة وينتهي بعلامة داما 
 
b.      Terletak di awal kalimat dan di akhiri dengan tanda dhamma.
Contoh:
                                 “Pena itu baru “                      جديدٌالقَلَمُ 
         “Muhammad adalah orang yang mulia”         كَرِيْمٌ مُحَمَّدٌ
          فهم الخبر 
2.      Pengertian Khobar
كل كلمة أو جملة تتقن معنى كلمة "ابتداد". إذا لم تكن هناك أخبار ، فلن تفهم الجملة.
        
         Setiap kata atau kalimatn yang menyempurnakan makna mubtada'. seandainya tida ada khabar , maka sebuah kalimat tidak akan dipahami maksudnya.

Contoh:
الكتاب مهم          kitab itu penting                               

                                      “Ilmu itu bermanfaat ”              نَافِعٌ العِلْمُ

          خصائص مبتدا وخبار
B.  Ciri – Ciri  Mubtada’ dan Khabar

يشمل الفرق بين "مبتع" و "الخبر":
Perbedaan antara mubtadaa’ dan khabar antara lain:
متطلبات مبادلة تشمل:
Syarat mubtadaa’ antara lain:
أ‌.       يجب أن يكون مبتدا "رافا" أو مجتمع ضمة
ب‌.يجب أن يكون مبتدى معرفة
    1.      Mubtada’ harus rafa’ atau berharakat dhammah
    2.      Mubtada’ harus berbentuk ma’rifah

شروط الأخبار تشمل:
Syarat khabar  antara lain :

أ‌.           الخبر يجب أن يكون رافعًا أو ضمة 
ب‌.      يجب أن تكون الخبر منيرة
ت‌.يجب ضبط الخبر على "التبت" ، كلا الجنس والمفرد والمتسنى والجمع
1.      Khabar harus berharakat rafa’atau dhommah
2.      Khabar harus nakirah
3.      Khabar harus disesuaikan dengan mubtada’, baik jenis kelamin,    mufrad,  mutsanna, dan jamak.

          ج- توزيع مرتضى وخبر
C.       Pembagian mubtada dan khabar
1.    Pembagian mubtada
يتم تقسيم ابتداد إلى قسمين ، وهما
Mubtada terbagi menjadi dua bagian, yaitu :
أ‌.       مبدئي ظاهر أو واضح ، مبدع ظاهر هو مبتد معروف عنه بوضوح 
 a. Mubtada’ yang zhahir atau jelas, mubtada zhahir ialah mubtada yang isim atau kata bendanya sudah jelas diketahui.     
 
هناك نوعان من مبتدئ ظاهر ، وهما:
Mubtada zhahir ada 2 macam, yaitu :
أ‌)         مبتدى له خبر
ب‌)مبتدا "التي لديها فقط نسخة مصالحة تشغل مكان الخبر
a)        Mubtada’ yang mempunyai khabar
b)        Mubtada’ yang hanya mempunyai isim yang dirafakan yang   menduduki tempat khabar.

مثال لمبتدأ به خبر
Contoh mubtada’ yang mempunyai khabar:
Allah adalah Rabb kami= رَبَنَا    


أمثلة لمبتادا لا تحتوي على الخبر
 Contoh mubtada yang tidak mempunyai khabar:
Apakah kedua Zaid itu berdiri? آقَا ئِمّ زَيْدّ


ب. مبدع الضمر هو الضمير الذي يتألف من ضمائر مثل أنا أو أنا وإخوانه ،
b. Mubtada’ Mudhmar (dhamir), yaitu mubtada’nya terdiri dari  kata ganti seperti ana atau  انا dan saudara-saudaranya,
     Contoh :
 اَنْتَ مُجْتَهِدّ (engkau rajin).
Dhamir/kata ganti ada 12 (dua belas), yaitu :
1.         Saya = اَنَا
2.         Kami atau kita = نَحْنُ
3.         Kamu laki-laki = اَنْتَ
4.         Kamu perempuan = اَنْتِ
5.         Kamu berdua laki-laki/perempuan = اَنْتُمَا
6.         Kalian laki-laki = اَنْتُمْ
7.         Kalian perempuan = اَنْتُنَّ
8.         Dia laki-laki = هُو
9.         Dia perempuan = هِيَ
10.     Mereka berdua laki-laki/perempuan = هُمَا
11.     Mereka semua laki-laki = هُمْ
12.     Mereka semua perempuan = هُنَّ


          تقسيم الخبر
1.      Pembagian Khabar
الخبر يتكون من جزأين هما: الخبر مغرود والخبر مغرود.

                     Khobar terdiri dari dua bagian yaitu; khobar mufrod dan      khobar ghoiru mufrod.
مخرود الخبر هو إيزيم يصنع الخُبر ولكنه ليس مبلغًا ، رغم أنه في شكله موتسنّا أو الجمع.
 
a.      Khobar mufrod, yaitu isim yang dijadikan khobar tetapi bukan merupakan jumlah kendati dalam bentuknya adalah mutsanna ataupun jamak.
Contoh:
             “ Mereka berdua adalah dua orang muslim”                                   مُسْلِمَاهُمَا
             Kalian adalah para pedagang”                                                                   تَاجِرُونَأنْتُمْ 
خبر غيرو مفرود هو الخبر الذي يتكون من عدد مرتضى وخبر أو يتكون من الفايل والفايل.

b.      Khobar gairu mufrod adalah khabar yang terdiri atas jumlah mubtada dan khabar atau terdiri atas fi'il dan fa'il.
Contoh:
أ‌)       في بعض الأحيان يأخذ خبار غاير مفرد عدد الإسماعيلية.
1)    Khabar ghair mufrad adakalanya berbentuk jumlah ismiyyah.
Contoh:
“Zaid hamba perempuaanya pergi”  زَئْدٌجَازِئَتَهُ ذَاهِبَة
ب‌)يأخذ خبار غيرو مفوض في بعض الأحيان شكل عدد الفيلة (تتكون من الفايل والفايل)
2)   Khabar ghairu mufrad adakalanya berbentuk jumlah fi'liyah (terdiri atas fi’il dan fa’il).
Contoh: 
’Zaid, ayahnya tekah berdiri”     زَئْدٌ أَبُوْ قَامَ  
          لو مبتدا وخبار
D.    Hukum Mubtada dan Khabar
أ‌.       قانون مبتادا
1.      Hukum Mubtada
أ‌.      مبتدا "يجب أن يقرأ روفا" ، إما لفدي تقديري أو مكلف
ب‌.قد تتخلص من المستبد "إذا كان هناك بالفعل قاعدة تُبيِّن الضائعين بوصفهم مستغدين"
ت‌.قانون صنع "المبادلة" يسبق الخبر ، ولا يستبعد احتمال أن يكون "التبت" في النهاية دار الخُبر.
ث‌.يجب رمي "مرتضى" في هذه الحالة في أربعة أماكن ، وهي:
.1ذا كان وجود المرتدة المهملة معروفًا من جواب قسام.
.2مبتدى الذي يعاقب خبرنيا (المديح) أو (الإهانات)
3. مبتدى الذي تخلّى عنه كبديل عن الفايل
4. يجب أن يكون "مبدع" و "الخبر" أصليين أو طبيعيين ("مآثرو") على شكل "معاريف إيم".
 
a.  Mubtada’ wajib  dibaca rofa’ baik  secara  lafdzi  taqdiri  atau  mahal.
b.  Boleh   membuang  mubtada’ apabila  memang  terdapat  kaidah yang           menunjukan   atas  terbuangnya  seperti  mubtada ’barupa  isim istifham.
c. Hukum  asa l pembuatan  mubtada’ adalah  mendahului  khobar,  tidak  menutup kemungkinan  mubtada’  berada  lebih akhir  dar i  khobar.
d.  Wajib  membuang  mubtada’ dalam  hal ini berada  pada  empat  tempatn   yaitu;
 1. Apabila  keberadaan  mubtada’  yang  dibuang  diketahui  dar i jawab        qosam.         
2. Mubtada’ yang  khobarnya ditakhshish  oleh (pujian )atau (cacian )     
3. Mubtada’ yang  khobarnya sebagai pengganti dari fi’il           
4. Mubtada’ dan  khobar  yang  asalnya  menjadi  na’at  atau  sifat (na’at maqthu’ )Mubtada’  harus  berupa  isim  ma’rifat.

          قانون الخبر
2.      Hukum Khobar
أ‌.        يجب قراءة الخبر على رافع الافدزي أو التقديري أو باهظة الثمن مثل الخبر في شكل عدد أو عدد الجوائز
ب‌.قانون أصل الخُبر في صورة عاصم نكيروه ومصطيق (مطبوع من مصدر)
ت‌.يجب أن يكون وجود الخبر وفقًا لمقتضيات "المفتردين" في "المفترسة" ، "الجمع" ، "المدكر" ، "المنان".
 
    a.  Khobar  wajib  di baca  rofa’  secara  lafdzi,taqdiri atau  mahal  sepert i                  khobar  berupa  jumlah  atau  syibeh  jumlah.
  b.  Hukum asal  pembuatan  khobar  adalah berupa  isim  nakiroh  dan  mustaq(tercetak dari masadar)
   c.  Keberadaan khobar  harus  sesuai dengan  mubtada’dalam  hal mufrodtatsniyah,  jamak ,  mudakar ,  muannast.

          استخدام مبتدى الخبر
E.    Penggunaan Mubtada dan Khobar                                                              فيما يلي استخدام "ابتداء خبر"الجمل:                              Adapun penggunaan  mubtada’ dan khabar dalam kalimat               adalah   sebagai berikut :                    

1.    Mubtada dan khabar harus marfu / rofa
      Perhatikan contoh berikut:
      Fatimah seorang mahasiswi                     فَاطِمَةٌ طَالِبَةٌ  
أصبحت كلمة فاطمة مشتدة ، لأنها أصبحت مشتتة
 
           Kata Fatimah menjadi mubtada, karena menjadi     mubtada maka harus rofa(dibaca dhomah) maka cara bacanya فَاطِمَةٌ fathimatun bukan فَاطِمَةً fahimatan atau فَاطِمَةٍ fathimat 
        Kata طَالِبَةٌ menjadi khabar maka harus        dibaca rofa. Maka cara bacanya yang betul   adalahطَالِبَةٌ tholibatun (dibaca dhomah) bukan dibaca طَالِبَةً  tholibatan atau طَالِبَةٍ tholibatin.
2.           Mubtada dan khabar harus sama dalam mufrod (menunjukan   satu), tasniyah (menunjukan dua) dan jamak (menunjukan banyak).
2. يجب أن يكون مبدع وخبار متماثلين في المفرد (يدل على واحد) ، تسنية (يدل على اثنين) وا لجمع (يظهر الكثير).

 Perhatikan contoh berikut
a.     مُحَمَّدٌ طَالِبٌ Muhammad seorang mahasiswa
     Kata مُحَمَّدٌ menjadi mubtada dan bentuknya mufrod
     (menunjuk pada satu)
     Kata طَالِبٌmenjadi khabar dan bentuknya juga sama mufrod.      Kenapa khabarnya mufrod karena mubtadanya mufrod     b. اَلطَّالِبَانِ مُجْتَهِدَانِ (dua orang mahasiswa bersungguh-sungguh)
       Kata اَلطَّالِبَانِ menjadi mubtada dan bentuknya tasniyah
       (menunjukan pada dua tandanya ada tambahan huruf alif dan nun). Kata مُجْتَهِدَانِ menjadi khabar dan bentuknya            sama tasniyah.           
            c. اَلْمُجْتَهِدُوْنَ نَاجِحُوْنَ (orang-orang yang bersungguh-sungguh akan  sukses)
          Kata اَلْمُجْتَهِدُوْنَ menjadi mubtada dan bentuknya jamak mudzakar salim (menunjukan banyak untuk laki-laki tandanya ada tambahan huruf wawu dan nun). Kata نَاجِحُوْنَmenjadi      khabar dan bentuknya sama jamak mudzakar salim.

BAB III
PENUTUP


A.     Kesimpulan
عادة ما يكون مرتضى مارفيم في بداية الجملة (الموضوع)
                         Mubtada’adalah isim marfu’ yang biasanya terdapat di awal kalimat (Subyek)
يتم تقسيم "مبته" إلى جزأين ، هما "مبتت الزاهر" و "مبتتار الضمير".
                        Mubtada itu terbagi menjadi dua bagian, yaitu mubtada yang zhahir dan mubtada yang mudhmar (dhamir).
الخبر شيء يمكن أن يجمل معنى "ابتداد" (المسند)
                        Khobar adalah sesuatu yang dapat menyempurnakan makna mubtada’ (Predikat)
ينقسم الخبر إلى جزأين ، هما خبر مفرد وخبر غفير مفراد.
                         Khabar itu terbagi menjadi dua bagian, yaitu khabar mufrad dan khabar ghair mufrad.
يجب أن يكون استخدام "مقتدى" و "الخبر" في الجملة ، "مبادلة" و "خبر"
                        Penggunaan mubtada’ dan khobar pada kalimat yaitu Mubtada dan khabar harus marfu / rofa.

B.      Kritik dan Saran
            
               Untuk bapak/ibu guru yang akan mengajar materi ini, hendaknya tidak menerangkan  terlalu cepat karena materi tersebut harus benar-benar dipahami dengan detail. Usahakan agar murid-murid paham semuanya,dan kalau bisa diberi PR untuk lebih memahami materi mubtada’ dan khobar tersebut.
  
DAFTAR  PUSTAKA

                      Arsyad, Azhar.2012.Dasar - Dasar Penguasaan Bahasa  Arab.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Masrukin.  2014.  Buku Bahasa Arab kelas   Jakarta. : Kementrian Agama.

Salamah, Umi. 2016.  “Makalah Mubtada dan Khabar
            

No comments:

Post a Comment