MAKALAH BAHASA ARAB
MUBTABA DAN KHABAR
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakanag
Tata bahasa Arab mempunyai peranan penting dalam
kaidah berbahasa Arab. Adanya tata bahasa Arab diharapkan lebih membantu dalam
memahami ayat – ayat al Quran dan hadits – hadits Nabi. Untuk mengetahui
makna dari al-Qur’an tentu kita harus bisa tahu tanda baca dan arti yang benar.
Hal ini disebabkan karena setiap tanda baca yang berbeda akan menimbulkan arti
atau makna yang berbeda pula. Tanda baca tersebut tentu harus dipelajari untuk
dapat memahami isi dari ayat – ayat al Quran dan hadits – hadits Nabi.
Dalam makalah ini, kita akan membahas susunan Jumlah
Ismiyyah yaitu Mubtada’ dan Khabar.Jumlah Ismiyyah itu sendiri dalam Bahasa
Indonesia biasa disebut kalimat nominal.Jumlah Ismiyyah termasuk dalam Jumlah
Mufidah atau kalimat sempurna. Berikut ini kita akan mempelajari pola
penyusunan Jumlah Ismiyyah.
Oleh karena itu, kalimat
nominal tersebut berpola mubtada dan khabar. Di dalam penyusunan makalah ini
kita akan membahas tentang mubtada’dan khabar berikut keterangan-keterangan
yang insyaallah akan menjadikan kita menjadi mengerti akan keberedaan nominal
dalam bahasa arab ini.
B. Rumusan Masalah
a.
Apa yang dimaksud
dengan mubtada dan khabar?
b.
Apa saja pembagian dari
mubtada dan khabar?
c.
Bagaimana hukum-hukum
mubtada dan khabar?
d.
Bagaimana cara
penggunaan mubtada dan khabar?
C. Tujuan Masalah
a. Untuk mengetahui pengertian mubtada dan khabar.
b. Untuk mengetahui ciri-ciri mubtada dan khabar.
c. Untuk mengetahui pembagian dari mubtada dan khabar.
d. Untuk mengetahui hukum-hukum mubtada dan khabar.
e. Untuk memahami cara penggunaan mubtada dan khabar.
D. Manfaat Penelitian
a. Makalah
ini bermanfaat untuk dosen, sebagai bahan refrensi dalam pengajaran kalimat.
b. Makalah
ini bermanfaat untuk peneliti sebagai landasan teori dalam penelitiannya.
c. Makalah
ini bermanfaat untuk masyarakat, agar mengetahui tentang mubtada dan khobar.
الفصل الثاني
BAB II
مناقشة PEMBAHASAN
أ. فهم مبدع وخبار
A. Pengertian Mubtada’ dan Khabar
1. Pengertian mubtada
اللَّفْظِيَّةَِ العَوَامِلِ عَنِ العَارِى المَرْفُوْعُ الإِسْمُ هُوَ المُبْتَدَأُ ا.
a.
Mubtada ialah
isim yang dirofakan yang kosong dari amil-amil bangsa lafadz.
ب. يكمن في بداية الجملة وينتهي بعلامة داما
b.
Terletak di awal kalimat dan di akhiri dengan tanda dhamma.
Contoh:
“Pena itu baru “ جديدٌالقَلَمُ
“Muhammad
adalah orang yang mulia” كَرِيْمٌ مُحَمَّدٌ
فهم الخبر
2. Pengertian Khobar
كل كلمة أو جملة تتقن معنى كلمة "ابتداد". إذا لم تكن هناك أخبار ، فلن تفهم الجملة.
Setiap kata atau kalimatn yang
menyempurnakan makna mubtada'. seandainya tida ada khabar , maka sebuah kalimat
tidak akan dipahami maksudnya.
Contoh:
الكتاب مهم “kitab itu penting”
“Ilmu itu bermanfaat ” نَافِعٌ العِلْمُ
خصائص مبتدا وخبار
B. Ciri – Ciri
Mubtada’ dan Khabar
يشمل الفرق بين "مبتع" و "الخبر":
Perbedaan antara mubtadaa’ dan khabar antara lain:
متطلبات مبادلة تشمل:
Syarat mubtadaa’ antara lain:
أ. يجب أن يكون مبتدا "رافا" أو مجتمع ضمة
ب.يجب أن يكون مبتدى معرفة
1. Mubtada’ harus rafa’ atau berharakat
dhammah
2. Mubtada’ harus berbentuk ma’rifah
شروط الأخبار تشمل:
Syarat khabar antara lain :
أ. الخبر يجب أن يكون رافعًا أو ضمة
ب. يجب أن تكون الخبر منيرة
ت.يجب ضبط الخبر على "التبت" ، كلا الجنس والمفرد والمتسنى والجمع
1. Khabar harus berharakat rafa’atau
dhommah
2. Khabar harus nakirah
3. Khabar harus disesuaikan dengan
mubtada’, baik jenis kelamin, mufrad, mutsanna, dan
jamak.
ج- توزيع مرتضى وخبر
C.
Pembagian mubtada dan khabar
1. Pembagian
mubtada
يتم تقسيم ابتداد إلى قسمين ، وهما
Mubtada terbagi
menjadi dua bagian, yaitu :
أ. مبدئي ظاهر أو واضح ، مبدع ظاهر هو مبتد معروف عنه بوضوح
a. Mubtada’ yang zhahir atau jelas, mubtada zhahir ialah mubtada yang isim atau kata bendanya sudah jelas diketahui.
هناك نوعان من مبتدئ ظاهر ، وهما:
Mubtada zhahir ada
2 macam, yaitu :
أ) مبتدى له خبر
ب)مبتدا "التي لديها فقط نسخة مصالحة تشغل مكان الخبر
a)
Mubtada’ yang mempunyai khabar
b)
Mubtada’ yang hanya mempunyai isim yang dirafakan yang menduduki tempat khabar.
مثال لمبتدأ به خبر
Contoh
mubtada’ yang mempunyai khabar:
Allah adalah
Rabb kami= رَبَنَا
أمثلة لمبتادا لا تحتوي على الخبر
Contoh mubtada yang tidak mempunyai khabar:
Apakah kedua
Zaid itu berdiri? = آقَا
ئِمّ زَيْدّ
ب. مبدع الضمر هو الضمير الذي يتألف من ضمائر مثل أنا أو أنا وإخوانه ،
b. Mubtada’ Mudhmar
(dhamir), yaitu mubtada’nya terdiri dari
kata ganti seperti ana atau انا dan saudara-saudaranya,
Contoh :
اَنْتَ
مُجْتَهِدّ (engkau
rajin).
Dhamir/kata
ganti ada 12 (dua belas), yaitu :
1. Saya = اَنَا
2. Kami atau kita = نَحْنُ
3. Kamu laki-laki = اَنْتَ
4. Kamu perempuan = اَنْتِ
5. Kamu berdua laki-laki/perempuan
= اَنْتُمَا
6. Kalian laki-laki = اَنْتُمْ
7. Kalian perempuan = اَنْتُنَّ
8. Dia laki-laki = هُو
9. Dia perempuan = هِيَ
10. Mereka berdua laki-laki/perempuan = هُمَا
11. Mereka semua laki-laki = هُمْ
12. Mereka semua perempuan = هُنَّ
تقسيم الخبر
1.
Pembagian Khabar
الخبر يتكون من جزأين هما: الخبر مغرود والخبر مغرود.
Khobar
terdiri dari dua bagian yaitu; khobar mufrod dan khobar ghoiru mufrod.
مخرود الخبر هو إيزيم يصنع الخُبر ولكنه ليس مبلغًا ، رغم أنه في شكله موتسنّا أو الجمع.
a. Khobar mufrod, yaitu isim yang dijadikan khobar tetapi bukan merupakan
jumlah kendati dalam bentuknya adalah mutsanna ataupun jamak.
Contoh:
“ Mereka berdua adalah dua orang muslim” مُسْلِمَاهُمَا
“Kalian adalah para
pedagang” تَاجِرُونَأنْتُمْ
خبر غيرو مفرود هو الخبر الذي يتكون من عدد مرتضى وخبر أو يتكون من الفايل والفايل.
b. Khobar
gairu mufrod adalah khabar yang terdiri atas jumlah mubtada dan khabar atau terdiri atas fi'il dan fa'il.
Contoh:
أ) في بعض الأحيان يأخذ خبار غاير مفرد عدد الإسماعيلية.
1) Khabar ghair mufrad adakalanya berbentuk jumlah ismiyyah.
Contoh:
“Zaid hamba perempuaanya pergi” زَئْدٌجَازِئَتَهُ ذَاهِبَة
ب)يأخذ خبار غيرو مفوض في بعض الأحيان شكل عدد الفيلة (تتكون من الفايل والفايل)
2)
Khabar ghairu mufrad adakalanya berbentuk jumlah fi'liyah (terdiri
atas fi’il dan fa’il).
Contoh:
‘’Zaid,
ayahnya tekah berdiri” زَئْدٌ أَبُوْ قَامَ
لو مبتدا وخبار
D.
Hukum
Mubtada dan Khabar
أ. قانون مبتادا
1.
Hukum
Mubtada
أ. مبتدا "يجب أن يقرأ روفا" ، إما لفدي تقديري أو مكلف
ب.قد تتخلص من المستبد "إذا كان هناك بالفعل قاعدة تُبيِّن الضائعين بوصفهم مستغدين"
ت.قانون صنع "المبادلة" يسبق الخبر ، ولا يستبعد احتمال أن يكون "التبت" في النهاية دار الخُبر.
ث.يجب رمي "مرتضى" في هذه الحالة في أربعة أماكن ، وهي:
.1ذا كان وجود المرتدة المهملة معروفًا من جواب قسام.
.2مبتدى الذي يعاقب خبرنيا (المديح) أو (الإهانات)
3. مبتدى الذي تخلّى عنه كبديل عن الفايل
4. يجب أن يكون "مبدع" و "الخبر" أصليين أو طبيعيين ("مآثرو") على شكل "معاريف إيم".
a. Mubtada’
wajib dibaca rofa’ baik secara lafdzi taqdiri
atau mahal.
b. Boleh
membuang mubtada’ apabila memang terdapat kaidah yang menunjukan atas terbuangnya
seperti mubtada ’barupa isim istifham.
c. Hukum asa l
pembuatan mubtada’ adalah mendahului khobar, tidak menutup kemungkinan
mubtada’ berada lebih akhir dar i khobar.
d. Wajib membuang
mubtada’ dalam hal ini berada pada empat tempatn yaitu;
1. Apabila keberadaan mubtada’
yang dibuang diketahui dar i jawab
qosam.
2. Mubtada’ yang khobarnya ditakhshish oleh (pujian )atau (cacian )
3. Mubtada’ yang khobarnya sebagai pengganti dari fi’il
4. Mubtada’ dan khobar yang asalnya menjadi na’at atau sifat (na’at maqthu’ )Mubtada’ harus berupa isim ma’rifat.
2. Mubtada’ yang khobarnya ditakhshish oleh (pujian )atau (cacian )
3. Mubtada’ yang khobarnya sebagai pengganti dari fi’il
4. Mubtada’ dan khobar yang asalnya menjadi na’at atau sifat (na’at maqthu’ )Mubtada’ harus berupa isim ma’rifat.
قانون الخبر
2.
Hukum
Khobar
أ. يجب قراءة الخبر على رافع الافدزي أو التقديري أو باهظة الثمن مثل الخبر في شكل عدد أو عدد الجوائز
ب.قانون أصل الخُبر في صورة عاصم نكيروه ومصطيق (مطبوع من مصدر)
ت.يجب أن يكون وجود الخبر وفقًا لمقتضيات "المفتردين" في "المفترسة" ، "الجمع" ، "المدكر" ، "المنان".
a. Khobar wajib di baca rofa’
secara lafdzi,taqdiri atau mahal sepert i khobar
berupa jumlah atau syibeh jumlah.
b. Hukum asal pembuatan khobar adalah
berupa isim nakiroh dan mustaq(tercetak dari
masadar)
c. Keberadaan khobar harus sesuai
dengan mubtada’dalam hal mufrodtatsniyah, jamak ,
mudakar , muannast.
استخدام مبتدى الخبر
E. Penggunaan
Mubtada dan Khobar فيما
يلي استخدام "ابتداء خبر"الجمل: Adapun penggunaan mubtada’ dan
khabar dalam kalimat adalah sebagai berikut :
1. Mubtada
dan khabar harus marfu / rofa
Perhatikan
contoh berikut:
Fatimah seorang mahasiswi فَاطِمَةٌ طَالِبَةٌ
أصبحت كلمة فاطمة مشتدة ، لأنها أصبحت مشتتة
Kata Fatimah menjadi mubtada, karena menjadi mubtada maka harus rofa(dibaca dhomah) maka cara bacanya فَاطِمَةٌ fathimatun bukan فَاطِمَةً fahimatan atau فَاطِمَةٍ fathimat
Kata طَالِبَةٌ menjadi khabar maka harus dibaca rofa. Maka
cara bacanya yang betul adalahطَالِبَةٌ tholibatun (dibaca
dhomah) bukan dibaca طَالِبَةً
tholibatan
atau طَالِبَةٍ tholibatin.
2.
Mubtada dan khabar harus sama dalam mufrod
(menunjukan satu), tasniyah (menunjukan
dua) dan jamak (menunjukan banyak).
2. يجب أن يكون مبدع وخبار متماثلين في المفرد (يدل على واحد) ، تسنية (يدل على اثنين) وا لجمع (يظهر الكثير).
Perhatikan
contoh berikut
a.
مُحَمَّدٌ
طَالِبٌ Muhammad seorang mahasiswa
Kata مُحَمَّدٌ menjadi mubtada dan bentuknya mufrod
(menunjuk pada satu)
Kata طَالِبٌmenjadi
khabar dan bentuknya juga sama mufrod. Kenapa
khabarnya mufrod karena mubtadanya mufrod b. اَلطَّالِبَانِ
مُجْتَهِدَانِ (dua orang mahasiswa
bersungguh-sungguh)
Kata اَلطَّالِبَانِ menjadi mubtada dan bentuknya tasniyah
(menunjukan
pada dua tandanya ada tambahan huruf alif dan nun). Kata مُجْتَهِدَانِ menjadi khabar dan bentuknya sama
tasniyah.
c. اَلْمُجْتَهِدُوْنَ
نَاجِحُوْنَ (orang-orang yang
bersungguh-sungguh akan sukses)
Kata اَلْمُجْتَهِدُوْنَ menjadi mubtada dan
bentuknya jamak mudzakar salim (menunjukan banyak untuk
laki-laki tandanya ada tambahan huruf wawu dan nun). Kata نَاجِحُوْنَmenjadi
khabar dan bentuknya sama jamak mudzakar salim.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
عادة ما يكون مرتضى مارفيم في بداية الجملة (الموضوع)
Mubtada’adalah isim marfu’ yang biasanya terdapat di
awal kalimat (Subyek)
يتم تقسيم "مبته" إلى جزأين ، هما "مبتت الزاهر" و "مبتتار الضمير".
Mubtada itu terbagi menjadi dua bagian, yaitu mubtada
yang zhahir dan mubtada yang mudhmar (dhamir).
الخبر شيء يمكن أن يجمل معنى "ابتداد" (المسند)
Khobar adalah sesuatu yang dapat menyempurnakan
makna mubtada’ (Predikat)
ينقسم الخبر إلى جزأين ، هما خبر مفرد وخبر غفير مفراد.
Khabar
itu terbagi menjadi dua bagian, yaitu khabar mufrad dan khabar ghair mufrad.
يجب أن يكون استخدام "مقتدى" و "الخبر" في الجملة ، "مبادلة" و "خبر"
Penggunaan mubtada’ dan khobar pada kalimat yaitu Mubtada
dan khabar harus marfu / rofa.
B.
Kritik
dan Saran
Untuk
bapak/ibu guru yang akan mengajar materi ini, hendaknya tidak menerangkan
terlalu cepat karena materi tersebut harus benar-benar dipahami dengan detail.
Usahakan agar murid-murid paham semuanya,dan kalau bisa diberi PR untuk lebih
memahami materi mubtada’ dan khobar tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar.2012.Dasar
- Dasar Penguasaan Bahasa Arab.Yogyakarta
: Pustaka Pelajar.
Masrukin. 2014. Buku
Bahasa Arab kelas Jakarta. : Kementrian Agama.
Salamah,
Umi. 2016. “Makalah Mubtada dan
Khabar”
No comments:
Post a Comment