1

loading...

Wednesday, January 17, 2018

RESENSI JURNAL PENDIDIKAN ISLAM



RESENSI JURNAL PENDIDIKAN ISLAM

Judul              : “Metode Lagu Dalam Pengajaran
Pendidikan Agama Islam Pada Anak Prasekolah”
Penulis            :1 Lift Anis Ma’shumah, Pembinaan Kesadaran Beragama Pada Anak, Paradigma Pendidikan Islam, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar,
Keywords      :(preschool,hiwar)

Sinopsis
                Pada dasarnya, pendidikan prasekolah (preschool) adalah pendidikanuntuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani rohani anak didik di luar lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar.Perkembangan anak tidak sama dengan pertumbuhannya. Bilapertumbuhan menjelaskan perubahan dalam ukuran, sedangkan perkembangan adalah perubahan dalam kompleksitas dan fungsinya.Aspek perkembangan ini meliputi;
A.    Perkembangan fisik merupakan dasar bagi kemajuan Perkembangan berikutnya. Dengan meningkatnya pertumbuhan Tubuh, baik menyangkut ukuran berat dan tinggi, Kekuatannya memungkinkan anak untuk lebih Mengembangkan keterampilan fisiknya, dan eksplorasi terhadap Lingkungannya tanpa bantuan dari orang tuanya.
B.     Perkembangan kognitif diartikan sebagai kecerdasan atau Berpikir. Kognitif adalah berpikir Dan mengamati.
C.     Perkembangan BahasaAnak-anak yang berada pada tahap usia prasekolah, sudah mampu berbahasa dan mensimbolisasikan obyek-obyek melalui kata-kata.bersifat egosentris.Artinya masih bersifat pada diri mereka sendiri.
D.    Perkembangan emosi berhubungan dengan seluruh Aspek perkembangan anak. Pada tahap ini emosi anak prasekolah Lebih rinci, bernuansa atau disebut terdiferensiasi.
E.     Perkembangan SosialMenurut Endang Purwanti dan Nur Widodo, berpendapat bahwa “Perkembangan sosial adalah proses untuk melakukan komunikasi dengan orang lain.
F.      Perkembangan KepribadianIstilah kepribadian merupakan kualitas perilaku individu yang tampak dalam melakukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan secara unik.
G.    Perkembangan MoralPada masa ini, anak sudah memiliki dasar tentang sikap moralitas terhadap kelompok sosialnya (orang tua, saudara dan teman sebaya).
H.    Perkembangan kesadaran beragamasikap keagamaannya bersifat reseptif (menerima) meskipun Banyak bertanya dan pahan ketuhananya masih khayalan diri sendiri.
Metode-metode pengajaran di tk6
a. Metode Laguadalah metode yang menarik perhatian anak,digemari dan mudah untuk diingat.
b.Metode Bermain merupakan pekerjaan masa kanak-kanak danCermin pertumbuhan anak yang memberikan kesenangan danDilaksanakan untuk kegiatan itu sendiri.
c. Metode Cerita adalah metode yang paling menarik, paling disukai danPaling menempel ingatan seorang anak.
d. MetodeBercakap-cakap (hiwar) mempunyai makna penting bagiPerkembangan anak tk, Karena dapat meningkatkan keterampilanBerkomunikasi dengan orang lain.
e. Metode Kebiasaan mempunyai peranan penting dalam kehidupanmanusia, karena kebiasaan akan menghemat kekuatan pada manusia.
Tujuan pendidikan harus diarahkan pada pengembangan seluruhpotensi yang dimiliki seseorang ke arah perkembangan yang sempurna,yaitu perkembangan fisik, intelektual dan budi pekerti.Ruang lingkup agama Islam meliputi keserasian, keselarasan dankeseimbangan antara:Hubungan manusia dengan Allah SWT, Hubungan manusia dengan sesama manusia, Hubungan manusia dengan dirinya sendiri, Hubungan manusia dengan makhluk lain dan lingkungannya.
33
Kelebihan
Kelebihan Jurnal ini bisa dan mampu memberikan suatu informasi mengenai pengertian pendidikan prasekolah,aspek pengembangan,dan cara atau metode lagu dalam pengajaranPendidikan agama islam pada anak prasekolahFaktor  yang terbukti berpengaruh terhadapmetode lagu dalam pengajaranPendidikan agama islam pada anak prasekolahadalah asek pengembangan diri yang diajarkan kepada anak prasekolah yang dituangkan dalam metode bernyanyi yang sangat disenangi oleh anak-anak

Kekurangan
Kekurangan Jurnal ini memang memberikan suatu informasi mengenai metode-metode dalam pengajaran pendidikan agama islam pada anak prasekolah Yang Berhubungan Dengan aspek-aspek pengembangan diri anak tetapi belum dijelaskan secara detail tentang metode lagu dalam pengajaranPendidikan agama islam pada anak prasekolahfaktor- faktor yang erat hubungannya dengan kejadian metode lagu tersebut seperti bagaimana mengajarkan metode lagu tersebut supaya anak tertarik untuk mengingatnya.

Saran
Saran untuk Jurnal ini supaya menjadi lebih menarik jika menjelaskan secara detail tentang bagaimana,penerapan,dan mensosialisasikan metode lagudalam pengajaran tersebut kepada anak prasekolah yang meliputi metode lagu,bermain,bercerita,bercakap dan metode kebiasaan.

Rekomendasi
Metode Lagu-lagu tersebut dapat diperoleh dengan cara :
1. Secara lisan
2. Melalui kaset
Adapun tema dari lagu-lagu tersebut adalah tema-tema yang dapatmembantu dan memudahkan si anak dalam memperoleh pengetahuan,seperti :
1. Kisah-kisah yang terdapat dalam al-Qur’an seperti kisah-kisah tentang
binatang dan para Nabi
2. Perbuatan-perbuatan yang baik seperti jujur, membaca al-Qur’an dan
ketulusan.
Contoh lagu islami tentang nama-nama nabi:
Adam,Idris,Nuh,Hut,Sholeh,
Ibrahim,Lhut,Ismail,Iskhak,
Yakub,Yusuf,Ayub,Syuayib,
Harun,Musa,Ilyasa,Zulkipli,
Daud,Sulaiman,Ilyas,Yunus,

Zakaria,Yahya,Isya,Muhamad Saw

No comments:

Post a Comment