RESENSI JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
Judul : “Metode Lagu Dalam Pengajaran
Pendidikan Agama Islam Pada
Anak Prasekolah”
Penulis :1
Lift Anis Ma’shumah, Pembinaan
Kesadaran Beragama Pada Anak, Paradigma Pendidikan Islam, (Yogyakarta :
Pustaka Pelajar,
Keywords :(preschool,hiwar)
Sinopsis
Pada
dasarnya, pendidikan prasekolah (preschool) adalah pendidikanuntuk
membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani rohani anak didik di luar
lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar.Perkembangan anak tidak
sama dengan pertumbuhannya. Bilapertumbuhan menjelaskan perubahan dalam ukuran,
sedangkan perkembangan adalah perubahan dalam kompleksitas dan fungsinya.Aspek
perkembangan ini meliputi;
A.
Perkembangan fisik merupakan dasar bagi kemajuan Perkembangan
berikutnya. Dengan meningkatnya pertumbuhan Tubuh, baik menyangkut ukuran berat
dan tinggi, Kekuatannya memungkinkan anak untuk lebih Mengembangkan
keterampilan fisiknya, dan eksplorasi terhadap Lingkungannya tanpa bantuan dari
orang tuanya.
B.
Perkembangan kognitif diartikan sebagai kecerdasan atau
Berpikir. Kognitif adalah
berpikir Dan mengamati.
C.
Perkembangan
BahasaAnak-anak yang berada pada tahap usia prasekolah, sudah mampu berbahasa
dan mensimbolisasikan obyek-obyek melalui kata-kata.bersifat egosentris.Artinya
masih bersifat pada diri mereka sendiri.
D.
Perkembangan emosi berhubungan dengan seluruh Aspek perkembangan anak.
Pada tahap ini emosi anak prasekolah Lebih rinci, bernuansa atau disebut
terdiferensiasi.
E.
Perkembangan
SosialMenurut Endang Purwanti dan Nur Widodo, berpendapat bahwa “Perkembangan
sosial adalah proses untuk melakukan komunikasi dengan orang lain.
F.
Perkembangan
KepribadianIstilah kepribadian merupakan kualitas perilaku individu yang tampak
dalam melakukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan secara unik.
G.
Perkembangan
MoralPada masa ini, anak sudah memiliki dasar tentang sikap moralitas terhadap
kelompok sosialnya (orang tua, saudara dan teman sebaya).
H.
Perkembangan kesadaran beragamasikap keagamaannya bersifat reseptif
(menerima) meskipun Banyak bertanya dan pahan ketuhananya masih khayalan diri
sendiri.
Metode-metode pengajaran
di tk6
a.
Metode Laguadalah metode yang menarik perhatian anak,digemari dan mudah untuk diingat.
b.Metode Bermain merupakan pekerjaan masa
kanak-kanak danCermin pertumbuhan anak yang memberikan kesenangan
danDilaksanakan untuk kegiatan itu sendiri.
c.
Metode Cerita adalah metode yang paling menarik, paling disukai danPaling
menempel ingatan seorang anak.
d. MetodeBercakap-cakap (hiwar) mempunyai makna
penting bagiPerkembangan anak tk, Karena dapat meningkatkan
keterampilanBerkomunikasi dengan orang lain.
e.
Metode Kebiasaan mempunyai peranan penting dalam kehidupanmanusia, karena
kebiasaan akan menghemat kekuatan pada manusia.
Tujuan pendidikan harus diarahkan pada pengembangan seluruhpotensi
yang dimiliki seseorang ke arah perkembangan yang sempurna,yaitu perkembangan
fisik, intelektual dan budi pekerti.Ruang lingkup agama Islam meliputi
keserasian, keselarasan dankeseimbangan antara:Hubungan manusia dengan Allah
SWT, Hubungan manusia dengan sesama manusia, Hubungan manusia dengan dirinya
sendiri, Hubungan manusia dengan makhluk lain dan lingkungannya.
33
Kelebihan
Kelebihan Jurnal ini
bisa dan mampu memberikan suatu informasi mengenai pengertian pendidikan
prasekolah,aspek pengembangan,dan cara atau metode
lagu dalam pengajaranPendidikan agama islam pada anak prasekolahFaktor yang terbukti berpengaruh terhadapmetode lagu dalam pengajaranPendidikan agama islam
pada anak prasekolahadalah asek
pengembangan diri yang diajarkan kepada anak prasekolah yang dituangkan dalam
metode bernyanyi yang sangat disenangi oleh anak-anak
Kekurangan
Kekurangan
Jurnal ini memang memberikan suatu informasi mengenai metode-metode dalam
pengajaran pendidikan agama islam pada anak prasekolah Yang Berhubungan Dengan
aspek-aspek pengembangan diri anak tetapi belum dijelaskan secara detail
tentang metode lagu dalam pengajaranPendidikan
agama islam pada anak prasekolahfaktor- faktor yang erat hubungannya dengan kejadian metode
lagu tersebut seperti bagaimana mengajarkan metode lagu tersebut supaya anak
tertarik untuk mengingatnya.
Saran
Saran untuk
Jurnal ini supaya menjadi lebih menarik jika menjelaskan secara detail tentang
bagaimana,penerapan,dan mensosialisasikan metode lagudalam pengajaran tersebut
kepada anak prasekolah yang meliputi metode lagu,bermain,bercerita,bercakap dan
metode kebiasaan.
Rekomendasi
Metode Lagu-lagu tersebut dapat diperoleh dengan cara :
1.
Secara lisan
2.
Melalui kaset
Adapun tema dari lagu-lagu tersebut adalah tema-tema yang
dapatmembantu dan memudahkan si anak dalam memperoleh pengetahuan,seperti :
1.
Kisah-kisah yang terdapat dalam al-Qur’an seperti kisah-kisah tentang
binatang dan para Nabi
2.
Perbuatan-perbuatan yang baik seperti jujur, membaca al-Qur’an dan
ketulusan.
Contoh
lagu islami tentang nama-nama nabi:
Adam,Idris,Nuh,Hut,Sholeh,
Ibrahim,Lhut,Ismail,Iskhak,
Yakub,Yusuf,Ayub,Syuayib,
Harun,Musa,Ilyasa,Zulkipli,
Daud,Sulaiman,Ilyas,Yunus,
No comments:
Post a Comment