1

loading...

Tuesday, October 30, 2018

KEGIATAN BIMBINGAN KONSELING ANAK PAUD

KEGIATAN BIMBINGAN KONSELING ANAK PAUD

ISI KEGIATAN LAYANAN BK

1.                  Bimbingan Pribadi Sosial
a.    Melatih cara pengendalian dan mengarahkan emosi
b.    Membuat keputusan yang didasarkan pada nilai-nilai yang berlaku  dalam masyarakat
c.    Memahami perkembangan psikoseksual yang sehat
d.    Memahami terbentuknya prasangka dan mengkaji akibat- akibatnya
e.    Mengetahui bagaimana mengatur dan menggunakan waktu secara efektif
f.     Menggambarkan situasi di sekolah dan dirumah serta keterkaitannya
g.    Memahami situasi  dan cara-cara mengendalikan konflik
h.    Membedakan bermacam-macam alternatif membuat pilihan  dengan bermacam-macam resiko  yang mingkin dihadapi.

2.                  Bimbingan Belajar
a.    Mengembangkan kebiasaan belajar yang efektif untuk bekerja dimasa yang akan datang
b.    Memahami kekuatan diri dalam belajar
c.    Dapat mengatur dan menggunakan waktu secara efisien
d.    Mengetahui sebab-sebab kegagalan  dan mengikuti test.

3.                  Bimbingan Karier
a.    Menila  pola karier dan menjelaskan kemungkinan terjadinya perubahan sewaktu-waktu
b.    Menilai perlunya  keluwesan dalam peranan dan pilihan karier
c.    Merencanakan studi lanjutan dan menata tujuan sekolah berdasarkan  penilaian diri dan penjajakan  karier
d.    Mengembangkan kecakapan yang dimiliki  berdasarkan  pengalaman dimasa lalu dan menggunakannya untuk rencana masa depan.

1.                  Bimbingan Pribadi Sosial
a.    Menjabarkan ciri-ciri  dan kemampuan diri sendiri yang paling dihargai
b.    Menemukan cara-cara untuk mengembangkan sikap yang lebih positif
c.    Menilai secara terus menerus pengaruh kegiatan waktu luang terhadap kesehatan fisik dan mental
d.    Menemukan strategi untuk mengatasi penyimpangan dan prasangka terhadap orang lain
e.    Menilai bahwa menghindari tanggung jawab itu, akan menuntut kemampuan mengelola lingkungan secara efektif
f.     Menilai keadaan dan keefektifan hunbungan sosial dan hubungan keluarga
g.    Menerapkan nilai-nilai yang berlaku dalam pemecahan masalah pada situasii konflik
h.    Menelaah keperluan yang telah dibuat agar membantu keputusan dimasa depan, termasuk pemilihan program khusus.

2.                  Bimbingan Belajar
a.    Melihat kembali hubungan antara penggunaan waktu belajar dengan keberhasilan belajar
b.    Mengumpulkan dan mempelajari berbagai informasi  mengenai pemilihan jurusan
c.    Mulai menghubungi l dan mengunjungi lembaga-lembaga pendidikan diatas SMA
d.    Menilai kesenjangan antara tujuan yang diharapkan dengan hasil ulangan yang diperoleh.

3.                  Bimbingan Karier
a.    Menilai pentingnya penataan tujuan karier yang realistik dan mengarahkan diri kepada tujuan itu, termasuk pemilihan jurusan /program khusus
b.    Mengembangkan keterampilan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya perubahn
c.    Mendiskusikan beberapa konflik peranan yang mungkin dialami setelah dewasa
d.    Menilai perlunya memiliki “legalitas” untuk memperoleh keamanan dan kepastian bekerja.

1.                  Bimbingan Pribadi Sosial
a.    Memahami dan menghargai keunikan diri sendiri
b.    Memahami bahwa sikap dan nilai-nilai mempengaruhi kehidupan
c.Menelaah keterampilan pribadi yang dapat menunjang kepuasan fisik dan mental
d.    Menghargai adanya perbedaan latar belakang budaya
e.    Memahami bahwa rasa tanggung jawab dapat meningkatkan kehidupan
f. Memahami perlunya  memelihara hubungan yang efektif sepanjang hayat
g.    Menilai kemampuan berkomunikasi dan penyelesaian konflik serta  cara mengatasi selanjutnya
h.    Menilai kecakapan dalam membuat alternatif  pilihan mengumpulkan informasi dan menilai konsekuensi dari keputusan yang dibuat.

2.                  Bimbingan Belajar
a.    Memahami bahwa belajar itu berlangsung sepanjang hayat
b.    Memahami tujuan pendidikan dimasa yang akan datang
c.    Merencanakan kelanjutan studi yang akan dimasuki setelah tamat SD
d.    Mempersiapkan diri untuk menghadapi masuk ke SLTP.



3.                  Bimbingan Karier
a.    Menata kembali tujuan-tujuan karier
b.    Menelaah hubungan antara peranan dalam pekerjaan dan dalam keluarga
c.    Mempelajari strategi untuk menghadapi diskriminasi dan pelecehan dalam dunia kerja
d.    Menilai keterampilan dan kecakapan yang dimiliki sekarang dan dimasa depan.    



OPERASIONAL PROGRAM LAYANAN BK
NO
KEGIATAN
TUJUAN LAYANAN
PELAKSANA
SARANA
1
PERSIAPAN
1.     Studi Kelayakan


2.     Penyusunan Program BK


3.     Konsultasi Program


4.     Penyediaan fasilitas


5.     Pertemuan Guru pembimbing

6.     Latihan/Penataran BK
Mengumpulkan informasi tentang berbagai hal yang dibutuhkan untuk penyusunan program BK

Merumuskan masalah dan tujuan, cara pencapaian, organisasi personalia, anggaran, dsb.

Membahas usulan program BK sehingga dapat dilaksanakan

Agar tersedia fasilitas fisik dan teknis yang menunjang pelaksanaan BK

Mengatur cara bekerja dan pembagian tugas membimbing

Memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam layanan BK
Guru pembimbing



Guru pembimbing
Kepala Sekolah


Koordinator BK
Kepala Sekolah

Urusan sarana
Kepala Sekolah

Koordinator BK &Staff BK

Koordinator BK Organisasi profesi /BK
Angket siswa
Pedoman wawancara
DP4
Kalender pendidikan kurikulum pedoman BK
Usulan program BK

Usulan pengadaan fasilitas
SK Kepsekttg tugas membimbing
Surat tugas Kepsek
2
LAYANAN
1.     Layanan Orientasi
1.1  Orientasi Sekolah



1.2  Orientasi kurikulum SD

2.     Layanan Informasi
2.1   Tata tertib Sekolah


2.2   Kegiatan Ekstrakurikuler


2.3   Bimbingan Pribadi



2.4   Bimbingan sosial


2.5   Bimbingan belajar



2.6   Bimbingan karier



3.     Layanan penempatan dan penyaluran
3.1   Penempatan Kelas
3.2   Keg. Ekstrakurikuler
3.3   Kedudukan dlmkls
3.4   Keg. Penjurusan


Untuk mengenal lingkungan sekolah secara benar tentang fasilitas, PBM, Personil, dsb.

Untuk mengenal KTSP BK dan tujuan pendidikan nasional layanan BK


Memahami tata tertib yang berlaku di sekolah

Memahami kegiatan pramuka, Olahraga, Kesenian


Memberikan pemahaman tentang kondisi diri pribadi dan menemukan identitas diri

Memberikan pemahaman tentang penyesuaian sosial

Memberikan pemahaman tentang belajar dan membentuk sikap dan kebiasaan belajar yang efektif

Memberikan pemahaman tentang diri dan lingkungan serta hambatan-hambatan kemudian mampu membuat rencana karier



Menempatkan siswa sesuai kemampuan bakat dan kepribadian dalam kelompok belajar, kelompok ekstra dan penjurusan


Guru. Kelas, guru pembimbing

Guru Kelas Guru pembimbing

Guru kelas
,
Guru pembimbing
Pemb. Pramuka,
Pramuka, ,
Kesenian

Guru pembimbing



Guru pembimbing


Guru pembimbing



Guru pembimbing






Guru  Kelas
Guru pembimbing



Bk Penataran
Org. Sekolah
Org. OSIS
KTSP 2006
Bag. Layanan BK

Juklak tata tertib

SK Kepsek



SK Kepsek
Buku sumber, LKS

SK Kepsek
Buku sumber, LKS
SK Kepsek
Buku sumber, LKS

SK Kepsek
Buku sumber, LKS




Angket penjurusan sosiometri



NO
KEGIATAN
TUJUAN LAYANAN
PELAKSANA
SARANA

















3
4.     Layanan Pembelajaran
4.1   Cara-cara belajar
4.2   Kesulitan belajar

5.     Layanan Bimbingan Kelompok


6.     Layanan Konseling perorangan


7.     Layanan Konseling Kelompok



KEGIATAN PENDUKUNG
1.     Aplikasi Instrumen Bimbingan
1.1   Tes psikologi
1.2   Absensi
1.3   Sosiometri
1.4   Daftar cek masalah
2.     Himpunan Data


3.     Konferensi Kasus
4.     Kunjungan Rumah
5.     Alih tangan kasus
Agar siswa dapat memperoleh keberhasilan belajar secara optimal sesuai dengan potensinya


Agar siswa dapat berinteraksi secara positif dengan lingkungannya


Untuk membantu sistem secara perorangan dalam memecahkan masalah

Agar siswa dapat memecahkan masalahnya dalam dinamika kelompok



Mengaplikasikan intrumentasi bimbingan dalam layanan kegiatan BK




Menghimpun data siswa untuk kepentingan layanan BK

Membantu siswa dalam menyelesaikan maslah mengkaji kasus yang memerlukan sumbangan-sumbangan, ide-ide dari berbagai pihak yang terkait dalam membantu siswa mengatasi permasahannya
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    

No comments:

Post a Comment