KEGIATAN BIMBINGAN KONSELING ANAK PAUD
ISI KEGIATAN LAYANAN BK
1.
Bimbingan Pribadi Sosial
a. Melatih
cara pengendalian dan mengarahkan emosi
b. Membuat
keputusan yang didasarkan pada nilai-nilai yang berlaku dalam
masyarakat
c. Memahami
perkembangan psikoseksual yang sehat
d. Memahami
terbentuknya prasangka dan mengkaji akibat- akibatnya
e. Mengetahui
bagaimana mengatur dan menggunakan waktu secara efektif
f. Menggambarkan
situasi di sekolah dan dirumah serta keterkaitannya
g. Memahami
situasi dan cara-cara mengendalikan konflik
h. Membedakan
bermacam-macam alternatif membuat pilihan dengan bermacam-macam
resiko yang mingkin dihadapi.
2.
Bimbingan Belajar
a. Mengembangkan
kebiasaan belajar yang efektif untuk bekerja dimasa yang akan datang
b. Memahami
kekuatan diri dalam belajar
c. Dapat
mengatur dan menggunakan waktu secara efisien
d. Mengetahui
sebab-sebab kegagalan dan mengikuti test.
3.
Bimbingan Karier
a. Menila pola
karier dan menjelaskan kemungkinan terjadinya perubahan sewaktu-waktu
b. Menilai
perlunya keluwesan dalam peranan dan pilihan karier
c. Merencanakan
studi lanjutan dan menata tujuan sekolah berdasarkan penilaian diri
dan penjajakan karier
d. Mengembangkan
kecakapan yang dimiliki berdasarkan pengalaman dimasa
lalu dan menggunakannya untuk rencana masa depan.
1.
Bimbingan Pribadi Sosial
a. Menjabarkan
ciri-ciri dan kemampuan diri sendiri yang paling dihargai
b. Menemukan
cara-cara untuk mengembangkan sikap yang lebih positif
c. Menilai
secara terus menerus pengaruh kegiatan waktu luang terhadap kesehatan fisik dan
mental
d. Menemukan
strategi untuk mengatasi penyimpangan dan prasangka terhadap orang lain
e. Menilai
bahwa menghindari tanggung jawab itu, akan menuntut kemampuan mengelola
lingkungan secara efektif
f. Menilai
keadaan dan keefektifan hunbungan sosial dan hubungan keluarga
g. Menerapkan
nilai-nilai yang berlaku dalam pemecahan masalah pada situasii konflik
h. Menelaah
keperluan yang telah dibuat agar membantu keputusan dimasa depan, termasuk
pemilihan program khusus.
2.
Bimbingan Belajar
a. Melihat
kembali hubungan antara penggunaan waktu belajar dengan keberhasilan belajar
b. Mengumpulkan
dan mempelajari berbagai informasi mengenai pemilihan jurusan
c. Mulai
menghubungi l dan mengunjungi lembaga-lembaga pendidikan diatas SMA
d. Menilai
kesenjangan antara tujuan yang diharapkan dengan hasil ulangan yang diperoleh.
3.
Bimbingan Karier
a. Menilai
pentingnya penataan tujuan karier yang realistik dan mengarahkan diri kepada
tujuan itu, termasuk pemilihan jurusan /program khusus
b. Mengembangkan
keterampilan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya perubahn
c. Mendiskusikan
beberapa konflik peranan yang mungkin dialami setelah dewasa
d. Menilai
perlunya memiliki “legalitas” untuk memperoleh keamanan dan kepastian bekerja.
1.
Bimbingan Pribadi Sosial
a. Memahami
dan menghargai keunikan diri sendiri
b. Memahami
bahwa sikap dan nilai-nilai mempengaruhi kehidupan
c.Menelaah
keterampilan pribadi yang dapat menunjang kepuasan fisik dan mental
d. Menghargai
adanya perbedaan latar belakang budaya
e. Memahami
bahwa rasa tanggung jawab dapat meningkatkan kehidupan
f. Memahami
perlunya memelihara hubungan yang efektif sepanjang hayat
g. Menilai
kemampuan berkomunikasi dan penyelesaian konflik serta cara
mengatasi selanjutnya
h. Menilai
kecakapan dalam membuat alternatif pilihan mengumpulkan informasi
dan menilai konsekuensi dari keputusan yang dibuat.
2.
Bimbingan Belajar
a. Memahami bahwa belajar itu
berlangsung sepanjang hayat
b. Memahami tujuan pendidikan dimasa
yang akan datang
c. Merencanakan kelanjutan studi yang
akan dimasuki setelah tamat SD
d. Mempersiapkan diri untuk
menghadapi masuk ke SLTP.
3.
Bimbingan Karier
a. Menata
kembali tujuan-tujuan karier
b. Menelaah
hubungan antara peranan dalam pekerjaan dan dalam keluarga
c. Mempelajari
strategi untuk menghadapi diskriminasi dan pelecehan dalam dunia kerja
d. Menilai
keterampilan dan kecakapan yang dimiliki sekarang dan dimasa depan.
OPERASIONAL PROGRAM LAYANAN BK
NO
|
KEGIATAN
|
TUJUAN LAYANAN
|
PELAKSANA
|
SARANA
|
1
|
PERSIAPAN
1. Studi
Kelayakan
2. Penyusunan
Program BK
3. Konsultasi
Program
4. Penyediaan
fasilitas
5. Pertemuan
Guru pembimbing
6. Latihan/Penataran
BK
|
Mengumpulkan
informasi tentang berbagai hal yang dibutuhkan untuk penyusunan program BK
Merumuskan
masalah dan tujuan, cara pencapaian, organisasi personalia, anggaran, dsb.
Membahas
usulan program BK sehingga dapat dilaksanakan
Agar
tersedia fasilitas fisik dan teknis yang menunjang pelaksanaan BK
Mengatur
cara bekerja dan pembagian tugas membimbing
Memberikan
pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam layanan BK
|
Guru
pembimbing
Guru
pembimbing
Kepala
Sekolah
Koordinator
BK
Kepala
Sekolah
Urusan
sarana
Kepala
Sekolah
Koordinator
BK &Staff BK
Koordinator
BK Organisasi profesi /BK
|
Angket
siswa
Pedoman
wawancara
DP4
Kalender
pendidikan kurikulum pedoman BK
Usulan
program BK
Usulan
pengadaan fasilitas
SK
Kepsekttg tugas membimbing
Surat
tugas Kepsek
|
2
|
LAYANAN
1. Layanan
Orientasi
1.1 Orientasi
Sekolah
1.2 Orientasi
kurikulum SD
2. Layanan
Informasi
2.1 Tata
tertib Sekolah
2.2 Kegiatan
Ekstrakurikuler
2.3 Bimbingan
Pribadi
2.4 Bimbingan
sosial
2.5 Bimbingan
belajar
2.6 Bimbingan
karier
3. Layanan
penempatan dan penyaluran
3.1 Penempatan
Kelas
3.2 Keg.
Ekstrakurikuler
3.3 Kedudukan
dlmkls
3.4 Keg.
Penjurusan
|
Untuk
mengenal lingkungan sekolah secara benar tentang fasilitas, PBM, Personil,
dsb.
Untuk
mengenal KTSP BK dan tujuan pendidikan nasional layanan BK
Memahami
tata tertib yang berlaku di sekolah
Memahami
kegiatan pramuka, Olahraga, Kesenian
Memberikan
pemahaman tentang kondisi diri pribadi dan menemukan identitas diri
Memberikan
pemahaman tentang penyesuaian sosial
Memberikan
pemahaman tentang belajar dan membentuk sikap dan kebiasaan belajar yang
efektif
Memberikan
pemahaman tentang diri dan lingkungan serta hambatan-hambatan kemudian mampu
membuat rencana karier
Menempatkan
siswa sesuai kemampuan bakat dan kepribadian dalam kelompok belajar, kelompok
ekstra dan penjurusan
|
Guru.
Kelas, guru pembimbing
Guru
Kelas Guru pembimbing
Guru
kelas
,
Guru
pembimbing
Pemb.
Pramuka,
Pramuka,
,
Kesenian
Guru
pembimbing
Guru
pembimbing
Guru
pembimbing
Guru
pembimbing
Guru Kelas
Guru
pembimbing
|
Bk
Penataran
Org.
Sekolah
Org.
OSIS
KTSP
2006
Bag.
Layanan BK
Juklak
tata tertib
SK
Kepsek
SK
Kepsek
Buku
sumber, LKS
SK
Kepsek
Buku
sumber, LKS
SK
Kepsek
Buku
sumber, LKS
SK
Kepsek
Buku
sumber, LKS
Angket
penjurusan sosiometri
|
NO
|
KEGIATAN
|
TUJUAN LAYANAN
|
PELAKSANA
|
SARANA
|
3
|
4. Layanan
Pembelajaran
4.1 Cara-cara
belajar
4.2 Kesulitan
belajar
5. Layanan
Bimbingan Kelompok
6. Layanan
Konseling perorangan
7. Layanan
Konseling Kelompok
KEGIATAN
PENDUKUNG
1. Aplikasi
Instrumen Bimbingan
1.1 Tes
psikologi
1.2 Absensi
1.3 Sosiometri
1.4 Daftar
cek masalah
2. Himpunan
Data
3. Konferensi
Kasus
4. Kunjungan
Rumah
5. Alih
tangan kasus
|
Agar siswa dapat memperoleh keberhasilan belajar secara
optimal sesuai dengan potensinya
Agar siswa dapat berinteraksi secara positif
dengan lingkungannya
Untuk membantu sistem secara perorangan dalam
memecahkan masalah
Agar siswa dapat memecahkan masalahnya dalam
dinamika kelompok
Mengaplikasikan intrumentasi bimbingan dalam
layanan kegiatan BK
Menghimpun data siswa untuk kepentingan layanan BK
Membantu siswa dalam menyelesaikan maslah mengkaji
kasus yang memerlukan sumbangan-sumbangan, ide-ide dari berbagai pihak yang
terkait dalam membantu siswa mengatasi permasahannya
|
No comments:
Post a Comment