RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                        :
 
Kelas /Semester           : 
V/2 (dua )
Tema                            :  Panas dan Perpindahannya
Sub tema 1                   :  Suhu dan Kalor
Pembelajaran ke-        : 
1
Fokus Pembelajaran   :  Bahasa Indonesia dan IPA
Alokasi Waktu            : 
2 x 35
menit 
A.  KOMPETENSI
INTI (KI)
1.   
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya. 
2.   
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga. 
3.   
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.   
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
Indikator Pencapaian Kompetensi 
 | 
 
| 
   
•       Meringkas teks penjelasan 
       
  (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik. 
 | 
  
   
•       Membuat kesimpulan bacaan, siswa
  mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat. 
 | 
 
| 
   
•       Menyajikan ringkasan teks 
       
  penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan
  menggunakan kosakata baku
  dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan 
       visual 
 | 
  
   
•       menuliskan kata-kata kunci yang
  ditemukan dalam tiap paragraph bacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi
  pada media cetak secara tepat. 
 | 
 
IPA
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
Indikator Pencapaian Kompetensi 
 | 
 
| 
   
•       Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari 
 | 
  
   
•          
  Mengidentifikasikan benda-benda sekitar yang dapat
  menghantarkan panas 
•          
  Mendemonstrasikan kegiatan untuk membedakan suhu dan kalor 
 | 
 
| 
   
•       Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan
  kalor. 
 | 
  
   
•          
  Memahami perbedaan suhu dan kalor 
 | 
 
C.  TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.   
Dengan menuliskan kata-kata
kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf bacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.
2.   
Dengan membuat kesimpulan
bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.
3.   
Dengan melakukan pengamatan
tentang bagaimana sumber energi panas dapat menyebabkan perubahan, siswa mampu menerapkan konsep perpindahan kalor dalam
kehidupan sehari-hari secara bertangung jawab.
4.   
Dengan membuat laporan
percobaan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor secara tepat.
D.  MATERI
PEMBELAJARAN
1.     
Teks Penjelasan 
2.     
Ringkasan 
3.     
Kalimat efektif
4.     
Kalor dan Perpindahannya
5.     
Suhu dan kalor
6.     
Perpindahan kalor
E.  METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  :            Saintifik.
Metode Pembelajaran        : Simulasi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F.  
MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER
BELAJAR
Media/Alat          :
1. Teks bacaan.
                               2. Gambar
Bahan                  :
-
Sumber Belajar    :
1. Buku Guru dan Buku Siswa
Kelas V, Tema 6: Panas dan  Perpindahannya.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| 
   
Kegiatan 
 | 
  
   
Deskripsi 
 | 
  
   
Alokasi Waktu 
 | 
 
| 
   
Pendahuluan 
 | 
  
   
1.       Kelas dibuka dengan salam, kemudian
  guru mengajak siswa untuk berdoa. 
2.       Guru
  menanyakan kabar, dan
  mengecek kehadiran siswa. 
3.       Guru
  mengajak siswa untuk menyanyikan lagu indonesia raya. 
4.       Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pembelajaran
  yang akan dipelajari. 
 | 
  
   
10 menit 
 | 
 
| 
   
Kegiatan inti 
 | 
  
   
1.       
  Guru memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus rasa
  ingin tahu siswa, tentang topik yang akan dibahas pada tema. 
- Apakah menurutmu panas bisa berpindah? 
- Bagaimana caranya panas berpindah? 
- Apakah kamu pernah memegang gagang
  panci di atas kompor yang menyala? Apakah kamu merasakan panas? 
Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? 
Ayo Mengamati 
     
   Siswa mencermati gambar yang ditunjukan guru kepada siswa, guru mengarahkan siswa untuk diskusi dengan teman
  sebangkunya,
  lalu meminta siswa untuk mengamati gambar tersebut. 
- Mengapa baju yang basah apabila
  dijemur dibawah sinar  matahari bisa
  kering? 
- Apa yang terjadi pada air di dalam
  panci tersebut? 
- Sumber
  panas apa saja yang dapat kamu temukan dalam gambar? 
Ayo Membaca 
•   
  Siswa membaca teks bacaan yang berjudul “Sumber Energi Panas” di dalam
  hati. Siswa diperbolehkan untuk menggaris bawahi informasi penting yang ia
  temukan dalam bacaan. 
•        
  Guru meminta siswa untuk
  menjawab pertanyaan yang disediakan berdasarkan informasi yang didapat dari
  bacaan. 
•     Setelah siswa seleasi menjawab pertanyaan.
  Guru mengajak siswa untuk membahas jawaban dari pertanyaan tersebut secara bersama-sama. 
Ayo Menulis 
•  
  Siswa membaca kembali bacaan Sumber Energi Panas, kemudian menjawab
  pertanyaan yang berhubungan dengan isi bacaan 
•    
  Siswa menuliskan kata-kata kunci yang ia temukan di setiap paragraf.
  Guru memberikan penjelasan tentang makna kata kunci, bahwa kata kunci adalah
  kata-kata yang dianggap penting dalam paragraf terkait. 
•   
  Hasil dari kegiatan pembelajaran pada tahap ini, dapat digunakan untuk
  memahamkan KD Bahasa Indonesia tentang meringkas teks penjelasan, khususnya
  mengenai kata kunci dalam teks penjelasan. 
 | 
  
   
50 menit 
 | 
 
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
1.       
  Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari
  ini. 
2.       
  Guru
  memberikan pekerjaan rumah pada siswa. 
3.       
  Kelas ditutup dengan membaca hamdallah bersama-sama. 
 | 
  
   
10 menit 
 | 
 
| 
   
Mengetahui 
               Guru
  Pamong 
 | 
  
   | 
  
   
Bengkulu,                        201 
Mahasiswa PPL 
 | 
 
No comments:
Post a Comment