RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Kelas /Semester :
V/2 (dua )
Tema : Panas dan Perpindahannya
Sub tema 1 : Suhu dan Kalor
Pembelajaran ke- :
1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan IPA
Alokasi Waktu :
2 x 35
menit
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
• Meringkas teks penjelasan
(eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
|
• Membuat kesimpulan bacaan, siswa
mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.
|
• Menyajikan ringkasan teks
penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan
menggunakan kosakata baku
dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan
visual
|
• menuliskan kata-kata kunci yang
ditemukan dalam tiap paragraph bacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi
pada media cetak secara tepat.
|
IPA
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
• Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
|
•
Mengidentifikasikan benda-benda sekitar yang dapat
menghantarkan panas
•
Mendemonstrasikan kegiatan untuk membedakan suhu dan kalor
|
• Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan
kalor.
|
•
Memahami perbedaan suhu dan kalor
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan menuliskan kata-kata
kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf bacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.
2.
Dengan membuat kesimpulan
bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.
3.
Dengan melakukan pengamatan
tentang bagaimana sumber energi panas dapat menyebabkan perubahan, siswa mampu menerapkan konsep perpindahan kalor dalam
kehidupan sehari-hari secara bertangung jawab.
4.
Dengan membuat laporan
percobaan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor secara tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Teks Penjelasan
2.
Ringkasan
3.
Kalimat efektif
4.
Kalor dan Perpindahannya
5.
Suhu dan kalor
6.
Perpindahan kalor
E. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Simulasi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F.
MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER
BELAJAR
Media/Alat :
1. Teks bacaan.
2. Gambar
Bahan :
-
Sumber Belajar :
1. Buku Guru dan Buku Siswa
Kelas V, Tema 6: Panas dan Perpindahannya.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Kelas dibuka dengan salam, kemudian
guru mengajak siswa untuk berdoa.
2. Guru
menanyakan kabar, dan
mengecek kehadiran siswa.
3. Guru
mengajak siswa untuk menyanyikan lagu indonesia raya.
4. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pembelajaran
yang akan dipelajari.
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
1.
Guru memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus rasa
ingin tahu siswa, tentang topik yang akan dibahas pada tema.
- Apakah menurutmu panas bisa berpindah?
- Bagaimana caranya panas berpindah?
- Apakah kamu pernah memegang gagang
panci di atas kompor yang menyala? Apakah kamu merasakan panas?
Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?
Ayo Mengamati
Siswa mencermati gambar yang ditunjukan guru kepada siswa, guru mengarahkan siswa untuk diskusi dengan teman
sebangkunya,
lalu meminta siswa untuk mengamati gambar tersebut.
- Mengapa baju yang basah apabila
dijemur dibawah sinar matahari bisa
kering?
- Apa yang terjadi pada air di dalam
panci tersebut?
- Sumber
panas apa saja yang dapat kamu temukan dalam gambar?
Ayo Membaca
•
Siswa membaca teks bacaan yang berjudul “Sumber Energi Panas” di dalam
hati. Siswa diperbolehkan untuk menggaris bawahi informasi penting yang ia
temukan dalam bacaan.
•
Guru meminta siswa untuk
menjawab pertanyaan yang disediakan berdasarkan informasi yang didapat dari
bacaan.
• Setelah siswa seleasi menjawab pertanyaan.
Guru mengajak siswa untuk membahas jawaban dari pertanyaan tersebut secara bersama-sama.
Ayo Menulis
•
Siswa membaca kembali bacaan Sumber Energi Panas, kemudian menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan isi bacaan
•
Siswa menuliskan kata-kata kunci yang ia temukan di setiap paragraf.
Guru memberikan penjelasan tentang makna kata kunci, bahwa kata kunci adalah
kata-kata yang dianggap penting dalam paragraf terkait.
•
Hasil dari kegiatan pembelajaran pada tahap ini, dapat digunakan untuk
memahamkan KD Bahasa Indonesia tentang meringkas teks penjelasan, khususnya
mengenai kata kunci dalam teks penjelasan.
|
50 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari
ini.
2.
Guru
memberikan pekerjaan rumah pada siswa.
3.
Kelas ditutup dengan membaca hamdallah bersama-sama.
|
10 menit
|
Mengetahui
Guru
Pamong
|
|
Bengkulu, 201
Mahasiswa PPL
|
No comments:
Post a Comment