1

loading...

Wednesday, January 30, 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA & IPA


          RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(RPP)


Sekolah                        :  
Kelas /Semester           :  V/2 (dua )
Tema                            :  Panas dan Perpindahannya
Sub tema 1                   :  Suhu dan Kalor
Pembelajaran ke-        :  1
Fokus Pembelajaran   :  Bahasa Indonesia dan IPA
Alokasi Waktu            :  2 x 35 menit

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
       Meringkas teks penjelasan
        (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
       Membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.
       Menyajikan ringkasan teks
        penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan
       visual
       menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraph bacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.

IPA
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
       Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
           Mengidentifikasikan benda-benda sekitar yang dapat menghantarkan panas
           Mendemonstrasikan kegiatan untuk membedakan suhu dan kalor
       Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor.
           Memahami perbedaan suhu dan kalor

C.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf bacaan, siswa mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.
2.    Dengan membuat kesimpulan bacaan, siswa mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.
3.    Dengan melakukan pengamatan tentang bagaimana sumber energi panas dapat menyebabkan perubahan, siswa mampu menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertangung jawab.
4.    Dengan membuat laporan percobaan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor secara tepat.

D.  MATERI PEMBELAJARAN
1.      Teks Penjelasan
2.      Ringkasan
3.      Kalimat efektif
4.      Kalor dan Perpindahannya
5.      Suhu dan kalor
6.      Perpindahan kalor

E.  METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran  :            Saintifik.
Metode Pembelajaran        : Simulasi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F.   MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat          : 1. Teks bacaan.
                               2. Gambar
Bahan                  : -
Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas V, Tema 6: Panas dan  Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                           
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Kelas dibuka dengan salam, kemudian guru mengajak siswa untuk berdoa.
2.       Guru menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.       Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu indonesia raya.
4.       Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pembelajaran yang akan dipelajari.



10 menit
Kegiatan inti
1.        Guru memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa, tentang topik yang akan dibahas pada tema.
- Apakah menurutmu panas bisa berpindah?
- Bagaimana caranya panas berpindah?
- Apakah kamu pernah memegang gagang panci di atas kompor yang menyala? Apakah kamu merasakan panas?
Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?
Ayo Mengamati
       Siswa mencermati gambar yang ditunjukan guru kepada siswa, guru mengarahkan siswa untuk diskusi dengan teman sebangkunya, lalu meminta siswa untuk mengamati gambar tersebut.
- Mengapa baju yang basah apabila dijemur dibawah sinar  matahari bisa kering?
- Apa yang terjadi pada air di dalam panci tersebut?
- Sumber panas apa saja yang dapat kamu temukan dalam gambar?
Ayo Membaca
    Siswa membaca teks bacaan yang berjudul “Sumber Energi Panas” di dalam hati. Siswa diperbolehkan untuk menggaris bawahi informasi penting yang ia temukan dalam bacaan.
         Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan yang disediakan berdasarkan informasi yang didapat dari bacaan.
    Setelah siswa seleasi menjawab pertanyaan. Guru mengajak siswa untuk membahas jawaban dari pertanyaan tersebut secara bersama-sama.
Ayo Menulis
   Siswa membaca kembali bacaan Sumber Energi Panas, kemudian menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi bacaan
     Siswa menuliskan kata-kata kunci yang ia temukan di setiap paragraf. Guru memberikan penjelasan tentang makna kata kunci, bahwa kata kunci adalah kata-kata yang dianggap penting dalam paragraf terkait.
    Hasil dari kegiatan pembelajaran pada tahap ini, dapat digunakan untuk memahamkan KD Bahasa Indonesia tentang meringkas teks penjelasan, khususnya mengenai kata kunci dalam teks penjelasan.












50 menit
Penutup
1.        Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
2.        Guru memberikan pekerjaan rumah pada siswa.
3.        Kelas ditutup dengan membaca hamdallah bersama-sama.


10 menit

Mengetahui

               Guru Pamong




              
              

Bengkulu                      201


Mahasiswa PPL






No comments:

Post a Comment