1

loading...

Jumat, 01 November 2019

MAKALAH PERAN WALI SONGO DALAM PENYEBARAN ISLAM DI PULAU JAWA SEJARAH ISLAM INDONESIA


MAKALAH PERAN WALI SONGO DALAM PENYEBARAN ISLAM DI PULAU JAWA

SEJARAH ISLAM INDONESIA

A.    Pengertian Walisongo
            Ada beberapa pendapat mengenai arti Walisongo. Pertama adalah wali yang sembilan, menandakan jumlah wali yang sembilan orang, atau sanga dalam bahasa Jawa. Wali berasal dari bahasa Arab suatu bentuk singkatan dari waliyullah yang artinya wali Allah; sahabat Allah; orang yang mencintai dan dicintai Allah (Dadan Wildan, 2012:199, Rachmat Abdullah, 2016:64 & Ricklefs, 2008:8). Wali juga bermakna orang shaleh (suci); penyebar agama; kepala pemerintahan dan sebagainya (Depdiknas, 2005:1267).
              Kata wali berasal dari bahasa Arab wala atau waliya yang berarti qoroba, yaitu dekat dengan; menguasai, mengurus, memerintah, menolong, dan lain-lain (Sholeh So’an 2002:50). Dalam al-Qur’an istilah tersebut (wali) dipakai dengan pengertian kekasih (baca: Q.S. al-Jumu’ah [62] : 6), pelindung (baca: Q.S. al-Baqarah [2] : 107), penolong (baca: Q.S. at-Taubah [9] : 71), pemimpin (baca: Q.S. al-Maidah [5] : 57), teman setia (baca: Q.S. Fushshilat [41] : 34). (Risalah, No. 11 Februari 2010:28-29).
              Bertalian dengan istilah wali, terdapat beberapa pendapat, diantaranya sebagai berikut:
·         Muhammad Jamaluddin al-Qasimi berkata “Kata wali menurut makna asalnya ialah kebalikan dari musuh, dengan demikian maka artinya: orang yang mencintai Allah dengan ketaatan penyembahan serta pengabdian kepada-Nya. Kecuali itu juga mempunyai makna sebagai penderita, artinya: orang-orang dicintai oleh Allah dengan memperoleh kemuliaan dari-Nya”.
·         Syaikh Yusuf bin Ismail al-Nabhani berkata “Maka arti kata wali ialah orang yang secara terus-menerus taat batinnya kepada Allah tanpa diselingi perbuatan dosa”.
            Dalam kapasitas tersebut mereka disebut pula dengan sunan, kependekan dari suhun, susuhunan atau sinuhun, dengan disertai atau tidak disertai sebutan kanjeng sebagai kependekan dari kata kang jumeneng, pangeran, atau sebutan lain yang biasa diterapkan bagi para raja atau penguasa pemerintah daerah di jawa. Yang berarti “menghormati”, disini bentuk pasifnya yang berarti “dihormati”. Sebagian lagi berpendapat bahwa songo berasal dari kata sangha dari istilah agama Budha yang berarti perkumpulan atau jamaah para Bhiksu Budha (Dadan Wildan, 2012:199 & Ricklefs, 2008:18).
B.     Nama-Nama Walisongo

1.      Sunan Gresik
            Sunan Gresik adalah Maulana Malik Ibrahim. Nama lain yang sering dipakai oleh beliau ialah “Maulana Maghribi atau Maulana Ibrahim”. Menurut Au Su’ud disebut demikian karena kemungkinan dia berasal dari negeri Magribi (Maroko), yaitu tempat matahari terbenam. Namun tidak ada bukti lain tentang kebenaran kemungkinan tersebut. Masalah waktu kelahiran Maulana Malik Ibrahim tidak ada kesepakan di kalangan para ahli sejarah. Akan tetapi ia diperkirakan lahir sekitar pertengahan abad ke-14 (1350). Ulama dari negeri Arab bin Sayid Zainul Aliem bin Sayid Zainul Abidin bin Sayidina Husain bin Ali.
            Bahkan pada waktu datangnya ke Indonesia, khususnya ke pulau jawa, tidak ada berita secara pasti, namun setelah tiba di pulau Jawa beliau menetap di sebuah desa Leran yang terletak di luar kota Gresik, dan di desa Leran inilah beliau menjalankan dakwah Islam dimana rakyat setempat banyak tertarik dengan agama baru ini, lalu memeluknya menjadi pengikut Islam. Dalam beberapa literatur, kedatangan Maulana Malik Ibrahim ke tanah Jawa dicatat sebagai permulaan masuknya Islam. Karena itu, ia dianggap sebagai orang yang mula-mula memasukkan Islam ke Jawa dan sebagai pendiri pondok pesantren pertama di Indonesia, sehingga disebut bapak pesantren Jawa.
            Pada saat itu, Maulana Malik Ibrahim menghadap raja Majapahit dan menceritakan maksudnya mau berdakwah Islam sekalipun mengajak raja Majapahit untuk memeluk Islam. Waktu meninggalkan istana Majapahit, maka oleh raja Majapahit diberi sebidang tanah di Desa Gapura, Gresik, sebagai tempat mengembangkan Islam. Tanah yang dihadiahkan raja Majapahit itu dikenal dengan sebutan “Tanah Perdikan”, [yang mana] di atas tanah tersebut didirikan sebuah masjid untuk tempat beribadah dan tempat mengajarkan Islam. Urut tradisi/babad Jawa, maka Maulana Malik Ibrahim adalah seorang ulama dari tanah Arab, keturunan Zainal Abidin, cicit Nabi Muhammad, demikian tulis Prof. Dr. Husein Djayadiningrat. Menurut Prof. Dr. Hamka, bahwa “nampaknya Maulana Malik Ibrahim datang dari Kasyan, Persia, bangsa Arab dari keturunan Rasulullah, yang datang ke Jawa sebagai penyebar agama Islam”, dan menurut Minhajul Afkar diduga Maulana Malik Ibrahim berasal dari Gujarat. Ia berdasarkan tulisannya pada:
1)      Tulisan Tome’ Pires yaitu: At the time in which pagan were living on the coast of Java, many persians, Arans and gujjarad traders used to come these pleaces.
2)      Tulisan J.P. Moquette yang menyetakan bahwa batu nisan dari makam Maulana Malik Ibrahim berasal dari Cambay, Gujarat, yang mirip sekali dengan batu nisan makan Umar bin Ahmad al-Kazarani yang terdapat di Cambay, Gujarat.
            Maulana Malik Ibrahim tidak pernah menentang agama dan keyakinan penduduk asli dengan tajam. Adat istiadat mereka pun tidak ditentang secara terbuka. Thomas Stamford Raffles menyemukakan pandangan Maulana Malik Ibrahim mengenai ketuhanan. Dikemukakan bahwa yang penting tentang Tuhan Allah adalah keberadaannya. Dalam menyebarkan ajaran Islam, Maulana Malik Ibrahim dihadapkan pada keadaan masyarakat Jawa yang pada umunya adalah pemeluk agama Hindu dan Budha dan berada dalam kekuasaan kerajaan Majapahit. Masyarakat pada waktu itu menganut struktur sosial yang berkasta, yaitu kasta Sudra, kasta Waisya, kasta Ksatria, dan Kasta Brahmana. Masyarakat yang demikianlah yang menjadi sasaran dakwah para saudagar muslim dan Maulana Malik Ibrahim, karena menurut mereka bahwa umat manusia adalah sama kedudukan dan derajatnya di hadapan Allah Swt., yang membedakan antara yang satu dengan yang lainnya hanyalah ketakwaan seseorang. Sebagaimana Firman Allah dan Sabda Rasul-Nya yang berbunyi:
              “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”. Q.S. al-Hujurat : 13.
“Tidak ada perbedaan (yang membedakan) antara orang Arab atas orang selainnya kecuali ketakwaannya”.
            Meskipun catatan dalam sejarah belum diketahui kelahiran dan tibanya ke Indonesia, yang jelas Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik) berjasa sekali dalam penyebaran agama Islam di Jawa, khususnya di Gresik. Beliau menyebarkan Islam selama 20 tahun dan wafat di Gresik pada tanggal 12 Rabiul Awal 822 H/8 April 1419 M dan dimakamkan di Perkuburan gapura Wetan, Gresik. (Dadan Wildan, 2012:201, Abu Su’ud, 2003:12 dan Sholeh So’an, 2002:52-54).
2.      Sunan Ampel
            Sunan Ampel nama aslinya pada waktu muda adalah “Ahmad Rahmatullah” atau yang biasa disebut juga Raden Rahmat, putera Maulana Malik Ibrahim dari isterinya yang bernama “Dewi Candra-Wulan”, putri kedua Baginda Kiyan. Dalam literatur lain telah dijelaskan pula bahwa isteri beliau bernama “Dewi Candrawulan, puteri pertama Ratu Campa yang telah menganut agama Islam”. Masalah kelahiran beliau samapi kini belum tercatat oleh sejarah. Dadan Wildan menyebutkan bahwa Sunan Ampel putra dari Ibrahim Asmorokandi seorang ulama terkenal dari Arab yang menyebarkan agama Islam di Campa (kebanyakan ahli sejarah menganggap bahwa Champa ada di Indo China dekat Kamboja) yang menikah dengan puteri Campa, Dewi Candrawulan, saudari puteri Darawati, permaisuri angka Wijaya, Raja Majapahit. Raffles beranggapan bahwa Champa ada di Aceh, tepatnya di daerah bernama Jeumpa.
            Sunan Ampel adalah penerus cita-cita serta perjuangan ayahnya, Maulana Malik Ibrahim, dan terkenal sebagai perencana pertama kerajaan Islam di Jawa. Ia mendapat didikan agama Islam dari ayahnya, Maulana Malik Ibrahim. Akan tetapi dalam referensi lain dikatakan bahwa ia telah mendapatkan didikan ilmu agama dari ayahnya bernama Ibrahim Asmarakandi atau orang Jawa menyebutnya Ibrahim Asmoro. Kedua nama menurut penulis kurang begitu jelas, apakah itu nama yang sama untuk satu orang yang disebut Sunan Gresik, ataukah nama dua orang yang berbeda akibat dari ketidakjelasan sumber sejarah yang ada sampai saat ini. Tetapi yang jelas, bahwa Sunan Ampel semasa kecilnya mendapat didikan ilmu agama Islam dari ayahnya tercinta.
            Menginjak usia dewasa dan “dianggap cukup ilmunya”, ia dikirim ayahnya ke Jawa untuk menyiarkan Islam dan mengunjungi bibinya, yaitu putri Darawati, yaitu isteri Raja Majapahit Angkawijaya. Raden Rahmat waktu tiba di Jawa (Kerajaan Majapahit) baru berumur 20 tahun. Setelah beberapa lama, ia mendengar berita bahwa negeri Champa diserbu oleh Raja Koci sehingga ia berhasrat pulang. Hanya saja Prabu Brawijaya menasehatinya dan meminta agar kemenakan permaisurinya menetap saja di tanah Jawa.
            Sunan Ampel menikah dengan Nyai Ageng Manila yang berasal dari Tuban, puteri Ki Gede Manila seorang Adipati yang bergelar Tumenggung Walatikta. Dari pernikahannya Sunan Ampel memperoleh empat orang putra, yaitu Nyai Ageng Maloka, Maulana Makdum Ibrahim (Sunan Bonang), Syarifuddin (Sunan Drajat), dan seorang putri yang kemudian menjadi istri Sunan Kalijaga.
            Sunan Ampel memulai aktivitasnya dengan mendirikan pondok pesantren di Ampel Denta, dekat Surabaya, sehingga ia dikenal sebagai pembina pondok pesantren pertama di Jawa Timur. Di pesantren inilah Sunan Ampel mendidik para pemuda Islam untuk menjadi tenaga da’i yang akan disebar ke seluruh Jawa. Kepada santrinya Sunan Ampel memberikan pengajaran sederhana yang menekankan pada penanaman akidah dan ibadah. Dia-lah yang mengenalkan istilah “Mo Limo” (moh main, moh ngombe, moh maling, moh madat, moh madon). Yakni seruan untuk “tidak berjudi, tidak minum minuman keras, tidak mencuri, tidak menggunakan narkotika, dan tidak berzina)
            Di antara pemuda yang dididik itu tercatat antara lain Raden Paku, yang kemudian dikenal dengan nama Sunan Giri dan menyebarkan Islam di Giri, Raden Patah yang kemudian menjadi sultan pertama kesultanan Islam di Bintoro, Demak, Raden Makdum Ibrahim (putra Sunan Ampel sendiri) yang kemudian dikenal Sunan Bonang, Syarifuddin yang kemudian dikenal dengan Sunan Drajat, Maulana Ishak yang pernah diutus ke daerah Blambangan untuk mengislamkan rakyat di sana, dan banyak lagi mubaligh yang mempunyai andil besar dalam Islamisasi Pulau Jawa. Disamping itu Raden Rahmat juga mengirim Syaikh Khalifah Husen ke Madura.
            Sunan Ampel berselisih paham dengan Sunan Kudus mengenai gagasan Sunan Kalijaga untuk menerima ajaran pra-Islam, seperti selamatan atau sesaji, dengan sentuhan Islam. Sementara Sunan Kudus menerima gagasan Sunan Kalijaga, Sunan Ampel menolaknya, karena khawatir melakukan bid’ah, yang menyesatkan umat.
            Raden Rahmat menyebarakan Islam di sepanjang Jawa dengan damai dan akhirnya Islam berkembang di Pulau Jawa atas kerjasama antara penguasa lokal dengan ulama. Kerajasama itu akhirnya melahirkan Kesultanan Demak sebagai kerajaan Islam pertama di Jawa dengan Raden Patah (putera Prabu Brawijaya V, raja Majapahit) sebagai sultan pertamanya yang tak lain adalah murid dari Raden Rahmat sendiri yang bergelar Senopati Jimbun Ngabdurrahman. Sunan Ampel dimakamkan di Tuban Jawa Timur. (Sholeh So’an, 2002:54-55; Dadan Wildan, 2012:201; Badri Yatim, 2004:211; Abu Su’ud, 2003:126; Helmiati, 2011:57; dan Jaih Mubarok, 2004:226-227).
            Sebagian masyarakat Jawa suka membuat Sega Abang (nasi dari beras merah), panggang ikan Badar dan dibumbui dengan garam. Sajen Mumule untuk para leluhur yaitu Sunan Ampel. (Wahyana, 2010:48).

3.      Sunan Bonang
            Maulana Makdum Ibrahim adalah Sunan Bonang pada masa remajanya. Sebutan Makdum mengingatkan pada sejarah Melayu yang para rajanya dikenal dengan gelaran yang sama. Gelaran itu bermakna penolong yang harus dihormati.
            Ia adalah anak dari Sunan Ampel dari isterinya puteri Tuban yang bernama Nyai Ageng Manila binti Arya Teja. Dalam literatur lain diterangkan bahwa Sunan Bonang adalah Raden Rahmat dari perkawinannya dengan Dewi Candrawati dan merupakan saudara sepupu Sunan Kalijaga. Dari sepasang seorang laki-laki dan seorang perempuan itulah Sunan Bonang mempunyai dua saudara, yaitu “Nyi Gede Maloka dan Nyi Gedeng Pancuran”, dan juga seorang lagi bernama Syarifuddin Hasyim (Sunan Drajat) dari perkawinannya dengan wanita lain. Sunan Bonang dilahirkan di Ampel Denta, Surabaya, pada tahun 1465 Masehi dan meninggal dunia di Tuban pada tahun 1525 Masehi (1001 H). Sunan Bonan mendapat gelar Nyokrokusumo.
            Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa Sunan Bonang adalah murid dari ayahnya sendiri. Setelah mencari ilmu agama dari sang ayah, ia juga sempt menimba ilmu agama dari Maulana Ishak di Pasai, Aceh, dan akhirnya kembali ke Tuban Jawa Timur.
            Sunan Bonang dan para wali lainnya dalam menyebarkan agama Islam selalu menyesuaikan diri dengan corak kebudayaan masyarakat Jawa yang sangat menggemari wayang serta musik gamelan. Menurut penuturan K.H. Abdul Ghafur yang masih mempunyai hubungan keluarga dengan Sunan Drajat, bahwa sebelum kedatangan para wali, Tuban dan sekitarnya adalah pusat kesenian wayang, ketoprak, gending, dan sebagainya yang senantiasa diwarnai dengan pesta mabuk-mabukkan, perjudian, perzinahan, dan seterusnya.
            Mengetahui kondisi yang sedemikian rupa, Sunan Bonang yang pusat wilayah dakwahnya dekat sekali dengan saudaranya, Sunan Drajat, berusaha menanamkan rasa keimanan pada jiwa masyarakat dengan menyisipkan kalimat syahadatain pada setiap bait syair lagu gamelan yang dianggap penuh dengan kemusyrikan dan berbau tahayul. Gamelan yang mengiringi syair dikenal dengan istilah sekaten, yang berasal dari bahasa syahadatain. Disamping mengganti syair gamelan, Sunan Bonang juga menciptakan lagu yang dikenal dengan tembang Durma (istilah yang sampai saat ini hampir sudah merakyat di kalangan masyarakat Jawa Timur, khususnya Jawa Timur bagian barat adalah gending), sejenis macapat yang melukiskan suasana tegang, bengis, dan penuh amarah. Sunan Bonag juga berusaha mengganti nama-nama hari naas (sial) menurut kepercayaan Hindu, dan nama-nama dewa Hindu digantikan dengan nama-nama malaikat serta nabi-nabi, dengan maksud untuk lebih memperkenalkan nama-nama Islam di kalangan umat
            Sunan Bonang disamping dikenal sebagai seorang ulama yang menciptakan gending, dia juga sangat dikelanal sebagai penerbit primbon, yaitu catatan pendidikan yang telah disampaikan kepada muridnya, Raden Patah, putra raja Majapahit Prabu Brawijaya V. Primbon tersebut dinamakan “Suluk Sunan Bonang atau Primbon Sunan Bonang”.
            Sunan Bonang adalah wali sufi yang dikenal sangat produktif dalam dunia penulisan. Diantara suluk-suluknya ialah, Suluk Khalifah, Suluk Kaderesan, Suluk Regol, Suluk Bentur, Suluk Wujil, Suluk Wasiyat, Gita Suluk Latri, dan lain-lain. Dia juga menulis risalah tasawuf dalam bentuk dialog antara seorang guru sufi dan muridnya. Salah satu versi dri risalah tasawufnya itu telah ditransliterasikan dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Drewes dengan judul The Admonitions of She Bari (Pitutur Syaikh Bari). Dari sini terlihat betapa para wali berusaha untuk melakukan pribumisasi terhadap ajaran agama Islam.
            Kembali kepada pembahasan Sunan Bonang, beliaulah satu-satunya wali dari sembilan wali yang sampai sekarang diketahui ajaran dan keasliannya dapat dipegang. Bahkan ajarannya yang termaktub dalam Primbon Sunan Bonang masih tersimpan di Universitas Leiden, Negeri Belanda. Ajaran Sunan Bonang ini mengambarkan bagaimana corak ajaran Islam dari Walisongo secara umum yang tersebar di pulau Jawa. Alasan mengapa “ajaran Sunan Bonag mewakili semua ajaran Walisongo”, ialah:
      1)      Sunan Bonang adalah putera dari Sunan Ampel, yang sekaligus menjadi murid dari Sunan Ampel.
      2)      Sunan Bonag diberi gelar Prabu Hanyakrawati yang dijuluki “selubung ngelmu lan agama” adalah merupakan “mufti” dalam soal agama Islam.
     3)      Sunan Bonang seperguruan dengan Sunan Gunung Jati dan Sunan Giri, yaitu sama-sama berguru kepada Maulana Ishak pada saat menetap di negeri Pasai, Aceh untuk memperdalam ilmu agama.
      4)      Sunan Bonang adalah juga guru dari Sunang Kalijaga pada waktu pertama kali menuntut ilmu agama Islam.

            Selain Sunan Ampel, putranya, Sunan Bonang juga turut menjadi penyokong penyebaran Islam di Kesultanan Demak. Ia terlibat pembangunan masjid Agung Demak, bersama dengan wali-wali lainnya. Menurut cerita tradisional yang terekam dalam sejumlah naskah, masjid Demak menjadi pusat kegiatan keagamaan, pendidikan, sosial kemasyarakatan. Disinilah para wali sering berjumpa dan melakukan musyawarah, termasuk Sunan Bonang. Sunan Bonang meninggal tahun 1525 dan dimakamkan di Tuban. (Sholeh So’an, 2002:54-55; Dadan Wildan, 2012:201; Abu Su’ud, 2003:127-128; dan Helmiati, 2011:57-59).
            Sebagian masyarakat Jawa suka membuat nasi gurih, bubur manggul yang ditaburi katul. Sajen Mumule untuk para leluhur yaitu Sunan Bonang. (Wahyana, 2010:48).
4.      Sunan Giri
            Sunan Giri dilahirkan di Blambangan pada pertengahan abad ke-15 serta wafat di Bukit Giri, Gresik, pada awal abad ke-16. Sunan Giri nama aslinya adalah Raden Paku, nama pemberian Sunan Ampel karena permintaan ayahnya, Maulana Ishak. Beliau mempunyai beberapa sebutan yang antara lain: “Joko Samudro, nama yang diberikan ibunya, Nyai Gede Pinatih”, “Prabu Satmata atau Sunan Sasmata pemberian Sunan Kalijaga, dan Sultan Abdul Faqih karena beliau sangat yakin dan mendalami ilmu fiqih”.
            Maulana Ishak diberi tugas oleh Sunan Ampel untuk menyebarkan ajaran Islam di Blambangan. Beliau memperdalam ilmu agam Islam di Pasai dan tidak kembali lagi ke Jawa, sehingga Raden Paku diangkat sebagai anak oleh seorang wanita bernama Nyai Gede Maloka, yang dalam Babad Tanah Jawa disebut Nyai Ageng atau Nyai Ageng Tandes.
            Banyak perdebatan mengenai ibu kandung dan ibu asuh Sunan Giri. Muhammad Syamsu As sebagaimana di kutip oleh Sholeh So’an menyebutkan bahwa ibu kandung Sunan Giri adalah Dewi Sekardadu puteri Prabu Menak Sembayu. Karena telah mengetahui akan kesaktian Maulana Ishak (menantunya sendiri isteri dari Dewi Serdadu), sang Prabu menyuruh orang untuk membunuh Maulana Ishak, dan akhirnya beliau pergi dengan meninggalkan Dewi Serdadu untuk merawat anaknya jika sudah lahir.
            Dengan penuh kekhawatiran, maka dihanyutkanlah bayi itu (setelah kelahirannya) ke laut dengan dimasukkan ke dalam peti. Dengan ijin Allah, si bayi tersebut dapat selamat karena ditemukan oleh Nyai Gede Pinatih yang sedang berlabuh. Artinya, bahwa nama ibu kandung Sunan Giri adalah Dewi Serdadu dan Nyai Pinatih adalah ibu asuhnya.
            Sedangkan menurut Widji Saksono, menyebutkan bahwa isteri Maulana Ishak adalah Retna Sabodi Rara yang melahirkan Sunan Giri tanpa ditunggui suaminya karena telah diusir sang Prabu yang merasa tersinggung oleh ucapan Maulana Ishaq dalam mengislamkan sang Prabu. Sang ibu meninggal dunia setelah melahirkan Sunan Giri. Pada saat melahirkannya, timbullah malapetaka di kerajaan Blambangan yang dengan demikian sang Prabu beranggapan bahwa malapetaka itu terjadi akibat kelahiran sang bayi, dan akhirnya sang bayi dibuanglah ke laut. Akan tetapi dengan ijin Allah si bayi ditemukan oleh Nyai Gede Pinatih yang sedang berlayar yang akhirnya diasuhnya sampai besar. Artinya, Nyai Gede Pinatih adalah ibu asuh, bukan ibu kandung Sunan Giri. Akan tetapi nama ibu berbeda dengan yang dituturkan Muhammad Syamsu As; sementara dalam Ensiklopedi Islam jilid V dijelaskan bahwa Nyai Pinatih adalah ibu kandung dari Sunan Giri, sedang ibu asuh (angkat)-nya adalah Nyai Gede Maloka. Menurut Abu Su’ud nama lain dari Nyai Maloka adalah Nyai Ageng Tandes.
            Ricklefs berpendapat dengan mengutip Sejarah Banten seorang suci berkebangsaan asing yang bernama Molana Usalam datang ke Balambangan di Ujung Timur Jawa, suatu daerah yang belum menganut agama Islam sampai akhir abad XVIII. Penguasa Balambangan mempunyai seorang puteri yang menderita penyakit yang tidak dapat disembuhkan, tetapi puteri itu ternyata sembuh ketika Molana Uslam memberikan buah pinang untuk dikunyah. Puteri itu kemudian dinikahkan dengan Molana Usalam. Namun, ketika Molana Usalam meninta penguasa Balambangan untuk memeluk Islam, penguasa itu pun menolaknya. Oleh karena itu, Molana Usalam pergi meninggalkan Balambangan dan isterinya yang sedang hamil. Ketika puteri itu melahirkan bayi laki-laki, bayi itu dimasukkan ke dalam sebuah peti dan dibuang ke laut, seperti cerita Musa. Peti itu akhirnya terdampar di Gresik, tempat bayi itu kemudian tumbuh menjadi seorang muslim dan belakangan menjadi sunan.
            Beliau adalah anak didik Sunan Ampel. Di samping beliau belajar agama dari Sunan Ampel, Sunan Giri juga sempat “belajar di Pasai bersama-sama Sunan Bonang, yang pada saat itu di sana berkembang ilmu ketuhanan, keimanan, dan tasawuf”. Menurut berita yang menjalar, bahwa Sunan Giri dalam menimba ilmu di Pasai sudah sampai pada tingkat ilmu laduni, sehingga gurunya memberi gelar kepadanya ‘Ain al-Yaqin.
            Sunan Giri memulai aktivitas dakwahnya di daerah Giri dan sekitarnya dengan mendirikan pesantren. Santrinya banyak berasal dari golongan masyrakat ekonomi lemah yang berasal dari Surabaya, Madura, Kangean, Bawean, Lokbok, Makasar, Ternate, dan Tidore, bahkan sampai ke Haruku di kepulauan Maluku maupun Nusa Tenggara. Lewat merekalah Sunan Giri menyebarkan agama Islam di luar pulau Jawa, asal muridnya datang. Dengan memiliki murid yang tidak hanya berasal dari Jawa, berarti dakwah para wali tidak terbatas pada wilayah Jawa, tempat mereka memusatkan dakwahnya.
            Sunan Giri juga pencipta karya seni yang luar biasa. Permainan anak seperti Jelungan, Jamuran, Lir-ilir, dan Cublak Suweng, Gendi Gerit, Jor, Gula Ganti dan lain-lain disebut sebagai kreasi beliau. Demikian pula Gending Asmarandana dan Pucung Lagi bernuansa Jawa namun syarat dengan ajaran Islam. Permainan-permainan itu dimaksudkan sebagai simbolisasi pemahaman akan nilai-nilai ketuhanan dan keislaman.
            Upaya simbolisasi itu juga dituangkan ke dalam tembang-tembang dolanan seperti Padhang-padhang bulan maupun lir-lir.sebetulnya masih terjadi perbedaan paham tentang siapa sebetulnya pencipta karya-karya monumental itu, Sunan Giri ataukah Sunan Kalijaga. Yang beranggapan bahwa Sunan Kalijaga pencipta karya-karya itu, karena Sunan Kalijaga merupakan Sunan yang berasal dari pribumi Jawa. Sedangkan yang beranggapan sebaliknya, karena Sunan Giri dianggap sebagai pendidik yang “ajur-ajer” dengan kebudayaan setempat.
            Ketika wafat jenazah Sunan Giri dimakamkan di atas sebuah bukit di Gresik. (Sholeh So’an, 2002:57&78; Dadan Wildan, 2012:201; Ricklefs, 2008:19; Abu Su’ud,  2003:128-129 dan Helmiati, 2011:59-60).
            Sebagian masyarakat Jawa suka membuat nasi ketan, daun kapas untuk lembaran dan daun terong Ngor. Sajen Mumule untuk para leluhur yaitu Sunan Giri. (Wahyana, 2010:50).

5.      Sunan Drajat
            Nama kecil Sunan Drajat adalah Raden Qosim Syarifuddin Hasyim. Ia dilahirkan di Ampel Denta, Surabaya sekitar tahun 1470 Masehi dan wafat di Sedayu (sekarang Desa Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan).
            Menurut salahsatu sumber, bahwa Sunan Drajat adalah anak dari Sunan Ampel dari perkawinannya dengan seorang wanita lain, bukan dengan Dyah Siti Manila binti Arya Teja. Artinya Sunan Drajat adalah saudara Sunan Bonang lain ibu, bukan saudara sekandung.
            Sunan Drajat termasuk kelompok wali yang mendirikan Kesultanan Demak, dan yang selanjutnya yang menjadi kelompok penasehat Sultan. Sunan Drajat adalah seorang Waliyullah yang bersifat sosial. Di dalam berdakwah ia tidak segan-segan memperhatikan dan membantu rakyat yang sengsara, anak yatim-piatu, membantu orang sakit, dan membantu orang yang fakir miskin. Dengan demikian, Sunan Drajat adalah seorang wali yang senantiasa mementingkan kesejahteraan rakyat umum dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu terjalinnya ukhuwah Islamiyyah yang sangat kuat dalam  kebaikan dan mencegah yang mungkar demi tegaknya agama Allah. Selain itu, Sunan Drajat menciptakan gending pangkur. Yang dilakukan itu sebetulnya merupakan pengamalan ajaran agama yang sebenar-benarnya.
            Menurut penuturan masyarakat Drajat, bahwa sekarang di desa tersebut telah berdiri beberapa pesantren yang terletak tidak jauh dari makam Sunan Drajat, dipimpin oleh seorang Kyai yang cukup terkenal di wilayahnya. K.H. Abdul Ghafur. Beliau masih mempunyai hubungan keluarga dengan Sunan Drajat yang kini mewarisi keahlian mengobati segala macam penyakit, dapat menyadarkan anak nakal, dan bahkan dapat membantu mengabulkan permintaan seseorang yang layak dibantu. (Sholeh So’an, 2002:58; Abu Su’ud, 2003:129 dan Dadan Wildan, 2012:201).

6.      Sunan Kalijaga
            Nama asli Sunan Kalijaga adalah Raden Mas Syahid atau Joko Said, dan terkadang disebut juga Syaikh Malaya (Melaya). Beliau dilahirkan pada akhir abad ke-14 dan wafat di Kadilangu, Demak, pada pertengahan abad ke-15 Masehi. Sunan Kalijaga adalah satu-satunya wali yang berasal dari orang Jawa.
            Menurut sejarahnya, beliau adalah anak Raden Sahur Tumenggung Walatikta Melayakusuma, Adipati Tuban yang berasal dari seberang, keturunan seorang ulama negeri Atas Angin yang setelah ke Jawa diangkat menjadi Adipati Tuban oleh Sri Prabu Brawijaya, sehingga ia berganti nama menjadi Tumenggung Walatikta. Ibunya bernama Dewi Nawang Rum.
            Semasa mudanya, Sunan Kalijaga adalah seorang brandal terkenal di daerah Tuban yang sering dijuluki dengan Lokajaya. Setelah kalah berjudi, Said menjadi perampok jalanan di pesisir utara. Pada suatu ketika, ia membegal Sunan Bonang untuk merampas barang bawaannya. Menurut cerita, Sunan Bonang menghadapi keadaan yang demikian itu tidak sedikitpun menampakkan kemarahan, tetapi justru senyum gembira sambil menasehatinya dengan penuh lemah lembut. Meskipun Sunan Bonang sudah menampakkan sikap yang lemah lembut kepada Lokajaya, ia tetap saja tidak peduli dengan tutur kata Sunan Bonang yang akhirnya dengan ijin Allah beliau mengubah buah laren menjadi kemilau-kemilau speperti emas. Peristiwa itu menjadikan Lokajaya sadar dan bertobat, sehingga akhirnya Sunan Bonang mengangkatnya menjadi murid.
            Dari perkawinan dengan Dewi Saroh, anak perempuan Maulana Ishak, Sunan Kalijaga memperoleh tiga orang putra, masing-masing adalah Raden said (Sunan Muria), Dewi Rukayah, dan Dewi Sofiah.
            Kembali kepada pembahasan Sunan Kalijaga, beliau mempunyai kehalian yang mirip dengan gurunya, yaitu ahli dalam seni suara. Beliau berjasa menciptakan wayang dan gamelan yang dijadikan sebagi saran berdakwah. Tidak heran jika sebelumnya sempat terjadi perdebatan antara Sunan Ampel dengan Sunan Kalijaga dalam menetapkan metode dakwah. Berkat usaha beliau dan gurunya, Jawa Timur bagian Barat (Tuban) dan Jawa Tengah bagian Timur menjadi pusat kesenian yang sampai sekarang masih tetap dikenal masyarakat Jawa. Artinya, kesenian yang ada pada masa Hindu-Budha oleh kedua wali tersebut penuh diwarnai dengan nilai-nilai keislaman sehingga kandungan kesenian menjadi berubah arah.
            Dalam menjalankan tugasnya, Sunan Kalijaga sering diikuti oleh para bangsawan dan cendikiawan. Mereka sangat tertarik pada penampilan Sunan Kalijaga yang persuasif dan akomodatif, serta tidak melenyapkan praktek keyakinan penduduk sebelumnya. Adat setempat kebanyakan ditampung dan diberi sentuhan Islam. Disamping itu, Sunan Kalijaga dikenal sebagai tokoh yang sangat toleran, kritis, dan amat memperhatikan masa depan.
            Beliau juga dikenal sebagai pujangga. Kualitas pujangganya dapat kita saksikan dalam kreativitas sastra dan bidang seni lainnya. Wayang kulit dan berbagai kreasi pokok cerita wayang telah dihasilkan sepanjang hidupnya, termasuk kedalamnya karya tembang dolanan dan bentuk permainan atau dolanan kanak-kanak, yang telah menjadi kekayaan budaya Jawa. Sunan Kalijaga menciptakan baju takwa, tembang dangdanggula, seni ukir motif dedaunan, bedug, gong sekaten, wayang kulit, dan lagu ilir-ilir.
            Dalam sejarah pendirian masjid Demak, yang konon kabarnya didirikan oleh para wali, beliau adalah sunan yang paling akhir menyumbanh tiang penyangga masjid yang dikumpulkan dari batang-batang kayu kecil dan dengan ijin Allah dirubah menjadi sebuah tiang besar, sehingga berdirilah masjid Demak. Tiang yang diperbantukan oleh Sunan Kalijaga dalam pendirian masjid itu dalam istilah Jawa dikenal dengan “Soko Tatal”.
            Menurut kepercayaan yang berkembang pada masyarakat peziarah masjid Demak, bahwa tiang yang dibuat oleh Sunan Kalijaga mempunyai kesaktian yang sangat hebat. Tiang masjid itu dapat menyembuhkan orang sakit dan lain sebagainnya dengan cara megupasnya sedikit untuk dimasukkan ke dalam air, lalu diminumnya. Hanya Allah Yang Maha Tahu akan kebenaran semua itu.
            Di samping beliau berjasa menyumbangkan tiang untuk pendirian masjid dan diangkat menjadi penasehat Kesultanan Demak Bintoro, beliau adalah wali paling muda dari kesembilan wali yang ada. Ia sangat cerdik dan pandai, bahkan terkenal sangat arif dan bijaksana dalam menghadapi berbagai persoalan, sehingga tidak heran jika dia menjadi pertimbangan akhir para wali dalam memutuskan suatu masalah, seperti menghakimi Syaikh Siti Jenar dan muridnya, Sunan Panggung, yang dimiliki dan menyebarkan ajaran tasawuf atau ajaran penyatuan diri dengan Tuhan.
            Sunan Kalijaga memperoleh umur panjang, sehingga mengalami tiga masa pemerintahan yaitu masa Majapahit, Masa Demak, dan Masa Pajang. Setelah wafat jenazahnya dimakamkan di desa Kadilangu, Demak. (Sholeh So’an, 2002: 58-60; Abu Su’ud, 2003:129-130; Dadan Wildan, 2012:201, dan Ricklefs, 2008:18).
            Sebagian masyarakat Jawa suka membuat nasi kuning dengan daun katu, katul, senting, ranti, pace sambal plelek dan dilengkapi dengan dendeng baker serta gereh (ikan asin) ikan balur baker. Sajen Mumule untuk para leluhur yaitu Sunan Kalijaga. (Wahyana, 2010:48).
7.      Sunan Kudus
            Nama asli dari Sunan Kudus adalah Ja’far Shadiq bi Raden Usman Haji. Semasa kecilnya ia sering dipanggil dengan Raden Undung. Terkadang juga dipanggil dengan sebutan Raden Amir Haji. Ia dilahirkan pada abad ke-15 dan wafat di Kudus pada tahun 1550.
            Menurut silsilahnya, Sunan Kudus masih mempunyai hubungan dengan Nabi Muhammad Saw. Silsilah lengkapnya: Ja’far Shadiq bi Raden Usman Haji (bergelar Sunan Ngudung dari Jipangpanolan, yang terletak di sebelah utara kota Blora)  bin Raja Pendeta bin Ibrahim as-Samarkandi bin Maulana Muhammad Jumadalkubra bin Zaini al-Husaein bin Ali r.a. Sunan Kudus menyiarkan agama Islam di daerah Kudus dan sekitarnya, dan dia memiliki keahlian khusus dalam bidang ilmu agama, terutama dalam ilmu fikih, ushul fikih, hadits, tafsir, serta logika. Karena itulah diantara Walisongo hanya ia yang mendapat julukan sebagai wali al-ilmi (orang yang luas ilmunya), dan karena keluasan ilmunya ia didatangi oleh banyak penuntut ilmu dari berbagai daerah di Nusantara.
            Disamping menjadi juru dakwah, Sunan Kudus juga menjadi panglima perang Kesultanan Demak Bintoro yang tangguh, dan dipercaya untuk mengendalikan pemerintahan di daerah Kudus, sehingga ia menjadi pemimpin pemerintahan sekaligus pemimpin agama di daerah tersebut.
            Ada cerita yang mengatakan bahwa Sunan Kudus pernah belajar di Baitul Makdis, Palestina, dan pernah berjasa memberantas penyakit yang menelan banyak korban di Palestina. Atas jasanya itu, oleh pemerintah Palestina ia diberi ijazah waliyah (daerah kekuasaan)di Palestina, namun Sunan Kudus mengharapkan hadiah tersebut dipindahkan ke pulau Jawa dan oleh amir (penguasa setempat) permintaan itu dikabulkan. Sekembalinya ke Jawa, ia mendirikan masjid di Loran tahun 1549; masjid itu diberi nama Masjid al-Aqsa atau al-Manar (Masjid Menara Kudus) dan daerah sekitarnya diganti namanya dengan Kudus, diambil dari nama sebuah kota di palestina, al-Quds. Sunan Kudus menciptakan gending Maskumambang dan Mijil. (Sholeh So’an, 2002:60; Abu Su’ud, 2003:130 dan Dadan Wildan, 2012:201).
            Sebagian masyarakat Jawa suka membuat nasi Bayu, pecel ikan sungai, dan dilambari denga daun pace. Sajen Mumule untuk para leluhur yaitu Sunan Kudus. (Wahyana, 2010:48).

8.      Sunan Muria
            Sunan Muria adalah anak Sunan Kalijaga. Semasa kecilnya bernama Raden Prawoto, dan nama aslinya adalah Raden Umar Said bin Raden Syahid atau Raden Said. Beliau dilahirkan pada abad ke-15 dan wafat di Gunung Muria, (18 km di sebelah utara desa Kudus, Jepara Jawa Tengah sekarang) pada abad ke-16. Dalam perkawinannya dengan Dewi Sujinah, puteri Sunan Ngudung, Sunan Muria memperoleh seorang putra yang bernama Pangeran Santri, yang juga dijuluki sebagai Sunan Ngadilangu.
            Berbicara tentang Sunan Muria pada dasarnya tidak dapat lepas dari eksistensi aliran tasawuf di Indonesia, karena beliau adalah seorang sufi (ahli tasawuf), yang dalam menyebarkan ajaran Islam memilih desa-desa terpencil sebagai tempat sasaran dakwahnya.
            Jika menengok sebentar tentang kehidupan desa terpencil, masyarakat tergolong masyarakat yang sangat seerhana, untuk dikatakan termasuk masyarakat yang sangat miskin. Dengan demikian tempat terpencil, yang mana merupakan tempat sentral kepercayan non-Islami, menunjukkan bahwa beliau adalah orang yang sangat sederhana. Kesederhanaan hidup tercermin hampir pada setiap diri sufi yang seluruh waktunya lebih banyak diluangkan untuk berdzikir kepada Allah dalam rangka mendekatkan diri kepada-Nya.
            Sasaran dakwah Sunan Muria pada umumnya kaum pedagang, para nelayan, petani tambak, dan masyarakat biasa. Dalam rangka berdakwah melalui budaya, ia juga menciptakan tembang dakwah Sinom dan Kinanti. Karena beliau adalah seorang sufi yang mempunyai kemiripan perilaku dengan masyarakat setempat yang cenderung berbau mistik, kedatangannya untuk menyebarkan agama Islam sudah tentu tidak banyak menghadapi rintangan yang berarti sehingga tidak heran banyak kalangan masyarakat biasa yang saling berdatangan mengikuti acara-acara yang diadakan olehnya.
            Jenazah Sunan Muria dimakamkan di puncak Gunung Muria, di pusat kegiatannya sebagai penyiar agama (Sholeh So’an: 2002:60-61; Abu Su’ud, 2003:130-131 dan Dadan Wildan, 2012:201).

9.      Sunan Gunung Jati
            Berbicara Sunan Gunung Jati pada dasarnya berbicara tentang proses pengislaman di wilayah Jawa Barat, yang titik tolaknya dalah Wilayah Cirebon. Nama aslinya adalah Syarif Hidayatullah, cucu dari raja Padjadjaran, Prabu Siliwangi. Dari perkawinan Prabu Siliwangi dengan Nyai Subang Larang, lahirlah dua putra dan satu putri, masing-masing bernama Raden Walangsungsang, dan Nyai Lara Santang. Ketika ibunya meninggal dunia, Raden Walangsungsang dan Nyai Lara Santang pergi meninggalkan kraton untuk menuntut ilmu kepada Syaikh Datu Sufi (Syaikh Nurul Jati) di Gunung Ngamparan Jati. Setlah tiga tahun belajar, mereka diperintahkan grunya untuk menunaikan ibadah haji ke Mekkah. Dan disanalah Nyai Lara Santang bertemu dengan seorang bangsawan Arab yang bernama Maulana Sultan Mahmud (Syarif Adbullah). Dari pernikahan sepasang suami-isteri itulah lahir seorang bayi yng dikenal dengan Sunan Gunung Jati di Mekkah pada akhir tahun 1448 Masehi dan meninggal di Gunung Jati, Cirebon pada tahun 1570 dan ada juga yang mengatakan 1568.
            Setelah Sunan Gunung Jati mencapai umur dewasa, ia memilih pergi ke Jawa untuk menyebarkan agama Islam, yang saat itu pamannya, Raden Walangsungsang, sudah bergelar Pangeran Cakrabuana. Tidak lama setelah pamannya meninggal, Sunan Ginung Jati menggantikan kedudukannya dan berhasil meningkatkan status Cirebon menjadi sebuah Kesultanan, dan tidak lama kemudian Cirebon resmi menjadi kerajaan Islam yang bebas dari kekuasan Padjadjaran.
            Sebutan sunan Gunung Jati ini cukup panjang, yaitu sebagai Muhammad Nurruddin Syaikh Sayyid Kamil Bulqiyyah Syaikh Madzhurullah Syarif Hidayatullah Makhdum Jati. Sedangkan dalam babad-babad nama lengkap Sunan Gunung Jati itu lebih panjang lagi yaitu Syaikh Nuruddin Ibrahim Ibnu Israil, Syarif Hidayatullah, Said Kamil Maulana Syaikh Makhdum Rahmatullah.
            Sunan Gunung Jati dalam menyebarkan agama Islam, tidak hanya di wilayah Cirebon saja tetapi juga di Majalengka, Kuningan, Kawali (Galuh), Sunda Kelapa, dan Banten. Di wilayah Banten, beliau meletakkan dasar bagi pengembangan Islam dan perdagangan orang-orang Islam di sana pada tahun 1525 M atau 1526 M. Ketika Sunan Gunung Jati kembali ke Cirebon, Banten diserahkan kepada anaknya yang bernama Maulana Hasanuddin, dan darinya melahirkan raja-raja Banten. Sebagai sentral Islamisasi, di Cirebon terjadi proses Islamisasi kebudayaan setempat dan terjadi juga pewarnaan Islam oleh budaya setempat.
            Bertalian dengan nama seorang penyiar agama Islam di Sunda, banyak orang yang sering menyamakan dua orang nama pada seseorang, sebut saja antara Sunan Gunung Jati dan Fatahillah atau Falatehan. Menurut Ahmad Mansur Suryanegara yang bersumber dari Edi S. Ekadjati, bahwa Sunan Gunung Jati itu bukan Fatahillah tetapi dua orang yang berbeda. Hal ini dijelaskan lebih lanjut bahwa Fatahillah wafat pada 1570 M, sedang Sunan Gunung Jati wafat pada 1568. Adanya perbedaan waktu meninggal memberikan penjelasan kepada kita bahwa Sunan Gunung Jati itu bukan Fatahillah, begitu juga sebaliknya. Menganggapi pernyataan tersebut, dalam referensi lain lebih lanjut dijelaskan bahwa Fatahillah adalah panglima perang Kerajaan Demak yang membantu Sunan Gunung Jati menyerang Sunda Kelapa pada tahun 1527 M. Ia adalah menantu Sunan Gunung Jati, bukan Sunan Gunung Jati itu sendiri.
            Menurut Abu Su’ud Syarif Hidayatullah wafat tahun 1570 M sedangkan menurut Raffles, Sunan Gunung Jati meninggal tahun 1428 M ketika usianya telah lanjut. Jenazahnya dimakamkan di Gunung Jati Cirebon, sehingga beliau dijuluki sebagai Sunan Gunung Jati. Beliau meninggalkan tiga orang putra yang merupakan hasil perkawinannya dengan seorang putri dari Demak. Beliau juga mempunyai seorang putra  dan seorang putri dari hasil perkawinannya dengan seorang selir. Putra tertuanya, Husen, kemudian menggantikannya sebagai sultan di Cirebon dan membawahi propinsi yang terhampar di antara Sungai Citarum dengan Tugu dan juga wilayah yang terbentang di sebelah selatan perbukitan Kendang, yang meliputi seluruh daerah-daerah di Priang’en dan tanah-tanah yang terhampar di sebelah timur Sungai Citarum.
            Dari sang raja inilah diturunkan putra-putranya yang kemudian diangkat menjadi sultan-sultan di Cirebon. Hingga saat ini, mengenai putra keduanya yang bernama Bapadin, disebutkan bahwa ia meninggalkan kerajaan Bantam yang terbentang luas ke arah barat, dari Sungai Tang’ran hingga ke arah tenggara dan meliputi semua daerah kepulauan yang terletak di Selat Sunda. Dari putra keduanya tersebut, kemudian diturnkan raja-raja yang sekarang memerintah Bantam. Putra ketiganya yang bernama Chenampui, meninggal ketika masih muda dan dikuburkan di daerah Mandu di Cirebon.
            Untuk putra kandungnya, Kali Jantan, Sunan Gunung Jati menyerahkan wilayah yang terbentang anatara Sungai Citarum dan Sungai Tang’ran, yang sebelumnya menjadi bagian dari Cirebon dan Bantam. Sang raja ini dianugerahi gelar raja di Jokarta atau Jakarta, dan setelah itu ia menempatkan ibukotanya di dekat kampung yang namanya sama dengan gelarnya, dimana dia dan para keturunannya kemudian melanjutkan kekuasaanya di daerah tersebut hingga akhirnya mereka dibuang oleh orang-orang Belanda pada tahun 1619 M, di atas reruntuhan ibukota tersebut, orang-orang belanda kemudian mendirikan kota Batavia modern yang menjadi ibukota dari wilayah-wilayah pendudukan Belanda di Hindia Timur (Sholeh So’an, 2002:61-62; Abu Su’ud, 2003:132-133 dan Thomas Stamford Raffles, 2008:491-492).

C.     Peran Walisongo dalam Menyebarkan Agama Islam di Pulau Jawa
            Ada hal yang menarik dari pembagian tugas menyebarkan Islam di pulau Jawa yang mana tidak merata. Untuk wilayah Jawa Barat dan Banten Islam hanya disebarkan oleh satu Wali, sedangkan untuk wilayah Jawa Tengah Islam disebarkan oleh tiga orang Wali, dan untuk wilayah Jawa Timur Islam disebarkan oleh lima Wali. Hal ini bukan tanpa alasan, menurut hemat penulis faktor tersebut disesuaikan dengan daerah dakwah dan objek dakwah wilayah tersebut. Dalam arti sederhana, Jawa Barat dan Banten masyarakat dan kebudayaannya mirip dengan ajaran Islam sehingga penduduk wilayah ini akan sangat mudah untuk menerima Islam sebagai agama mereka sehingga Wali yang diterjunkan ke daerah ini cukup hanya satu saja.
            Pada era Walisongo, dunia dakwah di tanah Jawa telah sampai pada tahapan institusional syariah Islam dalam bentuk negara. Untuk sampai pada fase dakwah ini sudah tentu membutuhkan waktu yang panjang dan tidak secara serta merta dimulai atau final pada masa Walisongo tersebut. Proses Islamisasi Jawa telah melewati kurun masa yang panjang jauh sebelumnya. Boleh dikatakan bahwa Walisongo merupakan salahsatu dari mata rantai estafeta dakwah yang berjalan.
            Namun, harus diakui bahwa dunia dakwah memang telah mencapai keberhasilan besar pada masa itu. Hampir dipastikan tidak ada daerah strategis di pulau Jawa yang tidak disentuh Islam. Padahal tantangan dakwah pada masa itu tidak dapat dikatakan mudah. Islam tumbuh dalam wilayah kerajaan Hindu Majapahit yang dianggap berpengaruh di Nusantara.
            Tetapi, para da’i muslim berinteraksi dengan masyarakat bawah dan sekaligus membina kalangan elit politik dalam tubuh kerajaan Majapahit melalui dakwah Islam. Sebagai hasilnya, banyak diantara bangsawan muslim yang kemudian memeluk Islam. Pada umumnya, para mualaf tersebut atas alasan toleransi kemudian berpindah tempat mencari komunitas muslim lainnya di sekitar daerah pesisir yang telah dipimpin oleh para bupati muslim pula.
            Namun, tidak sedikit pula umat Islam yang tetap mengabdi dalam kerajaan Majapahit. Misalnya, Prof. DR. Abu Bakar Aceh menyebutkan, bahwa dalam rekruitmen pegawai pelabuhan atau syahbandar, misalnya, Majapahit hanya menerima pegawai dari kalangan muslim. Hal ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan akan pegawai yang mampu menguasai bahasa asing, terutama bahasa Arab, agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal terhadap para saudagar mancanegara yang kebanyakan menganut bahasa Arab. Dari sisi ini terlihat jelas betapa harmonisnya hubungan antara Islam dan Majapahit.
            Walaupun demikian posisi Majapahit pada era Prabu Kertabumi Brawijaya V tersebut sedang mengalami kerapuhan secara politik dan diiringi melemahnya wibawa pemerintahan. Salahsatu penyebabnya adalah perang Paregreg yang telah menguras sumber daya dan imbas turunannya masih terasa sehingga mungkin akan memantik konflik pada masa selanjutnya. Akibat paling terasa adalah melemahnya sendi-sendi perekonomian dan wibawa politik yang memudar. Dalam kondisi carut marut perpolitikan Majapahit tersebut, Walisongo memposisikan diri untuk tetap melanjutkan stategi dakwah kepada mayarakat. Namun, pergeseran politik selanjutnya membuat Walisongo harus mengubah arah strategi dakwah.
            Rapuhnya pondasi politik dan ekonomi Majapahit telah memancing pihak eksternal keraton untuk melakukan kudeta. Dyah Ranawijaya atau Girindrawardhana, adipati Keling, pada 1478 melakukan penyerangan terhadap Majapahit yang saat itu berada dalam tampuk pemerintahan Brawijaya V. Maka terjadilah peralihan kekuasaan. Giridrawardhana menggantikan posisi raja sebelumnya dengan menggunakan gelar Prabu Giridrawardhana Brawijaya VI. Kekuasaan Brawijaya VI tidak berlangsung lama. Pada giliran selanjutnya Girindrawardhana VI, terbunuh oleh patihnya sendiri yang bernama Patih Udara. Patih Udara lantas menggantikannya sebagai raja Majapahit dengan gelar Prabu Udara Brawijaya VII. Jelasnya, sampai tahun 1518 saat kesultanan Demak telah berdiri, Majapahit masih eksis sebagai sebuah kerajaan di Jawa, meskipun telah mengalami kerapuhan struktural dan surutnya wibawa politik. (Tiar Anwar Bachtiar, dkk hal. 94-96).

D.    Aksi Dakwah Walisongo
            Kesuksesan dakwah era Walisongo banyak ditentukan oleh kekompakan gerakan dan kesadaran masing-masing individu untuk mengambil peran serta dalam kerangka dakwah dan jamaah. Perencanaan yang matang, pengorganisasian yang tepat, dan penguasaan medan turut memberi andil bagi keberhasilan terhadap Islamisasi Jawa. Berikut ini beberapa wujud partisipasi dakwah di era Walisongo.
1)      Aspek Kaderisasi
1)      Pendirian Pondok Pesantren
            Pondok pesantren merupakan pengembangan lembaga yang mirip dengan mandala milik umat Hindhu. Perancang perencana institusi pendidikan Islam berupa pesantren di Jawa ini adalah Syaikh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik). Konsep pesantren kemudian diikuti dan dikembangkan oleh para wali lainnya. Dalam pesantren juga dikembangkan ilmu olah kanuragan yang berguna untuk mempetangguh mental dan fisik para santri sehingga siap untuk menghadapi medan dakwah dan sekaligus untuk menyiapkan prajurit negara yang memiliki wawasan keagamaan yang mumpuni. Harapannya, Kesultanan Demak akan memiliki personil militer yang religius.
            Namun demikian, konsep dan pengembangan pesantren sendiri terlihat banyak dipengaruhi oleh sistem Madrasah Nizhamiyah di Baghdad yang saat itu sangat dikenal di seluruh dunia, terutama dalam hal pengajaran ilmu-ilmu dasar keagamaan. Hal yang diadaptasi dari mandala oleh pesantren-pesantren zaman Islam hanya dalam hal penambahan pelatihan olah kanuragan. Sisanya, sistem pengajaran pesantren sebagian besar mengadopsi sistem yang dikembangkan di Madrasah Nizhamiyah Baghdad.
2)      Tugas Belajar
          Guna memperkaya wawasan keagamaan para santrinya, tidak jarang para wali mengutus santri tersebut untuk memperdalam sebuah ilmu dengan berguru kepada wali yang lain. Bahkan tidak jarang pula mengirim mereka untuk belajar ke mancanegara. Misalnya, Raden Paku (Sunan Giri) dimasukan ke madrasah Sunan Ampel oleh ibu angkatnya Nyi Gede Maloka. Setelah cukup menuntut ilmu, Raden Paku dan seorang rekannya Maulana Makdum Ibrahim (putra Sunan Ampel sendiri) diperintahkan oleh Sunan Ampel untuk berangkat haji dan sekaligus menimba ilmu dri ahli-ahli agama di Mekah. Perlu diketahui bahwa pada masa itu perjalanan ke Mekah dilakukan dengan kapal laut dan membutuhkan waktu sekitar enam bulan. Maka jamaah haji biasanya akan merasa rugi jika hanya berada di Mekah selama kurun waktu pelaksaan ibadah haji saja. Umumnya mereka tinggal di Mekah sekian masa guna memperdalam keilmuan agama.
3)      Pendidikan Dini
            Para wali juga telah menyiapkan pendidikan kader sejak anak usia dini dengan membentuk kejiwaan dan keyakinan mereka. Pembinaan yang tepat sejak belia akan mampu mengarahkan kecenderungan pemikiran dan tindakan mereka saat dewasa. Dunia anak-anak adalah dunia bermain yang harusnya diwarnai dengan kegembiraan. Maka diciptakanlah sejumlah permainan edukatif dan lagu-lagu dolanan (permainan) yang tidak saja mendidik namun juga dijiwai dengan semangat dan nilai keluhuran. Salahsatu contoh yang bisa ditampilkan, misalnya, sebuah lagu dolanan gubahan Sunan Giri sebagai berikut: “Padang bulan, ayo gage dolanan, dolanane ana ing latar, ngalap padang ngilar-ngilar, nundung begog hangetikar”. (Terang bulan, ayo lekas bermain, permainan bertempat di halaman, memanfaatkan terangnya sinar bulan, guna mengusir gelap yang lari terbirit-birit). Lagu tersebut memiliki makna simbolis bahwa Islam bukan saja merupakan penerangan hidup, namun juga menjadi cahaya yang akan mengusir kegelapan hati dan kebodohan.
2)     Bidang Budaya
            Rakyat Majapahit adalah masyarakat yang menggandrungi kesenian. Kenyataan ini memunculkan peluang bagi para wali untuk menggarapnya.
a.       Seni Suara
          Para wali menciptakan sejumlah kerangka tembang, diantaranya adalah 11 tembang yang dikenal dengan sebutan tembang macapat. Tembang macapat sendiri adalah simbol keteraturan yang hanya dapat diperoleh dengan pendisiplinan diri. Setiap orang dapat menciptakan lagu namun harus berpatokan pada guru lagu (dhong dhing), guru wilangan, dan guru gatra. Guru lagu adalah jatuhan suara vokal pada setiapa akhir larik lagu (gatra). Guru wilangan disefinisikan sebagai jumlah suku kata (wanda) pada setiap larik lagu. Sedangkan guru gatra adalah jumlah larik lagu dalam setiap bait (pada atau pupuh). Keteraturan tersebut harus diikiti. Jika salah satu saja aturan tersebut ditinggalkan maka sebuah gubahan lagu tidak bisa disebut sebagai tembang macapat.
          Sedangkan tembang macapat menurut tradisi antara lain: Dangdanggula diciptakan oleh Sunan Kalijaga sebagai hasil pengabungan melodi Arab dan Jawa, Pocung dan Asmarandana oleh Sunan Giri, Durma oleh Sunan Bonang, Maskumambang dan Mijil oleh Sunan Kudus, Sinom dan Kinanthi oleh Sunan Muria, dan Pangkur oleh Sunan Drajat.
b.      Penciptaan Wayang
          Wayang pada dasarnya adalah gabungan antara seni cerita dan seni suara yang melibatkan unsur kreatifitas pertunjukan lainnya. Bentuk wayang pengembangan dari wayang era Majapahit yang umumnya berupa wayang beber dan di gambar dalam rupa manusia. Wujud wayang ciptaan Walisongo telah distilisasi sehingga tidak lagi berwujud layaknya manusia sewajarnya. Segi cerita pedhalangan pun telah dirombak substansinya. Terjadi demitologisasi dan desakralisasi terhadap sejumlah ajaran yang pernah hidup pada masa sebelum Islam di tanah Jawa. Dewa tidak lagi menjadi sesembahan.
          Mereka juga bisa benar dan pada kesempatan yang lain tidak luput dari dosa kesalahan. Kahyangan bisa diobrak-abrik oleh para raksasa dan para dewa bisa kalah perang melawan serbuan ini. Bahkan dalam sejumlah cerita yang berkembang para dewa sampai harus mencari bantuan kepada satria bumi untuk memulihkan kembali harmoni kehidupan dunia kahyangan. Kisah-kisah demikian menunjukkan kejeniusan salah seorang wali yaitu Sunan Kalijaga untuk mengarahkan keyakinan masyarakat bahwa dewa bukanlah apa-apa, hanya Hyang Tunggal, yaitu Allah Rabb yang Maha Kuasa.
          Selain itu dalam sejumlah lakon wayang menunjukkan, bahwa Sunan Kalijaga memiliki pandangan futuristik yang akurat. Misalnya, dalam kisah “Ambangun Candi Saptaarga” diceritakan bahwa Pandawa bermaksud membangun makan (candi) untuk menghormati kakek mereka Begawan Abiyasa. Sejumlah pihak nampaknya berusaha menghalangi proses pembangunan yang telah dirancang. Tersebutlah seorang putri yang bernama Mustakaweni yang kemudian memanfaatkan situasi kekosongan kerajaan Amarta yang ditinggalkan oleh para Pandawa karena konsentrasi pada pembangunan di Saptaarga. Mustakaweni ini terprovokasi untuk mencuri Jimat Kalimusada milik Pandawa.
          Muncul pula Dewa Srani yang kemudian merusak (angslup) ke dalam tubuh Mustakaweni demi melaksanakan niat jahatnya. Dengan angslupnya, Dewa Srani ini, Mustakaweni kemudian mampu menyamarkan dirinya menjadi salahsatu satriya putra Amarta. Niatan Mustakaweni akhirnya terbongkar. Terjadi pertarungan seru dimana Pandawa hampir saja mengalami kekalahan. Sampai akhirnya muncullah seorang putra Pandawa yang baru saja turun dari pertapaan yang mampu mengatasi keadaan. Atas nasehat Kresna, putra Pandawa itu mampu mengalahkan Mustakaweni dan menghancurkan konspirasinya bersama Dewa Srani dengan menggunakan panah telanjang.
          Cerita di atas adalah sebuah simbolisasi bahwa keyakinan Islam yang diwakili oleh pusaka Kalimusada (kalimat syahadat) pada masa yang akan datang akan dimusuhi oleh ajaran Nashrani. Ajaran tersebut akan membonceng (angslup) melalui penjajah asing. Cara mengalahkannya adalah dengan menelanjangi ajaran mereka. Sebab di sanalah kelemahan sebenarnya dari doktrin ajarannya. Awalnya kata “Kalimusada” dalam sejumlah karya kuno era Hindu merupakan kitab milik Pandawa yang bisa berubah menjadi tumbak yang menyala-nyala. Namun, pada masa Islam, Kalimasada diubah pengertiannya menjadi kalimat syahadah.
          Cerita demikian memberikan pesan agar kaum muslimin hendaknya senantiasa waspada. Agaknya Sunan Kalijaga mengubah lakon tersebut pasca Demak terlibat konflik dengan sejumlah bangsa asing Barat, seperti Portugis di Malaka. Perlu diketahui Sunan Kalijaga termasuk wali yang panjang umur. Selain itu pada masa selanjutnya, juga muncul cerita-cerita wayang yang menunjukkan adanya pengaruh Islam misalnya lakon “Semar Munggah Kaji” (Semar Naik Haji).
c.       Tata Kota
          Kota Praja atau bangunan keraton atau Kadipaten di tanah Jawa selalu tidak pernah meninggalkan empat hal yaitu, istana, alun-alun, beringin kembar, dan Masjid Agung. Alun-alun berasal dari kata al-laun yang berarti warna. Jadi alun-alun adalah tempat berkumpulnya berbagai warna atau ragam yang menunjukkan beratunya antara penguasa dan rakyat jelata. Alun-alun memiliki empat sisi yang dimaksudkan bahwa kemanunggalan tersebut harus melalui syariat, tarikat, hakikat, dan makrifat. Sedangkan beringin kembar (waringin kembar, Jawa) berasal dari kata wara’iin yang artinya kehidupan harus senantiasa diwarnai dengan kehati-hatian.
          Jumlah pohon yang dua buah itu dimaksudkan bahwa kehati-hatian yang dimaksud harus didasarkan pada al-Qur’an dan as-Sunnah. Maka kemudian disediakan Masjid Agung sebagai tempat peribadatan guna menggawangi semua keperluan tersebut. Sedangkan istana berada di tempat yang dekat dengan masjid, alun-alun, dan beringin kembar. Hal ini dimaksudkan bahwa pemimpin hendaknya mengawasi pelaksanaan syariat Islam dalam masyarakat. Letak istana biasanya membelakangi gunung dan menghadap ke laut. Maksudnya pemimpin hendaknya menghidari diri dari sifat kesombongan dan sebaliknya harus bersikap pemurah, sabar, serta pemaaf sebagaimana luasnya lautan.
          Menurut sejarawan E. Mold, Sunan Kalijaga sendiri adalah ahli arsitektur yang pintar memilih bahan bangunan yang awet. Beliau juga ahli dalam teknis, salahsatu buktinya terdapat pada kontruksi tiang tatal yang ada di masjid Demak. Tiang tatal ciptaan Sunan Kalijaga ini terbuat dari potonga-potongan kayu yang disusun sedemikian rupa dengan menggunakan keahlian teknik tingkat tinggi sehingga masih dapat bertahan sampai sekarang.

DAFTAR PUSTAKA


Abdullah, Rachmad. 2016. Walisongo: Gelora Dakwah dan Jihad di Tanah Jawa (1404-1482). Sukoharjo: al-Wafi Publishing. Cet. III.
Bachtiar, Tiar Anwar, dkk. tt. Sejarah Nasional Indonesia I. Jakarta: Andalusia      Islamic Education & Management Services.
Hassan, A. 1995. Mengenal Nabi Muhammad SAW. Bandung: CV. Diponegoro.    Cet. I.
Helmiatai. 2011. Sejarah Islam Asia Tenggara. Riau: Zanafa Publishing. Cet. I.
Mubarok, Jaih. 2004. Sejarah Peradaban Islam. Bandung: Bani Quraisy. Cet. II.
Raffles, Thomas Stamford. 2008. The History of Java. Penerjemah:            Yogyakarta:    PT. Buku Kita. Cet. I.

MAKALAH KERAJAAN BERCORAK ISLAM DI PULAU KALIMANTAN DAN SULAWESI SEJARAH ISLAM INDONESIA


        

MAKALAH KERAJAAN BERCORAK ISLAM DI PULAU KALIMANTAN DAN SULAWESI SEJARAH ISLAM INDONESIA



           A.    Kerajaan Islam di Kalimantan

     1.    Sejarah Kerajaan Islam di Kalimantan
            Kerajaan Islam di Kalimantan awal mulanya terjadi karena Kerajaan Hindu berperang dengan kerajaan Islam, tetapi akhirnya kerajaan hindu menyerah diantaranya kerajaan hindu di Candi Laras dan Candi Agung  di Tanjung  Pura. Sebagian rakyat memeluk agama Islam termasuk sebagian rakyat dayak di pantai-pantai. Rakyat dayak yang telah masuk Islam , ialah yang sering disebut sebagai  dayak melayu, yang kebanyakkan di kuala kapuas, tumpung laung (barito) dan beberapa kampung melayu, sebenarnya mereka tetap suku dayak , hanya sudah memeluk agama islam.

            Pangeran Samudra (suriansyah) pernah meminta seorang puteri bernama Biang Lawai untuk dijadikan istri. Biang Lawai, adalah adik Patih Dadar, Patih Muhur, dan mengijin perkawinan, hanya dengan perjanjian tidak akan di Islamkan. Mula-mula oleh Pangeran Samudra, disanggupi, tetapi sesudah sampai istana, putri itu dikabarkan diislamkan. Kabar tersebut sampai kepada Patih Muhur bersaudara, menimbulkan amarah Patih Rumbih dari Kahayan , Patih Muhur dari Bakumpai (barito)  ilmu gaib, berhasil merampas saudaranya kembali, Biang Lawai, dari istana sultan dan dibawanya ke Sungai katan.

            Pangeran samudra memerintah balatentaranya untuk mencari perempuan tersebutdipedelaman. Tetapi karena balatentara patihn muhur sangat hebat, maka mundur lah balatentara sultan.

            Patih  muhur dan patih rumbih mundur dan membuat pertahanandi taliu dikampung tundai. Sesudah itu mereka mundur lagi membuat pertahanan didanau karam bersebrangan dengan negeri goha kahayan. Mereka menyebrangi danau tersebut dan dipasang dundang, bambu yang diruncingkan dibawah jembatans ehingga   sewktu-wktu jembatan tersebut dapat diputuskan jika balatentara sultan lewatatas jembatan  dan luka-luka terkena bambu yang diruncingkan dibawahnya. Perahu-perahu mereka dapat dirampas  oleh patih rumbih ditengelamkan . sekarang tempat tersebut dinamai berayar yang artinay “berlayar”.

            Diantara tempat pertempuran-pertempuran tersebut dengan bentengnya ialah sungai muhur (barito), parabingan, (pangkoh) bukit rawi, tewang pajagen, tewah, hulu kaspuas dan lain-lain.
           
            Tentang tersebarnya agama islam dari banten  kedaerah kalimantan dapat kita baca artikel kerajaan islam dari banten di karang an R. Muchtadi dalam almanak muhamadyah 1357 H (1938) hlm. 166 dan 169, antara lain ditulis : aliudin sultan banten bergelar abu mufakir muhamad aliudin, dia beramah tamah dengan kompeni, dan mendapat kebebasan sisa utang kerajaan banten sebanyak 60.000 ringgit, bekas menempuh landak (tahun 1698 ditentukan , bahwa landak dan sukadana diserahkan pada kompeni. Daerah pantai barat kalimantan diperintah oleh sultan abdurahman yang mendirikan kota pontianak.

            Sultan muhamad aliudin hanya berputera seorang saja dan meninggal ketika masih kanak-kanak tahun1786. Sultan zainal abidin dari banten memasuki landak, matan. Tahun 1699. Kapal kompeni /VOC dan 75 pecalang banten berlayar kesukadana diperintahkan oleh sultan agung (pangeran agung), keponakan sultan banten yang bergelar panebahan.

            Sultan landak didibantu oleh orang bugis dapat merebut kembali daerahnaya . sehingga panebahan dapat dipukul mundur , dengan keluarganya melarikan diri ke anyer (banten). Landak dipegaruhi selama 80 tahun  (1699-1778).
      2.      Kerajaan-Kerajaan Islam di Kalimantan
Adapun Kerajaan-Kerajaan Islam yang ada di Kalimantan yaitu :
a)      Kesultanan Pasir
            Dahulunya rakyat dayak pasir, diperintahkan oleh kepala-kepala dari rakyat dayak sendiri . ada seorang kepala suku dayak yang sangat berpengaruh , yang bernama tamanggung tokio, mengusulkan agar didaerah daerah dikepali oleh sorang kepala suku dan untuk itu diminta sultan yang dekat tempat tinggalnya. Mereka telah berangkat  dengan perahu yang penuh bermuatan emas  dan perak, yang dianugrahkan kepada nya kepada raja yang baru , mereka telah pergi ke utara dan selatan, tetapi tak ada mendapat  seorangpun yang dipandang cakap. Tamanggung tokio sangatlah sedih sampai tidak minum dan makan , kemudian dalam mimpinya ia melihat seorang tua yang berkata kepadanya.
b)      Kesultanan Banjar
            Kesultanan Banjar atau Kesultanan Banjarmasin (berdiri 1520, masuk Islam 24 September 1526, dihapuskan Belanda 11 Juni 1860, pemerintahan darurat/pelarian berakhir 24 Januari 1905) adalah sebuah kesultanan wilayahnya saat ini termasuk ke dalam provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Kesultanan ini semula beribukota di Banjarmasin kemudian dipindahkan ke Martapura dan sekitarnya (kabupaten Banjar). Ketika beribukota di Martapura disebut juga Kerajaan Kayu Tangi.
c)      Kesultanan Kota Waringin
            Kerajaan Kotawaringin adalah sebuah kerajaan Islam (kepangeranan cabang Kesultanan Banjar) di wilayah yang menjadi Kabupaten Kotawaringin Barat saat ini di Kalimantan Tengah yang menurut catatan istana al-Nursari (terletak di Kotawaringin Lama) didirikan pada tahun 1615 atau 1530, dan Belanda pertama kali melakukan kontrak dengan Kotawaringin pada 1637, tahun ini dianggap sebagai tahun berdirinya sesuai dengan Hikayat Banjar dan Kotawaringin (Hikayat Banjar versi I) yang bagian terakhirnya saja ditulis tahun 1663 dan di antara isinya tentang berdirinya Kerajaan Kotawaringin pada masa Sultan Mustain Billah. Pada mulanya Kotawaringin merupakan keadipatian yang dipimpin oleh Dipati Ngganding.
d)     Kesultanan Pontianak
            Kerajaan-kerajaan yang terletak di daerah Kalimantan Barat antara lain Tanjungpura dan Lawe. Kedua kerajaan tersebut pernah diberitakan Tome Pires (1512-1551). Tanjungpura dan Lawe menurut berita musafir Portugis sudah mempunyai kegiatan dalam perdagangan baik dengan Malaka dan Jawa, bahkan kedua daerah yang diperintah oleh Pate atau mungkin adipati kesemuanya tunduk kepada kerajaan di Jawa yang diperintah Pati Unus. Tanjungpura dan Lawe (daerah Sukadana) menghasilkan komoditi seperti emas, berlian, padi, dan banyak bahan makanan. Banyak barang dagangan dari Malaka yang dimasukkan ke daerah itu, demikian pula jenis pakaian dari Bengal dan Keling yang berwarna merah dan hitam dengan harga yang mahal dan yang murah. Pada abad ke-17 kedua kerajaan itu telah berada di bawah pengaruh kekuasaan Kerajaan Mataram terutama dalam upaya perluasan politik dalam menghadapi ekspansi politik VOC.
e)      Kesultanan Sambas
            Kesultanan Sambas adalah kesultanan yang terletak di wilayah pesisir utara Propinsi Kalimantan Barat atau wilayah barat laut Pulau Borneo (Kalimantan)dengan pusat pemerintahannya adalah di Kota Sambas sekarang. Kesultanan Sambas adalah penerus dari kerajaan-kerajaan Sambas sebelumnya. Kerajaan yang bernama Sambas di Pulau Borneo atau Kalimantan ini telah ada paling tidak sebelum abad ke-14 M sebagaimana yang tercantum dalam Kitab Negara Kertagama karya Prapanca. Pada masa itu Rajanya mempunyai gelaran "Nek" yaitu salah satunya bernama Nek Riuh. Setelah masa Nek Riuh, pada sekitar abad ke-15 M muncul pemerintahan Raja yang bernama Tan Unggal yang terkenal sangat kejam. Karena kekejamannya ini Raja Tan Unggal kemudian dikudeta oleh rakyat dan setelah itu selama puluhan tahun rakyat di wilayah Sungai Sambas ini tidak mau mengangkat Raja lagi.

            B .     Kerajaan Islam di Sulawesi

1.      Sejarah Awal Islam Sulawesi
            Ribuan pulau yang ada di Indonesia, sejak lama telah menjalin hubungan dari pulau ke pulau. Baik atas motivasi ekonomi maupun motivasi politik dan kepentingan kerajaan. Hubungan ini pula yang mengantar dakwah menembus dan merambah Celebes atau Sulawesi. Menurut catatan company dagang Portugis yang datang pada tahun 1540 saat datang ke Sulawesi, di tanah ini sudah bisa ditemui pemukiman Muslim di beberapa daerah. Meski belum terlalu besar, namun jalan dakwah terus berlanjut hingga menyentuh raja-raja di Kerajaan Goa yang beribu negeri di Makassar.

            Raja Goa pertama yang memeluk Islam adalah Sultan Alaidin al Awwal dan Perdana Menteri atau Wazir besarnya, Karaeng Matopa pada tahun 1603. Sebelumnya, dakwah Islam telah sampai pula pada ayahanda Sultan Alaidin yang bernama Tonigallo dari Sultan Ternate yang lebih dulu memeluk Islam. Namun Tonigallo khawatir jika ia memeluk Islam, ia merasa kerajaannya akan di bawah pengaruh kerajaan Ternate.

            Beberapa ulama Kerajaan Goa di masa Sultan Alaidin begitu terkenal karena pemahaman dan aktivitas dakwah mereka. Mereka adalah Khatib Tunggal, Datuk ri Bandang, datuk Patimang dan Datuk ri Tiro. Dapat diketahui dan dilacak dari nama para ulama di atas, yang bergelar datuk-datuk adalah para ulama dan mubaligh asal Minangkabau yang menyebarkan Islam ke Makassar.

            Pusat-pusat dakwah yang dibangun oleh Kerajaan Goa inilah yang melanjutkan perjalanan ke wilayah lain sampai ke Kerajaan Bugis, Wajo Sopeng, Sidenreng, Tanette, Luwu dan Paloppo.


      2.      Raja-raja yang terkenal di Sulawesi

            Pada abad ke 15 di Sulawesi berdiri beberapa kerajaan, diantaranya dari suku bangsa Makasar (Gowa dan Tallo) dan Bugis (Luwu, Bone, Soppeng dan Wajo). 2 kerajaan yang memiliki hubungan baik yaitu kerajaan Gowa dan Tallo. Ibu kota kerajaannya adalah Gowa yang sekarang menjadi Makasar. Kerajaan ini pada abad ke 16 sudah menjadi daerah islam. Masuk dan berkembangnya Islam di Makasar atas juga datuk Ribandang (Ulama adat Minangkabau). Secara resmi kerajaan Gowa Islam berdiri pada tahun 1605 M.
Raja-raja yang terkenal diantaranya :
(   1)   Sultan Alaudin (1605-1639 M) raja pertama Islam di Gowa-Tallo. Kerajaan ini adalah negara maritim yang terkenal dengan perahu-perahu layarnya dengan jenis Pinisi dan lImbo. Pada masa Sultan Alaudin berkuasa, Islam mengalami perkembangan pesat yang daerah kekuasaannya hampir mencakup seluruh daerah Sulawesi. Ia wafat pada tahun 1939 M, setelah menjadi raja selama 34 tahun dan digantikan putranya yang bernama Muhammad Said.
(   2)   Muhammad Said (1639-1653 M). Raja ini berkuasa selama 14 tahun.
(   3)   Sultan hasanuddin (1653-1669 M). Sultan ini sebagai pengganti dari Muhammad Saed. Pada masa Sultan hasanuddin berkuasa, Gowa – Tallo mencapai puncak kejayaannya. Wilayah kekuasaannya sampai ke pulau Selayar, Butung, Sumbawa dan Lombok. Ia berkuasa selama 16 Tahun.

     3.      Peninggalan sejarah islam di Sulawesi
a)      Batu Pelantikan Raja (Batu Pallantikang)
Batu petantikan raja (hatu pallantikang) terletak di sebelah tenggara kompleks makam Tamalate. Dahulu, setiap penguasa baru Gowa-Tallo di sumpah di atas batu ini (Wolhof dan Abdurrahim, tt : 67). Batu pallantikang sesungguhnya merupakan batu alami tanpa pem¬bentukan, terdiri dari satu batu andesit yang diapit 2 batu kapur. Batu andesit merupakan pusat pemujaan yang tetap disakralkan masyarakat sampai sekarang. Pe-mujaan penduduk terhadap ditandai dengan banyaknya sajian di atas batu ini. Mereka meyakini bahwa batu tersebut adalah batu dewa dari kayangan yang bertuah.

b)      Mesjid Katangka
            Mesjid Katangka didirikan pada tahun 1605 M. Sejak berdirinya telah mengalami beberapa kali pemugaran. Pemugaran itu berturut-turut dilakukan oleh:
1)     Sultan Mahmud (1818);
2)     Kadi Ibrahim (1921);
3)     Haji Mansur Daeng Limpo, Kadi Gowa (1948); dan
4)     Andi Baso, Pabbicarabutta GoWa (1962) sangat sulit meng¬identifikasi bagian paling awal (asli) bangunan mesjid tertua Kerajaan Gowa ini.
           
            Yang masih menarik adalah ukuran tebal tembok kurang lebih 90 cm, hiasan sulur-suluran dan bentuk mimbar yang terbuat dari kayu menyerupai singgasana dengan sandaran tangan. Hiasan makhuk di samarkan agar tidak tampak realistik. Pada ruang tengah terdapat empat tiang soko guru yang mendukung konstruksi bertingkat di atasnya. Mimbar dipasang permanen dan diplaster. Pada pintu masuk dan mihrab terdapat tulisan Arab dalam babasa Makassar yang menyebutkan pemugaran yang dilakukan Karaeng Katangka pada tahun 1300 Hijriah.

c)      Makam Syekh Yusuf
            Kompleks makam ini terletak pada dataran rendah Lakiung di sebelah barat Mésjid Katangka. Di dalam kompleks ini terdapat 4 buah cungkup dan sejumlah makam biasa. Makam Syekh Yusuf terdapat di dalam cungkup terbesar, berbentuk bujur sangkar Pintu masuk terletak di sisi Selatan. Puncak cungkup berhias keramik. Makam ini merupakan makam kedua. Ketika wafat di pengasingan, Kaap, tanggal 23 Mei 1699, beliau di¬makamkan untuk pertama kalinya di Faure, Afrika Selatan. Raja Gowa meminta kepada pemerintah Belanda agar jasad Syekh Yusuf dipulangkan dan dimakamkan di Gowa. Lima tahun sesudah wafat (1704) baru per¬mintaan tersebut dikabulkan. Jasadnya dibawa pulang bersama keluarga dengan kapal de Spiegel yang berlayar langsung dan Kaap ke Gowa. Pada tanggal 6 April 1705, tulang kerangka Syekh Yusuf dimakamkan dengan upacara adat pemakaman bangsawan di Lakiung. Di atas makamnya dibangun kubah yang disebut kobbanga oleh orang Makassar.

d)     Benteng Tallo
            Benteng Tallo terletak di muara sungai Tallo. Benteng dibangun dengan menggunakan bahan batu bata, batu padas/batu pasir, dan batu kurang. Luas benteng diper¬kirakan 2 kilometer Bardasarkan temuan fondasi dan susunan benteng yang masih tersisa, tebal dinding benteng diperkirakan mencapai 260 cm.

            Akibat perjanjian Bongaya (1667) benteng dihancurkan. Sekarang, sisa-sisa benteng dan bekas aktivitas berserakan. Beberapa bekas fondasi, sudut benteng (bas¬tion) dan batu merah yang tersisa sering dimanfaatkan penduduk untuk berbagai keperluan darurat, sehingga tidak tampak lagi bentuk aslinya. Fondasi itu mengelilingi pemukiman dan makam raja-raja Tallo.


DAFTAR PUSTAKA

Dr. Badri Yatim, 2008. Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Helmiatai. 2011. Sejarah Islam Asia Tenggara. Riau: Zanafa Publishing.
Ismail, Faisal.Drs, 1984. Sejarah Kebudayaan Islam, Yogyakarta;CV.Bina Usaha.
Mubarok, Jaih. 2004. Sejarah Peradaban Islam. Bandung: Bani Quraisy.
Sa‟id Romadhan al-Buthy, Muhammad, 2006. Sirah Nabawiyah, Jakarta:
            Robbani Press.           
Siti Waridah Q, Dra. 2001. Sejarah Nasional dan Umum. Jakarta: PT. Bumi           Aksara.
Yatim Badri, 2008. Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada