MAKALAHFILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM( ANALISIS FILOSOFIS METODE PENDIDIKAN ISLAM )
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang
Tujuan
pendidikan disuatu bangsa atau negara ditentukan oleh falsafat dan pandangan
hidup bangsa atau negara tersebut.perubahan politik pemerintah suatu negara
secara signifikat ikut mempengaruhi
pendidikan yang dilaksanakan dan berimbas pada pola kurikulum yeng berlaku.oleh
karena itu, kurikulum senantiasa bersifat dinamis guna lebih menyesuaikan
dengan berbagai perkembangan yang
terjadi ,tanpa harus terlepas dari filosofi asas negara dan agama masyarakat.
Tujuan
pendidikan yang ingin dicapai oleh kurikulum dalam penddikan islam adalah
sejalan dengan tujuan pendidikan yaitu membentuk akhlak mulia dalam kaitannya
dengan tujuan penciptaan manusia yaitu mengabdi kepada allah SWT dan menjadi khalifah fi al-ardh.
B.Rumusan masalah
A.Apa Pengertian metode?
B.Bagaimana pendekataan dalam
pendidikan islam ?
C.apa metode pendidikan islam?
D.Bagaimana Metode mengajarkan
dalam pendidikan islam?
C.Tujuan
Adapun tujuan
penulisan makalah ini untuk memberikan pemahaman kepada rekan mahasiswa tentang
“Analisis Filosofis metode pendidikan islam .
BAB II
BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengertian Metode
Kata
metode berasal dari bahasa Yunani .secara etimologi,kata metode berasal dari
dua suku perkataan yaitu meta dan hodos. Meta berarti Melalui dan hodos
berarti jalan .[1] Menurut ahmad husain al-liqaniy,metode
adalah :”langkah-langkah yang diambil seorang pendidik guna membantu peserta
didik merealisasikan tujuan tertentu “.[2]
B.Pendekataan dalam pendidikan
islam
1.Pendekatan
pengalaman
Yaitu pemberian
pengalaman keagamaan kepada peserta didik dalam rangka penanaman nilai-nilai
keagamaan.
2.Pendekatan
pembiasaan
Yaitu
suatu tingkah laku tertu yang sifatnya otomatis tanpa direncanakan terlebih
dahulu dan berlaku begitu saja yang kadangkala tanpa dipikirkan.
3.Pendekatan
emosional
Yaitu
usaha untuk mengungah perasaan dan emosi peserta didik dalam menyakini ajaran
islan serta dapat merasakan mana yang baik dan mana yang buruk.
4.Pendekatan
Rasional
Yaitu
pendekatan yang rasio dalam memahami dan menerima kebesaran dan kekuasaan
allah.
5.Pendekatan
Fungsional
Yaitu
usaha memberikan materi agama dengan menekankan kepada segi kemanfaatan pada
peserta didik dalam kehidupan sehari-hari,sesuai dengan tingkat
perkembangannya.
6.Pendekatan
ketauladanan Yaitu
memperlihatkan ketauladanan ,baik yang berlangsung melalui penciptaan kondisi
pergaulan yang akrab antara personal sekolah
C.Metode pendidikan islam
Hasan
Langgulung berpendapat bahwa pengunaan metode didasarkan atas tiga asfek pokok
yaitu:
1.
Sifat-sifat
dan kepentingan yang berkenaan dengan tujuan utama pendidikan islam yaitu
pembinaan manusia mukmin yang mengaku sebagai hamba allah.
2.
Berkenaan
dengan metode –metode yang betul-betul berlaku yang disebutkan dalam al-quran.
3.Membicarakan tentang motivation,shawab,iqab.
Al-quran juga
menganut metoda deduktif dimana wahyu yang diturunkan menyangkut hal-hal yang
belum terjadi untuk dipakai sebagai pedoman pada hal2hal yang berlaku pada masa
yang akan datang .
1.Dasar
metode pendidikan islam
Dalam
hal ini tidak bisa terlepas dari dasar sebagai berikut:
§ Dasar Agamis
§ Dasar Biologis
§ Dasar Psikologis
§ Dasar Sosiologis
2.Prinsip metode pendidikan islam
Berikut prinsip-prinsip :
§ Prinsip Kemudahan
§ Prinsip Berkesinabungan
§ Prinsip Fleksibel
3.Metode
Pendidikan Menurut Pakar Pendidikan Islam
Para
ahli didik islam telah merumuskan berbagai metode pendidikan islam diantaranya:
a.Al-Ghazali
Seyogyanya agama diberikan kepada
anak sejak usia dini,sewaktu menerimanya dengan hapalan diluar kepala.ketika ia
menginjak dewasa,sedikit demi sedikit makna agama akan tersingkap baginya.
b.Abdullah
Nashih Ulwan
menguraikan paling tidak ada empat
macam yang harus dilakukan oleh pendidikan dirumah tangga (orang tua) dalam
tanggung jawabnya mendidik dan memenuhi keinginan anak ,yaitu:
1.
Menyuruh
anak-anak semenjak awal membaca la ilaha illahllah ,
2.
Memperkenalkan
sejak awal tentang pemikiran hukum halal dan haram
3.
Menyuruh
anak beribadah semenjak umur tujuh tahun
4.
Mendidik
anak cinta kepada rasul ddan keluarganya serta cinta membaca al-quran
D.Metode Mengajar Dalam
Pendidikan Islam
Hadari Nawawi
menawarkan beberapa teknik pendidikan islam :[3]
a.
Mendidik
melalui ketauladanan Rasulullah adalah panutan terbaik bagi
umat nya ,pada diri beliau senantiasa ditemukan tauladan yang baik serta
kepribadian mulian.
b.
Mendidik
melalui kebiasaan
Faktor ini diperlu diterapkan pada peserta
didik sejak dini .contoh sederhana misalnya ,membiasan pengucapan salam pada
waktu masuk dan keluar rumah ,membaca basmalah setiap mula suatu pekerjaan dan
mengucapkan hamdalah setelah menyelesakan pekerjaan.
c.
Mendidik
melalui nasehat
Dalam mewujudkan interaksi antara
pendidik dan peserta didik ,nasehat dan cerita merupakan cara mendidik yang
bertumpu pada bahasa ,baik lisan maupun tertulis.
d.
Mendidik
melalui disiplin
Kehidupan ini penuh dengan berbagai
pelaksanaan kebiasaan dan pengulangan kegiatan secara rutin dari hari ke hari
yang berlangsung tertib.
e.
Mendidik
melalui partisipasi
Manusia
adalah makhluk sosial yang tidak mungkin hidup sendiri tanpa manusia lain .
f.
Mendidik
melalui pemeliharaan
Setiap
anak yang lahir dalam keadaan lemah dan tak berdaya dan dalam keadaan belum
dewasa .sementara kedewasaan merupakan syarat mutlak bagi kehidupan manusia
,baik secara individual maupun sebagai angota masyarakat.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Kata metode berasal
dari bahasa Yunani .secara etimologi,kata metode berasal dari dua suku
perkataan yaitu meta dan hodos. Meta berarti Melalui dan hodos berarti
jalan. Hadari Nawawi
menawarkan beberapa teknik pendidikan islam yaitu :ketauladanan,kebiasaan,nasehat,disiplin,partisipasi
dan pemeliharaan.
DAFTAR
PUSTAKA
H.M.Arifin ,ilmu pendidikan islam :suatu
tinjauan teoritis dan praktis berdasarkan interdisipliner,(jakarta:Bumi
Aksara,1991), cet .1.hal.6
Ahmad Husain al –liqaniy ,Mu jam
al-Musthalahat al-tarbawiyah al-muarrafah fi al-manahij wa thuruqu al-tadris
,(mesir :alam al-kutub,1996)cet.1,hal .127
Zakariah Darajat ,ilmu pendidikan islam ,(jakarta:Bumi Aksara
,1992),h.20
[1]H.M.Arifin ,ilmu pendidikan islam :suatu tinjauan
teoritis dan praktis berdasarkan interdisipliner,(jakarta:Bumi
Aksara,1991), cet .1.hal.6
[2] Ahmad Husain al –liqaniy ,Mu jam al-Musthalahat al-tarbawiyah
al-muarrafah fi al-manahij wa thuruqu al-tadris ,(mesir :alam
al-kutub,1996)cet.1,hal .127
[3] Zakariah Darajat ,ilmu pendidikan islam ,(jakarta:Bumi Aksara
,1992),h.20
No comments:
Post a Comment