1

loading...

Wednesday, November 15, 2017

MAKALAH FILSAFAT

MAKALAHFILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM( ANALISIS FILOSOFIS METODE PENDIDIKAN ISLAM )

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar belakang
            Tujuan pendidikan disuatu bangsa atau negara ditentukan oleh falsafat dan pandangan hidup bangsa atau negara tersebut.perubahan politik pemerintah suatu negara secara signifikat  ikut mempengaruhi pendidikan yang dilaksanakan dan berimbas pada pola kurikulum yeng berlaku.oleh karena itu, kurikulum senantiasa bersifat dinamis guna lebih menyesuaikan dengan berbagai  perkembangan yang terjadi ,tanpa harus terlepas dari filosofi asas negara dan agama masyarakat.
            Tujuan pendidikan yang ingin dicapai oleh kurikulum dalam penddikan islam adalah sejalan dengan tujuan pendidikan yaitu membentuk akhlak mulia dalam kaitannya dengan tujuan penciptaan manusia yaitu mengabdi kepada allah SWT  dan menjadi khalifah fi al-ardh.

B.Rumusan masalah
A.Apa Pengertian metode?
B.Bagaimana pendekataan dalam pendidikan islam  ?
C.apa metode pendidikan islam?
D.Bagaimana Metode mengajarkan dalam pendidikan islam?

C.Tujuan
Adapun tujuan penulisan makalah ini untuk memberikan pemahaman kepada rekan mahasiswa tentang “Analisis Filosofis metode pendidikan islam .

                                                         BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengertian Metode
            Kata metode berasal dari bahasa Yunani .secara etimologi,kata metode berasal dari dua suku perkataan yaitu meta dan hodos. Meta berarti Melalui dan hodos berarti jalan .[1]        Menurut ahmad husain al-liqaniy,metode adalah :”langkah-langkah yang diambil seorang pendidik guna membantu peserta didik merealisasikan tujuan tertentu “.[2]

B.Pendekataan dalam pendidikan islam
            1.Pendekatan pengalaman
Yaitu pemberian pengalaman keagamaan kepada peserta didik dalam rangka penanaman nilai-nilai keagamaan.
            2.Pendekatan pembiasaan
            Yaitu suatu tingkah laku tertu yang sifatnya otomatis tanpa direncanakan terlebih dahulu dan berlaku begitu saja yang kadangkala tanpa dipikirkan.
            3.Pendekatan emosional
            Yaitu usaha untuk mengungah perasaan dan emosi peserta didik dalam menyakini ajaran islan serta dapat merasakan mana yang baik dan mana yang buruk.
            4.Pendekatan Rasional
            Yaitu pendekatan yang rasio dalam memahami dan menerima kebesaran dan kekuasaan allah.
            5.Pendekatan Fungsional
            Yaitu usaha memberikan materi agama dengan menekankan kepada segi kemanfaatan pada peserta didik dalam kehidupan sehari-hari,sesuai dengan tingkat perkembangannya.
6.Pendekatan ketauladanan                                                                                                    Yaitu memperlihatkan ketauladanan ,baik yang berlangsung melalui penciptaan kondisi pergaulan yang akrab antara personal sekolah
                  
C.Metode pendidikan islam
            Hasan Langgulung berpendapat bahwa pengunaan metode didasarkan atas tiga asfek pokok yaitu:
1.      Sifat-sifat dan kepentingan yang berkenaan dengan tujuan utama pendidikan islam yaitu pembinaan manusia mukmin yang mengaku sebagai hamba allah.
2.      Berkenaan dengan metode –metode yang betul-betul berlaku yang disebutkan dalam al-quran.
      3.Membicarakan tentang motivation,shawab,iqab.

Al-quran juga menganut metoda deduktif dimana wahyu yang diturunkan menyangkut hal-hal yang belum terjadi untuk dipakai sebagai pedoman pada hal2hal yang berlaku pada masa yang akan datang .
1.Dasar metode pendidikan islam
                        Dalam hal ini tidak bisa terlepas dari dasar sebagai berikut:
§  Dasar Agamis
§  Dasar Biologis
§  Dasar Psikologis
§  Dasar Sosiologis
2.Prinsip  metode pendidikan islam
            Berikut prinsip-prinsip :
§  Prinsip Kemudahan
§  Prinsip Berkesinabungan
§  Prinsip Fleksibel
3.Metode Pendidikan Menurut Pakar Pendidikan Islam
Para ahli didik islam telah merumuskan berbagai metode pendidikan islam diantaranya:
a.Al-Ghazali
            Seyogyanya agama diberikan kepada anak sejak usia dini,sewaktu menerimanya dengan hapalan diluar kepala.ketika ia menginjak dewasa,sedikit demi sedikit makna agama akan tersingkap baginya.
b.Abdullah Nashih Ulwan
            menguraikan paling tidak ada empat macam yang harus dilakukan oleh pendidikan dirumah tangga (orang tua) dalam tanggung jawabnya mendidik dan memenuhi keinginan anak ,yaitu:
1.      Menyuruh anak-anak semenjak awal membaca la ilaha illahllah ,
2.      Memperkenalkan sejak awal tentang pemikiran hukum halal dan haram
3.      Menyuruh anak beribadah semenjak umur tujuh tahun
4.      Mendidik anak cinta kepada rasul ddan keluarganya serta cinta membaca al-quran

D.Metode Mengajar Dalam Pendidikan Islam
              Hadari  Nawawi  menawarkan beberapa teknik pendidikan islam :[3]
a.       Mendidik melalui ketauladanan  Rasulullah adalah panutan terbaik bagi umat nya ,pada diri beliau senantiasa ditemukan tauladan yang baik serta kepribadian mulian.
b.      Mendidik melalui kebiasaan
       Faktor ini diperlu diterapkan pada peserta didik sejak dini .contoh sederhana misalnya ,membiasan pengucapan salam pada waktu masuk dan keluar rumah ,membaca basmalah setiap mula suatu pekerjaan dan mengucapkan hamdalah setelah menyelesakan pekerjaan.   
c.       Mendidik melalui nasehat
        Dalam mewujudkan interaksi antara pendidik dan peserta didik ,nasehat dan cerita merupakan cara mendidik yang bertumpu pada bahasa ,baik lisan maupun tertulis.
d.      Mendidik melalui disiplin
        Kehidupan ini penuh dengan berbagai pelaksanaan kebiasaan dan pengulangan kegiatan secara rutin dari hari ke hari yang berlangsung tertib.
e.       Mendidik melalui partisipasi
Manusia adalah makhluk sosial yang tidak mungkin hidup sendiri tanpa manusia lain .
f.       Mendidik melalui pemeliharaan
Setiap anak yang lahir dalam keadaan lemah dan tak berdaya dan dalam keadaan belum dewasa .sementara kedewasaan merupakan syarat mutlak bagi kehidupan manusia ,baik secara individual maupun sebagai angota masyarakat.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Kata metode berasal dari bahasa Yunani .secara etimologi,kata metode berasal dari dua suku perkataan yaitu meta dan hodos. Meta berarti Melalui dan hodos berarti jalan.              Hadari  Nawawi  menawarkan beberapa teknik pendidikan islam yaitu :ketauladanan,kebiasaan,nasehat,disiplin,partisipasi dan pemeliharaan.

DAFTAR PUSTAKA
  H.M.Arifin ,ilmu pendidikan islam :suatu tinjauan teoritis dan praktis berdasarkan interdisipliner,(jakarta:Bumi Aksara,1991), cet .1.hal.6
  Ahmad Husain al –liqaniy ,Mu jam al-Musthalahat al-tarbawiyah al-muarrafah fi al-manahij wa thuruqu al-tadris ,(mesir :alam al-kutub,1996)cet.1,hal .127
  Zakariah Darajat ,ilmu pendidikan islam ,(jakarta:Bumi Aksara ,1992),h.20



[1]H.M.Arifin ,ilmu pendidikan islam :suatu tinjauan teoritis dan praktis berdasarkan interdisipliner,(jakarta:Bumi Aksara,1991), cet .1.hal.6
[2] Ahmad Husain al –liqaniy ,Mu jam al-Musthalahat al-tarbawiyah al-muarrafah fi al-manahij wa thuruqu al-tadris ,(mesir :alam al-kutub,1996)cet.1,hal .127
[3] Zakariah Darajat ,ilmu pendidikan islam ,(jakarta:Bumi Aksara ,1992),h.20

No comments:

Post a Comment