1

loading...

Friday, November 16, 2018

LATAR BELAKANG BAHASA INDONESIA “Pentingnya Menanamkan Budi Pekerti Pada Anak’’


BAHASA INDONESIA Pentingnya Menanamkan Budi Pekerti Pada Anak’’

Pentingnya Menanamkan Budi Pekerti Pada Anak
Pengertian pendidikan budi pekerti menurut Haidar (2004) adalah usaha sadar yang dilakukan dalam rangka menanamkan atau menginternalisasikan nilai-nilai moral ke dalam sikap dan prilaku peserta didik agar memiliki sikap dan prilaku yang luhur (berakhlakul karimah) dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam berinteraksi dengan Tuhan, dengan sesama manusia maupun dengan alam/lingkungan.
Tujuan pendidikan Budi Pekerti adalah untuk mengembangkan nilai, sikap dan prilaku siswa yang memancarkan akhlak mulia/budi pekerti luhur (Haidar, 2004). Hal ini mengandung arti bahwa dalam pendidikan Budi Pekerti, nilai-nilai yang ingin dibentuk adalah nilai-nilai akhlak yang mulia, yaitu tertanamnya nilai-nilai akhlak yang mulia ke dalam diri peserta didik yang kemudian terwujud dalam tingkah lakunya.[1]
            Budi pekerti atau moralitas sangat penting dalam menunjang pergaulan. Karena dengan budi pekerti yang luhur pasti akan diterima dilingkungannya, dapat berkumpul, dan berteman dengan baik sehingga mendorong anak agar dapat berinteraksi dengan baik.
Sebelum mengetahui lebih banyak tentang menanamkan budi pekerti pada anak ada yang terlebih dahulu kita mengerti apa itu budi pekerti.
Budi pekerti merupakan sebuah akumulasi dari cipta,rasa,dan karsa yang diterapkan dalam sikap , kata-kata, yang tingkah laku yang menyangkut kesopanan dalam tindakan, kesantunan dalam bersikap, kedewasaan dalam pergaulan, dan menghormati sesama.
Seseorang yang berbudi pekerti biasa di sebut budiman. Anak yang budiman mudah diterima dimana saja karena telah melakukan sesuatu hal yang baik, terhadap lingkungan dan meninggalkan hal-hal yang buruk bagi lingkungannya.
Budi pekerti bertujuan supaya anak mampu mewujudkan sikap dalam memahami komunikasi. Guna menjaga di hubungan dengan orang lain, agar tercipta keharmonisan dan keselarasan dalam pergaulan hidup.[2]
            Namun dizaman sekarang ini banyak anak yang tidak mempunyai budi pekerti yang dapat merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Anak sering bertindak semena-mena. Dan parahnya lagi terkadang orang tua membiarkan sikap anak yang tidak baik. Sehingga hal tersebut terjadi terus menerus dan akhirnya menjadi sikap yang sudah mendarah daging bagi anak sehinnga sulit untuk dirubah. Dan bahkan sering kita lihat dilingkungan masyarakat sekitar kita tidak sedikit anak yang berani melawan kepada orang tuanya, memperbudak orang tua, bahkan membunuh orang tuanya. Dan tidak sedikit juga orang tua yang takut kepada anaknya. Melakukan apa saja yang diperintahkan anak,membiarkan sikap anak yang tidak baik, membenarkan apa yang dilakukan anak apakah itu baik atau buruk.
            Baik anak-anak ataupun remaja banyak yang tidak mengetahui lagi budi pekerti. Mereka lebih suka melakukan apa yang disukainya tanpa berpikir apakah baik atau buruk. Apakah sesuai dengan nilai dan norma yang sudah ada. Bagi anak apa yang dilakukannya adalah hal yang benar.
            Mengapa ini terjadi?. Ini terjadi karna penanaman nilai-nilai, norma-norma, budi pekerti yang tidak baik dan tidak benar. Sebagai orang tua kita pasti meninginkan anak kita menjadi pribadi yang sehat. Mempunyai budi pekerti yang baik, sehingga dipandang  baik oleh masyarakat, berguna bagi keluarga dan masyarakat, serta dapat membanggakan kita sebagai orang tua.
            Maka dari itu penulis mengambil judul Pentingnya Menanamkan Budi Pekerti Pada Anak agar orang tua terutama pembaca mengetahui betapa pentingnya menanamkan budi pekerti pada anak agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan. Dan supaya pembaca mengetahui manfaat dari pentingnya menanamkan budi pekerti pada anak. dan mengetahui bagaimana cara menanamkan budi pekerti yang benar kepada anak.


[1] http://belajarpsikologi.com/pendidikan-budi-pekerti/
[2] Muryanto,menciptakan pribadi anak mudah bergaul, CV.Chyyas putra, semarang, h.35-36

No comments:

Post a Comment