RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah/Madrasah : Madrasah Ibtida’iyah 1 Bengkulu Tengah
Mata
Pelajaran : Sejarah Kebudayaan
Islam
Kelas/Semester : VI/I
Materi
Pokok : Sejarah Nabi Muhammad
Shalallahu a’laihi wasallam
Alokasi
Waktu :1x20 menit
A.
KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Kompetensi
Inti (KI-1):
Mengahayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Kompetensi
Inti (KI-2):
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3.
Kompetensi
Inti (KI-3):
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, procedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusian,
kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena kejadian memecahan serta
menerapkan pengetahuan producial pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Kompetensi
Inti (KI-4):
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1
Menyakini
Allah SWT sebagai pencipta alam semesta
|
|
1.2
Memahami
kelahiran Nabi Muhammad
|
1.2.1
Menjelaskan
kelahiran Nabi Muhamad
|
1.3
Memahami
Keadaan Nabi Muhammad ketika kecil dan remaja
|
1.3.1
Menjelaskan keadaan Nabi Muhammad Shalallahu
a’laihi wa sallam ketika masih kecil dan remaja
|
1.4
Memahami
masa kenabian Nabi Muhammad
|
1.4.1
Menjelaskan
sifat-sifat Nabi Muhammad
1.4.2
Menjelaskan
masa kenabian Nabi Muhammad
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui
ceramah dan tanya jawab peseta didik dapat mengetahui masa kelahiran Nabi, masa
kecil dan remaja Nabi serta masa kenabian Nabi Muhammad
2.
Melalui
CTL siswa dapat mengetahui dan mencontoh sifat baik Nabi
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Kelahiran
Nabi Muhammad Shalallahu a’laihi wa sallam
Nabi
Muhammad lahir pada Senin subuh, 12 Rabiul Awal tahun Gajah, bertepatan pada
20 April 570 M. Nabi Muhamad lahir dalam
keadaan yatim. Ayahnya, Abdullah bin Abdul Muthalib meninggal dimadinah sebelum
nabi Muhammad lahir dimuka bumi.
Ibu
Nabi Muhammad bernama Aminah binti Wahab bin Abdul Manaf bin Zuhra. Nama
Muhammad yang artinya ‘yang terpuji’ adalah pemberian dari sang kakek, Abdul
Muthalib. secara nasab Nabi Muhammad adalah keturunan orang terhormat dari suku Quraisy. Nabi
Muhammad lahir dirumah ibunya di Mekkah. Adapun bidan yang membantu melahirkan
Nabi Muhammad adalah Siti Syifa.
2.
Masa
kecil Nabi Muhammad Shalallahu a’laihi wa sallam
Nabi Muhammad
disusui oleh seorang wanita yang bernama Siti Halimah yang pendai menyusukan
dan merawat bayi. Suatu hari ada kejadian aneh yang menimpa diri Nabi Muhammad
dimana beliau didatangi oleh dua orang yang berpakaian serba putih mendadak
menghampirinya kemudian menangkapnya. Kejadian ini, diceritakan oleh nabi
kepada Siti Halimah. Karena khawatir akan keselamatan nabi Siti Halimah
memulangkan Nabi kepada ibunya pada usia hampir lima tahun.
Keteka Nabi Muhammad
berusia enam tahun ibunya tercinta Aminah meninggal dunia. Selanjutnya,
Muhammad dibesarkan oleh kakeknya yang bernama Abdul Muthaliib hingga berusia
delapan tahun. Setelah kakeknya meninggal ia tinggal bersama pamannya Abu
Thalib. Prilaku Nabi yang yang sanun mendapat perhatian penduduk sekitar dan
mendapat tempat dihati mereka, Muhammad dikenal sebagai orang yang amanah dan
jujur. Oleh karena itu, mereka menyebutnya dengan sebutan Muhammad Al-Amin (
Muhammad yang dapat dipercaya)
3.
Masa
Dewasa dan Kenabian Nabi Muhammad
Pada Usia tiga belas tahun, ia menemani pamannya Abu Thalib
berdagang ke Syam ( sekarang bernama syuriah) dalam perjalanan inilah keagungan
jiwa dan sifat amanahnya teruji. Pada usia dua puluh tahun ia menikah dengan
Khadijah bin Khuwalid, seorang saudagar wanita yahng merupakan mitranya dalam
berdagang. Pada usia ini pula beliau berhasil mendamaikan pertikaian antara
kabilah di Mekkah tentang siapa yahng paling berhak menempatkan hajar aswad
(batu hitam) ditempatnya semula. Muhammad telah membuktikan bahwa ia adalah
seorang yang ahli dalam membuat keputusan yang adil. Ia juga telah membuktikan
kecintaannya terhadap persatuan umat dengan ikut serta dalam perjanjian Hilful
Fudhul.
Pada Usia empat puluh tahun ia menerima Wahyu pertama dan resmi
diangkat Allah Subhanahu wa ta’ala menjadi Nabi dan Rasul. Nabi Muhammad
Shalallahu ‘alaihi wa sallam berdakwah dengfan mengajak umatnya untuk
hanya menyembah Allah Subhanahu wa ta’ala sebagai tuhan (menegakkan
kalimat tauhid) den meninggalkan kesyirikan.
Pada tahun 10 H kesehatan Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa
sallam menurun. Beliau akhirnya meninggal dunia tanggal 28 Shafar 11 H .
Nabi Muhammad merupakan Nabi terakhir yang membawa ajaran yang paling sempurna.
Kitab yang dibawannya adalah Al-Qur’an, kitab ini menjadi pedoman hingga akhir
zaman dan berlaku untuk semua manusia dimuka Bumi.
Sebagai
seorang Muslim yang baik hendaklah kita menajadikan Nabi Muhammad sebagai
Pedoman dalam Hidup Ini, Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman :
รด
“Sesungguhnya telah ada
pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang
yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak
menyebut Allah” (Q.S. Al-Ahzab:21)
E.
METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah, tanya jawab, jigsaw
F.
MEDIA,
ALAT/BAHAN, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media:
Papan tulis yang digunakan untuk menulis judul
2.
Alat/bahan :
Kertas
yang berisikan materi masing-masing kelompok
3.
Sumber
Pembelajaran:
Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas III dan Buku Akidah Akhlak
PendekatanSaintifikKurikulum 2013. Al-Qur’an Terjemahaan, dan Internet
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahapan Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan Guru dan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
§ Guru mengucapkan salam dan meminta
salah satu peserta didik memimpin doa
§ Guru mengkondisikan kelas
§ Guru mengabsensi peserta didik
kemudian menanyakan kabar
§ Guru menanyakan tentang materi
minggu lalu
§ Guru menanyakan tentang materi
yang akan dibahas
§ Guru memberikan informasi
tentang tujuan mempelajari Sejarah
Nabi Muhammad
|
5 menit
|
Kegiatan
Inti
|
§ Guru menuliskan tema pembelajaran
di papan tulis
§ Guru dan peserta didik melakukan
tanya jawab mengenai Nabi Muhammad
§ Guru membaca dalil tentang
perintah menjadikan Nabi sebagai panutan, kemudian mengajak peserta didik
mengikuti untuk membaca dalil
§ Guru membagi siswa menjadi 3
kelompok untuk berdiskusi
§ Guru mempersilahkan perwakilan
masing-masing kelompok untuk menjelaskan materi yang telah di tentukan
§ Guru dan peserta didik melakukan
tanya jawab seputar materi
|
10 menit
|
Penutup
|
§ Guru memberikan lembar soal kepada
peserta didik untuk menjawab soal yang telah dibuat
§ Guru mengevaluasi hasil tugas yang
telah diberikan, jika nilai siswa kurang dari kkm maka masuk ke kelompok
perbaikan dan jika nilai siswa melebihi kkm maka siswa masuk kedalam kelompok
pengayaan
§ Guru menanyakan kepada siswa
tentang pembelajaran pada hari ini dan
menyimpulkan bersama pembelajaran yang telah dilaksanakan
§ Guru menutup pembelajaran dan meminta
salah satu peserta didik memimpin doa pulang
|
5 menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Tekhnik Penilaian :
Tes
2.
Bentuk
Instrumen :
Tertulis, dan lisan
3.
Instrumen Penilaian :
Sikap dan penguasaan materi ajar
4.
Evaluasi
: Soal Pilihan
Ganda
LEMBAR EVALUASI
SISWA
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Mata Pelajaran :
1.
Kapankah
Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam lahir...
a.
12
Rabiul awal tahun gajah
b.
17
Ramadhan
c.
17
Rabiul awal tahun gajah
d.
9
Rabiul awal tahun gajah
2.
Nabi
Muhammad lahir di....
a.
Madinah
b.
Mekkah
c.
Syuriah
d.
Palestina
3.
Nabi
Muhammad mendapat sebutan Al-Amin, apakah arti dari Al-Amin...
a.
pemberani
b.
dibenci
c.
di
percaya
d.
pembohong
4.
Umur
berapa Nabi Muhammad diangkat menjadi Rasul...
a.
20
tahun
b.
30
tahun
c.
35
tahun
d.
40
tahun
5.
Kapankah
Rasulullah wafat....
a.
12
rabiul awal
b.
17
Ramadhan
c.
28
Shafar 11 H
d.
12
Shafar 11 H
Kunci Jawaban:
1. A
2. B
3. C
4. D
5. C
LEMBAR
PENILAIAN SISWA
No
|
Nama
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk penskoran :
Skor 20 jika benar
Skor 0 jika salah
Kkm 60
Keterangan:
T = Tuntas
TT = Tidak Tuntas
LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
PETUNJUK
1.
Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2.
Berilah
tanda (v) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sahari-hari
Nama Peserta Didik :
Kelas :
IV
Tanggal Pengamatan :
Materi Pokok :
No
|
Pernyataan
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya
semakin yakin dengan kitab-kitab Allah dan nabi-nabi yang menerimanya
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas nikmat, rahmat dan karunia yang diberikan Allah
|
|
|
3
|
Berusaha
untuk selalu berbuat kabaikan dengan sesama
|
|
|
4
|
Saya
yakin bahwa dengan meyakinikitab-kitab Allah dan melaksanakan perintah Allah
akan membuat hidup lebih baik
|
|
|
Petunjuk penskoran:
Jawaban YA diberi skor 25 dan jawaban tidak diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus
Jumlah skor +jumlah skor+jumlah skor+jumlah skor =
LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik :
Kelas :
IV
Materi Pokok :
Tanggal :
Petunjuk
1.
Bacalah
pernyataan yang ada didalam kolom dengan teliti.
2.
Berilah
tanda (v)msesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari.
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya
tidak mencontek pada saat mengerjakan ulangan.
|
|
|
|
|
2
|
Saya
menyalin karya orang lain dengan menyebutkan nama sumbernya.
|
|
|
|
|
3
|
Saya
melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang.
|
|
|
|
|
4
|
Saya
berani mengakui kesalahan yang saya lakukan.
|
|
|
|
|
5
|
Saya
mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain.
|
|
|
|
|
Keterangan :
·
SL =
Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan yang diberikan.
·
SR =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan.
·
KD =
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
·
TP =
Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan.
PENILAIAN
BERTANYA
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Nilai
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
Aspek dan rubik penilaian
a.
Frekuensi
dalam bertanya
1)
Jika
siswa bertanya 3 kali atau lebih, skor 4.
2)
Jika
siswa bertanya 2 kali, skor 3.
3)
Jika
siswa bertanya 1 kali, skor 2.
b.
Keterkaitan
pertanyaan dengan materi
1)
Jika
pertanyaan sesuai dengan materi, skor 4.
2)
Jika
pertanyaan kurang sesuai dengan materi, skor 3.
3)
Jika
pertanyaan tidak sesuai dengan materi, skor 2.
c.
Kejelasan/bahasa
yang digunakan saat bertanya
1)
Jika
bahasa jelas, lugas, dan mudah dipahami, skor 4.
2)
Jika
bahasa kurang jelas, kurang lugas, dan kurang mudah dipahami, skor 3.
3)
Jika
bahasa tidak jelas, tidak lugas, dan sulit dipahami, skor 2.
Nilai : a+b+c
Mengetahui,
Kepala Sekolah
, M.Pd
|
|
Bengkulu, 2019
Guru mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
Fe
NIM. 1
|
No comments:
Post a Comment