RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJASKES
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
: SMA
Sederjat
Kelas/Semester
: X / 1 (Ganjil )
Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Tema/Topik : Teknik Dasar
Passing Bawah Bola voli
Pertemuan
ke : Pertama
Waktu : 10 – 15
Menit
A. Standar Kompetensi
1.1 Mempraktekkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang
sebenarnya dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
B. Kompetensi
Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam
melakukan
aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga.
1.2 Berperilaku sportif dalam bermain.
1.3 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
1.4 Memahami pengetahuan modifikasi teknik dasar permainan bola besar.
1.5 Mempraktikkan modifikasi teknik dasar permainan bola besar dengan
menekankan
gerak dasar fundamentalnya
C. Indikator
- Mengenal bola voli.
- Melakukan
teknik dasar passing bawah bola voli .
- Menjelaskan
teknik dasar passing bawah bola voli.
D.
Tujuan Pembelajaran
- Agar siswa dapat menjelaskan teknik passing bawah bola voli
- Agar siswa dapat melakukan pasing bawah dengan baik dan benar
E. Materi Pokok
Teknik dasar Permainan bola voli
F. Skenario Pembelajaran
- Passing bawah bola voli.
Passing dalam permainan
bolavoli adalah usaha atau upaya seorang pemain
bola voli dengan cara
menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuannya adalah
untuk mengoperkan bola
yang dimainkannya itu kepada teman seregunya
untuk dimainkan di
lapangan sendiri.
Elemen dasar bagi pelaksanaan operan
lengan depan atau passing bawah
yang baik adalah: a).
Gerakan mengambil bola.
b). Mengatur posisi.
c). Memukul bola dan
d). Mengarahkan bola kearah sasaran
1) Persiapan (Sikap awal)
(a) bergerak kearah bola
dan atur posisi tubuh
(b) genggam
jemari tangan
(c) kaki dalam posisi meragang dengan santai,
bahu terbuka lebar
(d) tekuk lutut, tahan
tubuh dalam posisi rendah.
(e)
bentuk
landasan dengan lengan
(f)
sikut
terkunci
(g)lengan sejajar dengan paha
(h)pinggang lurus
(i) pandangan kearah bola
2) Pelaksanaan (Perkenaan bola)
(a) menerima bola di depan
badan
(b) sedikit mengulurkan
kaki
(c) berat badan dialihkan
kedepan
(d) pukulah bola jauh dari
badan
(e) pinggul bergerak ke
depan
(f) perhatikan bola saat
menyentuh lengan
3) Gerakan Lanjutan (Sikap akhir)
(a) jari tangan tetap
digenggam
(b) sikut tetap terkunci
(c) landasan mengikuti
bola kesasaran.
(d) pindahkan berat badan
arah kesasaran
(e) perhatikan bola
bergerak kesasaran
G. Metode Pembelajaran.
1. Ceramah
2. Demontrasi
3. Praktek
H. Langkah –
Langkah Pembelajaran.
Pertemuan pertama 1
1) kegiatan awal
Dalam kegiatan awal, guru :
- Pemanasan dengan pendekatan bermain lempar tangkap bola besar serta peregangan statis dan dinamis.
- Guru mendemonsrasikan gerakan passing bawah dengan bantuan beberapa peserta didik
- Peserta didik mengamati gerakan yang dilakukan oleh guru
- Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang gerakan yang di demonstrasikan oleh guru
- Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang gerakan yang di demonstrasikan oleh guru
Mendemontrasikan materi inti yang akan dilakukan/ di
pelajar
LEMBAR PENILAIAN
2) Kegiatan Inti
- Eksplorasi
Ø Peserta didik diberi kesempatan untuk mencoba gerakan yang di demontrasikan oleh guru yaitu teknik dasar passing bawah dengan rincian
kegiatan sebagai berikut:
Ø Melakukan pasing bawah dengan diawali dengan bola dipantul teman di tempat dan setelah mantul lantai bola didorong dengan dua lengan
(perorangan)
Ø Melakukan pasing bawah diawali bola dilambung teman di tempat dilanjutan sambil berjalan ke depan dan gerak menyamping kanan dan ke kiri (perorangan) .
Ø Melakukan pasing bawah secara langsung berpasangan,berkrlompok, membentuk formasi lingkaran, berbanjar atau segi
Ø Teknik dasar (pasing bawah) dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
Ø Melakukan pasing bawah dengan cara mendorong bola di awali bola dilambung
sendiri
di tempat lalu di tangkap dilanjutan sambil berjalan ke depan (perorangan)
Ø Melakukan pasing bawah dengan diawali dengan bola dilambung di tempat
dan
setelah mantul lantai bola didorong dengan dua lengan (perorangan)
Ø Melakukan pasing bawah sambil berjalan dan gerak menyamping kanan dan
ke
kiri
(perorangan)
Ø Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
Ø Guru mengatur siswa menjadi 4 kelompok
Ø Guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas
gerak
kepada setiap kelompok.
Ø Siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
Ø Siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali melakukan teknik dasar passing
bawah
seterusnya dilakukan secara bergantian sampai semua anggota kelompok
melakukan
passing bawah dan yang lain menjadi pengamat
Ø Siswa melaksanakan tugas gerak, dan menampilkan gerak sesuai dengan
indikator
yang telah ditentukan.
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain – lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
- Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
- Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
- Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkanprestasi belajar Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanggung jawab tentang hal hal yang belum di ketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3) Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø Siswa dikumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru
tentang materi yang telah
dilakukan/di ajarkan
Ø Memperbaiki tentang kesalahan – kesalahan gerakan
tehnik dalam permainan
bola voli
I. Alat
dan Sumber Belajar
Dalam kegiatan ini alat dan sumber
belajar meliputi :
Ruang terbuka yang rindang, datar dan aman
Bola, cone, rompi, net
Buku teks
Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan Kelas VII,
Jakarta : Erlangga
J.
Penilaian
A. Penilaian
Indicator pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Instrument/ soal
|
- Melakukan sikap awal passing bawah yang benar
- Melakukan perkenaan bola pada passing bawah bola
voli
- Melakukan gerakan akhir passing bawah pada bola voli
|
Test praktik
Test perorangan
Tes demontrasi
|
Test lisan
Test praktik
Test keterampilan
|
Bisa menjelaskan passing bawah bola voli.
Bisa melakukan passing bawah dengan benar.
Mengambil nilai passing bawah dengan waktu.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
· Pengetahuan
· Kadang – kadang pengetahuan
· Tidak pengetahuan
· Aktif praktek
· Kadang kadang aktif
· Tidak aktif
· Sikap
· Kadang – kadang sikap
· Tidak sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
NO.
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
|||||
pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
||||||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
||||||||||
Catatan :
Nilai = ( jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
,
Bengkulu, November 2018
Kepala Sekolah
SMA Mahasiswa
(………………………..) (.......................................................)
NIP. NPM
No comments:
Post a Comment