1

loading...

Tuesday, December 18, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MADRASAH IBTIDAIYAH


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) AL-QUR’AN HADIST MI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah/Madrasah     : MIN 01 Kota Bengkulu
Mata Pelajaran           : Al-Qur’an Hadits
Kelas/Semester          : I/2
Alokasi Waktu           : Kurang lebih 60 Menit
I.         STANDAR KOMPETENSI
1.      Melafalkan dan Memahami surat Al-Falaq.
II.      KOMPETENSI DASAR
1.1  Melafalkan surat Al-Falaq.
III.   INDIKATOR
1.1.1        Membaca surat Al-Falaq.
1.1.2        Menulis surat Al-Falaq.
1.1.3        Menghafal surat Al-Falaq.
1.1.4        Mengartikan surat Al-Falaq.
1.1.5        Memahami dan mengamalkan surat Al-Falaq.
IV.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa lebih paham tentang bacaan surat Al-Falaq, mulai dari tanda baca sampai ke Qalqolah dengan baik dan benar.
2.      Siswa mampu menulis dan mengartikan surat Al-Falaq dengan baik dan benar.
3.      Siswa mampu  malafalkan dan memahami serta mengamalkan surat Al-Falaq dengan baik dan benar.
V.      MATERI PEMBELAJARAN
1.      Melafalkan surat Al-Falaq dengan tanda baca serta Qalqolah dengan baik dan benar.
VI.   MODEL, METODE, DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Model pembelajaran: model yang digunakan adalah Ceramah
2.      Metode Pembelajaran
a.       Tanya jawab
b.      Penugasan
3.      Media pembelajaran
a.       Papan tulis
b.      Spidol
c.       Al-Qur’an
d.      Kertas
VII.LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal
• Salam Pembuka : Selamat pagi/siang/Assalamu’alaikum Wr.Wb
• Berdoa : “Sebelum pelajaran kita mulai, mari kita berdo’a bersama”.
• Mengecek kehadiran siswa : Anak-anak, hari ini siapa yang tidak masuk?
2.      Kegiatan Inti
a. Eksplorasi:
• Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang surat Al-Falaq.
• Siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang surat Al-Falaq.
• Siswa memperhatikan guru melafalkan surat Al-Falaq.
• Siswa menirukan guru melafalkan surat Al-Falaq.
b. Elaborasi
• Siswa bersama-sama melafalkan surat Al-Falaq.
• Siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang tanda baca surat Al-Falaq.
c.       Konfirmasi
• Siswa bersama guru menyimpulkan arti dari surat Al-Falaq.
• Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
• Siswa bersama guru membahas tentang surat Al-Falaq.
3.      Kegiatan Akhir
·         Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran.
·         Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas
– Guru memberi pesan moral kepada siswa
– Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a dan salam: “Mari kita tutup pertemuan hari ini dengan bacaan hamdalah “alhamdulilahirobbil’alamin”/“assalamu’alaikum wr wb”
VIII.          SUMBER PEMBELAJARAN
1.      AL-Qur’an terjemahan.
IX.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1) Penilaian:
a. Penilaian Sikap
No Nama Siswa Aspek yang dinilai Sekor Rata-rata ket
Keaktifan Keseriusan

Skor Kuantitatif (angka skala 100)
Aspek yang dinilai:
1. Keaktifan
– Aktif berpendapat
– Aktif berbicara
– Aktif bertanya
– Aktif menjawab
2. Keseriusan
– Memperhatikan pendapat teman
– Memperhatikan guru

Deskriptor Penilaian:
≥ 80 : Memenuhi 4 deskriptor
70-79 : Memenuhi 3 deskriptor
60-69 : Memenuhi 2 deskriptor
50-59 : Memenuhi 1 deskriptor
< 50 : Tidak memenuhi semua deskriptor
b. Penilaian Hasil/Produk:
– Prosedur penilaian : Penilaian hasil
– Jenis Tes : Objektif
– Bentuk Tes : Tertulis
– Instrumen, Kunci Jawaban, dan Teknik Penskoran: Terlampir
No. Nama Siswa Skor Keterangan

Skor Kuantitatif (angka skala 100)
Teknik Penskoran
A. Benar X 10 = 50
B. Benar X 10 = 50
Nilai A + B = 100
2) Tindak Lanjut:
• Kegiatan Remidi dilaksanakan apabila nilai siswa kurang dari KKM = 60
• Kegiatan Pengayaan dilaksanakan apabila nilai siswa lebih dari KKM = 60
• Analisis Hasil dapat dilakukan pada waktu akhir pembelajaran atau setelah pembelajaran selesai dan pelaksaan tindak lanjut dilaksanakan oleh guru.

                                                                              Bengkulu, ..............................

Mengetahui
       Kepala Sekolah MIN 01 Bengkulu                        Guru Mapel Al-Qur’an Hadist


       (Dra. Hj. Nurniswah, M.Pd)                                   (Syasmi Dwi Lestari, S.Pd)
       NIP. 196109071989022002                                    NIP.


No comments:

Post a Comment