ARTIKEL YAKULT PELOPOR PROBIOTIK
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Yakult (Yakuruto) adalah minuman susu
fermentasi, yang dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang
mengandung bakteri asam laktat hidup Lactobacillus casei Shirota
strain.
Pada tahun 1930,
Dr. Minoru Shirota, pendiri perusahaan Yakult, telah berhasil mengkulturkan
berbagai jenis bakteri asam laktat dan memilih satu jenis bakteri yang bersifat
paling tahan terhadap cairan pencernaan.
Di samping itu,
Dr. Minoru Shirota juga memperkuatnya sehingga menjadi strain baru yang unggul.
Karena itu, berbeda dengan bakteri lain, bakteri ini dapat menaklukkan berbagai
hambatan fisiologis seperti asam lambung dan cairan empedu sehingga dapat
mencapai dan bertahan hidup dalam usus manusia.
Dari dalam usus
bakteri ini membantu meningkatkan kesehatan kita dengan cara mengaktifkan
sel-sel kekebalan, meningkatkan jumlah bakteri berguna, dan mengurangi jumlah
bakteri yang merugikan.
B.
Falsafah Yakult
Yakult hadir
untuk “Meningkatkan kesehatan setiap orang yang memerlukannya dengan
biaya terjangkau”. Dasar pemikiran ini bersama dengan prinsip “Mencegah
penyakit lebih baik daripada mengobati“ dan “Usus yang sehat
menyebabkan panjang umur“ adalah falsafah pendiri Yakult, Dr. Minoru
Shirota. Walaupun waktu berlalu dan banyak perubahan dalam masyarakat,
kami di Yakult tetap memegang teguh tiga falsafah yang disebut Shirota-ism ini.
Bahkan falsafah ini selalu menjadi dasar bagi kekuatan seluruh aktifitas Yakult
yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan umat manusia.
C.
Sejarah Yakult
Sejarah Yakult
diawali lebih dari 70 tahun yang lalu, saat ditemukannya satu jenis bakteri
asam laktat yang mempunyai manfaat oleh Dr. Minoru Shirota, seorang dokter dan
peneliti di bidang mikrobiologi. Setelah berhasil dikulturkan, bakteri
bermanfaat Lactobacillus casei Shirota strain ini, digunakan untuk meningkatkan
kesehatan kita melalui produk Yakult.
Untuk menerapkan
Shirota-ism, dimulai dari Jepang Yakult terus menyebarluaskan manfaat Yakult ke
seluruh dunia. Diluar Jepang Yakult mulai diproduksi dan dipasarkan di Taiwan
pada tahun 1964, kemudian diikuti dengan hal yang sama di negara-negara lainnya
di Asia, Australia dan Eropa. Sampai saat ini jaringan global Yakult berkembang
meliputi 27 negara dan dikonsumsi sebanyak 25 juta botol setiap hari.
Melalui
penggalian terhadap ilmu pengetahuan, Yakult terus berusaha menemukan cara baru
untuk membuat hidup kita lebih sehat dan berkualitas. Untuk mendukung aktifitas
ini pada tahun 1967 telah didirikan lembaga pusat Yakult untuk penelitian
mikrobiologi (Yakult Central Institute for Microbiological Research) di Tokyo.
Institut ini
telah menghasilkan sejumlah penelitian dengan hasil yang memuaskan. Beberapa
penelitian juga telah disebarluaskan kepada masyarakat. Untuk usaha-usaha
tersebut, institut ini telah mendapatkan sejumlah penghargaan.
Di institut ini,
berlandaskan falsafah Shirota-ism, para peneliti mengabdi untuk mengekplorasi
kemungkinan pemanfaatan bakteri berguna untuk meningkatkan kesehatan manusia.
Inilah visi Yakult terhadap “life science“. Penelelitian yang
dilakukan di Yakult Central Institute meliputi :
·
Penelitian dan pengembangan produk-produk makanan.
·
Penelitian dan pengembangan produk kosmetik.
·
Penelitian dan pengembangan produk farmasi.
·
Penelitian bakteri usus.
·
Penelitian dan pemberdayaan bahan-bahan bioaktif.
·
Penelitian bioteknologi.
·
Test keamanan untuk produk dan bahan baku
D.
Manfaat Meminum Yakult
Dengan
mengkonsumsi Yakult setiap hari berarti kita memasukkan sekurang-kurangnya 6,5
milyar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup
kedalam usus kita.
Usus kita
memainkan peran yang penting dalam kesehatan kita. Bahkan proses penuaanpun
dimulai dari usus. Karena itu yang terpenting dalam menjaga kesehatan adalah
menjaga kesehatan usus.
Manfaat Yakult
adalah terletak pada bakterinya yang mampu hidup sampai usus kita karena itu
bakteri ini dapat memberikan manfaat seperti:
1.
Mencegah gangguan pencernaan
2.
Meningkatkan daya tahan tubuh
3.
Meningkatkan jumlah bakteri berguna dalam usus
4.
Mengurangi racun dalam usus
5.
Membatasi jumlah bakteri yang merugikan dalam usus.
E.
Yakult Adalah Pelopor Probiotik
Diabad 20 ilmu
kedokteran mencatat perkembangan yang penting dengan ditemukannya antibiotik.
Tetapi ternyata abad ini juga ditandai dengan masalah-masalah penyakit kanker,
jantung dan diabetes. Dengan kata lain bahwa penyakit-penyakit yang berhubungan
dengan gaya hidup tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan tetapi lebih
melalui perbaikan gaya hidup. Hal ini menjadikan abad 21 sebuah abad dimana
pengobatan preventif menjadi fokus perhatian.
Karena komitmennya
terhadap bidang pengobatan preventif, Dr. Minoru Shirota berusaha meneliti
pemanfaatan mikroorganisme untuk mencegah penyakit di laboratorium mikrobiologi Kyoto Imperial University, School of
Medicine.
Pada tahun 1930,
usaha keras ini menjadikannya orang pertama di dunia yang berhasil menciptakan
strain baru Lactobacillus casei yang unggul, dapat melewati
asam lambung dan cairan empedu, mampu mencapai usus dalam keadaan hidup
sehingga bermanfaat untuk mencegah gangguan kesehatan. Bakteri ini dinamakan Lactobacillus
casei Shirota strain. Meski saat itu ilmu pengobatan preventif kurang
menjadi perhatian para ahli kesehatan, tetapi Dr. Shirota selalu menekankan
bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, beliau juga menyampaikan ide
mencegah gangguan pencernaan dan menjaga usus tetap sehat adalah kunci menuju
hidup sehat dan panjang umur.
Setelah sukses
dengan penemuannya, Dr. Shirota menciptakan minuman susu fermentasi yang
mengandung Lactobacillus casei Shirota strain hidup yang
dinamakan Yakult. Dr. Shirota bercita-cita agar manfaat Yakult
dapat terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat di dunia. Karena itu selain
dibuat dengan harga terjangkau, sejak tahun 1964 Yakult mulai diproduksi dan
dipasarkan di Taiwan, kemudian negara Asia lainnya, Australia dan dipasarkan di
Eropa tahun 1990-an.
Walaupun awalnya
hanya dipandang sebelah mata oleh para ahli di Eropa, tetapi setelah manfaatnya
dapat dirasakan, perhatian terhadap Lactobacillus casei Shirota strain meningkat.
Istilah probiotik pun menjadi populer terutama setelah media masa tertarik oleh
hasil penelitian kerjasama antara Yakult dengan universitas-universitas di
Eropa. Sejak saat itu dunia kesehatanpun berpaling ke konsep pencegahan
penyakit melalui konsumsi probiotik secara teratur dan peningkatan kesehatan
dengan probiotik dilakukan setiap hari oleh 25 juta orang di 27 negara
diseluruh dunia.
F.
Apakah Probiotik Itu ?
Probiotik berasal dari kata
probios,yang dalam ilmu biologi berarti untuk kehidupan. Probiotik adalah
pangan mengandung mikroorganisme hidup yang secara aktif meningkatkan kesehatan
dengan cara memperbaiki keseimbangan flora usus jika dikonsumsi dalam keadaan
hidup dalam jumlah yang memadai (Fuller, 1989).
Oleh karena itu untuk dapat
disebut probiotik, bakteri harus mempunyai persyaratan sebagai berikut :
1.
terbukti aman bagi manusia.
2.
dapat mencapai usus dalam keadaan hidup
3.
terbukti bermanfaat
4.
Bakteri Yakult terbukti memenuhi persyaratan tersebut melalui berbagai
riset.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Gambaran Umum Perusahaan
PT.Yakult
merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi susu
fermentasi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1990. Pabrik
Yakult mulai berproduksi pada bulan Januari tahun 1991 dengan menggunakan dana
Penanaman Modal Asing 100% dari Yakult Jepang. Awalnya pabrik Yakult berada di
Jakarta. Akan tetapi karena jumlah air bersih semakin sulit di Jakarta maka
pabrik ini dipindahkan ke Sukabumi. Lokasi pabrik Yakult ini berada di Desa
Pewawahan Cicurug Sukabumi, Jawa Barat, dengan luas tahan 50.000 m2 dan
luas bangunan 12.925 m2. Kapasitas produksi PT.Yakult adalah
3.300.000 botol/hari. Kapasitas produksi yang dilakukan tergantung permintaan
pasar. PT.Yakult mulai menerima kunjungan pabrik sejak tahun 1992.
Pengunjung PT.Yakult ini biasanya dari SMP, SMA, SMK, Universitas, dan umum.
Yakult adalah
minuman susu Fermentasi. Penemu susu fermentasi ini adalah ahli
mikrobiologi Jepang bernama Dr.Minoru Shirota. Beliau berasal dari Kyoto
Imperial University-Jepang. Pada Tahun 1921 Dr.Minoru Shirota
meneliti bakteri baik dan berguna yang kemudian dinamakan L.casei
Shirota strain. Bakteri ini berhasil dikembangbiakan pada tahun 1930.
Pengenalan bakteri ini dilakukan pada tahun 1935. Pusat penelitian susu
fermentasi ini berada di Yakult Central Institut yang didirikan tahun
1967. Tiga ratus tenaga ahli melakukan penelitian tentang manfaat
bakteri yang menguntungkan bagi manusia. Keunggulan Yakult antara lain : aman
bagi manusia, tahan asam lambung, bakteri tetap hidup sampai di usus kecil.
Yakult terdiri
dari 2 jenis yaitu Yakult Original dan Yakult Ace. Yakult Originalmengandung
lebih dari 6,5 milyar bakteri L.casei Shirota strain sedangkan Yakult
Acemengandung lebih dari 30 milyar L.casei Shirota strain ditambah
dengan kalsium dan vitamin. Yakult Ace ini sangat dianjurkan bagi
lansia dan orang-orang yang sedang dalam kondisi kesehatan menurun.
Yakult Ace langsung diimpor dari Malaysia serta hanya dijual di super market
yang besar seperti Giant, Hypermart, dan Carefure.
Yakult mempunyai
tagline, Cintai Ususmu Minum Yakut Tiap Hari. Yakult memiih tagline ini tentu
saja sangat berarti. Cintai usus adalah cara baru untuk peduli terhadap diri
sendiri. Usus adalah organ tubuh yang penting agar tubuh menjadi bugar, kuat,
dan segar. Jika usus kita baik maka kitapun bisa hidup dengan baik pula.
Keistimewaan Yakult diantaranya : tanpa menggunakan bahan pengawet, tanpa zat
pewarna, hanya memiliki satu rasa dan satu warna, dibuat secara higienis, ISO
22000 (tahun 2005), ISO 9001 (tahun 2008), serta mendapatkan pengakuan dari
badan POM MUI yang diperbarui setiap 2 tahun sekali.
Yakult merupakan pelopor
minuman probiotik yaitu pada tahun 1930. Probiotik adalah bakteri baik yang
bermanfaat bagi tubuh. Yakult memfokuskan diri sebagai minuman kesehatan
sehingga sangat memperhatikan kualitas produknya. Masa kadaluarsa Yakult hanya
40 hari sejak diproses dari pabrik. Hal ini membuat produk yanga da di pasar
adalah produk yang segar dan baik. Yakult hanya bisa disimpan dalam suhu 00 –
100 Celcius. Yakult mempunyai tiga prinsip, yaitu : mencegah
lebih baik dari pada mengobati, usus yang sehat adalah kunci dari kesehatan,
dan harga murah.
Visi dan misi dari Yakult , yaitu :
- Visi : Menyehatkan pencernaan
untuk tubuh kita.
- Misi : - Membuat yakult dengan
harga terjangkau,
- Minuman yakult kunci umur panjang,
- Menyiapkan yakult dengan rasa yang baik untuk
masyarakat.
B.
Proses Produksi
PT Yakult menghasilkan
produk dalam volume tinggi tetapi variasi rendah. Strategi proses yang dipilih
adalah focus pada produk. PT Yakult hanya memiliki satu jenis produk. Selain
itu juga, peralatan yang digunakan memiliki fungsi yang khusus dan pesanan
serta panduan kerja sedikit karena semua sudah terstandarisasi. Hal ini
terbukti dengan adanya Standar Operasional Prosedur kerja bagi karyawan
perusahaan.
Dalam pembuatan Yakult,
bahan baku yang digunakan adalah bakteri, susu bubuk, glukosa, dan air.
Sedangkan bahan yang digunakan untuk membuat botolnya adalah polysteren,
dan tutupnya dibuat menggunakan aluminium foil. Bahan-bahan
tersebut didapatkan dari berbagai macam sumber, seperti misalnya air didapatkan
dari mata air gunung gede. Untuk menghasilkan Yakult, perusahaan melakukan
beberapa tahap proses produksi :
1.
Pembibitan : proses pembibitan ini dilakukan secara manual. Saat
pembibitan, susu bubuk disteril sehingga warnanya berubah menjadi coklat.
Kemudian suhunya didinginkan dan dimasukkan ke tempat penampungan besar dan
didiamkan selama satu hari.
2.
Fermentasi : pada tahap ini gula mengalami proses HTST (High Temper Short
Time), dan susu mengalami proses UHT ( Ultra High Temper).
Waktu penampungan saat fermentasi adalah tujuh hari.
3.
Pencampuran gula dan air : pada tahap ini, gua dan air di mix menjadi satu.
Media yang digunakan adalah mesin yang berfungsi mengaduk gula pasir dan air
sampai membentuk gumpalan-gumpalan halus. Hasil dari tahap ini adalah yakult
konsentrat, kemudian dimasukkan ke blending pump dan ditambahkan air dan hasil
akhirnya adalah yakult.
4.
Proses pencetakan botol menggunakan 15 mesin. Setiap mesin menghasilkan 18
botol, sehingga dalam satu jam dapat menghasilkan 11.000 botol.
5.
Penyimpanan botol dilakukan dengan filter udara.
6.
Pada tahap terakhir ini menggunakan banyak sekali mesin, diantaranya adalah
selector mesin dan mesin printing. Semua botol akan diisi yakult dan ditutup
dan kemudian diseleksi.
7. Pengemasan : terdiri dari proses packing,
repacking, dan mesin akan menyusun produk akhir.
PT Yakult juga menggunakan
strategi tata letak sel kerja, dimana mengorganisasikan ulang tenaga kerjanya
dan mesin yang biasanya tersebar pada departemen beragam sehingga dapat
memusatkan perhatian dalam membuat suatu produk yang saling berkaitan. PT
Yakult memproduksi suatu produk yang mempunyai karakteristik sama dan
memungkinkan untuk diproses dalam sel kerja tertentu.
Perencanaa kapasitas PT
Yakult mempertimbangkan empat hal, yaitu peramalan permintaan secara akurat,
adanya perubahan teknologi dan peningkatan kapasitas, tingkat operasi yang
optimal, dan adanya perubahan-perubahan lain. PT Yakult memiliki kapasitas yaitu
sekitar 3.300.000 botol/ hari. Namun produksi yang dilakukan setiap harinya
dapat berubah sesuai dengan permintaan yang ada.
C.
Sumber Daya Manusia
Pada saat ini ,
PT Yakult Indonesia Persada memiliki 300 orang pekerja. Walaupun proses
pembuatan yakult menggunakan mesin-mesin yang canggih tetap saja harus
menggunakan tenaga kerja manusia untuk mengontrol mesin-mesin yang sedang dalam
proses pembuatan yakult, juga untuk memeriksa kualitas yakult yang sudah jadi.
Selain itu
yakult juga menggunakan tenaga pekerja untuk menyalurkan yakult dari pabrik ke
distributor agar dapat sampai ke tangan masyarakat. Contohnya dengan sistem
direct sales dan yakult lady. Jika tidak ada mereka mana mungkin yakult dapat
sampai di tempat distributor atau tangan masyarakat.
Dan untuk
perencanaan produksi, pengendalian produksi, pengendalian mutu dan pemeliharaan
mesin dan peralatannya juga membutuhkan tenaga kerja manusia. Karena PT Yakult
menggunakan banyak mesin yang kompleks dalam proses pembuatannya sehingga
membutuhkan dana investasi yang besar maupun biaya operasional. Untuk itu
strategi dan kebijakan pemeliharaan diperlukan agar semua peralatan yang
beroperasi di dalam system tidak mengalami kegagalan dalam pengoperasiannya.
Upaya pengoptimalan pemeliharaan telah sering dilakukan, semuanya bertujuan
untuk menjaga keandalan dan ketersediaan system. Oleh karena itu teknik
pemeliharaan pada PT Yakult lebih banyak dikonsentrasikan pada pemeliharaan
pencegahan untuk menghindari kerusajan yang lebih serius.
D.
Marketing / Pemasaran
Produk minuman
kesehatan Yakult sangat sensitif terhadap temperatur. Perubahan
temperatur sangat berpengaruh terhadap bakteri Lactobacillus casei
Shirota strain yang terdapat dalam minuman Yakult. Bakteri Yakult
harus dipertahankan hidup, karenanya harus diusahakan agar setelah
dibotolkan, bakteri-bakteri tersebut tidak lagi melakukan proses fermentasinya.
Untuk itu Yakult harus
selalu disimpan didalam pendingin (dibawah 10°C) karena penyimpanan
didalam pendingin akan menjaga bakteri Yakult tetap non aktif. Berkenaan
dengan itu untuk menjaga mutunya, distribusi Yakult ditangani langsung oleh
staff perusahaan. Sistem pemasaran Yakult terdiri dari 2 jenis :
1. Sistem Direct Sales
Sistem ini
digunakan untuk mendistribusikan Yakult ke toko – toko , supermarket , koperasi,
kantin dan lain - lain. Distribusi dilakukan menggunakan mobil berpendingin.
Sampai Mei 2007, PT.Yakult Indonesia Persada mempunyai 37 ( tiga puluh tujuh )
cabang atau TKU ( tempat kegiatan usaha ) yang melayani outlet-outlet yang
tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan & Sulawesi.
2.
Sistem Yakult Lady
Melalui sistem
ini Yakult didistribusikan oleh ibu-ibu rumah tangga kepada masyarakat
dilingkungan tempat tinggal mereka. Ketika melayani masyarakat, Yakult Lady
juga melakukan propaganda yang berisi tentang penjelasan mengenai manfaat
Yakult. Saat ini PT. YakultIndonesia Persada memiliki kurang lebih 1100 Yakult
Lady yang tersebar di 93 center-center diseluruh Jakarta, Bogor, Depok,
Tangerang, Bekasi, Serang, Cilegon, Bandung, Purwakarta,Cirebon, Semarang,
Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bali dan Palembang.
E.
Pengolahan Limbah
Penanganan
limbah di PT YAKULT INDONESIA PERSADA berupa limbah padatan
dan limbah cairan. Yakult berpegang pada suatu program kesehatan komprehensif
dan sanitasi, mengikuti program pembersihan yang dominan diatur oleh CIP (cleaning di
Tempat). Uap, pembersih ramah lingkungan, digunakan untuk mensterilkan
pipa-pipa dan tangki. Sebuah bersih satu fasa kimia digunakan, mengurangi
jumlah bahan kimia diperkenalkan ke dalam saluran air, bahan kimia berbasis
klorin tidak digunakan.
a.
Limbah Padat
Limbah padat
adalah hasil buangan industri berupa padatan,lumpur, bubur yang berasal dari
sisa proses pengolahan. Limbah ini dapat dikategorikan menjadi dua bagian,
yaitu limbah padat yaitu dapat didaur ulang, seperti plastik, tekstil, potongan
logam dan kedua limbah padat yang tidak punya nilai ekonomis. Bagi limbah padat
yang tidak punya nilai ekonomis dapat ditangani dengan berbagai cara antara
lain ditimbun pada suatu tempat, diolah kembali kemudian dibuang dan dibakar.
Di PT Yakult
sendiri penanganan limbah padat dilakukan Jumlah limbah padat relatif kecil dan
sejumlah langkah yang dilakukan untuk mengurangi limbah. Daur ulang terjadi di
mana secara ekonomi dan lingkungan yang layak produk Kertas (susu bubuk skim
tas, dsb) didaur ulang. Botol dilumatkan dan dicampur dengan resin lain yang
akan dibuat menjadi berbagai produk plastik, misalnya kursi dan meja.
b.
Limbah Cair
Limbah cair
adalah limbah hasil pencucian mesin atau sisa pencucian bahan atau kemasan.
Limbah cair – Setiap limbah cair masuk ke dalam sebuah tangki penampungan di
fasilitas pengolahan air. Keasaman (pH) air disesuaikan dengan asam atau
alkalin untuk memenuhi standar Melbourne Air sebelum dilepaskan ke sistem
pembuangan limbah.
Yakult memiliki
sistem pengelolahan limbah yang tertutup yaitu dengan mnggunakan botol yakult
yang kosng dipotong menjadi 2 bagian , kemudian dipotong lagi. Sehingga mikroba
yang terdapat dibotol dapat membersihkannya sehingga dapat termasuk seperti
lumpur aktif. Limbah ini tidak menimbulkan bau yang berlebihan , sehingga
sampai sekarang PT. Yakult Indonesia Persada belum pernah mendapatkan komplain
dari masyarakat sekitar.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Yakult mempunyai tagline, “Cintai Ususmu
Minum Yakut Tiap Hari”. Ketika masyarakat mendengar tagline ini di TV, tagline
tersebut langsung memberikan masyarakat pesan dan kesan jika meminum yakult
setiap hari akan membuat usus kita sehat dan membuat yakult menjadi produk yang
wajib dikonsumsi oleh masyarakat setiap hari.
Saluran distribusi dilakukan melalui
ritel, yang pertama dimulai dari ruang pendingin tersebut selanjutnya Yakult
siap didistribusikan ke pelanggan melalui sistem penjualan langsung ( Direct
Sales ) untuk dikirim ke toko-toko dan supermarket maupun melalui sistem
penjualan oleh Ibu-ibu Yakult Lady untuk dikirim ke rumah-rumah setiap
hari. Sistem Direct Sales. Sistem ini
digunakan untuk mendistribusikan Yakult ke toko-toko, supermarket, koperasi,
kantin dan lain-lain.
Para
sales yakult adalah ibu-ibu berusia 30 - 50 tahun yang penampilan fisiknya
sangat bersahaja dan menawarkan keramahan dan kehangatan yang mungkin tidak
bisa kita dapatkan saat berbelanja di pasar swalayan. Ketika melayani masyarakat,
para sales ini akan memberikan informasi kesehatan kepada pelanggan. Para sales
Yakult ini akan memberikan harga Yakult
yang lebih murah dibandingkan dengan harga di warung maupun supermarket.
B.
SARAN
Saran yang bisa saya berikan kepada yakult
adalah lebih banyak melakukan promosi pada media cetak dan juga media
elektronik untuk lebih mengenalkan produk yang dijual kepada konsumen yang
belum mengenalnya, dan menekankan kepada konsumen hal-hal positif jika
mengkonsumsi produk yakult. Melakukan inovasi produk
dengan menambah varian produk ke rasa yang bernaneka ragam untuk meningkatkan
jumlah konsumen. Inovasi produk juga bisa dilakukan dengan cara mengubah bentuk
atau kemasan yakult menjadi lebih menarik
No comments:
Post a Comment