1

loading...

Monday, November 19, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN "Bahasa Indonesia"


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         :  SD Negeri 74 Kota Bengkulu
Mata Pelajaran               :  Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester             :  V/ I
Alokasi Waktu               :  2 x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
4.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan.                                                   
B.     KOMPETENSI DASAR
4.1  Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.
C.    INDIKATOR
4.1.1        Memahami cara menulis karangan berdasarkan pengalaman.
4.1.2        Menulis karangan berdasarkan pengalaman.
D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Siswa mampu memahami cara menulis karangan berdasarkan pengalaman.
2.       Siswa mampu menulis karangan berdasarkan pengalaman

E.     MATERI
Materi  Pokok : Karangan
Karangan adalah sebuah cerita, hasil ciptaan atau hasil rangkaian (susunan). Suatu karangan dapat ditulis dengan tema atau topik yang berbeda. Penulisan karangan harus memperhatikan penggunaan ejaan yang benar. Ejaan yang digunakan biasanya huruf besar, tanda titik, dan tanda koma.
Karangan terdiri atas paragraf-paragraf. Setiap paragraf terdiri atas kalimat-kalimat yang diurutkan satu persatu sehingga menjadi sebuah paragraf yang utuh. Mengarang bukanlah sekedar teori, melainkan keterampilan. Menulis karangan akan mengembangkan kreativitas, meningkatkan kecerdasan dan mendorong kemauan serta kemampuan mengumpulkan informasi. Kamu dapat menulis karangan dari berbagai hal di sekitarmu. Misalnya mengarang tentang kebersihan, banjir, gempa, kesehatan, lingkungan, komunikasi dan sebagainya.  Yang terpenting, saat menulis karangan kalimat harus padu dan ejaan harus benar. Langkah-langkah menyusun karangan, yaitu:
a.       Menentukan tema.
b.      Menentukan judul.
c.       Membuat kerangka karangan.
d.      Menyusun atau mengembangkan kerangka karangan
                                                  
F.     MODEL / METODE PEMBELAJARAN
Model                      : Model pembelajaran deduktif
Metode                    : Ceramah, Deduktif, dan Tanya jawab
       
G.    SUMBER PEMBELAJARAN
Buku Paket Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar Kelas V    
H.       ALAT DAN BAHAN
  1. Contoh teks karangan

I.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal (± 10 menit)
a.       Kegiatan Awal (± 10 menit)
1)      Guru menyapa peserta didik dengan salam
2)      Guru mengarahkan peserta didik untuk Berdoa
3)      Guru mengecek kehadiran siswa
4)      Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar
a)      Orientasi
Guru menuliskan judul pembelajaran di papan tulis.
b)      Apresiasi
Guru mengulang kembali materi pembelajaran sebelumnya.
c)      Motivasi
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi peserta didik akan manfaat materi yang akan disampaikan.
§  Guru melakukan tanya jawab untuk memancing pengetahuan awal siswa tentang karangan.
2.      Kegiatan Inti (± 45 menit)
a.       Guru meminta siswa membuka buku pelajarannya tentang karangan.
b.      Guru menjelaskan materi pelajaran yang digunakan kepada peserta didik.
c.       Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang yang dijelaskan.
d.      Guru dan siswa tanya jawab tentang materi yang diajarkan.
3.      Kegiatan Akhir (± 15 menit)
a.       Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
b.      Untuk mengetahui sejauh mana pencapaian tujuan pembelajaran guru memberikan evaluasi
c.       Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa bagaimana perasaan siswa belajar hari ini.
d.      Tindak lanjut.

J.      Sumber Pembelajaran
Buku Paket Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar Kelas V

K.    Penilaian
1.       Teknik Penilaian.
Teknik penilaian yang digunakan pada pembelajaran ini  adalah pada  proses pembelajaran dan di akhir pembelajaran (produk). 
2.       Bentuk Instrumen.
Bentuk penilaiannya melalui pengamatan pada saat proses pembelajaran berlangsung dand iakhir pembelajaran(produk), berupa tes tertulis dan lisan.
3.       Contoh Instrument
1.      Apa yang dimaksud dengan karangan?
2.      Sebutkan langkah-langkah membuat karangan?
3.      Buatlah satu contoh karangan dengan tema bebas?


Mengetahui
Kepala Sekolah



( ........................................... )
Bengkulu,   April 2016
Guru Bahasa Indonesia



( ....................................)



No comments:

Post a Comment