RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN " KELUARGA, KEBERSAMAAN DALAM KELUARGA"
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : ..................
Kelas/Semester : I/I (satu)
Tema/Subtema/FB :
Keluargaku. Kebersamaan dalam keluarga
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (4 x 35 menit)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
Anak
dapat mengenal anggota keluarga
2.
Anak
dapat menghitung jumlah anggota keluarga
3.
Sikap
terhadap anggota keluarga
4.
Membuat
lukisan
5.
Cara
hidup sehat
B.
Kopetensi Dasar dan Indikator
Bahasa indonesia
Kopetensi Dasar
1.
Mengenal
anggota keluarga dan tugas-tugsanya
Indikator
1.
Menentukan
karakter setiap angota keluarga
2.
Mengidentifikasi
sikap hidup rukun didalam keluarga
3.
Menuliskan
beberapa kata yang mengutarakan perasaan
4.
Menyebutkan
tugas-tugas anggota keluarga
Matematika
Kompetensi
Dasar
1.
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10
Indikator
1.
Menyebutkan
angka 1-10 dengan menggunakan coklat
2.
Melakukan
pengurangan dan penjumlahan
Pengetahuan
Alam
Kompetensi
Dasar
1.
Mengetahui
apa saja yang dibutuhkan tubuh
Indikator
1.
Menyebutkan
makanan 4 sehat 5 sempurna
2.
Menyebutkan
pola hidup sehat
Pengetahuan
Sosial
Kompetensi
Dasar
1.
Menunjukan
sifat rukun antar anggota keluarga
1.
Menyebutkan
anggota keluarga
2.
Menceritakan
kegiatan bersama keluarga
3.
Mengungkapkan
akibat yang timbul dari tidak rukun
Seni Budaya
Kompetensi
Dasar
Menggambar anggota
keluarga
Indikator
1.
Menunjukan
rasa percaya diri dalam mengelolah karya seni
2.
Menyanikan
lagu dengan musing yang di hasilkan oleh anggota tubuh
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Agar
anak bisa menyebutkan sifat dan karakter seteiap keluarga
2.
Dengan
menyanyika lagu “sayang semua” anak dapat mengetahui kalau setiap anggota
keluarga harus saling menyayangi
3.
Dengan
meniliskan perasaan anak diharapkan dapat mengungkapkan apa yang dia rasakan
dan fikirkan
4.
Dengan
menggunakan makanan kesukaan diharapkan anak akan mudah memahami materi yang
diberikan
5.
Dengan
melakukan gerakan siswa diharapkan dapat menyebutkan fungsi-fungsi dari anggota
tubuh
D.
Materi Pembelajaran
1.
Menentukan
setiap karakter setiap anggota keluarga
2.
Menyebutkan
siapa saja anggota keluarga
3.
Menunjukan
keuntungan sikap rukun
4.
Bercerita
tentang keluarga
5.
Melakuakan
penjumlahan dan pengurangan sampai 10
6.
Menyebutkan
makanan yang dibutuhkan tubuh
7.
Mengekspresikan
perasaan melalui gambar
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Metode
: ceramah, tanya jawab,
penugasan
2.
Pendekatan : saintifik ( mengamati, menanya,
mencoba, mencoba, dan
mengkomusikasikan.
F.
Media, Alat, dan Sumber Belajat
Media :
coklat, benda-benda di sekitar
Alat :
-
Sumber Belajar :
Hilda dkk.2006.buku siswa kelas I Tema II “keluarga” panduan belajar
tematik sd.bandung;erlangga
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
pendahulaun
|
1.
Menyapa
siswa dengan senuman
2.
Mengajak
siswa untu berdoa terlebih dahulu
3.
Guru
melakukan absensi
4.
Guru
bertanya siapa saja anggota keluarga
5.
Guru
mengejak siswa untu menyanyikan lagu sayang semua
|
10
menit
|
Kegiatan inti
|
1.
Guru
meminta anak untu memperkenalkan diri drngan santun di depan kelas
2.
Guru
meminta anak-anak untuk menyebutkan siapa saja anggota keluarga
3.
Guru
bertanya tentang perasaan mereka terhadap keluarga
4.
Guru
bertanya apa saja kegiatan anggota keluarga
5.
Guru
meminta siswa untuk membaca kalimat pendek dengan kuat
6.
Guru
bertanya tentang kebutuhan tubuh
7.
Guru
bertanya apa fungsi dari bagian-bagian tubuh
8.
Buru
bertanya bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat
9.
Siswa
diminta untuk menghitung 1-10
10.
Siswa
diminta untuk menuliskan angka 1-10 di papan tulis secara bergantian
11.
Guru
menjelaskan tentang penjumlahan
12.
Guru
menjelaskan tentang pengurangan
13.
Anak
di minta untuk menyanyikan lagu satu di tambah 1
|
120
menit
|
Penutup
|
1.
Sama-sama
membuat kesimpualn tentang materi
2.
Melakukan
tanya jawab tentang materi yang telah diberikan
3.
Mengajak
anak untuk berdoa setelah belajar
4.
Guru
mengucapkan salam.
|
10
menit
|
H.
Penilaian
1.
Penilaina
sikap
2.
Penilaian
pengetahuan
3.
Penilaian
pengetahuan
Mengetahui Bengkulu,
..... April 2016
Kepala Sekolah Wali KelasV
.................................. .....................................
NIP.......................... NIP............................
No comments:
Post a Comment