1

loading...

Wednesday, October 24, 2018

MAKALAH BAHASA INDONESIA

MAKALAH BAHASA INDONESIA 

SURAT LAMARAN KERJA, WAWANCARA DAN BIODATA

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Bahasa berperan penting bagi kehidupan manusia, tidak hanya di gunakan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga diperlukan untuk menjalankan segala pemberitaan bahkan unutuk menyampaikan pikiran, pandangan serta perasaan. Terutama dalam sebuah cerita, didalam cerita tersebut pasti menggunakan suatu paragraph yang luar biasa. Disana menggunakan penyusunannya, pengguanaanya, fungsinnya, dan macam-macam dari suatu paragraph. Pembakuan bahasa Indonesia dilakukan oleh badan pemerintah yang remi yang disebut Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa atau yang bisa disebut Pusat Bahasa. Pembakuan bahasa Indonesia yang pertama kali dilakukan pada tahun 1901 dengan adanya pembakuan bahasa Indonesia Van Ophujsen, kedua pada tahun 1947 dengan adanya istilah Ejaan Soewandi dan akhirnya tahun 1975 sampai sekarang dikenal adanya Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
Begitu juga dengan lamaran pekerjaan, kita harus menggunakan bahasa yang baik dan benar supaya lamaran yang kita ajukan tersebut dapat diterima dengan baik. Dalam penulisan biodata atau biografi seseorang kita juga harus menggunakan bahasa yang baik dan benar juga, serta wawancara, agar apa yang kita tanyakan dapat dimengerti denagn baik oleh narasumber.
B.     RUMUSAN MASALAH
a.       Apa yang dimaksud dengan surat lamaran kerja?
b.      Apa yang dimaksud dengan biodata?
c.       Apa yang dimaksud dengan wawancara?
C.     TUJUAN MAKALAH
a.       Untuk mengetahui apa yang dimksud dengan lamaran kerja
b.      Untuk memahami apa itu biodata
c.       Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan wawancara

BAB II
PEMBAHASAN

A.    SURAT LAMARAN KERJA
1.      Pengertian Surat lamaran
 adalah surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan.
2.      Prinsip-prinsip Surat Lamaran Kerja
a.       Daya Tarik (Attraction). Kemaslah surat lamaran kerja dengan sampul surat yang bukan warna cokelat (ekslusif).
1)      Lembar surat lamaran, cv, surat keterangan, fotokopi ijazah, kartu identitas, transkrip nilai, sertifikat-sertifikat, foto sebaiknya dijilid dengan rapi.
2)      Bahasa surat yang menarik, sopan, dan efektif.
b.      Perhatian (Attention)
1)      Kemukakan dalam surat lamaran kerja bagaimana cara Anda mendapatkan informasi lowongan kerja dan apa alasan ketertarikan Anda pada posisi tersebut.
2)      Yakinkan penerima lamaran kerja bahwa Anda memiliki sesuatu yang bermanfaat.
3)      Perkenalkan ide-ide yang membuat pembaca antusias untuk memperhatikan tulisan Anda.
c.       Tindakan (Action)
1)      Diharapkan penerima lamaran kerja dapat menindak dan memutuskan sesuatu yang Anda harapkan.
2)      Kemukakan bahwa Anda berharap lembaga atau perusahaan dapat memberi kesempatan kepada Anda untuk melakukan wawancara kerja.
3.      Pengorganisasian Surat Lamaran Kerja
Terdapat tiga bagian utama penulisan surat lamaran, yaitu paragraf pembuka, paragraf isi, dan paragraf penutup.
a.       Paragraf Pembuka
1)      Awalilah dengan kualifikasi yang Anda miliki dan yang paling sesuai dengan jabatan yang diinginkan.
2)      Jelaskan bahwa kualifikasi tersebut akan menguntungkan atau memberi manfaat kepada lembaga.
3)      Anda juga dapat mengawali surat lamaran kerja dengan menyebut sumber publikasi, misalnya rekan kerja, surat kabar, majalah, radio, televisi, atau internet.
b.      Paragraf Isi
1)      Anda dapat mempromosikan diri Anda pada paragraf isi.
2)      Perkenalkan diri Anda dan tunjukkan bahwa Anda mempunyai latar belakang pendidikan yang relevan dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan.
3)      Untuk memperkuat kualifikasi Anda, nyatakan secara jelas sikap, minat, kualitas, dan aktivitas berbagai pekerjaan, kegiatan yang pernah Anda lakukan, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.
c.       Paragraf Penutup
1)      Anda dapat mengemukakan harapan dan tindakan yang Anda inginkan.
2)      Beri tahu dengan jelas keinginan Anda untuk melakukan wawancara sesuai dengan waktu yang disediakan lembaga.
3)      Berikan alamat jelas, nomor telepon, faksmile, dan e-mail yang Anda miliki,

B.     WAWANCARA
1.      Persiapan Wawancara
a)      Bagian Pembuka
Datanglah tepat waktu; berpakaian rapi dan sopan; bersikap yakin dan tenang; ketuk pintu sebelum memasuki ruang wawancara, ingat nama pewawancara; dan tersenyumlah.
Jangan duduk sebelum dipersilahkan, jangan membungkuk atau menundukan kepala, jangan melipat tangan, jangan mengulum permen, jangan membuka pembicaraan, dan jangan tersenyum terus-menerus.
b)      Bagian Isi
1)      Ketika pewawancara mulai memberikan beberapa pertanyaan, jawablah dengan baik. Perhatikan intonasi, volume, dan artikulasi suara.
2)      Bicaralah dengan jelas, atur nada suara, dan tunjukkan kemampuan diri Anda dengan percaya diri. Dukunglah jawaban-jawaban Anda dengan bahasa tubuh.
3)      Jangan memotong kalimat pewawancara, jangan emosional, jangan memberikan informasi yang tidak relevan, jangan mengkritik, jangan membuka rahasia perusahaan, dan jangan membual.
c)      Bagian Penutup
1)      Ucapkan terima kasih kepada pewawancara atas waktu yang telah disediakan pewawancara untuk Anda.
2)      Akhiri dengan pernyataan berupa harapan untuk memperoleh keputusan sesegera mungkin.[1]
C.     BIODATA
Biodata merupakan presentasi penjualan format diri yang sangat penting, karena didalam riwayat hidup tercakup semua fakta yang relapan mengenai latar blakang, kualifikasi, pengalaman kerja, hobi, dll.
Biodata dapat dikelompokan dalam 3 macam, yaitu:
1.      Biodata ktonologis
Adalah cara pengorganisasian biodata yang didasarkan kronologisnya, yaitu kronologis pendidikan dan pengalaman. Misalnya, dimulai dari jenjang tertinggi, PT, SMA,SMP, SD.
2.      Biodata fungsional
Adalah cara pengorganisasian biodata yang didasarkan pada fungi-fungsi dalam organisasi yang dapat dilakukan dengan baik. Misalnya, fungsi, pemasaran, keuangan, akutansi, produksi, dll.
3.      Biodata kombinasi
Adalah cara mengerganisasian biodata yang menggabungkan cara kronologisnya dan cara fungsional.

BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Surat lamaran adalah surat yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Wawancara adalah mencari informasi dari pihak atau sumber yang dapat di percya, yang dilakukan dengan bertanya lansgsung dengan objek atau narasumber tersebut.
Biografi adalah suatu kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan (non-fiction / kisah nyata). Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tangga lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang,tetapi juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut yang menonjolkan perbedaan perwatakan termasuk pengalaman pribadi.
B.     SARAN
Dalam menulis atau membuat suatu lamaran kerja, bidata, dan wawancara, seharusnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

DAFTAR PUSTAKA

Ramayulis,2015.bahasa Indonesia,Jakarta.kalam;kalam mulia






[1] Ramayulis,2015.bahasa Indonesia,Jakarta.kalam;kalam mulia

No comments:

Post a Comment