MAKALAH PEMBERDAYAAN EKONOMI "PISCOK"
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang
Manfaat
pisang sudah terkenal sejak dahulu. Buah yang kaya manfaat ini selain mudah di
dapat banyak di kreasikan makanan atau cemilan yang lezat. PISCOK MELER( pisang
coklat meler ) adalah salah satu olahannya. Bagaimana dengan peluang usaha yang
satu ini?
Kebutuhan
masyarakat akan konsumsi yang semakin meningkat. ,erupakan salh satu ide untuk
membuat usaha ini. Selain piscok meler adalh olahan makanan yang inovasi, usaha
ini juga sangat menarik minat pembeli, karean makanan ini mem[unyai rasa yang
berkualitas dan dapat dinikmati oleh semua kalangan dengan harga ekonomis atau
terjangkau. Sehingga dapat menjadikan usaha ini dapat cepat berkembang dan
menyebar luas.
1.2 Tujuan
pendirian
Tujuan
dari penegmbangan proposal Pisang Coklat Meler ini adalah memberikan nuansa yang
berbeda kepada pecinta makanan bahwa di Indonesia memiliki beraneka ragam
makanan yang lebih bak dari bangsa asing, sehingga mereka akana menghargai
makanan hasil kreatifitas budaya nusantara dan meninggalkan makanan-makanan
cepat saji, dan ini juga untuk melestarikan makanan khas nusantara sebagai ciri
khas kebudayaan bangsa Indonesia dan mencegah dampak negatifnya makanan cepat
saji.
Proposal
ini disususn untuk memenuhi matakuliah Pemberdayaan Ekonomi Lokal guna
merencanakan pembangunan usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang
produksi sekaligus penjualan makanan( Piscok Meler ).
BAB II
ANALISIS INDUSTRI
Usaha
piscok meler ini adalah usaha yang paling mudah dikembangkan. Karena banyaknya
peminat piscok meler ini. Dan piscok ini juga termasuk jenis makanan yang mudah
diterima diberbagai kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, dan para
orang tua. Alasan saya memilih bisnis ini dikarenakan jenis makanan ini banyak
disukai di kalangan masyarakat. Proses pembuatan piscok meler ini sangat mudah.
Modal yang dibutuhkan tidak begitu banyak namun mampu memberikan keuntungan
yang besar. Sehingga modal yang dikeluarkan dapat kembali dengan cepat. Untuk
proses produksi tidak terlalu sulit. Karena kita bisa menjualnya di berbagai
tempat, seperti dikantin-kantin kantor, diberbagai sekolah, dikampus, bahkan
lewat online.
2.1 Rencana Jangka
Pendek
-produk
pisang coklat ini lebih dikena masyarakat umum.
-mempunyai
varian rasa baru
2.2 Rencana Jangka
Menengah
-pemasaran
bisa dialukan secra delivery order
-pemasaran
melalui online
2.3 Rencana Jangka
Panjang
-membuka
outlet atau gerai resmi
-memperluas
produksi dengan membuka outlet cabang diberbagai daerah.
BAB III
PRODUKSI
Didalam
proses pembuatannya pisang coklat meler keadaan atau tempat produksi harysalh
bersih dan higenis. Agar pembuatan tidak terhambat dengan keadaan setempat.
Sealin itu juga menjadi cerminan dalam pembuatan pisang coklat meler, karena
jika tempat pembuatan piscok tidk bersih otomatis piscok tersebut terkena
kotoran dan mudah terjangkit penyakit bagi konsumen. Maka dari itu tempat
produksinya harus bersih dan terjaga dari kotoran.
3.1 Bahan Yang Dibutuhkan
-Bahan
dasar
Pisang
jantan
Coklat
Meses
coklat
Kulit
lumpia ikat
Minyak
goreng
Mentega
3.2 Alat-Alat Produksi
wajan
kompor
gas/minyak
pisau
plastik
mika
kue
3.3 Cara Pembuatan
Piscok Meler
-kupas
kulit pisang jantan, lalu potong menjadi dua bagian
-bungkus
pisang yang sudah di potong dengan kulit lumpia, lalu baluri dengan lelehan coklat
-lipat
kulit lumpia yang sudah terisi(lipat seperti amplop)
-panaskan
minyak dan mentega, lalu goreng pisang tersebut sampai warna menguning/sedikit
kecoklatan
-angkat
dan tiriskan pisang, kemudian masukkan kedalam mika dan taburi dengan meces
coklat.
-piscok
meler siap dijual.
BAB IV
PEMASARAN
4.1 Target
Visi
-Menciptakan
usaha sampingan terbaik di Bengkulu dan membentuk jiwa kemandirian.
Misi
-memberikan
kemudahan dalam melayani kebutuhan pisang coklat meler
-menciptakan
lapangan pekerjaan
-membangun
semangat enterpreneur/kewirausahaan.
-membangun
kemandirian mahasiswa dalam menghadapi tantangan global.
-terciptanya
ekonomi bersama yang mandiri.
-terbentuknya
usaha sampingan terbaik yang mnegedepankan pelayananan ,kenikmatan dan
keberkahan.
4.2 Sasaran
-Anak-Anak
-Anak
Muda
-Orang
Tua
-Semua
Kalangan
4.3 Cara Pemasaran
Usaha
ini terbilang booming dipasaran karena penjualannya yang cukup laris. Karena
piscok yang dijual sesuai dengan selera pasar dan harganya pun terjangkau di
kalangan masyarakat. Sehingga para pembeli pun banyak berminat untuk membeli
piscok ini. Piscok ini terbuat dari bahan-bahan alami tanpa campuran bahan
kimia sedikit pun dan juga tanpa diberi bahan pengawet.
Rasa
khas yang melekat pada piscok ini serta harga yang ekonomis membuat piscok
meler ini semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan baik anak-anak maupun
orang tua. Selain rasanya yang enak dan harganya yang ekonomis banyak
masyarakat lainnya yang berminat memesan piscok meler ini. Penjual juga menaruh
alamat dan juga nomor telepon, sehingga bagi yang ingin memesan dapat langsung
menghubungi produksi piscok meler tersebut. Karena sudah banyaknya peminat
untuk membeli piscok, maka dibuatlah outlet resmi dan online untuk mempermudah
para peminat untuk membeli piscok ini. Apalagi zaman sekarang ini, orang-orang
hanya ingin cara yang simple untuk melakukan pemesanan makanan untuk melengkapi
makanan di acaranya. Hanya tinggal datang atau menelfon bahkan bisa peesan
lewat online piscok pun siap untuk diantar kealamat tempat tujuan. Bisnis
piscok ini bisa dikatakan sukup berkembang dengan cepat dikalangan masyarakat.
Adapun cara pemasarannya, yaitu:
-dipasarakn
lewat kantin sekolah.
-dipasarkan
lewat kantin kantor.
-dipasarkan
secara online.
-toko
kue.
-menerima
delivery orderdengan minimum pemebelian.
4.4 Kendala
-munculnya
usaha yang sama.
-modal
yang selalu berubah pada waktu-waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi
pemerintah, menyebabkan harga berubah.
-perubahan
selera konsumen
-pelanggan
yang tidak tetap(khusus mahasiswa) yang tiap tahunnya selalu berganti.
-keadaan
alam yang tidak dapat diperkirakan.
-harga
bahan pokok sering berubah, sehingga laba atau keuntungan yang didapat tidak
tetap.
BAB V
KEUANGAN
5.1 Biaya Produksi
1.
Pisang
Jantan Rp.30.000
2.
Meces
coklat Rp.30.000
3.
Mentega
Rp.5.500
4.
Kulit
lumpia Rp.20.000
5.
Minyak
goreng Rp.12.500
6.
Plastik
segitiga Rp.1.000
7.
Mika
Kue Rp.15.000+Rp.93.000
(pembulatan
Rp.7.000)
Biaya total Rp. 150.000
Jumlah piscok dibuat 100 buah
Harga pokok= modal: jumlah yang
dibuat
Rp.150.000:100=Rp.1.500
5.2 Harga Jual
Harga jual = Rp.1.500+Rp.500=Rp.2.000
5.3 Laba/Keuntungan
Keuntungan= Rp.2.000 x 100 =
Rp.200.000
Rp. 200.000Rp.
150.000= Rp.50.000
BAB VI
PENUTUP
6.1 Kesimpulan
Dengan
berjalannya proses pembuatan piscok meler ini dan sampai menghasilkan piscok
meler yang dapat di jual dan melakukan transaksi terhadap penjual dan pembeli.
Hal ini tentu saja telah membuktikan bahwa berbisnis dapat kita lakukan atau
kita produksi di mana saja dan dengan berbisnis seperti ini kita juga dapat
membuka peluang usaha bagi masyarakat untuk berwirausaha. Kritik dan saran
dalam penyusunan proposal ini saya harapkan dari pembaca. Penyusun banyak
mengalami kendala, maka penyusun sangat mengharapkan adanya kritik dan saran
demi penyempurnaan proposal ini.
No comments:
Post a Comment