1

loading...

Tuesday, July 2, 2019

ARTIKEL MANFAAT MINYAK ZAITUN



Artikel Terkait tentang Manfaat Minyak Zaitun

Minyak Zaitun adalah minyak yang diperoleh dari buah yang berasal dari pohon zaitun (Olea Europaea). Tanaman Zaitun banyak ditemukan di kawasan Mediterania seperti di Timur Tengah, Italia, Spanyol, Yunani, dan negara lain di sekitarnya. Khasiatnya bagi kesehatan sudah dikenal sejak zaman lampau. Minyak Zaitun tidak dapat digunakan untuk menggoreng karena sifatnya yang tidak tahan terhadap pemanasan yang tinggi. Bila dilakukan, maka ikatan kimia di dalam minyak Zaitun dapat rusak dan dapat berubah menjadi zat berbahaya bagi tubuh.
Apabila digunakan untuk memasak, bisa digunakan untuk masakan tumis karena pemanasan tidak berlangsung lama. Jika dipakai untuk menggoreng, asam lemak tak jenuh justru lebih mudah membentuk akrilamida, radikal bebas, dan lemak trans yang berbahaya karena sifatnya yang mudah bereaksi. Karena itulah, penggunaannya hanya dapat diminum secara langsung, sebagai tambahan salad atau sayuran, dan untuk menumis. Tidak untuk menggoreng.
Hal lain yang perlu Anda ingat, cahaya dapat merusak komponen-komponennya, jadi minyak Zaitun hendaknya disimpan di tempat yang sejuk dan gelap. Selain itu, penggunaannya tidak boleh melebihi 4 gram per hari.
Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan
1. Menghilangkan bibir hitam
Minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin K yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami. Cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari.
2. Memerahkan bibir
Selain menghilangkan bibir hitam minyak zaitun juga dapat Anda gunakan agar warna merah alami bibir Anda perlahan-lahan nampak.
3. Merawat kesehatan rambut
Rambut yang sering terkena touchup seperti diwarnai, diluruskan, dikeriting, atau apapun yang bersinggungan dengan obat kimia tentu akan mengalami penurunan fungsi seperti patah-patah, mudah rontok, kering, dan bahkan rusak. Dengan rutin mengoleskan minyak zaitun pada rambut, maka kandungan vitamin E nya akan memelihara kesehatan rambut. Selain itu, rambut Anda juga semakin tebal dan bersinar secara alami. Jadi bagi Anda yang mengalami kebotakan pun bisa menggunakan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut.
4. Menebalkan alis
Selain rambut, manfaat minyak zaitun untuk rambut lainnya adalah untuk alis. Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin E. Vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Dengan kombinasi ini, maka Anda akan mempunyai alis yang lebat dan tentu saja natural. Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar alami, belum tercampur dengan bahan-bahan kimia.
5. Memanjangkan dan menebalkan bulu mata
Selain mengaplikasikannya pada alis, sekalian saja Anda aplikasikan pada bulu mata agar bagi Anda, wanita yang mengidam-idamkan bulu mata panjang dan tebal alami, bisa mempunyainya tanpa harus mengaplikasikan maskara atau bulu mata palsu yang malahan nantinya akan menyebabkan kerontokan pada bulu mata Anda.
2. Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan
1. Mencegah dan mengurangi risiko kanker
Sifat antioksidan dan anti inflamasi yang kuat pada minyak zaitun dan juga melalui kerja dari phenolic dan vitamin E dapat mencegah dan mengurangi risiko kanker terutama kanker payudara dan kanker kulit. Pada kanker kulit, dengan menggunakan minyak zaitun sebagai tabir surya secara rutin merupakan cara terbaik mencegah sengatan sinar matahari dan melindungi kulit dari efek bahaya sinar matahari seperti UVA dan UVB. Dengan begitu malignantmelanoma, tipe kanker kulit yang paling berbahaya dapat dicegah.
Sedangkan pada kanker payudara, kanker payudara ini sering terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi lemak jahat. Lemak yang ada pada minyak zaitun dapat memainkan peran untuk melawan perkembangan tumor ini yang menjadi cikal bakal kanker payudara. Minyak zaitun yang kaya akan asam oleat, lemak tak jenuh, dan beberapa senyawa bioaktif seperti antioksidan akan menjadi kunci penting memerangi tumor.
2. Melancarkan aliran darah
Kandungan lemak omega 9,6, dan 3 akan memperbaiki fungi endotel pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.
3. Mengontrol kolesterol
Dengan lancarnya peredaran darah serta antioksidan yang sangat tinggi pada minyak zaitun membantu mencegah kolesterol dalam darah teroksidasi.
4. Mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung
Antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun membantu mencegah kolesterol dalam darah teroksidasi sehingga dapat melindungi, mencegah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Maka dari itu minyak Zaitun sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan bagi para pengguna. Dengan harga yang terjangkau sudah mendapatkan khasiat di dalam minyak Zaitun tersebut.

No comments:

Post a Comment