MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
PELUANG USAHA, MASALAH DAN SOLUSI
BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Dalam dunia usaha yang telah
berkembang pesat dari tahun ke tahun ini,daya saing semakin tinggi. Hal ini
dipicu oleh semakin berkembangnya kebutuhanakan barang dan jasa. Setiap
pengusaha bersaing untuk menghasilkan
produk terbaru dan terbaik yang dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga sebagai
pengusaha, harus mampu untuk berpikir kreatif agar usahanya tetap berkembang.
Hal
ini disebabkan oleh kekurangannya kesadaran dan rasa percaya diri untuk membuka sebuah usaha sendiri sebagai
besar masyarakat cenderung memiliki pola piker untuk hidup nyaman dengan
bekerja sebagai pegawai atau karyawan. Mereka tidak sadar mengenai potensi apa
yang dapat dikembangkan dan menghasilkan pendapatan. Mereka kurang memahami
bagaimana melahirkan sebuah peluang usaha, mereka cenderung berpikir akan
mengalami kerugian. sehingga mereka tekut untuk memulai usaha sendiri.
B. Rumusan Masalah
Maksud dari penulisan
makalah peluang usaha ini adalah untuk memberikan gambaran untuk memanfaatkan
sebuah peluang usaha, sehingga sebelum memulai usaha, kita sudah tahu apa saja
yang harus dipersiapkan.
C. Tujuan
1. Mengetahui pengertian
peluang usaha, masalah, dan solusi
2. Mengetahui hal- hal
apa saja yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha
3. Mengetahui
langkah-langkah dalam menilai sebuah peluang usaha.
D. Manfaat
1. Agar kita dapat
memahami apa itu Peluang Usaha.
2. Agar kita memahami
kelebihan dan kekurangan Peluang Usaha.
3. Agar kita dapat
memahami tahap-tahap dalam Peluang Usaha.
4. Agar kita dapat
memahami manfaat Peluang Usaha.
BAB II
KAJIAN TEORI
Para Tokoh dan Pandangan Peluang Usaha
1.
Arif F. Hadiparanata
Peluang usaha merupakan sebuah resiko yang harus diambil dan
dihadapi untuk mengelola dan mengatur segala urusan yang ada hubungannya dengan
finansial.
2.
Thomas W. Zimmerer
Peluang usaha merupakan sebuah terapan yang terdiri dari
kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan melihat kesempatan yang
dihadapi setiap hari
3.
Robbin and Coulter
Peluang usaha merupakan sebuah proses yang melibatkan individu
atau kelompok yang menggunakan usaha dan sarana tertentu untuk menciptakan
suatu nilai tumbuh guna memenuhi sebuah kebutuhan tanpa memperhatikan sumber
daya yang digunakan.
4.
Dr. D. J. Schwartz
a. Percaya dan yakin bahwa usaha dapat dilaksanakan,hapuskan kata mustahil,tak mungkin,tak bisa atau tak
perlu dicoba dari khasanah pikiran dan khasanah bicara.
c. Setiap hari bertanyalah kepada diri sendiri bagaimana saya
dapat melakukan usaha lebih baik.
d. Bertanya dan medengarlah maka wirausahawan akan mendapatkan
bahan baku untuk megambil keputusan yang tepat.
e. Perluas pikiran bersemangatlah bergaul lah dengan orang-orang
yang dapat membuat anda mendapat gagasan-gagasan peluang usaha.
5.
KBBI
Peluang usaha terdiri dua
kata yaitu peluang dan usaha peluang yang dalam bahasa inggris disebut dengan
opportunity memiliki arti sesuai dengan KBBI jalan kesempurnaan.
BAB III
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Peluang
Usaha
Kata Peluang jika
dalam bahasa Inggris yaitu “Opportunity”, dapat diartikan sebagai
Kesempatan yang muncul dari suatu kejadian ataupun momen. Istilah Peluang Usaha
sendiri terdiri dari 2 (dua) kata yaitu dari kata Peluang dan kata Usaha. Kata
Peluang dapat diartikan sebagai kesempatan yang datang atau sesuatu yang
terjadi yang bisa menghasilkan keuntungan. Sedangkan Kata Usaha dapat diartikan
sebagai suatu tindakan yang dilakukan untuk mengarahkan tenaga dan pikiran
dalam mencapai target atau tujuan.
Jadi dapat disimpulkan
yang dimaksud Peluang Usaha adalah suatu kesempatan yang datang, sehingga dapat
dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Atau dapat didefenisikan juga
sebagai kesempatan yang muncul pada waktu tertentu yang dapat memberikan
kesempatan besar untuk memperoleh keuntungan, jika dalam kesempatan itu
dilakukan suatu tindakan dengan mengarahkan tenaga dan pikiran. Secara sederhana, pengertian peluang usaha adalah kesempatan
yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan)
dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang
dimiliki.
B.
Sumber Peluang Usaha
1.Televisi
2.Majalah
3.Radio
4..Berkeliling ke
lingkungan yang sekiranya strategis.
C.
Cara Mengidentifikasi
Peluang Usaha
1. Percaya dan yakin
bahwa usaha bisa dilaksanakan.
2. Setiap hari
bertanyalah kepada diri sediri, “bagaimana saya dapat melakukan usaha dengan
lebih baik?”.
3. Perluas pikiran anda,
bersemangat dan bergaulah dengan orang-orang yang bisa membuat anda mendapat
gagasan peluang usaha.
Secara lebih rinci, identifikas peluang usaha
meliputi sebagai berikut:
1. Waktu peluncuran
produk yang tepat.
2. Desain produk sesuai
kebutuhan pembeli.
3. Strategi produk yang
tepat.
4. Mampu mengidentifikasi
usaha yang dijalankan.
5. Optimis dan citra
positif dalam usaha.
6. SDM yang cukup.
7. Sumber dana yang
cukup.
8. Pemasaran produk yang
tepat.
9. Pengalaman pengelolaan
usaha
D.
Ciri-Ciri Peluang Usaha Yang Potensial
1.
Memiliki nilai jual tinggi.
2.
Peluang tersebut bukan hanya sekedar ambisi
saja, tetapi harus bersifat nyata.
3.
Dapat bertahan lama atau berkelanjutan di
pasar.
4.
Usaha tersebut tidak bersifat musiman, tapi
bisa berkelanjutan.
5.
Skala usaha tersebut dapat diperbesar atau di
tingkatkan.
6.
Tidak akan menghabiskan modal terlalu banyak,
investasinya tidak terlalu besar tapi sangat berpotensi menguntungkan, dan
lain-lain
1. Peluang tersebut asli/orisinil
Peluang usaha yang baik tidak meniru orang lain tapi asli hasil
riset dan pemikiran diri sendiri. Karena umumnya usaha yang sukses itu harus
beda dari orang lain dan tidak meniru yang sudah ada, karena jika meniru orang
lain hasil yang di dapatkan belum tentu sama.
2. Peluang tersebut harus bisa mengantisipasi
perubahan persaingan di pasar
Peluang usaha yang
baik harus dapat bersaing dan memenuhi kebutuhan pasar di sekarang maupun masa
yang akan datang. Jadi jika di usaha tersebut harus dapat di inovasikan lagi
sesuai perkembangan pasar.
3. Terdapat keyakinan bisa mewujudkannya
Peluang usaha yang baik tentunya harus dapat meyakinkan usahawan
untuk mewujudkannya dan berpeluang untuk sukses dalam menjalankannya.
4. Peluang tersebut harus sesuai dengan keinginan
Peluang usaha yang baik tentunya harus sesuai dengan keinginan
diri sendiri, supaya bisa bertahan lama dan usahawan-pun semangat dalam
berinovasi.
5. Kelayakan usahanya sudah teruji
Peluang usaha yang baik kelayakannya harus benar-benar sudah
teruji, sehingga dapat di lakukan uji coba di pasaran.
6. Terdapat rasa senang jika menjalankannya
Peluang usaha yang baik juga harus dapat meyakinkan usahawan
bahwa dengan menjalankan usaha tersebut usahawan akan merasa senang dan suka.
E. Faktor Yang Mempengaruhi Munculnya Inspirasi Peluang Usaha
1. Faktor yang berasal dari dalam/diri sendiri
(Faktor Internal)
a. Merupakan faktor yang dapat muncul dari
diri sendiri.
b. Pengetahuan atau wawasan yang dimilikinya.
c. Pengalaman dalam dunia bisnis atau usaha.
d. Pengalaman dan kemampuan saat menyelesaikan
suatu masalah.
e. Kemampuan atau memahami akan sesuatu atau
kondisi.
Faktor internal dapat menjadi suatu alat untuk menemukan
inspirasi mengenai objek yang dihadapi, dengan kreativitas orang itu sendiri.
Inspirasi yang muncul dapat menjadi proses pemilihan dari banyak gagasan atau
ide yang telah di dapatkan. Sehingga akan ditemukan ide yang memiliki nilai
jual tinggi, yang ada hubungannya dengan dunia bisnis/usaha. Adapun beberapa
ciri ide yang baik dalam melihat peluang usaha, misalnya:
a.Memiliki keunggulan dalam persaingan.
b.Ide yang mampu memenuhi kebutuhan pasar atau konsumen.
c.Ide tersebut dapat di inovasikan terus menerus, artinya tidak
sementara.
d.Dapat dinilai dengan uang atau penghasilan.
e.Dapat menyelesaikan masalah baik itu untuk diri sendiri atau
orang lain.
2. Faktor yang berasal dari luar (Faktor
Eksternal)
a.Permasalahan yang dihadapi dan belum terselesaikan.
b.Kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan.
c.Pemikiran yang baik untuk menciptakan sesuatu yang baru dari
suatu keadaan.
d.Kebutuhan yang belum tercukupi atau terpenuhi untuk diri
sendiri maupun untuk orang lain.
F. Sumber Peluang
Usaha
1. Dari diri sendiri
Peluang usaha yang memiliki potensial tinggi
adalah dari diri sendiri, misalnya ide tersebut didapatkan dari hobi, keahlian pengetahuan
dan dari riset atau pengamatan lingkungan, alasan mengapa peluang yang baik
datangnya dari diri sendiri yaitu:
a.
Karena untuk menjalankan usaha harus konsisten
dan berkomitmen, sehingga usahawan harus menyukai usaha tersebut.
b.
Karena untuk menjalankan usaha membutuhkan
proses yang cukup panjang, sampai usaha tersebut membuat usahawan sukses dan
bahagia.
c.
Keberhasilan dalam menjalankan usaha yaitu
dengan terus mencoba dan pantang menyerah, dengan didukung kreativitas serta
memiliki pengetahuan yang mencukupi.
2. Dari lingkungan
Banyak sekali peluang untuk menjalankan usaha
yang sumber idenya didapatkan dari lingkungan sekitar, misalnya:
a.
Usaha yang dimiliki orang tua yang terus di
kembangkan lagi dan lagi, sehingga semakin besar dan luas.
b.
Pada lingkungan rumah, bisa saja peluang untuk
menjalankan usaha dapat muncul dari lingkungan sekitar rumah.
c.
Kebiasaan diri sendiri juga dapat memunculkan
ide atau peluang untuk menjalankan usaha, misalnya seseorang sering online
sehingga mendapatkan ide untuk berbisnis online.
3. Dari Konsumen
Permintaan konsumen terhadap barang atau jasa
di pasar dapat menjadi sumber ide untuk membuka usaha, misalnya:
a.
Keluhan konsumen terhadap barang atau jasa
yang dijual di pasar.
- Harapan konsumen terhadap
barang dan jasa yang ada ataupun belum ada di pasar.
- Saran dari konsumen terhadap
barang atau jasa, dengan adanya saran usahawan dapat memperbaiki lagi
barang atau jasa yang dijualnya atau membuat barang yang baru supaya
konsumen merasa puas.
- Permintaan konsumen terhadap barang dan jasa, dengan keinginan konsumen terhadap barang atau jasa jika seorang usahawan dapat membaca situasi ini dengan baik maka akan menjadi sumber ide untuk membuka usaha sehingga mendapatkan keuntungan
4. Dari perubahan-perubahan yang terjadi
Peluang usaha dapat muncul dari berbagai
perubahan lingkungan jika orang tersebut mampu membaca situasi untuk melihat
peluang usaha, misalnya:
a.
Perubahan gaya hidup pada manusia, dapat
dikatakan gaya hidup manusia jaman sekarang semakin banyak kebutuhan yang harus
dipenuhi untuk menjalankan kehidupannya.
- Perubahan peraturan yang
dilakukan pemerintah dalam membuka serta menjalankan bisnis atau usaha.
- Perubahan tekanan kerja yang
semakin tinggi sehingga banyak orang yang membutuhkan hiburan.
- Perubahan terhadap dunia Teknologi,
Informasi dan Komunikasi, karena jaman sekarang manusia semakin
membutuhkan yang namanya teknologi informasi dan komunikasi dalam
menjalankan hidup, dan lain-lain.
G. Contoh Peluang
Usaha
Contoh yang ada saat
ini misalnya seperti Berbisnis Online, memang bisnis online di jaman serba
digital ini memang sangat menjanjikan asalkan terus berusaha, selalu berinovasi
dan mampu bersaing dengan banyak penjual di pasaran. Bisnis online yang dapat
di tekuni misalnya jual Telepon Genggam atau Ponsel, Jual Kamera dan Yang
sampai kapanpun akan tren yaitu Jual Pakaian atau Fashion serta Aksesoris.
Lalu contoh usaha
lainnya yang dapat dilakukan di dunia nyata misalnya seperti membuka usaha
budidaya hewan (misalnya budidaya ikan gurame dan ikan lele), budidaya tanaman
pertanian dan perkebunan dll. yang hasilnya dapat dijual. Bisa saja di dukung
dengan pemasaran secara online untuk mempromosikan dan menjualnya hasilnya
kepada para calon konsumen, karena sekarang ini banyak calon konsumen konsumen
mencari barang atau produk yang diinginkannya melalui internet.
Atau peluang usaha
yang membutuhkan modal besar, misalnya usaha pada bidang properti. Jenis usaha
properti saat ini sangat di gemari oleh para pembisnis/usahawan, karena
berpotensi mendatangkan keuntungan yang besar, tapi tentunya membutuhkan modal yang
besar untuk menjalankannya.
BAB IV
PENUTUP
1.Kesimpulan
a. Peluang usaha baru adalah sebuah ruang
kreasi yang independen dan mandiri .Bukanlah sebuah kegiatan yang ikut-ikutan
demi mengikuti sebuah trend dan gaya hidup semata.
b. Seorang Wirausahawan harus memiliki
pemikiran kreatif dan inovatif untuk mendapatkan hasil yang maksimal supaya
tidak ada kendala dalam membuka usaha dan pemilihan yang tepat dengan modal
yang dimiliki oleh calon wirausaha.
c. Pengusaha adalah seorang yang memiliki ide
baru untuk produk atau jasa dan mengambil tindakan dengan memulai bisnis mereka
sendiri. Mereka ambisius dan bersedia untuk memikul tanggung jawab untuk usaha,
termasuk modal yang dibutuhkan.
d. Peluang usaha yang telah diambil tentu akan
memiliki konsekuensi bagi pengambil keputusan. Jika berhasil dapat dikatakan
mendapat keuntungan, namun jika gagal maka itu bagian resiko yang dihadapi.
Namun demikian, hal itu dapat dijadikan
pengalaman yang sangat berharga.
2.Saran
Kembangkan ide dan kreatifitas yang kita
miliki agar tercipta sebuah inovasi baru yang dapat bermanfaat untuk
masyarakat, ide dan inovasi tersebut dapat memperkerjakan masyarakat , sehingga
pengangguran di Indonesia umumnya dapat berkurang.
Daftar Pustaka
Alma,Buchari. 2017. Kewirausahaan. Bandung. Alfabeta.
Suryana, Yuyus. 2005. Kewirausahaan pendekatan Karakter Wirausahawan Sukses. Jakarta.
PPM.
Bayu, Kartib. 2010. Kewirausahan Teori dan Praktek. Jakarta. Kencana.
Mutis, Thoby. 2005. Kewirausahaan Yang Berproses.
Jakarta. PT Gramedia Widiasarana Indonesia,
No comments:
Post a Comment