1

loading...

Wednesday, July 3, 2019

MAKALAH STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERUSAHAAN APPLE INC


STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERUSAHAAN APPLE INC

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi komunikasi  saat ini telah melalui perubahan yang cukup besar dari tiap generasi ke generasi. Terbukti dengan banyaknya bermunculan perangkat telekomunikasi dengan teknologi high class. Kemunculan teknologi telekomunikasi yang high class ini juga di dorong oleh kebutuhan manusia untuk menghadapi sulitnya berbagai masalah yang dihadapi dan diselesaikan dalam waktu cepat dan singkat.
Saat ini masyarakat di kejutkan dengan hadirnya smartphone atau telepon pintar. Smartphone ini merupakan telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, terkadang dengan fungsi yang menyerupai computer. Tentunya banyak sekali fasilitas yang telah di berikan oleh smartphone sehingga saat ini banyak  sekali peminatnya. Jika awalnya pengguna smartphone ini para pejabat atau karyawan swasta lainnya, tetapi kini wacana itu sudah menjadi omong kosong. Saat ini pengguna smartphone sudah meluas ke kalangan pelajar atau mahasiswa.
Para mahasiswa sangat familiar dengan smartphone, sebagian besar mahasiswa  mempergunakan ponsel bukan hanya untuk berkomunikasi melainkan juga untuk mengakses internet, mengkonsumsi media  sosial lewat ponsel mereka, dan ini semua mendorong pihaknya untuk mempunyai keahlian kuat dalam bidang seluler serta strategi pemasaran yang jelas.
Smartphone adalah telepon yang memiliki kemampuan seperti computer, biasanya memiliki layar yang besar dan system operasinya mampu menjalankan tujuan aplikasi-aplikasi yang umum. Backer (2010), menyatakan bahwa smartphone adalah telepon yang menyatukan kemampuan-kemampuan terdepan, ini merupakan bentuk dari kemampuan Wireless Mobile Device (WMD) yang berfungsi seperti sebuah computer dengan menawarkan fitur-fitur seperti personal digital assistant (pda), akses internet, email, dan Global Positioning System (GPS).
Banyaknya vendor gadget berlomba memasarkan produk ciptaan mereka untuk dapat menunjukkan siapa yang lebih baik diantaranya. Salah satunya perusahaan ponsel cerdas yang merajai pasar smartphone dunia ialah Apple dengan produk andalannya yaitu iPhone dan iPad yang hadir menggunakan teknologi yang terus berkembang serta desain yang semakin mengikuti keinginan konsumen. Produk Apple juga termasuk kedalam perangkat seluler berkelas dan banyak orang ingin memiliki satu dari produk yang perusahaan Apple luncurkan, namun banyak orang tidak mampu karena Apple memiliki harga yang terbilang mahal untuk setiap produknya, walau begitu Apple masih tetap mampu merajai pasar produksi dan penjualan smartphone didunia dan tercatat pada tahun 2012 Apple menjadi Top Brand untuk kelas smartphone.
Pemasaran (marketing) adalah sebuah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, pemberian harga, promosi, dan distribusi ide, barang, dan jasa yang dapat menciptakan pertukaran (penjualan) yang memuaskan tujuan individu dan organisasi. Sedangkan pemasaran internasional adalah perpanjangan dari aktivitas-aktivitas tersebut dengan melintasi batas negara. Agar sebuah perusahaan dapat melakukan pemasaran yang baik, maka diperlukan manajemen pemasaran internasional yang baik.
Manajemen pemasaran internasional merupakan sebuah area fungsional yang terintegrasi, antara manajemen sumber daya manusia, keuangan, akuntansi, dan manajemen operasional. Maksudnya, dalam hal ini keempat elemen tersebut saling mempengaruhi satu sama lain. Dalam menjalankan strategi pemasaran, tiap perusahaan dapat memilih mana yang paling sesuai bagi produk dan sasaran pasarnya. Cara ini sering disebut sebagaiinternational business strategy yang menekankan pada cost leadership. Sebuah perusahaan juga dapat mengadopsi sistem lain yang disebut dengan focus strategy.
Pada strategi ini, seorang manajer pemasaran akan fokus pada suatu segmen pasar tertentu atau wilayah tertentu. Misalnya saja, Apple sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Perbedaan strategi pemasaran ini merupakan preferensi masing-masing perusahaan, disesuaikan dengan harga pasar masing-masing produk.

1.      Mengetahui pengertian perusahaan global dan perusahaan internasional.
2.      Mengetahui sejarah perusahaan Apple
3.      Mengetahui Perkembangan di perusahaan Apple
4.      Mengetahui strategi perusahaan Apple.
1.      Untuk memahami tentang pengertian perusahaan global dan perusahaan internasional
2.      Untuk Memperluas pengetahuan tentang perusahaan Apple
3.      Untuk Memperluas pengetahuan tentang perkembangan di perusahaan Apple
4.      Untuk Mengetahui strategi pemasaran produk Apple.

BAB II
Perusahaan global adalah unit bisnis yang memiliki kantor pusat di banyak negara lain dengan sistem pengambilan keputusan desentralisasi. Sistem partisipasi bisnis global digunakan karena sudah semakin pudar dan hilangnya batasan-batasan pasar suatu negara dengan negara lainnya (globalisasi). Biasanya perusahaan global memiliki ciri distribusi sudah ekspor, memiliki unit produksi di luar negara asal dan melakukan aliansi dengan perusahaan asing.
Perusahaan internasional adalah suatu unit bisnis yang sudah memperluas atau ekspansi produksi dan pemasaran produk baik barang maupun jasa ke luar negari dari negara asalnya. Hal ini terkadang harus dilakukan oleh suatu perusahaan bisnis di kala pasar yang ada di dalam negri sudah berada dalam tahap jenuh, sehingga sulit untuk dapat berkembang lebih besar lagi. Dengan memasuki pasar internasional perusahaan harus mampu beradaptasi di semua bidang dengan kultur budaya di negara setempat agar tidak menimbulkan permasalahan sosial.

            Apple Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Curpertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak computer, serta computer pribadi.
            Apple dikenal akan jajaran produk prangkat lunak diantaranya system operasi OS X dan iOS, pemutar music iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya computer meja IMac, computer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone.
            Apple Inc. didirikan pada tanggal 1 April 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer Inc. pada tanggal 3 Januari 1977. Pada 9 Januari 2007, kata “Computer” di hapus untuk mencerminkan focus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pasca peluncuran iPhone.
            Sebelum membantu mendirikan Apple, Steve Wozniak adalah seorang hacker elektronik. Pada tahun 1975, dia bekerja di Hewlett-Packard dan membantu temannya Steve Jobs mendesain video game untuk Atari. Pada saat itu , Wozniak telah membeli computer time pada bermacam jenis minicomputer yang disediakan oleh Call Computer, sebuah perusahaan timesharing. Terminal computer pada saat itu mayoritas berbasis kertas thermal printer seperti Texas Instruments Silent 700 adalh terminal yang paling maju. Wozniak melihat sebuah artikel di majalah bernama Popular Electronics edisi 1975 yang berisikan bagaimana cara untuk membuat terminal computer sendiri. Menggunakan alat-alat yang dapat di beli di took, Wozniak merancang dan membuat computer bernama Computer Conversor. Sebuaah video teletype yang bisa di pakai untuk mengakses minicomputer di Call Computer. Desainnya kemudian di beli oleh Call Computer dan beberapa unit terjual.
            Pada tahun 1975 Wozniak mulai menghadiri pertemuan sebuah klub bernama Homebrew Computer Club. Microcomputer baru seperti Altair 8800 dan IMSAI menginspirasinya untuk memasang sebuah mikroprosesor pada video teletype-nya untuk menjadikannya sebuah unit computer yang lengkap. Pada saat itu CPU yang banyak tersedia adalah Intel 8080 seharga $US 179 dan Motorola 6800 seharga $US 170. Wozniak lebih tertarik  pada Motorola 6800 tetapi harganya terlalu mahal. Dia pun kemudian sadar dan hanya mendesain computer di atas kertas.
            Ketika MOS Technology memproduksi chip 6502 pada tahun 1976 dengan harga $US 20, Wozniak membuat sebuah versi BASIC untuk chip tersebut dan mulai mendesain sebuah komputer untuk menjalankannya. Chip 6502 didesain oleh orang yang sama yang telah mendesain Motorola 6800. Woznaik kemudian berhasil membuat komputer tersebut dan membawanya ke pertemuan-pertemuan Homebrew Computer Club untuk di pamerkan. Pada satu pertemuan Wozniak bertemu teman lamanya Steve Jobs yang tertarik akan potensi komersialisasi komputer-komputer kecil.
            Steve Jobs dan Steve Wozniak sudah berteman sejak lama. Bertemu pertama kali pada tahun 1971 ketika seorang teman memperkenalkan Wozniak yang saat itu berumur 21 tahun kepada Jobs yang saat itu baru berumur 16 tahun. Jobs berhasil membujuk Wozniak umtuk membuat komputer dan menjualnya. Jobs mendekati sebuah took komputer local The Byte Shop yang tertarik umtuk membeli komputer tetapi hanya komputer yang sudah terpaket lengkap, pemilik took tersebut Paul Terrell mengatakan ia siap membeli 50 unit seharga $US 500 satunya.
            Komputer buatan Wozniak hanya memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya dapat menggunakan TV sebagai monitor dimana saat itu banyak komputer tidak memiliki monitor sama sekali. Monitor ini bukanlah seperti monitor modern dan hanya menampilkan teks dengan kecepatan 60 karakter per detik. Komputer ini  bernama Apple I dan memiliki kode bootstrap pada ROM-nya yang membuatnya  lebih mudah untuk dihidupkan. Akhirnya dengan paksaan Paul Terrell Wozniak juga mendesain sebuah mekanisme kaset untuk membuka dan menyimpan program dengan kecepatan 1.200 bits/detik, sebuah kecepatan yang cukup tinggi pada saat itu. Walaupun komputer tersebut cukup sederhana desainnya adalah sebuah masterpicce, menggunakan jumlah komponen yang jauh lebih sedikit dengan komputer-komputer sejenisnya dan berhasil member reputasi kepada Wozniak sebagai seorang master designer dengan cepat.
            Dibantu oleh satu orang lagi teman Ronald Wayne, bertiga mereka mulai memproduksi komputer tersebut. Dengan menggunakan berbagai cara termasuk meminjam ruangan dari teman dan keluarga, menjual bermacam harta pribadi (seperti kalkulator dan sebuah mobil VW Combi), memulung dan sedikit menipu. Jobs berhasil mendapatkan komponen-komponen yang di butuhkan untuk produksi sementara Wozniak dan Wayne membuat komputer-komputer tersebut. Selesai dan dikirim pada bulan juni, mereka di bayar sesuai janji oleh Paul Terrell. Pada akhirnya, 200 unit Apple I di produksi.
            Tapi Wozniak sudah lebih maju dari pada Apple  I. banyak eleman design Apple I dibuat karena keterbatasan dana yang di miliki oleh mereka untuk membuat sebuah prototype. Tapi dengan pendapatan dari penjualan Apple I, dia bisa memulai produksi komputer yang llebih canggih, Apple II, Apple II diperkenalkan kepada public pada West Coast Computer Faire pada bulan April 1977.
            Perbedan utama dengan Apple I adalah Apple I adalah tampilan TV yang didesign total, dimana, tampilan disimpan di memori, dengan cara ini monitor tidak hanya bisa mempilkan teks juga bisa menampilkan gambar dan pada akhirnya warna. Pada saat yang sama Jobs menekankan desain casing dan keyboard yang  lebih baik dengan pemikiran bahwa komputer tersebut harus lengkap dan siap langsung di nyalakan.
            Menyadari membuat komputer seperti itu akan memakan banyak biaya, Jobs mulai mencari uang tunai namun Wayne sedikit ragu karena ia  pernah mengalami kegagalan perusahaan empat tahun sebelumnya dan akhirnya keluar dari perusahaan. Jobs akhirnya bertemu dengan Mike Markkula yang menjamin penjaman bank sebanyak $US 250.000 dan mereka bertiga membentuk perusahaan Apple Computer pada 1 April 1976. Dengan dana dan desain bentuk yang baru. Apple II di lepas pada tahun 1977dan menjadi komputer yang biasanya diasosiasikan dengan munculnya pasar PC. Jutaan unit terjual sampai tahun 1980an. Ketika Apple go public pada tahun 1980, mereka menghasilkan dana terbanyak sejak Ford go public pada tahun 1950.
            Apple didirikan pada tahun 1976 tiga sekawan yaitu Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne. Pada awal mulanya Apple Cmputer, Inc merupakan perusahaan pemasok personal komputer dengan Apple I sebagai produk pertamanya. Kesuksesan penjualan Apple I tidak langsung membuat Apple menjadi perusahaan raksasa, tetapi masih terkendala dengan minimnya modal untuk mengembangkan usaha. Ketika Apple sedang membutuhkan dana, Mike Markkula datang sebagai investor dan menginvestasikan dananya sebesar 250.000 USD.
            Berkat suntikan dana tersebut Apple membuat berbagai macam variasi produk yaitu berupa software dan gadget lainnya seperti kamera digital. Tetapi pada tahun 1993 Apple mengalami kemunduran karena produk tersebut kalah bersaing di pasaran.
            Tahun 1996 dan seterusnya adalah awal mula perusahaan Apple berkembang daan bangkit dari keterpurukan berkat ide-ide berlian dari Steve Jobs. Apple mengulang kesuksesan pada tahun 2007 yaitu ketika perusahaan milik Steve Jobs mengeluarkan produk iPhone yang hingga kini merupakan produk unggulan dari perusahaan Apple.
1. Apple I
Merupakanawal komputer pribadi dan dibilang sebagai biangnya atau nenek moyangnya dari semua komputer APPLE pada masa selanjutnya.komputer dirancang dan di bangun secara handmade oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs-lah yang mempunyai ide penjualan komputer.
            Produk Apple pertama kali di tunjukkan ke public pada April 1976 di Homebrew Computer Club di Palo Alto, California dan mulai dijual pada Juli 1976 dengan harga $ 666.66.
            2. Apple II
Berbeda halnya dengan Apple I yang masih menggunakan kayu sebagai casingnya, Apple II telah melakukan upgrade berbeda dengan menggunakan casing dari bahan metal. Apple II diluncurkan pada April 1977, dan di tujukan untuk kebutuhan personal. Apple II ini telah mendukung Graphic, Bahasa BASIC, Visical (dengan Excel sebagai jendelanya), dan di lengkapi dengan game Oregon Trail. Apple II ini juga di lengkapi dengan twin floppy disk drive dan monitor. Apple II juga memiliki fitur yang terintegrasi keyboard, suara, plastic kasus, dan delapan infernal slot ekspansi.
3.  Apple III
Pada awal tahun 1980-an, Apple Computer menghadapi meningkatnya kompetisi dari perusahaan lain. Saingan Utama Apple Computer adalah Commodore. Namun hal tersebut tak berlangsung lama, setelah produsen computer tingkat mainframes, IBM, memasuki pasar. Walaupun Apple II telah dinyatakan siap platform karena Visicalc,Apple tetap menyiapkan Apple III untuk menyaingi IBM versi PC
Semua vendor smartphone saling berkompetisi untuk menguasai pangsa pasar, pada table dibawah ini diketahui banyak vendor pendatang baru yang sukses mengambil pangsa pasar secara global, dapat dilihat pada tabel 1.3 berikut:
Tabel 1.3
Top Ten Smartphone Vendors Based On Percentage Sales in The World

(Sumber: id.techinasia.com, diakses pada 6 April 2017)

Dari tabel 1.3 dapat dilihat bahwa smartphone Samsung menguasai pangsa  pasar secara global disusul Apple dan Lenovo berturut-turut selama 3 tahun. Walaupun Apple masih berada dipuncak akan tetapi Apple mengalami penurunan presentase penjualan dari tahun 2013 sebesar 16,6% menjadi 16,4% di tahun 2014, dan pada tahun 2015 mengalami presentase penjualan yang sama sebesar 16,4% dan tidak adanya peningkatan penjualan Apple iPhone dari tahun ke tahun sedangkan pesaingnya yang terus meningkat dalam penjualannya.

2.4       Strategi Pemasaran Produk Apple.
Strategi pemasaran produk Apple bermacam – macam. Ada yang secara langsung kepada konsumen (Mac dan ipod) dan ada pula yang memalui makelar yaitu dengan cara bundling dengan beberapa operator selular (iphone 3G dan iphone 3GS). Ada 4 alasan mengapa Apple menggandeng operator selular untuk memasarkan iphone:
1.      Strategi Aras Korporasi
 Secara eceran, melalui distributor ataupun melalui kerjasama dengan operator selular adalah sebuah pilihan. Sebuah cara dalam berdagang dan ini tidak  melanggar etika bisnis. Cara ini dipilih sebagai strategi perusahaan dalam berbisnis.

2.      Berkelas dan Ekskusif
Dengan memilih tidak melayani pelanggan secara langsung, RIM dan Apple Inc ingin  menonjolkan kesan mewah hanya untuk kalangan tertentu. Dengan harga yang cukup tinggi dan hanya orang-orang yang berduit saja yang mau mengeluarkan biaya bulanan.

3.      Membangun Loyalitas
Salah satu sifat mendasar manusia adalah ingin dihargai dan diakui. Dengan menggunakan produk yang bukan sejuta umat, secara tidak langsung penggunanya merasa bahwa mereka sebagian kecil kaum yang sukses secara materi. Loyalitas pada perangkat ini terus mereka pertahankan demi status sosial.

4.      Mengikat Konsumen
.Kewajiban berlangganan dalam waktu tertentu, minimal 2 tahun untuk bisa menggunakan IPhone akan membuat orang cinta mati. Apalagi ditambah dengan berbagai service yang menarik dari operator untuk menambah ketertarikan konsumen terhadap produk.

Sasaran yang dituju Apple inc antara lain kalangan pelajar, pekerja, pemerintahan, serta masyarakat internasional. Apple menyadari bahwa kaum profesional muda yang jumlahnya terus berkembang (terutama mereka yang sukses lewat bisnis online) akan menjadi konsumen alat komunikasi canggih yang setia. Oleh karena itu, pemasaran produk iPhone sejak pertama selalu menonjolkan hal-hal yang akan menarik perhatian masyarakat dan profesional yaitu produk yang canggih, trendi dan serba bisa.
Dalam menghadapi persaingan dalam industri telekomunikasi, perusahaan Apple menerapkan 5 jenis strategi yaitu sebagai berikut;

    1)      Emosi Terhadap Sebuah Produk
Apple mengetahui bahwa terkadang bukan kebutuhan (needs) yang menggerakan orang untuk membeli, melainkan adanya emosi yang lebih dominan untuk memberikan keputusan.

    2)      Pengalaman Pengguna
Pengalaman pengguna produk Apple menjadi senjata ampuh bagi perusahaan. Karena apabila terdapat satu pengguna produk Apple yang memiliki pengalaman baik maka dia akan menyebarkan kabar tersebut dengan sukarela atau yang biasa disebut dengan Word of Mouth.

    3)      Kecintaan pada Produk
Pengguna berbagai macam produk Apple telah melewati fase puas dengan produk yang mereka gunakan dan memiliki pengalaman yang baik terhadap produk tersebut.

    4)      Selalu Berinovasi
Apple selalu melakukan inovasi terhadap produknya dari segi teknologi maupun desain yang selalu tampil baru up-to-date.

    5)      Harga yang Eksklusif
Apple mengatur standar harga produknya dibanding dengan merek lain. Dikarenakan Apple selalu memberikan kualitas yang tinggi dan dapat membuat produk tersebut terkesan eksklusif dan berbeda dengan kompetitornya.
Perusahaan Apple merupakan perusahaan global yang memiliki kekuatan yang besar di bidang IT, baik itu dari perangkat komputer, smartphone dan elektronik lainnya. Perusahaan ini memiliki kekuatan dari pengguna setianya, dengan begitu Apple pun mudah untuk memasarkan produknya. Hal ini dikarenakan produk yang ditawarkan apple memang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya, servis yang diberikan pun memuaskan, pelayanan dan kualitas produk yang terjamin.
Smartphone atau ponsel pintar atau juga familiar dengan sebutan ponsel cerdas adalah sebuah perangkat atau produk teknologi berupa telepon genggam atau mobile versi modern terbaru yang memiliki kelebihan dimana spesifikasi software dan hardware lebih pintar, fungsi yang lebih cerdas dan fitur-fitur yang lebih smart dari ponsel versi biasa sebelumnya dan kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai computer.
Tidak salah jika apple dikatakan perusahaan global, karena produknya diterima di setiap penjuru didunia dan memiliki tempat istimewa sendiri dari penggemarnya. Apple juga sudah memiliki banyak pabrik di seluruh dunia dan merupakan produk IT yang sangat sehat di dunia. Produk apple juga menggambarkan bahwa orang yang menggunakan produk ini merupakan orang yang sukses dan merupakan orang yang memiliki kelebihan materi.
Tetapi dari semua kelebihan yang dimiliki Apple , terdapat beberapa kekurangan dan ancaman yang dihadapi. Ancaman tersebuat tentunya adalah persaingan yang cukup ketat dan pesaing yang cukup kuat dibidang yang sama seperti samsung dan merek lainnya. Persaingan di berbagai produk antar merek Appel dan pesaing dapat mempengaruhi banyak hal seperti pendapatan perusahaan. Itu dikarenakan Apple memiliki kekurangan yaitu produknya hanya bisa dijangkau oleh masyarakat menengah keatas atau yang memiliki kelebihan materi.

No comments:

Post a Comment