STRATEGI PEMASARAN PRODUK PERUSAHAAN APPLE INC
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi komunikasi saat ini telah melalui perubahan yang cukup
besar dari tiap generasi ke generasi. Terbukti dengan banyaknya bermunculan
perangkat telekomunikasi dengan teknologi high class. Kemunculan teknologi
telekomunikasi yang high class ini juga di dorong oleh kebutuhan manusia untuk
menghadapi sulitnya berbagai masalah yang dihadapi dan diselesaikan dalam waktu
cepat dan singkat.
Saat ini masyarakat di kejutkan dengan
hadirnya smartphone atau telepon pintar. Smartphone ini merupakan telepon
genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, terkadang dengan fungsi yang
menyerupai computer. Tentunya banyak sekali fasilitas yang telah di berikan
oleh smartphone sehingga saat ini banyak
sekali peminatnya. Jika awalnya pengguna smartphone ini para pejabat
atau karyawan swasta lainnya, tetapi kini wacana itu sudah menjadi omong kosong.
Saat ini pengguna smartphone sudah meluas ke kalangan pelajar atau mahasiswa.
Para mahasiswa sangat familiar dengan
smartphone, sebagian besar mahasiswa mempergunakan ponsel bukan hanya untuk
berkomunikasi melainkan juga untuk mengakses internet, mengkonsumsi media sosial lewat ponsel mereka, dan ini semua
mendorong pihaknya untuk mempunyai keahlian kuat dalam bidang seluler serta
strategi pemasaran yang jelas.
Smartphone adalah telepon yang memiliki
kemampuan seperti computer, biasanya memiliki layar yang besar dan system
operasinya mampu menjalankan tujuan aplikasi-aplikasi yang umum. Backer (2010), menyatakan bahwa
smartphone adalah telepon yang menyatukan kemampuan-kemampuan terdepan, ini
merupakan bentuk dari kemampuan Wireless
Mobile Device (WMD) yang berfungsi seperti sebuah computer dengan
menawarkan fitur-fitur seperti personal digital assistant (pda), akses
internet, email, dan Global Positioning
System (GPS).
Banyaknya vendor gadget berlomba
memasarkan produk ciptaan mereka untuk dapat menunjukkan siapa yang lebih baik
diantaranya. Salah satunya perusahaan ponsel cerdas yang merajai pasar
smartphone dunia ialah Apple dengan produk andalannya yaitu iPhone dan iPad
yang hadir menggunakan teknologi yang terus berkembang serta desain yang
semakin mengikuti keinginan konsumen. Produk Apple juga termasuk kedalam
perangkat seluler berkelas dan banyak orang ingin memiliki satu dari produk
yang perusahaan Apple luncurkan, namun banyak orang tidak mampu karena Apple
memiliki harga yang terbilang mahal untuk setiap produknya, walau begitu Apple
masih tetap mampu merajai pasar produksi dan penjualan smartphone didunia dan
tercatat pada tahun 2012 Apple menjadi Top Brand untuk kelas smartphone.
Pemasaran (marketing) adalah sebuah
proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, pemberian harga, promosi, dan
distribusi ide, barang, dan jasa yang dapat menciptakan pertukaran (penjualan)
yang memuaskan tujuan individu dan organisasi. Sedangkan pemasaran
internasional adalah perpanjangan dari aktivitas-aktivitas tersebut dengan
melintasi batas negara. Agar sebuah perusahaan dapat melakukan pemasaran yang
baik, maka diperlukan manajemen pemasaran internasional yang baik.
Manajemen pemasaran internasional
merupakan sebuah area fungsional yang terintegrasi, antara manajemen sumber
daya manusia, keuangan, akuntansi, dan manajemen operasional. Maksudnya, dalam
hal ini keempat elemen tersebut saling mempengaruhi satu sama lain. Dalam
menjalankan strategi pemasaran, tiap perusahaan dapat memilih mana yang paling
sesuai bagi produk dan sasaran pasarnya. Cara ini sering disebut
sebagaiinternational business strategy yang menekankan pada cost
leadership. Sebuah perusahaan juga dapat mengadopsi sistem lain yang disebut
dengan focus strategy.
Pada strategi ini, seorang manajer
pemasaran akan fokus pada suatu segmen pasar tertentu atau wilayah tertentu.
Misalnya saja, Apple sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon
Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan,
pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen,
perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Perbedaan strategi pemasaran
ini merupakan preferensi masing-masing perusahaan, disesuaikan dengan harga
pasar masing-masing produk.
1. Mengetahui pengertian perusahaan global
dan perusahaan internasional.
2. Mengetahui sejarah perusahaan Apple
3. Mengetahui Perkembangan di perusahaan
Apple
4. Mengetahui strategi perusahaan Apple.
1. Untuk memahami tentang pengertian
perusahaan global dan perusahaan internasional
2. Untuk Memperluas pengetahuan tentang
perusahaan Apple
3. Untuk Memperluas pengetahuan tentang
perkembangan di perusahaan Apple
4. Untuk Mengetahui strategi pemasaran
produk Apple.
BAB
II
Perusahaan global adalah unit bisnis yang
memiliki kantor pusat di banyak negara lain dengan sistem pengambilan keputusan
desentralisasi. Sistem partisipasi bisnis global digunakan karena sudah semakin
pudar dan hilangnya batasan-batasan pasar suatu negara dengan negara lainnya
(globalisasi). Biasanya perusahaan global memiliki ciri distribusi sudah
ekspor, memiliki unit produksi di luar negara asal dan melakukan aliansi dengan
perusahaan asing.
Perusahaan internasional adalah suatu unit
bisnis yang sudah memperluas atau ekspansi produksi dan pemasaran produk baik
barang maupun jasa ke luar negari dari negara asalnya. Hal ini terkadang harus
dilakukan oleh suatu perusahaan bisnis di kala pasar yang ada di dalam negri
sudah berada dalam tahap jenuh, sehingga sulit untuk dapat berkembang lebih
besar lagi. Dengan memasuki pasar internasional perusahaan harus mampu
beradaptasi di semua bidang dengan kultur budaya di negara setempat agar tidak
menimbulkan permasalahan sosial.
Apple Inc. (sebelumnya bernama Apple
Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon
Valley, Curpertino, California dan bergerak dalam bidang perancangan,
pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen,
perangkat lunak computer, serta computer pribadi.
Apple dikenal akan jajaran produk
prangkat lunak diantaranya system operasi OS X dan iOS, pemutar music iTunes,
serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya computer meja IMac,
computer jinjing MacBook Pro, pemutar lagu iPod, serta telepon genggam iPhone.
Apple Inc. didirikan pada tanggal 1
April 1976 dan diinkonporasikan menjadi Apple Computer Inc. pada tanggal 3
Januari 1977. Pada 9 Januari 2007, kata “Computer” di hapus untuk mencerminkan
focus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pasca peluncuran iPhone.
Sebelum membantu mendirikan Apple,
Steve Wozniak adalah seorang hacker elektronik. Pada tahun 1975, dia bekerja di
Hewlett-Packard dan membantu temannya Steve Jobs mendesain video game untuk
Atari. Pada saat itu , Wozniak telah membeli computer time pada bermacam jenis
minicomputer yang disediakan oleh Call Computer, sebuah perusahaan timesharing.
Terminal computer pada saat itu mayoritas berbasis kertas thermal printer
seperti Texas Instruments Silent 700 adalh terminal yang paling maju. Wozniak
melihat sebuah artikel di majalah bernama Popular Electronics edisi 1975 yang berisikan
bagaimana cara untuk membuat terminal computer sendiri. Menggunakan alat-alat
yang dapat di beli di took, Wozniak merancang dan membuat computer bernama
Computer Conversor. Sebuaah video teletype yang bisa di pakai untuk mengakses
minicomputer di Call Computer. Desainnya kemudian di beli oleh Call Computer
dan beberapa unit terjual.
Pada tahun 1975 Wozniak mulai
menghadiri pertemuan sebuah klub bernama Homebrew Computer Club. Microcomputer
baru seperti Altair 8800 dan IMSAI menginspirasinya untuk memasang sebuah
mikroprosesor pada video teletype-nya untuk menjadikannya sebuah unit computer
yang lengkap. Pada saat itu CPU yang banyak tersedia adalah Intel 8080 seharga
$US 179 dan Motorola 6800 seharga $US 170. Wozniak lebih tertarik pada Motorola 6800 tetapi harganya terlalu
mahal. Dia pun kemudian sadar dan hanya mendesain computer di atas kertas.
Ketika MOS Technology memproduksi
chip 6502 pada tahun 1976 dengan harga $US 20, Wozniak membuat sebuah versi
BASIC untuk chip tersebut dan mulai mendesain sebuah komputer untuk
menjalankannya. Chip 6502 didesain oleh orang yang sama yang telah mendesain
Motorola 6800. Woznaik kemudian berhasil membuat komputer tersebut dan
membawanya ke pertemuan-pertemuan Homebrew Computer Club untuk di pamerkan.
Pada satu pertemuan Wozniak bertemu teman lamanya Steve Jobs yang tertarik akan
potensi komersialisasi komputer-komputer kecil.
Steve Jobs dan Steve Wozniak sudah
berteman sejak lama. Bertemu pertama kali pada tahun 1971 ketika seorang teman
memperkenalkan Wozniak yang saat itu berumur 21 tahun kepada Jobs yang saat itu
baru berumur 16 tahun. Jobs berhasil membujuk Wozniak umtuk membuat komputer
dan menjualnya. Jobs mendekati sebuah took komputer local The Byte Shop yang
tertarik umtuk membeli komputer tetapi hanya komputer yang sudah terpaket
lengkap, pemilik took tersebut Paul Terrell mengatakan ia siap membeli 50 unit
seharga $US 500 satunya.
Komputer buatan Wozniak hanya
memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya dapat menggunakan TV sebagai monitor
dimana saat itu banyak komputer tidak memiliki monitor sama sekali. Monitor ini
bukanlah seperti monitor modern dan hanya menampilkan teks dengan kecepatan 60
karakter per detik. Komputer ini bernama
Apple I dan memiliki kode bootstrap pada ROM-nya yang membuatnya lebih mudah untuk dihidupkan. Akhirnya dengan
paksaan Paul Terrell Wozniak juga mendesain sebuah mekanisme kaset untuk
membuka dan menyimpan program dengan kecepatan 1.200 bits/detik, sebuah
kecepatan yang cukup tinggi pada saat itu. Walaupun komputer tersebut cukup
sederhana desainnya adalah sebuah masterpicce, menggunakan jumlah komponen yang
jauh lebih sedikit dengan komputer-komputer sejenisnya dan berhasil member
reputasi kepada Wozniak sebagai seorang master designer dengan cepat.
Dibantu oleh satu orang lagi teman
Ronald Wayne, bertiga mereka mulai memproduksi komputer tersebut. Dengan
menggunakan berbagai cara termasuk meminjam ruangan dari teman dan keluarga,
menjual bermacam harta pribadi (seperti kalkulator dan sebuah mobil VW Combi),
memulung dan sedikit menipu. Jobs berhasil mendapatkan komponen-komponen yang
di butuhkan untuk produksi sementara Wozniak dan Wayne membuat
komputer-komputer tersebut. Selesai dan dikirim pada bulan juni, mereka di
bayar sesuai janji oleh Paul Terrell. Pada akhirnya, 200 unit Apple I di
produksi.
Tapi Wozniak sudah lebih maju dari
pada Apple I. banyak eleman design Apple
I dibuat karena keterbatasan dana yang di miliki oleh mereka untuk membuat
sebuah prototype. Tapi dengan pendapatan dari penjualan Apple I, dia bisa
memulai produksi komputer yang llebih canggih, Apple II, Apple II diperkenalkan
kepada public pada West Coast Computer Faire pada bulan April 1977.
Perbedan utama dengan Apple I adalah
Apple I adalah tampilan TV yang didesign total, dimana, tampilan disimpan di
memori, dengan cara ini monitor tidak hanya bisa mempilkan teks juga bisa
menampilkan gambar dan pada akhirnya warna. Pada saat yang sama Jobs menekankan
desain casing dan keyboard yang lebih
baik dengan pemikiran bahwa komputer tersebut harus lengkap dan siap langsung
di nyalakan.
Menyadari membuat komputer seperti
itu akan memakan banyak biaya, Jobs mulai mencari uang tunai namun Wayne
sedikit ragu karena ia pernah mengalami
kegagalan perusahaan empat tahun sebelumnya dan akhirnya keluar dari
perusahaan. Jobs akhirnya bertemu dengan Mike Markkula yang menjamin penjaman
bank sebanyak $US 250.000 dan mereka bertiga membentuk perusahaan Apple
Computer pada 1 April 1976. Dengan dana dan desain bentuk yang baru. Apple II
di lepas pada tahun 1977dan menjadi komputer yang biasanya diasosiasikan dengan
munculnya pasar PC. Jutaan unit terjual sampai tahun 1980an. Ketika Apple go
public pada tahun 1980, mereka menghasilkan dana terbanyak sejak Ford go public
pada tahun 1950.
Apple didirikan pada
tahun 1976 tiga sekawan yaitu Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne. Pada
awal mulanya Apple Cmputer, Inc merupakan perusahaan pemasok personal komputer
dengan Apple I sebagai produk pertamanya. Kesuksesan penjualan Apple I tidak
langsung membuat Apple menjadi perusahaan raksasa, tetapi masih terkendala
dengan minimnya modal untuk mengembangkan usaha. Ketika Apple sedang
membutuhkan dana, Mike Markkula datang sebagai investor dan menginvestasikan
dananya sebesar 250.000 USD.
Berkat suntikan dana tersebut Apple
membuat berbagai macam variasi produk yaitu berupa software dan gadget lainnya
seperti kamera digital. Tetapi pada tahun 1993 Apple mengalami kemunduran
karena produk tersebut kalah bersaing di pasaran.
Tahun 1996 dan seterusnya adalah
awal mula perusahaan Apple berkembang daan bangkit dari keterpurukan berkat
ide-ide berlian dari Steve Jobs. Apple mengulang kesuksesan pada tahun 2007
yaitu ketika perusahaan milik Steve Jobs mengeluarkan produk iPhone yang hingga
kini merupakan produk unggulan dari perusahaan Apple.
1. Apple I
Merupakanawal komputer pribadi dan dibilang sebagai biangnya
atau nenek moyangnya dari semua komputer APPLE pada masa selanjutnya.komputer
dirancang dan di bangun secara handmade oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs-lah
yang mempunyai ide penjualan komputer.
Produk Apple pertama kali di
tunjukkan ke public pada April 1976 di Homebrew Computer Club di Palo Alto,
California dan mulai dijual pada Juli 1976 dengan harga $ 666.66.
2.
Apple II
Berbeda halnya dengan Apple I yang masih menggunakan
kayu sebagai casingnya, Apple II telah melakukan upgrade berbeda dengan
menggunakan casing dari bahan metal. Apple II diluncurkan pada April 1977, dan
di tujukan untuk kebutuhan personal. Apple II ini telah mendukung Graphic,
Bahasa BASIC, Visical (dengan Excel sebagai jendelanya), dan di lengkapi dengan
game Oregon Trail. Apple II ini juga di lengkapi dengan twin floppy disk drive
dan monitor. Apple II juga memiliki fitur yang terintegrasi keyboard, suara,
plastic kasus, dan delapan infernal slot ekspansi.
3. Apple III
Pada awal tahun 1980-an,
Apple Computer menghadapi meningkatnya kompetisi dari perusahaan lain. Saingan
Utama Apple Computer adalah Commodore. Namun hal tersebut tak berlangsung lama,
setelah produsen computer tingkat mainframes, IBM, memasuki pasar. Walaupun
Apple II telah dinyatakan siap platform karena Visicalc,Apple tetap menyiapkan
Apple III untuk menyaingi IBM versi PC
Semua vendor smartphone saling berkompetisi untuk menguasai pangsa
pasar, pada table dibawah ini diketahui banyak vendor pendatang baru yang
sukses mengambil pangsa pasar secara global, dapat dilihat pada tabel 1.3
berikut:
Tabel 1.3
Top Ten Smartphone Vendors Based On Percentage Sales in The World
(Sumber: id.techinasia.com, diakses pada 6 April 2017)
Dari tabel 1.3 dapat dilihat bahwa smartphone Samsung menguasai
pangsa pasar secara global disusul Apple
dan Lenovo berturut-turut selama 3 tahun. Walaupun Apple masih berada dipuncak
akan tetapi Apple mengalami penurunan presentase penjualan dari tahun 2013
sebesar 16,6% menjadi 16,4% di tahun 2014, dan pada tahun 2015 mengalami
presentase penjualan yang sama sebesar 16,4% dan tidak adanya peningkatan
penjualan Apple iPhone dari tahun ke tahun sedangkan pesaingnya yang terus
meningkat dalam penjualannya.
2.4 Strategi Pemasaran Produk Apple.
Strategi
pemasaran produk Apple bermacam – macam. Ada yang secara langsung
kepada konsumen (Mac dan ipod) dan ada pula yang
memalui makelar yaitu dengan cara bundling
dengan beberapa operator selular (iphone 3G dan iphone 3GS). Ada 4 alasan
mengapa Apple menggandeng operator selular
untuk memasarkan iphone:
1. Strategi Aras Korporasi
Secara eceran, melalui distributor ataupun
melalui kerjasama dengan operator selular adalah sebuah pilihan. Sebuah cara dalam
berdagang dan ini tidak melanggar etika bisnis. Cara ini dipilih sebagai strategi
perusahaan dalam berbisnis.
2. Berkelas dan Ekskusif
Dengan memilih tidak
melayani pelanggan secara langsung, RIM dan Apple Inc ingin menonjolkan kesan mewah hanya untuk kalangan
tertentu. Dengan harga yang cukup tinggi dan hanya orang-orang yang berduit saja
yang mau mengeluarkan biaya bulanan.
3. Membangun Loyalitas
Salah satu sifat mendasar
manusia adalah ingin dihargai dan diakui. Dengan menggunakan produk yang bukan
sejuta umat, secara tidak langsung penggunanya merasa bahwa mereka sebagian
kecil kaum yang sukses secara materi. Loyalitas pada perangkat ini terus mereka
pertahankan demi status sosial.
4. Mengikat Konsumen
.Kewajiban berlangganan
dalam waktu tertentu, minimal 2 tahun untuk bisa menggunakan IPhone akan
membuat orang cinta mati. Apalagi ditambah dengan berbagai service yang menarik
dari operator untuk menambah ketertarikan konsumen terhadap produk.
Sasaran yang dituju Apple inc antara lain kalangan
pelajar, pekerja, pemerintahan, serta masyarakat internasional. Apple menyadari
bahwa kaum profesional muda yang jumlahnya terus berkembang (terutama mereka
yang sukses lewat bisnis online) akan menjadi konsumen alat komunikasi canggih
yang setia. Oleh karena itu, pemasaran produk iPhone sejak pertama selalu
menonjolkan hal-hal yang akan menarik perhatian masyarakat dan profesional
yaitu produk yang canggih, trendi dan serba bisa.
Dalam menghadapi persaingan dalam industri telekomunikasi,
perusahaan Apple menerapkan 5 jenis strategi yaitu sebagai berikut;
1)
Emosi Terhadap Sebuah Produk
Apple mengetahui bahwa terkadang bukan kebutuhan (needs)
yang menggerakan orang untuk membeli, melainkan adanya emosi yang lebih dominan
untuk memberikan keputusan.
2)
Pengalaman Pengguna
Pengalaman pengguna produk Apple menjadi senjata ampuh bagi perusahaan.
Karena apabila terdapat satu pengguna produk Apple yang memiliki pengalaman
baik maka dia akan menyebarkan kabar tersebut dengan sukarela atau yang biasa
disebut dengan Word of Mouth.
3)
Kecintaan pada Produk
Pengguna berbagai macam produk Apple telah melewati fase puas
dengan produk yang mereka gunakan dan memiliki pengalaman yang baik terhadap produk
tersebut.
4)
Selalu Berinovasi
Apple selalu melakukan inovasi terhadap produknya dari segi
teknologi maupun desain yang selalu tampil baru up-to-date.
5)
Harga yang Eksklusif
Apple mengatur standar harga produknya dibanding dengan merek
lain. Dikarenakan Apple selalu memberikan kualitas yang tinggi dan dapat membuat
produk tersebut terkesan eksklusif dan berbeda dengan kompetitornya.
Perusahaan
Apple merupakan perusahaan global yang memiliki kekuatan yang besar di bidang
IT, baik itu dari perangkat komputer, smartphone dan elektronik lainnya.
Perusahaan ini memiliki kekuatan dari pengguna setianya, dengan begitu Apple
pun mudah untuk memasarkan produknya. Hal ini dikarenakan produk yang
ditawarkan apple memang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya, servis yang
diberikan pun memuaskan, pelayanan dan kualitas produk yang terjamin.
Smartphone atau ponsel pintar atau juga familiar dengan sebutan
ponsel cerdas adalah sebuah
perangkat atau produk teknologi berupa telepon genggam atau mobile versi modern
terbaru yang memiliki kelebihan dimana spesifikasi
software dan hardware lebih pintar, fungsi
yang lebih cerdas dan fitur-fitur yang lebih smart dari ponsel versi biasa
sebelumnya dan kadang-kadang dengan fungsi
yang menyerupai computer.
Tidak
salah jika apple dikatakan perusahaan global, karena produknya diterima di
setiap penjuru didunia dan memiliki tempat istimewa sendiri dari penggemarnya.
Apple juga sudah memiliki banyak pabrik di seluruh dunia dan merupakan produk
IT yang sangat sehat di dunia. Produk apple juga menggambarkan bahwa orang yang
menggunakan produk ini merupakan orang yang sukses dan merupakan orang yang
memiliki kelebihan materi.
Tetapi
dari semua kelebihan yang dimiliki Apple , terdapat beberapa kekurangan dan
ancaman yang dihadapi. Ancaman tersebuat tentunya adalah persaingan yang cukup
ketat dan pesaing yang cukup kuat dibidang yang sama seperti samsung dan merek
lainnya. Persaingan di berbagai produk antar merek Appel dan pesaing dapat
mempengaruhi banyak hal seperti pendapatan perusahaan. Itu dikarenakan Apple
memiliki kekurangan yaitu produknya hanya bisa dijangkau oleh masyarakat
menengah keatas atau yang memiliki kelebihan materi.
No comments:
Post a Comment