1

loading...

Thursday, March 12, 2020

MAKALAH PENGAPLIKASIAN HARDWARE DAN SOFT WARE

MAKALAH PENGAPLIKASIAN HARDWARE DAN SOFT WARE


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Seiring perkembangan zaman sekarang telah banyak yang mampu menggunakan ataupun mengoperasikan komputer dengan baik, namun belum tentu semua yang dapat mengoperasikan atau menggunakan komputer itu telah memahami betul apa yang dimaksud dengan hardware atau software yang ada pada komputer, dan apa saja yang termasuk pada hardware dan software itu dan fungsi-fungsinya. Bahkan ada beberapa orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer itu dengan asal-asalan saja.
Dalam makalah ini penulis mengutarakan beberapa komponen-komponen yang ada pada komputer termasuk software dan hardware. Komponen-komponen yang dibahas antara lain mengenai apa yang dimaksud dari hardware dan software pada komputer dan kegunannya.

B.     Rumusan Masalah
     1.      Apa pengertian dari Hardware dan software?
      2.      Apa yang dimaksud dengan program pengolahan kata?

C.    Tujuan
        1.      Untuk mengetahui Apa pengertian dari Hardware dan software.
         2.      Untuk mengetahui Apa yang dimaksud dengan program pengolahan kata.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Hardware dan Software Komputer
    1.      Pengertian
Komponen utama penyusun sistem komputer ada tiga. hardware (perangkat keras/fisik), software (perangkat lunak), dan brainware (pelaksana/operator, dalam hal ini manusia). Ketiga komponen tersebut merupakan satu kesatuan dan tidak bisa terpisahkan dalam sistem komputer. Ibarat sebuah kendaraan, maka bentuk fisik kendaraannya adalah hardware, mesinnya adalah software, sedangkan sopir adalah brainware. Bila salah satu tidak ada, maka bus tidak akan bisa digunakan untuk mengangkut penumpang. Begitu juga dengan ketiga komponen komputer, harus ada agar komputer bisa digunakan dengan maksimal.
a.       Hardware (perangkat keras/fisik)
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik komputer mempunyai komponen-komponen atau perangkat-perangkat yang harus bekerja sama antara komponen atau perangkat yang satu dengan yang lain.  Dengan tidak adanya satu perangkat yang tidak terpasang maka komputer tidak akan jalan ataupun tidak bisa dioperasikan. Perangkat hardware ini termasuk sangat penting untuk menjalankan komputer, untuk mengoperasikan komputer. Yang membedakan perangkat keras ini adalah data yang ada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya dan dibedakan pula dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dan menyelesaikan tugasnya. Namun sedikit susah untuk membedakannya ketika adanya firmware. Firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” dalam perangkat keras.
b.      Software (perangkat lunak)
Berbeda dengan hardware yang isinya adalah perangkat yang nyata secara fisik, software ini adalah perangkat lunak dari komputer yang tidak nyata atau tidak bisa dilihat dan tidak dapat disentuh, namun dapat dijalankan atau dioperasikan. Perangkat software ini berupa data digital ataupun data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer. Data yang di simpan di komputer ini adalah sebuah instruksi atau program yang akan menjalankan perintah, dan melalui software ini lah sebuah program dapat berjalan.
Perangkat software ini tidak kalah pentingnya dengan perangkat hardware, karena tanpa adanya perintah dari software ini komputer tidak akan dapat digunakan karena tidak ada program yang diperintahkan kepada hardware untuk dijalankan. Namun sama dengan perangkat hardware bahwa dalam perangkat lunak-pun juga ada komponen-komponen yang harus bekerja sama dengan satu dan yang lainnya contohnya dengan perangkat keras.
      2.      Jenis komponen dan fungsinya
a.       Hardware.
Jenis-jenis komponen yang ada pada hardware berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut :
1)      Unit masukan (input device)
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah, guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse. Keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
a)      Peralatan input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alamat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, scanner, dll.
b)      Peralatan input tidak langsung yaitu input yang dimasukkan melalui media tertentu sebelum input di proses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk, dll.
2)      Unit pemrosesan (process device)
Yang termasuk dalam unit pemrosesan (process device) ini adalah :

a)      Power supply
Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).
b)      Random Access Memory (RAM)
Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yang dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
c)      Prosesor
Pengertian prosesor (CPU) adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi.
d)     Motherboard
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
3)      Unit keluaran (output device)
a)      Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan.
b)      Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.
c)      Speaker
Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
4)      Unit penyimpana (backing storage) Hard Disk.
Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat ini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.
5)      Unit tambahan (peripheral)
a)      Modem
Modulator (modem) adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu (seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus.
b)      Kartu suara
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
·         Sound Card Onboard yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
·         Sound Card Offboard yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
·         Soundcard External adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
b.      Software
Software komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam diantaranya sebagai berikut :
1)      Software berbayar
Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. Pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin pada penerbitnya. Contoh : sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photoshop, dan lain-lain.
2)      Freeware
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar. Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Contoh : suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
3)      Free Software
Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak.
4)      Shareware
Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari). Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program.  Contoh : perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan perlu membeli produk jika ingin tetap menggunakannya.

B.     Software Pengolah Kata Dan Angka
      1.      Pengertian Software Pengolah Kata Dan Angka
   Software pengolah kata (word processing) merupakan perangkat lunak yang digunakan khusus untuk malakukan pemprosesan kata. Pengolahan kata ini merupakan perangkat linak yang selalu digunakan oleh seluruh pemilik computer untuk tulis menulis surat, brosur, paper, buku, majalah, ataupun karya ilmiah. Ada banyak software pengolah kata yang bisa ditemui dipasaran, seperti word star, chi writer, word perfect, Microsoft, K writer, dan amipro.
Sedang software pengolah angka adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengoleh dan menyimpan data-data. Selain itu, software pengolah angka juga mempunyai kemampuan untuk mengelola data-data tersebut, khususnya data-data berupa angka-angka. Software pengolah angka dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan berbagai jenis perhitungan dan pengolahan angka-angka. Berapa contoh software pengolah angka, seperti lotus 1-2-3, Microsoft excel, apple numbers, KSpread, open office calc, GNumberic, XESS, dan star office calc.
      2.      Fungsi Software Pengolah Kata Dan Angka
Software pengolah kata, sebagai program aplikasi computer memiliki kemampuan sangat tinggi dibandingkan mesin tik. Adapun kelebihan dari software pengolah kata sebagai berikut:
a.       Program pengolah kata memiliki sejumlah karakter huruf yang dapat di ubah-ubah oleh   pengguna sesuai dengan keinginan.
b.      Program pengolah kata dapat melakukan editing (penyunting) tanpa harys membuat dokumen baru.
c.       Program pengolah kata dapat melakukan pekerjaan, menyisipkan gambar, symbol, dan bagian yang mudah.
d.      Program pengolah kata dapat diformat dalam bentuk dan ukuran kertas sesuai dengan keinginan pengguna (User).
e.       Program pengolah kata dapat menyimpan dokumen secara praktis tanpa memakan ruang/tempat yang banyak karena dokumen disimpan dalam bentuk file dan bukan dalam bentuk tumpukan kertas.
f.       program pengolah kata digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat karya tulis ilmiah, brosur, halaman majalah (koran), dan catatan kegiatan.
            Sedangkan fungsi software pengolah angka sangat berguna untuk membuat pekerjaan manusia yang berhubungan dengan angka, seperti mengilah angka statistik, perhitungan angka hasil penelitian, ataupun digunakan untuk perhitungan keuangan dan perusahaan-perusahaan.
Sebagai aplikasi untuk pengolah angka, software pengolah angka dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan berbagai operasi. Beberapa operasi yang bisa dilakukan oleh perangkat lunak pengolah angka, seperti operasi aritmatika yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, operasi stastik, keuangan, dan logika. Dengan menggunakan software pengolah angka kit adapt melakukan perhitungan dengan mudah, cepat dan akurat.
       3.      Mengoperasikan Software Pengolah Kata Dan Angka
pengolah kata Aplikasi memiliki banyak kelebihan, penggunanya tidak hanya ditujukan untuj melakukan pengetikan saja. Semakin lama perangkat teknologi perangkat lunak pengolah kata semakin maju, sehingga dokumen yang dihasilkan menjadi jauh lebih menarik lagi. Microsoft office menyediakan Microsoft word sebagai aplikasi pengolah kata, versi yang tersedia lebih beragam, tetapi untuk saat ini yang sering digunakan adalah Microsoft word 2003. Pertama diterbitkan pada tahun 1983 dengan nama multi-tool word untuk versi xenix, versi lain-lain kemudian dikembangkan untuk berbagai system operasi, misalnya DOS (1983), apple macintosh (1984), Sco unix, 05/2, dan microsoft windows (1989), setelah menjadi bagian daro Microsoft office system 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft office word.
Sedangkan mengoperasikan software pengolah angka, pada bab ini kita akan membahas software speadsheed yaitu Microsoft excel. Microsoft excel adalah program speadsheed yang bisa digunakan secara efisien untuk menyimpan dan bekerja dengan daftar data, menghitung angka, dan membuat laporan serta diagram. Lingkungan kerja dasar Microsoft excel adalah file workbook yang dapat berisi satu worksheet atau lebih worksheet serupa dengan satu besar akuntan, dengan angka, teks, dan kalkulasi berjajar dalam kolom dan baris.
 Akan tetapi, berbeda dengan buku besar akuntan, ketika anda mengetikkan angka-angka dalam Microsoft excel, program ini melakukan kalkulasi terhadap angka-angka tersebut. Dengan Microsoft excel, mudah saja untuk memasukkan informasi kedalam sebuah workshhet, kemidian mengubah, menghapus, dan menambahkan  informasi. Anda tidak perlu khawatir dengan memasukkan data secara sempurna atau lengkap pada pertama kali, karena anda bisa menyuntingnya kelak. Anda dapat menyusun banyak worksheet dalam satu workbook (contoh, anda dapat menempatkan semua worksheet untuk satu klien atau proyek kedalam satu workbook), kemudian menamainya sehingga anda dapat menemukan informasi yang dibutuhkan dengan cepat.
       4.      Microsoft Word
            Microsoft word merupakan perangkat lunak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengolah kata. Microsoft word memiliki kemampuan dalam pembuatan surat dari yang sederhana sampai yang kompleks, membuat dan berkirim surat dengan e-mail, membuat dan berkirim fax, membuat surat brantai (mail merge), membuat halaman web, bekerja dengan tabel dan berbagai aplikasi lain baik dokumen bisnis maupun pribadi serta mudah berintegrasi dengan aplikasi Microsoft office lain.

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Hardware atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai perangkat keras adalah sebuah komponen dari sebuah komputer yang secara nyata dapat dilihat mata dan dapat di sentuh yang berfungsi untuk komputerisasi. Dan hardware dapat bekerja atau dapat beroperasi setelah ada perintah kepada hardware.
Software atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai perangkat lunak adalah sebuah komponen dari sebuah komputer yang tidak bisa kita lihat, sentuh, ataupun bukan berupa benda namun dapat di operasikan pada komputer. Software ini biasanya yang bertugas untuk memberi perintah pada hardware.
Ada beberapa jenis komponen yang termasuk pada hardware diantaranya adalah monitor, keyboard, RAM, mouse, harddisk, speaker, printer, dan lain-lain. Dan jenis komponen yang termasuk pada software adalah Microsoft office, Winamp, Antivirus, Linux, MacOS, Windows, dan lain-lain. Semua komponen itu berfungsi untuk sebuah komputer, dan saling berkerja sama satu dengan yang lainnya. Tanpa adanya hardware komputer tak dapat di operasikan karena tidak ada perintah dari software itu, dan tanpa ada nya hardware, software tak dapat dijalankan.
Software pengolah kata merupakan perangkat lunak digunakan khusu untuk pemprosesan kata.Sedangkan software pengolah angka adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mangolah dan menyimpan data-data. Selain itu, software pengolah angka mempunyai kemampuan untuk mengelola data-data tersebut,kkususnya data-data berupa angka-angka.
 Adapun software pengolah kata adalah sebagai program aplikasi computer memiliki sangat tinggi dibandingkan mesin tik. Sedangkan fungsi software pengolah angka sangat berguna untuk membantu pekerjaan manusian yang berhubungan dengan angka, seperti pengolah data-data statistic, perhitungan angka-angka hasil penelitian,atauoun digunakan untuk perhitungan keungan diperusahaan-perusahaan.
Program aplikasi kata banyak memiliki kelebihan, penggunaannya tidak hanya ditujukan untuk melakukan pengetikan saja. Semakin lama teknologi perangkat lunak pengolah kata semakinmaju, sehingga dokumen yang dihasilkan menjadi jauh lebih menarik lagi.Software spredshhet yaitu Microsoft excel, Microsoft excel adalah program spredsheet yang bisa digunakan secara efisien untuk menyimpan dan pekerjaan dengan daftar data, menghitung angka, dan membuatlaporan serta diagram.

B.     Saran
Penulis telah berusaha maksimal dengan kemampuan yang ia punya, tentu masih banyak kekurangan yang tanpa sengaja, untuk itu penulis terbuka untuk menerima kritik dan saran yang membangun demi penyempurnaan penulisan-penulisan selanjutnya.

DAFTAR PUSTAKA

Anjrah, Mintana., T. Adi Wujaya., 2008. Keterampilan Computer dan PengelolaanInformasiuntuk SMK dan MAK. Jakartaa; Erlangga.

Ikhsan, Wibawa, S.Com. 2009. Keterampilan Computer dan Pengelolan Informasi (KKPI)untuk SMK. Yogyakarta: Tim LP2IP.


 

No comments:

Post a Comment