1

loading...

Friday, March 16, 2012

Makalah Jual Beli

Makalah Jual Beli

BAB I PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang Pada dasarnya adapun yang harus kita lakukan dalam bemuamala dimana yang di sebut dengan jual beli,dimana dalm jual beli sering menimbulkan masalah dan dalam jual beli kita harus mengetahui bagaimana tatacra jual beli menurut islam,dan dari alqur’an dan sumber-sumber berupa hadist rasullullah saw, sehingga apa yang dilarang dan apa yang di perbolehkan dalam jual beli dalam bermuamalah, Jual beli dalam muamalah atau apa yang dianjurkan oleh islam yang banyak pemamahaman yang begitu banyak sehingga akan menimbulkan masalah dalam jual beli,seperti jual beli barang atau pun yang berbentuk jasa.tukar menukar barang ,jual beli secra kontan,kredit dan lain-lain
B. Rumusan Masalah
a. Apa yang dimaksud dengan jual beli dan rukun jual beli ? 
b. Ada beberapa macam yang terdapat dalam jual beli ? 
c. Apa- apa saja yang dilarang dalam jual beli ? 
d. Apa itu khiar dan lelang dalam jual beli ? 
e. Ada berapa hokum dalam jual beli dari berbagai macam pendapat para ulama maupun para mazhab ? 
BAB II PEMBAHASAN 
A. Pengertian Jual Beli 
menurut istilah terminology yang dimaksud jual beli adalah : 
a. Menukar barang dengan barang atau barang dengan uangdenga jalan melepaskan hak milik yang satu kepada yang lain atas dasar saling merelakan (idris ahmad, fiqih al-syafi’iyah : 5) 
b. Penukaran benda dengan benda lain dengan jalan saling merelakan atau memindahkan hak milik dengan ada penggantinya dengan cara yang dibolehkan. 
c. Aqad yang tegak atas dasar penukaran harta atas harta, maka terjadilah penukaran hak milik secara tetap jual beli adalah suatu perjanjian yang dilakukan oleh kedua belah pihak dengan cara suka rela sehingga keduanya dapat saling menguntungkan, maka akan terjadilah penukaran hak milik secara tetap dengan jalan yang dibenarkan oleh syara’.Yang dimaksud sesuai dengan ketetapan hukum adalah memenuhu persyaratan-persyaratan, rukun-rukun dalam jual beli, maka jika syarat dan rukunnya tidak terpenuhi berarti tidak sesuai dengan ketentun syara’. Yang dimaksud benda dapat mencakup pengertan barang dan uang dan sifatnya adalah bernilai. Adapun benda-benda seperti alkohol, babi, dan barang terlarang lainnya adalah haram diperjual belikan. Bahwasanya Rasullullah bersabda yang artinya Sesungguhnya Allah dan Rasulnya mengharamkan jual beli arak, bangkai, babi, dan berhala. (HR. Jabir Ibn Abdillah) 
 B. Rukun dan Syarat Jual Beli 
Rukun jual beli 
a. Akad Ikatan kata antara penjual dan pembeli, ikatan ini bias diucapkan secara langsung atau kalau tidak mampu(bisu)bias dengan surat-menyurat 
b. Penjual dan pembeli 
c. Ma’kud alaih(objek akad) 
Benda-benda yang diperjual belikan Syarat sah ijab Kabul : 
a. Jangan ada yang memisahkan, jangan pembeli diam saja setelah penjual menyatakan ijab dan sebaliknya. 
b. Jangan diselangi kata-kata lain antara ijab dan kabul. 
c. Beragama islam. 
Syarat benda yang menjadi objek akad : 
a. Suci, maka tidak sah penjualan benda-benda najis, kecuali anjing untuk berburu. 
b. Memberi manfaat menurut syara’. 
c. Jangan dikaitkan atau digantungkan dengan hal-hal lain, missal : jika ayahku pergi kujual motor ini kepadamu. 
d. Tidak dibatasi waktunya. 
e. Dapat diserahkan dengan cepat ataupun lambat. 
f. Milik sendiri. 
g Diketahui barang yang diperjual belikan tersebut baik berat, jumlah, takaran dan lain-lainnya. 
C. Macam-macam jual beli : Jual beli ditinjau dari segi hukumnya dibagi menjadi dua macam yaitu : a. Jual beli yang syah menurut hukum dan batal menurut hukum 
b. Dari segi obyek jual beli dan segi pelaku jual beli 
Ditinjau dari segi benda yang yang dijadikan obyek jual beli dapat dikemukakan pendapat imam Taqiyuddin bahwa jual beli dibagai menjadi tiga bentuk : 
1. jual beli benda yang kelihatan maksudnya adalah pada wajtu melakukan akad jual beli benda atyau barang yang diperjualbelikan ada didepan penjual dan pembeli, seperti membeli beras dipasar dan boleh dilakukan. 
2. Jual beli yang disebutkan sifat-sifatnya dalam janji,Sama dengan jual beli salam (pesanan), ataupun yang dilakukan secara tidak tunai (kontan). 
Maksudnya ialah perjanjian sesuatu yang penyarahan barang-barangnya ditangguhkan hingga masa tertentu. Dalam salam berlaku semua syarat jual beli dan syarat-syarat tambahannya ialah : 
1. Ketika melakukan akad salam disebutkan sifat-sifatnya yang mungkin dijangkau oleh pembeli, baik berupa barang yang dapat ditakar, ditimbang maupun diukur. 
2. Dalam akad harus disebutkan segala sesuatu yang bias mempertinggi dan memperendah harga barang itu. 
3. Barang yang akan diserahkan hendaknya barang-barang yang biasa didapat dipasar. 
4. Harga hendakya dipegang ditempat akad berlangsug. 
D. Hal-Hal Terlarang / Larangan Dalam Jual Beli 
Di tinjau dari segi transaksi beserta sifatnya 
1. Membeli barang di atas harga pasaran 
 2. Membeli barang yang sudah dibeli atau dipesan orang lain. 
 3. Memjual atau membeli barang dengan cara mengecoh/menipu (bohong). 
 4. Menimbun barang yang dijual agar harga naik karena dibutuhkan masyarakat. 
 5. Menghambat orang lain mengetahui harga pasar agar membeli barangnya. 
 6. Menyakiti penjual atau pembeli untuk melakukan transaksi. 
 7. Menyembunyikan cacat barang kepada pembeli. 
 8. Menjual barang dengan cara kredit dengan imbalan bunga yang ditetapkan. 
 9. Menjual atau membeli barang haram. 
10. Jual beli tujuan buruk seperti untuk merusak ketentraman umum, menyempitkan gerakan pasar, mencelakai para pesaing, dan lain-lain 
Di tijau dari segi bentuk atau barang 
a. Barang yang dihukumkan najis oleh agama seperti anjing, babi, berhala, bangkai dan khamar. 
b. Jual beli sperma (mani) hewan, seperti mengawinkan seekor domba jantan dengan betina agar dapat memperoleh keturunan, jual beli ini haram hukumnya 
 c. Jual beli anak binatang yang masih berada dalam perut induknya. 
d. Jual beli dengan mukhadharah yaitu menjual buah-buahan yang belum pantas untuk dipanen. 
e. Jual beli dengan munabadzah yaitu jual beli secara lempar-melempar. 
f. Jual beli gharar yaitu jual beli yang samar sehingga kemungkinan adanya penipuan, contoh : penjualan ikan yang masih dikolam. 
g. Larangan menjual makanan sehingga dua kali ditakar, hal ini menunjukkan kurang saling mempercayainya antara penjual dan pembeli. 
E. Khiar dalam jual beli : 
1. Khiar Majlis Artinya antara penjual dan pembeli boleh memili akan melanjutakan jual beli atau membatalkannya selama keduanya masih dalam satu tempat atau majelis. 
2. Khiar syarat Yaitu penjualan yang didalamnya disyaratkan sesuatu baik oleh penjual dan pembeli, seperti seseorang berkata “saya jual rumah ini dengan harga seratus juta rupiah dengan syarat khiar selama tiga hari. 
3. Khiar ‘aib Artinya dalam jual beli ini disyaratkan kesempurnaan benda-benda yang dibeli. 
F. Lelang (muzayadah) Penjualan denga cara lelang seperti ini dibolehkan dalam agama islam karena dijelaskn dalam satu keterangan yang artinya : “Dari Anas ra, Ia berkata Rasulullah SAW.menjual sebuah pelana dan sebuah mangkok air dengan berkata ; siapa yang ingin membeli pelana dan mangkok ini? Seorang laki-laki menyahut; aku bersedia membelinya seharga satu dirham.Lalu nabi berkata lagi, siapa yang berani menambahi? Maka diberi dua dirham oleh seorang laki-laki kepada beliau, lalu dijuallah kedua benda itu kepada laki-laki tadi.(HR. Tirmizi) 
G. Hukum-Hukum Jual Beli 
1. HaramJual beli haram hukumnya jika tidak memenuhi syarat/rukun jual beli atau melakukan larangan jual beli. 
2. MubahJual beli secara umum hukumnya adalah mubah. 
3. Wajib Jual beli menjadi wajib hukumnya tergantung situasi dan kondisi, yaitu seperti menjual harta anak yatim dalam keadaaan terpaksa. 
H. Kesempatan MeneruskanMembatalkan Jual Beli (Khiyar) Arti definisi/pengertian Khiyar adalah kesempatan baik penjual maupun pembeli untuk memilih melanjutkan atau menghentikan jual beli. Jenis atau macam-macam khiyar yaitu 
1. Khiyar majlis adalah pilihan menghantikan atau melanjutkan jual beli ketika penjual maupun pembeli masih di tempat yang sama. 
2. Khiyar syarat adalah syarat tertentu untuk melanjutkan jual beli seperti pembeli mensyaratkan garansi. 
3. Khiyar aibi adalah pembeli boleh membatalkan transaksi yang telah disepakati jika terdapat cacat pada barang yang dibeli. I. Pendapat para ulama tentang jual beli Misalnya, ulama mazhab Maliki membolehkan biaya-biaya yang langsung terkait dengan transaksi jual beli itu dan biaya-biaya yang tidak langsung terkait dengan transaksi tersebut, namun memberikan nilai tambah pada barang itu. 
Ulama mazhab Syafi’i membolehkan membebankan biaya-biaya yang secara umum timbul dalam suatu transaksi jual beli kecuali biaya tenaga kerjanya sendiri karena komponen ini termasuk dalam keuntungannya. Begitu pula biaya- biaya yang tidak menambah nilai barang tidak boleh dimasukkan sebagai komponen biaya. Ulama mazhab Hanafi membolehkan membebankan biaya-biaya yang secara umum timbul dalam suatu transaksi jual beli, namun mereka tidak membolehkan biaya-biaya yang memang semestinya dikerjakan oleh si penjual. Ulama mazhab Hambali berpendapat bahwa semua biaya langsung maupun tidak langsung dapat dibebankan pada harga jual selama biaya-biaya itu harus dibayarkan kepada pihak ketiga dan akan menambah nilai barang yang dijual. Secara ringkas, dapat dikatakan bahwa keempat mazhab membolehkan pembebanan biaya langsung yang harus dibayarkan kepada pihak ketiga. Keempat mazhab sepakat tidak membolehkan pembebanan biaya langsung yang berkaitan dengan pekerjaan yang memang semestinya dilakukan penjual maupun biaya langsung yang berkaitan dengan hal-hal yang berguna. Keempat mazhab juga membolehkan pembebanan biaya tidak langsung yang dibayarkan kepada pihak ketiga dan pekerjaan itu harus dilakukan oleh pihak ketiga. Bila pekerjaan itu harus dilakukan oleh si penjual, mazhab Maliki tidak membolehkan pembebanannya, sedangkan ketiga mazhab lainnya membolehkannya. Mazhab yang empat sepakat tidak membolehkan pembebanan biaya tidak langsung bila tidak menambah nilai barang atau tidak berkaitan dengan hal-hal yang berguna. .

No comments:

Post a Comment