Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
|
|
5.1
|
Mendengarkan tanggapan sederhana tentang cerita
pengalaman teman yang didengaryan
|
Medengarkan dan menanggapi cerita
|
§ Siswa menanggapi masalah yang tejadi
disekitar kita
§ Siswa mendengarkan pembacaan cerita
§ Siswa menaggapi secara lisan masalah
kita masalah yang kita dengar
|
§ Menanggapi masalah yang terjadi
disekitar kita.
§ Mendengarkan pembacaan cerita
§ Menanggapi secara lisan masalah yang
kita dengar
|
20 x 35
|
Buku Bahasa Indonesia, media cetak dan elektronik,
ensiklopedia
|
|
6.2
|
Menceritakan pristiwa yang pernah dialami dilihat
atau didengar
|
Menceritakan pristiwa
|
§ Siswa menceritakan kembali pristiwa
yang menyenangkan dan tidak menyenagankan
§ Siswa menjelaskan secara terperinci
suatu tempat
§ Siswa menjelaskan secara lisan isi
dongeng yang dibacanya dengan senndiri
|
§ Menceritakan kembali pristiwa pristiwa
yang menyenangkan dan tidak menyenagkan
§ Menjelaskan secara terperinci suatu
tempat
§ Menjelaskan secara lisan tentang
isi dongeng yang dibawakan dengan
kata-kata sendiri.
|
|||
7.1
|
Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi
teks agak panjang (150-220 kata) yang dibaca secara intensif.
|
§ Siswa menjawab pertanyaan yang dibaca
§ Siswa mengajukan pertanyaan dari
bacaan.
|
§ Menjawab pertanyaan dibaca
§ Mengajukan pertanyaan dari bacaan
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas :
Semester :
Standar
Kompetensi :
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
|
|
3.3
|
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan
sederhana
|
Pecah
|
§ Siswa menjelaskan soal cerita yang
berkaitan dengan pecahan
§ Siswa menuliskan kalimat matematika
dari soal cerita yang dierjakan nya
|
§ Meyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan pecahan .
§ Menuliskan kalaimat matematika dari
soal cerita yang dikerjakan
|
Teknik :
-
Tes
-
Non
tes
|
18 x 35
|
Buku Matematika, media cetak dan elektronik,
ensiklopedia
|
4.1
|
Mengidentifikasi berbagai bangnan datar sederhana menurut sifat atau usurnya.
|
Bangun Datar
|
§ Siswa menentukan sudut dari benda
§ Siswa menjelaskan sudut sebagai daerah
yang dibatasi oleh dua garis
|
§ Menentukan suduk dari benda/bangunan
§ Menjelakan sudut sebagai daerah yang
dibatasi oleh dua senar (garis terpotong)
|
Bentuk tes :
-
Tulis
-
Lisan
-
Pengamatan
-
Penilaian
hasil keja
|
||
4.2
|
Mengidentifikasi berbagai jenis dan besar sudut
|
Sudut
|
§ Siswa mengurutkan besar sudut menurut
ukuran
§ Siwa membuat jenis sudut lancip,
siku-siku dan tumpul.
|
§ Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
§ Membuat jenis sudut lacip, siku-siku
dan tumpul.
|
Instrumen :
-
Lembar
Soal
-
Lembar
pengamatan
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran
: Ilmu Pengatuan Sosial
Kelas : III
Semester :
Standar
Kompetensi :
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
|
|
2.3
|
Memahami kegiatan jual beli dilingkungan rumah dan
sekolah
|
Jual Beli
|
§ Siswa mejelasan perbedaan pasar
tradisional dan pasar swalayan
§ Siswa menjelaskan keuntungan dan
kerugian jual beli dipasar tradisional
§ Siswa menjelaskan keuntungan dan kerugian
jual beli dipasar swalaya
§ Siswa menjelaskan apa yang dimaksud
dengan Barter
§ Siswa menyebutkan alat tukar jual beli
yang digunakan zaman dulu
§ Siswa menyebutkan jenis-jenis uang
kartal.
|
§ Menjelaskan perbedaan pasar
traditional dana pasar swalayan
§ Menjelaskan keuntungan dan kerugian
jual beli dipasar traditional
§ Menjelaskan keuntungan dan kerugian
jual beli di pasar swalayan
§ Menjelaskan dengan yang dimaksud
dengan berter
§ Menyebutkan alat tukar jual beli yang
digunakan pada zaman dahulu
§ Menyebutkan jenis-jenis uang kertal.
|
20 sp x 35
|
Buku IPS, media cetak dan elektronik, ensiklopedia
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran
: Ilmu Pengatuan Alam
Kelas : II
Semester :
Standar
Kompetensi : 3 Mengenal baerbagai sumber
energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaanya
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
|
|||
3.1
|
Mengidentifikasi sumber-sumber
energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada dilingkungan sekitar.
|
Sumber energi
|
§ Membaca buku untuk memahami konsep
energy
§ Mengajak siswa keluar kelas untuk
menuju peralatan tentang energi panas
§ Menunjukkan beberapa sumber energi
panas dan listrik
§ Menunjukkan beberapa sumber
energi cahaya dan bunyi dengan
kegiatan menyalakan lampu listrik, lampu senter dan membunyikan terompet
|
§ Menyebutkan sumber energi panas
§ Menyebutkan sumber energi listrik
§ Menyebutkan sumber energi cahaya
§ Menyebutkan sumber energi bunyi
|
Tekhnik
|
Bentuk instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
15
Jam
pelajaran
|
- Buku IPA SDN kelas II
- Buku Zamrud SD
- Gambar Seterika, baterai,lampu, kompor
& alam sekitar.
|
Tes tertulis
|
Pilihan Ganda
|
1.
Alat yang
mengubah energi listrik menjadi energi bunyi adalah…
a.
Gitar
b. drum c. radio
2.
Apa saja
tiga alat listrik yang menghasilkan cahaya!
|
|||||||
3.2
|
Mengindentifikasi jenis energi
yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
|
Energi yang sering di manfaatkan dalam
kehidupan
Cara menghemat sumber energi
|
§ Menyebutkan jenis energi deng an
alatya yang sering digunakan di rumah
§ Menceritakan alas an perlunya
menghemat energi
§ Melakukan Tanya jawab dengan siswa
cara menghemat energi
§ Mempraktekkan cara-cara menghemat
energi
|
§ Mengindentifikasi jenis energi yang
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
§ Menyebutkan cara menghemat energi
§ Mempraktikkan cara menghemat energi
|
Tes tertulis
|
Pilihan Ganda
|
Berikut ini
yang termasuk menghemat energi, adalah …
a.
Mematikan
lampu tidak terpakai
b.
Menyalakan
tv sepanjang hari
c.
Menyetrika
baju setiap saat
d.
Mengapa
kita perlu menghemat minyak bumi?
|
15 jam Pelajaran
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas : II
Semester :
Standar
Kompetensi : 3 Melakukan perkalian dan
pembagian bilangan sampai dua angka
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
|
|||
3.1
|
Melakukan perkalian bilangan
yang hasilnya bilangan dua angka
|
Perkalian bilangan
|
§ Menjelaskan arti perkalian sebagai penjumlahan
berulang
§ Melakukan perkalian dua bilangan satu angka
§ Mengisi daftar perkalian sampai dengan
100
§ Melakukan perkalian tiga bilangan
satuaangka
§ Menyebutkan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan perkalian
|
§ Menyatukan perkalian sebagai
penjumlahan berulang
§ Melakukan perkalian dua bilangan satu
angka
§ Melakukan perkalian tiga bilangan satu
angka
§ Menjelaskan masalah yang berkaitan dengan perkalian
|
Tekhnik
|
Bentuk instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
30Jam pelajaran
|
- Buku Matematika SD kelas II
- Buku Zamrud SD
|
Tes tertulis
|
Pilihan Ganda
Uraian
|
1.
4 X 9
=
a. 9+9+9+9
b. 4+4+4+4
4+4+4+4
c. 9+9+9+9
9+9+9+9
2.
Paman
memiliki 3 ekor ayam tiap ayam bertelur 4 butir, berapa butir telur yang
dihasilkan ayam paman seluruhnya?
|
|||||||
3.2
|
Melakukan pembagian bilangan
dua angka
|
Pembagian Bilangan dua anga
|
§ Menjelaskan pengertian bilangan
§ Menginformasikan bahwa pembagian dapat
di nyatakan dalam bentuk penjumlahan berulang
§ Mengubah bentuk perkalian menjadi
bentuk pembagian dan sebaliknya.
§ Mencongak tentang pembagian dengan
satu angka
§ Mencongak tentang pembagian dengan dua
bilangan satu angka.
§ Menjeaskan cara menjeaskan soal cerita
tentang pembagian dengan menentukan kalimat matematikanya.
|
§ Menyatakan pembagian sebagai
pengurangan berulang
§ Mengubah bentuk perkalian menjadi
pembagian dan sebaliknya
§ Melakukan pembagian bilangan sampai
dengan 100 dengan berbagai cara
§ Menjelaskan masalah yang mengandung
pembagian
|
Tes tertulis
|
Pilihan Ganda
uraian
|
Bentuk
pembagian dari 32-8-8-8-8= 0 adalah …
a.
32 :
8 : 4
b.
32 :
8= 8
c.
32 :
4= 9
Hitunglah hasil pembagian bilangan berikut :
a.
54 :
6
b.
12 :
1
c.
48 :
6 : 8
d.
42 :
6 : 1
|
30 jam Pelajaran
|
Buku Matematika SD Kelas II
Buku Zamrud SD
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran
:
Kelas :
Semester :
Standar
Kompetensi :
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Nilai Budaya karakter Bangsa
|
Kewirausahaan ekonomi kreatif
|
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Bahan/alat
|
|||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||
3.1
|
Mendekripsikan pengertian organisasi
|
Pengertian organisasi
Ciri-ciri organisasi
Tujuan organisasi
Anggota organisasi
|
Senang membaca
Peduli social
|
Percaya diri
Berorientasi tugas & hasil
Menghargai prestasi
Berani mengambil resiko
|
Menjelaskan pengertian organisasi
Mendaftar nama-nama yang diketahui siswa
Berdiskusi dan memperkirakan tujuan suatu organisasi
Berdiskusi dan memperkirakan anggota suatu
|
Mendeskripsikan pengertian organisasi
Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi
Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi
|
Tugas kelompok
Observasi
Tugas Kelompok
Observasi
|
Penilaian tertulis
Penilaian unjuk kerja (kepercayaan diri anak dalam berimajinasi)
Keterlibatan anak dalam diskusi
Penilaian tertulis
|
Menurut mu siapakah yang berhak menjadi Anggota Organisasi
Pecinta Perangko?
Siapa pemegang jabatan tertinggi di sekolahmu?
|
4 x 35 menit
|
Buku
paket (buku pendidikan kewarganegaraan untuk SD kelas V terbitan ESIS karanan
Dra.Dyah Sri Wilujeng, M.Pd hal 60-62
Teman
Lingkungan
rumah keluarga, sekolah dst.
|
Ciri-ciri organisasi lanjutan
Struktur organisasi
Tata tertib organisasi
|
Senang membaca
Peduli sosial
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Berani mengambil resiko
Kepemimpinan
|
organisasi
Berdiskusi dan mendaftar sejumlah peraturan tentang suatu anggota
Menyusun suatu organisasi fiktif
Merumuskan tujuan struktur dan peraturan fiktif tersebut
|
Merumuskan contoh struktur organisasi
Merumuskan contoh tata tertib organisasi
|
Penilaian unjuk kerja
Kepercayaan diri anak
|
||||||
3.2
|
Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan Sekolah dan
Masyarakat
|
Contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat beserta
fungsinya
|
Peduli lingkungan
|
Percaya diri
Beroientasi tugas
dan hasil
Berani mengambil
resiko
|
Mendaftar contoh-contoh di sekolah dan masyarakat.
|
No comments:
Post a Comment