MAKALAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PT. Radio Evella Channel Indonesia
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Media sudah menjadi bagian kehidupan
sehari-hari orang Indonesia pada umumnya. Sehingga kita sulit membayangkan
tanpa adanya koran pagi, majalah gossip, televisi yang menayangkan sinetron
artis kesayangan, serta radio yang dapat menemani sambil melakukan aktifitas.
Disini penulis mengangkat masalah Media Massa
Radio. Pada awalnya radio disaat masa kemerdekaan sebagai alat komunikasi
dengan masyarakat luas untuk menginformasikan keadaan negara saat itu, sehingga
masyarakat dapat menerima perintah untuk menyerang penjajah dan lain-lain
berkat siaran radio. Dan radio pertama di Indonesia adalah Radio Republik
Indonesia (RRI).
Dijaman modern seperti sekarang, radio kian
terdesak dengan televisi, namun tetap banyak memiliki penggemar.
Kecendrungannya adalah jangkauan siaran radio kian menyempit sehingga yang
paling mampu bertahan adalah radio-radio yang hanya melayani suatu wilayah
kecil. Contohnya seperti di Kota Palangka Raya dengan salah satu radionya yang
akan penulis bahas yaitu Radio Evella 96.7 FM Palangka Raya.
B.
Tujuan
Penelitian
1)
Lebih meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa
bagi masyarakat maupun pendengar.
2)
Agar hubungan antara atasan dan bawahan
berjalan baik dan lancar.
3)
Mengetahui berbagai macam perangkat yang ada
dan digunakan di Radio Evella.
4)
Mengetahui subjek-subjek yang berperan di Radio
Evella.
5)
Mengetahui fungsi-fungsi manajemen berdasarkan
poscord.
C.
Batasan Masalah
Dengan banyaknya jenis Penyiaran Radio yang ada
sekarang, kelompok kami hanya akan membahas tentang Sistem Informasi Manajemen
yang ada pada Radio Evella. Seperti subjek-subjek yang berperan, perangkat yang
digunakan, dan fungsi-fungsi manajemen berdasarkan poscord.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Profil Radio
Evella 96.7 FM
RADIO EVELLA 96.7 FM, tidak sekedar hadir sebagai
Media Penghibur, tetapi sesuai dengan pertumbuhan kota dan masyarakatnya,
EVELLA 96.7 FM, menyajikan pola-pola jurnalistik alternatif dan interaktif yang
menjadi dasar pilar Radio EVELLA 96.7 FM menyajikan siaran kata untuk
pendengarnya.
Setiap program siaran, EVELLA RASISONIA 96.7
FM, selalu memberikan motivasi dengan sisipan kata-kata bijak, kata-kata
mutiara dan tips-tips yang bermanfaat untuk pendengarnya.
VISI
· Membangun Sikap
Mandiri dan Jiwa Entrepreneur Generasi Muda Kalimantan Tengah menghadapi
Persaingan Global.
MISI
· Membangun sikap
mental yang seimbang vertical dan horizontal.
· Turut serta
membangun kota Palangka Raya dan Kalimantan tengah dengan informasi yang
positif.
· Mendukung
pertumbuhan dunia usaha dan menjadi partnership yang efektif dalam melaksanakan
kegiatan promosi yang tepat sasaran bagi mitra usaha.
1.
Profil Singkat
NAMA BADAN
USAHA : PT. RADIO EVELLA CHANNEL INDONESIA.
NAMA PANGGILAN
DI UDARA : EVELLA RASISONIA.
FREKUENSI : 96.7 FM.
PENANGGUNG
JAWAB : BIPPY.A. SE
ALAMAT STUDIO/KANTOR : JL.
CUT NYAK DIEN 3112 (KALIMANTAN TENGAH)
JANGKAUAN
SIARAN : KOTA PALANGKA RAYA DAN
SEKITARNYA,PERBATASAN P.RAYA-PULANG PISAU. BUKIT RAWI, BUKIT GUHA, BUKIT
TANGKILING.
RADIO STREAMING : http://119.2.44.6:8002/listen.pls
TELP.FAX : 0536 – 3230973 – 3357967. FAX 0536 –
3223967.
STUDIO ONLINE : 0536 - 3223967
SMS STUDIO : 0811520967
MARKETING &
PROMOTION : ANDRE, AMABAR, RURY
JAM SIARAN : 06.00 WIB S/D 24.00 WIB
WEBSITE : www.evella967fm.com
FACEBOOK : id.facebook.com/. ../Evellachannel…/100000052500738
SLOGAN RADIO : The spirit of motivations channel
2.
Program Siaran
DAILY PROGRAMME
SENIN – MINGGU : 06.00 –
07.00 WIB : NUANSA BENING (KEROHANIAN)
SENIN – JUM’AT : 07.00
– 08.00 WIB : HI-LITE MORNING (SINDIKASI PROGRAM) SMART JKT
SENIN – SABTU : 08.00
– 09.00 WIB : MORNING NEWS – HARIAN TABENGAN.
SENIN – SABTU : 11.00
– 13.00 WIB : BUSINESS NEWS
SENIN – SABTU : 13.00
– 15.00 WIB : IN A ROUND TOWN (INFO SEPUTAR KALTENG)
SENIN – SABTU : 15.00
– 17.00 WIB : RELAX & MUSIC
SENIN – MINGGU : 17.00 –
19.00 WIB : NUANSA SENJA
SENIN – MINGGU : 19.00 –
21.00 WIB : CHANNEL REQUEST
SENIN – MINGGU : 23.00 –
24.00 WIB : SAAT TEDUH
WEEKLEY
PROGRAME
SENIN : 09.00 – 11.00 WIB : FAMILY CHANNEL (YAYASAN FOKUS KELUARGA)
SELASA : 09.00 – 11.00 WIB : LADIES PROGRAME
RABU : 09.00 – 11.00 WIB : CHANNEL ENTERPRENUER
KAMIS : 09.00 – 11.00 WIB : BUSINESS ANALYSIS
JUM’AT : 09.00 – 11.00 WIB : CHANNEL TECHNOLOGY
SABTU : 09.00 – 11.00 WIB : EXECUTIVE LOUNCH (VOA)
PROGRAM MUSIC
SENIN : 21.00 -23.00 WIB : BLUES MUSIC CHANNEL
SELASA : 21.00 – 23.00 WIB : LATE NIGHT JAZZ (COMMUNITY JAZZ P.RAYA)
RABU : 21.00 – 23.00 WIB :
DREAM OF YOU
KAMIS : 21.00 – 23.00 WIB : LIVE MUSIC FROM CAVELLA café.
JUM’AT : 21.00 – 23.00 WIB : CAFÉ APRESIASI
SABTU : 21.00 – 23.00 WIB : WEEKEND NIGHT NGUMPUL BARENG ANAK-ANAK BAND
SPECIAL SUNDAY
PROGRAMME
MINGGU : 07.00
- 08.00 WIB : PRAISE AND WORSHIP
MINGGU : 08.00
- 09.00 WIB : THE BEST TOP TEN GOSPEL
MINGGU : 09.00
- 11.00 WIB : CHANNEL TRAVELLING
MINGGU : 11.00
- 13.00 WIB : TOP INDONESIAN CHART
MINGGU : 13.00
- 15.00 WIB : OLDIES MUSIC
MUSIC DIRECTOR
: ADIN
PROGRAM
DIRECTOR : ANDRIE
3.
Sales &
Promotion Departement
PEMASANGAN IKLAN
HUBUNGI : SALES & PROMOTION
DEPARTEMENT
PT. RADIO
EVELLA
CHANNEL INDONESIA
JL.
CUT NYAK DIEN NO. 19
PALANGKARAYA
73112
TELP.
05363357967. FAX : 05363223967
CONTACT PERSON : ANDRIE
HP.085280280967
– 05363357967
4.
Tarif Iklan
30 DETIK Rp
50.000.-
60 DETIK Rp
100.000,-
PRIME TIME II (
17.00 - 21.00 )
30 DETIK Rp
75.000.-
60 DETIK Rp
125.000,-
ADLIBS ( IKLAN
BACA ) 60 DETIK
30 DETIK Rp
100.000,-
60 DETIK Rp
150.000,-
BLOKING TIME
30 MENIT Rp
1.000.000,-
60 MENIT Rp
1.750.000,-
SPONSOR
PROGRAME
30 MENIT Rp
750.000,-
60 MENIT Rp
1.250.000.-
LIVE REPORTASE
60 DETIK Rp
150.000,-
120 DETIK Rp
200.000,-
5.
Pelayanan &
Pembinaan Pendengar
Membangun
kebersamaan dan rasa kekeluargaan antara RADIO EVELLA dan PENDENGARNYA, melalui
EVELLA PRESENT event organizer dan organizer training, setiap tahun Radio
EVELLA menyelenggarakan event off air. Berhubungan dengan keluarga EVELLA
menyelenggarakan kegiatan2 yang melibatkan keluarga dalam bentuk lomba2.
Untuk pendengar
kalangan profesional, EVELLA bekerjasama dengan SMART FM, membentuk sebuah
wadah untuk kalangan eksekutuf dan profesioal muda (PALANGKARAYA BUSINESS
FORUM), COMMUNITY JAZZ PALANGKARAYA. Kegiatan yang diselenggarakan, seminar
bisnis, motivasi, dll.
Pembinaan untuk
kalangan remaja, EVELLA mewadahi anak2 muda dalam satu wadah EVELLA FANZ CLUB.
Untuk pendengar WANITA dibentuk wadah LADIES CLUB dan sebuah Program acara
khusus untuk wanita.
Memanjakan para
pendengarnya RADIO EVELLA juga menyediakan sebuah cafe yang menyatu dengan
studio radio EVELLA, CAVELLA cafe & karaoke, sebuah cafe yang
disegmentasikan untuk keluarga dan anak-anak muda (No Drug No Alcohol). Wadah
inipun diperuntukkan membina group-group band anak-anak muda, agar suatu kelak
mereka memiliki performance untuk bermain musik dicafe kelas atas. Suatu
kehormatan untuk RADIO EVELLA dan CAVELLA cafe, KADER ANTINARKOBA dan BADAN
ANTINARKOBA PROVINSI KALTENG, telah memberikan penghargaan.
B.
Perangkat
Sistem Informasi Radio Evella
Sistem informasi adalah kombinasi dari
teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk
mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem
informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, data,
dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak
hanya pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, tetapi juga untuk
cara dimana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses yang
terjadi disuatu perusahaan atau lembaga. Sistem informasi yang berbeda dari
teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki
komponen TIK seperti hardware dan software. Perangkat sistem informasi yang
dipergunakan Radio Evella adalah berupa :
1.
Hardware
2.
Tower radio
3.
Pemancar radio
4.
Mixer
5.
Pemancar mini
6.
Mic Zemhaizer
7.
Headphone
8.
Komputer
9.
Telephon
10. Modem
11. Fax
12. Software
13. Networking
14. SDM
C.
Subjek
Informasi dalam Sistem Informasi Manajemen
Beberapa subjek informasi yang berperan dalam
Sistem Informasi Manajemen Radio Evella adalah sebagai berikut :
1.
Direktur
2.
Penanggung jawab
3.
Karyawan
4.
Instansi terkait
D.
Sistem
Informasi Manajemen yang Dikomunikasikan
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan,
pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penulis akan menjelaskan fungsi-fungsi
manajemen seperti Planning, Organizing, Staffing, Leading,
Coordinating/Controling dan Directing.
1.
Peran Utama
dari SIM Ada 3 yaitu:
a.
Mendukung berjalannya proses bisnis dan operasi
Ini adalah peran paling dasar dari sebuah SIM.
Dengan SIM, proses bisnis yang dilakukan oleh para karyawan akan berjalan baik.
SIM yang terorganisir akan memudahkan karyawan dalam melaksanakan tugasnya
masing-masing.
b.
Membantu dalam pengambilan keputusan bisnis.
Dengan SIM yang baik, maka pengambilan
keputusan yang tepat akan lebih mudah dilakukan. Informasi yang jelas akan
membantu pihak manajemen dalam menentukan langkah yang akan diambil perusahaan.
c.
Membantu dalam menentukan strategi untuk
menciptakan keunggulan dibandingkan kompetitor
Ketika sebuah perusahaan sudah memiliki SIM
yang baik, maka perusahaan dapat memikirkan langkah – langkah baru yang
inovatif agar bisa lebih maju dari para pesaingnya dalam melayani customer.
2.
Planning dan
Budgeting
Planning adalah
penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.
Sedangkan,Budget adalah salah satu bentuk dari berbagai macam rencana yang
mungkin dibuat, namun tidak setiap rencana dapat disebut budget. Suatu rencana
baru dapat dikatakan budget, apabila dinyatakan dengan uang.
Untuk menyusun
suatu planning dan budget secara terpadu sehingga menjadi suatu rencana yang
realistis, fleksibel dan dapat dilaksanakan secara kontinyu, harus
memperhatikan faktor sebagai berikut :
1)
Produk/jasa
Radio Evella merupakan usaha di bidang jasa
penyiaran. Radio adalah Teater of mind, yang artinya disaat kita mendengar
cerita/kabar yang disampaikan di radio kita dapat merasakan emosinya atau
terbawa suasana dan bermain dengam pikiran.
Minat masyarakat untuk mendengar Radio di
Provinsi Kalteng terutama Kota Palangka Raya masih sangat tinggi hingga kini.
Walau waktu dimasa televisi swasta baru bermunculan sekitar tahun 1990-an,
Usaha dibidang jasa penyiaran ini sempat mengalami beberapa transisi yang tidak
mengenakan. Namun dengan berjalannya waktu radio tetap memiliki tempatnya
tersendiri dihati masyarakat dan memiliki penggemar yang cukup banyak.
Radio Evella memiliki karakteristik yang
berbeda dari radio-radio lain, dengan memiliki acara-acara yang khas dan
memikat minat para fanatisme pencinta lagu-lagu tertentu. Untuk memikat minat
pendengar radio pun harus memiliki strategi lain seperti kualitas suara yang
baik, jaringan yang kuat dan mudah dicari, penyiar yang aktraktif dan dinamis
serta pemilihan waktu-waktu yang tepat.
Banyak radio di kota Palangka Raya khususnya,
memutarkan lagu-lagu yang sama dan cara pembawaan acaranya pun tidak jauh
berbeda. Disitu sebagai pengusaha jasa penyiaran dituntuk untuk kreatif untuk
mengemas acara-acara atau program-programnya. Sebagai contoh pisang goreng.
Dikupas kulitnya, dicelupkan ke terigu kemudian di goreng jadilah pisang
goreng. Namun para pengusaha harus dituntut kreatif sehingga membuat sesuatu
yang berbeda dengan membutuhkan modal tambahan dan jadilah kreasi terbaru. Seperti
pisang dikupas kulitnya, dipotong-potong kecil, kemudian terigunya digiling dan
digoreng, jadilah pisang molen. Padahal tetap pisang goreng hanya saja
menggunakan kratifitas dan modal tambahan.
Dengan jam siaran harian biasa mulai dari jam
06.00 sampai jam 24.00. Sedangkan pada bulan Ramadhan mulai dari jam 06.00
sampai jam 24.00, kemudian siaran kembali pada jam 02.00 sampai jam 04.00.
Dirasa Radio Evella sudah dapat menemani masyarakat untuk memenuhi kebutuhan
akan informasi dan hiburan.
2)
Pasar
Radio Evella merupakan radio yang menjuru
kepada semua kalangan dan semua usia.segmentasi pasrnya lebih ke kalangan
menengah ke bawah. Acara-acara yang disajiakan tersedia untuk semua jenis usia
mulai dari acara yang menyajikan lagu-lagu pop Indonesia dan barat yang lebih
banyak diminati oleh anak-anak muda. Lagu-lagu daerah dan lagu-lagu nostalgia
yang banyak diminati oleh orang-orang dewasa dari umur 25 tahun ke atas.
3)
Rencana produksi
Dalam perencanaan produksi membutuhkan
alat-alat dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan agar terjadinya sebuah
produksi.
Alat-alat Yang Dibutuhkan:
- Tower Radio
- Pemancar radio
- Mixer 2 unit
- Pemancar mini 1
unit
- Mic Zernhaizer
2 buah
- Headphone 4
buah
- Komputer 6 unit
- Telephone 3
unit
- Modem 1 unit
- Fax 1 unit
- AC 4 unit
- Handphone operasional 1 buah
- Kendaraan
operasioanal 2 buah mobil
Perlengkapan untuk operasioanl Radio:
- Kursi
- Meja tamu
- Sofa
- Meja kerja
- Lemari/rak
arsip
4)
Financial
Faktor ini dapat dikatakan sebagai faktor yang
paling dominan pengaruhnya terhadap perencanaan yang disusun manajemen yakni,
modal awal. Menurut Bippy A. SE radio adalah usaha yan murah, bahan bakunya
hanya lagu dan pembicaraan penyiarnya saja. Sehingga beliau tertarik mendirikan
usaha radio. Namun bila mendirikan radio di zaman yang serba modern seperti
sekarang perkiraannya sebagai berikut :
- Sewa Kantor :
Rp. 20.000.000
- Peralatan Radio
: Rp. 800.000.000
- Perlengkapan :
Rp. 30.000.000
- Gaji Karyawan :
Rp. 40.000.000
- Operasional
Kantor : Rp. 10.000.000
- Dana Simpanan Selama
1 Tahun : Rp. 600.000.000
Sehingga, Modal Awalnya Rp. 1.500.000.000
5)
Marketing/pemasaran
Sebagai media pemasaran, Radio Evella tidak
perlu lagi melakukan pemasangan iklan di koran-koran, karena Radio Evella itu
sendiri sudah sangat terkenal khususnya di kota Palangka Raya. Bahkan para
calon pemasang iklan itu sendiri yang datang. Salah satu keunggulan berlokasi
di pinggir jalan adalah secara tidak langsung menghemat biaya pemasaran atau
promosi karena mudah dicari dan diketahui banyak orang.
Namun untuk pemasaran radio untuk perusahaan
agar memasang Produknya di radi, para sales datang langsung ke kantor pusat
yang biasanya bertempat di Jakarta. Dan iklan-iklan yang dipasang adalah
iklan-iklan nasional, yang ditujukan kepada semua orang bukan kepada satu
daerah saja.
Namun para pemasang iklan kini jeli untuk
memastikan radio mana yang akan mereka pasang iklannya. Ternyata setelah
diamati, mereka mensurvei radio mana yang lebih banyak digemari masyarakat agar
sasaran penjualan produk atau jasanya tepat sasaran. Biasanya mereka dalam mensuplai
barang khusus untuk produk, menjalankan sales-sales untuk memasarkan produknya
ke toko-toko dan warung-warung. Disitu para sales mendapat tugas tambahan untuk
mensurvei radio mana yang sering didengar oleh masyarakat. Sehingga mereka
memiliki catatan tersendiri mengenai radio-radio dari hasil survei tersebut.
3.
Organising
Manajer atau
pimpinan harus menyusun suatu struktur organisasi yang tepat, sesuai dengan
tujuan yang dikehendaki dan struktural organisasi yang tepat. Dan dibagi
sebagai berikut :
1)
Direktur Utama (1 orang)
2)
Penanggung Jawab Keuangan (1 orang)
3)
Pembukuan (1 orang)
4)
Kasir/ Penagih (2 orang)
5)
Penanggungjawab Iklan (1 orang)
6)
Sales (1 orang)
7)
Penanggung Jawab Trafic (1 orang)
8)
Penanggungjawab Siaran (1 orang)
9)
Music Director (1 orang)
10)
Penyiar (10 Orang)
11)
Penanggungjawab Teknik (2 Orang)
12)
Personalia (1 Orang)
13)
Receptionis (1 Orang)
14)
Pembantu Umum(2 Orang)
4.
Staffing
Pimpinan
menunjuk orang yang tepat, berkualitas dengan memberi motivasi berupa imbalan
yang sesuai. Dengan klasifikasi staf yang baik salah satunya seperti:
1)
Semangat, bekerja sama dan ramah.
2)
Punya kemauan untuk belajar.
3)
Mampu Berbahasa dengan Baik.
4)
Kestabilan emosi dan sopan.
5)
Bersifat loyal, inisiatif, pertimbangan yang
baik dan kepandaian bergaul.
6)
Berwawasan luas.
7)
Minimal pendidikan SLTA dan memiliki keahlian
khusus (Khusus Penyiar Radio).
8)
Minimal Pendidikan D3 untuk karyawan staff dan
administrasi.
Tugas-tugas setiap bagiannya :
1)
Direktur Utama : Tugasnya memantau para
karyawannya, memerintah dan menentukan keputusan tertinggi di perusahaan.
2)
Penaggung Jawab Keuangan : Tugasnya mengatur
pemasukan dan pengeluaran Radio.
3)
Pembukuan : Tugasnya membantu penanggungjawab
Keuangan untuk membuat laporan keuangan.
4)
Kasir/Penagih : Tugasnya menagih para rekan
bisnis seperti pemasang iklan untuk membayarkan sisa pembayarannya yang sudah
jatuh tempo.
5)
Penanggung Jawab iklan : Tugasnya bertanggung
jawab akan pembuatan iklan dan mencari perusahaan untuk membuat iklan.
6)
Sales : Tugasnya mencari iklan dengan dating ke
kantor pusatnya.
7)
Penanggung Jawab Trafic : Tugasnya mengatur
Trafic iklan yang akan diputar di radio.
8)
Penanggungjawab Siaran : Tugasnya bertanggung
jawab akan bahan siaran, acara-acara serta para penyiarnya.
9)
Music Director : Tugasnya mengatur lagu-lagu
apa saja yang akan diputar, sehingga lagu-lagu yang diputar di radio bukan
sembarang lagu. Kecuali acara request.
10)
Penyiar : Tugasnya membawakan acara yang isinya
menyampaikan informasi dan hiburan. Peran penyiar dalam radio sangatlah
penting. Sebab berhasilnya suatu acara yang disajikan merupakan hasil dari cara
memmbawakan acara sang penyiarnya. Setiap penyiar yang diterima di Radio Evella
selalu diberi pelatihan terlebih dahulu selama 3 bulan baru setelah itu dilepas
untuk bersiaran sendiri. Penyiar pun dapat menjadi Staf tetap, namun dengan
persyaratan khusus dan gajinya diluar dari gaji penyiar.
11)
Penanggungjawab Teknik : Tugasnya mengontrol,
merawat dan memperbaiki mesin-mesin serta alat-alat radio.
12)
Personalia : Tugasnya memantau semua karyawan
agar menjalankan tugas sesuai dengan bidangnya.
13)
Receptionis : Tugasnya menerima tamu serta
menerima pesan-pesan yang masuk.
14)
Pembantu Umum : Tugasnya membantu setiap bagian
yang membutuhkannya.
5.
Leading/Coordinating/Controlin
Bippy A. SE
adalah pendiri sekaligus penanggung jawab Radio Evella 96.7 FM. Beliau menyukai
dunia radio dan sangat menyukai elektronik. Pada masa tersebut radio-radio
komersial mulai banyak didirikan karena mulai ada peraturan pemerintah Nomor.
55 Tahun 1970 diharapkan yang bermain di dunia radio, yang dimasa itu
kebanyakan terdapat radio-radio amatir yang tidak berorientasi pada bisnis dan
hanya sekedar menyalurkan hobi. Maka dibuatlah peraturan untuk radio swasta
agar melengkapi administrasi seperti perijinannya Akte Notaris dan tercantum
dalam UU Penyiaran terutama pada pasal 14 ayat 10 tentang Ketentuan mengenai
lembaga penyiaran publik dan Pasal 29 ayat 2 tentang ketentuan lebih lanjut
mengenai tata cara dan persyaratan izin lembaga penyiaran.
Seorang
pimpinan dapat memperlihatkan kepemimpinannya yang mantap dan dinamis secara
tegas dan terbuka. Hubungan beliau dengan para karyawannya cukup dekat, dan
seolah-olah tidak membatasi dengan jabatannya sebagai directur utama yang
sering digambarkan orang bersikap arogan. Sehingga kelancaran suatu pekerjaan
mempermudah setiap karyawannya untuk berhubungan langsung dengannya.
Hambatan-hambatan pun jarang dirasakan, memang setiap usaha pasti ada hambatan
namun dengan lancarnya komunikasi antara bawahan dan atasan membuat hambatan
tersebut terpecahkan dengan mudah.
6.
Directing
Seorang
pemimpin harus senantiasa mengadakan pengawasan yang bersifat dinamis dan
selalu mengusahakan adanya feedback dari bawahan. Seperti mengadakan pengawasan
terhadap produksi serta mengontrol kinerja para bawahan agar menghasilkan
kinerja yang baik dan sesuai dengan tujuan usaha.
7.
Report
Reporting atau
pelaporan adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan
atau hasil kegiatan atau pemberi keterangan mengenai sagala hal yang bertalian
dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi, baik secara lisan
dan tulisan sehingga dalam penerimaan laporan dapat memperoleh gambaran
bagaimana pelaksanaan tugas orang yang memberi laporan.
Dalam struktur
organisasi terdapat bagian keuangan yang bertugas membuat pembukuan pada setiap
bulannya, mencatat pengeluaran radio serta pemasukan radio dari iklan-iklan
yang masuk, kemudian dilaporkan kepada Directur utama.
Gaji-gaji
karyawan di radio cukup bervariasi jumlahnya. Untuk penyiar radio kebanyakan
mereka hanya karyawan Part Time yang upah per-jamnya mulai antara Rp. 7.000 S.d
Rp. 10.000 sehingga bila mereka tidak masuk serta hari-hari libur tidak
dihitung. Sistem kerja mereka kontrak selama 3 tahun, bila dirasa cukup
berpotensi kontrak kemungkinan akan diperpanjang.
Berbeda denga
karyawan-karyawan Staff dan Administrasi, mereka bersifat karyawan tetap
gajinya diatas UMR kemudian mendapatkan tunjangan-tunjangan seperti
Transport,Makan dan Kesehatan dan gaji mereka dihitung perbulan.
Untuk
operasional kantor cukup besar jumlahnya. Untuk pembayaran listriknya saja Rp.
8.000.000 belum lagi ditambah untuk membayar telepon, internet, kendaraan
operasional, perawatan mesin dan lain-lain. Sehingga bila diperkirakan
jumlahnya mengenai sekitar Rp. 10.000.000.
Dan setelah
diperhitungkan total target pamasukan per-bulannya harus mencapai sekitar Rp.
55.000.000. Menurut Bippy A. SE Dirut Radio Evella 96.7 FM, mereka tidak jarang
harus nombok untuk membayar gaji karyawan dan produksinya. Terutama pada
bulan-bulan desember sampai sekitar bulan april, merupakan bulan-bulan sedikitnya
pemasukan dan ini selalu terjadi setiap tahunnya. Ini dikarenakan pada bulan
desember banyak perusahaan yang sedang sibuk mengurus keuangannya untuk tutup
buku tahunan. Dan pada bulan-bulan januari sampai april disebabkan banyak
perusahaan yang baru membuat rencana kerja sehingga untuk memasang iklan jadi
terhambat.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Sistem Informasi Manajemen sebagai kesatuan fungsi dalam mengelola
data menjadi informasi sesuai tujuan yang ingin dicapai. Dalam hal ini, PT.
Radio Evella Channel Indonesia sebagai salah satu stasiun Radio yang menawarkan
jasa penyiaran kepada masyarakat luas. Untuk memenuhi tujuannya dalam
memberikan pelayanan kepada masyarakat, peneglolaannya melalui proses. Terutama
untuk pengumpulan data yang kemudian menjadi informasi yang siap disajikan
kepada pendengar.
Perkembangan informasi melalui internet menjadikannya sebagai media
dan sarana utama mendapatkan input data
bagi PT. Radio Evella Channel Indonesia. Pengelolaan dan pemanfaatan perangkat
yang baik menjadi aspek penting agar terlaksana program-program Radio yang
telah dibuat. Selain itu, proses manajemen yang dilaksanakan oleh Sumber Daya
Manusia yang ada di dalam PT. Radio Evella Channel Indonesia mejadi faktor yang
penting pula. Hal tersebut merupakan bagian dari Sistem Informasi Manajemen
yang ada dalam PT. Radio Evella Channel Indonesia. Sebagai bagian dari sistem,
keselarasan diantara semuanya menjadi hal yang penting untuk mendapatkan output
yang sesuai dengan yang diharapkan.
DAFTAR PUSTAKA
Amsyah, Zulkifli. 2003. Manajemen
Sistem Informasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Profil Radio Evela Channel Indonesia,http://www.evelachannelindonesia.com/2013/06/
company-profile/, 02.15 P.M, 23/04/2014.
Sistem Informasi Manajemen Radio, http://elibuniko
m.ac.id/files/disk1/524/jbptunikompp-gdl-fitriehand-26179-2-unikom_f-k.pdf,
01.00 P.M, 23/04/2014.
Sistem Informasi Manajemen Radio, http://sisteminformasimanajemenklpk8tep2011.
blogspot.com/,02.11 P.M, 23/04/2014.
No comments:
Post a Comment