Lembar Observasi Aktivitas Guru
Nama Guru : .....................
Kelas : ...............................
Hari/tanggal: ....................
Siklus ke : .........................
Petunjuk penggunaan:
Lingkarilah angka yang tepat untuk memberikan skor pada
aspek-aspek penilaian aktivitas guru dalam pembelajaran. Adapun kriteria skor
adalah 0 = tidak sesuai/tidak tampak; 1 = kurang baik; 2 = cukup; 3 =
baik; 4 = sangat baik.
No.
|
Aspek Penilian
|
Kategori
|
A.
|
Persiapan
|
-
|
1.
|
Guru mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan
seksama
|
0 1 2 3 4
|
2.
|
Tujuan pembelajarannya dinyatakan dalam kalimat yang jelas dalam
RPP
|
0 1 2 3 4
|
3.
|
Materi pembelajaran yang akan diberikan memiliki kaitan atau
dapat dikaitkan dengan materi pembelajaran sebelumnya
|
0 1 2 3 4
|
4.
|
Guru mempersiapkan media pembelajaran
|
0 1 2 3 4
|
5.
|
Guru mempersiapkan seting kelas untuk pembelajaran
|
0 1 2 3 4
|
6.
|
Guru mempersiapkan siswa secara fisik dan mental
|
0 1 2 3 4
|
B.
|
Presentasi/Penyampaian Pembelajaran
|
0 1 2 3 4
|
8.
|
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
|
0 1 2 3 4
|
9.
|
Guru memotivasi siswa, menarik perhatian agar mengikuti proses
pembelajaran dengan baik
|
0 1 2 3 4
|
10.
|
Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan teknik-teknik
tertentu sehingga jelas dan mudah dipahami siswa
|
0 1 2 3 4
|
11.
|
Pembelajaran dilaksanakan dalam langkah-langkah dan urutan yang
logis
|
0 1 2 3 4
|
12.
|
Petunjuk-petunjuk pembelajaran singkat dan jelas sehingga mudah
dipahami
|
0 1 2 3 4
|
13.
|
Materi pembelajaran baik kedalaman dan keluasannya disesuaikan
dengan tingkat perkembangan dan kemampuan siswa
|
0 1 2 3 4
|
14.
|
Selama proses pembelajaran guru memberikan kesempatan untuk
bertanya kepada siswa
|
0 1 2 3 4
|
15.
|
Apabila siswa bertanya, maka guru memberikan jawaban dengan
jelas dan memuaskan
|
0 1 2 3 4
|
16.
|
Guru selalu mengajak siswa untuk menyimpulkan pembelajaran pada
akhir kegiatan atau akhir sesi tertentu
|
0 1 2 3 4
|
C.
|
Metode Pembelajaran/Pelaksanaan Pembelajaran
|
-
|
17.
|
gPembelajaran dilakukan secara bervariasi selama alokasi waktu
yang tersedia, tidak monoton dan membosankan
|
0 1 2 3 4
|
18.
|
Apabila terjadi suatu permasalahan maka guru dapat bertindak
dengan mengambil keputusan terbaik agar pembelajaran tetap berlangsung secara
efektif dan efisien
|
0 1 2 3 4
|
19.
|
materi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan
|
0 1 2 3 4
|
20.
|
selama pembelajaran berlangsung guru tidak hanya berada pada
posisi tertentu tetapi bergerak secara dinamis di dalam kelasnya
|
0 1 2 3 4
|
21.
|
Apabila tampak ada siswa yang membutuhkan bantuannya di
bagian-bagian tertentu kelas, maka guru harus bergerak dan menghampiri secara
berimbang dan tidak terfokus hanya pada beberapa gelintir siswa saja
|
0 1 2 3 4
|
22.
|
Guru untuk mengenali dan mengetahui nama setiap siswa yang ada
di dalam kelasnya
|
0 1 2 3 4
|
23.
|
Selama pembelajaran berlangsung guru memberikan reinforcement
(penguatan) kepada siswa-siswanya dengan cara yang positif
|
0 1 2 3 4
|
24.
|
Ilustrasi dan contoh dipilih secara hati-hati sehingga
benar-benar efektif dan bukannya malah membuat bingung siswa
|
0 1 2 3 4
|
25.
|
Media pembelajaran di dalam pelaksanaan pembelajaran digunakan
secara efektif
|
0 1 2 3 4
|
26.
|
latihan diberikan secara efektif
|
0 1 2 3 4
|
27.
|
Guru selalu bersikap terbuka dan tidak menganggap negatif
apabila siswa melakukan kesalahanan dalam proses belajarnya
|
0 1 2 3 4
|
D..
|
Karakteristik Pribadi Guru
|
-
|
29.
|
gGuru sabar terutama untuk memancing respon siswa
|
0 1 2 3 4
|
30.
|
Guru berupaya memancing siswa agar terlibat aktif dalam
pembelajaran
|
0 1 2 3 4
|
31.
|
Guru bersikap tegas dan jelas
|
0 1 2 3 4
|
32.
|
Penampilan guru menarik dan tidak membosankan
|
0 1 2 3 4
|
33.
|
Guru menggunakan bahasa yang baik dan berterima
|
0 1 2 3 4
|
34.
|
Guru selalu menunjukkan bahwa ia adalah seorang yang selalu
punya inisiatif,kreatif, dan berprakarsa
|
0 1 2 3 4
|
Catatan Observer:
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Amuntai, .................................
Observer
(
)
No comments:
Post a Comment