1

loading...

Tuesday, October 23, 2018

Contoh Lembar Observasi Aktivitas Guru


Lembar Observasi Aktivitas Guru

                                            
Nama Guru : .....................
Kelas : ...............................
Hari/tanggal: ....................
Siklus ke : .........................


Petunjuk penggunaan:
Lingkarilah angka yang tepat untuk memberikan skor pada aspek-aspek penilaian aktivitas guru dalam pembelajaran. Adapun kriteria skor adalah 0 = tidak sesuai/tidak tampak; 1 = kurang baik; 2 = cukup; 3 = baik; 4 = sangat baik.
No.
Aspek Penilian
Kategori
A.
Persiapan
-
1.
Guru mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan seksama
0 1 2 3 4
2.
Tujuan pembelajarannya dinyatakan dalam kalimat yang jelas dalam RPP
0 1 2 3 4
3.
Materi pembelajaran yang akan diberikan memiliki kaitan atau dapat dikaitkan dengan materi pembelajaran sebelumnya
0 1 2 3 4
4.
Guru mempersiapkan media pembelajaran
0 1 2 3 4
5.
Guru mempersiapkan seting kelas untuk pembelajaran
0 1 2 3 4
6.
Guru mempersiapkan siswa secara fisik dan mental
0 1 2 3 4
B.
Presentasi/Penyampaian Pembelajaran
0 1 2 3 4
8.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
0 1 2 3 4
9.
Guru memotivasi siswa, menarik perhatian agar mengikuti proses pembelajaran dengan baik
0 1 2 3 4
10.
Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan teknik-teknik tertentu sehingga jelas dan mudah dipahami siswa
0 1 2 3 4
11.
Pembelajaran dilaksanakan dalam langkah-langkah dan urutan yang logis
0 1 2 3 4
12.
Petunjuk-petunjuk pembelajaran singkat dan jelas sehingga mudah dipahami
0 1 2 3 4
13.
Materi pembelajaran baik kedalaman dan keluasannya disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan kemampuan siswa
0 1 2 3 4
14.
Selama proses pembelajaran guru memberikan kesempatan untuk bertanya kepada siswa
0 1 2 3 4
15.
Apabila siswa bertanya, maka guru memberikan jawaban dengan jelas dan memuaskan
0 1 2 3 4
16.
Guru selalu mengajak siswa untuk menyimpulkan pembelajaran pada akhir kegiatan atau akhir sesi tertentu
0 1 2 3 4
C.
Metode Pembelajaran/Pelaksanaan Pembelajaran
-
17.
gPembelajaran dilakukan secara bervariasi selama alokasi waktu yang tersedia, tidak monoton dan membosankan
0 1 2 3 4
18.
Apabila terjadi suatu permasalahan maka guru dapat bertindak dengan mengambil keputusan terbaik agar pembelajaran tetap berlangsung secara efektif dan efisien
0 1 2 3 4
19.
materi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
0 1 2 3 4
20.
selama pembelajaran berlangsung guru tidak hanya berada pada posisi tertentu tetapi bergerak secara dinamis di dalam kelasnya
0 1 2 3 4
21.
Apabila tampak ada siswa yang membutuhkan bantuannya di bagian-bagian tertentu kelas, maka guru harus bergerak dan menghampiri secara berimbang dan tidak terfokus hanya pada beberapa gelintir siswa saja
0 1 2 3 4
22.
Guru untuk mengenali dan mengetahui nama setiap siswa yang ada di dalam kelasnya
0 1 2 3 4
23.
Selama pembelajaran berlangsung guru memberikan reinforcement (penguatan) kepada siswa-siswanya dengan cara yang positif
0 1 2 3 4
24.
Ilustrasi dan contoh dipilih secara hati-hati sehingga benar-benar efektif dan bukannya malah membuat bingung siswa
0 1 2 3 4
25.
Media pembelajaran di dalam pelaksanaan pembelajaran digunakan secara efektif
0 1 2 3 4
26.
latihan diberikan secara efektif
0 1 2 3 4
27.
Guru selalu bersikap terbuka dan tidak menganggap negatif apabila siswa melakukan kesalahanan dalam proses belajarnya
0 1 2 3 4
D..
Karakteristik Pribadi Guru
-
29.
gGuru sabar terutama untuk memancing respon siswa
0 1 2 3 4
30.
Guru berupaya memancing siswa agar terlibat aktif dalam pembelajaran
0 1 2 3 4
31.
Guru bersikap tegas dan jelas
0 1 2 3 4
32.
Penampilan guru menarik dan tidak membosankan
0 1 2 3 4
33.
Guru menggunakan bahasa yang baik dan berterima
0 1 2 3 4
34.
Guru selalu menunjukkan bahwa ia adalah seorang yang selalu punya inisiatif,kreatif, dan berprakarsa
0 1 2 3 4







Catatan Observer:
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Amuntai, .................................
Observer



(                                  )
                                                                                               



















No comments:

Post a Comment