1

loading...

Tuesday, October 30, 2018

MAKALAH metode-metode pembelajaran di MI beserta langkah-langkahnya

MAKALAH metode-metode pembelajaran di MI beserta langkah-langkahnya

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar  Belakang 

     pembelajaran matematika yang baik menuntut penggunaan metode-metode pembelajaran yang bervariasi. Hal ini karena masuk dalam logika, karena suatu topic matematika,kadang-kadang dapat diajarkan secarah lebih baik hanya dengan metode tertentu . Jika guru matematika hanya menggunakan suatu jenis metode mengajar, maka akan membuat para       siswa menjadi lebih cepat bosan atau jemu terhadap terhadap pesan yang disampaikan.         Terdapat banyak metode pembelajaran matematika di Sekolah Dasar yang digunakan saat proses belajar mengajar. Metode pembelajara matematika biasanya berbeda tiap kelasnya, Hal ini agar dapat mengajarkan sesuai dengan kemampuan sang anak. 

B. Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud metode pembelajaran?

2.      Sebutkan jenis-jenis metode pembelajaran?

3.      Sebutkan dua kelemahan dan kelebihan  metode pemeblajaran?



C. Tujuan
1.      Untuk mengetahui Apa yang dimaksud metode pembelajaran !

2.      Untuk mengetahui jenis-jenis metode pembelajaran!

3.      Untuk mengetahui dua kelemahan dan kelebihan metode pembelajaran !






BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Metode Pembelajaran
    Metode Pembelajaran adalah teknik pengajian yang telah dikuasai guru untuk mengajar dan menyajikan bahan pengajar kepada siswa didalam kelas, baik secara individual atau secra kelompok, agar pelajaran itu dapat diserap, dipahami, dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik.
     Pembelajaran matematika di SD/MI merupakan proses belajar mengajar untuk mendapatkan pemahaman konsep, fakta, operasi prinsip agar dapat melaksanakan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika adalah proses yang sengajah dirancang dengan tujuan untuk suasana lingkungan yang memungkin siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika harus memberikan peluang kepada siswa untuk berusaha dan mencari pengalaman tentang matematika. Selain itu menurut tutik(2011) pembelajaran matematika bagi para siswa merupakan pembentukan pola pikir dalam pemahaman suatu pengertian maupun dalam penalaran suatu hubungan diantara pengertian-pengertian itu.

B.     Syarat-Syarat Metode Pembelajaran
Syarat-syarat penggunan metode pembelajaran adalah sebagai berikut:
·         Metode mengajar  yang digunakan  harus dapat membangkitkan motif, minat,  atau gairah belajar.
·         Metode belajar yang digunakan harus dapat menjamin  perkembanagn kegiatan  keperibadian siswa.
·         Dapat memberikan kesempatan kepada siswa  untuk mewujudkan  hasil karya.
·         Dapat merangsang keinginan siswa  untuk belajar  lebih lanjut, melakukan eksplorasi dan inovasi.
·         Dapat mendidik siswa  dalam teknik  belajar sendiri  dan cara memperoleh  pengetahuan melalui usaha pribadi.
·         Dapat menanamkan  dan mengembangkan nilai-nilai dan sikap-sikap utama yang diharapkan dalam kebiasaan cara bekerja yang baik dalam kehidupan sehari-hari.









C.      Jenis-Jenis Metode Pembelajaran

Adapun jenis-jenis metode pembelajaran sebagai berikut:
a.      Metode problem salving
Metode problem salving( pemecahan) bukan hanya sekedar metode mengajar, tetapi juga merupakan suatu metode berpikir, sebab dalam problem salving dapat menggunakan metode-metode lainnya yang mulai dengan mencari data sampai pada menarik kesimpulan . Pemecahan masalah dapat diartikan sebagai suatu suatu proses mental dan intelektual dalam menemukan suatu masalah dan memecahkanya  berdasarkan data dan informasi yang akurat sehingga dapat diambil simpulan yang tepat dan cermat. Majid, (2014: 170) Mengemukakan metode problem salving merupakan pembelajaran berbasis masalah, yakni pembelajaran yang berpusat pada pemecahan suatu masalah oleh siswa melalui kerja kelompok.
Metode problem salving adalah suatu penyajian materi pelajaran yang menghadapkan siswapada persoalan yang harus dipecahkan atau diselesaikan dengan melibatkan mental dan intelektual, bukan hanya mendengarkan, tetapi mencari solusi untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Langkah-langkah metode problem salving:
1.      Memahami masalah
2.      Membuat rencana untuk menyelesaikan masalah
3.      Melaksanakan rencana yang dibuat pada rencana kedua
4.      Memeriksa ulang jawaban yang diperoleh.
Kelemahan dan Kelebihan metode problem salving:
                             Kelemahan:
1)      Memerlukan alokasi waktu yang panjang
2)      Bagi siswa yang kurang memahami pelajaran tertentu, maka pengajaran dengan metode ini akan sangat membosankan dan menghilangkan semangat belajar.
     Kelebihan:
1)      Membuat pendidikan di sekolah menjadi relevan, hususnya dengan dunia kerja
2)      Dapat berpikir dan bertindak kreatif
3)      Dapat mengembangkan rasa tanggung jawab
4)      Para siswa dapat diajak untuk lebih menghargai orang lain.

b.       Metode Ekspositori
Metode  ekspositori sering disebut dengan metode ceramah, guru menjelaskan dan menyampaikan informasi , pesan atau konsep kepada siswa.  Pada tahun lima puluhan banyak pendidik matematika berpendapat bahwa metode ekspositori (ceramah) itu hanya menyebabkan siswa belajar menghafal yang tidak banyak makna (tanpa banyak mengertih). Karena pengajaran matematika (modern) mengutamakanantara lain kepada pengertian daripada menyelesaikan soal, maka pada tahun enampuluhanmatode itu diganti sebagian oleh metode baru misalnya dengan laboratorium, penemuan, dan permainan.
Metode ceramah adalah suatu cara penyamapain informasi dengan lisan dari seseorang kepada sejumlah pendengaran disuatu ruang. Metode ceramah dalam pembelajar matematika adalah suatu cara penyampaian bahan / materi matematika kepada peserta didik melalui komunikasi lisan oleh pendidik didalam kelas.
                                Langkah-langakh pembelajaran ekspositori:
a.       Tahap Persiapan
·         Sebelum menjelaskan dan menyampaikan pesan atau konsep, guru menuliskan konsep.
·         Guru menuliskan topic
·         Menginformasikan tujuan pembelajaran
·         Serta memotivasi siswa
b.      Penyajian
·         Guru menjelaskan dan menyajikan pesan atau konsep kepada para siswa  secara lisan dan tulisan
·         Penggunaan bahasa
·         Intonasi suara
·         Menggunakan kemampuan guru agar suasana  kelas tetap hidup dan menyenangkan.
c.       Menyimpulkan
Menyimpulkan tahap untuk memahami inti dari materi pelajaran yang telah disajikan . melalui langakah ini  siswa dapat  mengambil inti sari dari proses penyajian.

                                Kelemahan dan Kelebihan  metode ceramah sebagai beriku:
·         Kelemahan
1.       Pelajaran berjalan mebosankan , siswa-siswa menjadi pasif, karena tidak berkesempatan menemukan sendiri konsep yang diajarkan. Siswa hanya aktif membuat catatan saja.
2.       Metode ini hanya mungkindapat dilakukan terhadap siswa yang memiki kemampan mendengar dan menyimak secara baik.
3.       Metode ini sulit mengembangkan kemampuan siswa dalam bersosialisasi , serta kemampuan berpikir keritis.
4.       Pengetahuan yang diperoleh dari hasil ceramah akan cepat terlupakan
·         Kelebihan
1.       Guru dapat menguasai seluruh kelas dengan mudah,  walaupun jumlah murid cukup banyak.
2.       Metode ini bias digunakan jumlah siswa dan ukuran kelas yang besar.
3.       Dengan metode ini guru dapat mengontrol urutan atau keluasan pelajaran dengan demikian ia dapat mengtahui sejauh mana siswa menguasai bahan pelajaran yang telah  diajarkan
4.       Isi silabus dapat diselesaikan dengan lebih mudah.

c.       Metode Penemuan
           Metode penemuan mendorong siswa memahami  sesuatu. Sesuatu tersebut dapat berupa fakta, atau relasi matematika yang masih baru bagi siswa, misalnya pola, sifat-sifat atau rumus tertentu.
Metode penemuan atau pengajaran  penemuan dibagi menjadi dua jenis:
1.       Penemuan murni
        Penemuan murni  yaitu siswalah yang menentukan tujuan dan pengalaman belajar yang diinginkan, guru hanya memberi masalah atau situasi belajar kepada siswa. Siswa mengakaji fakta atau relasi yang terdapat pada masalah itu dan menarik kesimpulan dari apa yang siswa temukan.
2.       Penemuan Terbimbing
       Pada pengajaran dalam penemuan ini guru mengarahkan tentang materi pelajaran , bentuk materi bimbingan dapat berupa petunjuk, arahan, pertanyaan atau dialog, sehingga siswa dapat menyimpulkan sesuai dengan rancangan guru.

Langkah-langkah metode penemuan:

1.       Tahap pertama adalah diskusi
2.       Tahap kedua proses
3.       Tahap ketiga yaitu pemecahan masalah

Kelemahan dan Kelebihan:
·         Kelemahan
1.       Waktu yang tersitah lebih lama
2.       Tidak semua siswa dapat mengikuti  pelajaran dengan cara ini
3.       Tidak semua topic dapat disampaikan dengan metode ini.
·         Kelebihan
1.       Siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pelajaran yang disajikan
2.       Menumbuhkan sekaligus menanamkan sikap ingury (mencari temukan)
3.       Memberikan wahana interaksi antara siswa, maupun siswa dengan guru, dengan demikian siswa juga terlatih untuk meggunakan yang baik dan benar.

d.      Metode demonstrasi
Metode demonstrasi adalah metode mengajar dimana guru atau orang lain yang sengajah diminta atau murid sendirih yang memperlihatkan kepada seluruh kelas suatu proses, misalnya pemakaian jangkah dll. Metode demonstrasi juga diartikan dengan cara penyajian pelajaran dengan memeragakan sesuatu proses kejadian.
Langkah-langkah:
4.      Memperagakan alat peragah
5.      Mempertunjukan kepada siswa tentang  suatu proses.
6.      Mempersiapkan alat peragah yang akan digunakan
Kelemahan dan kelebihan:
·         Kelemahan
o   Metode ini sulit dilakukan apabila anak belum matang untuk melakukan eksprimen.
o   Fasilitas seperti peralatan, tempat, dan biaya yang memadai tidak selalu tersedia dengan baik.
o   Demonstrasi memerlukan kesiapan dan perencanaan yang matang  sehingga memerlukan waktu yang banyak.
·         Kelebihan
o   Proses pembelajaran akan lebih menarik
o   Siswa diharapkan lebih mudah memahami apa yang dipelajari
o   Memberi pengalaman praktis yang dapat membentuk prasaan dan kemauan anak.
o   Dengan metode ini masalah-masalah yang timbul dalam siswa dapat terjawab , siswa dirancang untuk aktif mengamati, menyesuaikan teori dengan kenyataan dan mencoba melakukanya sendiri.



BAB III

PENUTUP



    Metode Pembelajaran adalah teknik pengajian yang telah dikuasai guru untuk mengajar dan menyajikan bahan pengajar kepada siswa didalam kelas, baik secara individual atau secra kelompok, agar pelajaran itu dapat diserap, dipahami, dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik.

Adapun jenis jenis metode pembelajaran yaitu:
            a). Metode problem salving
            b) Metode ekspositori
            c) Metode penemuan
            d) Metode demonstrasi
 Langkah-langkah metode problem salving:
1.Memahami masalah
2.Membuat rencana untuk menyelesaikan masalah
3.Melaksanakan rencana yang dibuat pada rencana kedua
                 4.Memeriksa ulang jawaban yang diperoleh
 Langkah-langakh pembelajaran ekspositori:
Tahap Persiapan
·         Sebelum menjelaskan dan menyampaikan pesan atau konsep, guru menuliskan konsep.
·         Guru menuliskan topic
·         Menginformasikan tujuan pembelajaran
·         Serta memotivasi siswa




      DAFTAR PUSTAKA

Tim dosen Matematika.2016.”pendidikan matematika di kelas rendah”.
Medan:Universitas Negeri Medan

http:www.sekolahdasar.net/2011/10/cara-cara-pembelajaran-matematika-di.html#ixzz40iefyu4a




.

No comments:

Post a Comment