MAKALAH PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, yang telah memberikan Rahmat, Taufik, Hidayah, serta inayah-Nya kepada kita semua. Mencipatakan manusia dan kehidupan beserta segala aturan-Nya, sehingga penulis kiranya mampu menyelesaikan tugas makalah “PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MI” tentang “SKL, SK DAN KD MATA PELAJARAN AL-QUR’AN MI KELAS (1-3)” ini dalam waktu yang ditentukan.
Sholawat beserta salam tak lupa pula penulis haturkan kepada junjungan alam baginda Nabi besar Muhammad Saw. Karena dengan beliaulah Alhamdulillah penulis sebagai manusia biasa kiranya mampu membedakan mana yang semestinya dilakukan dan mana yang semestinya dihindarkan dalam kehidupan dunia.
Makalah ini jauh dari kesempurnaan, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Maka dari itu penulis mengharapkan masukan atau kritikan yang membangun supaya menjadi lebih baik, Sekian.
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, yang telah memberikan Rahmat, Taufik, Hidayah, serta inayah-Nya kepada kita semua. Mencipatakan manusia dan kehidupan beserta segala aturan-Nya, sehingga penulis kiranya mampu menyelesaikan tugas makalah “PEMBELAJARAN AL-QUR’AN MI” tentang “SKL, SK DAN KD MATA PELAJARAN AL-QUR’AN MI KELAS (1-3)” ini dalam waktu yang ditentukan.
Sholawat beserta salam tak lupa pula penulis haturkan kepada junjungan alam baginda Nabi besar Muhammad Saw. Karena dengan beliaulah Alhamdulillah penulis sebagai manusia biasa kiranya mampu membedakan mana yang semestinya dilakukan dan mana yang semestinya dihindarkan dalam kehidupan dunia.
Makalah ini jauh dari kesempurnaan, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Maka dari itu penulis mengharapkan masukan atau kritikan yang membangun supaya menjadi lebih baik, Sekian.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR...................................................................................
i
DAFTAR ISI...................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang............................................................................................1
B. Rumusan Masalah.......................................................................................2
C. Tujuan.........................................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN KOMPETENSI, SKL, SK DAN KD...............................3
B. ISI SKL, SK DAN KD MATA PELAJARAN AL-QUR’AN MI
C. ANALISIS SK DAN KD MATA PELAJARAN AL-QUR’AN MI........16
BAB III PENUTUP
A. KESIMPULAN........................................................................................19
B. SARAN.....................................................................................................19
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR ISI...................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang............................................................................................1
B. Rumusan Masalah.......................................................................................2
C. Tujuan.........................................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN KOMPETENSI, SKL, SK DAN KD...............................3
B. ISI SKL, SK DAN KD MATA PELAJARAN AL-QUR’AN MI
C. ANALISIS SK DAN KD MATA PELAJARAN AL-QUR’AN MI........16
BAB III PENUTUP
A. KESIMPULAN........................................................................................19
B. SARAN.....................................................................................................19
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan di Indonesia selama ini telah dihadapkan pada sejumlah tantangan baik yang terkait dengan kondisi internal sisitem pendidikan nasional, maupun yang bersumber pada perubahan dalam segala aspek kehidupan, di tingkat lokal, nasional dan pada tatanan global. Kondisi tersebut menuntut adanya sumber daya manusia yang memiliki daya saing yang tinggi. Pendidikan harus mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang memadai. Itulah sebabnya Standar Kompetensi lulusan pada satuan pendidikan perlu ditetapkan.
Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 Tahun 2003 merupakan salah satu wujud komitmen bangsa untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut yang berisi Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiyayaan dan Standar Penilaian Pendidikan (PP No. 19/2005) yang harus ditingkatkan secara berencana dan berkala.
Standar kompetensi lulusan (SKL) merupakan bagian dari Standar Nasional pendidikan yang merupakan kriteria kompetensi lulusan minimal yang berlaku diseluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. SKL yang dijabarkan kedalam standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran digunakan sebagai pedoman penilaian.
Penyusunan SKL satuan pendidikan merupakan agenda prioritas karena menjadi rujukan dalam penyusunan standar-standar pendidikan lainya. Berikut akan kami jabarkan tentang Kompetensi dalam standar kompetensi lulusan (SKL) dan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) Madrasah Ibtidaiyah.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian SKL, SK dan KD Mata Pelajaran Al-Qur’an MI?
2. Analisis SKL, SK dan KD Mata Pelajaran Al-Qur’an MI !
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian SKL, SK dan KD Mata Pelajaran Al-Qur’an MI
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan di Indonesia selama ini telah dihadapkan pada sejumlah tantangan baik yang terkait dengan kondisi internal sisitem pendidikan nasional, maupun yang bersumber pada perubahan dalam segala aspek kehidupan, di tingkat lokal, nasional dan pada tatanan global. Kondisi tersebut menuntut adanya sumber daya manusia yang memiliki daya saing yang tinggi. Pendidikan harus mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang memadai. Itulah sebabnya Standar Kompetensi lulusan pada satuan pendidikan perlu ditetapkan.
Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 Tahun 2003 merupakan salah satu wujud komitmen bangsa untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut yang berisi Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiyayaan dan Standar Penilaian Pendidikan (PP No. 19/2005) yang harus ditingkatkan secara berencana dan berkala.
Standar kompetensi lulusan (SKL) merupakan bagian dari Standar Nasional pendidikan yang merupakan kriteria kompetensi lulusan minimal yang berlaku diseluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. SKL yang dijabarkan kedalam standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran digunakan sebagai pedoman penilaian.
Penyusunan SKL satuan pendidikan merupakan agenda prioritas karena menjadi rujukan dalam penyusunan standar-standar pendidikan lainya. Berikut akan kami jabarkan tentang Kompetensi dalam standar kompetensi lulusan (SKL) dan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) Madrasah Ibtidaiyah.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian SKL, SK dan KD Mata Pelajaran Al-Qur’an MI?
2. Analisis SKL, SK dan KD Mata Pelajaran Al-Qur’an MI !
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian SKL, SK dan KD Mata Pelajaran Al-Qur’an MI
2. Untuk
mengetahui pengertian SKL, SK dan KD Mata pelajaran AL-QUR’an MI kelas 1,2,3
2. Untuk mengetahui Analisis SKL, SK dan KD Mata Pelajaran Al-Qur’an MI
BAB II
PEMBAHASAN
2. Untuk mengetahui Analisis SKL, SK dan KD Mata Pelajaran Al-Qur’an MI
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN KOMPETENSI, SKL, SK dan
KD
1. Pengertian Kompetensi
Kompetensi menurut kamus ilmiah adalah kemampuan peserta didik dalam mengembangkan potensinya. Kompetensi menurut Hall dan Jones (1976) adalah pernyataan yang menggambarkan penampilan suatu kemampuan tertentu secara bulat yang merupakan perpaduan antara pengetahuan dan kemampuan yang dapat diamati dan diukur.
2. Pengertian SKL
Pada penjelasan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional Pasal 35 disebutkan bahwa Standar Kompetensi Lulusan merupakan Kriteria yang mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik yang harus dipenuhinya atau dicapainya dari suatu satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
3. Pengertian SK
Merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat atau semester. Standar kompetensi terdiri atas sejumlah kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dan berlaku secara nasional.
4. Pengertian KD
Merupakan sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusun indikator kompetensi.
B. ISI SKL, SK DAN KD MATA PELAJARAN AL-QUR’AN MI
Standar Kompetensi mata pelajaran Al-Qur'an MI berisi sekumpulan kemampuan yang harus di kuasaipeserta didik selama menempuhmata pelajaran Al-Qur'an di MI. Kemampuan ini berorientasi kepada perilakuefektif dan psikomotorik dengan dukungan pengetahuan kognitifdalam rangka memperkuat keimanan, ketakwaan dan ibadah kepada Allah SWT. Kemampuan-kemampuanyang tercantum dalam Standar Kompetensi ini merupakan penjabaran dari kemampuan-kemampuan yang tercantum dalam Standar Kompetensi ini merupakan penjabaran dari kemampuan dasar umum yang harus dicapai peserta didikdi tingkat MI. Kemampuan-kemampuan tersebut meliputi:
a. Memahami cara melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya.
b. Menyusun kata-kata dengan huruf hijaiyah,baik secara terpisah maupun bersambung.
c. Memahami cara melafalkan dan menghafal surat-surat tertentu dalam juz'amma.
d. Menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid dalam bacaan Al-Qur'an.
1. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
No Materi Kompetensi Yang Diujikan Bentuk Penilaian
1 2 3 4
1 Hafalan surat-surat pendek
a. Surat Al-Fatihah
b. Surat Al-Naas
c. Surat Al-Falaq
d. Surat Al-Ikhlas
e. Surat Al-Lahab
f. Surat Al-Nashr
g. Surat Al-Kafirun
h. Surat Al-Kautsar
i. Surat Al-Ma'un
j. Surat Al-Quraisy
k. Surat Al-Fiil
l. Surat Al-Humazah
m. Surat Al-Ashr
n. Surat At-Takatsur
o. Surat Al-Qari'ah
p. Surat Al-Zalzalah
q. Surat At-Tiin
1. Pengertian Kompetensi
Kompetensi menurut kamus ilmiah adalah kemampuan peserta didik dalam mengembangkan potensinya. Kompetensi menurut Hall dan Jones (1976) adalah pernyataan yang menggambarkan penampilan suatu kemampuan tertentu secara bulat yang merupakan perpaduan antara pengetahuan dan kemampuan yang dapat diamati dan diukur.
2. Pengertian SKL
Pada penjelasan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional Pasal 35 disebutkan bahwa Standar Kompetensi Lulusan merupakan Kriteria yang mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik yang harus dipenuhinya atau dicapainya dari suatu satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
3. Pengertian SK
Merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat atau semester. Standar kompetensi terdiri atas sejumlah kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dan berlaku secara nasional.
4. Pengertian KD
Merupakan sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusun indikator kompetensi.
B. ISI SKL, SK DAN KD MATA PELAJARAN AL-QUR’AN MI
Standar Kompetensi mata pelajaran Al-Qur'an MI berisi sekumpulan kemampuan yang harus di kuasaipeserta didik selama menempuhmata pelajaran Al-Qur'an di MI. Kemampuan ini berorientasi kepada perilakuefektif dan psikomotorik dengan dukungan pengetahuan kognitifdalam rangka memperkuat keimanan, ketakwaan dan ibadah kepada Allah SWT. Kemampuan-kemampuanyang tercantum dalam Standar Kompetensi ini merupakan penjabaran dari kemampuan-kemampuan yang tercantum dalam Standar Kompetensi ini merupakan penjabaran dari kemampuan dasar umum yang harus dicapai peserta didikdi tingkat MI. Kemampuan-kemampuan tersebut meliputi:
a. Memahami cara melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya.
b. Menyusun kata-kata dengan huruf hijaiyah,baik secara terpisah maupun bersambung.
c. Memahami cara melafalkan dan menghafal surat-surat tertentu dalam juz'amma.
d. Menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid dalam bacaan Al-Qur'an.
1. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
No Materi Kompetensi Yang Diujikan Bentuk Penilaian
1 2 3 4
1 Hafalan surat-surat pendek
a. Surat Al-Fatihah
b. Surat Al-Naas
c. Surat Al-Falaq
d. Surat Al-Ikhlas
e. Surat Al-Lahab
f. Surat Al-Nashr
g. Surat Al-Kafirun
h. Surat Al-Kautsar
i. Surat Al-Ma'un
j. Surat Al-Quraisy
k. Surat Al-Fiil
l. Surat Al-Humazah
m. Surat Al-Ashr
n. Surat At-Takatsur
o. Surat Al-Qari'ah
p. Surat Al-Zalzalah
q. Surat At-Tiin
Melafalkan Al-qur'an dengan fasih, Lisan
Tertulis & Unjuk Kerja
2. Terjemahan/kandungan surat
a. Surat Al-Fatihah
b. Surat Al-Ikhlas
c. Surat Al-Lahab
d. Surat Al-Nashr
e. Surat Al-Kafirun
f. Surat Al-Kautsar
g. Surat Al-Ma'un
h. Surat At-Takatsur
i. Surat Al-Qadr
Tertulis & Unjuk Kerja
2. Terjemahan/kandungan surat
a. Surat Al-Fatihah
b. Surat Al-Ikhlas
c. Surat Al-Lahab
d. Surat Al-Nashr
e. Surat Al-Kafirun
f. Surat Al-Kautsar
g. Surat Al-Ma'un
h. Surat At-Takatsur
i. Surat Al-Qadr
Menerjemahkan
Al-Qur'an dengan benar
Memahami pokok kandungan ayat-ayat Al-Qur'an. Lisan
Tertulis & unjuk kerja
3 Tajwid
h. Syiddah Membaca Al-Qur'an dengan Tajwid
Membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar Lisan, Tertulis & Praktek
4 Menulis Huruf Pisah & Sambung Menulis Ayat-ayat Al-Qur'an dengan Benar Tertulis & unjuk kerja
5 Qira'ati 1-6 Melafalkan dan membaca Qur'an Lisan & Unjuk Kerja
2. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
a. SK KD KURIKULUM 2006
1) KELAS I SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Mampu melafalkan dan menghafalkan surat-surat tertentu dalam Juz 'Amma dengan baik 1.1 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat Al-Fatihah
1.2 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat An-Naas
1.3 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat Al-Falaq
1.4 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat Al-Ikhlas
1.5 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat Al-Lahab
1.6 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat An-Nashr
2) KELAS I SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
2. Mampu melafalkan surat-surat tertentu tentang persaudaraan dan mampu menghafal surat-surat dan hadits tentang iman dengan baik. 1.1 Melafalkan dan hafal surat Al-Kafirun
2.2 Melafalkan dan hafal surat Al-Kautsar
2.3 Melafalkan dan hafal surat Al-Ma’un
2.4 Melafalkan dan hafal surat Al-Quraisy
2.5 Melafalkan dan hafal surat Al-Fiil
2.6 Melafalkan dan hafal surat Al-‘Ashr
2.7 Melafalkan dan hafal hadits tentang niat
2.8 Melafalkan dan hafal hadits tentang persaudaraan
3) KELAS II SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Mampu memahami cara melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya dan mampu memahami cara melafalkan surat tertentu dalam Juz ‘Amma serta mampu menghafal surat tersebut dengan baik. 1.1 Memahami huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya.
1.2 Membaca huruf-huruf hijaiyah
1.3 Melafalkan dan hafal surat Al-Qadr
4) KELAS II SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
2. Mampu menyusun kata-kata dengan huruf hijaiyah baik secara terpisah maupun bersambung, memahami cara melafalkan surat tertentu dalam Juz ‘Amma dan hadits tentang kebersihan dan menghafal surat dan hadits tersebut dengan baik. 2.1 Menulis huruf-huruf hijaiyah secara terpisah
2.2 Menulis kata-kata secara terpisah dan bersambung
2.3 Melafalkan dan hafal surat At-Takatsur
2.4 Melafalkan dan hafal hadits tentang kebersihan
5) KELAS III SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Mampu memahami cara melafalkan surat-surat tertentu dalam Jus ‘Amma dan mampu menghafal surat-surat tersebut dengan baik. 1.1 Melafalkan dan hafal surat Al-Qori’ah
1.2 Melafalkan dan hafal surat Al-Zalzalah
1.3 Melafalkan dan hafal surat Al-Humazah
1.4 Melafalkan dan hafal surat At-Tiin
6) KELAS III SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
2. Mampu memahami arti surat dalam Juz ‘Amma, dan memahami tertentu hadits tentang hormat kepada orang tua dan menerapkan hadits tersebut dalam kehidupan sehari-hari. 2.1 Mengartikan surat al-Fatihah
2.2 Membaca dengan menerapkan tanda baca syiddah
2.3 Membaca “Al-Qomariah dan Al-Syamsiyah” secara benar
2.4 Menerjemahkan surat Al-Ikhlas
2.5 Melafalkan dan hafal hadits tentang niat.
b. KURIKULUM 2013
1) KELAS I SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab (111) adalah firman Allah SWT.
1.2 Menghayati keindahan Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab (111)
1.3 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur’an adalah ibadah
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya . 2.1 Terbiasa membaca Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab (111) sehari-hari
2.2 Memiliki perilaku mencintai al-Qur’an dalam kehidupan
2.3 Terbiasa hidup tertib dan menghargai orang lain
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab (111)
3.2 Mengidentifikasi huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya
4. Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di madrasah. 4.1 Melafalkan Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab (111) secara benar dan fasih
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab (111) secara benar
4.3 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya
Memahami pokok kandungan ayat-ayat Al-Qur'an. Lisan
Tertulis & unjuk kerja
3 Tajwid
h. Syiddah Membaca Al-Qur'an dengan Tajwid
Membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar Lisan, Tertulis & Praktek
4 Menulis Huruf Pisah & Sambung Menulis Ayat-ayat Al-Qur'an dengan Benar Tertulis & unjuk kerja
5 Qira'ati 1-6 Melafalkan dan membaca Qur'an Lisan & Unjuk Kerja
2. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
a. SK KD KURIKULUM 2006
1) KELAS I SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Mampu melafalkan dan menghafalkan surat-surat tertentu dalam Juz 'Amma dengan baik 1.1 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat Al-Fatihah
1.2 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat An-Naas
1.3 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat Al-Falaq
1.4 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat Al-Ikhlas
1.5 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat Al-Lahab
1.6 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat An-Nashr
2) KELAS I SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
2. Mampu melafalkan surat-surat tertentu tentang persaudaraan dan mampu menghafal surat-surat dan hadits tentang iman dengan baik. 1.1 Melafalkan dan hafal surat Al-Kafirun
2.2 Melafalkan dan hafal surat Al-Kautsar
2.3 Melafalkan dan hafal surat Al-Ma’un
2.4 Melafalkan dan hafal surat Al-Quraisy
2.5 Melafalkan dan hafal surat Al-Fiil
2.6 Melafalkan dan hafal surat Al-‘Ashr
2.7 Melafalkan dan hafal hadits tentang niat
2.8 Melafalkan dan hafal hadits tentang persaudaraan
3) KELAS II SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Mampu memahami cara melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya dan mampu memahami cara melafalkan surat tertentu dalam Juz ‘Amma serta mampu menghafal surat tersebut dengan baik. 1.1 Memahami huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya.
1.2 Membaca huruf-huruf hijaiyah
1.3 Melafalkan dan hafal surat Al-Qadr
4) KELAS II SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
2. Mampu menyusun kata-kata dengan huruf hijaiyah baik secara terpisah maupun bersambung, memahami cara melafalkan surat tertentu dalam Juz ‘Amma dan hadits tentang kebersihan dan menghafal surat dan hadits tersebut dengan baik. 2.1 Menulis huruf-huruf hijaiyah secara terpisah
2.2 Menulis kata-kata secara terpisah dan bersambung
2.3 Melafalkan dan hafal surat At-Takatsur
2.4 Melafalkan dan hafal hadits tentang kebersihan
5) KELAS III SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Mampu memahami cara melafalkan surat-surat tertentu dalam Jus ‘Amma dan mampu menghafal surat-surat tersebut dengan baik. 1.1 Melafalkan dan hafal surat Al-Qori’ah
1.2 Melafalkan dan hafal surat Al-Zalzalah
1.3 Melafalkan dan hafal surat Al-Humazah
1.4 Melafalkan dan hafal surat At-Tiin
6) KELAS III SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
2. Mampu memahami arti surat dalam Juz ‘Amma, dan memahami tertentu hadits tentang hormat kepada orang tua dan menerapkan hadits tersebut dalam kehidupan sehari-hari. 2.1 Mengartikan surat al-Fatihah
2.2 Membaca dengan menerapkan tanda baca syiddah
2.3 Membaca “Al-Qomariah dan Al-Syamsiyah” secara benar
2.4 Menerjemahkan surat Al-Ikhlas
2.5 Melafalkan dan hafal hadits tentang niat.
b. KURIKULUM 2013
1) KELAS I SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab (111) adalah firman Allah SWT.
1.2 Menghayati keindahan Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab (111)
1.3 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur’an adalah ibadah
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya . 2.1 Terbiasa membaca Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab (111) sehari-hari
2.2 Memiliki perilaku mencintai al-Qur’an dalam kehidupan
2.3 Terbiasa hidup tertib dan menghargai orang lain
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab (111)
3.2 Mengidentifikasi huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya
4. Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di madrasah. 4.1 Melafalkan Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab (111) secara benar dan fasih
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab (111) secara benar
4.3 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya
2) KELAS I
SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. an-Nashr (110) dan al-Quraisy (106) adalah firman Allah SWT.
1.2 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur’an dan Hadis adalah ibadah
1.3 Meyakini bahwa Allah mecintai orang-orang yang menjaga kebersihan
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya . 2.1 Terbiasa membaca Q.S. an-Nashr (110) dan al-Quraisy (106) sehari-hari
2.2 Memiliki perilaku mencintai al-Qur'an Hadis
2.3 Terbiasa berperilaku bersih dalam kehidupan sehari-hari
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S. an-Nashr (110) dan al-Quraisy (106)
3.2 Mengidentifikasi huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya
3.3 Menerjemahkan hadis tentang kebersihan
secara sederhana riwayat Muslim dari Abu Malik al Asy’ari
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ
3.4 Memahami isi kandungan hadis tentang kebersihan secara sederhana riwayat Muslim dari Abu Malik al Asy’ari
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ
4. Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di madrasah. 4.1 Melafalkan Q.S. an-Nashr (110) dan al-Quraisy (106) secara benar dan fasih
4.2 Menghafalkan Q.S. an-Nashr (110) dan al-Quraisy (106) secara benar
4.3 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai mahrajnya
4.4 Menghafalkan hadis tentang kebersihan riwayat Muslim dari Abu Malik al Asy’ari
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ
3) KELAS II SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109) adalah firman Allah SWT.
1.2 Menghayati keindahan Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109)
1.3 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur’an dan Hadis adalah ibadah
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya . 2.1 Terbiasa membaca Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109) sehari-hari
2.2 Memiliki perilaku senang mempelajari al-Qur'an Hadis
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109)
3.2 Mengidentifikasi penulisan huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung
3.3 Memahami bacaan ghunnah
3.4 Menerjemahkan hadis tentang keutamaan belajar al-Quran riwayat Bukhari dari Utsman bin Affan
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
3.5 Memahami isi kandungan hadis tentang keutamaan belajar al-Quran riwayat Bukhari dari Utsman bin Affan
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
4. Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di madrasah. 4.1 Menulis huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dengan benar
4.2 Menulis huruf-huruf hijaiyah secara bersambung dengan benar
4.3 Melafalkan Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109) secara benar dan fasih
4.4 Menghafalkan Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109) secara benar dan fasih
4.5 Menerapkan bacaan ghunnah
4.6 Menghafalkan hadis tentang keutamaan belajar al-Quran riwayat Bukhari dari Utsman bin Affan
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
4) KELAS II SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. al-Mâ‘ûn (107), al-Fîl (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) adalah firman Allah SWT.
1.2 Meyakini bahwa keridaan Allah tergantung pada keridaan kedua orang tua
1.3 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur’an dan Hadis adalah ibadah
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya . 2.1 Terbiasa membaca Q.S. al-Mâ‘ûn (107), al-Fîl (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) sehari-hari
2.2 Terbiasa berperilaku hormat kepada orang tua sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmizi dari Abdullah bin Umar
رِضَا اللَهِ فِيْ رِضَا الْوَالِدَيْنِ….
2.3 Memiliki perilaku mencintai al-Qur’an Hadis
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S. al-Mâ‘ûn (107), al-Fîl (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97)
3.2 Menerjemahkan hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmizi dari Abdullah bin Umar
رِضَا اللَهِ فِيْ رِضَا الْوَالِدَيْنِ….
3.3 Memahami isi kandungan hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmizi dari Abdullah bin Umar
رِضَا اللَهِ فِيْ رِضَا الْوَالِدَيْنِ….
3.4 Memahami bacaan “Al-Qamariyah” dan “Al-Syamsiyah”
4. Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di madrasah. 4.1 Melafalkan Q.S. al-Mâ‘ûn (107), al-Fîl (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) secara benar dan fasih
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Mâ‘ûn (107), al-Fîl (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) secara benar
4.3 Menghafalkan hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmizi dari Abdullah bin Umar
رِضَا اللَهِ فِيْ رِضَا الْوَالِدَيْنِ….
4.4 Menerapkan bacaan “Al-Qamariyah” dan “Al-Syamsiyah”
5) KELAS III SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. al-Humazah (104), at-Takâtsur (102), dan az-Zalzalah (99) adalah firman Allah SWT.
1.2 Meyakini bahwa salat berjamaah lebih utama daripada salat sendirian
1.3 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur’an dan Hadis adalah ibadah
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya .
2.1 Terbiasa membaca Q.S. al-Humazah (104), at-Takâtsur (102), dan az-Zalzalah (99) sehari-hari
2.2 Terbiasa melakukan salat berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim, Tirmizi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar
صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ اَفْضَلُ ….
2.3 Memiliki perilaku mencintai al-Qur’an Hadis
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S. al-Humazah (104), at-Takâtsur (102), dan az-Zalzalah (99)
3.2 Menerjemahkan hadis tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim, Tirmizi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar
صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ اَفْضَلُ ….
3.3 Memahami isi kandungan hadis tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim, Turmuzi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar
صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ اَفْضَلُ ….
3.4 Memahami bacaan Qalqalah
4 Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di madrasah. 4.1 Membaca Q.S. al-Humazah (104), at-Takâtsur (102), dan az-Zalzalah (99) secara benar dan fasih
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Humazah (104), at-Takâtsur (102), dan az-Zalzalah (99)
4.3 Menghafalkan hadis tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim, Tirmizi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar
صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ اَفْضَلُ ….
4.4 Menerapkan bacaan Qalqalah
6) KELAS III SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. al-Qâri‘ah (101) dan at-Tîn (95) adalah firman Allah SWT.
1.2 Meyakini adanya Allah beserta sifat-sifatNya sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Fâtihah (1) dan al-Ikhlâs (112)
1.3 Menghayati isi kandungan Q.S. al-Fâtihah (1) dan al-Ikhlâs (112)
1.4 Menerima ajaran bahwa sesama mukmin adalah bersaudara
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya . 2.1 Terbiasa membaca Q.S. al-Qâri‘ah (101) dan at-Tîn (95) sehari-hari
2.2 Mengamalkan isi kandungan Q.S. al-Fâtihah (1) dan al-Ikhlâs (112) dalam kehidupan sehari-hari
2.3 Terbiasa berperilaku saling menyayangi sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim dari Abu Musa
اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمن كَالْبُنْيَانِ….
2.4 Memiliki perilaku mencintai al-Qur’an Hadis
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S. al-Qâri‘ah (101) dan at-Tîn (95)
3.2 Menerjemahkan Q.S. al-Fâtihah (1) dan al-Ikhlâs (112)
3.3 Memahami isi kandungan Q.S. al-Fâtihah (1) dan al-Ikhlâs (112)
3.4 Menerjemahkan hadis tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim dari Abu Musa
) اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمن كَالْبُنْيَانِ(….
3.5 Memahami isi kandungan hadis tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim dari Abu Musa
اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمن كَالْبُنْيَانِ….
4 Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di madrasah. 4.1 Membaca Q.S. al-Qâri‘ah (101) dan at-Tîn (95) secara benar dan fasih
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Qâri‘ah (101) dan at-Tîn (95)
4.3 Menghafalkan hadis tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim dari Abu Musa
اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمن كَالْبُنْيَانِ….
C. ANALISIS SKL, SK DAN KD MATA PELAJARAN AL-QUR’AN MI
1. Aspek filosofis
Dari penjelasan materi al-quran hadis madrasah Ibtidaiyah diatas maka dapat di analisis dari aspek filosofis adalah manusia merupakan makhluk sosial yang pasti nya membutuhkan orang lain. Bagi anak usia madrasah ibtidaiyah, materi ini adalah materi yang dapat untuk diberikan pada mereka. Kurikulum al-quran hadist MI ini merupakan awal dari kelanjutan dan kesinambungan dengan kurikulum al-quan hadis pada jenjang MTS dan MA, terutama penekanan kepada kemampuan membaca al-quan dan hadis, pemahaman surat-surat pendek dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
2. Aspek Piskologis
Dilihat dari aspek psikologis , penjelasan materi mata pelajaran alquran dan hadis diatas adalah anak pada usia MI ini merupakan jenjang dimana seorang anak mempersiapkan akan menuju ketahap pra remaja. Kecendrungan anak-anak adalah tampil apa adanya ketika di lingkungan orang banyak. Dengan demikian cara berpakaian diarahkan sesuai dengan cara berpakaian sesuai dengan tuntutan agama islam. Lingkungan sekolah dan masyarakat rawan terhadap prilaku menyimpang. Materi ini akan membuat anak tahu lebih banyak dari sisi ke agamaan, tentang mana yang baik dan mana yang buruk sesuai dengan perintah Allah yang tertuang didalam al-quran dan perintah Nabi Muhamad yang tertuang dalam hadits Nabi.
3. Aspek Sosiologis
Dalam penjelasan di atas dampak sosial yang ditimbulkan akan sangat baik ketika siswa memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupan nyata. Karena hakikat nya materi al-quran hadist MI erat kaitannya dengan hubungan manusia dengan manusia. Sebagai contoh, memahami al-quran dan al-hadist sebagai pedoman hidup. Mencintai al-quran dan hadist merupkan al-quran surat-surat pendek pilihan tentang rububiyah dan uluhiyah dalam kehidupan memahami hadist tentang ciri-ciri orang munafik.
4. Aspek Metodologi
Sebagai media refleksi umat islam, harus diakui bahwa dunia pendidikan islam masih diselimuti mendung dan aneka problematika yang belum terurai dari masa kemasa diantara problematika dan indikator stagnasi yang selama ini menghantui pendidikan islam adalah dalam hal penerapan metode dalam peroses pembelajaran berbagai pendapat tentang stagnasi dan tidak efektif metode pembelajaran agam aislam bermunculan.
Diantara pendapat tersebut adalah amin abdulah, pakar keislaman, menyoroti kegiatan pendidikan agama yang selama ini berlangsung di sekolah. Ia mengatakan bahwa pendidikan agama kurang konsen terhadap persoalan bagaimana mengubah pengetahuan agama yang kognitif menjadi makna dan nilai yang perlu di internalisasikan dalam diri siswa lewat berbagai cara, media dan forum.
Pembelajaran lebih menitik beratakan pada aspek korespondensi tekstual yang lebih menekankan hapalan teks keagamaan. Penerapan metode yang tepat dan cepat sangat mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Sebaliknya, kesalan dalam menerapkan metode akan berakibat fatal.
Penerapan metode pembelajran akan selalu di pergunakan dalam setiap proses belajar mengajar selama dunia pendidikan berlangsung.dalam dunia pendidikan, guru tidak bisa lepas dari yang namanya metode dalam mengajar. Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu cara yang digunakan seorang guru dalam melaksanakan tugas mengajar. Peranan metode dalam proses pembelajaran sangat penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. an-Nashr (110) dan al-Quraisy (106) adalah firman Allah SWT.
1.2 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur’an dan Hadis adalah ibadah
1.3 Meyakini bahwa Allah mecintai orang-orang yang menjaga kebersihan
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya . 2.1 Terbiasa membaca Q.S. an-Nashr (110) dan al-Quraisy (106) sehari-hari
2.2 Memiliki perilaku mencintai al-Qur'an Hadis
2.3 Terbiasa berperilaku bersih dalam kehidupan sehari-hari
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S. an-Nashr (110) dan al-Quraisy (106)
3.2 Mengidentifikasi huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya
3.3 Menerjemahkan hadis tentang kebersihan
secara sederhana riwayat Muslim dari Abu Malik al Asy’ari
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ
3.4 Memahami isi kandungan hadis tentang kebersihan secara sederhana riwayat Muslim dari Abu Malik al Asy’ari
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ
4. Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di madrasah. 4.1 Melafalkan Q.S. an-Nashr (110) dan al-Quraisy (106) secara benar dan fasih
4.2 Menghafalkan Q.S. an-Nashr (110) dan al-Quraisy (106) secara benar
4.3 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai mahrajnya
4.4 Menghafalkan hadis tentang kebersihan riwayat Muslim dari Abu Malik al Asy’ari
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ
3) KELAS II SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109) adalah firman Allah SWT.
1.2 Menghayati keindahan Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109)
1.3 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur’an dan Hadis adalah ibadah
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya . 2.1 Terbiasa membaca Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109) sehari-hari
2.2 Memiliki perilaku senang mempelajari al-Qur'an Hadis
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109)
3.2 Mengidentifikasi penulisan huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung
3.3 Memahami bacaan ghunnah
3.4 Menerjemahkan hadis tentang keutamaan belajar al-Quran riwayat Bukhari dari Utsman bin Affan
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
3.5 Memahami isi kandungan hadis tentang keutamaan belajar al-Quran riwayat Bukhari dari Utsman bin Affan
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
4. Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di madrasah. 4.1 Menulis huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dengan benar
4.2 Menulis huruf-huruf hijaiyah secara bersambung dengan benar
4.3 Melafalkan Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109) secara benar dan fasih
4.4 Menghafalkan Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109) secara benar dan fasih
4.5 Menerapkan bacaan ghunnah
4.6 Menghafalkan hadis tentang keutamaan belajar al-Quran riwayat Bukhari dari Utsman bin Affan
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
4) KELAS II SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. al-Mâ‘ûn (107), al-Fîl (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) adalah firman Allah SWT.
1.2 Meyakini bahwa keridaan Allah tergantung pada keridaan kedua orang tua
1.3 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur’an dan Hadis adalah ibadah
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya . 2.1 Terbiasa membaca Q.S. al-Mâ‘ûn (107), al-Fîl (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) sehari-hari
2.2 Terbiasa berperilaku hormat kepada orang tua sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmizi dari Abdullah bin Umar
رِضَا اللَهِ فِيْ رِضَا الْوَالِدَيْنِ….
2.3 Memiliki perilaku mencintai al-Qur’an Hadis
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S. al-Mâ‘ûn (107), al-Fîl (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97)
3.2 Menerjemahkan hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmizi dari Abdullah bin Umar
رِضَا اللَهِ فِيْ رِضَا الْوَالِدَيْنِ….
3.3 Memahami isi kandungan hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmizi dari Abdullah bin Umar
رِضَا اللَهِ فِيْ رِضَا الْوَالِدَيْنِ….
3.4 Memahami bacaan “Al-Qamariyah” dan “Al-Syamsiyah”
4. Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di madrasah. 4.1 Melafalkan Q.S. al-Mâ‘ûn (107), al-Fîl (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) secara benar dan fasih
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Mâ‘ûn (107), al-Fîl (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) secara benar
4.3 Menghafalkan hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmizi dari Abdullah bin Umar
رِضَا اللَهِ فِيْ رِضَا الْوَالِدَيْنِ….
4.4 Menerapkan bacaan “Al-Qamariyah” dan “Al-Syamsiyah”
5) KELAS III SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. al-Humazah (104), at-Takâtsur (102), dan az-Zalzalah (99) adalah firman Allah SWT.
1.2 Meyakini bahwa salat berjamaah lebih utama daripada salat sendirian
1.3 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur’an dan Hadis adalah ibadah
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya .
2.1 Terbiasa membaca Q.S. al-Humazah (104), at-Takâtsur (102), dan az-Zalzalah (99) sehari-hari
2.2 Terbiasa melakukan salat berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim, Tirmizi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar
صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ اَفْضَلُ ….
2.3 Memiliki perilaku mencintai al-Qur’an Hadis
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S. al-Humazah (104), at-Takâtsur (102), dan az-Zalzalah (99)
3.2 Menerjemahkan hadis tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim, Tirmizi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar
صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ اَفْضَلُ ….
3.3 Memahami isi kandungan hadis tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim, Turmuzi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar
صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ اَفْضَلُ ….
3.4 Memahami bacaan Qalqalah
4 Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di madrasah. 4.1 Membaca Q.S. al-Humazah (104), at-Takâtsur (102), dan az-Zalzalah (99) secara benar dan fasih
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Humazah (104), at-Takâtsur (102), dan az-Zalzalah (99)
4.3 Menghafalkan hadis tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim, Tirmizi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar
صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ اَفْضَلُ ….
4.4 Menerapkan bacaan Qalqalah
6) KELAS III SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. al-Qâri‘ah (101) dan at-Tîn (95) adalah firman Allah SWT.
1.2 Meyakini adanya Allah beserta sifat-sifatNya sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Fâtihah (1) dan al-Ikhlâs (112)
1.3 Menghayati isi kandungan Q.S. al-Fâtihah (1) dan al-Ikhlâs (112)
1.4 Menerima ajaran bahwa sesama mukmin adalah bersaudara
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya . 2.1 Terbiasa membaca Q.S. al-Qâri‘ah (101) dan at-Tîn (95) sehari-hari
2.2 Mengamalkan isi kandungan Q.S. al-Fâtihah (1) dan al-Ikhlâs (112) dalam kehidupan sehari-hari
2.3 Terbiasa berperilaku saling menyayangi sebagai implementasi dari pemahaman hadis tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim dari Abu Musa
اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمن كَالْبُنْيَانِ….
2.4 Memiliki perilaku mencintai al-Qur’an Hadis
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S. al-Qâri‘ah (101) dan at-Tîn (95)
3.2 Menerjemahkan Q.S. al-Fâtihah (1) dan al-Ikhlâs (112)
3.3 Memahami isi kandungan Q.S. al-Fâtihah (1) dan al-Ikhlâs (112)
3.4 Menerjemahkan hadis tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim dari Abu Musa
) اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمن كَالْبُنْيَانِ(….
3.5 Memahami isi kandungan hadis tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim dari Abu Musa
اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمن كَالْبُنْيَانِ….
4 Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di madrasah. 4.1 Membaca Q.S. al-Qâri‘ah (101) dan at-Tîn (95) secara benar dan fasih
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Qâri‘ah (101) dan at-Tîn (95)
4.3 Menghafalkan hadis tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim dari Abu Musa
اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمن كَالْبُنْيَانِ….
C. ANALISIS SKL, SK DAN KD MATA PELAJARAN AL-QUR’AN MI
1. Aspek filosofis
Dari penjelasan materi al-quran hadis madrasah Ibtidaiyah diatas maka dapat di analisis dari aspek filosofis adalah manusia merupakan makhluk sosial yang pasti nya membutuhkan orang lain. Bagi anak usia madrasah ibtidaiyah, materi ini adalah materi yang dapat untuk diberikan pada mereka. Kurikulum al-quran hadist MI ini merupakan awal dari kelanjutan dan kesinambungan dengan kurikulum al-quan hadis pada jenjang MTS dan MA, terutama penekanan kepada kemampuan membaca al-quan dan hadis, pemahaman surat-surat pendek dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
2. Aspek Piskologis
Dilihat dari aspek psikologis , penjelasan materi mata pelajaran alquran dan hadis diatas adalah anak pada usia MI ini merupakan jenjang dimana seorang anak mempersiapkan akan menuju ketahap pra remaja. Kecendrungan anak-anak adalah tampil apa adanya ketika di lingkungan orang banyak. Dengan demikian cara berpakaian diarahkan sesuai dengan cara berpakaian sesuai dengan tuntutan agama islam. Lingkungan sekolah dan masyarakat rawan terhadap prilaku menyimpang. Materi ini akan membuat anak tahu lebih banyak dari sisi ke agamaan, tentang mana yang baik dan mana yang buruk sesuai dengan perintah Allah yang tertuang didalam al-quran dan perintah Nabi Muhamad yang tertuang dalam hadits Nabi.
3. Aspek Sosiologis
Dalam penjelasan di atas dampak sosial yang ditimbulkan akan sangat baik ketika siswa memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupan nyata. Karena hakikat nya materi al-quran hadist MI erat kaitannya dengan hubungan manusia dengan manusia. Sebagai contoh, memahami al-quran dan al-hadist sebagai pedoman hidup. Mencintai al-quran dan hadist merupkan al-quran surat-surat pendek pilihan tentang rububiyah dan uluhiyah dalam kehidupan memahami hadist tentang ciri-ciri orang munafik.
4. Aspek Metodologi
Sebagai media refleksi umat islam, harus diakui bahwa dunia pendidikan islam masih diselimuti mendung dan aneka problematika yang belum terurai dari masa kemasa diantara problematika dan indikator stagnasi yang selama ini menghantui pendidikan islam adalah dalam hal penerapan metode dalam peroses pembelajaran berbagai pendapat tentang stagnasi dan tidak efektif metode pembelajaran agam aislam bermunculan.
Diantara pendapat tersebut adalah amin abdulah, pakar keislaman, menyoroti kegiatan pendidikan agama yang selama ini berlangsung di sekolah. Ia mengatakan bahwa pendidikan agama kurang konsen terhadap persoalan bagaimana mengubah pengetahuan agama yang kognitif menjadi makna dan nilai yang perlu di internalisasikan dalam diri siswa lewat berbagai cara, media dan forum.
Pembelajaran lebih menitik beratakan pada aspek korespondensi tekstual yang lebih menekankan hapalan teks keagamaan. Penerapan metode yang tepat dan cepat sangat mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Sebaliknya, kesalan dalam menerapkan metode akan berakibat fatal.
Penerapan metode pembelajran akan selalu di pergunakan dalam setiap proses belajar mengajar selama dunia pendidikan berlangsung.dalam dunia pendidikan, guru tidak bisa lepas dari yang namanya metode dalam mengajar. Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu cara yang digunakan seorang guru dalam melaksanakan tugas mengajar. Peranan metode dalam proses pembelajaran sangat penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pengertian Kompetensi Kompetensi menurut kamus ilmiah adalah kemampuan peserta didik dalam mengembangkan potensinya. Kompetensi menurut Hall dan Jones (1976) adalah pernyataan yang menggambarkan penampilan suatu kemampuan tertentu secara bulat yang merupakan perpaduan antara pengetahuan dan kemampuan yang dapat diamati dan diukur.
Pengertian SKL Pada penjelasan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional Pasal 35 disebutkan bahwa Standar Kompetensi Lulusan merupakan Kriteria yang mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik yang harus dipenuhinya atau dicapainya dari suatu satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Pengertian SK Merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat atau semester. Standar kompetensi terdiri atas sejumlah kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dan berlaku secara nasional.
Pengertian KD Merupakan sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusun indikator kompetensi.
Analisis SKL, SK dan KD yang terdiri dari: Aspek filosofis, Aspek Piskologis, Aspek Sosiologis dan Aspek Metodologi
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pengertian Kompetensi Kompetensi menurut kamus ilmiah adalah kemampuan peserta didik dalam mengembangkan potensinya. Kompetensi menurut Hall dan Jones (1976) adalah pernyataan yang menggambarkan penampilan suatu kemampuan tertentu secara bulat yang merupakan perpaduan antara pengetahuan dan kemampuan yang dapat diamati dan diukur.
Pengertian SKL Pada penjelasan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional Pasal 35 disebutkan bahwa Standar Kompetensi Lulusan merupakan Kriteria yang mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik yang harus dipenuhinya atau dicapainya dari suatu satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Pengertian SK Merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat atau semester. Standar kompetensi terdiri atas sejumlah kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dan berlaku secara nasional.
Pengertian KD Merupakan sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusun indikator kompetensi.
Analisis SKL, SK dan KD yang terdiri dari: Aspek filosofis, Aspek Piskologis, Aspek Sosiologis dan Aspek Metodologi
B. SARAN
Semoga makalah ini bermanfaat bagi kalangan yang membacanya. “Sebaik-baik ilmu adalah ilmu yang diamalkan”.
Semoga makalah ini bermanfaat bagi kalangan yang membacanya. “Sebaik-baik ilmu adalah ilmu yang diamalkan”.
DAFTAR
PUSTAKA
DIREKTORAT JENDERAL P
DIREKTORAT JENDERAL P
ENDIDIKAN
ISLAM DEPARTEMEN AGAMA RI.
STANDAR ISI MADRASAH IBTIDAIYAH.2006
KURIKULUM 2013
http://ruliremi.blogspot.com/2012/03/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
http://garasikeabadian.blogspot.com/2013/03/pengertian-kompetensi-dalam-skl-dan-sk.html
http://amisyahsiti.blogspot.com/
STANDAR ISI MADRASAH IBTIDAIYAH.2006
KURIKULUM 2013
http://ruliremi.blogspot.com/2012/03/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
http://garasikeabadian.blogspot.com/2013/03/pengertian-kompetensi-dalam-skl-dan-sk.html
http://amisyahsiti.blogspot.com/
No comments:
Post a Comment