1

loading...

Monday, October 29, 2018

MAKALAH STRATEGI PEMBELAJARAN IPA



KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan kekuatan dan ketabahan bagi hamba-Nya. Serta memberikan ilmu pengetahuan yang banyak agar kita tidak merasa kesulitan. Salawat serta salam tidak lupa penulis sanjungkan kepada nabi besar Muhammad SAW, yang telah memberikan pencerahan bagi hamba-Nya sampai sekarang.
Makalah yang berjudul Strategi Pembelajaran IPA disusn sebagai sala satu mata kulia pendidikan keterampilan berbahasa kelas rendah dan kelas tinggi. Dalam penyusunan makalah ini penulis banyak mendapatkan masukan dan bantuan serta dorongan dari berbagai pihak, tetapi tidak luput dari kendala yang begitu banyak.
Dalam penyusunan makalah ini penulis banyak mendapatkan masukan dan bantuan serta dorongan dari berbagai pihak, tetapi tidak luput dari kendala yang begitu banyak.
            Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua terutama bagi penulis.

Bengkulu, September 2018

Penyusun







DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL................................................................................................................ i
KATA PENGANTAR............................................................................................................ ii
DAFTAR ISI........................................................................................................................... iii



BAB I

PENDAHULUAN
Sebagai seorang pendidik seharusnya bisa menciptakan tercapainya suatu tujuan pembelaran, sehingga anak didik kita menjadi individu yang aktif, kreatif, efektif dan selalu mempunyai gagasan pemikiran yang kritis terhadap suatu keadaan baik intern maupun ekstren,. Tapi pada kenyataannya  sangat minim sekali para guru yang bisa menciptakan demikian, terkadang guru merasa mengajar akan tetapi siswa tidak merasa belajar. Itu merupakan suatu masalah bagi guru maupun siswa.
Hal tersebut bisa terjadi karena guru kurang mengenal  dalam masalah macam-macam metode pengajaran yang bervariasi sehingga tujuan pembelaran terhambat.  Tapi bagaimanapun kehadiran metode tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan, demi tercapainya tujuan pembelajaran, hendaklah sang guru mencermati masing-masing dari metode tersebut.
1.      Apa yang dimaksud penggunaan metode belajar?
2.      Apa saja syarat penggunaan meetode pembelajaran?
3.      Jelaskan Macam- Macam metode pembelajaran?
4.      Bagaimana fungsi dan manfaat penggunaan media pembelajaran ?
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah :
·         Untuk memahami penggunaan metode belajar
·         Agar dapat mengetahui syarat- syarat penggunaan metode, serta fungsi penggunaan media pembelajaran






BAB II

PEMBAHASAN
A.    Penggunaan Metode Pembelajaran
Metode mengajar adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang digunakan oleh  sang guru atau instruktur.  Pengertian lain teknik penyajian yang dikuasai guru untuk mengajar. Baik secara individual atau kelompok/klasikan, agar pelajaran itu dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh  siswa dengan baik. Makin baik metode mengajar makin efektif pula pencapaian tujuan.
1.      Metode mengajar yang diguanakan harus dapat membangkitkan motif, minat dan gairah siswa
2.      Metode yang digunakan harus dapat menjamin perkembangan kegiatan kepribdian siswa
3.      Kegiatan mengajar yang diguanakan harus dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mewujudkan hasil karya.
4.      Metode mengajar yang digunakan harus dapat dapat merangsang keiginan siswa untuk belajar lebih lanjut, melakukan explorasi dan pembaruan.
5.      Metode mengajar yang diguanakan harus dapat mendidik murid dalam teknik belajar sendiri.
6.      Metode mengajar harus dapat meniadakan penyajian yang bersifat berbalistis dan menggantinya dengan pengalaman atau situasi yang nyata.
7.      Metode mengajar yang digunakan harus dapat menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai dan sikap yang berjalan dalam kehidupan sehari-hari
Metode pengajaran tentunya sangat bermacam-macam dan dan mempunyai langkah-langkah yang berbeda, tapi dalam makalah kami ini hanya sebagian  metode saja yang kami paparkan karena terbatasnya fasilitas bahan yang ada. Diantaranya

1.      Metode Ceramah
Metode ceramah sering kali disebut metode tradisional, karena disitu mempergunakan alat komunikasi lisan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa.
a.       Mudah dan mudah untuk dilakukan
b.      Dapat menyajikan materi pelajaran yang luas
c.       Dapat memberikan pokok- pokok materi yang ditonjolkan\
d.      Guru dapat mengontrol kelas
e.       Organisasi kelas dapat diatur menjadi lebih sederhana
Kelemahan :
a.       Materi yang dikuasai siswa terbatas
b.      Mengakibatkan verbalisme
c.       Membosankan
d.      Sulit Mengetahui apakah siswa trelah memahami materi

2.      Metode Tanya Jawab
Metode Tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetpi dapat pula dari siswa kepada guru.
Metode disajikan kepada siswa guna memecahkan permasalahan yang problematis, sehingga disitu siswa dapat berperan aktif secara menyeluruh. Didalam diskusi hendakalah guru mengelompokkan siswa yang tidak akrab dengan temannya, agar siswa tersebut terbiasa berhungan dengan orang asing.
4.      Metode Pemberian Tugas Belajar
Sering disebut  metode pekerjaan rumah yaitu dimana murid diberi tugas diluar jam pelajaran. Dalam pelaksanaan metode ini anak-anak dapat mengerjakan tugasnya tidak hanya di rumah,tetapi dapat di perpustakaan, di kebun percobaan, dan sebagainya untuk pertangung jawabannya kepada guru.
5.      Metode Eksperimen
Metode eksperimen adalah suatu cara pengelolaan pembelajaran di mana siswa melakukan aktivitas percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajarinya. Jadi metode ini dalam strategi pembelajaran merangsang siswa untuk melakukan suatu aktivitas aktif yang berdasarkan pengalaman yang ia alami.
6.      Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan meragakan atau mempertunjukkkan kepada siswa suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari, yang sering disertai dengan lisan, dengan demonstrasi  proses penerimaan pelajaran akan berkesan secara mendalam, sehingga membemtuk pengertian yang sempurna.
7.      Metode Tutorial/Bimbingan
Metode tutorial adalah suatu proses pengelolaan pembelajaran yang dilakukan melalui proses bimbingan yang diberikan/dilakukan oleh guru kepada siswa baik secara perorangan atau kelompok kecil siswa. Disamping metoda yang lain, dalam pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar, metode ini banyak sekali digunakan, khususnya pada saat siswa sudah terlibat dalam kerja kelompok.
8.      Metode Pembelajaran Efektif
Belajar atau pembelajaran adalah merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan dan kita berikan kepada anak-anak kita. Karena ia merupakan kunci sukses unutk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi. Yang pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, negara, dan agama. Melihat peran yang begitu vital, maka menerapkan metode yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan. Dengan harapan proses belajar mengajar akan berjalan menyenakngkan dan tidak membosankan. Di bawah ini adalah beberapa metode pembelajaran efektif, yang mungkin bisa kita persiapkan.
9.      Metode Debat
Suatu perdebatan dapat menjadi sebuah metode berharga untuk mengembangkan pemikiran dan fefleksi, khusunya jika para peserta didik diharapkan mengambil posisi yang bertentangan dengan pendapatnya. Ini adalah sebuah strategi untuk suatu perdebatan secara aktif melibatkan setiap peserta didik dalam kelas-bukan hanya orang-orang yang terlibat.
10.  Metode Role Playing
Adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa”. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal ini bergantung kepada apa yang diperankan.
11.  Metode Pemecahan Masalah (problem solving)
Metode pemecahan masalah (problem solving) adalah penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan jalan melatih siswa menghadapi berbagai masalah baik itu masalah pribadi atau perorangan maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama-sama.
Penyelesaian masalah merupakan proses dari menerima tantangan dan usaha – usaha untuk menyelesaikannya sampai menemukan penyelesaiannya.

12.  Metode Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Problem Based Instruction (PBI) memusatkan pada masalah kehidupannya yang bermakna bagi siswa, peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog.
Langkah-langkah:
1.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
2.    Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
3.     Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
4.    Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya.
5.    Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.
Kelebihan:
1.    Siswa dilibatkan pada kegiatan belajar sehingga pengetahuannya benar-benar diserapnya dengan baik.
2.    Dilatih untuk dapat bekerjasama dengan siswa lain.
3.    Dapat memperoleh dari berbagai sumber.
Kekurangan:
1.    Untuk siswa yang malas tujuan dari metode tersebut tidak dapat tercapai.
2.    Membutuhkan banyak waktu dan dana.
3.    Tidak semua mata pelajaran dapat diterapkan dengan metode ini
Skrip kooperatif adalah metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari.

Langkah-langkah:
1.    Guru membagi siswa untuk berpasangan.
2.    Guru membagikan wacana / materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
3.    Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
4.    Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara pendengar menyimak / mengoreksi / menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap dan membantu mengingat / menghapal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
5.    Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, serta lakukan seperti di atas.
6.    Kesimpulan guru.
7.    Penutup.

Kelebihan:
·      Melatih pendengaran, ketelitian / kecermatan,
·      Setiap siswa mendapat peran,
·      Melatih mengungkapkan kesalahan orang lain dengan lisan.
Kekurangan:
·      Hanya digunakan untuk mata pelajaran tertentu
·      Hanya dilakukan dua orang (tidak melibatkan seluruh kelas sehingga koreksi hanya sebatas pada dua orang tersebut).
Picture and Picture adalah suatu metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan / diurutkan menjadi urutan logis.
langkah-langkah:
1.    Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai,Menyajikan materi sebagai pengantar,
2.    Guru menunjukkan / memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi,Guru menunjuk / memanggil siswa secara bergantian memasang / mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis,
3.    Guru menanyakan alas an / dasar pemikiran urutan gambar tersebut,
4.    Dari alasan / urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep / materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai,
Kesimpulan / rangkuman.
Kebaikan:
1. Guru lebih mengetahui kemampuan masing-masing siswa,
2
.   Melatih berpikir logis dan sistematis.
Kekurangan:Memakan banyak waktu. Banyak siswa yang pasif.

Numbered Heads Together adalah suatu metode belajar dimana setiap siswa diberi nomor kemudian dibuat suatu kelompok kemudian secara acak guru memanggil nomor dari siswa.
langkah-langkah:
1.         Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor,
2.         Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya,
3.         Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya,
4.         Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka,
5.         Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain,

Kelebihan:
·           Setiap siswa menjadi siap semua,
·           Dapat melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh,
·           Siswa yang pandai dapat mengajari siswa yang kurang pandai.
Kelemahan:
·           Kemungkinan nomor yang dipanggil, dipanggil lagi oleh guru,
·           Tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh guru.
 Paling sulit untuk dilaksanakan dalam pembelajaran kooperatif. Metode ini melibatkan siswa sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi.
Metode ini menuntut para siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam ketrampilan proses kelompok (group process skills). Para guru yang menggunakan metode investigasi kelompok umumnya membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 5 hingga 6 siswa dengan karakteristik yang heterogen. Pembagian kelompok dapat juga didasarkan atas kesenangan berteman atau kesamaan minat terhadap suatu topik tertentu.
para siswa memilih topik yang ingin dipelajari, mengikuti investigasi mendalam terhadap berbagai subtopik yang telah dipilih, kemudian menyiapkan dan menyajikan suatu laporan di depan kelas secara keseluruhan. Adapun deskripsi mengenai langkah-langkah metode investigasi kelompok dapat dikemukakan sebagai berikut:
a. Seleksi Topic
mahasiswa memilih berbagai subtopik dalam suatu wilayah masalah umum yang biasanya digambarkan lebih dahulu oleh guru, Para siswa selanjutnya diorganisasikan menjadi kelompok-kelompok yang berorientasi pada tugas (task oriented groups) yang beranggotakan 2 hingga 6 orang. Komposisi kelompok heterogen baik dalam jenis kelamin, etnik maupun kemampuan akademik.
b. Merencanakan Kerjasama
Para siswa beserta guru merencanakan berbagai prosedur belajar khusus, tugas dan tujuan umum yang konsisten dengan berbagai topik dan subtopik yang telah dipilih dari langkah a) di atas.
c. Suatu Rencana Kemajuan
Parasiswa melaksanakan rencana yang telah dirumuskan pada langkah b). Pembelajaran harus melibatkan berbagai aktivitas dan ketrampilan dengan variasi yang luas dan mendorong para siswa untuk menggunakan berbagai sumber baik yang terdapat di dalam maupun di luar sekolah. Guru secara terus-menerus mengikuti kemajuan tiap kelompok dan memberikan bantuan jika diperlukan.
d. Analisis dan Sintesis
Parasiswa menganalisis dan mensintesis berbagai informasi yang diperoleh pada langkah c) dan merencanakan agar dapat diringkaskan dalam suatu penyajian yang menarik di depan kelas.
e. Penyajian Hasil Akhir
Semua kelompok menyajikan suatu presentasi yang menarik dari berbagai topik yang telah dipelajari agar semua siswa dalam kelas saling terlibat dan mencapai suatu perspektif yang luas mengenai topik tersebut. Presentasi kelompok dikoordinir oleh guru.
f. Evaluasi
Guru beserta siswa melakukan evaluasi mengenai kontribusi tiap kelompok terhadap pekerjaan kelas sebagai suatu keseluruhan. Evaluasi dapat mencakup tiap siswa secara individu atau kelompok, atau keduanya.

Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.  Dalam Proses belajar mengajar di kelas, Media berarti sebagai sarana yang berfungsi menyalurkan pengetahuan dari Gurukepada peserta didik. Kelancaran Aplikasi Model Pembelajaran sedikit banyak ditentukan pula oleh Media Pembelajaran yang digunakan. Beberapa ahli memberikan definisi tentang media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dalam penelitian Kuantitatif maupun Kualitatif juga menjadi ukuran penting dalam proses pembuktian  hipotesa. Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
Sementara itu, Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan, National Education Associaton (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras. Dari ketiga pendapat di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
Brown (1973) mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi terhadap efektivitas pembelajaran. Pada mulanya, media pembelajaran hanya berfungsi sebagai alat bantu guru untuk mengajar yang digunakan adalah alat bantu visual. Sekitar pertengahan abad Ke –20 usaha pemanfaatan visual dilengkapi dengan digunakannya alat audio, sehingga lahirlah alat bantu audio-visual. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), khususnya dalam bidang pendidikan, saat ini penggunaan alat bantu atau media pembelajaran menjadi semakin luas dan interaktif, seperti adanya komputer dan internet.
1.      Fungsi Media Pembelajaran
Istilah media mula-mula dikenal dengan alat peraga, kemudian dikenal dengan istilah audio visual aids (alat bantu pandang/dengar). Selanjutnya disebut instructional materials (materi pembelajaran), dan kini istilah yang lazim digunakan dalam dunia pendidikan nasional adalah instructional media (media pendidikan atau media pembelajaran). Dalam perkembangannya, sekarang muncul istilah e-Learning. Huruf “e” merupakan singkatan dari “elektronik”. Artinya media pembelajaran berupa alat elektronik, meliputi CD Multimedia Interaktif sebagai bahan ajar offline dan Web sebagai bahan ajar online.
Levie & Lents (1982) mengemukakan empat fungsi media pembelajaran, khususnya media visual, yaitu:
1.      Fungsi atensi,
2.      Fungsi afektif,
3.      Fungsi kognitif,
4.      Fungsi kompensatoris.
1.      Fungsi Atensi
Fungsi atensi media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran. Seringkali pada awal pelajaran siswa tidak tertarik dengan materi pelajaran atau mata pelajaran itu merupakan salah satu pelajaran yang tidak disenangi oleh mereka sehingga mereka tidak memperhatikan. Media gambar khususnya gambar yang diproyeksikan melalui overhead projector dapat menenangkan dan mengarahkan perhatian mereka kepada pelajaran yang akan mereka terima. Dengan demikian, kemungkinan untuk memperoleh dan mengingat isi pelajaran semakin besar.
1.      Fungsi Afektif
Media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks yang bergambar. Gambar atau lambang visual dapat menggugah emosi dan sikap siswa, misalnya informasi yang menyangkut masalah social atau ras.
2.      Fungsi Kognitif
Fungsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaiaan tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
3.      Fungsi Kompensatoris
Fungsi kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali. Dengan kata lain, media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan secara verbal.
Media pembelajaran, menurut Kemp & Dayton (1985:28), dapat memenuhi tiga fungsi utama apabila media itu digunakan untuk perorangan, kelompok, atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya, yaitu :
1.      Memotivasi minat atau tindakan,
2.      Menyajikan informasi,
3.      Memberi instruksi.
Untuk memenuhi fungsi motivasi, media pembelajaran dapat direalisasikan dengan teknik drama atau hiburan. Hasil yang diharapkan adalah melahirkan minat dan merangsang para siswa atau pendengar untuk bertindak (turut memikul tanggung jawab, melayani secara sukarela, atau memberikan subangan material). Pencapaian tujuan ini akan memperngaruhi sikap, nilai, dan emosi.
Untuk tujuan informasi, media pembelajaran dapat digunakan dalam rangka penyajian informasi dihadapan sekelompok siswa. Isi dan bentuk penyajian bersifat amat umum, berfungsi sebagai pengantar, ringkasan laporan, atau pengetahuan latar belakang. Penyajian dapat pula berbentuk hiburan, drama, atau teknik motivasi. Ketika mendengar atau menonton bahan informasi, para siswa bersifat pasif. Partisipasi yang diharapkan dari siswa hanya terbatas pada persetujuan atau ketidaksetujuan mereka secara mental, atau terbatas pada perasaan tidak/kurang senang, netral, atau senang.
Media berfungsi untuk tujuan instruksi di mana informasi yang terdapat dalam media itu harus melibatkan siswa baik dalam benak atau mental maupun dalam bentuk aktivitas yang nyata sehingga pembelajaran dapat terjadi. Materi harus dirancang secara lebih sistematis dan psikologis dilihat dari segi prinsip-prinsip belajar agar dapat menyiapkan instruksi yang efektif. Di samping menyenangkan, media pembelajaran harus dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memenuhi kebutuhan perorang siswa.
2.      Manfaat Media Pembelajaran
Secara umum media pendidikan mempunyai kegunaan-kegunaan sebagai berikut:
1.      Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka).
2.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, seperti misalnya:
·      Objek yang terlalu besar, bisa digantikan dengan realita, gambar, film bingkai, film, atau model;
·      Objek yang kecil-dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai, film, atau gambar;
·      Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat, dapat dibantu dengan timelapse atau high-speed photography;
·      Kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film, video, film bingkai, foto maupun secara verbal;
·      Objek yang terlalu kompleks (misalnya mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dan lain-lain, dan
·      Konsep yang terlalu luas (gunung berapi, gempa bumi, iklim, dan lain-lain) dapat di visualkan dalam bentuk film, film bingkai, gambar, dan lain-lain.
  

BAB III

KEISMPULAN
Pengertian Metode pengajaran  ialah penmgetahuan tentang sang guru untuk mengajar, semakin baik metode mengajar semakin efektif pula tercapainya tujuan, syarat-syarat penggunaan metode diantaranya metode pengajaran yang digunakan, membangkitkan semangat, memperkembangkan kepribadian, mewujudkan hasil karya, merangsang keinginan, mandiri didalam belajar, meniadakan sifat verbalistis, membentuk kepribadian siswa.
Macam-macam Metode pengajaran sangatlah banyak tapi dalam makalah ini hanya sebagian saja yang kami paparkan Diantaranya ialah kooperatif yang merupakan metode penekanan pada  kelompok. Metode kooperatif mempunyai banyak tipe yang langkah-langkahnya berbeda seperti jigsaw yang disitu ada kelompok asal dan ahli , kooperatif skrip dimana siswa bergantian memainkan peran dan diskusi. Kemudian metode karya wisata dimana siswa dengan metode ini, diajak keluar kelas untuk memperdalam materi dengan melihat kenyataan sesuai dengan materi, Metode Demonstrasi ialah metode pengajaran dimana siswa memperagakan materi yang sedang dipelajari, Metode Ceramah yang biasa disebut metode tradisional, siswa lebih banyak pasif sedangkan guru serba aktif, Metode Aktif Debat adalah metode untuk mengembangkan pemikiran dan fefleksi, khusunya jika para peserta didik diharapkan mengambil posisi yang bertentangan dengan pendapatnya. Metode pemberian tugasbelajar (resitasi) sering disebut  metode pekerjaan rumah yaitu dimana murid diberi tugas diluar jam pelajaran.  Metode Produktif adalah metode yang menuntut gagasan siswa melalui berbicara dan menulis.
Cara memilih metode yang tepat adalah menyesuaikan dengan kondisi siswa karena metode bersifat strategis atau fleksibel yang terpenting metode tersebut dapat mencapai tujuan pembelajaran. Dan sebelum kita menentukan metode yang dipakai hedaklah diperhatikan efektivitas dari pada metode tersebut.

Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan details dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber – sumber yang lebih banyak yang tentunga dapat di pertanggung jawabkan.
Untuk saran bisa berisi kritik atau saran terhadap penulisan juga bisa untuk menanggapi terhadap kesimpulan dari bahasan makalah yang telah di jelaskan. Untuk bagian terakhir dari makalah adalah daftar pustaka. Pada kesempatan lain akan saya jelaskan tentang daftar pustaka makalah.





Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Walid, Ahmad, 2017. Strategi Pembelajaran IPA. Pustaka Pelajar
Ningrum, Epon. 2013. Pengembangan Strategi Pembelajaran. Putra Setia : Bandung.
Joseph, M.R. 2010. Ethnoscience and Problems of Method in the Social Scientific Study of Religion. Oxfordjournals. 39/3 : 241-249.
National Research Council (NRC). ( 1996). National Science Education Standards. Washington: National Academy Press
Rochmad. 2011. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA. Jurusan Matematika FMIPA UNNES.



 

No comments:

Post a Comment