1

loading...

Tuesday, November 20, 2018

LAPORAN WISATA BAHARI


CONTOH LAPORAN WISATA BAHARI 

 BAB I
PENDAHULUAN        

A.    LATAR BELAKANG
           Dalam kehidupan di dunia ini, kita tidak perlu selalu fokus dan serius terhadap sesuatu ilmu yang dipelajari. Terkadang rasa jenuh dan bosan kita rasakan ketika kita terlalu sering melakukan hal-hal yang monoton. Kemampuan-kemampuan lain seperti sebuah hobi atau pengetahuan menyenangkan lainnya, sebagai selingan untuk penyemangat dan pengembangan potensi keahlian dalam diri kita. Selain itu mahasiswa juga dituntut memiliki nilai lebih agar bisa melakukan apapun dan memaksimalkan peluang yang ada. Untuk itu mahasiswa tidaak perlu hanya dibekali teori tetapi juga harus mendapat pengetahuan tambahan di lapangan agar ilmu yang diperoleh lengkap.
           Setiap orang pasti mempunyai keahlian dibidang mereka masing-masing dan salah satunya adalah membuat keterampilan dan kekreatifan dari kreasi kerajian hasil laut seperti bingkai, tirai, gantungan kunci dari cangkang kerang ,siput, dan masih banyak lagi hasil-hasil laut lainnya yang bisa dibuat kerajianan tangan dan tentunya bisa menghasilkan uang untuk keuntungan pribadi.selain bisa dinikmati sebagai makanan laut, kerang juga punya potensi bagus untuk dijadikan cinderamata. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali hasil laut yang bisa kita manfaatkan dan bisa dijadikan peluang bisnis, apalagi kita sebagai anak Ekonomi harus pandai mengelolah apa yang ada dilingkungan sekitar kita agar menghasilkan peluang bisnis.
           Keterampilan atau kerajinan tangan adalah salah satu cara untuk mengembangkan potensi pribadi diri seseorang agar mampu mengelolah dan menghasilkan suatu barang yang mempunyai nilai guna. Tidak ada hal yang istmewa dari keberadaan cangkang-cangkang kerang yang berserakan di sekitar pantai atau daerah perairan. Sekilas, mereka terlihat hanya sebagai sampah laut , dibiarkan hanyut terseret ombak  atau menyangkut diatas tumpukan pasir. Padahal dengan sedikit kreasi, cangkang-cangkang itu bisa menjadi barang bermanfaat, sebelum berubah menjadi cinderamata ada sederet proses yang dilakukan oleh pengrajin kerang agar mendapatkan hasil yang bagus.

B.     TUJUANN
           Untuk menambah keterampilan dan  kekreatifan mahasiswa dalam membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan hasil laut contohnya cangkang-cangkang kerang yang tadi nya hanya sampah yang terseret ombak dan tak memiliki nilai guna hingga di proses menjadi mempunyai nilai guna, serta mengelolah cangkang kerang tersebut menjadi sebuah cinderamata seperti gantungan kunci.

C.    METODE PELAKSANAAN
a.      Tempat dan Waktu
Kegiatan praktikum mata kuliah manajeman wisata bahari membuat gantungan kunci dimulai pada:
Hari/Tanggal                : Selasa, 20 November 2018-11-20
Jam                                : 08.00 WIBS s.d selesai
Tempat                           : Telaga Dewa  7 (tujuh)

b.      Bahan dan Alat
Bahan:
1.      Berbagai jenis cangkang kerang yang masih bagus
2.      Besi gantungan
Alat:
1.      Pisau kecil/paku besi yang panjang untuk memberi lobang tempat menaruh gantungan.

c.       Cara kerja
1.      Yang pertama cucilah cangkang-cangkang kerang yang diambil dari pantai tersebut dengan menggunakan air bersih, setelah bersih keringkan cangkang kerang tersebut hingga benar-benar kering.
2.      Kemudian gunakan pisau kecil/paku besi yang panjang serta tajam untuk memberi lobang pada kerang tersebut, berilah lobang pada cangkang kerang tersebut sesuai yang diinginkan agar bisa memasang gantungannya.
3.      Selanjutnya jika sudah diberi lobang pada cangkang-cangkang kerang tersebut mulailah untuk memasang gantungan pada cangkang kerang tersebut.
4.      Yang terakhir gantungan kunci dari cangkang kerang sudah siap.

D.    JUMLAH PARTISIPAN
Yang berpartisipasi dalam kegiatan ini ada 4 orang

E.     KEPANITIAAN
Pelindung                             : Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Penasehat                             : Wakil Dekan III
Penanggung Jawab                  : Ratih khairina, S. E. M. M.
Ketua Panitia                           : Ransen Kastra
Pelaksana                                 : Kelompok 1 B EKSYA
Anggota                               : 
1.      Ransen Kastra
2.      Wulandari
3.      Arhadian Roliansyah
4.      Anggi Jamicho

BAB II
PEMBAHASAN

F.     HASIL DAN PEMBAHASAN
a.      Hasil (foto)
Gambar 1.1 proses persiapan gantungan dan cangkang kerang.
Gambar 1.2 proses membuat lobang pada cangkang kerang untuk memasang gantungannya.
Gambar 1.3 proses pemasangan gantungan besi pada cangkang kerang.
Gambar 1.4 Alhasil gantungan kunci dari cangkang kerang pun sudah jadi dan siap di pasarkan.
Gambar 1.5 gantungan kunci dari cangkang kerang siap di pakai dan di gunakan.
b.      Pembahasan
            Kerajinan tangan yang telah dibuat tersebut merupakan kerajinan tangan yang sederhana dan mencoba menggunakan prinsip yang natural supaya memberi kesan yang alami. Hampir semua cangkang-cangkang kerang yang masih bagus di gunakan karena warna dan coraknya yang unik dari setiap kerang memiliki corak khasnya masing-masing. Cangkang kerang dengan berbagai ukuran sengaja dikumpulkan semua karena cangkang-cangkang tersebut selain bisa di buat gantungan kunci juga bisa di buat cindera mata lainnya, seperti tirai kerang, bingkai foto, gelang serta kalung dan masih banyak yang lainnya.
            Dapat kita lihat bahwa cangkang-cangkang kerang yang ada di sekitar pesisir pantai seperti tidak ada nilai gunanya padahal jikakita dapat mengelolah dengan baik bisa menjadi peluang bisnis dan juga bisa meraup keuntungan yang banyak. Selain itu cangkang kerang yang hanya berserakan seperti sampah ada manfaatnya juga jika kita jadikan kerajinan tangan karena bisa membersihkan tempat tersebut agar terbebas dari sampaha yang dibawah ombak. Jika dilihat dari nilai estitikanya kerajinan MN Bseperti ini wajib dibudidayakan karena ciri khas untuk pusat oleh-oleh bagi penduduk yang ada sekitar pantai hal tersebut biasanya di minati para turis yang datang ke daerah pantai-pantai selain itu juga pengrajin juga bisa meraup keuntungan yang cukup strategis’
BAB III
PENUTUP
G.    KESIMPULAN
Berdasarkan hasil kegiatan dan pembahasan di atas, maka dapat di simpulkan bahwa:
           Kerajinan tangan yang memanfaatkan hasil laut ini bisa membuka peluang bisnis yang menguntungkan bagi individu maupun kelompok dengan menggali pontensi serta kemampuan pada diri sendiri. Kerajinan tangan dengan bahan cangkang kerang ini bisa dikreasikan menjadi barang-barang yang unik dan berkualitas bisa juga dengan harga yang tinggi. Untuk membuat kerajinan tangan berupa cinderamata atau gantungan kunci dengan memanfaatkan hasil laut/ sampah laut seperti cangkang-cangkang kerang/ siput itu cukup mudah dilakukan oleh mahasiswa. Dengan kreatifitas yang tinggi setiap mahasiswa dapat membuat kerajinan tangan yang berbeda-beda sesuai dengan selera masing-masing.













No comments:

Post a Comment