1

loading...

Thursday, November 1, 2018

MAKALAH ADMINISTRASI KURIKULUM

MAKALAH ADMINISTRASI KURIKULUM

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan nasional adalah aspek kurikulum. Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran strategis dalam sistem pendidikan.Adanya beberapa program pembaruan dalam bidang pendidikan nasional merupakan salah satu upaya untuk menyiapka masyarakat dan bangsa Indonesia yang mampu mengembangkan kehidupan demokratis yang mantap dalam memasuki era globalisasi dan informasi sekarang ini.Salah satu aspek yang dapat mempengaruhi keberhasilan kurikulum adalah pemberdayaan bidang manajemen atau pengelolaan kurikulum di lembaga pendidikan yang bersangkutan.
B.     Rumusan Masalah
            1. Apa itu Pengertian administrasi kurikulum ?
            2. Apa saja kegiatan-kegiatan administrasi kurikulum ?
C. Tujuan
            1.Mengetahui pengertian administrasi kurikulum.
            2.Mengetahui kegiatan-kegiatan adminstrasi kurikulum.


BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Administrasi Kurikulum
1. Administrasi
Kata “administrasi” berasal dari bahasa Latin yang terdiri atas kata ad dan ministrare.Kata ad mempunyai arti yang sama dengan kata to dalam bahasa Inggris, yang berarti “ke” atau “kepada”. Dan ministrare sama artinya dengan kata to serve atau to conduct yang berarti “melayani”, “membantu”, atau “mengarahkan”.Jadi dapat disimpulkan bahwa administrasi adalah rangkaian kegiatan atau proses yang di lakukan oleh sekelompok orang yang berlangsung dalam suatu bentuk kerja sama di maksudkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah di tetapkan.
2. Kurikulum
Secara etimologis, kurikulum berasal dari bahasa Yunani, yaitu curir yang artinya pelari, dan curare yang berarti tempat berpacu. Jadi istilah kurikulum berasal dari dunia olah raga pada zaman Romawi Kuno di Yunani, yang mengandung pengertian suatu jarak yang harus di tempuh oleh pelari dari garis srart sampai garis finish. Secara Terminologi, para ahli telah banyak mendefinisikan kurikulum diantaranya:
a.       Crow and crow mendefinisikan bahwa kurikulum adalah rancangan pengajaran atau sejumlah mata pelajaran yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan    suatu program untuk memperoleh ijazah.
b.      M.Arifin memandang kurikulum sebagai seluruh bahan pelajaran yang harus disajikan dalam proses kependidikan dalam suatu sistem institusional pendidikan.
Jadi dapat di simpulkan kurikulum adalah sebagai sebuah dokumen perencanaan yang berisi tentang tujuan yang harus dicapai, isi materi dan pengalaman belajar yang harus dilakukan siswa, strategi dan cara yang dapat dikembangkan, evaluasi yang dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang pencapaian tujuan, serta implementasi dari dokumen yang di rancang dalam bentuk nyata. Dengan demikian, pengembangan kurikulum meliputi penyusunan dokumen, implementasi dokumen serta evaluasi dokumen yang telah disusun.
3. Administrasi Kurikulum
Administrasi kurikulum merupakan seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja dan bersungguh-sungguh serta pembinaan secara continue terhadap situasi belajar mengajar secara efektif dan efisien demi membantu tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.Pada tingkat sekolah apapun, yang menjadi tugas utama kepala sekolah ialah menjamin adanya program pengajaran yang baik bagi murid-murid. Karena pada dasarnya pengelolaan atau manajemen pendidikan fokus segala usahanya adalah terletak pada Praktek Belajar mengajar (PBM). Hal ini nampak jelas bahwa pada hakikatnya segala upaya dan kegiatan yang dilaksanakan didalam sekolah atau lembaga pendidikan senantiasa diarahkan pada suksesnya PBM.


B.     Kegiatan-kegiatan Administrasi atau Manajemen Kurikulum
Kegiatan manajemen dititik beratkan pada usaha-usaha pembinaan situasi belajar mengajar di sekolah agar selalu terjamin kelancarannya.Kegiatan manajemen kurikulum yang terpenting disini dapat disebutkan dua hal yaitu:
1.      Kegiatan yang berhubungan dengan tugas guru kegiatan ini meliputi:
a)      Pembagian tugas mengajar
b)      Pembagian tugas/tanggung jawab dalam membina ekstrakulikuler
c)      Koordinasi penyusunan persiapan mengajar
2.      Kegiatan yang berhubungan dengan proses pelaksanaan belajar-mengajar kegiatan ini meliputi:
a)      Penyusunan jadwal pelajaran
b)      Penyusunan program (rencana) berdasar satuan waktu tertentu (catur wulan,
c)      semesteran, tahunan)
d)     Pengisian daftar kemajuan murid
e)      Penyelenggaraan evaluasi hasil belajar
f)       Laporan hasil evaluasi
g)      Kegiatan bimbingan penyuluhan





BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Jika merujuk pada pengertian administrasi secara sederhana sebagai kegiatanmengarahkan, maka istilah administrasi kurikulum menekankan pada upayabagaimana mengarahkan kurikulum sehingga kurikulum dapat dilaksanakan secaratepat dalam berbagai kegiatan pendidikan. Seperti di ketahui, kurikulum mengandung rencana kegiatan yang akan dilakukan selama proses belajar mengajar. Kurikulum seharusnya tidak hanya berfungsi sebagai panduan, tetapi kurikulum juga sebagai instrument dalam meramalkan keadaan masa datang . kegiatan administrasi kurikulum ada dua yaitu ; pertama, kegiatan yang berkaitan dengan tugas guru dan yang kedua, kegiatan yang berkaitan dengan proses pelaksanaan belajar mengajar .Jadi kegiatan dalam administrasi kurikulum adalah berbagai kegiatan yang bertujuan untuk melaksanakan dan mengembangkan kurikulum sehingga kurikulum dapat dijadikan sebagai instrument dalam mencapai tujuan dan sasaran pendidikan.
B.     Saran
Penulis menyadari akan kekurangan makalah ini, oleh sebab itu diharapkan kepada pembaca untuk dapat memberi kritik dan saran yang konstruktif dalam rangka penyempurnaan makalah ini. Akhirnya, kepada Allah jualah penulis menyerahkan diri serta memohon taufik dan hidayah-Nya. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.


No comments:

Post a Comment