RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah :Mts
1 seluma
Mata pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas : VII/1
Alokasi waktu :
2x45 menit (1x pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
1.
perilaku
terpuji
B.
Kompetensi Dasar
1.
Menjelaskan
perilaku terpuji
2.
Membiasakan
hidup dengan perilaku terpuji
3.
Menunjukan
perilaku terpuji di lingkungan sekitar
C.
Indikator
1.
Siswa
dapat menjelaskan perilaku terpuji
2.
Siswa
mampu membiasakan hidup dengan perilaku terpuji
3.
Siwa
mampu berperilaku terpuji di linkungan sekitar
D.
Tujuan pembbelajaran
1.
Siswa
dapat menjelaskan perilaku terpuji
2.
Siswa
dapat membiasakan hidup dengan perilaku terpuji
3.
Siswa
dapat menunjukan perilaku terpuji di lingkunagan sekitar
E.
Materi pembelajaran
1.
Amanah
2.
Adil
3.
Jujur
F.
Metode pembelajaran
1.
Pendekatan:
Saintifik
2.
Strategi:teknik
bola salju
3.
Metode:Ceramah,diskusi
dan penugasan.
G.
Kegiatan pembelajaran
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan
salam
·
Menanyakan
kepada siswa kesiapan belajar
·
Menanyakan
kehadiran siswa/absen
·
Membuka
pembelajaran dengaan sama-sama menguncapkan basmalah
|
15 menit
|
Inti
|
·
Guru Menjelaskan materi yang akan
disampaikan
·
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan memberi masing-masing siswa nomor
yang berbeda
·
Guru
menyuruh siswa berdiskusi
·
Guru
mempersilahkan masing-masing siswa membuat pertanyan di kertas kecil, sesui
materi pelajaran
·
Guru
menyuruh siswa menggulung pertanyaan yang telah di buat dan melemparkan
kepada teman agar pertanyaan tertukar.
·
Guru
memanggil nomor siswa secara acak dan menyuruh siswa menjawab pertanyan yeng
sudah di pegang masing-masing siswa
·
Guru
menyimpulkan pembelajaran
·
Guru
memberikan latihan soal kepada siswa,
·
Guru
menyuruh siswan menukarkan soal yang sudah di jawab untuk di koreksi
sama-sama
|
55 menit
|
Penutup
|
Guru
memberikan tugas (PR) kepada siswa
Guru
menutup pelajaran dengan menguncapkan lapas hamdalah,dan menguncapkan salam
|
10 menit
|
LEMBAR PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN MENYEBUTKAN PENGERTIAN AMANAH,ADIL,JUJUR, JENIS-JENIS,
CONTOH, HIKMAH DAN KIAT-KIAT DALAM MENINGKATKAN PERILAKU TERPUJI.
Tanggal : 26 April 2016
No
|
Nama siswa
|
ASPEK YANG
DIAMATI
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Benar
|
Urut
|
Partisipasi
|
Semangat
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
H.
Sumber dan Alat belajar
1.
Buku
pedoman mata pelajaran
2.
Papan
tulis,sepidol,dan penghapus
3.
Lembar
soal
I.
Penilaian
A.
Tes
1.
Soal
pilihan ganda
B.
Non tes
1.
Kehadiran
2.
Kedisiplinan
3.
Keaktifan
Mengetahui
Kepala Madrasah
|
Bengkulu, mei
2016
Guru Mapel Aqidah Akhlaq
|
No comments:
Post a Comment