1

loading...

Wednesday, December 12, 2018

MAKALAH MANAJEMEN STRATEGI USAHA FOTO COPY


MAKALAH MANAJEMEN STRATEGI
 USAHA FOTO COPY
A.   LATAR BELAKANG
            Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan para pelaku usaha dan masyarakat untuk lebih cepat beradaptasi pada perkembangan teknologi tersebut. Hadirnya mesin fotocopy merupakan suatu bagian dari perkembangan teknologi tersebut yang sangat dirasakan manfaatnya. Mesin fotocopy ini sangat dibutuhkan bagi semua kalangan. Baik dari pelajar, mahasiswa, pegawai kantor, dan masyarakat pada umumnya.
Mesin fotocopy adalah peralatan kantor yang membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, maupun sumber lain. Mesin fotocopy zaman sekarang menggunakan xerografi, proses kering yang bekerja dengan bantuan listrik maupun panas. Biasanya dalam sebuah pekerjaan, mesin fotocopy sangat dibutuhkan untuk memperbanyak data dan dokumen secara singkat dan mudah. Kita dengan mudah memperbanyak gambar dan tulisan, tinggal tekan tombol, tunggu sejenak, semua pekerjaan penggandaan beres.
Sekarang ini, di kota Bengkulu sudah banyak usaha yang menyediakan jasa fotocopy namun, setelah kami amati di tempat fotocopy lain masih terdapat beberapa kekurangan. Diantaranya para pegawai kurang profesional, hasil fotocopyan kurang memuaskan, jam kerja terbatas, dan fasilitas lain yang ditawarkan kurang lengkap.
Dari permasalahan-permasalahan di atas muncul obsesi dari kami untuk mendirikan usaha jasa foto copy yang lebih memuaskan pelanggan.







B.   PERENCANAAN
Usaha fotocopy rahmat merupakan usaha perseorangan yang di dirikan oleh Bapak rahmat dan keluarga.  Usaha fotocopy Rahmat merupakan usaha dalam bidang fotocopy yang di peruntukkan untuk segala kalangan yang menyediakan, jasa fotocopy, jilid, laminating, dan ATK.
konsep dari usaha jasa fotocopy rahmat adalah layanan prima 14 jam. Jadi, rahmat berusaha memberikan layanan terbaik bagi pelanggan yaitu dengan jam kerja 14jam. Hal ini dimaksudkan agar para konsumen tidak kesulitan mencari tempat fotocopy yang buka 14 jam. Selain itu karyawan kami juga akan melayani dengan cepat, rapi, dan ramah.

C.  Penataan Tempat Usaha
Prospek usaha fotocopy sangat menjanjikan dan pasar akan terus berkembang. Usaha foto copy di operasikan di Jalan raden patah ,kelurahan pagar dewa kecamatan selebar kota Bengkulu .Berdasarkan tempat yang telah ditentukan oleh pemilik, pengelola melakukan penataan usaha yang menjadi prioritas utama atas dasar penyesuaian situasi dan kondisi yang nyata.
         Penyediaan Sarana dan Prasarana :
1.      Penyediaan mesin fotocopy.
2.      Kertas dengan berbagai ukuran dan ketebalan.
3.      Penyediaan tinta mesin fotocopy.
4.      Penyediaan mesin laminating
5.      Penyediaan alat pemotong kertas
6.      Penyediaan etalase.
7.      Penyediaan meja.
8.      Penyediaan alat-alat untuk menjilid berupa:
@ Staples besar
@ Staples kecil
@ Cutter
@ Mistar
@ Lakban
9.      Sarana dan prasarana penunjang lainnya sesuai dengan kebutuhan.
   
STRATEGI PEMASARAN.      
Yang menjadi target market adalah mahasiswa, Pelajar, Pegawai, dan karyawan serta masyarakat pada umumnya 
mereka ingin menciptakan image atau citra perusahaan di benak konsumen sebagai tempat fotocopy yang berkualitas dengan harga yang pas.
Dalam usaha ini, kami memberikan pelayanan yang memuaskan melalui layanan langsung 14 jam, pegawai yang ramah dan cekatan, serta tepat waktu pekerjaan.
Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana mereka mencari keuntungan yang relatif sehingga dapat menjalankan usaha secara continue untuk meningkatkan pangsa pasar.





PENUTUP
5.1.  KESIMPULAN
Dari hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha fotocopy mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha fotocopy pada masa yang akan datang. Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan akan fotocopy semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kepentingan masyarakat dalam meminimalisasi biaya.

5.2.  SARAN
Dalam menjalankan usaha fotocopy, yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga kualitas hasil fotocopy yang baik, menjaga stabilitas stock kertas serta mencari segmen yang tepat. juga menentukan dalam harga pasar, dan yang tak kalah penting adalah menjaga kualitas pelayanan terhadap konsumen.



No comments:

Post a Comment