MAKALAH MANAJEMEN STRATEGI
USAHA
FOTO COPY
A. LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan
para pelaku usaha dan masyarakat untuk lebih cepat beradaptasi pada
perkembangan teknologi tersebut. Hadirnya mesin fotocopy merupakan suatu bagian
dari perkembangan teknologi tersebut yang sangat dirasakan manfaatnya. Mesin
fotocopy ini sangat dibutuhkan bagi semua kalangan. Baik dari pelajar,
mahasiswa, pegawai kantor, dan masyarakat pada umumnya.
Mesin fotocopy adalah
peralatan kantor yang membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, maupun
sumber lain. Mesin fotocopy zaman sekarang menggunakan xerografi, proses kering
yang bekerja dengan bantuan listrik maupun panas. Biasanya dalam sebuah
pekerjaan, mesin fotocopy sangat dibutuhkan untuk memperbanyak data dan dokumen
secara singkat dan mudah. Kita dengan mudah memperbanyak gambar dan tulisan,
tinggal tekan tombol, tunggu sejenak, semua pekerjaan penggandaan beres.
Sekarang ini, di kota
Bengkulu sudah banyak usaha yang menyediakan jasa fotocopy namun, setelah kami
amati di tempat fotocopy lain masih terdapat beberapa kekurangan. Diantaranya
para pegawai kurang profesional, hasil fotocopyan kurang memuaskan, jam kerja
terbatas, dan fasilitas lain yang ditawarkan kurang lengkap.
Dari
permasalahan-permasalahan di atas muncul obsesi dari kami untuk mendirikan
usaha jasa foto copy yang lebih memuaskan pelanggan.
B. PERENCANAAN
Usaha fotocopy rahmat
merupakan usaha perseorangan yang di dirikan oleh Bapak rahmat dan keluarga.
Usaha fotocopy Rahmat merupakan usaha dalam bidang fotocopy yang di peruntukkan
untuk segala kalangan yang menyediakan, jasa fotocopy, jilid, laminating, dan
ATK.
konsep dari usaha jasa
fotocopy rahmat adalah layanan prima 14 jam. Jadi, rahmat berusaha
memberikan layanan terbaik bagi pelanggan yaitu dengan jam kerja 14jam.
Hal ini dimaksudkan agar para konsumen tidak kesulitan mencari tempat fotocopy
yang buka 14 jam. Selain itu karyawan kami juga akan melayani dengan
cepat, rapi, dan ramah.
C. Penataan Tempat Usaha
Prospek
usaha fotocopy sangat menjanjikan dan pasar akan terus berkembang. Usaha foto
copy di operasikan di Jalan raden patah
,kelurahan pagar dewa kecamatan selebar kota Bengkulu .Berdasarkan tempat
yang telah ditentukan oleh pemilik, pengelola melakukan penataan usaha yang
menjadi prioritas utama atas dasar penyesuaian situasi dan kondisi yang nyata.
Penyediaan
Sarana dan Prasarana :
1. Penyediaan mesin fotocopy.
2. Kertas dengan berbagai
ukuran dan ketebalan.
3. Penyediaan tinta mesin
fotocopy.
4. Penyediaan mesin laminating
5. Penyediaan alat pemotong
kertas
6. Penyediaan etalase.
7. Penyediaan meja.
8. Penyediaan alat-alat untuk
menjilid berupa:
@
Staples besar
@
Staples kecil
@
Cutter
@
Mistar
@
Lakban
9. Sarana dan prasarana
penunjang lainnya sesuai dengan kebutuhan.
STRATEGI
PEMASARAN.
Yang menjadi target market
adalah mahasiswa, Pelajar, Pegawai, dan karyawan serta masyarakat pada umumnya
mereka ingin menciptakan
image atau citra perusahaan di benak konsumen sebagai tempat fotocopy yang
berkualitas dengan harga yang pas.
Dalam usaha ini, kami
memberikan pelayanan yang memuaskan melalui layanan langsung 14 jam, pegawai
yang ramah dan cekatan, serta tepat waktu pekerjaan.
Penetapan harga yang akan
dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan
usaha, dimana mereka mencari keuntungan yang relatif sehingga dapat menjalankan
usaha secara continue untuk meningkatkan pangsa pasar.
PENUTUP
5.1. KESIMPULAN
Dari hasil analisis
beberapa faktor, ternyata usaha fotocopy mampu memberikan hasil yang baik dan
dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang besar
dalam usaha fotocopy pada masa yang akan datang. Dewasa ini, kalau kita
cermati, permintaan akan fotocopy semakin meningkat seiring dengan meningkatnya
kepentingan masyarakat dalam meminimalisasi biaya.
5.2. SARAN
Dalam menjalankan usaha
fotocopy, yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga kualitas
hasil fotocopy yang baik, menjaga stabilitas stock kertas serta mencari segmen
yang tepat. juga menentukan dalam harga pasar, dan yang tak kalah penting adalah
menjaga kualitas pelayanan terhadap konsumen.
No comments:
Post a Comment