1

loading...

Thursday, July 11, 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN " Dampak Pencemaran bagi Kehidupan"


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan             : SMP 
Mata Pelajaran                    : IPA
Kelas/semester                     : VII/dua
Materi Pokok                       : Dampak Pencemaran bagi Kehidupan
Alokasi Waktu                     : 2 pertemuan (5 JP)

A.    Kompetensi Inti    
     1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
   3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
   4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. 
1.1.    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.1.1    Menjaga kelestarian lingkungan  (biotik dan abiotik)sebagai  ciptaan Tuhan merupakan wujud pengalaman yang dianut
2.3.    Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan alat dan bahan untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan
2.3.1 menujukan sikap peduli terhadaap kesehatan diri dan lingkungan
4.
3.9.    Mendeskripsikan pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
3.9.1 Mendeskripsikan pengertian pencemaran
3.9.2 Mengidentifikasi jenis-jenis pencemaran
3.9.3 Memberi contoh lingkungan yang tercemar
3.9.4 Menjelaskan dampak pencemaran pada makhluk hidup
5.
4.12.   Menyajikan hasil observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
4.12.1 Melakukan penyelidikan untuk mengetahui pengaruh pencemaran terhadap lingkungan.
4.12.2 Mengomunikasikan hasil  penyelidikan tentang pengaruh pencemaran terhadap lingkungan

C.    Tujuan Pembelajaran  
·         Pertemuan 1
   1)      Disajikan kasus pencemaran, peserta didik dapat menjelaskan dua dampak pencemaran lingkungan.
     2)      Disajikan suatu kasus otentik, peserta didik mampu merumuskan masalah sesuai dengan kasus yang diberikan.
    3)      Diberikan suatu masalah pencemaran, peserta didik dapat merumuskan hipotesis dari permasalahan tersebut.
     4)      Peserta didik dapat menguji hipotesis melalui kegiatan eksperimen.
   5)        Peserta didik dapat menyimpulkan hasil eksperimen sesuai dengan hipotesis yang telah dirumuskan.
    6)      Peserta didik dapat mempresentasikan hasil penyelidikan secara lisan atau tertulis.
   7)      Peserta didik mampu membuat poster yang berisi ajakan dan penghargaan kepada masyarakat dalam upaya mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.
    8)       Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat bekerja sama dalam memecahkan masalah.

D.    Materi Pembelajaran 
·      Pertemuan 1
    1)      Pengertian pencemaran
    2)      Jenis-jenis pencemaran lingkungan
    3)       Ciri-ciri lingkungan tercemar
    4)      Dampak pencemaran bagi manusia dan ekosistem

·      Pertemuan 2
1)        Bahan/zat yang menyebabkan pencemaran
2)        Eksperimen pengaruh pencemaran terhadap makhluk hidup

E.     Metode Pembelajaran
1.      Metode Saintifik
2.      Pembelajaran Berbasis Masalah

F.     Sumber Belajar
1.      Wahono, dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Buku Siswa. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 192-197.
2.      Wasis, dkk. 2008. Contentual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. hal. 290-300.

G.    Media Pembelajaran
1)      Media
a.       Gambar jenis-jenis pencemaran lingkungan
b.       Gambar lingkungan alami dan lingkungan tercemar (disiapkan guru atau oleh peserta didik)

2)      Alat dan bahan
a.       Toples, gelas kimia volume 250 ml 4 buah
b.       Air
c.       Air bersih
d.      Air sabun
e.       Ikan Mas (bisa diganti yang lain) 4 ekor
f.       Sabun (sabun mandi, sabun cuci piring, sabun cuci pakaian)  atau deterjen
g.        Stopwatch
h.      Gelas ukur 250 ml
i.        Termometer
j.         Kertas lakmus, pH Universal

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Waktu
Kegiatan
Pertemuan
Ke-1 (2JP)
Pendahuluan  (10 menit)
1)     Guru menyampaikan salam dan menanyakan kehadiran peserta didik.
Mengamati:
2)   perserta didik memperhatikan gambar tentang limbah diterjen yang dibuang kelingkungannya
3)     Peserta didik memprediksi dampak limbah deterjen tersebut bagi manusia dan makhluk hidup lain.
4)    guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
Kegiatan inti (60 menit)
1)   Peserta didik diingatkan langkah-langkah eksperimen (metode ilmiah) dengan menggunakan bagan atau peta konsep langkah-langkah metode ilmiah.
Mengamati:
2)   Peserta didik mencermati permasalahan otentik yang disajikan guru (berita dari koran, video tentang pencemaran limbah deterjen, dan lain-lain).
Menanya:
3)    Setelah mencermati permasalahan otentik, peserta didik diminta untuk merumuskan pertanyaan sebagai masalah penelitian. Dari masalah tersebut, peserta didik merumuskan hipotesis tentang pengaruh pencemaran air deterjen pada perilaku ikan.
Mengumpulkan data:
4)     Peserta didik bekerja dalam kelompok untuk merancang eksperimen berdasarkan hipotesis yang mereka buat. Guru membimbing kelompok yang mengalami kesulitan.
5) kelompok melakukan  rancagan berdasarkan eksprimen yang telah dibuat bersama guru
6) perserta didik berdiskusi untuk menganalisis hasil eksprimen dengan mengunakan LKS.
Mencipta:
7)   Peserta didik menyiapkan laporan pemecahan masalah berupa pembuatan poster dengan bimbingan guru (tugas poster diselesaikan di rumah).
Penutup (10 menit)
1)  Guru mengingatkan peserta didik untuk menyelesaikan tugas yangdiberikan dan menyampaikan rubrik penilaian tugas poster sehingga peserta didik dapat berusaha untuk memperoleh nilai maksimum.
2)     Peserta didik membersihkan lantai kelas dan membuang sampah pada tempatnya.
Pertemuan 2 (3 JP)
Pendahuluan  (20 menit )
1)   Guru menyampaikan salam dan menanyakan kabar peserta didik.
2)    Guru meminta peserta didik untuk memeriksa kolong meja masing-masing dan mengambil sampah yang ditemukan, dan meletakkannya di tempatnya.
3)   Peserta didik diminta untuk mendeskripsikan eksperimen yang telah mereka lakukan pada pertemuan sebelumnya
4)   Guru menyampaikan tujuan peMbelajaran.
Kegiatan inti (90 menit)
1)     Secara berkelompok, peserta didik menyiapkan poster yang telah dibuat di rumah.
Mengomunikasikan:
2)    Masing-masing kelompok menampilkan poster yang mereka buat sebagai laporan pemecahan masalah yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
3)    Peserta didik mendapat umpan balik dari teman maupun guru dari hasil presentasinya.
4)    Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi kelas.
5)     Guru membimbing peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan dalam pemecahan masalah.
Penutup (10 menit)
1)  Guru memberi penghargaan untuk kelompok dengan penampilan yang terbaik.
2)   Peserta didik memastikan kelas dalam keadaan rapi dan bersih seperti

I. Penilaian
1. Sikap spiritual
     a.       Teknik Penilaian: Penilaian diri
     b.      Bentuk Instrumen: Lembar penilaian diri
     c.        Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
      1.             
Menjaga kelestarian lingkungan (biotik dan abiotik) sebagai ciptaan Tuhan merupakan wujud pengamalan agama yang dianutnya                 
1

2.      Sikap sosial
a.       Teknik Penilaian: Observasi, Penilaian Diri
b.       Bentuk Instrumen: lembar observasi, lembar penilaian diri
c.       Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
      1.             
Peduli pada diri sendiri lingkungan
1
      2.             
Peduli lingkungan
2
      3.             
Mengajak orang lain dalam upaya pelestarian lingkungan
3

3. Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian: tes tertulis
b.      Bentuk Instrumen: soal uraian
c.        Kisi-kisi:
No.
Indikator
Butir Instrumen
      1.             
Mendeskripsikan pencemaran
-          Menuliskan  3 ciri lingkungan tercemar
Soal tes tulis nomor 1
      2.             
Mengidentifikasi jenis-jenis pencemaran
Soal tes tulis nomor 2
      3.             
Memberi contoh kondisi lingkungan yang tercemar
Soal tes tulis nomor 3
      4.             
Menjelaskan dampak pencemaran pada makhluk hidup
Soal tes tulis nomor 4

4.  Keterampilan
a.       Teknik Penilaian: observasi
b.      Bentuk Instrumen: lembar observasi
c.        Kisi-kisi:

No.
Keterampilan
Butir Instrumen
1.
Melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pencemaran terhadap makhluk hidup
1-4
2.
Mengomunikasikan hasil penyelidikan pengaruh pencemaran terhadap makhluk hidup
5-7


                                                                    Mengetahui guru   mata pelajaran


No comments:

Post a Comment