1

loading...

Wednesday, July 10, 2019

RENCANA PELAKSANAAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM " RESPIRASI"


RENCANA PELAKSANAAN PENDIDIKAN 

ILMU PENGETAHUAN ALAM " RESPIRASI" 


RENCANA PELAKSANAAN PENDIDIKAN
( RPP )

SatuanPendidikan     :   SMP 
Mata Pelajaran          :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/ Semester         :   VII/ 2
Topik                          :   Deskripsi Respirasi
Sub Topik                  :   Respirasi
Pokok                           Struktur dan Fungsi Sel
Alokasi Waktu           :   1 X 10 Menit / 1 kali Pertemuan
Pembelajaran             :  1
 
A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humonaria dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
3. 8  Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem respirasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi
3.8.1 Menjelaskan struktur alat-alat pernafasan pada manusia.
3.8.2 Menjelaskan fungsi alat-alat pernafasan pada manusia.
3.8.3 Menjelaskan mekanisme pernapasan pada manusia.
3.8.4 Menjelaskan kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernafasan.
2.
4.8  Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi darah, jantung dan pembuluh darah yang menyebabkan gangguan sistem respirasimanusia melalui berbagai bentuk media presentasi.

4.8.1. Mempresentasikan hasil analisis mengenai penyebab, dan dampak kelainan pada system respirasi

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      siswa mampu Menjelaskan proses respirasi melalui studi literatur dengan benar
2.      siswa mampu menganalisis macam macam gangguan fungsi yang terjadi pada sistem respirasi respirasi manusiamelaluistudi literatur.
3.      siswa mampu Menjelaskan kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernafasan melalui praktikum sistem pernapasan

D.    Materi
1.      Struktur dan fungsi organ penyusun sistem respirasi
2.      Mekanisme Pernapasan Manusia
3.      Volume Udara Dan Kapasitas Udara Pernapasan
4.      Volume dan kapasitas paru-paru
5.      Sistem Pernapasan Pada Burung

    E.     Pendekatan/ Strategi/ Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan         : Scientific
2.      Metode               : Diskusi, Observasi,Pengamatan di laboratorium
3.      Model                 : Discovery learning

    F.     Media, Alat, Dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                                : Komputer, LCD, video
2.      Alat dan Bahan                 : Charta, perlengkapan praktikum respirasi
3.      Sumber Belajar                  :
a.       Buku BIOLOGI SMA Kelas XI,
b.      LKS
c.       Charta
d.      Laboratorium
e.       Lingkungan
    G.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama (1 X 3 JP) (@45 menit)

Kegiatan
Langkah-langkah Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi (Stimulasi)
Prasyarat pengetahuan :
- Pengertian sistem respirasi, organ sistem respirasi
Pemusatan perhatian :
Peserta didik menyebutkan organ – organ penyusun sistem respirasi.
Kemudian guru bertanya bagaimana proses mekanisme respirasi pada manusia.
Motivasi
- Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari sistem respirasi
Pemberian acuan
Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu mengamati charta dan video tentang sistem respirasi.
Siswa dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok terdiri 4-5 orang
2 menit
Kegiatan inti
Identifikasi masalah






Pengumpulan Data





Pengolahan data dan analisis


Verifikasi (pembuktian)

Generalisasi
.Siswa mempelajari petunjuk pada LKS dan mencermati pertanyaan yang di ajukan guru.
1.      Apa saja struktur dan fungsi organ sistem respirasi?
2.      Bagaimanakah mekanisme respirasi pada manusia?


Siswa mengamati dengan seksama video mengenai mekanisme respirasi pada manusia dan mengamati charta organ respirasi. Siswa
mencatat data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS


Mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS

Presentasi hasil pengamatan dan diskusi kelompok

Siswa dan Guru membuat kesimpulan tentang struktur & fungsi organ sistem respirasi dan mekanismenya.
7 menit
Penutup
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada siswa yang berkinerja baik.

Guru memberikan post tes untuk mengevaluasi pemahaman siswa mengenai sistem respirasi
1menit

 Bengkulu, juli 2019



No comments:

Post a Comment