RENCANA PELAKSANAAN PENDIDIKAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM " RESPIRASI"
RENCANA PELAKSANAAN PENDIDIKAN
( RPP )
SatuanPendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/
Semester : VII/ 2
Topik : Deskripsi Respirasi
Sub Topik : Respirasi
Pokok
: Struktur
dan Fungsi Sel
Alokasi
Waktu : 1 X 10 Menit / 1
kali Pertemuan
Pembelajaran
: 1
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humonaria dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya disekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
dasar dan indikator pencapaian kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
3. 8 Menganalisis hubungan antara
struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dan
mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme
peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada
sistem respirasi manusia melalui studi literatur, pengamatan,
percobaan, dan simulasi
|
3.8.1 Menjelaskan
struktur alat-alat pernafasan pada manusia.
3.8.2 Menjelaskan
fungsi alat-alat pernafasan pada manusia.
3.8.3 Menjelaskan
mekanisme pernapasan pada manusia.
3.8.4 Menjelaskan kelainan/penyakit yang
terjadi pada sistem pernafasan.
|
2.
|
4.8 Menyajikan hasil analisis tentang
kelainan pada struktur dan fungsi darah, jantung dan pembuluh darah yang
menyebabkan gangguan sistem respirasimanusia melalui berbagai bentuk
media presentasi.
|
4.8.1. Mempresentasikan hasil analisis mengenai
penyebab, dan dampak kelainan pada system respirasi
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1. siswa mampu
Menjelaskan proses respirasi melalui studi literatur dengan benar
2. siswa mampu menganalisis
macam macam gangguan fungsi yang terjadi pada sistem respirasi respirasi
manusiamelaluistudi literatur.
3. siswa mampu
Menjelaskan kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernafasan melalui
praktikum sistem pernapasan
D.
Materi
1. Struktur dan fungsi organ penyusun sistem respirasi
2. Mekanisme Pernapasan Manusia
3. Volume Udara Dan Kapasitas Udara Pernapasan
4. Volume dan
kapasitas paru-paru
5. Sistem
Pernapasan Pada Burung
E. Pendekatan/ Strategi/ Metode Pembelajaran
1. Pendekatan
: Scientific
2. Metode
: Diskusi, Observasi,Pengamatan di laboratorium
3. Model
: Discovery learning
F. Media, Alat, Dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Komputer, LCD,
video
2. Alat dan
Bahan : Charta,
perlengkapan praktikum respirasi
3. Sumber
Belajar :
a. Buku BIOLOGI
SMA Kelas XI,
b. LKS
c. Charta
d. Laboratorium
e. Lingkungan
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama (1 X 3 JP) (@45 menit)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
situasi (Stimulasi)
|
Prasyarat pengetahuan :
-
Pengertian sistem respirasi, organ sistem respirasi
Pemusatan perhatian :
Peserta
didik menyebutkan organ – organ penyusun sistem respirasi.
Kemudian
guru bertanya bagaimana proses mekanisme respirasi pada manusia.
Motivasi
- Guru
menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari sistem respirasi
Pemberian acuan
Menyampaikan
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu mengamati charta dan
video tentang sistem respirasi.
Siswa
dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing kelompok terdiri 4-5 orang
|
2 menit
|
Kegiatan
inti
|
Identifikasi
masalah
Pengumpulan
Data
Pengolahan
data dan analisis
Verifikasi
(pembuktian)
Generalisasi
|
.Siswa
mempelajari petunjuk pada LKS dan mencermati pertanyaan yang di ajukan guru.
1. Apa saja struktur
dan fungsi organ sistem respirasi?
2. Bagaimanakah
mekanisme respirasi pada manusia?
Siswa
mengamati dengan seksama video mengenai mekanisme respirasi pada manusia dan
mengamati charta organ respirasi. Siswa
mencatat
data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS
Mengolah
dan menganalisis data dari setiap percobaan untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan pada LKS
Presentasi
hasil pengamatan dan diskusi kelompok
Siswa dan
Guru membuat kesimpulan tentang struktur & fungsi organ sistem respirasi
dan mekanismenya.
|
7 menit
|
Penutup
|
Guru
memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang
relevan) kepada siswa yang berkinerja baik.
Guru
memberikan post tes untuk mengevaluasi pemahaman siswa mengenai sistem
respirasi
|
1menit
|
Bengkulu, juli 2019
No comments:
Post a Comment