RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) "AMAL SALEH"
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SatuanPendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : AkidahAkhlak
Kelas / Semester :
XII (dua belas) / Ganjil
MateriPokok : amal saleh
Alokasi Waktu : 1 Pertemuan (1 x 20 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
1. Kompetensi
Inti (KI-1):
Mengahayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Kompetensi
Inti (KI-2):
Mengembangkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, ramah lingkungan,
gotongroyong, kerjasama, cinta damai. Responsip dan pro aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam interaksi
secara efektif dengan lingkungan sosial (keluarga, teman, guru dan tetangganya)
dan alam
3. Kompetensi
Inti (KI-3):
Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
dan humaniora dengan wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban
terkait fenomena kejadian memecahan serta menerapkan pengetahuan producial pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Kompetensi
Inti (KI-4):
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.1 Meyakini amal saleh
|
|
2.1
Mengetahui pengertian amal saleh
|
2.1.1 Mengetahui
pengertian amal saleh
|
3.1
Mengetahui macam-macam bentuk amal saleh
|
3.1.1Mengetahui
macam-macam bentuk amal saleh
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui
tanya jawab, latihan, dan diskusi, peserta didik dapat:
- Meyakini
amal saleh
- Mengetahui
pengertian amal saleh
- Mampu
membaca surat al baqarah ayat 82 dengan tartil
- Mengetahui macam-macam bentuk amal saleh
D.MATERI PEMBELAJARAN
A.
Pengertian
Amal saleh
Amal
saleh adalah melakukan pekerjaan baik yang bermanfaat bagi diri sendiri dan
bagi orang lain berdasarkan syariat Islam serta ikhlas karena Allah Swt semata.
Amal saleh termasuk perintah Allah karena dengan beramal saleh maka akan
tercipta kehidupan yang tentram dan bahagia. Amal saleh adalah perbuatan atau
sikap yang harus di miliki oleh setiap muslim sebab orang yang amal saleh akan
menjadi penghuni surga serta kekal didalamnya.
B.
Macam-macam
bentuk amal saleh
Sebagaimana
firman Allah :
وَالَّذِينَ
آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
Artinya : “Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu
penghuni surga; mereka kekal di dalamnya”. (QS AL-Baqarah : 82)
.
Berikut Amal saleh yang Wajib di miliki oleh setiap orang muslim :
1. Bertakwa
Kepada Allah Swt. Bertakwa adalah menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi
segala larangan-Nya.
Berikut
adalah ciri -ciri dari orang yang bertakwa antara lain :
a. Memulai
sesuatau perbuatan baik dengan Basmalah dan mengahirinya dengan Hamdalah.
b. Berniatlah
dengan ikhlas karena Allah setiap perbuatan baik yang hendak kita lakukan
c. Sabar
dalam menghadapi segala cobaan dari Allah.
d. Istiqomah
di jalan-Nya.
e. Memaafkan
kesalahan orang lain.
f. Memegang
amanah dan Menempati janji.
g. Menjalani
hidup penuh dengan rasa optimis
2. Birrul Walidain (Patuh terhada orang tua)
Adapun
wujud nyata dari berbakti kepada orang tua adalah :
a. Tidak
berkata kasar kepada kedua orang tua.
b. Berlaku
hormat dan santun terhadap orang tua.
c. Tidak
berkata " ah" saat di suruh orang tua.
d. Berlaku
rendah hati dan penuh kasih sayang.
e. Mendo'akan orang tua
3. Berbuat
Baik Kepada diri sendiri dan Sesama Manusia.
Amal shaleh terhadap
diri sendiri dan manusia misalnya :
a. Beribadah
dan beramal shaleh kepada Allah Swt.
b. Tidak
membiarkan diri jatuh kedalam dosa, kebinasaan, kehancuran seperti judi, zina,
mencuri, narkoba, merokok, merampok dan lain-lain.
c. Saling
membantu dan mengurangi penderitaan orang lain karena Allah
d. Menjauhkan
sikap tercela seperti : buruk sangka, iri, dengki, kikir, boros, adu domba
dalam bergaul sesama manusia.
e. Menjauhkan
sikap malas belajar, malas bekerja, pesimis, penakut, tergesa-gesa dan sikap
atau sifat yang jelek
4. Berbuat baik terhadap lingungan.
Adapun wujud dari
berbuat baik kepada lingkungan antara lain :
a. Memanfaatkan
Sumber Daya Alam dengan Sebaik- baiknya.
b. Menjaga
keseimbangan alam sehingga alam tetap lestari.
c. Tidak
melakukan hal- hal yang dapat merusak ekosistem yang ada di alam baik itu untuk
jangka waktu dekat atau jangka waktu yang lama.
E. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan :
Keimanan, Rasional, Fungsional
2.
Metode/ Strategi Pembelajaran : ceramah
dan diskusi kelompok
F.
MEDIA,
ALAT/BAHAN, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Karton
bertuliskan surat albaqarah ayat 82
2.
Spidol
3.
Lembar
soal diskusi kelompok
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahapan Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan Guru dan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
§ Guru mengucapkan salam dan meminta salah satu
peserta didik memimpin doa
§ Guru mengkondisikan kelas
§ Guru mengabsensi peserta didik sambil menanyakan
kabar serta memotivasi anak
§ Guru menanyakan pelajaran yang lalu (Apersepsi)
§ Guru melakukan pretest untuk mengukur pemahaman
siswa
§ Guru
memberikan informasi tentang
tujuan mempelajari surat at-tin
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
§ guru menjelaskan pengertian amal saleh
§ guru membacakan surat albaqarah ayat 82 dengan
tartil
§ Peserta didik mengulangi bacaan surat albaqarah ayat 82 dengan tartil
§ Guru menjelaskan macam macambentuk amal saleh
§ Guru membuat diskusi kelompok,dan membaginya menjadi
4 kelompok
§ Peserta didik mendapat apresiasi dari guru terhadap
usahanya untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
§ Guru memberikan penjelasan tambahan dan
penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi
|
10 menit
|
Penutup
|
§ Guru mengajak peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran.
§ Guru mengadakan tes secara langsung dengan soal yang
sudah disiapkan.
§ Guru dan peserta didik, bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa dilanjutkan dengan salam.
|
5 menit
|
H. PENILAIAN
1. Tekhnik Penilaian :
Tes
2. Bentuk
Instrumen : Tertulis,
dan lisan
3. Instrumen Penilaian :
Sikap dan penguasaan materi ajar
4. Evaluasi
: Soal
Pilihan Ganda
LEMBAR
EVALUASI SISWA
Nama
Peserta Didik :
Kelas :
Mata
Pelajaran :
1. pengertian
amal saleh kecuali ....
a. Perbuatan
yang baik
b. Perbuatan
yang berguna
c.
Perbuatan
yang dibenci allah
d. Perbuatan
yang diperintah allah
2. Orang yang suka beramal saleh maka akan
dijamin masuk...
a. neraka
b. jahannnam
c.
syurga
d. semuanya
benar
a. Sholat
Berjama’ah
b. Bersedekah
c.
Hormat
kepada orang tua
d. Berkelahi
antar sesama teman
4. Berikan
Contoh Amal Sholeh kepada allah...
a. Menolong
teman yang susah
b. Hormat
kepada orang tua
c. Bersedekah
d.
Sholat
Berjama’ah
5. Ayat
yang menjelaskan tentang amal saleh terdapat di surat...
a.
Albaqarah
ayat 82
b.
Al-fatihah
ayat 5
c.
Ar-rahman ayat
10
d.
Al-waqiah ayat
15
LEMBAR
PENILAIAN SISWA
No
|
Nama
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
Petunjuk
penskoran :
Skor
20 jika benar
Skor
0 jika salah
Kkm
60
Keterangan:
T
= Tuntas
TT
= Tidak Tuntas
Kunci
Jawaban:
1.
A.Buah tin
2.
C. Zaitụn demi
(buah) Tin dan (buah) Zaitun,
3.
D. Berkelahi antar sesama teman
4.
D. 8
5.
A Mekah
LEMBAR
PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
PETUNJUK
1. Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti.
2. Berilah
tanda (v) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sahari-hari.
Nama
Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal
Pengamatan :
Materi
Pokok :
No
|
Pernyataan
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya
semakin yakin dengan kebesaraan Allah SWT setelah mempelajari Q.S At-tin
|
v
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas nikmat, rahmat dan karunia yang telah diberikan Allah SWT
|
v
|
|
3
|
Berusaha
untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT
|
v
|
|
4
|
Saya
semakin yakin bahwa hari pembalasan itu ada dan allah maha adil yang terdapat
di Q.S At-tin
|
v
|
Petunjuk
penskoran:
Jawaban
YA diberi skor 25 dan jawaban tidak diberi skor 0
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus
Jumlah
skor +jumlah skor+jumlah skor+jumlah skor =
LEMBAR
PENILAIAN DIRI SIKAP JUJUR
Nama
peserta didik :
Kelas :
Materi
pokok :
Tanggal :
Petunjuk
1. Bacalah
pernyataan yang ada didalam kolom dengan teliti.
2. Berilah
tanda (v)msesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari.
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya
tidak mencontek pada saat mengerjakan ulangan.
|
V
|
|||
2
|
Saya
menyalin karya orang lain dengan menyebutkan nama sumbernya.
|
V
|
|||
3
|
Saya
melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang.
|
V
|
|||
4
|
Saya
berani mengakui kesalahan yang saya lakukan.
|
V
|
|||
5
|
Sayamengerjakan
soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain.
|
V
|
Keterangan
:
· SL
= Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan yang diberikan.
· SR
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan.
· KD
= Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
· TP
= Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan.
PENILAIAN
BERTANYA
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Nilai
|
||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
Dst
|
Aspek
dan rubik penilaian
a.
Frekuensi dalam
bertanya
1)
Jika siswa
bertanya 3 kali atau lebih, skor 4.
2)
Jika siswa
bertanya 2 kali, skor 3.
3)
Jika siswa
bertanya 1 kali, skor 2.
b.
Keterkaitan
pertanyaan dengan materi
1)
Jika pertanyaan
sesuai dengan materi, skor 4.
2)
Jika pertanyaan
kurang sesuai dengan materi, skor 3.
3)
Jika pertanyaan
tidak sesuai dengan materi, skor 2.
c.
Kejelasan/bahasa
yang digunakan saat bertanya
1) Jika
bahasa jelas, lugas, dan mudah dipahami, skor 4.
2) Jika
bahasa kurang jelas, kurang lugas, dan kurang mudah dipahami, skor 3.
3) Jika
bahasa tidak jelas, tidak lugas, dan sulit dipahami, skor 2.
Nilai
: a+b+c
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(.........................................)
|
Bengkulu, 2019
Guru mata
pelajaran Akidah Akhlak
(..........................................)
|
No comments:
Post a Comment