1

loading...

Friday, October 18, 2019

MAKALAH PENGEMBANGAN TES TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI PEMBELAJARAN


MAKALAH  PENGEMBANGAN  TES

TUJUAN  DAN  FUNGSI  EVALUASI PEMBELAJARAN


A.  Fungsi Evaluasi
Berikut ini fungsi-fungsi dari evaluasi sebagai berikut :
1.      Secara psikologis ,peserta didik perlu mengetahui prestasi belajarnya,sehingga ia merasakan kepuasan dan ketennagan. Untuk itu guru/instruktur perlu melakukan penilaian terhadap prestasi belajar peserta didiknya.
2.      Secara sosiologis ,untuk mengetahui apakah peserta didik sudah cukup mampu untuk terjun ke masyarakat .Mampu dalam arti dapat berkomunikasi dan beradaptasi dengan seluruh lapisan masyarakat dengan segala karakteristiknya.
3.      Menurut didaktis-metodis ,evaluasi berfungsi untuk membantu guru/instruktur dalam menempatkan peserta didik pada kelompok tertentu sesuia dengan kemampuan dan kecakpannya masing-masing.
4.      Sebagai alat pengukur ketercapaian tujuan mata pelajaran
Ketika pembelajaran sudah dilaksankan evaluasi ini sebagai pengukur sudah tercapai dengan baik atau belum kah pembelajaran yang sudah kita laksanakan.
5.      Sebagai alat pengukur tujuan proses belajar mengajar
6.      Mengetahui kelemahan siswa dan dapat menyelesaikan kesulitan belajar siswa
Dari Evaluasi ini kita dapat mengetahui misalnya si A lemah dalam pelajaran matematika penyebabnya adalah si anak ini mudah pusing dalam mengerjakan tugas dengan hal-hal yang berkaitan dengan angka,dia juga pemalas dalam belajar jadi cara mengatasinya adalah dengan memberi motivasi serta bimbingan terhadap anak ini .
7.      Menempatkan siswa sesuai dengan bakat dan minatnya serta kemampuan siswa.
Jadi dari evaluasi ini kita dapat mengetahui minat dan bakar peserta didik  , Contohnya misalnya ternyata si A ini pintar bahasa Indonesia  apalagi dalam bidang membaca puisi ,ternyata si B ini walaupun tidak pintar  bahasa Indonesia tapi ternyata dia  pintar dalam bidang matematika ,dia cepat sekali menyelesaikan rumus-rumus ujian yang diberikan dan nilainya sempurna.
8.      Untuk guru BP, dapat mendata permasalahan yang dihadapi siswa dan alternatif bimbingan dan penyuluhannya. Jadi dari evaluasi setelah permasalahan siswa didata maka guru BP akan mencari solusi alternatif untuk menyelesaikan permasalahan-permasalan para siswa tadi.

B.     Fungsi Pelaksaan Evaluasi
Adapun fungsi pelaksanaan evaluasi adalah sebagai berikut:
a)      Evaluasi berfungsi selektif
Dengan cara mengadakan evaluasi guru mempunyai cara untuk magadakan seleksi atau penilaian terhadap siswanya. Evaluasi itu sendiri mempunyai berbagai tujuan, antara lain: Untuk memilih siswa yang dapat diterima di sekolah tertentu. Untuk memilih siswa yang dapat naik kelas atau tingkat berikutnya. Untuk memilih siswa yang seharusnya mendapat beasiswa. Untuk memilih siswa yang sudah berhak meninggalkan sekolah dan sebagainya.
b)      Evaluasi berfungsi diagnostic
Apabila alat yang digunakan dalam panilaian cukup memenuhi persyaratan, maka dengan melihat hasilnya, guru akan mengetahui kelemahan siswa. Disampaing itu, diketahui pula sebab dari kelemahan itu. Jadi dengan mengadakan penilaian, sebenarnya guna mengadakan diagnosis kepada siswa tentang kebaikan dan kelemahannya. Dengan diketahui sebab-sebab kelemahan ini, akan lebih mudah dicari cara untuk mengatasi.
c)      Evaluasi berfungsi penempatan
Sistem baru yang kini banyak dipopulerkan di Negara barat, adalah sistem belajar sendiri. Belajar sendiri dapat dilakukan dengan cara mempelajari sebuah paket belajar, baik itu berbentuk modul maupun paket belajar yang lain.
d)     Evaluasi berfungsi sebagai pengukur keberhasilan
Fungsi keempat dari penilaian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana suatu program berhasil diterapkan. Keberhasilan program ditentukan oleh beberapa faktor yaitu faktor guru, metode mengajar, kurikulum, sarana, dan sistem administrasi
C.       Fungsi Evaluasi  Berdasarkan Jenis Evaluasi
Disamping itu,fungsi evaluasi dapat dilihat berdasarkan jenis evaluasi itu sendiri , yaitu :  
     1.      Formatif ,yaitu memberikan feed back bagi guru/instruktur sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran dan mengadakan program remedial bagi peserta didik yang belum menguasai sepenuhnya materi yang dipelajari.
     2.      Sumatif,yaitu mengetahui tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran,menentukan angka(nilai) sebagai bahan keputusan kanaikan kelas dan laporan perkembangan belajar,serta dapat meningkatkan motivasi belajar.
    3.      Diagnostik,yaitu dapat mengetahui latar belakang peserta didik (psikologis,fisik,dan lingkungan) yang mengalami kesulitan belajar.
    4.      Seleksi dan penempatan ,yaitu hasil evaluasi dapat dijadikan dasar untuk menyeleksi dan menempatkan peserta didik sesuai dengan minat dan kemampuannya.

D.    Tujuan Evaluasi Pembelajaran
Tujuan evaluasi pembelajaran sebagai berikut :
    1.      Untuk melihat dan  mengetahui proses yang terjadi dalam proses pembelajaran . Dalam evaluasi akan diperoleh informasi tentang apa yang telah dicapai dan mana yang belum (Mardapi,2004:19).
    2.      Memberikan informasi bagi kelas dan pendidik untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.  Contohnya ketika kita mengetahui banyak sekali yang belum dicapai maka kita akan meningkatkan kualitas belajar mengajar kita,dan berusaha lebih baik lagi dalam mencapai tujuan tersebut.
      3.      Menentukan angka kemajuan atau hasil belajar pada siswa. Untuk mengetahui kadar pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran. Fungsinya sebagai laporan kepada orangtua siswa, penentuan kenaikan kelas, penentuan kelulusan siswa.
     4.      Untuk melatih keberanian dan mengajak peserta didik untuk mengingat kembali materi yang telah diajarkan dan untuk mengetahui tingkat perubahan prilakunya.
     5.      Mengenal latar belakang siswa yang berguna baik bagi penempatan maupun penentuan sebab-sebab kesulitan belajar para siswa. Berfungsi sebagai masukan bagi tugas Bimbingan dan Penyuluhan (BP).
    6.      Sebagai umpan balik untuk guru yang dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan program remedial untuk siswa.
     7.      Informasi evaluasi dapat digunakan untukmembantu memutuskan kesesuaian dankeberlangsungan dari tujuan pembelajaran, kegunaan materi pembelajaran, dan untuk mengetahuitingkat efisiensi dan efektifitas daristrategi pengajaran (metode dan teknikbelajar-mengajar) yang digunakan.
    8.      Menurut Gronlund (1976: 8), evaluasi dalam pendidikan memiliki tujuan :
a.       Untuk memberikan klarifikasi tentang sifat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan,
b.      Memberikan informasi tentang ketercapaiantujuan jangka pendek yang telah  di  laksanakan,
c.       Memberikan masukan untuk kemajuan pembelajaran,
d.      Memberikan informasi tentang kesulitan dalam pembelajaran dan untuk memilih pengalaman pembelajaran di masa yang akan datang.


KESIMPULAN

Evaluasi sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran ,yang mana memiliki fungsi diantaranya, secara psikologis ,peserta didik perlu mengetahui prestasi belajarnya,sehingga ia merasakan kepuasan dan ketennagan. Untuk itu guru/instruktur perlu melakukan penilaian terhadap prestasi belajar peserta didiknya.Secara sosiologis ,untuk mengetahui apakah peserta didik sudah cukup mampu untuk terjun ke masyarakat. Mampu dalam arti dapat berkomunikasi dan beradaptasi dengan seluruh lapisan masyarakat dengan segala karakteristiknya. Menurut didaktis-metodis ,evaluasi berfungsi untuk membantu guru/instruktur dalam menempatkan peserta didik pada kelompok tertentu sesuia dengan kemampuan dan kecakpannya masing-masing.
Evaluasi memiliki tujuan diantaranya , Sebagai umpan balik untuk guru yang dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan program remedial untuk siswa. Informasi evaluasi dapat digunakan untukmembantu memutuskan kesesuaian dankeberlangsungan dari tujuan pembelajaran, kegunaan materi pembelajaran, dan untuk mengetahuitingkat efisiensi dan efektifitas daristrategi pengajaran (metode dan teknikbelajar-mengajar) yang digunakan


Abdul Jabar; Cepi Safruddin; Arikunto, Suharsimi. 2007. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan.Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Ed.Revisi.Jakarta: PT Bumi Aksara
Komsiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.           

No comments:

Post a Comment