MAKALAH PENGEMBANGAN TES
TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI PEMBELAJARAN
A.
Fungsi Evaluasi
Berikut ini fungsi-fungsi dari
evaluasi sebagai berikut :
1.
Secara psikologis ,peserta didik
perlu mengetahui prestasi belajarnya,sehingga ia merasakan kepuasan dan
ketennagan. Untuk itu guru/instruktur perlu melakukan penilaian terhadap
prestasi belajar peserta didiknya.
2.
Secara sosiologis ,untuk
mengetahui apakah peserta didik sudah cukup mampu untuk terjun ke masyarakat
.Mampu dalam arti dapat berkomunikasi dan beradaptasi dengan seluruh lapisan
masyarakat dengan segala karakteristiknya.
3.
Menurut didaktis-metodis ,evaluasi
berfungsi untuk membantu guru/instruktur dalam menempatkan peserta didik pada
kelompok tertentu sesuia dengan kemampuan dan kecakpannya masing-masing.
4.
Sebagai alat pengukur ketercapaian tujuan mata pelajaran
Ketika pembelajaran sudah
dilaksankan evaluasi ini sebagai pengukur sudah tercapai dengan baik atau belum
kah pembelajaran yang sudah kita laksanakan.
5.
Sebagai alat pengukur tujuan proses belajar mengajar
6.
Mengetahui kelemahan siswa dan dapat menyelesaikan kesulitan
belajar siswa
Dari Evaluasi ini kita dapat
mengetahui misalnya si A lemah dalam pelajaran matematika penyebabnya adalah si
anak ini mudah pusing dalam mengerjakan tugas dengan hal-hal yang berkaitan
dengan angka,dia juga pemalas dalam belajar jadi cara mengatasinya adalah
dengan memberi motivasi serta bimbingan terhadap anak ini .
7.
Menempatkan siswa sesuai dengan bakat dan minatnya serta
kemampuan siswa.
Jadi dari evaluasi ini kita dapat
mengetahui minat dan bakar peserta didik , Contohnya misalnya ternyata si A ini pintar
bahasa Indonesia apalagi dalam bidang
membaca puisi ,ternyata si B ini walaupun tidak pintar bahasa Indonesia tapi ternyata dia pintar dalam bidang matematika ,dia cepat
sekali menyelesaikan rumus-rumus ujian yang diberikan dan nilainya sempurna.
8.
Untuk guru BP, dapat mendata permasalahan yang dihadapi
siswa dan alternatif bimbingan dan penyuluhannya. Jadi dari evaluasi setelah
permasalahan siswa didata maka guru BP akan mencari solusi alternatif untuk
menyelesaikan permasalahan-permasalan para siswa tadi.
B.
Fungsi Pelaksaan Evaluasi
Adapun
fungsi pelaksanaan evaluasi adalah sebagai berikut:
a)
Evaluasi berfungsi selektif
Dengan cara mengadakan evaluasi guru mempunyai cara untuk
magadakan seleksi atau penilaian terhadap siswanya. Evaluasi itu sendiri
mempunyai berbagai tujuan, antara lain: Untuk memilih siswa yang dapat diterima
di sekolah tertentu. Untuk memilih siswa yang dapat naik kelas atau tingkat berikutnya.
Untuk memilih siswa yang seharusnya mendapat beasiswa. Untuk memilih siswa yang
sudah berhak meninggalkan sekolah dan sebagainya.
b)
Evaluasi berfungsi diagnostic
Apabila alat yang digunakan dalam panilaian cukup memenuhi
persyaratan, maka dengan melihat hasilnya, guru akan mengetahui kelemahan
siswa. Disampaing itu, diketahui pula sebab dari kelemahan itu. Jadi dengan
mengadakan penilaian, sebenarnya guna mengadakan diagnosis kepada siswa tentang
kebaikan dan kelemahannya. Dengan diketahui sebab-sebab kelemahan ini, akan
lebih mudah dicari cara untuk mengatasi.
c)
Evaluasi berfungsi penempatan
Sistem baru yang kini banyak
dipopulerkan di Negara barat, adalah sistem belajar sendiri. Belajar sendiri
dapat dilakukan dengan cara mempelajari sebuah paket belajar, baik itu
berbentuk modul maupun paket belajar yang lain.
d)
Evaluasi berfungsi sebagai pengukur keberhasilan
Fungsi keempat dari penilaian ini
dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana suatu program berhasil diterapkan.
Keberhasilan program ditentukan oleh beberapa faktor yaitu faktor guru, metode
mengajar, kurikulum, sarana, dan sistem administrasi
C.
Fungsi Evaluasi Berdasarkan Jenis Evaluasi
Disamping itu,fungsi evaluasi dapat dilihat berdasarkan
jenis evaluasi itu sendiri , yaitu :
1. Formatif ,yaitu memberikan feed back
bagi guru/instruktur sebagai dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran dan
mengadakan program remedial bagi peserta didik yang belum menguasai sepenuhnya
materi yang dipelajari.
2. Sumatif,yaitu mengetahui tingkat
penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran,menentukan angka(nilai)
sebagai bahan keputusan kanaikan kelas dan laporan perkembangan belajar,serta
dapat meningkatkan motivasi belajar.
3. Diagnostik,yaitu dapat mengetahui
latar belakang peserta didik (psikologis,fisik,dan lingkungan) yang mengalami
kesulitan belajar.
4. Seleksi dan penempatan ,yaitu hasil
evaluasi dapat dijadikan dasar untuk menyeleksi dan menempatkan peserta didik
sesuai dengan minat dan kemampuannya.
D.
Tujuan Evaluasi Pembelajaran
Tujuan evaluasi pembelajaran
sebagai berikut :
1.
Untuk melihat dan mengetahui proses yang terjadi dalam proses
pembelajaran . Dalam evaluasi akan diperoleh informasi tentang apa yang telah
dicapai dan mana yang belum (Mardapi,2004:19).
2.
Memberikan informasi bagi kelas
dan pendidik untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Contohnya ketika kita mengetahui banyak
sekali yang belum dicapai maka kita akan meningkatkan kualitas belajar mengajar
kita,dan berusaha lebih baik lagi dalam mencapai tujuan tersebut.
3.
Menentukan angka kemajuan atau hasil belajar pada siswa.
Untuk mengetahui kadar pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran.
Fungsinya sebagai laporan kepada orangtua siswa, penentuan kenaikan kelas,
penentuan kelulusan siswa.
4.
Untuk melatih keberanian dan mengajak peserta didik untuk
mengingat kembali materi yang telah diajarkan dan untuk mengetahui tingkat
perubahan prilakunya.
5.
Mengenal latar belakang siswa yang berguna baik bagi
penempatan maupun penentuan sebab-sebab kesulitan belajar para siswa. Berfungsi
sebagai masukan bagi tugas Bimbingan dan Penyuluhan (BP).
6.
Sebagai umpan balik untuk guru yang dapat digunakan untuk
memperbaiki proses belajar mengajar dan program remedial untuk siswa.
7.
Informasi evaluasi dapat digunakan untukmembantu memutuskan kesesuaian
dankeberlangsungan dari tujuan pembelajaran, kegunaan materi pembelajaran, dan
untuk mengetahuitingkat efisiensi dan efektifitas daristrategi pengajaran
(metode dan teknikbelajar-mengajar) yang digunakan.
8.
Menurut Gronlund (1976: 8), evaluasi dalam pendidikan
memiliki tujuan :
a. Untuk memberikan klarifikasi tentang
sifat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan,
b. Memberikan informasi tentang
ketercapaiantujuan jangka pendek yang telah
di laksanakan,
c. Memberikan masukan untuk kemajuan
pembelajaran,
d. Memberikan informasi tentang
kesulitan dalam pembelajaran dan untuk memilih pengalaman pembelajaran di masa
yang akan datang.
KESIMPULAN
Evaluasi
sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran ,yang mana memiliki fungsi
diantaranya, secara psikologis
,peserta didik perlu mengetahui prestasi belajarnya,sehingga ia merasakan
kepuasan dan ketennagan. Untuk itu guru/instruktur perlu melakukan penilaian
terhadap prestasi belajar peserta didiknya.Secara sosiologis ,untuk mengetahui
apakah peserta didik sudah cukup mampu untuk terjun ke masyarakat. Mampu dalam
arti dapat berkomunikasi dan beradaptasi dengan seluruh lapisan masyarakat
dengan segala karakteristiknya. Menurut didaktis-metodis ,evaluasi berfungsi
untuk membantu guru/instruktur dalam menempatkan peserta didik pada kelompok
tertentu sesuia dengan kemampuan dan kecakpannya masing-masing.
Evaluasi
memiliki tujuan diantaranya ,
Sebagai umpan balik untuk guru yang dapat digunakan untuk memperbaiki proses
belajar mengajar dan program remedial untuk siswa. Informasi evaluasi dapat
digunakan untukmembantu memutuskan kesesuaian dankeberlangsungan dari tujuan
pembelajaran, kegunaan materi pembelajaran, dan untuk mengetahuitingkat
efisiensi dan efektifitas daristrategi pengajaran (metode dan teknikbelajar-mengajar)
yang digunakan
Abdul Jabar; Cepi
Safruddin; Arikunto, Suharsimi. 2007. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi
Pendidikan.Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip,
Teknik, Prosedur.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi.
2010. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan Ed.Revisi.Jakarta: PT Bumi Aksara
Komsiyah,
Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Teras.
No comments:
Post a Comment