1

loading...

Tuesday, October 30, 2018

LAPORAN OBSERVASI PEMBELAJARAN PAI

LAPORAN OBSERVASI PEMBELAJARAN PAI

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Istilah Pendidikan Agama Islam dapat diartikan sebagai upaya membimbing, mengarahkan, dan membina peserta didik yang dilakukan secara sadar dan terencana agar terbina suatu kepribadian yang utama dengan nilai-nilai ajaran Islam. Dalam sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) UU RI NO. 20 TH 2003 BAB II Pasal 3 yang juga menyatakan: “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang martabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, berttujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kapada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif mandiri dan menjai warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Dalam suatu lembaga pendidikan keberhasilan proses belajar mengajar dapat dilihat dari hasil belajar-mengajar yang dicapai oleh peserta didik. Hasil belajar tersebut merupakan prestasi belajar peserta didik yang dapat diukur dari nilai siswa setelah mengerjakan soal yang diberikan oleh guru pada saat evaluasi dilaksanakan. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar terdidri dari berbagai aspek seperti keadaan guru yang mengajar, kurikulum yang dipakai, sarana yang mendukung pembelajaran dan model pembelajaran yang di pakai hal tersebut dapat memberikan dukungan yang positif dalam belajar, namun dapat juga menghambat proses belajar.

B.  Rumusan Masalah
1.    Bagaimana keadaan guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu dan SMAN 04 Kota Bengkulu?
2.    Bagaimana Kurikulum Pai yang diterapkan di SMPN 14 Kota Bengkulu dan SMAN 04 Kota Bengkulu?
3.    Bagaimana Sarana pendukung Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu dan SMAN 04 Kota Bengkulu?
4.    Bagaimana Model pembelajaran Pai yang diterapkan di SMP 14 Kota Bengkulu dan SMAN 04 Kota Bengkulu?

C.  Tujuan Wawancara
1.    Untuk mengetahui keadaan guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu dan SMAN 04 Kota Bengkulu
2.    Untuk mengetahui Kurikulum Pai yang diterapkan di SMPN 14 Kota Bengkulu dan SMAN 04 Kota Bengkulu
3.    Untuk mengetahui Sarana pendukung Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu dan SMAN 04 Kota Bengkulu
4.    Untuk mengetahui Model pembelajaran pai yang diterapkan di SMP 14 Kota Bengkulu dan SMAN 04 Kota Bengkulu

D.  Pelaksanaan Wawancara
a.      Wawancara dilakukan selama sehari di SMPN 14 Kota Bengkulu yaitu:
Hari,Tanggal     : Selasa, 16 Oktober  2018
Waktu               : 08.00-09.30 WIB
Kelas                 : VII (Tujuh)
Materi               : Pendidikan Agama Islam

b.      Wawancaradilakukan selama sehari di SMAN 04 Kota Bengkulu yaitu:
Hari,Tanggal     : Selasa, 16 Oktober  2018
Waktu               : 09.45-11.30 WIB
Kelas                 : XI (Sebelas)
Materi               : Pendidikan Agama Islam






BAB II
PEMBAHASAN

A.  SMPN 14 Kota Bengkulu
Biodata Narasumber           
Nama                                   : Dahliah M.Pd.I
Alamat                                 : Padat Karya 28                                  
Guru tetap (PNS)/ honorer  : PNS
Tahun mengajar                   : 2013
Latar belakang pendidikan  : Stain Bengkulu Jurusan PAI (S1)
                                               IAIN Bengkulu Jurusan PAI (S2)
Penanya             : Thika Ariani
Dokumentasi     : Sio Putra Adeba
1.    Keadaan Guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu
No
Pertanyaan Wawancara
Jawaban Narasumber
1.
Berapa jumlah guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu?
Guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu berjumlah 3 orang, 2 orang perempuan dan 1 orang laki-laki.
2.
Berapa jumlah guru Pai yang sudah PNS dan guru yang masih Honorer di SMPN 14 Kota Bengkulu?
Guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu yang sudah PNS ada 2 orang dan yang masih  honorer ada 1 orang.
3.
Berapa jumlah siswa di SMPN 14 Kota Bengkulu?
Siswa di SMPN 14 Kota Bengkulu berjumlah lebih kurangnya 630 siswa. Yang mana, siswa kelas 9 berjumlah 8 kelas, siswa kelas 8 yaitu 6 kelas, dan siswa kelas 7 yaitu 7 kelas yang rata-rata 1 kelas berisi 30 orang.
4.
Alumni manakah guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu?
Guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu alumni dari IAIN Bengkulu ada 2 orang dan alumni dari UNIB ada 1 orang.

2.    Kurikulum Pai yang di terapkan di SMPN 14 Kota Bengkulu
No.
Pertanyaan Wawancara
Jawaban Wawancara
1.
Apakah kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu?
Kurikulum yang digunakan di SMPN 14 Kota Bengkulu ada dua yaitu KTSP dan K13, yang mana kurikulum KTSP diterapkan di kelas 9, sedangkan kurikulum K13 diterapkan di kelas 7 dan 8.
2.
Sejak tahun barapa kurikulum tersebut diterapkan di SMPN 14 Kota Bengkulu?
Kurikulum K13 di terapkan sejak tahun 2016 sampai sekarang.
3.
Sudah berapa lama kurikulum tersebut diterapkan di SMPN 14 Kota Bengkulu?
Kurikulum K13 sudah di terapkan selama 2 tahun.
4.
Apa saja kesulitan yang di alami dalam menerapkan kurikulum tersebut di SMPN 14 Kota Bengkulu?
Dalam penerapan K13 dalam pembelajaran Pai siswa kelas 7 dan 8 mengalami kesulitan dalam memahami materi K13 yang cukup rumit dan guru juga mengalami kesulitan dalam pengolahan nilai dalam pembuatan rapot K13 yang cukup rumit dimana semua aspek harus di nilai baik itu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

3.    Sarana pendukung Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu
No
Pertanyaan wawancara
Jawaban wawancara
1.
Apakah ada sarana pendukung Pembelajaran Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu?
Sarana pendukung dalam pembelajaran Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu yaitu belum memadai, hanya ada fasilitas buku, perpustakaan, leptop, infokus itu pun jumlahnya masih sangat minim.

4.    Model pembelajaran Pai yang diterapkan di SMPN 14 Kota Bengkulu
No.
Pertanyaan wawancara
Jawaban wawancara
1.
Apakah model pembelajaran Pai yang di terapkan di SMPN 14 Kota Bengkulu?
Model pembelajaran yang di terapkan dalam pemebelajaran Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu yaitu model pembelajaran yang bervariasi, ceramah, diskusi, tanya jawab, modivikasi agar siswa tidak jenuh dan tidak bosan, dan agar siswa lebih aktif.
2.
Bagaimana respon siswa dalam pembelajaran Pai?
Respon siswa dalam pembelajaran Pai yaitu siswa tersebut  tergantung pada guru yang mengajar jika gurunya kreatif dalam menyampaikan pembelajaran maka siswanya pun menjadi aktif, dan tergantung pada media pembelajaran yang di gunakan.
3.
Model pembelajaran manakah yang mudah di mengerti oleh siswa?
Model pembelajaran yang mudah di mengerti oleh siswa yaitu model pembelajaran ceramah dan tanya jawab serta di gabung dengan model variasi, dalam hal ini guru harus kreatif  sehingga siswa pun aktif dalam belajar serta mudah mengerti.

B.   SMAN 04 Kota Bengkulu
Biodata Narasumber           
Nama                                   : Buyung Sarudin S.Pd
Alamat                                 : Jln. Hibrida 15 Rt 10 Rw 04 kelurahan sidomulyo
Guru tetap (PNS)/ honorer  : PNS
Tahun mengajar                   : 2004
Latar belakang pendidikan  : Sarjana Muda Fakultas Syariah IAIN Bengkulu (S1)
Penanya             : Ilham Robbyansah
Dokumentasi     : Thika Ariani
1.    Keadaan Guru Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu
No
Pertanyaan Wawancara
Jawaban Narasumber
1.
Berapa jumlah guru Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu?
Guru Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu berjumlah 4 orang, 1  orang perempuan dan 3 orang laki-laki.
2.
Berapa jumlah guru Pai yang sudah PNS dan guru yang masih Honorer di SMAN 04 Kota Bengkulu?
Guru Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu yang sudah PNS ada 2 orang dan yang masih  honorer ada 2 orang.
3.
Berapa jumlah siswa di SMAN 04 Kota Bengkulu?
Siswa di SMAN 04 Kota Bengkulu berjumlah lebih kurang 987 siswa. Yang mana, siswa kelas 10 berjumlah 10 kelas, siswa kelas 11 yaitu  11 kelas, dan siswa kelas 12 yaitu 10 kelas yang rata-rata 1 kelas berisi 31 orang.
4.
Alumni manakah guru Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu?
Guru Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu alumni dari IAIN Bengkulu ada 3 orang dan alumni dari UMB ada 1 orang.

2.    Kurikulum Pai yang di terapkan di SMAN 04 Kota Bengkulu.
No.
Pertanyaan Wawancara
Jawaban Wawancara
1.
Apakah kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu?
Kurikulum yang digunakan di SMAN 04 Kota Bengkulu yaitu K13 dari kelas 10-12.
2.
Sejak tahun barapa kurikulum tersebut diterapkan di SMAN 04 Kota Bengkulu?
Kurikulum K13 di terapkan sejak tahun 2015 sampai sekarang.
3.
Sudah berapa lama kurikulum tersebut diterapkan di SMAN 04 Kota Bengkulu?
Kurikulum K13 sudah di terapkan selama 3 tahun.
4.
Apa saja kesulitan yang di alami dalam menerapkan kurikulum tersebut di SMAN 04 Kota Bengkulu?
Tidak ada kesulitan dalam menerapkan K13, akan tetapi terdapat perbedaan pada cara mengajarnya. Jika KTSP guru yang  lebih banyak memberikan penjelasan ,jika K13 guru hanya memandu, siswa yang mencari dan menemukan sendiri sehingga membuat siswa lebih aktif dan menjadi hebat. KTSP juga untuk mata pelajaran Pai 2 jam pelajaran 2 X 45 menit, dan K13 3 jam pelajaran 3 X 45menit.

3.    Sarana pendukung Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu
No
Pertanyaan wawancara
Jawaban wawancara
1.
Apakah ada sarana pendukung Pembelajaran Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu?
Sarana pendukung dalam pembelajaran Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu sudah cukup lengkap seperti laptop, in fokus, perpustakaan, dan mushola.

4.    Model pembelajaran Pai yang diterapkan di SMAN 04 Kota Bengkulu
No.
Pertanyaan wawancara
Jawaban wawancara
1.
Apakah model pembelajaran Pai yang di terapkan di SMAN 04 Kota Bengkulu?
Model pembelajaran yang di terapkan dalam pemebelajaran Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu yaitu tergantung keadaan situasi dan kondisi model pembelajaran inquiri, ceramah, diskusi, tanya jawab, passed learning dan keadaan siswa sendiri jika jam terakhir dan sesudah jam olahraga maka kembali lagi tergantung keadaan menyampaikan dengan cara yang mudah di mengerti dan mudah di pahami oleh siswa.
2.
Bagaimana respon siswa dalam pembelajaran Pai?
Respon siswa dalam pembelajaran Pai yaitu siswa tersebut  mereka sangat menyukai dan mudah mengerti jika guru menggunakan media pembelajaran yang cocok untuk diterapkan misalnya pembelajaran tentang keteladanan sifat Rasulullah SAW disini guru menggunakan laptop dan in fokus menampilkan slide tentang materi pembelajaran tersebut sehingga siswa pun mudah mengerti, senang dan tidak membosankan.
3.
Model pembelajaran manakah yang mudah di mengerti oleh siswa?
Model pembelajaran yang mudah di mengerti oleh siswa yaitu model pembelajaran ceramah, inquiri, tanya jawab dan sebenarnya hampir semua model mudah di mengerti oleh siswa tergantung cara guru mengajarkan dan menjelaskan.

BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Dari wawancara yang kami lakukan di SMPN 14 Kota Bengkulu memiliki proses atau cara pembelajaran Pai yang baik. Mulai dari kurikulum yang diterapkan yaitu menggunakan KTSP dan K13. Kurikulum KTSP diterapkan di kelas 9 dan K13 di kelas 7 dan 8. Dengan adanya kurikulum K13 siswa dapat lebih aktif dan dapat meningkatkan kreativitasnya. Guru yang mengajar pun sudah berpengalaman alumni dari IAIN Bengkulu dan sudah ada yang PNS. Jumlah muridnya terdiri dari kurang lebih 630 siswa. Sarana pendukung pembelajaran Pai nya sudah ada seperti buku, perpustakaan, laptop dan in fokus meski jumlahnya masih minim. Model pembeljaran yang digunakan yaitu bervariasi, tanya jawab, diskusi dan sesuai dengan materi yang diajarkan supaya siswa tidak jenuh dan tidak mudah bosan.
Dan dari wawancara yang kedua kami lakukan di SMAN 04 Kota Bengkulu memiliki proses atau cara pembelajaran Pai yang baik. Mulai dari kurikulum yang diterapkan yaitu sudah menggunakan K13. Dengan adanya kurikulum K13 siswa dapat lebih aktif dan dapat meningkatkan kreativitasnya. Guru yang mengajar pun sudah berpengalaman alumni dari IAIN Bengkulu dan sudah ada yang PNS. Jumlah muridnya terdiri dari kurang lebih 987 siswa. Sarana pendukung pembelajaran Pai nya sudah cukup lengkap seperti buku, perpustakaan, laptop dan in fokus dan mushola. Model pembeljaran yang digunakan yaitu inquiri, diskusi, tanya jawab passed learning dan tergantung keadaan siswa dan guru.

B.  Saran
Kami menyadari dalam pembuatan laporan ini masih belum sempurna dan banyak kekurangan. Dengan ini kami mengharapkan kritik dan saran bagi pembaca dalam pembuatan laporan ini sehingga kami kedepannya bisa memperbaiki hasil laporan yang lebih baik lagi.
C.  Dokumentasi
a.    SMPN 14 Kota Bengkulu




























































b.   SMAN 04 Kota Bengkulu


























No comments:

Post a Comment