LAPORAN OBSERVASI PEMBELAJARAN PAI
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Istilah
Pendidikan Agama Islam dapat diartikan sebagai upaya membimbing, mengarahkan,
dan membina peserta didik yang dilakukan secara sadar dan terencana agar
terbina suatu kepribadian yang utama dengan nilai-nilai ajaran Islam. Dalam
sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) UU RI NO. 20 TH 2003 BAB II Pasal 3 yang
juga menyatakan: “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak serta peradaban bangsa yang martabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa, berttujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kapada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif mandiri dan menjai warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab.
Dalam
suatu lembaga pendidikan keberhasilan proses belajar mengajar dapat dilihat
dari hasil belajar-mengajar yang dicapai oleh peserta didik. Hasil belajar
tersebut merupakan prestasi belajar peserta didik yang dapat diukur dari nilai
siswa setelah mengerjakan soal yang diberikan oleh guru pada saat evaluasi
dilaksanakan. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar terdidri dari berbagai
aspek seperti keadaan guru yang mengajar, kurikulum yang dipakai, sarana yang
mendukung pembelajaran dan model pembelajaran yang di pakai hal tersebut dapat
memberikan dukungan yang positif dalam belajar, namun dapat juga menghambat
proses belajar.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana keadaan guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu dan SMAN 04
Kota Bengkulu?
2.
Bagaimana Kurikulum Pai yang diterapkan di SMPN 14 Kota Bengkulu
dan SMAN 04 Kota Bengkulu?
3.
Bagaimana Sarana pendukung Pai di SMPN 14
Kota Bengkulu dan SMAN 04 Kota
Bengkulu?
4.
Bagaimana Model pembelajaran Pai yang
diterapkan di SMP 14 Kota Bengkulu dan SMAN
04 Kota Bengkulu?
C.
Tujuan Wawancara
1.
Untuk mengetahui keadaan guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu dan SMAN
04 Kota Bengkulu
2.
Untuk mengetahui Kurikulum Pai yang diterapkan di SMPN 14 Kota
Bengkulu dan SMAN 04 Kota Bengkulu
3.
Untuk mengetahui Sarana
pendukung Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu dan SMAN 04 Kota Bengkulu
4.
Untuk mengetahui Model
pembelajaran pai yang diterapkan di SMP 14 Kota Bengkulu dan SMAN 04
Kota Bengkulu
D.
Pelaksanaan Wawancara
a.
Wawancara dilakukan selama sehari di SMPN 14 Kota Bengkulu yaitu:
Hari,Tanggal : Selasa, 16
Oktober 2018
Waktu : 08.00-09.30
WIB
Kelas : VII
(Tujuh)
Materi :
Pendidikan Agama Islam
b.
Wawancaradilakukan selama sehari di SMAN 04 Kota Bengkulu yaitu:
Hari,Tanggal : Selasa, 16
Oktober 2018
Waktu :
09.45-11.30 WIB
Kelas : XI
(Sebelas)
Materi :
Pendidikan Agama Islam
BAB II
PEMBAHASAN
A. SMPN 14 Kota
Bengkulu
Biodata
Narasumber
Nama : Dahliah M.Pd.I
Alamat : Padat Karya
28
Guru
tetap (PNS)/ honorer : PNS
Tahun
mengajar : 2013
Latar
belakang pendidikan : Stain Bengkulu
Jurusan PAI (S1)
IAIN
Bengkulu Jurusan PAI (S2)
Penanya : Thika Ariani
Dokumentasi : Sio Putra
Adeba
1.
Keadaan Guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu
No
|
Pertanyaan Wawancara
|
Jawaban Narasumber
|
1.
|
Berapa jumlah guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu?
|
Guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu berjumlah 3 orang, 2 orang
perempuan dan 1 orang laki-laki.
|
2.
|
Berapa jumlah guru Pai yang sudah PNS dan guru yang masih Honorer
di SMPN 14 Kota Bengkulu?
|
Guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu yang sudah PNS ada 2 orang dan
yang masih honorer ada 1 orang.
|
3.
|
Berapa jumlah siswa di SMPN 14 Kota Bengkulu?
|
Siswa di SMPN 14 Kota Bengkulu berjumlah lebih kurangnya 630
siswa. Yang mana, siswa kelas 9 berjumlah 8 kelas, siswa kelas 8 yaitu 6
kelas, dan siswa kelas 7 yaitu 7 kelas yang rata-rata 1 kelas berisi 30
orang.
|
4.
|
Alumni
manakah guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu?
|
Guru Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu alumni dari IAIN Bengkulu ada 2
orang dan alumni dari UNIB ada 1 orang.
|
2.
Kurikulum Pai yang di terapkan di SMPN 14 Kota Bengkulu
No.
|
Pertanyaan Wawancara
|
Jawaban Wawancara
|
1.
|
Apakah kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran Pai di SMPN
14 Kota Bengkulu?
|
Kurikulum yang digunakan di SMPN 14 Kota Bengkulu ada dua yaitu
KTSP dan K13, yang mana kurikulum KTSP diterapkan di kelas 9, sedangkan
kurikulum K13 diterapkan di kelas 7 dan 8.
|
2.
|
Sejak tahun barapa kurikulum tersebut diterapkan di SMPN 14 Kota
Bengkulu?
|
Kurikulum K13 di terapkan sejak tahun 2016 sampai sekarang.
|
3.
|
Sudah berapa lama kurikulum tersebut diterapkan di SMPN 14 Kota
Bengkulu?
|
Kurikulum K13 sudah di terapkan selama 2 tahun.
|
4.
|
Apa saja kesulitan yang di alami dalam menerapkan kurikulum
tersebut di SMPN 14 Kota Bengkulu?
|
Dalam penerapan K13 dalam pembelajaran Pai siswa kelas 7 dan 8
mengalami kesulitan dalam memahami materi K13 yang cukup rumit dan guru juga
mengalami kesulitan dalam pengolahan nilai dalam pembuatan rapot K13 yang
cukup rumit dimana semua aspek harus di nilai baik itu aspek kognitif,
afektif dan psikomotorik.
|
3.
Sarana pendukung Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu
No
|
Pertanyaan wawancara
|
Jawaban wawancara
|
1.
|
Apakah ada sarana pendukung Pembelajaran Pai di SMPN 14 Kota
Bengkulu?
|
Sarana pendukung dalam pembelajaran Pai di SMPN 14 Kota Bengkulu
yaitu belum memadai, hanya ada fasilitas buku, perpustakaan, leptop, infokus
itu pun jumlahnya masih sangat minim.
|
4.
Model pembelajaran Pai yang diterapkan di SMPN 14 Kota Bengkulu
No.
|
Pertanyaan wawancara
|
Jawaban wawancara
|
1.
|
Apakah model pembelajaran Pai yang di terapkan di SMPN 14 Kota
Bengkulu?
|
Model pembelajaran yang di terapkan dalam pemebelajaran Pai di
SMPN 14 Kota Bengkulu yaitu model pembelajaran yang bervariasi, ceramah,
diskusi, tanya jawab, modivikasi agar siswa tidak jenuh dan tidak bosan, dan
agar siswa lebih aktif.
|
2.
|
Bagaimana respon siswa dalam pembelajaran Pai?
|
Respon siswa dalam pembelajaran Pai yaitu siswa tersebut tergantung pada guru yang mengajar jika
gurunya kreatif dalam menyampaikan pembelajaran maka siswanya pun menjadi
aktif, dan tergantung pada media pembelajaran yang di gunakan.
|
3.
|
Model pembelajaran manakah yang mudah di mengerti oleh siswa?
|
Model pembelajaran yang mudah di mengerti oleh siswa yaitu model
pembelajaran ceramah dan tanya jawab serta di gabung dengan model variasi,
dalam hal ini guru harus kreatif
sehingga siswa pun aktif dalam belajar serta mudah mengerti.
|
B. SMAN 04 Kota
Bengkulu
Biodata
Narasumber
Nama : Buyung
Sarudin S.Pd
Alamat : Jln. Hibrida
15 Rt 10 Rw 04 kelurahan sidomulyo
Guru
tetap (PNS)/ honorer : PNS
Tahun
mengajar : 2004
Latar belakang pendidikan :
Sarjana Muda Fakultas Syariah IAIN Bengkulu (S1)
Penanya : Ilham Robbyansah
Dokumentasi : Thika Ariani
1.
Keadaan Guru Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu
No
|
Pertanyaan Wawancara
|
Jawaban Narasumber
|
1.
|
Berapa jumlah guru Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu?
|
Guru Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu berjumlah 4 orang, 1 orang perempuan dan 3 orang laki-laki.
|
2.
|
Berapa jumlah guru Pai yang sudah PNS dan guru yang masih Honorer
di SMAN 04 Kota Bengkulu?
|
Guru Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu yang sudah PNS ada 2 orang dan
yang masih honorer ada 2 orang.
|
3.
|
Berapa jumlah siswa di SMAN 04 Kota Bengkulu?
|
Siswa di SMAN 04 Kota Bengkulu berjumlah lebih kurang 987 siswa.
Yang mana, siswa kelas 10 berjumlah 10 kelas, siswa kelas 11 yaitu 11 kelas, dan siswa kelas 12 yaitu 10 kelas
yang rata-rata 1 kelas berisi 31 orang.
|
4.
|
Alumni manakah guru Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu?
|
Guru Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu alumni dari IAIN Bengkulu ada 3
orang dan alumni dari UMB ada 1 orang.
|
2.
Kurikulum Pai yang di terapkan di SMAN 04 Kota Bengkulu.
No.
|
Pertanyaan Wawancara
|
Jawaban Wawancara
|
1.
|
Apakah kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran Pai di SMAN 04
Kota Bengkulu?
|
Kurikulum yang digunakan di SMAN 04 Kota Bengkulu yaitu K13 dari
kelas 10-12.
|
2.
|
Sejak tahun barapa kurikulum tersebut diterapkan di SMAN 04 Kota
Bengkulu?
|
Kurikulum K13 di terapkan sejak tahun 2015 sampai sekarang.
|
3.
|
Sudah berapa lama kurikulum tersebut diterapkan di SMAN 04 Kota
Bengkulu?
|
Kurikulum K13 sudah di terapkan selama 3 tahun.
|
4.
|
Apa saja kesulitan yang di alami dalam menerapkan kurikulum
tersebut di SMAN 04 Kota Bengkulu?
|
Tidak ada kesulitan dalam menerapkan K13, akan tetapi terdapat
perbedaan pada cara mengajarnya. Jika KTSP guru yang lebih banyak memberikan penjelasan ,jika
K13 guru hanya memandu, siswa yang mencari dan menemukan sendiri sehingga
membuat siswa lebih aktif dan menjadi hebat. KTSP juga untuk mata pelajaran
Pai 2 jam pelajaran 2 X 45 menit, dan K13 3 jam pelajaran 3 X 45menit.
|
3.
Sarana pendukung Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu
No
|
Pertanyaan wawancara
|
Jawaban wawancara
|
1.
|
Apakah ada sarana pendukung Pembelajaran Pai di SMAN 04 Kota
Bengkulu?
|
Sarana pendukung dalam pembelajaran Pai di SMAN 04 Kota Bengkulu sudah
cukup lengkap seperti laptop, in fokus, perpustakaan, dan mushola.
|
4.
Model pembelajaran Pai yang diterapkan di SMAN 04 Kota Bengkulu
No.
|
Pertanyaan wawancara
|
Jawaban wawancara
|
1.
|
Apakah model pembelajaran Pai yang di terapkan di SMAN 04 Kota
Bengkulu?
|
Model pembelajaran yang di terapkan dalam pemebelajaran Pai di
SMAN 04 Kota Bengkulu yaitu tergantung keadaan situasi dan kondisi model
pembelajaran inquiri, ceramah, diskusi, tanya jawab, passed learning dan
keadaan siswa sendiri jika jam terakhir dan sesudah jam olahraga maka kembali
lagi tergantung keadaan menyampaikan dengan cara yang mudah di mengerti dan mudah
di pahami oleh siswa.
|
2.
|
Bagaimana respon siswa dalam pembelajaran Pai?
|
Respon siswa dalam pembelajaran Pai yaitu siswa tersebut mereka sangat menyukai dan mudah mengerti
jika guru menggunakan media pembelajaran yang cocok untuk diterapkan misalnya
pembelajaran tentang keteladanan sifat Rasulullah SAW disini guru menggunakan
laptop dan in fokus menampilkan slide tentang materi pembelajaran tersebut
sehingga siswa pun mudah mengerti, senang dan tidak membosankan.
|
3.
|
Model pembelajaran manakah yang mudah di mengerti oleh siswa?
|
Model pembelajaran yang mudah di mengerti oleh siswa yaitu model
pembelajaran ceramah, inquiri, tanya jawab dan sebenarnya hampir semua model
mudah di mengerti oleh siswa tergantung cara guru mengajarkan dan
menjelaskan.
|
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari wawancara yang kami lakukan di SMPN 14 Kota
Bengkulu memiliki proses atau cara pembelajaran Pai yang baik. Mulai dari
kurikulum yang diterapkan yaitu menggunakan KTSP dan K13. Kurikulum KTSP
diterapkan di kelas 9 dan K13 di kelas 7 dan 8. Dengan adanya kurikulum K13
siswa dapat lebih aktif dan dapat meningkatkan kreativitasnya. Guru yang
mengajar pun sudah berpengalaman alumni dari IAIN Bengkulu dan sudah ada yang
PNS. Jumlah muridnya terdiri dari kurang lebih 630 siswa. Sarana pendukung
pembelajaran Pai nya sudah ada seperti buku, perpustakaan, laptop dan in fokus
meski jumlahnya masih minim. Model pembeljaran yang digunakan yaitu bervariasi,
tanya jawab, diskusi dan sesuai dengan materi yang diajarkan supaya siswa tidak
jenuh dan tidak mudah bosan.
Dan dari wawancara yang kedua kami lakukan di SMAN 04
Kota Bengkulu memiliki proses atau cara pembelajaran Pai yang baik. Mulai dari
kurikulum yang diterapkan yaitu sudah menggunakan K13. Dengan adanya kurikulum
K13 siswa dapat lebih aktif dan dapat meningkatkan kreativitasnya. Guru yang
mengajar pun sudah berpengalaman alumni dari IAIN Bengkulu dan sudah ada yang
PNS. Jumlah muridnya terdiri dari kurang lebih 987 siswa. Sarana pendukung
pembelajaran Pai nya sudah cukup lengkap seperti buku, perpustakaan, laptop dan
in fokus dan mushola. Model pembeljaran yang digunakan yaitu inquiri, diskusi,
tanya jawab passed learning dan tergantung keadaan siswa dan guru.
B. Saran
Kami menyadari dalam pembuatan laporan ini masih belum sempurna dan
banyak kekurangan. Dengan ini kami mengharapkan kritik dan saran bagi pembaca
dalam pembuatan laporan ini sehingga kami kedepannya bisa memperbaiki hasil
laporan yang lebih baik lagi.
C. Dokumentasi
a.
SMPN 14 Kota Bengkulu
b.
SMAN 04 Kota Bengkulu
No comments:
Post a Comment