MAKALAH AQIDAH AKHLAK
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Aqidah dan akhlak merupakan mata pelajaran yang di
kembangkan dari ajran-ajaran dasar yang terdapat dalam agama islam yang
bersumber dari al-qur’an dan hadist.untuk kepentingan pembelajaran materi
aqidah dan akhlak pada tingkat yang
lebih rinci sesuai tingkat dan jenjang pendidikan.
Aqidah dan akhlak merupkan salah satu rumpun sebagai
sebuah mata pelajaran yang mempunyai poko pembahasan yang akan di ajarkan
kepada peserta didiknya.tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai
pengetahuan dan pemaghaman tentang aqidah dan akhalak dalam ajaran islam,
melainkan jugayang terpentingg adalah
bagaimana peserta didik dapat mengamalkan aqidah iitu dalam keidupan sehari-hari.
B.
Rumusan masalah
1.
Apa
pengertian pembelajaran aqidah dan akhlak
2.
Apa
fungsi dan tujuan pembelajaran aqidah akhlak
3.
Seperti
apa konsep dasar dan ruang lingkup materi aqidah akhlak
C.
Tujuan
1.
Untuk
mengetahui pengertian pembelajaran aqidah dan akhlak
2.
Untuk
mengetahui fungsi dan tujuan pembelajaran aqidah akhlak
3.
Untuk
mengetahui konsep dasar dan ruang lingkup materi aqidah akhlak
BAB ll
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Pembelajaran Aqidah dan
Akhlak di Madrasah
1.
Pengertian
Aqidah
Kata aqidah menurut bahasa arab adalah mengikat atau
mengadakan perjanjian. Sedangkan menurut ahmad amin kata aqidah adalah urusan-urusan
yang harus di benarkan oleh hati dan di terimah dengan rasa puas serta terhujam
kuat dalam lubuk jiwa yang tidak dapat di goncangkan oleh badai subhat(keragu –
raguan).
Difenesi lain juga berpendapat bahwa aqidah adalah
tali pengikat batin manusia dengan yang di yakininya sebagai tuhan yang maha
esa yang patut di sembah serta pengatur alam semesta.
2.
Pengertian
Akhlaq
Dimana kata akhlak juga berasal dari bahasa arab
yang artinya tingkah laku, perangai tabi’at, watak, moral atau budi pekerti.
Sedangkan dalam bahasa indonesia akhlak dapat juga di artikan budi pekerti,
kelakuan. Jadi, akhlak itu merupakan sikap yang telah melekat pada diri
seseorang dan secara sepontan di
wujudkan dalam tingkah laku atau perbuatan.
Jika perbuatan itu baik menurut pandangan akal dan
agama, maka di sebut akhlak yang baik atau akhlakul karimah. Akan tetapi apabilah tindakan itu tidak
baik atau berupa perbuatan – pebuatan
yang jelek, maka disebut akhlak tercelah
atau akhlakul madzmumah.[1] Berdasarkan
pengertian mengenai akidah akhlak di madrasah adalah upayah sadar dan terencana
dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan
mengimani Allah SWT.[2]
B.
Fungsi dan Tujuan Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah
1. Fungsi mata pelajaran
aqidah akhlak di madrasah berfunsi untuk :
a.
Penanaman
nilai ajaran islam sebagai pedoman mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan
akherat
b.
Pengembangan
keimanan dan ketakwaan kepada allah swt serta akhlak mulia peserta didik
seoptimal mungkin, yang telah di tanamkan lebih dulu dalam lingkungan keluarga.
c.
Penyesuaian
mental peserta didik terhadap lingkungan fisik dan sosial melalui aqidah
akhlak.
d.
Perbaikan
kesalahan – kesalahan, kelemahan – kelemahan pesrta didik dalam keyakian dalam
ajaran agama islam dalam kehdupan sehari – hari.
e.
Pencegahan
peserta didik dari hal- hal yang negatif dari lingkungan nya atau dari budaya
asing yang akan di hadapi nya sehari – hari.
f.
Pengajaran
tentang informasi dan pengetahuan keimanan dan akhlak ,serta sistem dan
fingsinya.
g.
Penyaluran
peserta didik untuk mendalami aqidah akhlak pada jenjang pembelajaran yang
lebih tinggi.
2.
Tujuan
a. Mata pelajaran aqidah
akhlak di madrasah bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan
peserta didik yang di wujudkan dalam akhlaknya yang terpuji. Sehingga menjadi
manusia muslim yang terus berkembang dan meningkat yang berkualitas keimanan
dan ketakwaan nya kepada allah swt.
b.
Aqidah
akhlak bertujuan juga membentuk pribadi muslim yang luhur dan mulia. Seseorang
musliim yang berakhlak mulia senantiasa bertingkah laku terpuji , baik ketika
berhubungan dengan allah, dengan sesama manusia, makhluk lainya serta dengan
alam lingkungan.
c.
Menghindari
diri dari pengaruh akal pikiran yang menyesatkan. Manusia ini di beri kelebihan
oleh allah dari makhluk lainya berupa akal pikiran.
C.
Konsep dasar dan ruang lingkup materi aqidah
akhlak di madrasah
Ruang lingkup materi aqidah secar umum materi aqidah akhlak mempunyai
ruang lingkup materi, secara uumum:
a.
Materi
aqidah adalah:
Rukun iman yaitu:
1.
Iman
kepada allah
Rukun iman yang pertama ialah iman kepada allah swt adalah yang
paling pokok dan mendasari seluruh ajaran agama islam, dan ia harus diyakinkan
dengan ilmu yang pasti seperti ilmu yang terdapat dalam kalimat syahadat lailahaillallah ialah yang menjadi awal,
inti dan akhir dari seluruh seruan islam sebagaimana wasiat rasulullah saw.
2.
Iman
kepada malaikat allah
Iman kepada malaikat allah adalah
masalah aqidah yang kedua sesudah iman kepada allah swt. Pengetahuan kita
tentang malaikat hanya semata mata berdasarkan alqur’an dan keterangan –
keterangan nabi. Kita wajib beriman kepada para malaikat oleh karena alqur’an dan
nabi memerintahkan.
Sebagaimana
wajibnya beriman kepada allah dan para nabinya.
3.
iman
kepada kitab allah
iman kepada kitab – kitab allah
menyatakan bahwa kitab yang tellah di turunkan kepada rasul yang wajib
disebarkan untuk ajaran para manusia sebagai pedoman hidup.maka itulah kita
wajib beriman kepada kitab- kitab.
4.
Iman
kepada rasul –rasul allah
iman kepada rasul berati mempercayai
bahwa allah telah memilih diantara manusia sebagaimana hambah- hambah allah
dengan wahyu yang di terimahnya dari allah swt untuk memimpin manusiia kejalan
yang lurus dan untuk keselamatn di dunia dan akherat.
5.
Iman
kepda hari akhir
Iman kepada harri akhir adalah maslah
yang paling berat segala macam akidah dan kepercayaan manusia.sebab iman kepada
akhirat akan membawa manusia kepada keyakian adanya suatu hidup lagi di alam
lain sesudah duniawi, adanya hidup kembali manusia sesudah matinya.
6.
Iman
kepada qadha dan qadar
Iman kepada qadha adalah peraturan yang telah di
terapkan oleh allah swt tetapi masih bisa kita rubah sedankan iamn kepada qadar
adalah peraturan yang telah diterapkan oleh allah tetapi tidak bisa di rubah. Selanjutnya
dari materi secara garis besar di atas diperinci lagi menjadi baian – bagian
yang lebih rinci lagi, misalnya iamn kepada allah mencakup sifat dan nam – nama
allah, dan lain sebagainya.
Selanjutnya
materi akhlak adalah:
1.
Akhlak
kepada allah
2.
Akhlak
kepada makhluk ciptaan allah ini terbagi lagi.
a.
Akhlak
kepada manusia ini bisa di bagi lagi:
1.
Akhlak
kepada yang lebih tua, akhlak kepada orang tua kita (bapak dan ibuk), akhlak
kepada guru dan lain- lain.
2.
Akhlak
kepada yang sebaya
3.
Akhlak
kepad yang lebih mudah
a.
Akhlak
kepada non manusia yaitu:
Akhlak pada yang
nampak, misalnya bagaimana kita
berakhlak kepada lingkungan hidup,tumbuhan,hewan,gunung, air dan lain
sebagainya.
Itulah materi
aqidah akhlak secara garis besar. Namun ada juga yang membagi istilah akhlak
dalam dua garis besar, yaitu akhlak baik dan buruk. Akhlak baik harus dilakukan
dan akhlak buruk harus ditinggalkan, misalnya bersyukur, ikhlas dan lain
sebagainya.Sedangkan akhlak buruk ini yang harus kita tinggalkan misalnya
jangan riya,kufur,takabur kepada allah dan lain sebagainya.
Ruang lingkup
materi aqidah akhlak di madrasah ibtidaiyah meliputi:
Kalimat toyyibah
sebagai materi pembiasaan seperti kalimat lailahaillallah,basmalah,
alhamdulillah,allahu akbar,ta’awwud,masya allah,assalamualaikum,sholawat dan
lain sebagainya.
Iman kepada
allah dengan pembuktian sederhana melalui kalimat thoyyibah,asma ulhusna dan
pengenalan tergadap sholat lima waktu sebagai bukti iman kepada allah.menyakini
rukun iman (iman kepada allah,malaikat,kitab,rosul dan hari akhir serta qodah
dan qadar allah).
D. Standar
Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Kelas 4 dan kelas 6,Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar Al Qur’an
1.
Menghafal
Al Qur’an surat pendek
2.
Melafalkan
QS Al-Fatihah dengan lancar
3.
Menghafal
QS Al-Fatihah dengan lancar
4.
Mengenal
Rukun Iman
5.
Menunjukkan
ciptaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya
6.
Menyebutkan
enam Rukun Iman
7.
Menghafal
enam Rukun Iman
8.
Membiasakan
perilaku terpuji
9.
Membiasakan
perilaku jujur
10. Membiasakan perilaku
bertanggung jawab
11. Membiasakan perilaku
hidup bersih
12. Membiasakan perilaku
disiplin Fiqih
13. Mengenal tatacara
bersuci (thaharah)
14. .Menyebutkan pengertian
bersuci
15. Mencontoh tatacara
bersuci
16. Mengenal Rukun Islam
17. Menirukan ucapan Rukun
Islam
Menurut Junaedi Arah Pengembangan Standar kompetensi
dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. [3]
KOMPETENSI INTI DAN DASAR KELAS 4
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima, menjalankan
dan menghargai ajaran agama.
2. Menunjukkan perilaku
jujur,disiplin,tanggung jawab, santun ,peduli,serta percaya diri.
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati dengan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan tuhan dan kegiatanya.
4. Menunjukkan perilaku
yang baik,sopan santun dalam berintraksi dengan keluarga dan guru serta
teman-teman nya.
|
1. Menyakini kekuasan
allah swt melalui kalimat tayyibah
2. Menyakin allah
sebagai al-mu’min.
3. Menyakinii adanya
kitab-kitab allah swt.
4. Memiliki sifat hormat
dan patu dalam kehidupan sehari-hari.
5. Memiliki sikap tabah
dalam menghadapi cobaan sebagai impelementasi dalam meneladani kisah masyitah
6. Memiliki sikaf
menghindari kufur nikmat allah swt.
7. Memiliki sikap tabah
dan sabar dalam kehidupan sehari - hari[4]
|
KOMPETENSI
INTI DAN DASAR KELAS 5
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerimah, menjalakan
dan menghargai ajaran agama yang ia dapat.
2. Menunjukkan perilaku
jujur,disiplin tanggung jawab, santun,peduli dan percaya diri dalam
berintraksi dengagn keluara, teman,guru dan tatangganya serta cinta tanah
air.
3. Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara mengamati,menanya dan mencoba berdasarkan
rasa ingin tahu tentang apa yang di jumpainya.
4. Menunjukkan perilaku
yang baik,sopan santun dalam berintraksi dengan keluarga dan guru serta
teman-teman nya.
|
1.1.Myakini allah swt melalui kalimat
tayyibah.
1.2.Meyakini allah swt sebagai pencipta
alam semesta.
1.3.Memiliki perilaku akhlak yang baik
dalam berkehidupan bermasyarakat.
1.4.Membiasakn diri untuk menghindari sifat
kikir dan seraka.
1.5.Menceritakan kisah qorun sebagai
motipasi untuk anak-anak supaya tidak memiliki sifat kikir dan seraka di
dalam kehidupan sehari- hari.
1.6.Mengetahui sifat kikir dan seraka
melalui kisah qorun dan cara menghindari dalam kehidupana sehari- hari.
1.7.Melafalkan kalimat tayyibah dan
maknanya.
1.8.Mencontohkan akhlak yang baik dalam
kehidupan sehai-hari.
|
KOMPETENSI
INTI DAN DASAR KELAS 6
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima, menjalankan
dan menghargai ajaran agama.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab, santun ,peduli,serta percaya diri.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dengan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatanya.
4. Menunjukkan perilaku
yang baik,sopan santun dalam berintraksi dengan keluarga dan guru serta
teman-teman nya.
|
1.1.Meyakini allah swt, melalui kalimat
tayyibah (astagfirullah hal azim)
1.2.Meyakini allah swt sebagai al-qiwwiy,
al-hakim,al- musawwir dan al-qodir.
1.3.Meyakini adanya qoda dan qadar allah
swt,(takdir).
1.4.Menghayat sifat tanggung jawab ,adil
dan bujaksana dalam kehudpan sehari-hari.
1.5.Menunjukkan sikap penolakan yang
konsisten terhadap sifat mara,fasik,dan murtad.
1.6.Mencontoh sifat allah swt. Sebagai
al-qawwiy,al-hakim,al- musawwir,al-qodir.
1.7.Membiasakan diri untuk berperilaku
dengan meyakini qada dan qadar.
1.8.Mengetahui akhlak tercela sifat
marah,fasik dan murtad sera menghindarinya.
1.9.Melafalkan kalimat tayyibah dan
maknanya.
1.10.
Memahami
akhlak yang baik terhadap binatang dann tumbuhan dalam kehidupan sehari –
hari
|
Adapun
rincian materi pembelajaran aqidah akhlak kelas 4 sebagai beriku;
1.
Indahnya
kalimat tayyibah
2.
Indah
nay asmaul husna
3.
Beriaman
kepada allah swt
4.
Beriman
kepada kitab – kitab allah swt
5.
Briman
kepada malaikat allah swt
6.
Beriman
kepada rosul alla swt
7.
Beriman
kepada hari akhir
8.
Beriman
kepada qoda dan qadar
9.
Indah
nya berperilaku terpuji
10. Menghindari akhlak
tercelah
Sedangkan tingkatan yang untuk kelas 5 sebagai
berikutt:
a.
Kalimat
thayyibah traji’(innalillahi wa innailahi rojiun) artinnya sesungguhnya kita
adalah milik allah dan pasti akan kembali kepada nya. Kalimat ini biasanya kita
ucapkan saat kita sedang mnghadapi musibah.
b.
Beperilaku
menghadapi musibah , tidak ada suatu musibah yang menimpa manusia tanpa seizin
allah. Banyak contoh musibah yang telah kita lihat dan kita dengar, kejadian
tersebut merupakan suatu yang menyengsarakan dan mendatang penderitaan, bahkan
ada yang seolah olah telah kiamat. Ada dua musibah yang di alami manusia yaitu:
1.
Musibah
yang berati azab dari allah diperuntukkan bagi orang-orang yang lalai yang
berbuuat maksiat.
2.
Musibah
yang berati ujian dari allah diperuntukkan bagi orang- orang yang beriman,
melalui ujian tersebut dosa seseorang akan di ampuni oleh allah asalkan ikhlas dan sabar menerimahnya.[6]
Adapun rincian materi aqidah akhlak untuk kelas 6
yaitu:
1.
Bersihkan
hati dengan mennyebut kalimat tayyibah
2.
Meyakini
allah swt denagan mengucapkan astagfirullah halazim
3.
Memohonn
ampunan kepada allah dengan menngucapkan astagfirullah halazim
4.
Melafalkan
kalimat thayyibah astagfirullah halazim
Mengenal
allah melalui asmaul husna
1. Mengenal sifat
al-qowwiy
2. Mengenal sifat al-hakim
3. Mengenal sifat
al-musawwir
4. Mengenal sifat al-qodir
Indahnya
beriman kepada qodha dan qadar
a.
Qadha
adalah hukum,ketetapan,perintah ,kehendak,pemberitahuan,dan penciptaan.
Sedangkan menurut istilah ketentuan atau ketetapan allah swt dari sejak zaman
azalitentang segalah sesuatuyang berkenaan dengan makhluknya sesuai dengan
iradah(kehendaknya ), baik dan buruknya, hiup dan mati dan seterusnya.
b.
Qadar
berati kepastian ,peraturan, dan ukuran.sedangkan menurut istilah qadar adalah
perwujudan ketetapan (qadha) terhadap segalah sesuatu yang berkenaan denggan
makhlluk nya yang telah ada. Qadar bisa di sebut juga dengan takdir allah swt
yang berlaku bagi semuah makhluk hidup.
BAB lll
PENTUP
Pembelajaran
aqidah akhlak di madrasa ibtidaiyah adal upaya untuk sadar dan terencana dalam
menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami,menghayati dan mengimani allah
swt dan merealisasikan dalamperilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari
melalui kegiatan bimbingan,,pengajaran latihan.
Fungsi
luas dari adanya pelajaran aqidah akhlak di madrasa ibtidaiyah yaitu untuk
penanaman nilai ajaran islam sebagai pedoman mencapai kebahagian hidup di dunia
dan akherat.dan adapun tjuan untuk mmenumbuhkan dan meningkatkan keimanan
peserta didik yang di wujudkan dalam akhlaknya yang terpuji.
Itulah
materi aqidah akhlak secar garis besar.. namun ada juga yang membagi istilah
akhlak dalam dua garis besar yaitu akhlak baik dan buruk, akhlak baik harus di
lakukan dan akhlak buruk harus kita tinggalkan. Akhlak baik terhadap sang maha
pencipta adalah syukur,ikhlas dan lain sebagainya. Sedanngkan akhlak buruk
harus kita tinggalkan misalnnya riya’,kufur,takabur,kepada allah dan llain
sebagainnya..
KESIMPULAN
Pembelajaran aqidah akhlak di madrasah ibtidaiyah adalah
upaya sadar dan terencana dalam meyiapkan peserta didik untuk
mengenal,memahami,menghayati dan mengimani allah swt dan merealisasikannya
dalamperilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari hari melalui kegiatan
bimbingan pengajaran latihan pembahasan.
Fungsi luas dari adanya mata pelajaran aqidah akhlak
di madrasah ibtidaiyah yaitu uuntuk penanaman nilai ajaran agama islam sebagai
pedoman untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia maupun akherat.
SARAN
Akhlak
itu dapat terbentuk selain dari diri siswa juga dapat terbentuk melalui
pembelajaran dengan menggunakan metode dan kegiatan pembelajaran yang benar. Siswa
atau anak didik harus memiliki banyak ilmu jikalau tidak di bentengi dengan
ilmuaqidah yang kuat dan akhlak yang mulia, karena di takutkan mereka akan
menjadi orang yang tinggi hati jika di sekolah tidak di ajarkan tentang aqidah
akhlak.
DAFTAR FUSTAKA
Ahamad
amin. 1995.Etika(ilmu akhlak).ahli
bahasa farid ma’ruf.jakarta :bulan bintang. Hllm.62.
Junaedi.
Dkk .2008 inti pembelajaran, surabaya:LAPIS PAI
Prawiradilaga,dewi
salma. 2009.prinsip dasr pembelajaran aqidah.jakarta
[4] Junaedi.
Dkk .2008 inti pembelajaran, surabaya:LAPIS PAI
[5] Junaedi.
Dkk .2008 inti pembelajaran, surabaya:LAPIS PAI
[6] Junaedi.
Dkk .2008 inti pembelajaran, surabaya:LAPIS PAI
No comments:
Post a Comment