1

loading...

Wednesday, October 31, 2018

MAKALAH AQIDAH AKHLAK 1

MAKALAH AQIDAH AKHLAK

BAB 1
PENDAHULUAN
A.           Latar Belakang
Aqidah dan akhlak merupakan mata pelajaran yang di kembangkan dari ajran-ajaran dasar yang terdapat dalam agama islam yang bersumber dari al-qur’an dan hadist.untuk kepentingan pembelajaran materi aqidah dan akhlak pada tingkat  yang lebih rinci sesuai tingkat dan jenjang pendidikan.
Aqidah dan akhlak merupkan salah satu rumpun sebagai sebuah mata pelajaran yang mempunyai poko pembahasan yang akan di ajarkan kepada peserta didiknya.tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai pengetahuan dan pemaghaman tentang aqidah dan akhalak dalam ajaran islam, melainkan jugayang terpentingg  adalah bagaimana peserta didik dapat mengamalkan aqidah iitu dalam keidupan sehari-hari.

B.            Rumusan masalah
1.   Apa pengertian pembelajaran aqidah dan akhlak
2.   Apa fungsi dan tujuan pembelajaran aqidah akhlak
3.   Seperti apa konsep dasar dan ruang lingkup materi aqidah akhlak

C.           Tujuan
1.    Untuk mengetahui pengertian pembelajaran aqidah dan akhlak
2.    Untuk mengetahui fungsi dan tujuan pembelajaran aqidah akhlak
3.    Untuk mengetahui konsep dasar dan ruang lingkup materi aqidah akhlak





BAB ll
PEMBAHASAN
A.           Pengertian Pembelajaran Aqidah dan Akhlak di Madrasah
1.    Pengertian Aqidah
Kata aqidah menurut bahasa arab adalah mengikat atau mengadakan perjanjian. Sedangkan menurut ahmad amin kata aqidah adalah urusan-urusan yang harus di benarkan oleh hati dan di terimah dengan rasa puas serta terhujam kuat dalam lubuk jiwa yang tidak dapat di goncangkan oleh badai subhat(keragu – raguan).
Difenesi lain juga berpendapat bahwa aqidah adalah tali pengikat batin manusia dengan yang di yakininya sebagai tuhan yang maha esa yang patut di sembah serta pengatur alam semesta.

2.    Pengertian Akhlaq                                                                                       
Dimana kata akhlak juga berasal dari bahasa arab yang artinya tingkah laku, perangai tabi’at, watak, moral atau budi pekerti. Sedangkan dalam bahasa indonesia akhlak dapat juga di artikan budi pekerti, kelakuan. Jadi, akhlak itu merupakan sikap yang telah melekat pada diri seseorang dan secara sepontan  di wujudkan dalam tingkah laku atau perbuatan.
Jika perbuatan itu baik menurut pandangan akal dan agama, maka di sebut akhlak yang baik atau akhlakul karimah.  Akan tetapi apabilah tindakan itu tidak baik  atau berupa perbuatan – pebuatan yang  jelek, maka disebut akhlak tercelah atau akhlakul madzmumah.[1] Berdasarkan pengertian mengenai akidah akhlak di madrasah adalah upayah sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan mengimani Allah SWT.[2]

B.            Fungsi dan Tujuan  Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah
1.      Fungsi mata pelajaran aqidah akhlak di madrasah berfunsi untuk :
a.       Penanaman nilai ajaran islam sebagai pedoman mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akherat
b.      Pengembangan keimanan dan ketakwaan kepada allah swt serta akhlak mulia peserta didik seoptimal mungkin, yang telah di tanamkan lebih dulu dalam lingkungan keluarga.
c.       Penyesuaian mental peserta didik terhadap lingkungan fisik dan sosial melalui aqidah akhlak.
d.      Perbaikan kesalahan – kesalahan, kelemahan – kelemahan pesrta didik dalam keyakian dalam ajaran agama islam dalam kehdupan sehari – hari.
e.       Pencegahan peserta didik dari hal- hal yang negatif dari lingkungan nya atau dari budaya asing yang akan di hadapi nya sehari – hari.
f.       Pengajaran tentang informasi dan pengetahuan keimanan dan akhlak ,serta sistem dan fingsinya.
g.      Penyaluran peserta didik untuk mendalami aqidah akhlak pada jenjang pembelajaran yang lebih tinggi.

2.      Tujuan
a.       Mata pelajaran aqidah akhlak di madrasah bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang di wujudkan dalam akhlaknya yang terpuji. Sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dan meningkat yang berkualitas keimanan dan ketakwaan nya kepada allah swt.
b.      Aqidah akhlak bertujuan juga membentuk pribadi muslim yang luhur dan mulia. Seseorang musliim yang berakhlak mulia senantiasa bertingkah laku terpuji , baik ketika berhubungan dengan allah, dengan sesama manusia, makhluk lainya serta dengan alam lingkungan.
c.       Menghindari diri dari pengaruh akal pikiran yang menyesatkan. Manusia ini di beri kelebihan oleh allah dari makhluk lainya berupa akal pikiran.
C. Konsep dasar dan ruang lingkup materi aqidah akhlak di madrasah
             Ruang lingkup materi aqidah secar umum materi aqidah akhlak mempunyai ruang lingkup materi, secara uumum:
a.       Materi aqidah adalah:
    Rukun iman yaitu:
1.      Iman kepada allah
      Rukun iman yang pertama  ialah iman kepada allah swt adalah yang paling pokok dan mendasari seluruh ajaran agama islam, dan ia harus diyakinkan dengan ilmu yang pasti seperti ilmu yang terdapat dalam kalimat syahadat  lailahaillallah ialah yang menjadi awal, inti dan akhir dari seluruh seruan islam sebagaimana wasiat rasulullah saw.
2.      Iman kepada malaikat allah
       Iman kepada malaikat allah adalah masalah aqidah yang kedua sesudah iman kepada allah swt. Pengetahuan kita tentang malaikat hanya semata mata berdasarkan alqur’an dan keterangan – keterangan nabi. Kita wajib beriman kepada para malaikat oleh karena alqur’an dan nabi memerintahkan.
Sebagaimana wajibnya beriman kepada allah dan para nabinya.
3.      iman kepada kitab allah
       iman kepada kitab – kitab allah menyatakan bahwa kitab yang tellah di turunkan kepada rasul yang wajib disebarkan untuk ajaran para manusia sebagai pedoman hidup.maka itulah kita wajib beriman kepada kitab- kitab.

4.      Iman kepada rasul –rasul allah
       iman kepada rasul berati mempercayai bahwa allah telah memilih diantara manusia sebagaimana hambah- hambah allah dengan wahyu yang di terimahnya dari allah swt untuk memimpin manusiia kejalan yang lurus dan untuk keselamatn di dunia dan akherat.
5.      Iman kepda hari akhir
      Iman kepada harri akhir adalah maslah yang paling berat segala macam akidah dan kepercayaan manusia.sebab iman kepada akhirat akan membawa manusia kepada keyakian adanya suatu hidup lagi di alam lain sesudah duniawi, adanya hidup kembali manusia sesudah matinya.
6.      Iman kepada qadha dan qadar
Iman kepada qadha adalah peraturan yang telah di terapkan oleh allah swt tetapi masih bisa kita rubah sedankan iamn kepada qadar adalah peraturan yang telah diterapkan oleh allah tetapi tidak bisa di rubah. Selanjutnya dari materi secara garis besar di atas diperinci lagi menjadi baian – bagian yang lebih rinci lagi, misalnya iamn kepada allah mencakup sifat dan nam – nama allah, dan lain sebagainya.

Selanjutnya materi akhlak adalah:
1.      Akhlak kepada allah
2.      Akhlak kepada makhluk ciptaan allah ini terbagi lagi.
a.       Akhlak kepada manusia  ini bisa di bagi lagi:
1.      Akhlak kepada yang lebih tua, akhlak kepada orang tua kita (bapak dan ibuk), akhlak kepada guru dan lain- lain.
2.      Akhlak kepada yang sebaya
3.      Akhlak kepad yang lebih mudah
a.       Akhlak kepada non manusia yaitu:
Akhlak pada yang nampak, misalnya bagaimana  kita berakhlak kepada lingkungan hidup,tumbuhan,hewan,gunung, air dan lain sebagainya.
Itulah materi aqidah akhlak secara garis besar. Namun ada juga yang membagi istilah akhlak dalam dua garis besar, yaitu akhlak baik dan buruk. Akhlak baik harus dilakukan dan akhlak buruk harus ditinggalkan, misalnya bersyukur, ikhlas dan lain sebagainya.Sedangkan akhlak buruk ini yang harus kita tinggalkan misalnya jangan riya,kufur,takabur kepada allah dan lain sebagainya.
Ruang lingkup materi aqidah akhlak di madrasah ibtidaiyah meliputi:
Kalimat toyyibah sebagai materi pembiasaan seperti kalimat lailahaillallah,basmalah, alhamdulillah,allahu akbar,ta’awwud,masya allah,assalamualaikum,sholawat dan lain sebagainya.
Iman kepada allah dengan pembuktian sederhana melalui kalimat thoyyibah,asma ulhusna dan pengenalan tergadap sholat lima waktu sebagai bukti iman kepada allah.menyakini rukun iman (iman kepada allah,malaikat,kitab,rosul dan hari akhir serta qodah dan qadar allah).
D. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Kelas 4 dan kelas 6,Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Al Qur’an
1.      Menghafal Al Qur’an surat pendek
2.      Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar
3.      Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar
4.      Mengenal Rukun Iman                          
5.      Menunjukkan ciptaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya
6.      Menyebutkan enam Rukun Iman
7.      Menghafal enam Rukun Iman
8.      Membiasakan perilaku terpuji
9.      Membiasakan perilaku jujur
10.  Membiasakan perilaku bertanggung jawab
11.  Membiasakan perilaku hidup bersih
12.  Membiasakan perilaku disiplin Fiqih
13.  Mengenal tatacara bersuci (thaharah)
14.  .Menyebutkan pengertian bersuci
15.  Mencontoh tatacara bersuci
16.  Mengenal Rukun Islam
17.  Menirukan ucapan Rukun Islam

Menurut Junaedi Arah Pengembangan Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. [3]
KOMPETENSI INTI DAN DASAR KELAS 4
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama.
2.      Menunjukkan perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab, santun ,peduli,serta percaya diri.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dengan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatanya.
4.      Menunjukkan perilaku yang baik,sopan santun dalam berintraksi dengan keluarga dan guru serta teman-teman nya.

1.      Menyakini kekuasan allah swt melalui kalimat tayyibah
2.      Menyakin allah sebagai al-mu’min.
3.      Menyakinii adanya kitab-kitab allah swt.
4.      Memiliki sifat hormat dan patu dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Memiliki sikap tabah dalam menghadapi cobaan sebagai impelementasi dalam meneladani kisah masyitah
6.      Memiliki sikaf menghindari kufur nikmat allah swt.
7.      Memiliki sikap tabah dan sabar dalam kehidupan sehari - hari[4]

KOMPETENSI INTI DAN DASAR KELAS 5
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.      Menerimah, menjalakan dan menghargai ajaran agama yang ia dapat.
2.      Menunjukkan perilaku jujur,disiplin tanggung jawab, santun,peduli dan percaya diri dalam berintraksi dengagn keluara, teman,guru dan tatangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang apa yang di jumpainya.
4.      Menunjukkan perilaku yang baik,sopan santun dalam berintraksi dengan keluarga dan guru serta teman-teman nya.

1.1.Myakini allah swt melalui kalimat tayyibah.
1.2.Meyakini allah swt sebagai pencipta alam semesta.
1.3.Memiliki perilaku akhlak yang baik dalam berkehidupan bermasyarakat.
1.4.Membiasakn diri untuk menghindari sifat kikir dan seraka.
1.5.Menceritakan kisah qorun sebagai motipasi untuk anak-anak supaya tidak memiliki sifat kikir dan seraka di dalam kehidupan sehari- hari.
1.6.Mengetahui sifat kikir dan seraka melalui kisah qorun dan cara menghindari dalam kehidupana sehari- hari.
1.7.Melafalkan kalimat tayyibah dan maknanya.
1.8.Mencontohkan akhlak yang baik dalam kehidupan sehai-hari.


KOMPETENSI INTI DAN DASAR KELAS 6
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama.
2.      Menunjukkan perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab, santun ,peduli,serta percaya diri.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dengan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatanya.
4.      Menunjukkan perilaku yang baik,sopan santun dalam berintraksi dengan keluarga dan guru serta teman-teman nya.

1.1.Meyakini allah swt, melalui kalimat tayyibah (astagfirullah hal azim)
1.2.Meyakini allah swt sebagai al-qiwwiy, al-hakim,al- musawwir dan al-qodir.
1.3.Meyakini adanya qoda dan qadar allah swt,(takdir).
1.4.Menghayat sifat tanggung jawab ,adil dan bujaksana dalam kehudpan sehari-hari.
1.5.Menunjukkan sikap penolakan yang konsisten terhadap sifat mara,fasik,dan murtad.
1.6.Mencontoh sifat allah swt. Sebagai al-qawwiy,al-hakim,al- musawwir,al-qodir.
1.7.Membiasakan diri untuk berperilaku dengan meyakini qada dan qadar.
1.8.Mengetahui akhlak tercela sifat marah,fasik dan murtad sera menghindarinya.
1.9.Melafalkan kalimat tayyibah dan maknanya.
1.10.        Memahami akhlak yang baik terhadap binatang dann tumbuhan dalam kehidupan sehari – hari

                                                                  
Adapun rincian materi pembelajaran aqidah akhlak kelas 4 sebagai beriku;
1.      Indahnya kalimat tayyibah
2.      Indah nay asmaul husna
3.      Beriaman kepada allah swt
4.      Beriman kepada kitab – kitab allah swt
5.      Briman kepada malaikat allah swt
6.      Beriman kepada rosul alla swt
7.      Beriman kepada hari akhir
8.      Beriman kepada qoda dan qadar
9.      Indah nya berperilaku terpuji
10.  Menghindari akhlak tercelah
Sedangkan tingkatan yang untuk kelas 5 sebagai berikutt:
a.       Kalimat thayyibah traji’(innalillahi wa innailahi rojiun) artinnya sesungguhnya kita adalah milik allah dan pasti akan kembali kepada nya. Kalimat ini biasanya kita ucapkan saat kita sedang mnghadapi musibah.
b.      Beperilaku menghadapi musibah , tidak ada suatu musibah yang menimpa manusia tanpa seizin allah. Banyak contoh musibah yang telah kita lihat dan kita dengar, kejadian tersebut merupakan suatu yang menyengsarakan dan mendatang penderitaan, bahkan ada yang seolah olah telah kiamat. Ada dua musibah yang di alami manusia yaitu:
1.      Musibah yang berati azab dari allah diperuntukkan bagi orang-orang yang lalai yang berbuuat maksiat.
2.      Musibah yang berati ujian dari allah diperuntukkan bagi orang- orang yang beriman, melalui ujian tersebut dosa seseorang akan di ampuni oleh allah  asalkan ikhlas dan sabar menerimahnya.[6]

Adapun rincian materi aqidah akhlak untuk kelas 6 yaitu:
1.      Bersihkan hati dengan mennyebut kalimat tayyibah
2.      Meyakini allah swt denagan mengucapkan astagfirullah halazim
3.      Memohonn ampunan kepada allah dengan menngucapkan astagfirullah halazim
4.      Melafalkan kalimat thayyibah astagfirullah halazim
Mengenal allah melalui asmaul husna
1.      Mengenal sifat al-qowwiy
2.      Mengenal sifat al-hakim
3.      Mengenal sifat al-musawwir
4.      Mengenal sifat al-qodir
Indahnya beriman kepada qodha dan qadar
a.       Qadha adalah hukum,ketetapan,perintah ,kehendak,pemberitahuan,dan penciptaan. Sedangkan menurut istilah ketentuan atau ketetapan allah swt dari sejak zaman azalitentang segalah sesuatuyang berkenaan dengan makhluknya sesuai dengan iradah(kehendaknya ), baik dan buruknya, hiup dan mati dan seterusnya.
b.      Qadar berati kepastian ,peraturan, dan ukuran.sedangkan menurut istilah qadar adalah perwujudan ketetapan (qadha) terhadap segalah sesuatu yang berkenaan denggan makhlluk nya yang telah ada. Qadar bisa di sebut juga dengan takdir allah swt yang berlaku bagi semuah makhluk hidup.





BAB lll
PENTUP

Pembelajaran aqidah akhlak di madrasa ibtidaiyah adal upaya untuk sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami,menghayati dan mengimani allah swt dan merealisasikan dalamperilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan bimbingan,,pengajaran latihan.
Fungsi luas dari adanya pelajaran aqidah akhlak di madrasa ibtidaiyah yaitu untuk penanaman nilai ajaran islam sebagai pedoman mencapai kebahagian hidup di dunia dan akherat.dan adapun tjuan untuk mmenumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang di wujudkan dalam akhlaknya yang terpuji.
Itulah materi aqidah akhlak secar garis besar.. namun ada juga yang membagi istilah akhlak dalam dua garis besar yaitu akhlak baik dan buruk, akhlak baik harus di lakukan dan akhlak buruk harus kita tinggalkan. Akhlak baik terhadap sang maha pencipta adalah syukur,ikhlas dan lain sebagainya. Sedanngkan akhlak buruk harus kita tinggalkan misalnnya riya’,kufur,takabur,kepada allah dan llain sebagainnya..







KESIMPULAN
Pembelajaran aqidah akhlak di madrasah ibtidaiyah adalah upaya sadar dan terencana dalam meyiapkan peserta didik untuk mengenal,memahami,menghayati dan mengimani allah swt dan merealisasikannya dalamperilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari hari melalui kegiatan bimbingan pengajaran latihan pembahasan.
Fungsi luas dari adanya mata pelajaran aqidah akhlak di madrasah ibtidaiyah yaitu uuntuk penanaman nilai ajaran agama islam sebagai pedoman untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia maupun akherat.














SARAN
Akhlak itu dapat terbentuk selain dari diri siswa juga dapat terbentuk melalui pembelajaran dengan menggunakan metode dan kegiatan pembelajaran yang benar. Siswa atau anak didik harus memiliki banyak ilmu jikalau tidak di bentengi dengan ilmuaqidah yang kuat dan akhlak yang mulia, karena di takutkan mereka akan menjadi orang yang tinggi hati jika di sekolah tidak di ajarkan tentang aqidah akhlak.















DAFTAR FUSTAKA
Ahamad amin. 1995.Etika(ilmu akhlak).ahli bahasa farid ma’ruf.jakarta :bulan bintang. Hllm.62.
Junaedi. Dkk .2008 inti pembelajaran, surabaya:LAPIS PAI
Prawiradilaga,dewi salma. 2009.prinsip dasr pembelajaran aqidah.jakarta





[1] Ahamad amin. 1995.Etika(ilmu akhlak).ahli bahasa farid ma’ruf.jakarta :bulan bintang. Hllm.62.
[2] Ahamad amin. 1995.Etika(ilmu akhlak).ahli bahasa farid ma’ruf.jakarta :bulan bintang. Hllm.62.
[3] Junaedi. Dkk .2008 inti pembelajaran, surabaya:LAPIS PAI

[4] Junaedi. Dkk .2008 inti pembelajaran, surabaya:LAPIS PAI

[5] Junaedi. Dkk .2008 inti pembelajaran, surabaya:LAPIS PAI
[6] Junaedi. Dkk .2008 inti pembelajaran, surabaya:LAPIS PAI

No comments:

Post a Comment